Kamis, 31 Desember 2009

SERTIJAB 24-31 DESEMBER 2009

KASAD :
PEMBINAAN JASMANI DAN SEJARAH SANGAT DIPERLUKAN PRAJURIT
30 Desember 2009
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan, pembinaan Jasmani dan pembinaan Sejarah, sangat diperlukan dalam menyiapkan prajurit Angkatan Darat yang memiliki karakter dan mental kejuangan yang kuat serta memiliki kekuatan fisik yang prima. Oleh karena itu, peran Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) dan Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) harus ditingkatkan dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok Angkatan Darat.

Hal ini dikatakan Kasad dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wakasad Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo dalam acara serah terima Jabatan Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat dari Brigjen TNI I Ketut Mudya kepada Kolonel Inf Muhamad Nizam dan Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat dari Brigjen TNI Amril Amir kepada Kolonel Caj Marsono di Markas Besar Angkatan Darat, Rabu (30/12).
Menurut Kasad, serah terima jabatan di lingkungan Angkatan Darat merupakan peristiwa yang biasa terjadi, karena selain sebagai bagian dari rangkaian Tour of Duty dan Tour of Area, alih jabatan juga merupakan tuntutan sekaligus kebutuhan organisasi, dalam rangka pembinaan personel maupun pembinaan satuan.

Melalui serah terima jabatan ini, Kasad mengharapkan kepada pejabat yang baru agar lebih memacu semangat kerja, serta meningkatkan kreativitas, sehingga akan melahirkan gagasan-gagasan baru untuk lebih memberikan pengabdian yang terbaik bagi Angkatan Darat, bangsa dan negara.
Kasad menegaskan, sebagai salah satu Fungsi Khusus Angkatan Darat dan Badan Pelaksana Pusat Tingkat Mabesad, Disjasad menyelenggarakan fungsi jasmani, meliputi pembentukan, peningkatan, dan pemeliharaan jasmani militer perorangan, dan satuan Angkatan Darat. Disjasad berkewajiban secara terus menerus melakukan evaluasi dan kajian terhadap kemampuan fisik prajurit seluruh satuan TNI Angkatan Darat, untuk mendukung pelaksanaan tugas. Oleh karena itu, Dinas Jasmani Angkatan Darat agar memberikan asistensi yang tepat terhadap format pembinaan jasmani militer yang diperlukan prajurit dan satuan Angkatan Darat, dengan spesifikasi tugas yang dihadapinya.

Demikian juga halnya dengan Dinas Sejarah Angkatan Darat, seiring dengan tuntutan organisasi dan pentingnya pewarisan nilai-nilai kepahlawanan, maka organisasi ini dibentuk kembali pada tahun 2008 yang lalu, setelah 23 tahun fungsinya dilaksanakan oleh Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat. Melalui kesempatan ini, Kasad memerintahkan kepada Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat yang baru, untuk segera melanjutkan pembenahan dan penyempurnaan organisasi yang telah dilakukan oleh pejabat lama, sehingga Dinas Sejarah Angkatan Darat mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. (Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


PANGDAM JAYA/JAYAKARTA PIMPIN SERTIJAB KABEKANGDAM JAYA
29 Desember 2009
Serah Terima Jabatan Kepala Perbekalan dan Angkutan Kodam Jaya dari Kolonel Cba Budiyanto kepada penggantinya Letnan Kolonel Cba Yayan Suryana, S.Ip., dilaksanakan dihadapan Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro bertempat di Aula Sudirman Kodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Selasa (29/12).
Upacara Serah Terima Jabatan tersebut dihadiri oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Moeldoko, Irdam Jaya, Pa LO AU, AL, Pa Ahli, Para Asisten Kasdam Jaya, Kabalak, Dansat jajaran Kodam Jaya serta Pengurus Persit PD Jaya.

Pangdam Jaya/Jayakarta menyampaikan pergantian tugas dan tanggungjawab jabatan bagi seorang perwira setidaknya dua hal penting yang dipahami, yaitu dengan pemimpin yang baru diharapkan akan muncul kreatififas dan hasil kerja yang lebih baik dan perpindahan akan memberi kesempatan bagi perwira untuk mengembangkan kariernya ke jenjang yang lebih tinggi atau mempertajam naluri kepemimpinannya melalui tugas yang berbeda. Dengan penugasan yang terencana, beragam dan berjenjang disamping untuk menambah pengalaman, dimaksudkan pula untuk meningkatkan wawasan berpikir dan kemampuan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya dengan cara, metode dan pendekatan yang tepat. Di sisi lain rotasi jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam Jaya/Jayakarta juga diorientasikan untuk merespon tuntutan tugas yang dihadapi organisasi di masa mendatang.

Pangdam Jaya/Jayakarta juga mengingatkan, bahwa kebutuhan organisasi akan personel yang lebih berkualitas, terampil, professional, memiliki inisiatif, inovatif dan dedikasi yang tinggi sudah sangat diperlukan. Oleh karenanya, peningkatan kualitas sumber daya manusia harus terus ditingkatkan sesuai perkembangan yang terjadi guna mencapai sasaran pembinaan dan keberhasilan Satuan. Saya yakin dan percaya, bekal pengalaman selama bertugas di Satuan sebelumnya, akan menjadi bekal berharga dalam membina dan membangun yang sekaligus menjadi motivasi dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi, sehingga keberhasilan yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa-masa mendatang.
Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam Jaya/Jayakarta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Cba Budiyanto beserta istri yang juga dengan ketekunan dan kesungguhan telah membesarkan Persit KCK Ranting II Cabang IV Bekangdam PD Jaya selama ini. Dan kepada Letnan Kolonel Cba Yayan Suryana beserta istri, Pangdam Jaya/Jayakarta mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas. (Pendam Jaya/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


Mutasi Jabatan di Jajaran TNI
Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/ 818/ XII / 2009  tanggal 29 Desember 2009
Berdasarkan  Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/ 818/ XII / 2009  tanggal 29 Desember 2009, telah diputuskan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI  yang terdiri dari 16 orang di jajaran Mabes TNI, 16  orang di jajaran TNI AD, 14  orang di jajaran TNI AU, 2 orang di jajaran BIN, 2 orang di jajaran Wantanas dan 1 orang di jajaran Dephan.

Dalam mutasi tersebut  tercatat  sebagai  berikut:
13 orang mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama di antaranya Mayjen TNI Sabar Yudo Suroso dari Gubernur Akmil menjadi Staf Khusus Panglima TNI,  Mayjen TNI  Sularso, S.IP. dari  Staf Khusus Panglima TNI menjadi Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Zahari Siregar dari Pangdivif-2 Kostrad menjadi Pati Mabes TNI (Untuk Direktur Strategic Military Cell UNIFIL),  Marsda TNI Sudjadijono, S.E. dari Aspers Kasau menjadi Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Sukirno KS., S.E., M.M. dari Dankodikau menjadi Aspers Kasau, Marsma TNI Bambang Purwadi P., S.IP. dari Wadan Koharmatau menjadi Kadisaeroau,  Marsma TNI Ir. M.A. Syahbudiono, M.Sc. dari Waaslog Kasau menjadi Wadan Koharmatau,  Laksma TNI TNI Moch. Djunaedi. S.IP. dari Pa Sahli Tk. II Kamkonf Komunal  Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Irum Itjen TNI,  Marsma TNI Suroso dari  Kadisinfolahtaau menjadi Kapusinfolahta TNI, Marsma TNI Sumardjo, M.Sc. dari Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas menjadi Kadisinfolahtaau, dan Brigjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G., S.H. dari Danpusintelad menjadi Kaposwil Jateng BIN.
Sebanyak 22 orang promosi  jabatan diantaranya,  Brigjen TNI Gatot Nurmantyo dari Dirlat Kodiklat TNI AD menjadi Gubernur Akmil,  Kolonel Inf Bachtiar, S.IP. dari Danrem 011/LW Dam IM menjadi Dirlat Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Geerhan  Lantara dari Irum  Itjenad menjadai  Pangdivif-2 Kostrad, Kolonel Inf Adi Mulyono dari Ir Kostrad menjadi Irum Irjenad, Marsma TNI Daryatmo, S.IP. dari Kadisminpersau menjadi  Dankodikau, Kolonel Pnb Mawardi, S.E. dari Pamen  Sopau  menjadi  Kadisminpersau,  Marsma TNI Ferdinand Alex Myne dari Kadisaeroau menjadi Dankoharmatau,  Kolonel Chb. Ir. Abdul Rahim dari Wadan Satkomlek TNI menjadi Dansatkomlek TNI,  Kolonel  Inf Armyn Ali Anyang dari Irdam VI/Tpr menjadi Wasrena Kasad,  Kolonel Inf Ibrahim Saleh dari Pamen Mabes TNI AD menjadi Danpusintelad, Kolonel Inf  Aspin Sembiring dari Pabut C-1 Dit C Bais TNI menjadi Kaposwil Maluku BIN,  Kolonel Czi Joko Suharsoyo dari Tafung Gol. IV/Kol Puslitbang Strahan Balitbang Dephan menjadi Bandep Hankam Setjen Wantanas,  Kolonel  Mar Bambang Sutaryo dari Paban III/Binkar Spers TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Kamkonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI,  dan Kolonel Caj (K) Dra. Sri Parmini dari Paban V/Sahlurcadved Spers TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Kawasan Eropa & AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI.
Sementara, 16 orang dalam rangka  pensiun  di antaranya Mayjen TNI Tri Subagio dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD,  Marsma TNI Ir. Sutjianto S., M.T. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU, Mayjen TNI Sudarmaidy, S.IP. dari Koorsahli Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD,  Marsda TNI Agus Mudigdo, S.E. dari Aspers Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU,  Marsda TNI Sunaryo HW dari Dankoharmatau menjadi Pati Mabes TNI AU, Laksma TNI Fanani Tedjokusumo dari Irum Itjen TNI menjadi Pati Mabes TNI AL, dan Marsma TNI Ir. Ida Bagus Suryaadikara dari Kapusinfolahta TNI menjadi Pati Mabes TNI AU.
Autentikasi : Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi

PANGDAM JAYA/JAYAKARTA PIMPIN SERTIJAB DANYON ARMED-7/105 GS
28 Desember 2009
Bertempat di Lapangan Upacara Batalyon Armed-7/105 GS Kota Bekasi Jawa Barat, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro, S.IP., M.M., memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Arteleri Medan-7/105 GS dari Letnan Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.IP., kepada Letnan Kolonel Arm Eric C. Simanjuntak, Senin (28/12).
Upacara Serah Terima Jabatan tersebut dihadiri oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Moeldoko, Walikota Bekasi, Kapolresta Bekasi, Pejabat Teras Kodam Jaya, Muspida Kota Madya Bekasi, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat yang berada di sekitar Markas Batalyon Armed-7/105 GS, Pengurus Persit PD Jaya dan Sesepuh Armed serta tamu undangan lainnya.

Acara dimulai dari Pangdam Jaya menerima jajar kehormatan, upacara Sertijab dan dilanjutkan dengan acara tambahan yang sangat menarik yaitu demonstrasi kolaborasi tarian poco-poco yang dilakukan oleh prajurit yang berasal dari Irian dan taktik mengatasi separatis serta yang terakhir demonstrasi penembakan senjata Armed oleh Pangdam Jaya, Ketua Persit PD Jaya, Kasdam Jaya, Kapolres dan Walikota Bekasi. Rangkaian acara berakhir dengan kegiatan ramah tamah yang didahului dengan Sertijab Ketua Persit KCK PD Cabang XIV Yon Armed-7.
Komandan Batalyon Armed-7/105 GS yang baru adalah Letnan Kolonel Arm Eric C. Simanjuntak lulusan Akademi Militer Tahun 1993 sebelumnya bertugas di Pusenarmed menggantikan Letkol Arm Dedi Nurhadiman, S.IP., lulusan Akademi Militer Tahun 1991 yang selanjutnya akan bertugas sebagai Pabandya Pam Sinteldam Jaya.

Pangdam Jaya/Jayakarta dalam amanatnya menyampaikan, bahwa setiap terjadi pergantian jabatan pada organisasi dihampir seluruh strata dalam tubuh TNI AD biasanya akan memunculkan keragaman sikap dan reaksi baik dari seluruh personel yang mengawaki satuan tersebut maupun dari masyarakat serta elemen organisasi yang lain, sikap tersebut dapat saja berupa optimisme dan harapan, rasa sedih dan bahkan mungkin juga pesimisme dan keraguan hal ini lumrah terjadi. Bagi seorang pemimpin reaksi demikian harus menjadi kekuatan yang besar untuk melahirkan karya yang besar pula. (Pendam Jaya/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/

Rabu, 23 Desember 2009

SERTIJAB 16-23 DESEMBER 2009

LAPORAN KORPS PENEMPATAN, PERGESERAN DALAM JABATAN DAN PINDAH SATUAN
23 Desember 2009
Pelaksanaan Acara Laporan Korps para perwira Seskoad Selasa (23/12) bertempat di Gd. Prof. Dr. Satrio Bandung.
Perwira yang masuk dan menempati jabatan di lingkungan Seskoad 15 orang dan yang melaksanakan pergeseran di lingkungan Seskoad sebanyak 14 orang perwira.

Perwira Seskoad yang melaksanakan pindah satuan 4 orang yaitu :
- Kolonel Kav Ruladi Soedjono D, S.IP menjadi Irpers Itjenad,
- Kolonel Inf Mohamad Sibli Mufti menjadi Paban III/Wanmil Sterad,
- Kolonel Inf Akhmadi Kuntopo, B.Sc menjadi Paban I/Ren Sterad
- Kapten Chb Sudirman, S.Sos yang baru menyelesaikan pendidikan Selapa TP. 2009 menjadi Kasubdepbekhar Pusdikhub Kodiklat TNI AD.

Dalam amanatnya Komandan Seskoad Mayjen TNI Bambang Suranto,S.Sos mengatakan bahwa, pergeseran jabatan dilingkunga TNI AD merupakan proses yang harus dilaksanakan, sebagai salah satu upaya pembinaan satuan yang mencakup antara lain pembinaan organisasi dan pembinaan personel.
Pembinaan organisasi, promosi jabatan diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap kinerja satuan, karena dengan adanya personel yang baru, tentunya akan diperoleh personel dengan kondisi yang segar dan memiliki berbagai pengalaman dan kemampuan yang sangat diperlukan dalam pengelolaan organisasi setiap bagian yang mendapatkan personel baru dapat mendayagunakan potensi dan pengalaman yang dimiliki personel tersebut guna mengoptimalkan kinerja satuan.

Pembinaan personel, promosi jabatan merupakan pembinaan yang harus dilakukan guna memberikan pembekalan dan tambahan wawasan kepada setiap prajurit sehingga kedepan sebagai calon-calon pimpinan TNI AD, mampu mengawaki organisasi yang dipertanggung jawabkan.
Promosi jabatan merupakan pembinaan yang harus dilakukan guna memberikan pembekalan dan tambahan wawasan kepada setiap prajurit sehingga kedepan sebagai calon-calon pimpinan TNI AD, mampu mengawaki organisasi yang dipertanggungjawabkan.

Bagi setiap prajurit, promosi jabatan adalah kehormatan dan kepercayaan dari pimpinan yang didasarkan dari hasil penilaian selama menjabat pada jabatan sebelumnya dan dianggap mampu mengembangkan diri pada jenjang jabatan selanjutnya. Dengan adanya kepercayaan dan kehormatan tersebut, tentunya membawa konsekwensi tanggungjawab yang lebih besar dan diharapkan kepada personel yang mendapatkan kehormatan dan kepercayaan promosi jabatan, dapatnya mempertanggung jawabkan kepercayaan yang diperoleh melalui pengembangan diri dengan belajar dan berupaya meningkatkan kinerja sesuai dengan jabatan yang dipertanggungjawabkan, terlebih bagi personel yang mendapatkan promosi dari dan masuk lingkungan Seskoad yang merupakan lembaga pendidikan tertinggi dan lembaga pengkajian strategis di TNI Angkatan Darat.

Bagi personel yang pindah satuan harus mampu menjadi nara sumber di satuan yang baru, karena setiap ada pejabat yang baru pindah dari Seskoad, memiliki kelebihan dibidang wawasan dan ilmu pengetahuan, sementara yang masuk kejajaran Seskoad juga harus mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki sesuai bidang penugasan.
Hadir pada acara ini Wadan Seskoad,para Direktur, Dankor, Kadep, Pa. Ahli, Dosen, dan pejabat struktural Seskoad, Ibu Ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Seskoad. (Penseskoad/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


PANGLIMA TNI :
PANGKAT ADALAH AMANAH DARI INSTITUSI TNI
17 Desember 2009
Pangkat selalu mengiringi jabatan, bukanlah sekedar penghargaan atau pengakuan melainkan lebih substantif dari itu, merupakan amanah dari institusi TNI, bangsa dan negara. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dalam amanatnya pada upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi TNI, di ruang hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Kamis (17/12).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, pangkat sebagai pengakuan atau penghargaan, yang memiliki dimensi struktural sebagai lambang kepercayaan atas tugas dan kompetensi yang dipercayakan kepada kita. Sedangkan sebagai amanah, pangkat atau jabatan memiliki dimensi moral yang mencerminkan tanggungjawab yang lebih besar dan dalam lagi.

Pesan moral terpenting dari setiap amanah adalah tanggungjawab yang mesti ditunaikan dengan lunas baik kepada diri sendiri, keluarga dan organisasi TNI, maupun kepada bangsa, negara dan lebih utama lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kepada para Jenderal, Laksamana dan Marsekal diharapkan meningkatkan komitmen tugas dan pengabdian sesuai dengan tanggungjawab pangkat yang disandang dan jabatan yang dipangku serta lebih solid, profesional untuk mensukseskan tugas pokok TNI.

Sembilan belas Perwira Tinggi (Pati) yang diterima laporan kenaikan pangkatnya oleh Panglima TNI terdiri dari 11 orang Pati TNI AD, 5 orang Pati TNI AL dan 3 orang Pati TNI AU, yaitu : Mayjen TNI Drs. Kurdi Mustofa (Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI); Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus (Danjen Kopassus); Mayjen TNI Hambali Hanafiah (Pangdam IM); Mayjen TNI Agus Muljadi (Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI); Brigjen TNI Mulyana Esa (Direktur Rendalgiatops Deputi-I BIN Bidang Luar Negeri); Brigjen TNI Eddy Rakhmat (Asdep 5/I Urusan Budaya & Partisipasi Politik Kemenko Polhukam); Brigjen TNI Harry Purdianto, S.IP (Kasdivif-2 Kostrad); Brigjen TNI Murdjito (Waaspers Kasad); Brigjen TNI Hawas Mu’in (Karo Ops & Pengamanan Setmil Setneg RI); Brigjen TNI E. Hudawi Lubis (Waaspam Kasad); Brigjen TNI DR. A. Yani Basuki, M.Si. (Staf Khusus Presiden RI Bidang Publikasi dan Dokumentasi); Laksda TNI Among Margono, S.E (Dansesko); Mayjen TNI (Mar) Norman Zamili (Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI); Laksma TNI Widodo, S.E (Danguspurlatim); Laksma TNI Zufri Zaenal Abidin (Irbin Itjenal); Laksma TNI drg. Ananda Danardono (Kaladokgi REM); Marsda TNI Eddy Suyanto, S.T (Pangkoopsau I); Marsma TNI A. Anjar Kristiyanto (Pati Sahli Kasau Bid. Air Power) dan Marsma TNI Potler Gultom (Kadiswatpersau).

Pelaporan kenaikan pangkat tersebut dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasau Marsdya TNI Imam Sufaat, Kasum TNI Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo, Wakasal Laksdya TNI Moekhlas Sidik, Irjen TNI Letjen TNI Liliek AS. Sumaryo, S.IP., Dansesko TNI Marsdya TNI Edy Harjoko, Kapuspen TNI Marsda TNI Sagom Tamboen, S.IP, para Asisten Panglima TNI serta pejabat tinggi di lingkungan Mabes TNI dan masing-masing Angkatan. (Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/



KASAD TERIMA LAPORAN KORPS KENAIKAN PANGKAT
DAN IKRAR SEBELAS PATI TNI AD
17 Desember 2009
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta menerima laporan korps Kenaikan Pangkat dan Ikrar sebelas orang Perwira Tinggi Angkatan Darat di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (17/12).
Pada saat sebelumnya kesebelas Perwira Tinggi Angkatan Darat ini melaporkan kenaikan Pangkatnya kepada Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap. Diantara Perwira Tinggi yang naik pangkat Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Hambali Hanafiah Pangdam Iskandar Muda serta Brigjen TNI DR. Ahmad Yani Basuki Staf Khusus Presiden RI bidang Publikasi dan Pengucapan Dokumentasi. (Dispenad)


KASAD PIMPIN SERTIJAB PANGDAM III/SILIWANGI
16 Desember 2009
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dari Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary kepada Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo di Stadion Siliwangi, Bandung, Rabu (16/12).
Mayjen TNI Pramono sebelumnya menjabat Danjen Kopassus dan Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary selanjutnya menjabat Asisten Intelejen Panglima TNI.
Dalam amanatnya Kasad mengatakan, serah terima ini merupakan bagian integral dari dinamika internal Angkatan Darat untuk kepentingan pembinaan personel maupun penyegaran organisasi. Pergantian jabatan di lingkungan Angkatan Darat, harus dipandang sebagai upaya perwujudan untuk meningkatkan kinerja setiap personel yang mengawaki organisasi, dengan harapan, tugas, fungsi dan peran dapat diemban dengan sebaik-baiknya.
Berkaitan dengan tugas Kodam III/Siliwangi sebagai Kotama Pembinaan Angkatan Darat dan Kotama Operasional TNI, merupakan kekuatan matra darat yang digelar di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten, memiliki posisi strategis, sebagai penyangga Ibu Kota. Kasad mengingatkan kepada setiap warga Kodam III/Siliwangi berkaitan agar sikap teritorial yang selama ini dibanggakan oleh warga masyarakat di wilayah Kodam III/Siliwangi, semakin digiatkan dan terus diberdayakan bersama komponen bangsa lainnya, dengan membangun dialog, melakukan interaksi dan komunikasi sosial dengan semua lapisan masyarakat. Agar tercipta sinergitas yang diperlukan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat, bangsa dan negara di daerah ini.
Didepan wartawan usai acara Sertijab Kasad menyampaikan, bahwa serah terima jabatan ini merupakan kegiatan yang alamiah dari seniornya diserahkan kepada yuniornya, kepada pers diwilayah Bandung, Kasad mengharapkan untuk membantu mensosialisasikan program Kodam III/Siliwangi yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah ini.
Usai acara Sertijab Kasad didampingi Wakasad, Pangdam III/Siliwangi yang lama dan yang baru menyaksikan defille prajurit Kodam III/Siliwangi dilanjutkan meninjau sarana Kolam Renang Graha Tirta Siliwangi dan ramah tamah. (Dispenad)


PANGDAM VI/TANJUNGPURA PIMPIN SERTIJAB DANRINDAM
16 Desember 2009
Bertempat di lapangan Rindam VI/Tpr telah dilaksanakan upacara serah terima Danrindam VI/Tpr dari pejabat lama Kolonel Inf Yudhie Karsono, S.E., M.M., kepada Kolonel Inf Budi Heriyanto.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Gubernur Kalimantan Selatan beserta Muspida Tk I. Para Danrem Se-Kalimantan beserta para Komandan Satuannya, Danbrigif, Walikota Banjarmasin dan Banjar Baru serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman.
Dalam sambutannya Pangdam VI/Tanjungpura mengatakan, bahwa sebagaimana lazimnya organisasi yang dinamis dan modern, Angkatan Darat secara terencana dan berlanjut melaksanakan Tour of Duty dan Tour of Area untuk kepentingan dan kemajuan organisasi serta peningkatan kemampuan personel yang menjalankannya. Karena dalam konteks kepentingan organisasi, serah terima jabatan lebih diarahkan untuk meningkatkan kinerja organisasi sehingga kualitas hasil karya organisasi satuan tersebut akan terus meningkat dari hari ke hari.
Jadikan serah terima ini suatu amanah dari Bangsa dan Negara pertanggungjawabkan jabatan ini kepada Tuhan Yang Maha Esa. jangan mengharap apa yang kita peroleh melainkan justru menuntut apa yang harus kita lakukan dan berikan. Jadikan Rindam ini sebagai center of excellence dimana guru atau pelatih selalu berupaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan secara sistematis dan konseptual. Tujuannya adalah agar para prajurit memiliki bekal awal yang cukup dan dapat dikembangkan seiring dengan perkembangan karier prajurit sehingga tetap eksis walaupun dihadapkan dengan tuntutan persaingan yang semakin ketat imbuh Pangdam VI/Tpr.
Sementara Gubernur Kalimantan Selatan disela acara peresmian Patung Prajurit mengatakan. Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena untuk pertama kali diresmikannya patung prajurit ini adalah ikon prajurit Kodam VI/Tpr. Dengan adanya patung sosok prajurit Kodam VI/Tpr ini, diharapkan dapat menjadikan prajurit yang handal karena kedepan tugas-tugas yang semakin berat dan kompleks dapat dilaksanakan dengan baik dan prajurit Kodam VI/Tpr akan semakin tangguh kemudian memiliki wawasan visi kedepan yang sanggup menghadapi halangan rintangan bagi kita semua. Dengan harapan semoga Kalsel selalu tetap dalam keadaan sejuk, damai dan dapat melanjutkan pembangunan kemaslahatan bagi masyarakat.
Dalam acara tersebut Rudy juga mengatakan, bahwa jalinan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan selama ini dengan pejabat lama sangat baik dimana dalam rangka membentuk disiplin Pegawai Negeri Sipil khususnya golongan II dan III telah lama dilaksanakan dengan harapan kepada pejabat Komandan Rindam yang baru untuk nantinya dapat ditingkatkan lagi, sehingga para aparatur pemerintah nantinya memiliki semangat juang yang tinggi untuk mengabdi kepada Negara dan Bangsa khususnya untuk Kalimantan Selatan.(Penrem101/ Pendam 6/tanjungpura /
Dispenad)

Selasa, 15 Desember 2009

SERTIJAB 08-15 DESEMBER 2009

SERTIJAB DANDENKESYAH 03.04.04 SERANG
11 Desember 2009
Pada hari Jumat tanggal 11 Desember 2009 pk 08.00 wib dilaksanakan upacara Sertijab Dandenkesyah 03.04.04 Serang dari Letkol Ckm dr Tjeffy Gunadi, MARS kepada Mayor Ckm dr Asep Usmanto S., Sp.B. Bertindak Selaku Inspektur Upacara Kakesdam III/Siliwangi, hadir dalam upacara tersebut Para Dandenkesyah, para pejabat di lingkungan Kesdam III/Siliwangi dan anggota Denkesyah 03.04.04 Serang.

Setelah upacara sertijab, dilanjutkan dengan acara lepas sambut. Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 064/MY, Bupati Serang, Kapolda (diwakili), Danlanal (diwakili), Para Dandim jajaran Korem 064/MY dan para Kabalak Aju Korem 064/MY.
Pejabat lama Letkol Ckm dr Tjeffy Gunadi, MARS, selanjutnya akan melaksanakan tugasnya sebagai SMF Dokter Umum/Gigi Rumkit Tk. II 00.05.01 MRM Kesdam Jaya di Jakarta. (Penrem 064/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


DANREM 101/ANT TERIMA KORPS RAPORT KASI INTELREM 101/ANT
10 Desember 2009
Danrem 101/Ant Kolonel Inf Heros Paduppai pada hari Kamis (10/12) bertempat di Koridor Korem 101/Ant menerima Korps Raport Kasi Intelrem 101/Ant Letnan Kolonel Inf Toyib Anwari yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Intelrem 012/Tengku Umar Meulaboh Kodam Iskandar Muda, dalam acara Korps Raport tersebut dihadiri Kasrem 101/Ant dan para Komandan Satuan jajaran Korem 101/Ant beserta anggota lainnya.

Dalam sambutannya Danrem 101/Ant mengatakan, bahwa acara tradisi seperti ini harus dipertahankan, budayakan baik itu acara penerimaan atau pelepasan anggota baru khususnya jabatan setingkat Pamen dimana nantinya pejabat yang baru akan lebih cepat untuk dikenal oleh para anggota lainnya, dengan hadirnya Kasiintel ini dapat memperkuat staf di Makorem dimana pejabat sebelumnya sudah pindah tugas beberapa bulan yang lalu dengan demikian kehadiran pejabat baru beban tugas dapat dibagi habis sehingga tugas-tugas khusus dan rangkaian kegiatan dapat terselesaikan dengan baik, jangan menunda-nunda pekerjaan, harus cekatan serta mampu inisiatif atau antisipatif dalam setiap bidang tugasnya. Laporkan segera hal-hal yang tanpa diminta pelajari lagi prosedurstaf dan komandan diminta atau tidak diminta harus memberikan saran pada Komandan imbuhnya. (Penrem 101/Dispenad)


KASAD PIMPIN SERTIJAB KOORSAHLI KASAD
9 Desember 2009
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta memimpin Serah Terima Jabatan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad dari Mayjen TNI Mayjen TNI Dahler Sjaiful Hasibuan kepada Mayjen TNI Sumurung Simanjuntak, S.Sos., bertempat di Gedung Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (9/12).

Dalam amanatnya Kasad mengatakan, bahwa Koorsahli Kasad memiliki fungsi dan peran sangat strategis. Karena dalam pelaksanaan tugasnya, memberi pengka-jian terhadap permasalahan yang ada, dan tugas-tugas tertentu yang diberikan Kasad, serta mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasad. Dengan demikian, Koorsahli Kasad senantiasa dituntut untuk mampu berperan sebagai dapur analisis guna menjamin terlaksananya tugas pokok Angkatan Darat.
Kasad menegaskan, bahwa Koorsahli Kasad harus mampu melakukan koordinasi sebaik-baiknya dengan Staf Umum, Staf Khusus dan Balakpus lainnya, serta instansi lintas departemen dalam jajaran pemerintahan. Hal ini dilakukan agar dalam menjalankan fungsi dan perannya dapat berlangsung secara maksimal, dengan dilandasi sikap kritis, melalui wawasan yang luas dan tajamnya daya nalar, sehingga saran dan masukan yang disampaikan kepada Pimpinan Angkatan Darat memiliki nilai analisis yang cermat, realistis dan prospektif.

Pada kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Dahler Sjaiful Hasibuan, atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama menjabat Koorsahli Kasad, juga kepada Ibu Dahler Sjaiful Hasibuan, yang selama ini dengan setia mendampingi Mayor Jenderal TNI Dahler Sjaiful Hasibuan dalam tugas pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai prajurit. Kepada Mayjen TNI Sumurung Simanjuntak, S.Sos, Kasad juga mengucapkan selamat atas pengangkatan pada jabatan baru sebagai Koorsahli Kasad, yang merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Pimpinan Angkatan Darat.
Acara tersebut dihadiri oleh Asops Kasad, Asrena Kasad, Aslog Kasad, Danpusintelad, Kadisinfolahtad dan Kadispenad serta Pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana. (Dispenad)



DANSESKOAD PIMPIN SERTIJAB WADAN SESKOAD
8 Desember 2009
Pelaksanaan serah terima tugas dan tanggungjawab jabatan Wakil Komandan Seskoad dari Brigjen TNI Osaka Meliala kepada Brigjen TNI Husein Malik, Senin (8/12) dilaksanakan di Lapangan Melati Mekar Seskoad Bandung. Brigjen TNI Osaka Meliala mendapatkan kepercayaan sebagai Kasdam XVII/Cendrawasih dan Brigjen TNI Husein Malik sebelumnya menjabat Wakil Asisten Personel Kasad.
Dalam amanatnya Komandan Seskoad Mayjen TNI Bambang Suranto, S.Sos., mengatakan serah terima jabatan dilingkungan Angkatan Darat, pada dasarnya bukan merupakan kegiatan yang istimewa, namun merupakan kegiatan yang secara rutin dilaksanakan, pergantian ini dilakukan agar diperoleh penyegaran dan perubahan-perubahan didalam satuan yang mengarah kepada pembaharuan yang muaranya bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan agar mampu menjawab tuntutan tugas dihadapkan perkembangan lingkungan yang terjadi.
Dalam konteks pembinaan personel mutasi jabatan dilakukan guna memberikan pengalaman dan wawasan terkait dengan tugas dan jabatan yang dipertanggungjawabkan serta sebagai upaya untuk memberikan penyegaran agar motivasi dan etos kerja senantiasa terpelihara.

Bertambahnya pengalaman jabatan dari rotasi jabatan ini hendaknya dimaknai sebagai suatu kehormatan yang patut dibanggakan dan disyukuri, karena hal ini merupakan penghargaan yang diberikan pimpinan terhadap setiap personel yang mampu menunjukkan prestasi, dedikasi dan loyalitas dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa yang kita cintai ini , dengan memantapkan komitmen dan bertekad untuk senantiasa meningkatkan kualitas pengabdian melalui satuan yang dipertanggungjawabkan.
Seskoad sebagai lembaga pendidikan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi serta pengkajian dan pengembangan strategis Angkatan Darat. Dihadapkan kepada tugas penyelenggaraan pendidikan, keberhasilan pelaksanaan sangat dipengaruhi oleh perangkat pendukung yang meliputi peserta pendidikan, kurikulum, dan tenaga pendidik.
Hadir pada acara tersebut para Pejabat Struktural, Para Kadep, Para Direktur, Pa Ahli, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Organik Seskoad. (Pen Humas Seskoad/Dispenad)

Jumat, 11 Desember 2009

SERTIJAB 19-21 APRIL 2010

KASAD PIMPIN SERTIJAB DANSESKOAD
20 April 2010
Mayor Jenderal TNI Markus Kusnowo menjabat Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Danseskoad) yang baru menggantikan Mayor Jenderal TNI Bambang Suranto, Upacara Serah Terima Jabatan dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta  di Mako Seskoad, Bandung, Selasa (20/4).

Mayjen TNI Markus  Kusnowo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) dan Mayjen TNI Bambang Suranto selanjutnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI. Kasad mengatakan, serah terima jabatan ini dilakukan sebagai upaya pembinaan personel dan pembinaan organisasi. “Oleh karena itu, setiap pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Darat harus dipandang sebagai suatu perwujudan untuk meningkatkan kinerja satuan sebagai akumulasi dari meningkatnya etos kerja setiap personel yang mengawaki organisasi”, jelas Kasad.

Seskoad merupakan lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Darat, yang mempersiapkan para perwira menengahnya untuk menjadi kader-kader pemimpin masa depan yang berkarakter dan berintegritas. Untuk itu Kasad mengharapkan, Seskoad dapat melahirkan pemimpin TNI Angkatan Darat yang memiliki kapabilitas yang tinggi, di bidang kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, serta memiliki moralitas dan etika keprajuritan yang bersumber pada jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional.

Menjawab pertanyaan wartawan berkaitan dengan tuntutan kualitas sumber daya manusia peserta didik Seskoad, Kasad mengatakan, “Sekarang jaman sudah berubah, kita harus menyesuaikan untuk berubah, berubah ke arah kebaikan, termasuk pola pendidikannya harus berubah, seperti kurikulum, yang dulu siswa Seskoad satu tahun in campus, sekarang sudah ada koresponden dan in campus, termasuk pemanfaatan IT dalam proses belajar mengajar,” jelas Kasad.
Selanjutnya usai memimpin upacara sertijab, Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hj. Nur George Toisutta didampingi Danseskoad beserta Ibu melaksanakan penanaman pohon kenangan di dalam lingkungan Seskoad dilanjutkan tatap muka dengan Dosen Seskoad dan Pasis Dikreg XLVIII Seskoad TA. 2010. Ikut mendampingi Kasad pada acara ini, Irjenad, para Asisten Kasad, Koorsahli Kasad dan Kadispenad. Oleh : Gara Hendrik  (Dispenad)


PANGDAM XVI/PATTIMURA PIMPIN SERTIJAB DANREM 152/BABULLAH
20 April 2010
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Hatta SY. memimpin prosesi Upacara Sertijab Komandan Komando Resort Militer 152/Babullah dari Kolonel Inf Agus S.B. kepada Kolonel Inf Widhagdo S.W. bertempat di Lapangan Upacara Makorem 152/Bbl, Ternate pada hari Selasa tanggal 20 April 2010 dan dihadiri oleh beberapa pejabat teras Kodam XVI/Pattimura, pejabat Muspida Pemprov Maluku Utara serta Bupati/Walikota Se-Provinsi Maluku Utara, tokoh pemuda, tokoh Agama, tokoh adat dan tamu undangan lainnya.
Dalam amanatnya, Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa Korem 152/Babullah sebagai komponen utama pertahanan dan bertanggungjawab untuk merencanakan, menyusun dan menyiapkan serta menyelenggarakan sistem pertahanan semesta, harus mampu melakukan tindakan preventif terhadap adanya ancaman dan gangguan yang timbul di wilayah ini, sehingga masyarakat Maluku Utara tetap tenang, aman, tenteram dan damai. Sejalan dengan itu, kegiatan pembinaan teritorial dalam rangka mencegah dan meniadakan kemungkinan terjadinya kerawanan serta upaya meningkatkan ketahanan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi, serta berkomunikasi yang baik kepada seluruh aparat pemerintah dan komponen masyarakat yang ada di wilayah ini agar setiap perkembangan situasi dapat diketahui secara dini, sehingga dapat diambil langkah-langkah yang cepat dan tepat dalam rangka mengantisipasi maupun menyelesaikan dengan baik dan tuntas.

Selanjutnya Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa dalam upaya menegakkan wibawa TNI, maka soliditas dan kebersamaan diantara semua komponen masyarakat, termasuk di lingkungan internal aparat keamanan sendiri harus tetap dijaga. Jangan sampai terjadi ketidakharmonisan diantara sesama kita yang disebabkan perbedaan atau kesalahpahaman serta menghindari gesekan-gesekan sekecil apapun yang tidak perlu dan apabila ada agar diselesaikan dengan arif, bijaksana dan tegas.
Usai acara sertijab Danrem 152/Bbl dilaksanakan acara ramah tamah di Gazebo Nuku Makorem 152/Bbl, dalam sambutannya Kolonel Agus S.B. menyampaikan kesan-kesannya selama melaksanakan tugas di wilayah Maluku Utara dan memberikan pesan kepada seluruh prajurit agar senantiasa bertugas dengan baik dan professional serta menanamkan kebanggaan untuk menjadi prajurit Korem 152/Babullah. Selanjutnya Kolonel Inf Agus S.B. akan melanjutkan tugas sebagai Waaster Kasad di Mabes TNI AD, Jakarta. Sumber http://www.tniad.mil.id

SERTIJAB 16-18 APRIL 2010

SERTIJAB DANREM 033
18 April 2010
Pangdam I/BB melakukan salam komando dengan Danrem 033/WP yang lama dan yang baru sesaat setelah dilakukan kegiatan seremonial serah terima jabatan Danrem 033/WP.

kamis 15/4 secara resmi Kolonel CZI Zainal Arifin SIP menerima tongkat komando dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Noer Muis mengantikan Kolonel ARH Mardimin dalam upacara serah terima yang berlansung dengan lancar lapangan Makorem 033/WP Senggarang Tanjungpinang. http://kodam1-bukitbarisan.mil.id/

SERTIJAB Danrem 121/Alambhana Wanawwai
Toto Rinanto Resmi Danrem 121/Abw
17 April 2010
ANTARA/Jessica Wuysang
SERTIJAB DANREM - Pangdam IV/Tanjungpura, Brigjen Tan Aspan (tengah), melakukan salam komando dengan pejabat baru Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Kolonel Inf Toto Rinanto Soedjiman (kanan), dan pejabat lama, Kolonel (Inf) Nukman Rosadi, di Makorem Pontianak, Kalbar, Sabtu (17/4).

Kolonel Infanteri Toto Rinanto Sudjiman secara resmi memimpin Korem 121/Alambhana Wanawwai menggantikan komandan sebelumnya Kolonel Infanteri Nukman Kosadi. Serah terima jabatan Danrem 121/Alambhana Wanawwai dilaksanakan di depan Markas Korem yang terletak Jalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota, Sabtu (17/4) pagi.
Panglima Kodam VI/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Tan Aspan menjadi inspektur upacara.
Toto Rinanto Soedjiman adalah anak mantan Gubernur Kalimantan Barat periode 1977-1987, H Soedjiman. Sebelumnya Toto Rinanto Soedjiman menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Militer Kodam Jaya, Jakarta. Sementara Kolonel Infanteri Nukman Kosadi akan menjalani pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional. Nukman Kosadi mulai menjabat sebagai Danrem 121/Alambhana Wanawwai pada tahun 2008. Markas Korem 121/Alambhana Wanawwai juga akan dipindah dari Kota Pontianak ke Sintang seiring pembentukan Kodam XII/Tanjungpura. (*)

Tiga Pejabat Utama Kodam Diganti
16 April 2010
Gerbong mutasi di jajaran Kodam VII Wirabuana bergerak. Tiga pejabat utama masing-masing Asisten Operasional (Asops), Asisten Personalia (Aspers), dan Kepala Ajudan Jenderal (Ajendam) VII Wirabuana diganti. Serah terima jabatan digelar Jumat, 16 April, di Balai Pertemuan Wirabuana.
Sertijab dilakukan Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Hari Krisnomo. Tiga pejabat yang diganti adalah Asops Kolonel (Inf) Nur Tjahyono yang diganti oleh Letkol (Inf) Heru Triyanto, kemudian jabatan Aspers dari Kolonel (Inf) Kurnia Dewantara ke tangan Letkol (Inf) Dudung Abdurrachman.
Lalu Kepala Ajendam dari tangan Kolonel (Caj) Bambang Sumartono kepada Letnan Kolonel (Caj) Mohammad Arif Efendi. Selain ketiga pejabat utama tersebut, Pangdam VII Wirabuana juga menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan perwira Ahli Bidang Ekonomi yang selama ini kosong kepada Kolonel (Inf) Bustanul Arifin. http://metronews.fajar.co.id/

SERTIJAB 13-15 APRIL 2010

SERTIJAB PAMEN KODAM VII/WRB
15 April 2000
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjen TNI Hari Krisnomo berjanji akan menindak tegas Serma JR yang diduga menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke perusahaan industri.”Pokoknya sudah ada aturan yang harus ditaati seluruh prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Kalau terbukti melanggar, kami tidak akan lindungi. Pasti ditindak tegas,” ungkapnya di Markas Kodam VII/Wirabuana kemarin. Sebelumnya, oknum anggota Detasemen Intelijen (Denintel) Kodam VII/Wirabuana tertangkap tangan oleh personel Polsekta Mamajang yang mengangkut ribuan liter BBM jenis minyak tanah bersubsidi yang diduga akan di-pasarkan di sejumlah perusahaan industri di Jalan Tanjung Bira,Kamis (15/4).Selain mengamankan 15 buah drum yang berisi BBM,petugas juga menyita satu unit truk Dino bernopol DD DD 9871 D yang digunakan mengangkut ribuan liter BBM asal Kabupaten Bone tersebut. Menurut jenderal bintang dua TNI AD ini,kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polisi Militer Kodam (Pomdam) VII/Wirabuana berikut bersama dengan barang buktinya. Dia menekankan, dalam kasus ini Pomdam harus netral dan tidak melindungi oknum TNI jika terbukti bersalah.
”Sekarang ini kami masih dalami dan pelajari kasusnya.Apakah memang oknum TNI itu benarbenar melakukan penyelundupan atau tidak.Pokoknya aturan harus ditegakkan,” ujarnya saat ditemui seusai memimpin serah terima jabatan pejabat kodam. Beberapa pejabat struktural yang dilantik,yaitu Asisten Operasi Kodam VII/Wirabuana dari Kolonel INF Nur Tjahyono kepada Kolonel INF Heru Triyanto,Asisten Personalia Kodam dari Kolonel Bambang Sumartono kepada Letnan Kolonel Dudung Abdurrachman, dan Kepala Ajudan Jenderal dari Kolonel CAJ Kurnia Dewantara kepada Letkol CAJ Mohammad Arif Effendy.
Pada kesempatan itu,Hari Krisnomo juga menunjuk pejabat sebagai Perwira Ahli Bidang Ekonomi Kodam kepada Kolonel CKU Bustanul Arifin. Danpomdam VII/Wirabuana Letkol CPM Dedi Iswanto yang dikonfirmasi mengenai dugaan keterlibatan Serma JR tersebut, mengaku hingga sekarang masih dalam penyelidikan, yakni memeriksa keterangan sejumlah saksi dan oknum yang bersangkutan. ”Sampai sekarang sudah enam saksi yang kami mintai keterangannya.Serma JR masih sebatas terperiksa dan belum ditingkatkan statusnya menjadi tersangka,” ujar pamen TNI AD ini kepada Seputar Indonesia. Konfrontasi keterangan antara saksi dan Serma JR ini untuk mengetahui seberapa jauh peranan oknum bintara TNI ini dalam dugaan penyelundupan BBM bersubsidi itu. Dedi menambahkan,dalam kasus ini pihaknya tidak mau terburuburu sebelum seluruh unsur alat bukti ditemukan penyidik Pomdam.
”Jangan dululah langsung menuduh kalau oknum TNI itu bersalah. Sekarang ini kanmasih kami selidiki, apakah ada keterlibatannya atau tidak,”tandasnya. Terkait sertijab sejumlah pejabat teras kodam kemarin,Pangdam mengatakan bahwa hal tersebut adalah dinamika dalam keorganisasian. Hal itu ditujukan untuk peningkatan dan keberhasilan kinerja satuan TNI AD dalam menjaga keutuhan NKRI.


KOLONEL CZI ZAINAL ARIFIN DANREM KE-3 KOREM 033/WP
15 April 2010
Pada hari ini, Kamis (15/4) secara resmi Kolonel Czi Zainal Arifin, S.IP., menerima tongkat komando dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Noer Muis mengantikan Kolonel Arh Mardimin dalam upacara serah terima yang berlansung dengan lancar lapangan Makorem 033/WP Senggarang Tanjungpinang.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, agar situasi yang sudah baik ini agar tetap dijaga jangan sampai muncul persoalan-persoalan baru yang dapat menganggu tugas pokok organisasi, laksanakan komunikasi secara intensif dengan saling memberi saran dan masukan untuk kepentingan pembangunan. Ciptakan suasana kehidupan yang harmonis dan senantiasa mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan sehingga tidak timbul sekecil apapun persoalan di daerah yang dapat menghambat tugas pokok organisasi, tambah Pangdam.
Sertijab dihadiri oleh unsur Muspida Kepri diwakili Wagub M. Sani dan Ketua DPRD Syafriadi termasuk rekan dari TNI AU, AL dan Polri yang ada di Kepri. Acara juga dilanjutkan dengan demontrasi Simulasi pembebasan sandra dan Demontrasi Karate dari Yonif 134/TS.
Kolonel Czi Zainal adalah Lulusan Akabri 83 dan telah melewati jenjang pendidikan Seskoad dan Sesko TNI tahun 2004 yang lalu, sebelum menjabat Danrem bapak tiga anak, suami dari Hasri Cahyani pernah menjadi Irditziad di Jakarta dan  Aslog di Kodam I/BB, dalam pesan singkatnya ia akan tetap menjalankan apa yang telah dirintis pendahulunya dan bertekad memberikan yang terbaik dalam pengadiannya sebagai prajurit, sementara ini Kolonel Arh Mardimin akan menempati pos baru di Kodam I/BB Medan. (Penrem 033/Dispenad))


GUBERNUR AKMIL PIMPIN SERTIJAB PEJABAT AKMIL
14 April 2010
Magelang, Akmil, Rabu (14/4), Gubernur Akmil Mayjen TNI Gatot Nurmantyo memimpin prosesi Upacara Sertijab Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil.
Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Resimen Taruna Akmil tersebut diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Inf Heronimus Guru kepada pejabat baru Kolonel Inf Edi Rahmayadi, di Lapangan Pancasila Akmil.
Acara ceremonial yang bersifat resmi ini berlangsung dengan hikmat dan lancar,  dihadiri  oleh para pejabat teras Akmil, beberapa Pejabat teras Kodam IV/Diponegoro, beberapa pejabat Polresta dan Kabupaten, beberapa Pejabat Pemda Kotamadya dan Kabupaten  Magelang,  para Perwira Akmil, para Taruna dan  Staf Akademika Akmil, serta Pengurus Persit Katika Chandra Kirana Cabang BS Akmil dan  tamu undangan.
Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, bahwa prosesi serah terima jabatan menandai adanya pergantian pejabat di Lingkungan Akmil. Kegiatan ini merupakan peristiwa yang biasa dilakukan di Lingkungan TNI AD termasuk Akademi Militer. Momen ini juga merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi kedua pejabat untuk mendapatkan pengalaman yang beragam dan berjenjang (various and terraced experience), yang sangat diperlukan untuk menyukseskan pelaksanaan Tugas pokok satuan yang dipimpinnya, tambah Gubernur dengan menuturkan bahwa tugas adalah tidak semata-mata merupakan suatu Kepercayaan pimpinan saja akan tetapi yang paling penting adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang kelak akan diminta pertanggungjawaban nantinya.
Setelah hampir satu tahun menjabat sebagai Damentar Akmil, selanjutnya Kolonel Inf Heronimus Guru menempati jabatan barunya sebagai Danrem 17I/PVT Dam XVII Cendrawasih, sedangkan Kolonel Inf Edy Rahmayadi sebelumnya menjabat Asops Kodam Iskandar Muda, Aceh.
Pada hari yang sama, juga diselenggarakan acara Sertijab beberapa Kepala Departemen, yaitu Kepala Departemen Jasmani Akmil dari Kolonel Inf Warih Widiyono kepada  Letkol Inf  Rudy Supriyanto, dan Kepala Departemen Sosial dan Bahasa dari Kolonel Inf Mulyo Aji kepada Letkol Inf I Gede Agit Thomas. Kadepjas Lama Kolonel Inf Warih Widiyono, selanjutnya menempati Jabatan barunya sebagai DanpusdikJas Kodiklat TNI AD, sedangkan Kolonel Inf Mulyo Aji mengikuti Pendidikan Sesko TNI. Sebelum di Akmil Letkol inf Rudy Supriyanto menduduki jabatan di Secapa AD, dan Letkol Inf I Gede Agit Thomas di Irjenad. (Pen Humas Akmil/Dispenad)


SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KOREM 031/WIRABIMA
13 April 2010
Pada hari Selasa tanggal 13 April 2010 tugas wewenang dan tanggung jawab Komandan Korem 031/Wirabima diserah terimakan dari Kolonel Inf Toto. S Moerasad S.Ip M.M kepada Kolonel Inf Zaedun S.Sos, di Lapangan hitam Makorem 031/Wirabima bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI M. Noer muis.
Pada amanatnya Pangdam I/BB menegaskan, Jabatan Danrem 031/Wirabima merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan ini merupakan suatu kepercayaan dan amanah yang harus diemban dengan menunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi untuk bekerja keras meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.
Jabatan yang dipercayakan tidak hanya dipertanggung jawabkan kepada atasan dan satuan, tetapi juga harus dipertanggung jawabkan kepada tuhan yang maha esa.
Korem 031/Wirabima sebagai sub kompartemen strategis memiliki karakteristik geografis dengan wilayah yang luas, memiliki pulau-pulau kecil dan besar, berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia dan Singapura serta memiliki wilayah perairan dengan arus lalu lintas laut yang sangat padat baik kepentingan internasional maupun nasional sementara disisi lain, wilayah ini juga kaya sumber daya alam, kondisi demikian akan sangat rentan terhadap munculnya berbagai permasalahan, baik permasalahan perbatasan kedua Negara maupun berbagai tindakan illegal dalam pengelolaan sumber daya alam.Maka harus disadari oleh seluruh prajurit jajaran Korem 031/Wirabima, bahwa gelar kekuatan Kodam I/BB diwilayah ini memilki peran yang sangat menentukan dalam mendukung tugas pokok TNI AD, sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yaitu melakukan tugas operasi militer untuk perang dan tugas operasi militer selain perang.Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur Propinsi Riau, Pimpinan DPRD dan seluruh aparat Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Para cerdik pandai, Wartawan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di wilayah ini yang telah menjalin kerja sama serta memberikan bantuan moril maupun materiil kepada Korem 031/Wirabima.Mengakhiri amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa atensi dan harapan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas.Pertama,    Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksaan tugas.Kedua,    Tingkatkan kemapuan dan kwalitas diri, sehingga memiliki kemampuan profesi yang handal diatas landasan mental dan moral yang tangguh serta disiplin yang tinggi.Ketiga,    Jalin terus komunikasi dan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat karena kekuatan TNI adalah bersama masyarakat.Keempat,    Jangan nodai kemanunggalan TNI-Polri-Masyarakat jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun.Kelima,    Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah prajurit dan Delapan Wajib TNI, dimanapun kalian berada dan bertugas.Hadir dalam acara tersebut Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Burhanuddin Amin, Brigjen TNI Erro Kusnara dan Kapolda Riau Brigjen Pol Aji Rustam Ramja, Para Danrem Sejajaran Kodam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Gubernur Propinsi Riau HM. Rusli Zainal SE dan segenap undangan. http://www.korem031.mil.id

SERTIJAB DANREM 083/ BALADHIKAJAYA
13 April 2010
Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suwarno melakukan salam komando dengan pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan dan pejabat baru Danrem 083/ Baladhikajaya Kol Inf Udin Supidin, 13 April 2010.

Serah terima Jabatan Danrem 083/ Baladhika Jaya dari pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan kepada pejabat baru Kol Inf Udin Supidin, di pimpin Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Suwarno Sip, Msc. 14 April 2010.
Pejabat lama Kol Ferdinan Setiawan Selanjutnya bertugas  mengikuti pendidikan Lemhannas di Jakarta.
Sementara pejabat baru Kol Udin Supidin sebelumnya menjabat sebagai Danrindam III/ Siliwangi di Bandung.