SERTIJAB 19-21 APRIL 2010

KASAD PIMPIN SERTIJAB DANSESKOAD
20 April 2010
Mayor Jenderal TNI Markus Kusnowo menjabat Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Danseskoad) yang baru menggantikan Mayor Jenderal TNI Bambang Suranto, Upacara Serah Terima Jabatan dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta  di Mako Seskoad, Bandung, Selasa (20/4).

Mayjen TNI Markus  Kusnowo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) dan Mayjen TNI Bambang Suranto selanjutnya menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI. Kasad mengatakan, serah terima jabatan ini dilakukan sebagai upaya pembinaan personel dan pembinaan organisasi. “Oleh karena itu, setiap pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Darat harus dipandang sebagai suatu perwujudan untuk meningkatkan kinerja satuan sebagai akumulasi dari meningkatnya etos kerja setiap personel yang mengawaki organisasi”, jelas Kasad.

Seskoad merupakan lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Darat, yang mempersiapkan para perwira menengahnya untuk menjadi kader-kader pemimpin masa depan yang berkarakter dan berintegritas. Untuk itu Kasad mengharapkan, Seskoad dapat melahirkan pemimpin TNI Angkatan Darat yang memiliki kapabilitas yang tinggi, di bidang kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, serta memiliki moralitas dan etika keprajuritan yang bersumber pada jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional.

Menjawab pertanyaan wartawan berkaitan dengan tuntutan kualitas sumber daya manusia peserta didik Seskoad, Kasad mengatakan, “Sekarang jaman sudah berubah, kita harus menyesuaikan untuk berubah, berubah ke arah kebaikan, termasuk pola pendidikannya harus berubah, seperti kurikulum, yang dulu siswa Seskoad satu tahun in campus, sekarang sudah ada koresponden dan in campus, termasuk pemanfaatan IT dalam proses belajar mengajar,” jelas Kasad.
Selanjutnya usai memimpin upacara sertijab, Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hj. Nur George Toisutta didampingi Danseskoad beserta Ibu melaksanakan penanaman pohon kenangan di dalam lingkungan Seskoad dilanjutkan tatap muka dengan Dosen Seskoad dan Pasis Dikreg XLVIII Seskoad TA. 2010. Ikut mendampingi Kasad pada acara ini, Irjenad, para Asisten Kasad, Koorsahli Kasad dan Kadispenad. Oleh : Gara Hendrik  (Dispenad)


PANGDAM XVI/PATTIMURA PIMPIN SERTIJAB DANREM 152/BABULLAH
20 April 2010
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Hatta SY. memimpin prosesi Upacara Sertijab Komandan Komando Resort Militer 152/Babullah dari Kolonel Inf Agus S.B. kepada Kolonel Inf Widhagdo S.W. bertempat di Lapangan Upacara Makorem 152/Bbl, Ternate pada hari Selasa tanggal 20 April 2010 dan dihadiri oleh beberapa pejabat teras Kodam XVI/Pattimura, pejabat Muspida Pemprov Maluku Utara serta Bupati/Walikota Se-Provinsi Maluku Utara, tokoh pemuda, tokoh Agama, tokoh adat dan tamu undangan lainnya.
Dalam amanatnya, Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa Korem 152/Babullah sebagai komponen utama pertahanan dan bertanggungjawab untuk merencanakan, menyusun dan menyiapkan serta menyelenggarakan sistem pertahanan semesta, harus mampu melakukan tindakan preventif terhadap adanya ancaman dan gangguan yang timbul di wilayah ini, sehingga masyarakat Maluku Utara tetap tenang, aman, tenteram dan damai. Sejalan dengan itu, kegiatan pembinaan teritorial dalam rangka mencegah dan meniadakan kemungkinan terjadinya kerawanan serta upaya meningkatkan ketahanan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi, serta berkomunikasi yang baik kepada seluruh aparat pemerintah dan komponen masyarakat yang ada di wilayah ini agar setiap perkembangan situasi dapat diketahui secara dini, sehingga dapat diambil langkah-langkah yang cepat dan tepat dalam rangka mengantisipasi maupun menyelesaikan dengan baik dan tuntas.

Selanjutnya Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa dalam upaya menegakkan wibawa TNI, maka soliditas dan kebersamaan diantara semua komponen masyarakat, termasuk di lingkungan internal aparat keamanan sendiri harus tetap dijaga. Jangan sampai terjadi ketidakharmonisan diantara sesama kita yang disebabkan perbedaan atau kesalahpahaman serta menghindari gesekan-gesekan sekecil apapun yang tidak perlu dan apabila ada agar diselesaikan dengan arif, bijaksana dan tegas.
Usai acara sertijab Danrem 152/Bbl dilaksanakan acara ramah tamah di Gazebo Nuku Makorem 152/Bbl, dalam sambutannya Kolonel Agus S.B. menyampaikan kesan-kesannya selama melaksanakan tugas di wilayah Maluku Utara dan memberikan pesan kepada seluruh prajurit agar senantiasa bertugas dengan baik dan professional serta menanamkan kebanggaan untuk menjadi prajurit Korem 152/Babullah. Selanjutnya Kolonel Inf Agus S.B. akan melanjutkan tugas sebagai Waaster Kasad di Mabes TNI AD, Jakarta. Sumber http://www.tniad.mil.id

SERTIJAB 16-18 APRIL 2010

SERTIJAB DANREM 033
18 April 2010
Pangdam I/BB melakukan salam komando dengan Danrem 033/WP yang lama dan yang baru sesaat setelah dilakukan kegiatan seremonial serah terima jabatan Danrem 033/WP.

kamis 15/4 secara resmi Kolonel CZI Zainal Arifin SIP menerima tongkat komando dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Noer Muis mengantikan Kolonel ARH Mardimin dalam upacara serah terima yang berlansung dengan lancar lapangan Makorem 033/WP Senggarang Tanjungpinang. http://kodam1-bukitbarisan.mil.id/

SERTIJAB Danrem 121/Alambhana Wanawwai
Toto Rinanto Resmi Danrem 121/Abw
17 April 2010
ANTARA/Jessica Wuysang
SERTIJAB DANREM - Pangdam IV/Tanjungpura, Brigjen Tan Aspan (tengah), melakukan salam komando dengan pejabat baru Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai, Kolonel Inf Toto Rinanto Soedjiman (kanan), dan pejabat lama, Kolonel (Inf) Nukman Rosadi, di Makorem Pontianak, Kalbar, Sabtu (17/4).

Kolonel Infanteri Toto Rinanto Sudjiman secara resmi memimpin Korem 121/Alambhana Wanawwai menggantikan komandan sebelumnya Kolonel Infanteri Nukman Kosadi. Serah terima jabatan Danrem 121/Alambhana Wanawwai dilaksanakan di depan Markas Korem yang terletak Jalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota, Sabtu (17/4) pagi.
Panglima Kodam VI/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Tan Aspan menjadi inspektur upacara.
Toto Rinanto Soedjiman adalah anak mantan Gubernur Kalimantan Barat periode 1977-1987, H Soedjiman. Sebelumnya Toto Rinanto Soedjiman menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Militer Kodam Jaya, Jakarta. Sementara Kolonel Infanteri Nukman Kosadi akan menjalani pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional. Nukman Kosadi mulai menjabat sebagai Danrem 121/Alambhana Wanawwai pada tahun 2008. Markas Korem 121/Alambhana Wanawwai juga akan dipindah dari Kota Pontianak ke Sintang seiring pembentukan Kodam XII/Tanjungpura. (*)

Tiga Pejabat Utama Kodam Diganti
16 April 2010
Gerbong mutasi di jajaran Kodam VII Wirabuana bergerak. Tiga pejabat utama masing-masing Asisten Operasional (Asops), Asisten Personalia (Aspers), dan Kepala Ajudan Jenderal (Ajendam) VII Wirabuana diganti. Serah terima jabatan digelar Jumat, 16 April, di Balai Pertemuan Wirabuana.
Sertijab dilakukan Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Hari Krisnomo. Tiga pejabat yang diganti adalah Asops Kolonel (Inf) Nur Tjahyono yang diganti oleh Letkol (Inf) Heru Triyanto, kemudian jabatan Aspers dari Kolonel (Inf) Kurnia Dewantara ke tangan Letkol (Inf) Dudung Abdurrachman.
Lalu Kepala Ajendam dari tangan Kolonel (Caj) Bambang Sumartono kepada Letnan Kolonel (Caj) Mohammad Arif Efendi. Selain ketiga pejabat utama tersebut, Pangdam VII Wirabuana juga menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan perwira Ahli Bidang Ekonomi yang selama ini kosong kepada Kolonel (Inf) Bustanul Arifin. http://metronews.fajar.co.id/

SERTIJAB 13-15 APRIL 2010

SERTIJAB PAMEN KODAM VII/WRB
15 April 2000
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjen TNI Hari Krisnomo berjanji akan menindak tegas Serma JR yang diduga menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke perusahaan industri.”Pokoknya sudah ada aturan yang harus ditaati seluruh prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Kalau terbukti melanggar, kami tidak akan lindungi. Pasti ditindak tegas,” ungkapnya di Markas Kodam VII/Wirabuana kemarin. Sebelumnya, oknum anggota Detasemen Intelijen (Denintel) Kodam VII/Wirabuana tertangkap tangan oleh personel Polsekta Mamajang yang mengangkut ribuan liter BBM jenis minyak tanah bersubsidi yang diduga akan di-pasarkan di sejumlah perusahaan industri di Jalan Tanjung Bira,Kamis (15/4).Selain mengamankan 15 buah drum yang berisi BBM,petugas juga menyita satu unit truk Dino bernopol DD DD 9871 D yang digunakan mengangkut ribuan liter BBM asal Kabupaten Bone tersebut. Menurut jenderal bintang dua TNI AD ini,kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polisi Militer Kodam (Pomdam) VII/Wirabuana berikut bersama dengan barang buktinya. Dia menekankan, dalam kasus ini Pomdam harus netral dan tidak melindungi oknum TNI jika terbukti bersalah.
”Sekarang ini kami masih dalami dan pelajari kasusnya.Apakah memang oknum TNI itu benarbenar melakukan penyelundupan atau tidak.Pokoknya aturan harus ditegakkan,” ujarnya saat ditemui seusai memimpin serah terima jabatan pejabat kodam. Beberapa pejabat struktural yang dilantik,yaitu Asisten Operasi Kodam VII/Wirabuana dari Kolonel INF Nur Tjahyono kepada Kolonel INF Heru Triyanto,Asisten Personalia Kodam dari Kolonel Bambang Sumartono kepada Letnan Kolonel Dudung Abdurrachman, dan Kepala Ajudan Jenderal dari Kolonel CAJ Kurnia Dewantara kepada Letkol CAJ Mohammad Arif Effendy.
Pada kesempatan itu,Hari Krisnomo juga menunjuk pejabat sebagai Perwira Ahli Bidang Ekonomi Kodam kepada Kolonel CKU Bustanul Arifin. Danpomdam VII/Wirabuana Letkol CPM Dedi Iswanto yang dikonfirmasi mengenai dugaan keterlibatan Serma JR tersebut, mengaku hingga sekarang masih dalam penyelidikan, yakni memeriksa keterangan sejumlah saksi dan oknum yang bersangkutan. ”Sampai sekarang sudah enam saksi yang kami mintai keterangannya.Serma JR masih sebatas terperiksa dan belum ditingkatkan statusnya menjadi tersangka,” ujar pamen TNI AD ini kepada Seputar Indonesia. Konfrontasi keterangan antara saksi dan Serma JR ini untuk mengetahui seberapa jauh peranan oknum bintara TNI ini dalam dugaan penyelundupan BBM bersubsidi itu. Dedi menambahkan,dalam kasus ini pihaknya tidak mau terburuburu sebelum seluruh unsur alat bukti ditemukan penyidik Pomdam.
”Jangan dululah langsung menuduh kalau oknum TNI itu bersalah. Sekarang ini kanmasih kami selidiki, apakah ada keterlibatannya atau tidak,”tandasnya. Terkait sertijab sejumlah pejabat teras kodam kemarin,Pangdam mengatakan bahwa hal tersebut adalah dinamika dalam keorganisasian. Hal itu ditujukan untuk peningkatan dan keberhasilan kinerja satuan TNI AD dalam menjaga keutuhan NKRI.


KOLONEL CZI ZAINAL ARIFIN DANREM KE-3 KOREM 033/WP
15 April 2010
Pada hari ini, Kamis (15/4) secara resmi Kolonel Czi Zainal Arifin, S.IP., menerima tongkat komando dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Noer Muis mengantikan Kolonel Arh Mardimin dalam upacara serah terima yang berlansung dengan lancar lapangan Makorem 033/WP Senggarang Tanjungpinang.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, agar situasi yang sudah baik ini agar tetap dijaga jangan sampai muncul persoalan-persoalan baru yang dapat menganggu tugas pokok organisasi, laksanakan komunikasi secara intensif dengan saling memberi saran dan masukan untuk kepentingan pembangunan. Ciptakan suasana kehidupan yang harmonis dan senantiasa mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan sehingga tidak timbul sekecil apapun persoalan di daerah yang dapat menghambat tugas pokok organisasi, tambah Pangdam.
Sertijab dihadiri oleh unsur Muspida Kepri diwakili Wagub M. Sani dan Ketua DPRD Syafriadi termasuk rekan dari TNI AU, AL dan Polri yang ada di Kepri. Acara juga dilanjutkan dengan demontrasi Simulasi pembebasan sandra dan Demontrasi Karate dari Yonif 134/TS.
Kolonel Czi Zainal adalah Lulusan Akabri 83 dan telah melewati jenjang pendidikan Seskoad dan Sesko TNI tahun 2004 yang lalu, sebelum menjabat Danrem bapak tiga anak, suami dari Hasri Cahyani pernah menjadi Irditziad di Jakarta dan  Aslog di Kodam I/BB, dalam pesan singkatnya ia akan tetap menjalankan apa yang telah dirintis pendahulunya dan bertekad memberikan yang terbaik dalam pengadiannya sebagai prajurit, sementara ini Kolonel Arh Mardimin akan menempati pos baru di Kodam I/BB Medan. (Penrem 033/Dispenad))


GUBERNUR AKMIL PIMPIN SERTIJAB PEJABAT AKMIL
14 April 2010
Magelang, Akmil, Rabu (14/4), Gubernur Akmil Mayjen TNI Gatot Nurmantyo memimpin prosesi Upacara Sertijab Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil.
Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Resimen Taruna Akmil tersebut diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Inf Heronimus Guru kepada pejabat baru Kolonel Inf Edi Rahmayadi, di Lapangan Pancasila Akmil.
Acara ceremonial yang bersifat resmi ini berlangsung dengan hikmat dan lancar,  dihadiri  oleh para pejabat teras Akmil, beberapa Pejabat teras Kodam IV/Diponegoro, beberapa pejabat Polresta dan Kabupaten, beberapa Pejabat Pemda Kotamadya dan Kabupaten  Magelang,  para Perwira Akmil, para Taruna dan  Staf Akademika Akmil, serta Pengurus Persit Katika Chandra Kirana Cabang BS Akmil dan  tamu undangan.
Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, bahwa prosesi serah terima jabatan menandai adanya pergantian pejabat di Lingkungan Akmil. Kegiatan ini merupakan peristiwa yang biasa dilakukan di Lingkungan TNI AD termasuk Akademi Militer. Momen ini juga merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi kedua pejabat untuk mendapatkan pengalaman yang beragam dan berjenjang (various and terraced experience), yang sangat diperlukan untuk menyukseskan pelaksanaan Tugas pokok satuan yang dipimpinnya, tambah Gubernur dengan menuturkan bahwa tugas adalah tidak semata-mata merupakan suatu Kepercayaan pimpinan saja akan tetapi yang paling penting adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang kelak akan diminta pertanggungjawaban nantinya.
Setelah hampir satu tahun menjabat sebagai Damentar Akmil, selanjutnya Kolonel Inf Heronimus Guru menempati jabatan barunya sebagai Danrem 17I/PVT Dam XVII Cendrawasih, sedangkan Kolonel Inf Edy Rahmayadi sebelumnya menjabat Asops Kodam Iskandar Muda, Aceh.
Pada hari yang sama, juga diselenggarakan acara Sertijab beberapa Kepala Departemen, yaitu Kepala Departemen Jasmani Akmil dari Kolonel Inf Warih Widiyono kepada  Letkol Inf  Rudy Supriyanto, dan Kepala Departemen Sosial dan Bahasa dari Kolonel Inf Mulyo Aji kepada Letkol Inf I Gede Agit Thomas. Kadepjas Lama Kolonel Inf Warih Widiyono, selanjutnya menempati Jabatan barunya sebagai DanpusdikJas Kodiklat TNI AD, sedangkan Kolonel Inf Mulyo Aji mengikuti Pendidikan Sesko TNI. Sebelum di Akmil Letkol inf Rudy Supriyanto menduduki jabatan di Secapa AD, dan Letkol Inf I Gede Agit Thomas di Irjenad. (Pen Humas Akmil/Dispenad)


SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KOREM 031/WIRABIMA
13 April 2010
Pada hari Selasa tanggal 13 April 2010 tugas wewenang dan tanggung jawab Komandan Korem 031/Wirabima diserah terimakan dari Kolonel Inf Toto. S Moerasad S.Ip M.M kepada Kolonel Inf Zaedun S.Sos, di Lapangan hitam Makorem 031/Wirabima bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI M. Noer muis.
Pada amanatnya Pangdam I/BB menegaskan, Jabatan Danrem 031/Wirabima merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan ini merupakan suatu kepercayaan dan amanah yang harus diemban dengan menunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi untuk bekerja keras meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.
Jabatan yang dipercayakan tidak hanya dipertanggung jawabkan kepada atasan dan satuan, tetapi juga harus dipertanggung jawabkan kepada tuhan yang maha esa.
Korem 031/Wirabima sebagai sub kompartemen strategis memiliki karakteristik geografis dengan wilayah yang luas, memiliki pulau-pulau kecil dan besar, berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia dan Singapura serta memiliki wilayah perairan dengan arus lalu lintas laut yang sangat padat baik kepentingan internasional maupun nasional sementara disisi lain, wilayah ini juga kaya sumber daya alam, kondisi demikian akan sangat rentan terhadap munculnya berbagai permasalahan, baik permasalahan perbatasan kedua Negara maupun berbagai tindakan illegal dalam pengelolaan sumber daya alam.Maka harus disadari oleh seluruh prajurit jajaran Korem 031/Wirabima, bahwa gelar kekuatan Kodam I/BB diwilayah ini memilki peran yang sangat menentukan dalam mendukung tugas pokok TNI AD, sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yaitu melakukan tugas operasi militer untuk perang dan tugas operasi militer selain perang.Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur Propinsi Riau, Pimpinan DPRD dan seluruh aparat Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Para cerdik pandai, Wartawan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di wilayah ini yang telah menjalin kerja sama serta memberikan bantuan moril maupun materiil kepada Korem 031/Wirabima.Mengakhiri amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa atensi dan harapan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas.Pertama,    Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksaan tugas.Kedua,    Tingkatkan kemapuan dan kwalitas diri, sehingga memiliki kemampuan profesi yang handal diatas landasan mental dan moral yang tangguh serta disiplin yang tinggi.Ketiga,    Jalin terus komunikasi dan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat karena kekuatan TNI adalah bersama masyarakat.Keempat,    Jangan nodai kemanunggalan TNI-Polri-Masyarakat jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun.Kelima,    Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah prajurit dan Delapan Wajib TNI, dimanapun kalian berada dan bertugas.Hadir dalam acara tersebut Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Burhanuddin Amin, Brigjen TNI Erro Kusnara dan Kapolda Riau Brigjen Pol Aji Rustam Ramja, Para Danrem Sejajaran Kodam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Gubernur Propinsi Riau HM. Rusli Zainal SE dan segenap undangan. http://www.korem031.mil.id

SERTIJAB DANREM 083/ BALADHIKAJAYA
13 April 2010
Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suwarno melakukan salam komando dengan pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan dan pejabat baru Danrem 083/ Baladhikajaya Kol Inf Udin Supidin, 13 April 2010.

Serah terima Jabatan Danrem 083/ Baladhika Jaya dari pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan kepada pejabat baru Kol Inf Udin Supidin, di pimpin Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Suwarno Sip, Msc. 14 April 2010.
Pejabat lama Kol Ferdinan Setiawan Selanjutnya bertugas  mengikuti pendidikan Lemhannas di Jakarta.
Sementara pejabat baru Kol Udin Supidin sebelumnya menjabat sebagai Danrindam III/ Siliwangi di Bandung.

SERTIJAB 10-12 APRIL 2010

KOREM 121/ABW GELAR TRADISI PENERIMAAN PEJABAT BARU
12 April 2010
Kolonel Inf Toto Rinanto S mengikuti acara tradisi satuan penerimaan  pejabat baru di Makorem 121/Abw bertempat di Makorem 121/Abw, Senin (12/4).
Dalam kegiatan  yang disambut Prajurit dan PNS jajaran Korem 121/Abw yang berbaris bersyaf saling berhadapan di sepanjang pintu masuk Makorem 121/Abw sampai depan tangga Makorem 121/Abw sambil menyanyikan lagu “SELAMAT DATANG“ yang diiringi Korps Satuan Musik Ajenrem 121/Abw. Adapun acara tradisi satuan tersebut diawali dengan pengalungan bunga yang diberikan oleh Dandim 1202/SKW, Letkol Arm Teddy Surachmat.
Setelah acara pengalungan bunga, dilaksanakan acara tradisi satuan pemasangan badge lokasi Korem 121/Abw. Acara tradisi satuan  penciuman Dhuaja Korem 121/Abw dan dilanjutkan penyerahan memorandum Korem 121/Abw yang diserahkan oleh Danrem 121/Abw, Kolonel Inf Nukman Kosadi kepada  Kolonel Inf Toto Rinanto S.Saat acara penyerahan memorandum tersebut, Danrem 121/Abw  Kolonel Inf Nukman Kosadi memberikan paparan satuan dihadapan Kolonel Inf Toto Rinanto S dan para Kasi Korem 121/Abw, para Dansat jajaran Korem 121/Abw beserta Dan/Ka satuan dinas jawatan jajaran Korem 121/Abw tentang situasi wilayah, Demografi, kondisi sosial, ekonomi dan budaya, kondisi satuan TNI di wilayah Korem 121/Abw, Pam Perbatasan, bidang latihan dan bidang logistik.
Pada kesempatan tersebut Kolonel Inf Toto Rinanto S juga memberi kata sambutan yang intinya ucapan terima kasih, sedangkan Kolonel Inf Toto Rinanto S memastikan dan menjanjikan akan melanjutkan Kebijakan Danrem 121/Abw khususnya akan memberikan kesejahteraan kepada Prajuritnya. Sumber http://www.tni.mil.id/

JABATAN KASUM TNI DISERAH TERIMAKAN
12 April  2010
Jabatan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI diserah terimakan dari Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo kepada Marsekal Madya TNI Edy Harjoko dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, dengan Inspektur Upacara Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso,  Senin (12/4).
Marsekal Madya TNI Edy Harjoko adalah lulusan Akabri Udara tahun 1975. Beberapa jabatan yang pernah diemban sebelumnya adalah Dankodikau, Asops Kasau dan terakhir Dansesko TNI, sedangkan Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo selanjutnya menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Kalakhar Bakorkamla) Kemenko Polhukam.Dalam amanatnya Panglima TNI menyatakan bahwa jabatan Kasum TNI mengemban peranan  yang amat penting dan sentral dalam mengkoordinasikan  berbagai kebijakan Panglima TNI, mulai dari yang bersifat administratif berkaitan dengan anggaran, dukungan kekuatan dan operasional di lapangan, sampai dengan proses pengakhiran dalam bentuk evaluasi dan laporan.Mencermati perkembangan  situasi  yang  terjadi dewasa ini dapat ditegaskan bahwa tugas TNI ke depan akan semakin berat dan komplek.   Sejak akhir tahun lalu sampai saat ini, dinamika kehidupan  sosial politik nasional diwarnai berbagai kontroversi yang relatif sulit diprediksi kapan akan berakhir.   Ancaman aktual dari terorisme harus di waspadai bersama.  Dalam bentuknya sekarang, terorisme telah menjelma menjadi dua bentuk, sebagai ancaman  nyata dan menjadi bahaya laten bagi dunia. Dalam perspektif TNI, kesemuanya itu patut diduga akan menjadi potensi kuat ke arah timbulnya gangguan dan ancaman terhadap stabilitas nasional yang selama ini mantap dan kondusif.Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menekankan agar dalam pengelolaan keuangan dan aset TNI, memegang prinsip kehati-hatian, mengacu kepada paraturan perundang-undangan yang berlaku, accoountable dan trasparansi serta didukung tertib administrasi yang baik dan benar serta dapat menciptakan pengawasan internal yang efektif di setiap jajaran untuk mencegah terjadinya palanggaran dan penyelewengan.
Hadir pada acara tersebut Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, Wakasal Laksdya TNI Soeparno, Dansesko TNI Laksdya TNI Moekhlas Sidik, M.P.A.,  para Asisten Panglima TNI,  Kabalakpus TNI dan pejabat teras TNI lainnya. Sumber http://www.tni.mil.id/

KOLONEL CPM WALUYO SYAWAL JABAT DANPOMDAM VI/TPR
12 April 2010
Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan bertindak sebagai Irup pada upacara parade serah terima jabatan Danpomdam VI/Tpr dari Kolonel Cpm Edy Ismayadi kepada Kolonel Cpm Waluyo Syawal yang berlangsung di Lapangan Sudirman Klandasan Balikpapan Senin (12/4). Sertijab Danpomdam tersebut dihadiri Irdam VI/Tpr, para Asisten, LO-AL, LO-AU, Kabalak, Dansat, serta sejumlah undangan dari instansi lain.
Pelaksanaan upacara serah terima jabatan diawali dengan laporan komandan upacara yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serahterima dua pejabat yang baru dan lama dihadapan Pangdam VI/Tpr. Dalam sambutannya Pangdam VI/Tpr mengatakan bahwa Polisi Militer Kodam VI/Tpr sebagai Badan pelaksana di tingkat Kodam bertugas menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum dan tata tertib di lingkungan wilayah Kodam VI/Tpr. Sehingga peranan Polisi Militer dalam menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan satuan-satuan Kodam VI/Tpr sangat diperlukan.
Sebagai penyelenggara fungsi Polisi Militer Kodam VI/Tpr hendaknya lebih proaktif dan sungguh-sungguh dalam melakukan penertiban disiplin, hukum dan tata tertib. Karena hingga saat ini masih terjadi pelanggaran yang mengakibatkan kerugian personel dan materiil di lingkungan Kodam VI/Tpr. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin yang dimiliki para prajurit belum terpelihara dengan baik, dengan masih adanya sikap mental dan perilaku yang tidak sesuai dengan aturan dan norma-norma yang berlaku.Pangdam mengharapkan kepada prajurit-prajurit Polisi Militer Kodam VI/Tpr untuk lebih menguasai, menghayati dan melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab dengan lebih profesional. Hilangkan sikap arogan, sikap sok berkuasa dan sikap-sikap buruk lainnya yang dapat merusak citra satuan Polisi Militer Kodam VI/Tanjungpura. Sumber http://www.tni.mil.id/

KOLONEL INF TOTO RINANTO DISAMBUT TEPUNG TAWAR ADAT MELAYU
11 April 2010
Kolonel Inf Toto Rinanto S bersama Ny Conny Rinanto S yang menggunakan pesawat Garuda dari Jakarta tiba di Bandara Supadio Pontianak dengan keadaan selamat. Kedatangan Kolonel Inf Toto Rinanto bersama Ny Conny Rinanto  disambut dengan tradisi tepung tawar adat melayu di depan ruang VIP room Bandara Supadio Pontianak, Minggu (11/4).Berdasarkan surat perintah Pangdam VI/Tanjungpura Kolonel Inf Toto Rinanto S akan menduduki jabatan sebagai Danrem 121/Abw.  Sesuai adat dan tradisi di Korem 121/Abw para pejabat baru setibanya di kota Pontianak  mendapat tradisi tepung tawar oleh para sesepuh adat melayu di Pontianak. Serah terima jabatan Danrem 121/Abw sendiri akan dilaksanakan pada 15 April 2010 dan dipimpin oleh Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan.Sesampainya di Bandara Kolonel Inf Toto Rinanto S beserta Ny Conny Rinanto S disambut  oleh Danrem 121/Abw Kolonel Inf Nukman Kosadi, para Kasi Korem 121/Abw dan para Dansat jajaran Korem 121/Abw serta Kasatdisjan jajaran Korem 121/Abw. Penyambutan calon Danrem 121/Abw tersebut merupakan tradisi turun temurun yang berlangsung di Korem 121/Abw. Sumber http://www.tni.mil.id/

LETKOL INF HERMAN HIDAYAT JABAT DANBRIGIF IV/DR
10 April 2010
Letnan Kolonel Infanteri Herman Hidayat Eko Atmojo kini menjabat sebagai Komandan Brigif IV/Dewa Ratna, setelah  Sabtu (10/4) lalu dilantik dalam upacara serah-terima jabatan (Sertijab) dengan pejabat lama, Kolonel Infanteri Tiopan Aritonang.
Upacara Sertijab yang dipimpin inspektur upacara Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Budiman itu berlangsung di lapangan Markas Brigif IV/Dewa Ratna, Slawi, Jawa Tengah.Pangdam Mayjen TNI Budiman mengatakan, pergantian pejabat di lingkungan organisasi militer modern merupakan hal yang lazim. Menurutnya, pergantian itu juga merupakan bagian pembinaan satuan yang bermuara bagi kepentingan kemajuan Brigif IV/Dewa Ratna.Sebagai satuan tempur yang dimiliki Kodam IV/Diponegoro, demikian kata Mayjen TNI Budiman, Brigif IV/Dewa Ratna bertugas membina kesiapan operasional satuan dalam jajaran komandonya, sebagai kontribusinya terhadap tugas pokok Kodam IV/Diponegoro.Pada kesempatan itu Pangdam mengharapkan para prajuritnya untuk memantapkan dan meningkatkan jiwa juang dan profesionalisme keprajuritan.Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat Muspida Tingkat II Kabupaten/Kota Tegal dan Brebes serta Kapolres Tegal. Pejabat teras yang tampak pada upacara itu antara lain Komandan Korem, para Asisten, para komandan satuan dan segenap kepala badan pelaksana jajaran Kodam IV/Diponegoro. Upacara itu diwarnai dengan hiburan tari perang, pencak silat dan demonstrasi perang dari prajurit Yonif 406 Candra Kusuma dan 407/Padma Kusuma. Sumber http://www.tni.mil.id/

Herman Hidayat Komandan Brigif IV Dewa Ratna
10 April 2010
Letkol Infantri Herman Hidayat Eko Atmojo dilantik menjadi Komandan Brigif IV Dewa Ratna menggantikan pejabat lama, Kolonel Infantri Tiopan Aritonang, Sabtu (10/4) pagi. Pelantikan yang berlangsung di lapangan Markas Brigif IV Dewa Ratna itu dilakukan oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Budiman.
Sebelumnya, Herman Hidayat bertugas sebagai Kepala Staf Korem 033/Wira Pratama di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Sementara, Tiopan Aritonang melanjutkan Sesco TNI di Bandung, Jawa Barat. Pangdam IV Diponegoro, Budiman mengatakan, pergantian pejabat di lingkungan organisasi militer modern merupakan hal yang lazim terjadi. "Ini merupakan bagian dari pembinaan satuan yang bermuara bagi kepentingan kemajuan Brigif IV/ Dewa Ratna," katanya saat memberikan sambutan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Brigif IV/ Dewa Ratna. Sebagai satuan tempur, Brigif memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional segenap jajaran komandonya. Tentunya untuk memberikan dukungan optimal terhadap tugas pokok Kodam IV Diponegoro.
Untuk itu, ia menjelaskan, pemantapan jiwa juang dan profesionalisme keprajuritan hendaknya terus dilakukan dan ditingkatkan. ( Royce Wijaya / CN14 ) http://suaramerdeka.com

BRIGJEN TNI SUHARSONO, KASDAM II/SWJ YANG BARU
10 April 2010
Brigjen TNI Suharsono, S.IP menjabat sebagai Kasdam II/Sriwijaya menggantikan Brigjen TNI Junianto Haroen, setelah melakukan serah-terima (Sertijab) jabatan yang dipimpin Pangdam II/Swj Mayjen TNI Mochammad Sochib, SE, MBA, di Makodam II/Swj, Palembang, Sabtu (10/4). Pada upacara Sertijab itu Pangdam II/Swj mengatakan, pergantian pejabat  di lingkungan organisasi militer merupakan kebutuhan organisasi dalam menjawab tuntutan dan dinamika tugas yang multidimensi, kompleks dan dinamis. Jabatan Kasdam, kata Pangdam  Mayjen TNI Mochammad Sochib, merupakan pembantu dan penasehat utama Pangdam dalam bidang penyelenggaraan fungsi-fungsi Kodam.
Menurut Pangdam Mayjen TNI Mochammad Sochib, Sertijab dilakukan agar roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan di lingkungan Angkatan Darat dapat berjalan dengan lancar dan terus berlanjut sesuai pembinaan personel dan pembinaan satuan. Lebih lanjut Mayjen TNI Mochammad Sochib mengatakan, sudah sepatutnya personel yang mengawaki Angkatan Darat dari generasi ke generasi, memiliki kapabilitas dan akseptabilitas serta responsibilitas yang tinggi. Selain itu juga, lanjut Pangdam, pergantian pejabat merupakan bagian dari proses untuk mendinamisasi organisasi, sesuai tuntutan dan tantangan tugas yang akan dihadapi. Brigjen TNI Junianto Haroen selanjutnya akan melanjutkan tugas baru sebagai Deputi IV bidang Koordinasi Hanneg Kemenko Polhukam. Upacara Sertijab itu dihadiri segenap pejabat teras jajaran Kodam II/Swj, ketua dan pengurus Persit KCK Daerah II/Swj. Sumber http://www.tni.mil.id/


Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI M.Sochib (tengah), Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Suharsono (kanan) dan mantan Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Junianto Haroen (kiri) berjabat tangan usai serah terima tugas dan tanggungjawab jabatan (Sertijab) Kasdam II/Sriwijaya di Markas Kodam II/Sriwijaya Palembang, Sabtu (10/4/2010). Brigjen TNI Junianto Haroen selanjutnya akan bertugas sebagai Deputi IV bidang Koordinasi Hanneg Kemenko Polhukam RI. (Foto: ANTARA/Nila Fu'adi/foc/10)


Pangdam VI/Tpr Terima Korps Raport Pindah Satuan Pamen
Golongan IV Kodam VI/Tanjungpura
10  April 2010
Balikpapan (10/4), Setelah jabatan Pangdam VI/Tpr diserah terimakan  6 hari yang lalu, kini Giliran Mutasi Perwira Menengah (Pamen) golongan IV Kodam VI/ Tanjungpura bergulir. Mutasi para Pamen Kodam VI/Tpr berlangsung dalam sebuah prosesi upacara dan tradisi pindah satuan yang  dipimpin oleh Pangdam VI/ Tpr Brigjen TNI Tan Aspan bertempat  di Aula Makodam VI/Tpr Balikpapan Sabtu (10/4). Jabatan yang diserah terimakan masing-masing adalah  jabatan Asintel Kasdam VI/Tpr dari Kolonel Inf Abdul Hakim kepada Letkol Inf Aminullah,  Aster Kasdam VI/Tanjungpura dari Kolonel Inf Kustomo Tiyoso kepada Letkol Arm Rosdianto, Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Bidang Manajemen dan Sishanneg dari Kolonel Inf Edy Susanto kepada Kolonel Inf Parulian Hutagalung, Kazidam VI/Tpr dari Kolonel Czi Hendro Wasisto kepada Letkol Czi Suparjo, Kakudam dari Kolonel Cku Sasongko Hardono kepada Letkol Cku Misdin Simarmata.

Selain memimpin mutasi lima jabatan Pamen Kodam VI/Tanjungpura, Pangdam VI/Tanjungpura Brigjen TNI Tan Aspan juga menyerahkan  tugas wewenang dan Tanggung Jawab Jabatan Irdam VI/Tanjungpura kepada Kolonel Inf M. Anang Sutisna dan Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Bidang Hukum dan Humaniter kepada Kolonel Kav Donald Sitorus. Kedua jabatan tersebut diserahkan Pangdam kepada masing-masing Kolonel Inf M. Adang sebagai Irdam VI/Tpr dan Kolonel Kav Donald Sitorus sebagai staf ahli Pangdam bidang hukum dan humaniter, karena selama ini kedua jabatan   tersebut kosong.Dalam amanatnya Pangdam VI/Tpr mengatakan bahwa serah terima jabatan ini, selain untuk kepentingan organisasi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan dalam rangka pembinaan satuan dan pembinaan personel dalam dimensi kepemimpinan dan profesionalisme, serta pembelajaran yang sangat penting untuk mendapatkan pengalaman penugasan yang beragam dan berjenjang. Dengan pergantian jabatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok. Sehingga diharapkan satuannya menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi, “tutur Pangdam.Kegiatan korps raport dan tradisi pindah satuan Pamen Kodam VI/Tpr tersebut dihadiri oleh para Asistem, LO-AL, LO-AU, Komandan Satuan, Kabalak, Para perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam VI/Tpr serta Ibu-Ibu pengurus Persit KCK. Usai memimpin upacara Serah terima Jabatan, Pangdam VI/Tpr memberikan ucapan selamat kepada mereka yang telah melaksanakan serah terima jabatan dan yang menerima penyerahan tugas.(Penerangan Kodam VI/Tpr)

SERTIJAB 07-09 APRIL 2010


Serahterima jabatan Danbrigif 13 Galuh
9 April 2010-

Serahterima jabatan Danbrigif 13 Galuh dari Kolonel Inf. YP.Sembiring kepada penggantinya Letkol Inf Besar Harto Karyawan S.H berlangsung di lapangan Madivif I Kostrad,Cilodong. Acara serahterima dipimpin oleh Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Moeldoko.
Kepala Staf Brigif 13/Galuh Letkol Inf. R.P Silaban juga dilantik menjadi Danbrigif L-3 menggantikan Kol.Inf Tatang,sedangkan Danbrigif L-17 yang sebelumnya Kol.Inf Akib digantikan oleh Letkol Inf I.Bagus Purwalaksana. http://brigif13galuh.blogspot.com

KOLONEL INF ANDI ZAINUDIN AZIKIN, S.E. JABAT DANREM 084/BJ
8 April 2010
Jabatan Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, pada Kamis (8/4) diserah terimakan dari Kolonel Infanteri M. Mashuri kepada Kolonel Infanteri Andi Zainudin Azikin, S.E. yang bertempat di Markas Korem 084/Bhaskara Jaya Surabaya.
Kolonel Infanteri M. Mashuri selanjutnya akan menempati posnya yang baru sebagai Kepala Pusat Wilayah NTB BIN. Sedangkan Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya yang baru Kolonel Infanteri Andi Zainudin Azikin, S.E sebelumnya menjabat sebagai Paban IV/Pambragiat Spamad.
Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suwarno, S.IP., M.Sc. ketika bertindak selaku inspektur upacara serah terima Jabatan Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya mengatakan, Korem 084/Bhaskara Jaya sebagai salah satu komando kewilayahan jajaran Kodam V/Brawijaya yang wilayahnya meliputi Surabaya dan sekitarnya, mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis, karena dengan segala dimensi dan implikasinya merupakan barometer dari kehidupan masyarakat Jawa Timur.Perlu saya ingatkan, bahwa tugas dan fungsi komando kewilayahan harus mengarah pada tumbuhnya partisipasi sosial masyarakat secara luas, dalam rangka mensukseskan pembangunan Nasional di daerah yang didukung oleh mantapnya kondisi stabilitas wilayah, agar terwujud ketahanan wilayah yang tangguh dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi. Kondisi ini dapat terwujud apabila masyarakat mampu membangun dan melindungi dirinya sendiri serta mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi, kata Pangdam. Sumber http://www.tni.mil.id/

SERTIJAB 04-06 APRIL 2010

PANGDAM V/BRAWIJAYA PIMPIN SERTIJAB PEJABAT KODAM V/BRAWIJAYA
5 April 2010
Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suwarno, S.IP., M.Sc., pada hari Senin (5/4), melantik beberapa pejabat baru dan melepas mantan pejabat Kodam V/Brawijaya, bertempat di Aula Makodam V/Brawijaya.

Pejabat baru yang dilantik Pangdam V/Brawijaya antara lain, Letnan Kolonel Inf Awalnur sebagai Asrendam V/Brawijaya yang semula sebagai Waasrendam V/Brawijaya menggantikan Kolonel Arm I Dewa Ketut Siangan. S.IP., yang akan bergeser ke Kodam IX/Udayana sebagai Danrem 161/WS. Kolonel Inf Awaluddin sebagai Asintel Kasdam V/Brawijaya menggantikan Kolonel Infanteri Cucu Sumantri yang akan bergeser ke Paban II/Pampers Spamad. Letnan Kolonel Inf Marsudi sebagai Asisten Personel Kasdam V/Brawijaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kasrem 172/PWY Kodam XVII/Cen menggantikan Kolonel Inf Agus Yuniarto yang sedang melaksanakan pendidikan Sesko TNI.

Pangdam V/Bawijaya Mayor Jenderal TNI Suwarno, S.IP., M.Sc., dalam amanatnya meminta kepada para pejabat baru untuk segera menyesuaikan diri dan menguasai bidang tugas masing-masing, selalu mengikuti perkembangan yang terjadi serta senantiasa memelihara validitas data untuk mempermudah pelaksanaan tugas selanjutnya. Beliau juga mengatakan bahwa pergantian pejabat adalah hal yang wajar dan biasa terjadi yang merupakan salah satu upaya pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja organisasi dan sekaligus untuk penyegaran tugas personel yang berkesinambungan.
Berkaitan dengan digalakkannya tertib administrasi, baik sebagai staf umum maupun staf khusus harus melaksanakan administrasi sesuai dengan aturan, norma dan prosedur yang berlaku sedangkan sebagai pimpinan di lingkungan tempat tugas agar menegakan kembali disiplin prajurit, meningkatkan dan memelihara mental yang dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan harapan agar prajurit-prajurit Kodam V/Brawijaya dapat menjadi prajurit yang berdisiplin tinggi dan mampu menjadi andalan serta kepercayaan masyarakat, bangsa dan negara harap orang nomor satu di Kodam V/Brawijaya ini. (Pendam 5/Dispenad)Sumber http://www.tniad.mil.id


PANGKOSTRAD PIMPIN PENYERAHAN TUGAS TANGGUNGJAWAB KASKOSTRAD
5 April 2010
Bertempat di Serambi Kehormatan Makostrad Jakarta, Senin (5/4) berlangsung acara Penyerahan Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Markus Kusnowo, yang selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Komandan Seskoad.
Pangkostrad Letjen TNI Burhanudin Amin dalam amanatnya menyatakan, bahwa Penyerahan Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan merupakan kebutuhan organisasi sesuai dengan tuntutan Tour of Duty dan Tour of Area, sekaligus memberikan kesempatan kepada para Perwira untuk mencari dan menambah pengalaman sesuai dengan jenjang karir secara profesional dan proporsional.

Lebih lanjut Pangkostrad menyatakan, bahwa jabatan adalah amanah atau titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dipertanggungjawabkan kepada-Nya. “Hari ini kita dilantik dan besok kita siap untuk diganti, bisa karena kesalahan kita sendiri atau karena kesalahan yang kita pimpin. Dan itulah namanya amanah”, tegasnya.
Pada akhir amanat, Pangkostrad menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Markus Kusnowo yang telah berhasil mengemban tugas dan tanggungjawab jabatan dengan baik. Hadir pada acara tersebut Pangdivif 1 dan 2 Kostrad, Kasdivif-1 Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Ir Kostrad, Para Asisten, Kabalak, dan Para Komandan Satuan. (Pen Kostrad/Dispenad)

SERTIJAB 01-03 APRIL 2010

Serah Terima Jabatan di Kodam III Siliwangi
3 Apr 2010 
Bertempat di Markas Kodam III Siliwangi Bandung Jawa Barat. Sabtu (3/4) dilaksanakan serah terima Jabatan, termasuk Danrem 062/TN dlse-rahlerimakan dari Kolonel Inf Mochamad Rahmat yang kini mendapat kepercayaan Paban III/LitbangAsroSrenad kepada Kolonel Inf Asrobudl. Sip yang semula menjabat Dlrbinlltbang Pussenlf Kodlklat TNI AD.
Upacara serah terima Jabatan (sertijab) dilaksanakan secara kemillteran berlangsung khJt-mat. dihadiri para petinggi TNI. berbagai satuan balk Itu darat, laut dan udara serta tamu undangan lainnya. Inspektur upacara dalam acara serah terima Jabatan Pangdam III/Siliwangi (SLW) Mayor Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.
Dalam kesempatan itu selain Jabatan Danrem 062/TN yang dlserahterimakan akan tetapi beberapa perwira TNI di wilayah Kodam I1I/SLW mendapat posisi baru. Diantaranya Asper Kasdam III/SLW Kol" Inf Aris Martono Haryadi yang kini menjabat sebagai Paban I Ren Spersad. Kaajendam III/SLW Kol Caj
Pudjiastuti. BA. menjabat Kasubdit Blndospers Dltajenad. Danrindam III/SLW Kol Inf Udin Supldln sebagai Danrem 083/BdJ Kodam V/Brawijaya. Danpomdam IIJ/SLW Kol Cpm Mohamad Jayusman. SH sebagai Danpusdlkpom. Dan-briglf-15/Kujang Kol Inf Wuryanto menjadi Pamenmabesad. Kakundam III/SLW Kol Chk Ponten Sinuraya. SH. Pamen Kodam IH/SLW. Asops Kasdam III/SLW Kol Inf AAB Maliogha Jabatan baru sebagai dosen Madya Seskoad. Irdam lll/SLW Kol Inf Parulian Hutagalung menjadi Staf Ahli Pangdam Vl/ Tanjungpura.

Selain Itu tercatat beberapa perwira TNI yakni Letkol Inf Sucipto dari Kepuskopada Kodam lX/Udayana menjadi Aspers Kasdam III/SLW. Kol Inf Caj Dra Tri Supeni Kasubdit Blnmlnu Dltajenad menjadi Kaajendam III/SLW. Kol Inf Rochlman yang semula menjabat Kasubdis Pensat Dlspenad menjadi Danrindam lll/SLW. Kol Cpm Eddy Ismayadi. SH dari Danpomdam VL/TanJungpura menjabat Danpomdam III/SLW. Wadan Rindam VI/Tanjungpura yang semula dipegang Letkol Inf Hartanto kini menjabat Dan-brlgif-15/KuJang.
Sedangkan Letkol Chk Markonl. SH semula memegang Jabatan Kadeppengmilum Pusdlkum Kodlklat TNI Admenjabat Kakundam UI/SLW. dan Letkol Inf Kasim Genawl. Sip yang awalnya menjabat Wadan Rindam IX/Udayana kini dipercaya menjadi Asops Kasdam III/SLE serta Kol Inf Edy Susanto yang tadinya memangku Jabatan sebagai Staf Ahli Pandam Vl/Tanjungpura Bidang Manajeman Stshanneg kini memegangjabatan sebagai Irdam lll/SLW.
Acara yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB tersebut selain dilakukan penyerahan panji atau bendera lambang satuan Juga diadakan serah terima tongkat Jabatan serta penan-datanganan tugas yang dileng-kapi tanda tangan Pangdam III/SLW.
Setelah upacara sertijab yang berlangsung hampir 2 Jam selesai. Pangdam III/SLW Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo ketika ditemui Pelita mengatakan acara serah terima Jabatan merupakan hal biasa dalam bertugas sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, nusa dan bangsa.

"Rotasi Jabatan dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan penilaian selama mereka bertugas," tegasnya. Terkait Makorem 062 Tarumanagara mengungkapkan selama Ini Korem 062/Tn telah berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kol Inf Mochamad Rahmat yang telah menjalankan tugas di Makorem 062 Tarumanagara J uga tak lupa saya ucapkan selamat mengemban tugas baru dan saya berharap kepada pejabat baru yang menjabat di Makorem 062 Tarumanagara agar dapat melaksanakan lugas dengan sebaik-baiknya dan berbagai program yang telah dijalankan komandan lama agar diteruskan selama program tersebut besar manfaatnya." katanya, (ck-209/2)
http://bataviase.co.id

Tak Boleh Lagi Usaha di Rumah Dinas Kodam
3 April 2010
Rumah dinas tentara di wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) m/Siliwangj tidak boleh lagi dijadikan sebagai tempat usaha, termasuk dipakai un-tuk/actory outlet (FO). Rumah dinas tersebut akan kembali difungsikan sebagai rumah dinas. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya penertiban yang terus-menerus dilakukan Kodam III/Siliwangi.
"Kami sudah sampaikan kepada mereka untuk siap-siap. Dikembalikan pun jumlahnya sekarang masih kurang," kata Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Pramono Edhie Wibowo seusai bertindak sebagai inspektur upacara Serah Terima Jabatan Danrem 062/Tarumanagara, Danrin-dam III/Siliwangi, Danbrigif 15 KJII, serta Danpomdam m/Si-liwangi di Lapangan Kodam III/Siliwangi Jln. Aceh, Kota Bandung, Sabtu (3/4). Edhie tidak mengungkapkan tenggat waktu yang diberikan, tetapi ia memastikan tidak ada perpanjangan lagi. "Secepat mungkin. Tidak ada perpanjangan, kalau diperpanjang nanti tidak selesai-selesai," ujarnya. Ia mengatakan, upaya penertiban rumah dinas tentara di wilayahnya terus diupayakan, salah satunya dengan memasang papan di depan rumah-rumah dinas. Di papan tersebut ditulis bahwa rumah itu merupakan rumah dinas jabatan. Berbagai pendekatan yang dilakukan, kata Edhie, menunjukkan hasil yang menggembirakan. Beberapa rumah dinas telah dikembalikan dengan sukarela meskipun jumlahnya belum banyak. "Mulai mengembalikan secara sukarela. Misalnya saja ada yang mengambil rumah dinas tetapi tidak ditempati. Kalau dilihat persentasenya kecil. Penertiban ini terus-menerus kami lakukan," katanya. Ketersediaan rumah dinas bagi tentara yang masih aktif masih rendah. Di lingkungan Kodam III/Siliwangi terdapat sekitar 29.000 prajurit aktif. Namun, baru 11.000 unit rumah dinas yang tersedia. Itu pun 70 persennya ditempati oleh yang tidak berhak. "Akhirnya ada juga tamtama yang tinggal di barak sehingga anak dan istrinya harus dititipkan ke mertua," katanya.
Salah satu upaya yang ditempuh untuk menyediakan rumah dinas adalah melalui rencana pembangunan rumah susun (rusun). Selain ketersediaan lahan yang terbatas, model rusun akan memudahkan perpindahan jika yang bersangkutan telah selesai masa tugasnya.
"Mudah-mudahan bisa secepatnya. Kemarin kami sampaikan kepada Komisi I DPR RI. Sekarang sedang dibicarakan di antara Dephan dan Mabes TNI. Drafnya kan setelah dewan menginventaris! masalah di daerah-daerah," tuturnya. Serah terima jabatan
Tidak seperti biasanya, serah terima jabatan kali ini dilakukan pada akhir pekan. Edhie mengatakan, hal itu disebabkan ada peserta yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Sesko TNI AD. "Lebih praktis, hemat waktu dan biaya," ujarnya.
Ia berpesan agar pergantian jabatan ini tidak membuat kegiatan dan sistem yang sudah berjalan baik menjadi berhenti. "Jangan ganti pejabat, ganti sistem," katanya.
Dalam amanatnya. Pangdam III/Siliwangi mengatakan, pergantian unsur pimpinan merupakan proses yang alami dalam konteks manajemen organisasi. Oleh karena itu, mekanisme pergantian pejabat mengacu pada prinsip pengembangan personel dan organisasi.
Edhie memimpin serah terima jabatan di lingkungan Kodam III/Siliwangi tersebut. Jabatan yang diserahterimakan adalah Danrem 062/Taruma-nagara dari Kolonel Infanteri Mochamad Rachmat kepada Kolonel Infanteri Asrobudi, S.I.P., Danrindam III/Siliwangi dari Kolonel Infanteri Udin Supidin kepada Kolonel Infanteri Rochiman, Danbrigif-15/Kujang dari Kolonel Infanteri Wuryanto kepada Letnan Kolonel Infanteri Harianto, Danpomdam III/Siliwangi dari Kolonel CPM Mohamad Jayusman, S.H. kepada Kolonel CPM Eddy Ismayadi, S.H.
Sementera Aspers Kasdam III/Siliwangi kini dijabat oleh Letnan Kolonel Infanteri Sucipto, Kaajendam III/Siliwangi dijabat oleh Kolonel CAJ Dra. Tri Supeni, Kakumdam III/Siliwangi dijabat oleh Letnan Kolonel CHKMarkoni,S.H.,Asops Kasdam III/Siliwangi dijabat oleh Letnan Kolonel Infanteri Kasim Genawi, S.I.P., dan Ir-dam III/Siliwangi dijabat oleh Kolonel Infanteri Edy Susanto. Selain melantik pejabat baru, dilantik pula para perwira yang telah mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat periode 1 April 2010 sebanyak 157 perwira, terdiri atas 142 Perwira Pertama (Pama) dan 15 Perwira Menengah (Pamen). (A-170)***http://bataviase.co.id

ENAM PEJABAT KODAM DISERAH TERIMAKAN
1 April 2011
Pangdam/ Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir,SIP bertempat di Gedung Balai Pertemuan Wirabuana,  jumat (1/4) menerima laporan korps enam pejabat Kodam VII/Wirabuana yang diserah terimakan.
Enam pejabat yang diserah terimakan antara lain  Jabatan Asisten Operasi(ASOPS) Kasdam VII/Wrb dari Kolonel Inf Heru Triyanto kepada Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto SIP, Jabatan Asisten Teritorial Kasdam VII/Wrb dari Kolonel Inf Marga Taufiq kepada Pangdam, Jabatan Perwira Staf Ahli Pangdam VII/Wrb Bidang  Manajemen sishanneg dari Kolonel Arm Sukarwo SIP kepada Kolonel Inf Satria Putra Rauf, Jabatan Kepala Keuangan Kodam VII/Wrb(KAKUDAM) dari Kolonel Cku Harnoko Sadiharso SE kepada Letkol Cku Adip Sukarianto, Dan Jabatan LO TNI-AL Kodam VII/Wrb dari Kolonel Laut(T) Wahyu Handoyo kepada Letkol Laut (P) Setyo Riyono. Serta Pangdam menyerahkan tugas dan tanggungjawab Pa Staf Ahli Bidang Sosial budaya kepada Kolonel Inf Suparno.
Pejabat lama Asops Kasdam VII/Wrb Kolonel Inf Heru Triyanto akan menduduki posisi sebagai Perwira Staf Ahli Pangdam XVII/Cendrawasih bidang Ilpengtek & LH dan Pejabat baru Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto sebelumnya menjabat Kepuskopad 'A’ Dam VII/Wrb, Pejabat lama Aster Kasdam VII/Wrb Kolonel Inf Marga Taufiq akan menduduki jabatan Aster Kas kostrad sedangkan pejabat baru Letkol Inf  Mohamad Shokir sebelumnya Aster Kas divif-1/Kostrad.

Sedangkan untuk pejabat lama Perwira Staf Ahli Pangdam VII/Wrb bidang Manajemen Sishanneg Kolonel Arm Sukarwo akan menduduki sebagai Pamen Ahli Gol-IV Pussenarmed Kodiklat TNI-AD bidang Taktik dan Strategi dan pejabat baru Kolonel Inf Satria Putra Rauf sebelumnya Dosen Utama Seskoad, dan Pejabat lama Kakudam VII/Wrb Kolonel Cku Harnoko Sadiharso.SE akan menempati jabatan Ka Unit Verku Itbeng Itjenad dan pejabat baru Letkol Cku Adip Riyono sebelumnya Irdya-2/Lakijar Itrenproggar Itjenad . Pejabat lama LO TNI-AL Kodam VII/Wrb Kolonel Laut (T) Wahyu Handoyo akan menduduki jabatan  di Pamen Mabes TNI-AL dan pejabat baru Letkol Laut (P) Setyo Riyono sebelumnya Pamen Mabers TNI-AL .
Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Amril Amir S.IP dalam sambutannya mengatakan, bahwa etos kerja sangat penting ditanamkan dalam diri sendiri disertai dengan komitmen yang tinggi, sehingga tugas di Kodam VII/Wrb, tidak hanya dituntut untuk mampu bekerja baik, tetapi juga diperlukan kecermatan dan kepekaan dalam memahami perkembangan situasi maupun dinamika yang terjadi. Artinya para pejabat dilingkungan Kodam VII/Wrb  dituntut bekerja cepat dan maksimal karena tuntutan tugas relatif  tinggi.  Untuk itu perlu pembaharuan dalam mendukung semuanya dengan demikian daya inovasi serta kreatifitas adalah sebuah tuntutan sehingga apapun tidak terjebak dalam lingkungan rutinitas.
Hadir dalam acara tersebut, Kasdam VII/Wrb Brigjen TNI Drs Ir Subekti MSc, Irdam VII/Wrb, Danrindam, Para Asisten, Para Kabalak, Para Dansatpur, Dansat Banpur serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VII/Wirabuana Ny. Anna Amril Amir dan Wakil Ketua serta Ibu-ibu Pengurus lainnya. http://www.kodam-wirabuana.mil.id