SERTIJAB 19-21 NOV 2011

SERTIJAB 16-18 NOV 2011

Letkol Ahmad Rizal Jabat Dandim Batam
17 November 2011-
Serah terima jabatan Dandim 0316 Batam dari Letkol (inf) Hartono ke Letkol (Inf) Ahmad Rizal Hamdani-

Letnan Kolonel (Letkol) Inf Ahmad Rizal Hamdani resmi menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0134 Batam usai dilantik Danrem Kolonel Czi Adi Sudaryanto di Makorem 033 Wira Pratama Tanjungpinang, Selasa (15/11/2011) lalu.
Letkol Ahmad Rizal Hamdani menggantikan posisi yang ditinggalkan pejabat  sebelumnya Letkol Inf Hartono yang kini menjabat sebagai Kasrem Padang.
Dalam ramah tamah dengan wartawan media massa di Batam, perwira menengah TNI yang akrab disapa Rizal ini berusaha untuk melakukan yang terbaik kepada masyarakat Batam selama memegang amanah yang dipegangnya itu.
"Prioritas utama adalah memberikan yang terbaik untuk masyarakat Batam selama menjalankan tugas yang diamanatkan kepada saya," ujar Rizal kepada wartawan di Makodim 0316, Kamis (17/11/2011). Dia menambahkan akan melakukan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini antara TNI dan masyarakat, sehingga tidak ada lagi paradigma buruk terhadap TNI di masyarakat Indonesia.
"TNI dan masyarakat dari dulu selalu bekerjasama dengan baik, dan itu tetap harus dijaga," ujar perwira Akmil tahun 1993 ini. Kerjasama itu dapat terlaksana dengan baik dan secara bertahap, dan dimulai dari diri sendiri, lanjut Rizal, dalam kesatuan TNI tak ada yang sempurna.
"Pasti ada salah satu yang berbuat di luar wewenang. Namun, saya berjanji seandainya ada anggota kita yang melakukan perbuatan merugikan masyarakat Batam, jangan segan dan langsung lapor ke saya," katanya. Dalam karirnya di TNI, lelaki kelahiran Jakarta, 9 November 1970 ini pernah menjabat sebagai  Wadan Den Intel Kodam V Brawijaya dan Danden Intel Kodam I Bukit Barisan, selain itu Rizal dikenal sebagai sosok yang dekat dengan wartawan dimana saja dirinya bertugas. "Di mana saja bertugas saya selalu dekat dengan wartawan, bagi saya wartawan adalah teman yang dapat dihandalkan dan pusat mendapatkan informasi," pungkas perwira yang pernah bertugas sebagai Pabandya Pam Paspamres ini.(Hendra Zaimi/Dodo). http://www.batamtoday.com

SERTIJAB 13-15 NOV 2011

Jabatan Danrindam, Danpomdam, Kakumdam Jaya dan Perwira Ahli Bidang Sishanneg Diserahterimakan                                      
14 November 2011
Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Waris, memimpin langsung upacara serah terima jabatan Jabatan Danrindam, Danpomdam, Kakumdam Jaya dan Perwira Ahli Bidang Sishanneg secara bersamaan, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Senin (14/11).

Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Kodam Jaya Brigadir Jenderal TNI Edy Susanto, Irdam Jaya, Danrem 051/ Wkt, Danrem  052/ Wkr, Para   Pa    Ahli, Pa LO AL, LO AU, Para Asisten, Kabalak dan Para Dansat Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya, Ketua dan Pengurus Dharma Pertiwi, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil. Dalam amanat tertulisnya Pangdam Jaya menyampaikan bahwa, ada dua hal yang mendasar harus kita pahami dan maknai menyertai dilaksanakannya serah terima jabatan ini yakni, mengoptimalkan kinerja organisasi dan memberi peluang pengembangan karier bagi personel yang layak dan kapabel dalam melaksanakan tugas. Keduanya saling terkait dan senantiasa akan terus berlangsung secara simultan.

Sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Militer Jaya/Jayakarta yang mengelola lembaga pendidikan, tentunya telah memiliki tingkat manajerial yang sangat baik dalam menyelenggarakan pendidikan dan latihan Wajib Militer Bala Darat bagi warga negara. Tuntutan kualitas hasil didik prajurit tidak boleh ditawar-tawar lagi yang merupakan output dari lembaga ini. Demikian juga dengan Komandan Polisi Militer Kodam  Jaya/Jayakarta, dituntut memiliki  kapasitas dan kapabilitas yang prima untuk mampu dan siap menyelenggarakan dan mengkoordinasikan  penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan serta bagi kepentingan Kodam Jaya/Jayakarta khususnya, dan TNI  Angkatan Darat pada umumnya dengan  berpedoman pada aturan-aturan yang berkaitan dengan ketentuan hukum nasional. Lebih jauh Pangdam juga menyampaikan bahwa untuk mencermati perkembangan dunia global yang demikian cepat dewasa ini, hukum memiliki peran yang sangat penting untuk menjawab setiap permasalahan yang timbul, hal ini diperlukan agar dapat menjamin adanya kepastian hukum dalam setiap kegiatan  dan selanjutnya dapat menghindarkan timbulnya keragu-raguan dalam mengambil tindakan dan keputusan. Menyikapi kondisi demikian, maka masalah pemahaman tentang hukum dan HAM, oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan tugas dimasa depan yang semakin komplek dan multidimensi, diharapkan Kakumdam Jaya mampu memberikan solusi hukum yang terbaik kepada Pimpinan dalam memecahkan setiap permasalahan yang terjadi di Kodam Jaya/Jayakarta.

Untuk mewujudkan maksud tersebut, maka Jajaran Kumdam Jaya dituntut untuk terus meningkatkan kualitasnya dibidang hukum. Kepada Pa Ahli Pangdam Jaya / Jayakarta Bidang Manajemen Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara, kita semua berharap agar kedepan   aktif memberikan saran dan masukan kepada Komando secara ilmilah dan komprehensif serta konsepsional yang berkaitan dengan Sishankamneg meliputi Komponen Utama dan Komponen Pendukung serta Komponen Cadangan, untuk suksesnya tugas pokok Kodam Jaya/Jayakarta.
Pelaksanan Sertijab yang sederhana ini Danrindam Jaya Kolonel Inf Ganip Warsito kepada penggantinya Kolonel Inf Andika Perkasa, S.E, sedangkan Kolonel Inf Ganip Warsito selanjutnya menjabat sebagai Danrem 091/ASN Kodam VI/Mlw, Danpomdam Jaya Kolonel Cpm Benny Antony Sitohang, S.E., M.Hum kepada penggantinya Kolonel Cpm Dedy Iswanto sedangkan Kolonel Cpm Benny Antony Sitohang SE selanjutnya menjabat sebagai Dirbincab Puspomad,  Kakumdam Jaya Kolonel Chk Djamaluddin  SH kepada penggantinya  Kolonel Chk Wahyu Wibowo, S.H. sedangkan Kolonel Chk Djamaluddin SH selanjutnya menjabat sebagai Kasubdit Bindukkum Ditkumad dan Pa Ahli Pangdam Jaya bidang Manajemen Sishanneg dari Kolonel Inf Imam Kusnadi kepada penggantinya Kolonel Inf Sigit Yuwono, sedangkan Kolonel Inf Imam Kusnadi selanjutnya menjabat sebagai Perwira Khusus Pangdam Jaya. http://kodam-jaya.mil.id

SERTIJAB 10-12 NOV 2011

YONIF 321/GALUH TARUNA GELAR SERTIJAB DANYONIF
12 November 2011
Jabatan Komandan Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna Kostrad, diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Heri Susanto kepada Letnan Kolonel Inf Gatot Heru Buana, yang sebelumnya menjabat Kasi Pembinaan Personil di Markas Divisi Infanteri Kostrad- Cilodong.
Selama kurang lebih 1,3 tahun perwira jebolan Akmil 1990 memimpin Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna, kini pria kelahiran Sukabumi dipromosikan menjadi Komandan Kodim Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Meski terhitung cukup singkat, kepada sejumlah wartawan, Letkol Inf Heri mengaku waktu 1,3 bulan bertugas di Majalengka ini sangat berkesan dalam perjalanan karirnya. Pasalnya, selama ini, banyak hal positif yang telah diperbuat oleh kesatuan yang dipimpinnya ini. Salah satunya, dengan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, prajurit Yonif 321/Galuh Taruna dapat ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjalankan program Tentara Manunggal Desa Mandiri (TMDM) dengan ikut menyokong pembangunan infrastruktur masyarakat di pedesaan.
"Dari kesatuan kami (Yonif), rasanya hanya disini yang sudah melaksanakan program yang berawal dari sinergitas kerjasama TNI dengan pemerintah. Tahun 2010 dan 2011 ini, total telah 5 kecamatan yang kami bantu melalui program ini", ujarnya.
Disebutkan, dalam program berbentuk plesterisasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan plesterisasi gang dan jalan blok di desa-desa ini, 5 kecamatan yang sudah merasakanya diantaranya Sukahaji, Cigasong, Panyingkiran, Lemahsugih, dan Ligung.
Disamping itu, selama kepemimpinannya, meski tidak melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), namun prajurit Yonif 321 kala itu justru banyak melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam rangka pengabdian masyarakat. Diantaranya melakukan aksi serangan fajar membersihkan lingkungan kawasan Kota Majalengka, aksi donor darah, penyantunan anak yatim serta dhuafa, dan lain sebagainya. Dikatakannya, dalam 1,3 tahun heri juga mengaku cukup puas atas apa yang telah ditanamkannya kepada para parjurit anggota Yonif. Yakni dengan beragam kepedulian sosial masyarakat ini hubungan yang terjalin antar prajurit dan masyarakat lebih harmonis dan dapat diterima dengan baik.
"Hubungan dengan unsur Muspida lainnya juga terjalin harmonis. Baik dalam urusan dinas dan tugas, maupun hubungan secara pribadi. Saya harap, meski sudah tidak dipimpin saya, keharmonisan kami dengan seluruh elemen masyarakat dapat terus terjalin", ujarnya. (Pen Kostrad/Dispenad)

Sertijab Danyon 321/GT
11 November 2011-
Jabatan Komandan Batalyon 321/Galuh Taruna diserahterimakan dari Letkol Inf Heri Susanto kepada Letkol Inf Gatot Heru Buana, Jumat (11/11). Letkol Inf Heri Susanto yang menjabat 1 tahun, 3 bulan, 3 hari akan menjabat Dandim Kabupaten Nganjuk Jawa Timur dan Letkol Inf Gatot Heru Buana sebelumnya menduduki Kasi Binpers Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) Dan Brigif 13 Galuh/I Kostrad Kolonel Inf Farid Makruf, dan Komandan Upacara Wadanyon 321 Galuh Taruna Mayor Inf Yudha Dharmawan. Dihadiri Unsur Muspida Kabupaten Majalengka, Unsur Muspida Wilayah III Cirebon, para Pamen, bintara dan prajurit Yonif 321 GT. Prosesi sertijab terkesan menegangkan tatkala diwarnai aksi demonstrasi ketangkasan para prajurit 321 GT dan simulasi penumpasan gerombolan dengan rentetan tembakan sehingga para gerombolan itu mati terkapar.

SERTIJAB 07-09 NOV 2011

DANREM PIMPIN SERTIJAB DANDIM 1006/MARTAPURA 
9 November 2011
Bertempat di Aula Korem 101/Antasari, hari Rabu (9/11), berlangsung acara korp raport serah terima jabatan Komandan Kodim 1006/Martapura, dari Letkol  Inf H. Tirton Nefianto, S.Sos., kepada Letkol Inf Bangun Nawoko. Kegiatan tersebut dihadiri Kasrem 101/Ant beserta staf, para Dandim jajaran Korem 101/Ant, Dan/Ka Balak Korem 101/Ant serta Ketua Persit KCK Koorcabrem 101 PD VI/Mlw beserta para Ketua Cabang jajaran Korem 101/Ant. Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Komaruddin S, S.IP. Dalam amanatnya Danrem mengatakan bahwa serah terima jabatan Komandan Kodim 1006/Martapura, pada dasarnya merupakan salah satu bentuk upaya TNI Angkatan Darat untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan serta  lazim  dilakukan,  dalam  rangka  tour of duty dan tour of area bagi yang bersangkutan. Sertijab ini dilakukan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi dilingkungan TNI AD dengan harapan akan lahirnya karya-karya baru yang lebih inovatif dan kreatif bagi kemajuan satuan TNI AD dalam menghadapi tantangan tugas dimasa yang akan datang yang tentunya tidak akan semakin ringan (Penrem 1001/Dispenad) 

MAYJEN TNI ZAHARI SIREGAR MENJABAT SEBAGAI KASKOSTRAD YANG BARU
9 November 2011
Pangkostrad Letjen TNI A.Y. Nasution memimpin acara serah terima jabatan Kaskostrad di Ruang Mandala Makostrad, Jakarta, Rabu (9/11). 
Kaskostrad dijabat oleh Mayjen TNI Zahari Siregar, menggantikan Mayjen TNI Hendra Rizal yang akan segera memasuki masa purnawira. Pangkostrad dalam amanatnya menyatakan, bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kepada Pimpinan Angkatan Darat dan kepada para prajurit yang dipimpin. Dalam kesempatan itu, Pangkostrad mengingatkan, Program Kerja TA 2011, akan berakhir sehingga para Komandan Satuan jajaran Kostrad untuk segera menyelesaikan program kerja yang belum terlaksana dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja yang telah dicapai secara menyeluruh, baik kuantitas maupun kualitas kinerja dan senantiasa tetap menjaga tertib administrasi dengan mempedomani pertanggung jawaban SIMAK BMN dan tekad Pimpinan TNI Angkatan Darat. Pangkostrad juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras prajurit Kostrad dalam menyukseskan satu event lomba tembak internasional Angkatan Darat Asean, “AARM  2011”, dimana Divisi Infanteri -1/Kostrad telah sukses sebagai tuan rumah.
Hadir pada acara tersebut, Pangdivif 1 dan Pangdivif 2 Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad, Koorsahli, Perwira Ahli, Ir, para Asisten, Kabalak dan para Komandan Satuan jajaran Kostrad. (Pen Kostrad/Dispenad).

TRADISI PELEPASAN KOLONEL INF ARIES MARTANTO
9 November 2011
Bertempat di Hall Makorem 091/Asn Samarinda dilaksanakan acara tradisi pelepasan Kolonel Inf Aries Martanto (Mantan Danrem 091/Asn), Rabu (9/11).  Bertindak selaku Inpektur upacara adalah Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito. Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Korem 091/Asn Letkol Inf Lismer Lumban Siantar para Dandim jajaran Korem 091/Asn, para Kasi Korem, Komandan dan Kabalak dijajaran Korem 091/Asn, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman beserta sejumlah Ibu-ibu Pengurus, serta perwakilan Prajurit dan PNS Makorem 091/Asn. Dalam sambutanya Danrem 091/Asn Kolonel Inf Ganip Suwito menyampaikan rasa bangga dan hormat, selaku Komandan Korem 091/Asn yang baru dan segenap prajurit Korem 091/Asn mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi atas jasa dan pengabdian bapak Kolonel Inf Aries Martanto yang menjabat Danrem 091/Asn dengan sukses. Demikian juga kepada Ibu Divina Aries Martanto yang telah dengan setia mendampingi suami dalam tugas dan pengabdiannya selama ini. “Selama jalan dan selamat bertugas dimedan pengabdian yang baru, semoga bapak dan ibu senantiasa mendapatkan bimbingan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga senantiasa sukses dalam mengemban tugas selanjutnya”. Sebagai puncak dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah dilaksanakannya acara tradisi pelepasan mantan pejabat Danrem yaitu Kolonel Inf Aries Martanto yang diawali dengan sambutan dan ucapan perpisahan oleh Kolonel Inf Aries Martanto di Makorem 091/Asn, kemudian dilepas dan diantar bersama seluruh prajurit dan PNS sambil berjajar di kiri kanan jalan, dari depan Makorem sampai dengan pintu gerbang keluar Makorem 091/Asn sambil menyanyikan lagu perpisahan. Selanjutnya pejabat Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito kembali masuk Makorem 091/Asn dengan jajar kehormatan oleh regu jaga dilanjutkan laporan dari Perwira Piket Makorem 091/Asn Letda Inf Jainuddin. Selesai kegiatan tersebut Danrem 091/Asn Kolonel Inf Ganip Warsito langsung memimpin rapat Staf yang dihadiri oleh Kepala Staf Korem 091/Asn Letkol Inf Lismer Lumban Siantar para Dandim jajaran Korem 091/Asn, para Kasi Korem  dan Kabalak dijajaran Korem 091/Asn. (Penrem 091/Dispenad)

ACARA LEPAS SAMBUT PEJABAT DANREM 091/ASN
8 November 2011
Setelah melaksanakan serah terima jabatan Komandan Korem 091/Asn pada pagi hari (Selasa 8/11) di Makodam VI/Mlw Balikpapan dari Kolonel Inf Aries Martanto kepada Kolonel Inf Ganip Warsito, selanjutnya pada malam harinya digelar acara lepas sambut di Gedung Lamin Etam Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur di Jl. Gajah Mada Samarinda, Selasa (8/11).
Acara yang dimulai tepat pukul 20.00 Wita tersebut bukan hanya melepas dan menerima pejabat Danrem 091/Asn namun disatukan dengan acara pisah sambut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Pajak Provinsi Kaltim dari Drs. Bambang Is Sutopo, MA. kepada Mohammad Isnaeni, Ak., M.Si. serta temu kenal dengan Drs. Adji Indrawarman H, M.Si. yang menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Kalimantan Timur.
Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Kaltim H. Awang faroek Ishak, Wakil Gubernur H. Farid Wadjdy, Bupati dan Walikota se-Kaltim, FKPD Prov Kaltim, Tokoh Masyarakat, para pengusaha, sesepuh, para Dandim se-Kaltim, Perwira, Bintara dan Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.   Mengawali sambutannya, Kolonel Inf Aries Martanto menyampaikan bahwa waktu berjalan begitu cepat, “tidak terasa saya bertugas sebagai Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma di wilayah Kalimantan Timur ini  kurang lebih 1 tahun, 3 bulan,  8 hari. Tentunya saya menyadari bahwa tanpa adanya kerjasama dan bantuan dari bapak-bapak dan saudara-saudara sehingga tugas yang saya emban selama ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kaltim, Ketua DPRD Tk.I, Ketua  Pengadilan  Tinggi  Provinsi Kaltim, Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Kaltim, para Bupati dan Walikota, para sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, rekan-rekan pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Insan Pers, serta semua masyarakat Kaltim atas dukungan dan pengorbanannya yang tak terhingga, baik moril, tenaga maupun waktunya kepada saya.   Dengan harapan, mudah-mudahan dukungan dan kerja sama yang baik selama ini, dapat terus berlanjut dan dapat diteruskan kepada Pejabat Danrem yang baru sebagaimana yang diberikan kepada saya. Ini semua semata-mata demi kelancaran tugas dan tanggung jawab  kita bersama. Sementara itu Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pejabat baru, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengenalkan diri kepada seluruh warga Kalimantan Timur ini, seperti kata pepatah ”Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”, karena dengan saling mengenal maka tercipta rasa sayang, dan dengan terciptanya rasa sayang maka akan tercipta suasana yang harmonis antara kita sekalian.   Sepanjang kedinasan saya di TNI AD, saya baru pertama kali bertugas di Kalimantan Timur ini. Untuk itu seperti apa yang disampaikan oleh senior saya Kolonel Aries Martanto, saya mengharapkan dukungan dari  Bapak Gubernur dan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kaltim, Ketua DPRD Tk.I, Ketua  Pengadilan  Tinggi  Provinsi Kaltim, Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Kaltim, Para Bupati dan Walikota, para sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, rekan-rekan pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Insan Pers, serta semua masyarakat Kaltim agar dalam mengemban tugas sebagai Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma dapat berjalan dengan baik dan tidak mendapat kendala yang berarti. 
Sementara itu Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada peran TNI khususnya Kodam VI/Mulawarman dan Korem 091/Asn dalam menjaga keamanan di wilayah Kaltim sehingga Kaltim tetap dalam keadaan kondusif dan kepada pejabat Danrem lama Kolonel Inf Aries Martanto Gubernur secara khusus menyampaikan penghargaannya dalam penyelesaian konflik di Tarakan. “Saya sampaikan bahwa akan tercatat dalam sejarah di Kaltim, dimana kerjasama antara TNI dan Polri serta Instansi terkait dalam menangani konflik yang begitu cepat dan bapak Presiden menyampaikan apresiasinya”. Kata Awang Faroek yang langsung disambut tepuk tangan hadirin. Acara juga diselingi dengan penyerahan cinderamata,  dan tarian lagu-lagu dari Persit Kartika Chandra Kirana serta kelompok tari dari Kutai Ketranegara.   (Penrem 091/Dispenad).

BATALYON INFANTERI PEMUKUL KODAM DISERAH TERIMAKAN
8 November 2011
Batalyon Infanteri 400/Raider Pemukul Kodam diserah terimakan dari Danyonif 400/Raider Letkol Inf Harzeni Paine Kepada Letkol Inf Hery Setiono bertempat dilapangan Andini Yonif 400/Raider Srondol Semarang, Selasa (8/11). Pada Selasa pagi, tanggal 8 Nopember 2011, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof, menerima Laporan Korps Serah Terima Jabatan Danyonif 400/Raider, dari Letkol Inf Harzeni Paine Kepada Letkol Inf Hery Setiono bertempat dilapangan Andini Yonif 400/Raider Srondol Semarang. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mulhim Asyrof pada Sertijab Danyonif 400/Raider dalam amanat tertulisnya mengutarakan keinginannya yang paling utama adalah membangun satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro menjadi satuan yang bisa dibanggakan dan memiliki kinerja yang profisional, “Jadi komitmen ini tentunya tidak akan bermanfaat dan membuahkan hasil yang optimal apabila warga Yonif 400/Raider bersikap masa bodoh terhadap satuannya, malas dan mempunyai moral rendah terhadap perubahan ataupun terhadap perkembangan yang mengarah kepada kemajuan organisasi”, tegas Pangdam. Oleh karena itu semua prajurit Yonif 400/Raider mulai dari pangkat Prada sampai dengan Komandan Batalyon harus memiliki sifat seorang prajurit yang sejati. Dengan kepribadian itu, diharapkan semua prajurit 400/Raider akan selalu mendahulukan tugas demi kepentingan Satuan. “Jangan sebagai prajurit kepentingan pribadi mengalahkan tugas pokok yang lebih besar, dan apabila ada prajurit yang sudah lelah dan jenuh menjadi prajurit TNI, sebagai seorang prajurit yang berjiwa ksatria akan lebih terhormat apabila yang bersangkutan mengundurkan diri”. “Jangan justru menjadi provokator, melakukan pembusukan dan akhirnya akan menghancurkan satuan ini”, Pangdam menjelaskan. Disisi lain Pangdam menyinggung masalah tentang pelanggaran disiplin, tata tertib dan tindakan kejahatan disatuan-satuan khususnya di Yonif 400/Raider, seyogyanya agar Komandan Batalyon 400/Raider mampu memahami betul apa yang telah menjadi kebijakan pimpinan, melaporkan terhadap setiap kejadian yang ada, yang menimpa satuan ini, dan bertanyalah apabila menghadapi kesulitan dilapangan demi mendapat solusi dan pemecahan masalah yang baik dan benar. Disamping itu juga setiap prajurit Yonif 400/Raider harus selalu dalam kondisi siap dan siaga menghadapi situasi yang bisa terjadi setiap saat, khususnya dalam rangka menjaga keselamatan dan keutuhan bangsa dan negara. Dalam kontek ini Pangdam meminta untuk terus membina kesiapan dan kemampuan satuan, sehingga siap operasional secara efektif dan optimal. Kemudian, bagi semua prajurit dan pemimpin harus menjadi tim yang solit, peduli dan serius serta bekerja keras menyukseskan tugas satuan secara optimal. Menghindari semua pelanggaran yang dapat merusak citra satuan, menegakkan disiplin dan norma dasar keprajuritan, karena itu semua akan menjadi kunci keberhasilan setiap satuan dalam mewujudkan postur prajurit TNI yang profesional. Disampaikan pula dalam amanatnya, bahwa sertijab dilingkungan TNI AD, merupakan salah satu bentuk Binsat dan Binpers, guna meningkatan kemampuan dan kinerja organisasi. Serta alih tugas dan jabatan sesunguhnya merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan, dan selayaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, disertai tekat untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab jabatan dengan sebaik-baiknya. Letkol Inf Harzeni Paine selanjutnya akan mendudukin kursi jabatan sebagai Dandim 0703/Cilacap Rem 071/WK. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof setelah selesai memimpin  acara serah terima jabatan Danyon 400/Raider, Pangdam meresmikan kolam renang Yonif 400/Raider dengan nama “Tirta Banteng Raides” bertempat disisi utara Kompi Bantuan Yonif 400/Raider. Pada kesempatan itu pula, Pangdam menyaksikan lomba Renang Militer (menggunakan baju PDL, Senjata, Helm ) 50 M gaya Bebas dan lomba renang gaya Bebas umum 50 M, yang masing-masing dimenangkan oleh : Praka Liza Hadi Olet dari Kompi B, dan renang gaya Bebas umum diraih oleh Praka La Majid dari Kompi Senapan A. Keduanya mendapat uang pembinaan dari Pangdam, masing-masing sebesar 100 $ AS (+ Rp. 1000.000), hal ini dilakukan untuk  memberikan semangat dan motifasi kepada semua prajurit agar terus belatih dalam membina fisiknya.(Pendam 4/Dispenad)

PANGDAM I/BB : 
JABATAN MERUPAKAN KEHORMATAN DAN KEPERCAYAAN
7 November 2011
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus jadi irup pada  upacara serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Komandan Polisi Militer Kodam I/BB  dan jabatan Komandan Batalyon Zipur I/DD bertempat di Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (7/11). Pangdam I/BB dalam sambutannya mengatakan serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang dilaksanakan merupakan konsekuensi logis dari tuntutan dan kebutuhan organisasi, sekaligus mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan profesionalisme melalui berbagai penugasan bagi pejabat yang bersangkutan, sehingga dapat menghasilkan karya pengabdian yang terbaik bagi kemajuan organisasi TNI Angkatan Darat khususnya bagi Kodam I/BB. Terima kasih dan penghargaan yang tulus disampaikan kepada Kolonel Cpm Sudirman dan Letnan Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. masing-masing beserta istri, yang telah melaksanakan tugas selama ini dengan baik, dan  telah mampu menunjukkan karya pengabdian yang terbaik sehingga kinerja organisasi dapat dicapai secara optimal. Selamat jalan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru. Selanjutnya kepada Kolonel Cpm Supriyantoro, S.IP. dan Mayor Czi Mahfud Ghozali beserta isteri, selamat datang di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru. Saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman pada penugasan sebelumnya, juga dapat memberikan yang terbaik bagi Kodam I/Bukit Barisan. Jabatan itu merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan itu merupakan suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan moralitas untuk meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai sebelumnya. Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, pada tanggal 5 Oktober 2011 saya telah mencanangkan gerakan penghijauan yang diberi nama “Toba Go Green”, yang bertujuan selain untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup juga untuk meningkatkan perekonomian rakyat terutama yang berada disekitar kawasan Danau Toba. Dalam aspek pertahanan, gerakan penghijauan ini adalah salah satu tugas dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, seperti penanggulangan bencana, rehabilitasi alam dan infrastruktur dalam rangka menyiapkan pertahanan negara. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh unsur pimpinan di jajaran Kodam I/BB agar mensosialisasikan kepada seluruh anggota dan keluarganya termasuk masyarakat sehingga kita mempunyai persepsi dan pemahaman yang sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Upacara serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan ini dirangkai dengan acara tari tarian dari Persit KCK Cabang 17 Yonzipur I/DD serta kesan dan pesan dari mantan Danpomdam I/BB mewakili pejabat lama. Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB Kolonel Inf Sakkan Tampubolon, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS Letnan Kolonel Inf Donni Hutabarat, Dandim 0203/Lkt Letnan Kolonel Arh Jusak P. Girsang, para Danyon BS wilayah Medan dan Ketua serta para pengurus Persit KCK PD I/Bukit Barisan.  (Pendam I/ Dispenad).

KOMANDAN KOREM 073/MAKUTARAMA MENERIMA LAPORAN SERAH TERIMA JABATAN DANDIM 0717/PURWODADI
7 November 2011
Bertempat di Aula Makorem 073/Makutarama telah dilaksanakan laporan serah terima jabatan Komandan Kodim 0717/Purwodadi dari Letkol Inf Joko Wibowo kepada Letkol Inf Heri Prakoso P. Wibowo Yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf George Elnadus Supit. Hadir pada acara tersebut Para Komandan, Kasi dan Kepala Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 073/Makutarama serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 073 beserta pengurus dan para Ketua Cabang Persit KCK jajaran Koorcab Rem 073. Dalam amanatnya Danrem menyampaikan bahwa  Mutasi dan pergantian pejabat di   Lingkungan   TNI -  AD    khususnya   di    Korem 073/Makutarama merupakan hal yang biasa. Setiap Perwira diberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan kariernya pada setiap jenjang kepangkatan untuk dapat menduduki jabatan-jabatan yang ada dilingkungan TNI-AD.
Dari sudut pandang pembinaan karier personel, alih tugas dan jabatan seperti ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta kemampuan kepemimpinan manajerial, guna mewujudkan profesionalisme keprajuritan. Demikian juga halnya dalam konteks pembinaan satuan, dengan hadirnya pejabat baru, diharapkan pembinaan satuan akan dapat dilaksanakan secara lebih baik lagi, sehingga satuan berada dalam suasana kerja yang baik dan semangat baru.Oleh karena itu, serah terima jabatan Komandan Kodim 0717/Purwodadi ini hendaknya dapat dipahami sebagai upaya untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Korem 073/Makutarama.Kepada prajurit Kodim 0717/Purwodadi selaku aparat kewilayahan, saya minta untuk senantiasa meningkatkan kemampuan temu cepat dan lapor cepat, agar mampu mendeteksi secara dini perkembangan situasi diwilayahnya. Kecepatan bertindak untuk melakukan kegiatan preventif sangat diperlukan, baik dalam rangka mencegah terjadinya konflik sosial, maupun mencegah upaya munculnya keresahan dan instabilitas yang dilancarkan pihak-pihak tertentu.
Kondisi keamanan wilayah, harus senantiasa terjaga, terpelihara, agar tetap  kondusif dan terkendali, sehingga aktifitas masyarakatpun tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Pemberdayaan Wilayah Pertahanan yang dilakukan melalui cara-cara dialog dan komunikasi secara terus-menerus, serta pemahaman dari setiap prajurit mengenai sikap teritorial untuk merebut hati dan pikiran rakyat, selama ini telah mampu melaksanakan perannya dengan baik.
Oleh karena itu, saya berharap agar jajaran Kodim 0717/Purwodadi dapat terus meningkatkan komunikasi sosial dan dialog dengan segenap instansi dan komponen bangsa,  guna memperteguh jalinan kerjasama yang selama ini terbina dengan baik. Karena sebagai tolok ukur keberhasilan “Pemberdayaan Wilayah Pertahanan“ yang dilakukan oleh Komando Kewilayahan, yaitu terciptanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.
Pada kesempatan tersebut Danrem ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letnan Kolonel Inf Djoko Wibowo beserta isteri atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di jajaran Korem 073/Makutarama. Dan kepada pejabat yang baru  Letnan Kolonel Inf Heri Prakoso P. Wibowo yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan menjadi Komandan Kodim 0717/Purwodadi  mengucapkan selamat bertugas, syukuri dan sikapi kepercayaan ini dengan penuh rasa tanggung jawab melalui karya-karya terbaik selama mengabdikan diri di jajaran Korem 073/Makutarama ini.  (Penrem 073/ Dispenad).

SERTIJAB 04-06 NOV 2011

PANGDAM PIMPIN SERTIJAB PEJABAT MAKODAM IX/UDY
4 Nov 2011
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Leonard menerima corp raport enam pejabat baru di Lingkungan Kodam sekaligus melepas    pejabat lama di Hall Makodam dalam upacara seremonial disaksikan tamu undangan dari kalangan internal jajaran Kodam beserta Pengurus Persit PD IX/Udayana, Jumat (4/11).
Para pejabat yang diserahterimakan adalah jabatan Perwira Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dari Kolonel Inf Maryanto kepada Kolonel Inf Achmad Djauhar Arifin, Aster Kasdam dari Kolonel Inf Yunadi kepada Kolonel Inf Made Datrawan, Kabekang dari Kolonel Cba Bambang Edi Purnomo, SM kepada Kolonel Cba Muhammad Hita Tunggal, Kababinminvetcad dari Kolonel Cba Muhammad Hita Tunggal kepada Letkol Czi Abdijon Sinaga, Kakesdam dari Kolonel Ckm drg. Nurdjamil Sayuti, MARS kepada Kolonel Ckm dr. IGB A. Juniantara, Sp. BO dan LO AU dari   Kolonel Tek IG Made Radar PJ, ST. kepada Letkol Pnb Awang Kurniawan.
Mayjen TNI Leonard menyampaikan ucapkan selamat bertugas kepada para pejabat yang telah menerima tugas dan tanggung jawab jabatan baru, dengan harapan semoga kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat dapat dilaksanakan dengan baik. Karena, Kodam IX/Udayana sebagai kompartemen strategis mengemban tugas pokok untuk mengamankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang datang dari luar maupun dalam negeri. Untuk itu, Pangdam IX/Udayana mengingatkan bahwa tugas yang berat ini hanya dapat dilaksanakan dengan baik apabila ada kerjasama atau koordinasi yang baik antara seluruh staf yang ada guna menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Maryanto, Kolonel Inf Yunadi, Kolonel Cba Bambang Edi Purnomo, S.M, Kolonel Ckm drg. Nurdjamil Sayuti, MARS  dan Kolonel Tek IG Made Radar Pj, ST masing-masing beserta isteri  atas pengabdiannya selama ini di Kodam IX/Udayana. (Pendam 9/ Dispenad).

DANREM 091/ASN PIMPIN SERTIJAB DANDIM 0910/MALINAU
4 Nov 2011
Bertempat di Hall Makorem 091/ASN, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Aries Martanto bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Serah Terima Jabatan Dandim 0910/Malinau dari Letkol Inf Dwi Agung Susilo kepada Letkol Inf Mohammad Yamin Dano yang sebelumnya menjabat Dandodiklapur/Gumil Juang Rindam VI/Mulawarman, (04/11).  
Hadir pada upacara sertijab tersebut Kasrem 091/ASN Letkol Inf Lismer Lumban Siantar, para Dandim jajaran Korem 091/ASN, para Kasi Korem, Komandan dan Kabalak dijajaran Korem 091/ASN, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman beserta sejumlah Pengurus, serta perwakilan Prajurit dan PNS Makorem 091/ASN.  
Dalam sambutannya Danrem 091/ASN menyampaikan bahwa sebagaimana lazimnya dinamika internal Angkatan Darat khususnya Korem 091/Aji Surya Natakesuma untuk kepentingan pembinaan personel yang bersangkutan maupun penyegaran organisasi. Oleh karena itu, setiap pergantian pejabat harus dipandang sebagai suatu perwujudan meningkatkan kinerja satuan atau akumulasi untuk meningkatkan etos kerja setiap personel yang mengawaki organisasi. Dengan demikian ke depan, tugas, fungsi dan peran satuan ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya.   Danrem juga mengingatkan bahwa jabatan Komandan Kodim merupakan jabatan yang mengemban tugas pembinaan satuan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan serta memelihara moril anggota. Sebagai Komando kewilayahan Dandim 0910/Malinau, merupakan salah satu satuan Teritorial yang ada dijajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma, juga memikul peran dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam upaya menjamin integritas di wilayah, untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan khususnya di wilayah Kabupaten Malinau. Usai pelaksanaan upacara sertijab dan Korp Raport dilanjutkan dengan acara ramah tamah serta pemberian cinderamata kepada Dandim lama Letkol Inf Dwi Agung Susilo yang akan menjabat Kabag Pam Set Disinfolahtad.   Sementara itu, ditempat terpisah yaitu di Ruang Yudha Makorem 091/ASN sebelumnya telah dilaksanakan pengangkatan jabatan Ketua Persit Kartika  Chandra Kirana Cabang LVII Kodim 0910/Malinau Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman atas nama Ny. Rini Dwi Andayanti Mohammad Yamin Dano yang prosesi upacaranya dipimpin langsung oleh Ketua Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman Ny. Aries Martanto.(Penrem 091/Dispenad)

ACARA PENYERAHAN TUGAS JABATAN ASTER DAN KATOPDAM II/SWJ
4 November 2011
Penyerahan tugas ini, berkaitan dengan belum adanya pejabat Aster yang baru. Di samping itu, Kolonel Inf Bambang Biyantri Kunaryo dalam waktu dekat akan melaksanakan tugas sebagai Dosen Utama Seskoad. Bersamaan dengan ini pula dilakukan penyerahan tugas jabatan Katopdam II/Swj dari Pangdam II/Swj kepada Letnan Kolonel Ctp Drs. Waljiyanto. Penyerahan tugas ini sehubungan dengan telah adanya pejabat depenitif Katopdam. Pergantian pejabat dan mutasi personel dalam jajaran TNI Angkatan Darat seperti yang sedang berlangsung hari ini, merupakan salah  satu bentuk realisasi kebijakan pimpinan dalam rangka pembinaan organisasi dan pembinaan karier personel yang disesuaikan dengan dinamika kebutuhan organisasi.  Pergantian pejabat juga dimaksudkan untuk melengkapi dan menambah pengalaman serta memperluas wawasan bagi Perwira yang bersangkutan dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalismenya dalam berkarier di lingkungan  TNI  AD. Sebagai pejabat pembantu Pangdam II/Swj, Asisten Teritorial dituntut untuk mampu menyelenggarakan tugas dan fungsi Staf di bidang Teritorial yang meliputi Bakti TNI, Ketahanan Wilayah dan Komunikasi Sosial bagi kepentingan pertahanan darat. Sejalan dengan TNI Angkatan Darat menjadikan Pembinaan Teritorial sebagai fungsi utamanya, dihadapkan kepada masih adanya resistensi  terhadap  keberadaan Koter, sementara gelar Komando Kewilayahan itu merepresentasi-kan sistem pertahanan semesta yang diamanatkan Undang-Undang, maka penanganan masalah-masalah teritorial itu menjadi sangat penting.  Kebijakan tentang penyelenggaraan fungsi teritorial harus dirumuskan dengan seksama sehingga implementasinya tidak menimbulkan masalah dan justru menjadi solusi alternatif terhadap penanganan masalah-masalah bangsa. Disisi lain, untuk menjawab tantangan tugas yang kian bervarisai dan kompleks, hendaknya pembinaan kewilayahan harus disertai dengan perencanaan, penyusunan yang matang, terpadu dan harus konsisten serta berlanjut pengem-bangannya agar tujuan yang ingin dicapai dapat direalisasikan dengan baik. Oleh karena itu, sikap teritorial sebagai salah satu perwujudan jati diri TNI harus ditampilkan dan terpatri pada sosok setiap prajurit Kodam II/Swj. Kedepan, aparat teritorial harus mampu memotivasi dan mengarahkan sikap kritis masyarakat untuk ikut bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah bangsa dan negara yang belakangan ini sangat merisaukan kita semua. Untuk itu intensitas berkomunikasi sosial dengan masyarakat harus terus dilakukan, karena melalui kegiatan ini akan diketahui secara jelas aspirasi masyarakat dan sebaliknya masyarakat akan lebih memahami keberadaan TNI dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara.  Lebih lanjut Pangdam mengatakan, Topdam sebagai Badan pelaksana Kodam yang erat kaitannya dengan penyiapan dan pemetaan medan di wilayah negara kita ini. Pemetaan itu sangat diperlukan, baik untuk kepentingan militer maupun kepentingan pembangunan nasional. Kegiatan pemetaan yang menghasilkan dan menetapkan batas-batas wilayah akan sangat membantu TNI dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan daerah. Selain itu pekembangan dan perubahan bentuk sarana yang ada diatas medan, harus tercatat dengan baik, sehingga kita tidak ketinggalan data dan informasi topografi yang terkini.  Oleh karena itu, Pangdam berharap agar Topdam II/Swj  senantiasa memelihara dan meningkatkan kapasitas sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya serta peka dan fleksibel dalam memberikan pelayanan tehnis, sesuai kebutuhan dan tuntutan tugas Kodam II/Swj yang semakin kompleks dan dinamis. Untuk itu, kepada Katopdam, Pangdam memerintahkan agar melakukan  pembinaan satuan dengan optimal sehingga seluruh prajurit Topdam memahami dan menguasai tugas dengan baik.  Asah terus kemampuan melalui belajar dan berlatih agar mampu melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional.  Demikian Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI S. Widjonarko, S.Sos., M.M., M.Sc., bertindak sebagai pimpinan acara dalam acara serah terima jabatan Aster Kasdam II/Swj, dan Katopdam II/Swj, Jum’at, 04 Nopember 2011 bertempat di Aula Sudirman Makodam II/Swj. Hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj Muhammad Nasir, Danrem 044/Gapo, Irdam II/Swj, Para Asisten, Dan/Kabalakdam II/Swj dan  Ketua Persit beserta Para Pengurus Persit KCK PD II/Swj. http://www.kodam-ii-sriwijaya.mil.id

SERTIJAB 01-03 NOV 2011

MALAM PISAH SAMBUT KOMANDAN KODIM 0736 / BATANG
3 Nov 2011
bertempat di Pendopo Kabupaten Batang di laksanakan kegiatan malam pisah sambut Dandim 0736 / Batang dari Letkol Inf Dany Budiyanto kepada Letkol Inf Aminton Manurung, Kamis (3 /11). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Batang Drs. H. Achfa Mahfud, Ketua DPRD Kab. Batang H. Purwanto, Kapolres Batang AKBP HM. Nasihin, Ketua Pengadilan Negeri Batang, Kadis/Jan Kab. Batang, KBT, Tomas, Toga, LSM, dan tamu undangan lainnya.
Dalam kesempatan itu, Dandim lama Letkol Inf Dany Budiyanto mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan, partisipasi dan kerjasamanya sehingga dalam melaksanakan tugas tidak ada hambatan yang berarti dan kami mohon maaf apabila dalam kebersamaan selama ini terdapat khilaf dan kesalahan baik di sengaja maupun tidak, kami mohon do’a restu dari seluruh yang hadir disini semoga kami sekeluarga di berikan keselamatan dalam menjalankan tugas di tempat yang baru. Dalam kesempatan itu juga Dandim yang baru Letkol Inf Aminton Manurung memperkenalkan diri dan mohon di terima oleh seluruh warga masyarakat Kabupaten Batang, kami mohon dukungan serta bimbingannya dalam melaksanakan tugas di Kabupaten Batang ini, mari kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan menuju Batang kearah yang lebih baik lagi, semoga dalam pelaksanaan Pilkada nanti Kabupaten Batang tetap dalam keadaan kondusif. (Pendam 4/ Dispenad).

SERTIJAB PARA PEJABAT AKMIL
3 Nov 2011
Di Gedung Leo Kailola Akademi Militer, Kamis (03/11) beberapa pejabat Distribusi di jajaran Akmil melaksanakan serah terima jabatan dan penyerahan jabatan yang langsung dipimpin oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Bachtiar, SIP. Dalam acara sertijab tersebut turut hadir Wakil Gubernur Akmil, para pejabat Distribusi Akmil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil beserta pengurus dan Pengurus Yayasan Kartika Jaya, serta para Perwira dan perwakilan Dosen. Berlangsung dengan khidmat dan tertib prosesi serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan beberapa pejabat Distribusi di lingkungan Akmil, diantaranya Kadepmildas, Kabekang, Kapal dan penyerahan tugas Staf Ahli, serta para Wakil Direktur Akmil. ”Penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam pencapaian tugas pokok satuan, sesuai dengan prinsip-prinsip pembinaan satuan dan pembinaan personel, sehingga diharapkan para perwira yang memperoleh kesempatan dan kepercayaan mengemban jabatan-jabatan yang variatif akan dapat meningkatkan wawasan berpikir, pengetahuan serta kualitas kepemimpinan dan manajerialnya, yang muaranya nanti adalah terjadinya peningkatan kinerja yang sangat diperlukan dalam pencapaian tugas pokok organisasi secara lebih maksimal”, ungkap Gubernur Akmil dalam sambutannya. Pada kesempatan yang sama, Gubernur menyampaikan selamat jalan kepada Letkol Cba Anton Yunianto beserta istri dan Letkol Cpl Teguh Gunandi beserta isteri, dengan bekal ilmu yang diperoleh dan pengalaman selama mengabdi di Akademi Militer, akan sangat bermanfaat dalam menyelesaikan tugas di tempat baru. Tak lupa juga ucapan “Selamat datang di lingkungan keluarga besar Akademi Militer dan Selamat Bertugas”, kepada Kolonel Inf Besar Harto Karyawan sebagai pejabat Pamen Ahli Gol IV Bidang Permildas, Kolonel Inf Roosdi Soelihartojo, SH sebagai pejabat Wadirbinlem, Letkol Inf Norman Saito sebagai pejabat Kadepmildas, Letkol Cpl Iman Nurjaman sebagai pejabat Kapal, Letkol Cba Winarno,S.Sos sebagai pejabat Kabekang. Seperti kita ketahui bersama, bahwa sesuai Peraturan Kasad nomor: Perkasad/26/VI/2011 tanggal 1 Juni 2011 tentang validasi organisasi dan tugas Akademi Militer TNI Angkatan Darat, yang menyebutkan adanya penambahan jabatan Wakil Direktur. Tentunya penambahan jabatan semacam ini bukannya tidak beralasan, karena diharapkan dengan penambahan jabatan setingkat Kolonel ini akan dapat memperlancar proses pembinaan administrasi internal organisasi, guna memacu kinerja organisasi ke arah yang lebih maksimal serta untuk menghadapi kompleksitas permasalahan yang dihadapi Akademi Militer dalam melahirkan perwira-perwira harapan bangsa, yang harus mampu menangkap dan menjabarkan esensi dan kebijakan pimpinan secara inovatif dan komprehensif, sehingga dapat diimplementasikan secara berhasil dan berdaya guna. Gubernur berharap kepada seluruh pejabat yang baru, agar etos kerja dan semangat pengabdian dipelihara dan ditingkatkan sebagaimana dilakukan oleh pejabat-pejabat terdahulu, dengan tetap memelihara keharmonisan dalam kehidupan berorganisasi, sehingga produktifitas kerja satuan secara keseluruhan dapat pula ditingkatkan. (Penhumas Akmil/Dispenad)

POSISI KASDAM XII/TANJUNGPURA AKAN SEGERA BERGESER
3 Nov 2011
Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura (Kasdam) akan segera berganti personel. Kenaikan pangkat Brigjen TNI Armyn Angkasa Alian yang menjadi Mayor Jenderal TNI seiring dirinya di promosikan menjadi Pa Sahli Tingkat III Bidang Komsos Panglima TNI.

Secara umum mutasi jabatan meliputi 5 Pati di Mabes TNI, 9 Pati di TNI AD (termasuk Mayjen TNI Armyn), 1 Pati di TNI AL, 2 Pati di TNI AU, 2 Pati di BIN, 1 Pati di Kemhan RI, dan 1 Pati di Kemenko Polhukam. Itu berarti, Mayjen TNI Armyn segera meninggalkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, karena jabatan Kasdam XII/Tanjungpura akan segera dipegang Brigjen TNI Robby Win Kadir yang sebelumnya sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat.

Mayjen TNI Armyn menggantikan Mayjen TNI Moerdjito yang di mutasikan sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya di Surabaya, ditanya apakah ada syukuran atas kenaikan pangkatnya, putra mendiang Mayor Muhammad Alianyang, Pejuang Kemerdekaan Provinsi Kalimantan Barat, yang juga penerima penghargaan Bintang Maha Putera Nararya tahun 1999 dari Presiden BJ. Habibi, ini hanya tersenyum.
Menurut  Mayjen TNI  Armyn, seorang prajurit TNI siap bertugas dimana saja. Penugasan bagi anggota TNI merupakan amanah, kapan dan dimanapun. Lulusan Akabri satu angkatan dengan Mayjen TNI Paulus Loedwijk, Pangdam I/Bukit Barisan  ini menegaskan, setiap prajurit apapun alasannya mesti patuh kepada atasan. (Pendam 12/Dispenad)

Suwarno Menjabat Dandim Jakbar
2 November 2011-
Letkol Inf Suwarno.

JAKARTA (Pos Kota) – Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letnan Kolonel Inf Yudi Paragina Firdaus Msc dihadapan Komandan Korem 052/Wijayakrama menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Kodim 0503/JB kepada pejabat baru Letnan Kolonel Inf Suwarno di Aula Makorem 052/Wijayakrama Jl Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang Banten.
Letnan Kolonel Inf Yudi Paragina Firdaus Msc mendapatkan tugas baru sebagai Pamen Mabes TNI Untuk jabatan Spers TNI, sedangkan penggantinya Letnan Kolonel Inf Suwarno sebelumnya menjabat sebagai Ka Spri Pangdam Jaya/Jayakarta. Letnan Kolonel Inf Suwarno dilahirkan di kota Tanjung Pinang pada tanggal 10 September 1968 dan mempunyai istri bernama Heny SH, dan anak 3 orang. Beliau lulusan Akademi Militer tahun 1992, pendidikan Sussarcabif dan Sussarpara tahun 1993, Suspa senban tahun 1997, Selapa tahun 2000, Seskoad tahun 2007, AFP Command and General Staff course Philipina tahun 2010
 dan pembekalan Dandim 2011. Tanda jasa yang diraih antara lain SL Seroja, SL GOM IX/Raksaka Dharma, SL Kesetiaan VIII Tahun, SL Kesetiaan XVI Tahun. Riwayat penugasan diantaranya Ops Timor Timur tahun 1993, Ops Irian Jaya tahun 1995 dan tahun 2003. Letnan Kolonel Inf Suwarno pernah menjabat antara lain tahun 1992 Pama Pusdikif Kodiklat TNI AD, Tahun 1993 Danton Yonif 327/BJW dan Danton Yonif 312/KH, tahun 1995 menjabat Danton MO.81 Yonif 327/BJW, tahun 1996 menjabat Dankiban 312/KH Dam III/Slw, tahun 2000 menjabat Pasiops Yonif 312/KH dan Ps Pasi Binkomsos Siter Rem 031/WB Dam I/BB.
Tahun 2001 menjabat Pasi Binkomsos Siter Rem 031/WB, tahun 2002 menjabat sebagai Wadanyonif 132/BS, tahun 2004 menjabat Kasdim 0303/BKLS Rem 031/WB, tahun 2005 Pasi Binkamwil Siter Rem 031/WB, tahun 2007 menjabat sebagai Pabandya Ren Srendam Jaya, tahun 2008 menjabat sebagai Pamen Kodam Jaya (Dik Luar Negeri), tahun 2009 menjabat sebagai Pabandya Binpers Spersdam Jaya, tahun 2010 menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam Jaya, tahun 2011 menjabat sebagai Kaspri Pangdam Jaya.

Autentikasi:

Kapendam Jaya
 Kolonel Inf Adrian Ponto SH

( Pos Kota )

BERITA FOTO
2 Nov 2011
Irdam I/BB Kolonel Inf Sakkan Tampubolon didampingi Aslog Kasdam I/BB Letnan Kolonel Czi Denny Herman, Kapendam I/BB Kolonel Kav Halilintar, S.H, Waasintel Kasdam I/BB Letnan Kolonel Kav Hendrawan, S.IP, Dandeninteldam I/BB Letnan Kolonel Inf Hendriyadi photo bersama usai menerima audensi dengan Kasubdit Kerjasama Pengamanan Luar Negeri Bambang Setyobudi, Kasubdit Pengawasan LSM Asing Kemdagri Antonio Da Silva, Kabag tata usaha Hotmaida Hutabarat, Kasi Kerjasama Internal Darmawan Hadi dalam rangka membahas pengawasan warga negara Asing dan LSM Asing, bertempat di Serambi Kehormatan Makodam I/BB jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (2/11).  (Pendam 1/Dispenad)

DANREM 052/WKR PIMPIN SERTIJAB DANDIM 0503/JB
1 November 2011
Komandan Korem 052/Wijayakrama Kolonel Kav Andarias Pong Bija, memimpin langsung upacara serah terima jabatan Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat, dari Letkol Inf Judi Paragina Firdaus kepada Letkol Inf Suwarno, di Makorem 052/Wijayakrama Jl. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang Banten, Selasa (1/11).
Pelaksanaan Sertijab yang sederhana itu diawali dengan tradisi penciuman Dhuwaja oleh pejabat yang baru masuk di lingkungan jajaran Korem 052/Wijayakrama dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat Komando kepada pejabat Dandim 0503/Jakarta Barat  yang baru serta penandatanganan naskah serah terima. Letkol Inf Suwarno sebelum menjabat Dandim 0503/Jakarta Barat menjabat sebagai Ka Spri Pangdam Jaya, sedangkan Letkol Inf Judi Paragina Firdaus selanjutnya bertugas di Mabes TNI.
Hadir pada acara tersebut, Kepala Staf  Korem 052/Wijayakrama, para Dandim se jajaran Korem 052/Wkr, para Kasi dan Kabalak Korem serta sejumlah perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Korem 052/Wijayakrama. Selain itu hadir pula Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 052 PD Jaya Ny. Andarias Pong Bija dan para Ketua Cabang serta sejumlah Pengurus.
Dalam amanat tertulisnya Komandan Korem 052/Wkr, Kolonel Kav Andarias Pong Bija menyampaikan. “Adanya alih tugas dan jabatan yang prosesinya baru saja kita saksikan, memberikan  gambaran kepada kita semua, bahwa dinamika kehidupan organisasi di lingkungan Korem 052/Wijayakrama sudah dirancang secara profesional sebagai organisasi militer yang selalu ingin meraih kondisi yang lebih baik dan lebih maju.   Untuk mencapai kondisi tersebut, perlu mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan kesiapan serta kemampuan dari semua komponen Satuan yang ada secara handal dengan didukung mekanisme kerja yang sistemik dan sehat sehingga mencerminkan suatu sistem kerja organisasi yang Profesional, Efektif, Efesien dan Modern.  Kesiapan fungsi-fungsi  tersebut harus dibina sedemikian rupa secara terus-menerus dan berlanjut, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan tugas yang dihadapi.
Acara sertijab Dandim 0503/JB diikuti pula dengan serah terima Ketua Persit KCK Cabang - XVII Kodim 0503 Koorcabrem 052 PD Jaya dari Ny. Judi Paragina Firdaus kepada Ny. Suwarno, yang dipimpin oleh Ketua Persit KCK Koorcabrem 052 PD Jaya Ny. Andarias Pong Bija.(Penrem 052/Dispenad)

Letnan Kolonel Inf Suwarno Jabat Dandim 0503/Jakarta Barat                                     
1 November 2011
Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letnan Kolonel Inf Yudi Paragina Firdaus Msc dihadapan Komandan Korem 052/Wijayakrama menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Kodim 0503/JB kepada pejabat baru Letnan Kolonel Inf Suwarno bertempat di Aula Makorem 052/Wijayakrama Jl  Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang Banten, Selasa (1/11).
Letnan Kolonel Inf Yudi Paragina Firdaus Msc mendapatkan tugas baru sebagai Pamen Mabes TNI Untuk jabatan Spers TNI, sedangkan penggantinya Letnan Kolonel Inf Suwarno sebelumnya menjabat sebagai Ka Spri Pangdam Jaya/Jayakarta.
Letnan Kolonel Inf Suwarno dilahirkan di kota Tanjung Pinang pada tanggal 10 September 1968 dan mempunyai istri bernama Heny SH, dan anak 3 orang. Beliau lulusan Akademi Militer tahun 1992, pendidikan Sussarcabif dan Sussarpara tahun 1993, Suspa senban tahun 1997, Selapa tahun 2000, Seskoad tahun 2007, AFP Command and General Staff course Philipina tahun 2010 dan pembekalan Dandim 2011. Tanda jasa yang diraih antara lain SL Seroja, SL GOM IX/Raksaka Dharma, SL Kesetiaan VIII Tahun, SL Kesetiaan XVI Tahun. Riwayat penugasan diantaranya Ops Timor Timur tahun 1993, Ops Irian Jaya tahun 1995 dan tahun 2003. Letnan Kolonel Inf Suwarno pernah  menjabat antara lain tahun 1992 Pama Pusdikif Kodiklat TNI AD, Tahun 1993 Danton Yonif 327/BJW dan Danton Yonif 312/KH, tahun 1995 menjabat Danton MO.81 Yonif 327/BJW, tahun 1996 menjabat Dankiban 312/KH Dam III/Slw, tahun 2000 menjabat Pasiops Yonif 312/KH dan Ps Pasi Binkomsos Siter Rem 031/WB Dam I/BB, Tahun 2001 menjabat Pasi Binkomsos Siter Rem 031/WB, tahun 2002 menjabat sebagai Wadanyonif 132/BS, tahun 2004 menjabat Kasdim 0303/BKLS Rem 031/WB, tahun 2005 Pasi Binkamwil Siter Rem 031/WB, tahun 2007 menjabat sebagai Pabandya Ren Srendam Jaya, tahun 2008 menjabat sebagai Pamen Kodam Jaya (Dik Luar Negeri), tahun 2009 menjabat sebagai Pabandya Binpers Spersdam Jaya, tahun 2010 menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam Jaya, tahun 2011 menjabat sebagai Kaspri Pangdam Jaya. http://www.kodam-jaya.mil.id