SERTIJAB 28-31 DES 2011


Kasrem 031/ WB di sertijab
30 Desember 2011-
Pekanbaru jumat (30/12) bertempat di Aula Makorem 031/Wirabima Jl. Mayor Ali Rasyid No.1 Pekanbaru berlangsung laporan Korps serah terima jabatan Kasrem 031/WB dari Letkol Arh I Gede Widiyana, S.H. kepada Letkol Inf Handoko Nurseta yang dipimpin langsung oleh Danrem 031/WB Kol. Inf Kurnia Dewantara dan dihadiri oleh para Komandan satuan jajaran, Perwira jajaran Korem 031/WB, Ibu-ibu Pengurus Persit dan seluruh anggota Makorem 031/WB.Dalam acara tersebut ditandai dengan pelepasan Tanda Jabatan oleh Danrem 031/WB. pada kesempatan tersebut selaku pimpinan dalam sambutannya mengatakan : “serah terima jabatan seperti yang kita laksanakan pagi ini merupakan suatu hal yang lazim dalam suatu organisasi. dalam setiap alih tugas dan alih jabatan terdapat dua dimensi kepentingan yang satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Disatu sisi untuk kepentingan organisasi, karena dengan penggantian pejabat diharapkan organisasi akan semakin dinamis dengan hal-hal baru,   disisi lain untuk kepentingan karir yang bersangkutan karena dengan promosi jabatan, akan memberikan pengalaman tugas yang lebih baik dari sebelumnya.Diakhir sambutannya, Danrem 031/WB menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas selama ini, yang sudah berjalan dengan baik dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada  Letnan Kolonel Arh I Gede Widiyana, S.H., beserta istri,. kepada Letkol Inf Handoko Nurseta beserta istri, diucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Korem 031/wirabima.Pada akhir acara Danrem 031/WB memberikan cenderamata kepada Letkol Arh I gede Widiyana sebagai wujud Tali kasih atas kerja keras dan pengabdiannya selama di Korem 031/WB. ( Penrem 031?WB )

Korem 102/Pjg Laksanakan Sertijab Dandim 1016/Plk
29 Desember 2011-
Nomor  : SP/ 201/ XII/2011-Pen
Kodim 1016/Plk sebagai satuan jajaran Korem 102/Pjg memiliki tugas pembinaan wilayah teritorial di kota Palangkaraya yang luasnya 2.678,51 Km2, terdiri dari 5 Kecamatan. Dengan luas wilayah tersebut peran Kodim 1016/Plk sangatlah penting dalam menyiapkan wilayah pertahanan dan menjaga keamanan dalam rangka mendukung Pemerintahan Kota Palangkaraya untuk melanjutkan pembangunan sesuai dengan visinya yaitu “ Terwujudnya Kota Palangkaraya yang tertata, tertib dan berwawasan lingkungan dalam suasana kehidupan masyarakat yang aman, sejahtera dan dinamis sesuai dengan Budaya Betang”. Demikian amanat Danrem 102/Pjg Kolonel Inf Sukoso Maksum selaku Irup pada upacara setijab Dandim 1016/Plk, Kamis (29/12) di Aula Makorem 102/Pjg Jl. Imam Bonjol No.5 Palangkaraya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, Kodim 1016/Plk beserta seluruh jajarannya dituntut memiliki kemampuan profesionalisme yang tinggi untuk mewujudkan keberhasilan tugas, sehubungan dengan kota Palangkaraya adalah Pusat Pemerintahan Kalteng yang di dalamnya terdapat para Pejabat Pemerintah Provinsi maupun Kota, serta pejabat lembaga atau instansi lainnya yang akan mengen dalikan roda pemerintahan di wilayah Kalimantan Tengah dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Unsur pimpinan yang ada di jajaran Kodim 1016/Plk diharapkan dapat menjalin komunikasi dan koordinasi yang erat dan terpadu dengan Muspida Provinsi maupun Muspida Kota, lembaga pendidikan serta komponen masyarakat lainnya, karena hal tersebut sangat membantu kelancaran tugas  pembinaan  Komando  Kewilayahan.
Serah terima jabatan merupakan  hal  yang lazim dalam dinamika kehidupan suatu organisasi   berorientasi pada keterpaduan pembinaan satuan dan pembinaan personel  guna  meningkatkan kinerja organisasi, sebagai upaya optimalisasi  pencapaian tugas pokok Korem 102/Panju Panjung seiring dengan tuntutan tugas-tugas kedepan yang semakin dinamis dan kompleks. Jabatan Dandim 1016/Plk diserha terimakan dari  Letkol Inf  Patar Sahat Panggabean yang akan menjabat sebagai Kabag Anev Sdirjianbang Pusterad  kepada  Letkol Inf Wahyu Marhaendro yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Intel Korem 102/Pjg.
Pada acara tersebut juga dilaksanakan acara tradisi bagi para Perwira yang baru menjabat di jajaran Korem 102/Pjg, acara dihadiri oleh Kasrem 102/Pjg, para Kasi Korem 102/Pjg, para Dan/Ka Balak jajaran Korem 102/Pjg, Ibu Ketua   Persit KCK Koorcabrem 102 PD XII/Tpr beserta pengurus, para Perwira,  Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil  jajaran Korem 102/Pjg.  Setelah acara serah terima jabatan Dandim 1016/Plk dilanjutkan serah terima jabatan Ketua Persit KCK Cabang XLII Kodim 1016/Plk dari  Ibu Christien Patar Sahat Panggabean ke Ibu drg. Hotlina Uli Wahyu Marhaendro, bertempat di Aula Ajenrem 102/Pjg, Kemudian dilanjutkan acara syukuran, kegiatan berjalan tertib dan lancar.

Autentikasi
Kepala Penerangan I Gusti Ngurah Sidemen. S.IP Mayor Caj NRP 636336

Sertijab Dandenma dan Dandeninteldam IX/ Udy
29 Desember 2011-
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard bertindak sebagai irup dalam upacara sertijab Dandenmadam IX/Udayana dari Letkol Inf Bambang Arioseno kepada Letkol Inf Drs H Kusdiro dan Dandeninteldam IX/Udayana dari Letkol Inf Helmi Tachejadi Soerjono, SH kepada Letkol Inf Kim Feru bertempat di hall Makodam IX/Udayana, Kamis (29/12). Dalam amanatnya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa alih tugas dan jabatan di dalam organisasi Angkatan Darat seperti halnya Dandenma serta Dandeninteldam IX/Udayana merupakan hal biasa dalam rangka peningkatan kinerja organisasi,  pengembangan kemampuan manajerial serta kepemimpinan perwira agar sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier. Denmadam IX/Udayana harus mampu menyelenggarakan urusan dalam, perawatan personel, kesehatan, melayani kebutuhan angkutan, perumahan, pemondokan, pergudangan, komunikasi intern Makodam, pengamanan personel, materiil serta menyelenggarakan urusan protokoler, upacara dan rapat. Dalam pelaksanaan tugasnya, Dandenma bertanggung jawab langsung kepada Pangdam.Sedangkan Deninteldam IX/ Udayana sebagai satuan operasional bidang intelijen berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan dan operasi intelijen yang meliputi penyelidikan, pengamanan serta penggalangan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas Kodam IX/Udayana dalam memelihara dan mempertahankan stabilitas keamanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Mengingat tugas pokoknya yang sangat berat tersebut, maka Denintel juga harus melakukan koordinasi yang baik dengan community intelijen dan aparat terkait lainnya. Selesai upacara dilanjutkan dengan upacara sertijab Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang IX Denmadam PD IX/Udayana dari Ny. Bambang Arioseno kepada Ny. Kusdiro dan sertijab Ketua Persit Cabang 1 Siintel Ranting 4 Deninteldam dari Ny. Helmi Tachejadi Soerjono kepada Ny. Kim Feru. Hadir dalam acara serah terima diantaranya: Kasdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Pa Ahli, LO AL dan LO AU, Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana beserta pengurus. Editor Kapt Inf Agung PB Penerangan Kodam IX/Udayana.

SERTIJAB 25-27 DES 2011

SERTIJAB 22-24 DES 2011

KORPS RAPORT SERAH TERIMA DANDIM 0208/ASAHAN
22 Desember 2011-
Danrem 022/PT Kolonel Inf Karsiyanto menerima Laporan Korps Raport serah terima jabatan Dandim 0208/Asahan dari pejabat lama Letkol Inf Handoko kepada pejabat baru Letkol Inf Muhamad Ali bertempat di Aula Makorem 022/PT, Kamis (22/12).
Danrem 022/PT yang menerima alih tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan mengatakan, hal ini lazim dalam kehidupan organisasi di lingkungan militer, dengan tujuan sebagai upaya untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam penugasan serta meningkatkan kesegaran dan kinerja satuan. Sehingga diharapkan satuan maupun yang bersangkutan akan semakin baik, dan semakin berprestasi dalam malaksanakan tugasnya. Dalam kesempatan itu Danrem 022/PT juga  mengucapkan terima kasih kepada Letkol Inf Handoko atas pengabdian yang telah dilaksanakan selama menjabat sebagai Dandim 0208/Asahan Korem 022/PT. Semoga sukses dalam mengemban tugas baru. Semoga pengalaman yang diperoleh selama ini dapat dijadikan modal untuk penugasan di tempat yang baru. Demikian pula kepada Ny. Handoko, juga saya ucapkan terima kasih, atas kesetiaannya mendampingi tugas suami dan berperan aktif melaksanakan pembinaan Persit Kartika Chandra Kirana dengan baik. Sedangkan kepada Letkol Inf Muhamad Ali yang mendapat kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI-AD menjabat sebagai Komandan Kodim 0208/Asahan saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas.
Lebih lanjut dikatakan Danrem 022/PT Kolonel Inf Karsiyanto, bahwa jabatan yang diberikan merupakan kehormatan yang harus diterima dengan rasa syukur dan harus dilaksanakan serta dipertanggung jawabkan secara kedinasan termasuk juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu laksanakan tugas ini dengan dedikasi, loyalitas, moralitas, dan kepedulian yang tinggi, keharmonisan antara pimpinan dengan prajurit, anut open manajemen secara proporsional guna meningkatkan keberhasilan yang telah diraih oleh pejabat sebelumnya. Untuk mencapai hal tersebut segera beradaptasi dengan situasi lingkungan yang baru, pelajari dan pahami kondisi sosial budaya masyarakat di wilayah ini, sebagai bekal dalam menjalankan tugas selanjutnya. Setiap pemimpin merupakan sosok yang paling bertanggung jawab terhadap kinerja satuannya, demikian ditegaskan Danrem 022/PT. Selanjutnya  Kapenrem 022/PT Mayor Caj Drs. Prinaldi menjelaskan, pejabat lama Letkol Inf Handoko Nurseta selanjutnya akan menjabat sebagai Kasrem 031/WB Kodam I/BB, sedangkan pejabat baru Letkol Inf Muhamad Ali sebelumnya menjabat sebagai Komandan Secaba Rindam IM.  Pembinaan karier militer bagi perwira kita mengenal prinsip Tour of Duty and Tour of Area, ini akan memberi pengaruh yang positif dan konstruktif terhadap kematangan cara berfikir, bersikap dan bertindak bagi prajurit yang bersangkutan. Sebagai seorang prajurit, kita tidak mengenal tempat dan batas waktu dalam pengabdian, sehingga menuntut konsekuensi bahwa di dalam dharma bakti kepada bangsa dan negara, tidak boleh memilih dan siap ditempatkan di mana saja, sesuai panggilan tugas yang diberikan pimpinan. Sedangkan untuk sertijab Ketua Persit KCK Cabang  XXXV dari Ny. Handoko kepada Ny. Muhamad Ali akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2011 bertempat di Kantor Persit KCK Koorcab Rem 022 PD I/BB. Hadir dalam acara tersebut antara lain, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Danyon 126/KC, Para Kasi dan Kasatdisjan, Para Perwira, perwakilan Bintara, Tamtama, PNS Makorem 022/PT dan Persit KCK beserta pengurus. (Penrem 022/Dispenad)

KORPS RAPORT KOMANDAN KOREM 043/GATAM
22 Desember 2011-
Korem 043/Gatam gelar acara lepas sambut Komandan Korem 043/Gatam dari Kolonel Inf Joni Supriyanto kepada Kolonel Czi Amalsyah Tarmizi S.Ip di Lapangan Makorem 043/Gatam, Kamis (22/12). Kegiatan ini di hadiri pula oleh para Dandim jajaran Korem 043/Gatam, para Dan Satkabalak Rem 043/Gatam, para Kasi dan Pasi Korem 043/Gatam, perwakilan para Danramil jajaran Korem 043/Gatam  serta Personel TNI dan PNS Makorem 043/Gatam.
Dalam kesempatan menyampaikan sambutan, Kolonel Inf Joni Supriyanto menyampaikan bahwa siapapun yang memimpin Korem 043/Gatam ini hendaknya selalu mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Karena pada dasarnya Negara ini tidak butuh pada kita apabila kinerja kita buruk, justru kita yang membutuhkan negara kita dengan harapan gaji yang kita terima setiap bulan. Banyak pengalaman yang didapat selama memimpin di Korem 043/Gatam, hal ini akan menjadi pengalaman seumur hidup yang akan terus di kenang. Mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar Korem 043/Gatam dan jajaranya yang telah bekerja secara ikhlas selama beliau memimpin disini.
Sedangkan Kolonel Czi Amalsyah Tarmizi S.Ip mengucapkan terima kasih atas kinerja Kolonel Inf Joni Supriyanto selama memimpin Korem 043/Gatam ini. Beliau akan menjadikan Korem 043/Gatam ini menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Selesai acara ramah tamah di Lapangan Upacara Makorem 043/Gatam, acara dilanjutkan dengan acara tradisi pelepasan Pejabat Komandan Korem 043/Gatam, yaitu Kolonel Inf Joni Supriyanto melakukan penciuman Duaja Korem 043/Gatam Najaga Satya Eka Nagara, pemasangan foto di tempat mantan-mantan Danrem 043/Gatam di pampangkan, dilanjutkan dengan mengarak Kolonel Inf Joni Supriyanto beserta Ibu keluar Kesatriaan Korem 043/Gatam. Sesampainya di gerbang Makorem 043/Gatam dilakukan pelepasan burung merpati di dampingi Danrem 043/Gatam Kolonel Czi Amalsyah Tarmizi S.Ip, Kasrem 043/Gatam Letkol Czi Rahmat Triyono serta para Dandim jajaran Rem 043/Gatam sebagai simbol walaupun keluar dari Makorem 043/Gatam ini tetapi tidak menutup kemungkinan suatu saat akan kembali lagi dalam tugas dan jabatan yang berbeda tentunya. Selamat bertugas Kolonel Inf Joni Supriyanto beserta ibu di Satuan Yang Baru. (Penrem 043/ Dispenad).

ACARA TRADISI SATUAN PENERIMAAN DAN PELEPASAN PERWIRA KOREM 162/WB
22 Desember 2011-
Komandan Korem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono, S.IP menerima laporan korps perwira yang akan melaksanakan tugas dan mengakhiri tugasnya di satuan jajaran Korem 162/WB yang digelar dalam acara tradisi satuan di Makorem 162/WB, Kamis (22/12).
Perwira yang mengakhiri tugasnya di satuan Korem 162/WB antara lain Letkol Inf Drs H Kusdiro mantan Dandim 1614/Dompu, Letkol Inf Hasnawi Siregar, S.Sos mantan Dan Yonif 742/SWY dan Mayor Inf Januardi mantan Kasdim 1614/Dompu, sedangkan perwira yang akan melaksanakan tugas di satuan jajaran Korem 162/WB antara lain Letkol Inf Hendro Cahyono yang akan menjabat Dandim 1614/Dompu, Letkol Inf Bungkus Hadi Suseno yang akan menjabat Dan Yonif 742/SWY, Mayor Inf Surono Supriyanto yang akan menjabat Pasi Intelrem 162/WB dan Mayor Inf Abd Haris, SH, MH yang akan menjabat Pabung Kodim 1608/Bima.
Dalam sambutan Danrem 162/WB mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada perwira yang akan mengakhiri tugasnya di satuan jajaran Korem 162/WB atas semangat, dedikasi dan loyalitasnya selama menjabat di satuan jajaran Korem 162/WB, semoga di tempat tugas yang baru senantiasa memperoleh keberhasilan, sedangkan kepada perwira yang baru beliau mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di satuan jajaran Korem 162/WB, jadilah Prajurit Korem 162/WB sejati.Hadir pada acara tradisi satuan antara lain : Kasrem 162/WB, para Dandim, Kasirem, Dan Yonif 742/SWY, Dan/Ka/Pa Satdisja, perwakilan bintara, tamtama, PNS dan Ibu Ketua Persit Koorcabrem 162 beserta pengurus.(Pendam 9/Dispenad)

SERTIJAB 19-21 DES 2011

UPACARA SERTIJAB DANDIM 1614/DOMPU & DAN YONIF 742/SWY
21 Desember 2011-
Upacara sertijab Dandim 1614/Dompu dari Letkol Inf Drs H Kusdiro kepada Letkol Inf Hendro Cahyono dan sertijab Dan Yonif 742/SWY dari Letkol Inf Hasnawi Siregar, S.Sos kepada Letkol Inf Bungkus Hadi Suseno dilaksanakan di Makorem 162/WB, bertindak sebagai Irup adalah Danrem 162/WB Kolonel Inf Heru Suryono, S.IP,  Rabu (21/12).
Hadir pada upacara sertijab tersebut Kasrem, para Dandim, para Kasirem, Dan/Ka/Pa Satdisjan, Ibu Ketua Koorcabrem 162 beserta pengurus, perwakilan bintara, tamtama dan PNS Makorem 162/WB. Dalam sambutan Danrem 162/WB menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi kedepan, sebagai upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI AD, sehingga diharapkan pejabat tersebut mampu mengemban setiap tugas secara profesional.


Berkenaan dengan serah terima jabatan ini, selaku Komandan Korem 162/WB dan pribadi, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Letkol Inf Drs. Kusdiro dan Letkol Inf Hasnawi Siregar, atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Kodim 1614/Dompu dan sebagai Komandan Batalyon Infanteri 742/SWY semoga pengalaman dan keberhasilan yang telah diperoleh selama menjabat dapat menjadi bekal yang sangat berarti dan berharga dalam melanjutkan pengabdian di satuan yang baru, demikian pula kepada pejabat yang baru, beliau mengucapkan selamat atas pengangkatannya dalam jabatan sebagai Komandan Kodim 1614/Dompu dan sebagai Komandan Batalyon Infanteri 742/SWY, namun perlu diingat bahwa jabatan yang para perwira sandang saat ini bukan merupakan hadiah tetapi amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya tentang apa yang dilakukan dan yang tidak dilakukan berkaitan dengan jabatan tersebut.
Selesai upacara dilanjutkan dengan upacara sertijab Ketua Persit Cabang Kodim 1614 dari Ny Hj Kusdiro kepada Ny Hendro Cahyono dan sertijab Ketua Persit Cabang Yonif 742 dari Ny Hasnawi Siregar kepada Ny Bungkus Hadi Suseno bertempat di Rupatama Makorem 162/WB.(Pendam 9/Dispenad)

SERTIJAB 16-18 DES 2011

DANERM 062/TARUMANAGARA PIMPIN SERTIJAB DANDIM 0609/KAB. BANDUNG
17 Desember 2011-
Danrem 062/TN Kolonel Inf Asrobudi, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0609/Kab. Bandung, dari Letkol Czi  Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw kepada Letkol Inf Novi Helmy Prasetya, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Desember 2011, pukul 09.00 WIB, yang bertempat Aula Makodim 0609/Kab.Bandung. Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0609/Kab. Bandung kali ini dilaksanakan secara bersamaan dengan peresmian penggunaan kendaraan bis, truk dan sepeda  motor Patwal Provoost Kodim 0609/Kab.Bandung dan gunting pita peresmian rumah anggrek.
Peserta Upacara terdiri dari Pok Pamen (Para Dandim dan Ka/Satbalak Jajaran Korem 062/Tn), Pok Pama (para Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0609/Kab.Bandung), Ton Ba/Ta Kodim 0609/Kab.Bandung serta Pengurus dan anggota Persit KCK Cabang XX.
Dalam amanatnya, Irup Kolonel Inf Asrobudi menyampaikan, bahwa mutasi jabatan dalam sebuah Institusi TNI Angkatan Darat adalah proses alami yang harus dijalani, selain untuk kepentingan organisasi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan dalam rangka pembinaan satuan.  Dengan serah terima Jabatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja satuan demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, karena jabatan merupakan amanah yang melekat pada seseorang dan berkaitan erat dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya, di dalam jabatan ini juga ada hal-hal yang harus dipertangungjawabkan dengan optimal.
Jabatan bukan hanya sekedar sesuatu yang harus disyukuri, namun harus diwujudkan melalui berbagai tindakan nyata. Jabatan juga bukan sesuatu yang membuat kita merasa hebat, karena sesungguhnya dibalik sebuah jabatan ada tugas besar yang menanti untuk dilaksanakan.
Selesai kegiatan upacara Sertijab Dandim 0609/Kab. Bandung, dilanjutkan dengan acara serah terima pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XX dari Ny. Dessy Arnold Ritiauw kepada Ny. Iin Novi Helmy Prasetya yang dipimpin oleh Ketua Persit Koorcab Rem 062/Tn Ibu Irma Asrobudi. Turut hadir dalam kegiatan Sertijab Dandim 0609/Kab. Bandung kali ini, para para Kasi Korem 062/Tn, para Dandim Jajaran Korem 062/Tn, para Dan/Kasatbalak Jajaran Korem 062/Tn serta  Ketua Persit Koorcabrem 062/Tn beserta pengurus. (Penrem 062/Dispenad)

SERTIJAB 13-15 DES 2011


SERTIJAB WAGUB DAN DANMENTAR AKMIL
14 Desember 2011-
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Bachtiar, S.IP memimpin acara serah terima jabatan Wakil Gubernur Akademi Militer dan Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil di Gedung Lily Rochli Akmil. Wakil Gubernur Akmil yang semula dijabat oleh Brigjen TNI Istu Hari Subagio, SE., MBA diserah terimakan kepada Kolonel Inf Adi Wijaya. Sedangkan Danmentar semula dijabat oleh Inf A.A.B. Maliogha diserah terimakan kepada Kolonel Inf A. M. Putranto, S.Sos. Dalam acara tersebut dihadiri oleh para Pejabat Distribusi Akademi Militer, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil dan anggota serta Pengurus Yayasan Kartika Jaya, Para Perwira, Bintara dan Tamtama Akademi Militer. Serah terima jabatan kedua pejabat teras di lingkungan Akmil merupakan peristiwa yang lazim dilakukan di lingkungan TNI Angkatan Darat, termasuk di Akademi Militer, sebagai bagian dari tour of duty dan tour of area serta sebagai pembinaan personel bagi Perwira yang menyerahkan dan yang menerima jabatan tersebut, khususnya dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan profesionalitasnya. Disamping itu, juga sebagai proses pembelajaran yang sangat penting bagi kedua pejabat tersebut, untuk mendapatkan pengalaman penugasan beragam dan berjenjang yang sangat diperlukan, baik untuk kariernya maupun untuk menyukseskan pelaksanaan tugas pokok satuan yang dipimpinnya.  “Berkenaan dengan serah terima jabatan Wakil Gubernur dan Komandan Resimen Taruna ini, atas nama pimpinan lembaga dan selaku pribadi, saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.B.A. dan Kolonel Inf A.A.B. Maliogha yang telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Akmil dan sebagai Komandan Resimen Taruna selama ini dengan baik,” ungkap Gubernur Akmil dalam sambutannya.
Brigjen TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.B.A. mendapat tugas dan jabatan baru sebagai Wakil Asisten Personel di Mabes TNI. Untuk Kolonel Inf A.A.B. Maliogha menghadapi tugas barunya sebagai Danrem 131/Santiago Kodam VII/WRB. Selanjutnya kepada Kolonel Inf Adi Wijaya beserta istri dan Kolonel Inf A. M. Putranto, S.Sos beserta isteri, saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru, masing-masing sebagai Wakil Gubernur dan Komandan Resimen Taruna Akmil dan selamat bertugas, semoga senantiasa sukses selalu.
“Jadikanlah bekal pengalaman penugasan yang cukup beragam sebelumnya, untuk meningkatkan kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan tugas yang telah dirintis selama ini oleh pejabat lama, khususnya dalam mencetak Perwira-perwira yang profesional dan dicintai rakyat,” pesan Mayjen TNI Bachtiar, S.IP. Sejalan dengan serah terima jabatan ini, Gubernur Akmil juga mengingatkan kepada para Perwira bahwa tugas bagi seorang perwira adalah segala-galanya, tugas itu adalah kepercayaan, sekaligus harga diri, kehormatan dan kebanggaan. Sedangkan jabatan yang dipercayakan ini, merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagai amanah, maka apa yang dilakukan dan yang tidak dilakukan berkaitan dengan jabatan tersebut, apabila tiba saatnya kelak akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Sebagai salah satu lembaga pendidikan pembentukan Perwira, Akademi Militer memiliki peran dan tugas yang sangat strategis dalam membentuk Perwira-perwira muda Angkatan Darat yang tanggap, tanggon dan trengginas, agar siap menjadi pemimpin-pemimpin yang sanggup mewujudkan visi dan misi satuan tempat mereka bertugas kelak.
Untuk itu, Gubernur berharap kepada Wakil Gubernur sebagai pembantu dan pengawas utama, agar tugas dan tanggung jawab jabatan tersebut dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga output gemblengan Lembah Tidar ini dapat lebih ditingkatkan dari waktu kewaktu seiring perkembangan jaman. Demikian pula, secara khusus Gubernur juga minta kepada pejabat Komandan Resimen Taruna untuk terus bekerja keras dalam membentuk watak dan kepribadian calon Perwira-perwira Muda untuk menjadi Perwira-perwira yang tidak saja ahli dalam olah keprajuritan dan cakap dalam bidang akademis, tetapi juga Perwira-perwira yang unggul dalam moral dan mentalitasnya, sehingga mampu menjawab segala tantangan tugasnya yang semakin berat dan kompleks di masa mendatang. http://www.akmil.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=112:sertijab-wagub-dan-danmentar-akmil&catid=1:latest-news&Itemid=50

Danrem 081/DSJ Pimpin Sertijab Dandim
13 Desember 2011-
Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Arm Benny Indra Pujihastono pimpin acara serah terima jabatan Komandan Kodim 0805/Ngawi dan Komandan Kodim 0810/Nganjuk serta Laporan  Korps Kasi Ops Korem 081/Dhirotsaha Jaya,  bertempat di halaman depan Makorem 081/DSJ, Selasa (13/12).
Letkol Inf Achmad Budi Handoyo sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 116/GS dipercaya
memimpin Kodim 0805/Ngawi menggantikan Letkol Inf Drs. Mu’tamar yang alih tugas sebagai Pabandya-1/Kompem Spaban IV/Komsos Sterad, dan Letkol Inf Heri Susanto yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 321/13/1 Kostrad dipercaya memimpin Kodim 0810/Nganjuk menggantikan Letkol Czi I Nengah Wiraatmaja yang alih tugas sebagai Waasren Kostrad, serta Mayor Inf Purnomosidi selanjutnya menempati posisi sebagai Kasi Ops Korem 081/Dhirotsaha Jaya. Dalam sambutannya Komandan Korem menyampaikan “ Mutasi jabatan khususnya dilingkungan Korem 081/DSJ seperti halnya pergantian Dandim 0805/Ngawi dan Dandim 0810/ Nganjuk, serta Kasi Ops Rem 081/DSJ yang prosesinya baru saja kita saksikan, pada dasarnya merupakan salah satu upaya TNI-AD untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan jajaran dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI-AD secara optimal. Hal tersebut akan terus dilaksanakan secara konsisten sebagai organisasi militer modern, TNI-AD akan terus dituntut untuk berkembang secara dinamis dan konstruktif guna terciptanya kelancaran proses manajemen organisasi yang dilandasi oleh pengembangan dimensi kepemimpinan dan profesionalisme keprajuritan. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi di lingkungan TNI-AD dengan harapan akan lahirnya karya-karya baru yang lebih inovatif dan kreatif bagi kemajuan satuan dan TNI-AD dalam menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang yang tentunya tidak akan semakin ringan Selanjutnya Serah terima Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0805/Ngawi dari Ny. Mu’tamar kepada  penggantinya Ny. Achmad Budi handoyo dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Kodim 0810/Nganjuk dari Ny. I Nengah Wiraatmaja kepada Ny. Heri Susanto dilaksanakan setelah selesai upacara serah terima jabatan Komandan Kodim bertempat di ruang data Makorem. Hadir dalam acara tersebut Kasrem Letkol Inf Heri Pribadi beserta para Kasi Korem 081/DSJ, seluruh  Dandim Jajaran Korem 081/DSJ, Dan/Ka Satdisjan wilayah Madiun, Ketua dan Pengurus Persit KCK Koorcab Korem, Perwira Staf Korem dan perwakilan Bintara, Tamtama serta Anggota PNS Korem 081/DSJ juga perwakilan pernonel dari Kodim 0805/Ngawi sebanyak 1SST dan Kodim 0810/Nganjuk 1 SST.[NNK] http://korem081madiun.com

SERTIJAB 7-9 DES 2011


KASAD PIMPIN UPACARA SERTIJAB KOMANDAN PUSTERAD
9 Desember 2011
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), dari Mayjen TNI Wibowo kepada Brigjen TNI Indra Hidayat, di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (9/12). Mayjen TNI Wibowo selanjutnya akan memasuki masa pensiun, sedangkan Brigjen TNI Indra Hidayat sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih. Kasad mengatakan, serah terima jabatan di jajaran TNI Angkatan Darat pada dasarnya merupakan salah satu wujud konsistensi TNI Angkatan Darat untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan jajarannya dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Darat secara lebih optimal. Selain itu, mutasi dan pergantian pejabat bertujuan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi ditubuh TNI Angkatan Darat yang bermuara pada kepentingan pembinaan personel dalam rangka pembinaan organisasi secara keseluruhan. Kasad menegaskan, tugas pokok Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) adalah menyelenggarakan Pembinaan Fungsi Teknis Teritorial serta Pengkajian dan Pengembangan guna mendukung Tugas Pokok TNI Angkatan Darat, ini harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Memperhatikan begitu penting dan strategisnya tugas pokok tersebut, maka Pusterad dituntut untuk terus membangun dan meningkatkan profesionalitas Sumber Daya Manusianya melalui peningkatan kemampuan dan integritas.
Menurut Kasad, hanya dengan cara itulah, Pusterad akan mampu menghasilkan produk-produk teritorial yang berkualitas, realistis dan aplikatif untuk diterapkan oleh satuan-satuan Komando Kewilayahan TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan tugas dilapangan.
Kasad meminta, kepada seluruh Prajurit  dan Pegawai Negeri Sipil Pusterad “saya tekankan, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan berdisiplin yang tinggi. Hadirkanlah selalu karya-karya terbaik yang bermanfaat bagi TNI Angkatan Darat serta jangan pernah menyerah dengan keterbatasan yang ada”, tambah Kasad. (Dispenad)

SERTIJAB KASDAM XVI/PTM
PANGDAM XVI/PATTIMURA :
TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB KASDAM CUKUP KOMPLEKS
9 Desember 2011
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Sumarsono, S.IP., memimpin Upacara Sertijab Kasdam, di Aula Makodam. Jumat (9/12). Pangdam dalam sambutannya mengatakan, bahwa pergantian jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang biasa dan lazim terjadi, dalam rangka penyegaran organisasi dengan tetap mempertimbangkan secara selektif antara kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan, serta merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan kemampuan personel yang bersangkutan dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan profesionalisme keprajuritan yang diperlukan untuk mengemban tugas-tugas selanjutnya.  “Dengan memberikan pengalaman yang luas melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak dengan tepat dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah yang menjadi bidang tugas dan tanggung jawabnya”, jelas Pangdam dalam sambutan sertijab Kasdam yang dihadiri Irdam, Danrem 151/Binaiya, Perwira Ahli, Perwira LO AL dan AU, para Asisten, Komandan Satuan, Kabalak, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura beserta pengurus, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Kodam XVI/ Pattimura. Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo atas pengabdian dan pelaksanaan tugasnya selama ini sebagai Kasdam XVI/Pattimura, juga kepada Ibu Bambang Budi Waluyo yang selama ini setia mendampingi suami bertugas dengan penuh ketulusan dan kesabaran sehingga dapat berperan serta dalam kemajuan organisasi Persit Kartika Chandra Kartika Daerah XVI/Pattimura. Sedangkan kepada Kolonel Inf Winston Perdamaian Simanjuntak, Pangdam mengucapkan selamat atas pengangkatan sebagai Kasdam XVI/Pattimura dan selamat bertugas. ”Saya berharap agar kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat ini dapat diterima dengan rasa syukur. Tugas dan tanggung jawab jabatan Kepala Staf Kodam cukup kompleks, karena harus mengkoordinasikan tugas-tugas staf, badan dan satuan pelaksana guna mencapai tujuan yang ditentukan oleh Pimpinan. Kasdam dituntut untuk dapat mewujudkan kesatupaduan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta mekanisme hubungan Komandan dan Staf”, jelas Pangdam. Pejabat Kasdam yang lama Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo akan menempati jabatan baru di Lemhanas sedangkan pejabat Kasdam yang baru Kolonel Inf Winston Perdamaian Simanjuntak sebelumnya sebagai staf di Lembaga Pendidikan Seskoad. (Pendam 16/Dispenad)

PANGDAM III/SILIWANGI PIMPIN SERTIJAB IRDAM III/SILIWANGI
8 Desember 2011
Pangdam III/Siliwangi menegaskan, momentum pergantian Pejabat dalam konteks organisasi militer merupakan suatu mekanisme yang alamiah terjadi dalam kurun waktu tertentu dengan harapan mekanisme organisasi dapat berjalan secara lebih optimal, disamping sebagai salah satu upaya menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.
Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi, saat memimpin acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Kodam dan Korps Raport Sertijab Irdam III/Siliwangi dari Kolonel Inf Sigit Yuwono kepada Kolonel Inf Robert R. Lumempouw dan Penyerahan Tugas, tanggungjawab dan wewenang Jabatan Kasandidam III/Siliwangi dari Letkol Kav Purwadi kepada Pangdam III/Siliwangi, bertempat di Ruang Bina Juang Sudirman Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No.69 Bandung, Kamis (8/12). Oleh karena itu menurut Pangdam, pemahaman ter-hadap laporan korps serah terima jabatan, haruslah disandarkan sebagai salah satu upaya meningkatkan sistem pola pembinaan, baik ditinjau dari sudut pandang kepentingan organisasi, maupun pembinaan karier pejabat yang bersangkutan dengan memberikan kesempatan untuk mengemban tugas yang lebih besar. “Melalui prosesi penciuman Pataka Kodam III/Siliwangi dan pemahaman makna Wangsit Siliwangi, diharapkan Pejabat dan para Perwira baru dapat menghayati dan tertanam rasa memiliki, mencintai serta bertanggung jawab terhadap nama baik Kodam III/Siliwangi, sehingga tergerak niat dan tekad untuk berbuat yang terbaik bagi satuan, masyarakat, bangsa dan negara” , ujar Pangdam. Sementara itu, Acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Baru di lingkungan Kodam III/Siliwangi, berupa penciuman Pataka Kodam III/Siliwangi yang diiringi dengan lagu Hymne Siliwangi, hendaknya tidak diartikan sebagai pengkultusan terhadap sesuatu benda, melainkan merupakan salah satu upaya penanaman nilai-nilai luhur dan nilai-nilai juang Siliwangi, yang terangkum dalam lagu Mars Siliwangi, Hymne Siliwangi dan Wangsit Siliwangi.
Selesai acara Acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Baru dan Laporan Korps Sertijab, dilanjutkan dengan Serah terima Jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang VIII Itdam dari Ny. Iis Sigit Yuwono kepada Ny. Yeandri Robert R Lumempouw bertempat di Kantor Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi dipimpin oleh Ketua Kartika Chandra Kirana Ny. Lia M. Munir. Hadir pada kesempatan itu, Kasdam III/Siliwangi dan Kasgar Tap II/Bandung, Danrem 061/SK s/d 064/MY, Asrendam, para Asisten, Perwira Ahli, Perwira Liaison TNI AL dan TNI AU, para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi. (Pendam 3/Dispenad).

SERTIJAB 1-3 DES 2011

KODAM V/BRAWIJAYA GELAR PARADE DAN DEFILE PENGANTAR TUGAS PANGDAM V/BRAWIJAYA
2 Desember 2011
Mayor Jenderal TNI Murdjito yang lahir di Solo, 1 Maret 1955, pada 25 Nopember 2011, telah dilantik oleh Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo sebagai Pangdam V/Brawijaya, menggantikan Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Sebagai rangkaian kegiatan Serah Terima jabatan Pangdam V/Brawijaya, hari ini Jumat (2/12), Kodam V/Brawijaya menyelenggarakan  Parade dan Defile Pengantar Tugas Pangdam V/Brawijaya dengan Irup Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito dan mantan Pangdam V/Brawijaya Letjen TNI Gatot Nurmantyo serta hiburan, bertempat di Lapangan upacara Makodam V/Brawijaya dengan dihadiri oleh Gubernur Jatim Pakde Karwo, Kapolda Jatim, Kajati Jatim, Ketua Pengadilan Tinggi Jatim dan para Pangkotama TNI lainnya serta para Bupati di Jatim, Pimpinan Media Massa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh pemuda dan komponen  masyarakat  lainnya.Sedangkan pada Kamis (1/12) malam,  juga masih berkaitan dengan rangkaian Sertijab Pangdam, telah digelar malam pengantar tugas Pangdam V/Brawijaya dan Komandan Kodiklat TNI AD, di Gedung Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, dengan dihadiri oleh Gubernur Jatim Pakde Karwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, Ketua DPRD Prov. Jatim  serta para Pangkotama TNI se wilayah Jatim. Pada malam pengantar tugas, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Gatot Nurmantyo memohon kepada Gubernur agar status kependudukannya sebagai keluarga besar masyarakat Jatim jangan dicabut, saya mohon kepada bapak Gubernur agar KTP saya jangan dicabut ya pak pintanya dihadapan Gubernur, begitu juga dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito, pak Gubernur mohon saya beserta keluarga kiranya dapat diterima sebagai penduduk dan warga Jatim yang disambut tepuk tangan dan sikap responsif dari para undangan yang hadir. Permohonan Letjen TNI Gatot Nurmantyo tersebut menunjukkan bahwa antara Letjen TNI Gatot Nurmantyo dengan warga masyarakat Jatim telah terjalin hubungan batin yang sangat erat dan kuat sekali. Sedangkan Kapolda sendiri yang juga asli wong Solo pada kesempatan ini menyumbangkan suara emasnya menyanyikan lagu Bengawan Solo. Selain Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim asli wong Solo, ternyata Gubernur AAL (Akademi TNI Angkatan Laut) Laksda TNI Agus Purwoto juga putra Solo. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito dalam mengawali tugasnya di Jatim memohon ijin kepada Gubernur Jatim, para Pangkotama TNI-Polri, seluruh elemen dan masyarakat Jawa Timur untuk menyampaikan kulonuwun (Permisi masuk Jatim) agar di dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pangdam V/Brawijaya dibantu dan didukung sepenuhnya sehingga mendapatkan kelancaran dan kesuksesan tanpa ada halangan apapun. Saya mohon dukungan dan bantuannya kepada seluruh komponen yang ada di Jatim ini, sehingga saya bisa melaksanakan tugas dengan baik, lancar dan aman, ujarnya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin melanjutkan program-program Pangdam V/Brawijaya yang belum selesai dan mempertahankan hasil karyanya yang sudah baik, lanjutnya.
Catatan Riwayat Hidup Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito antara lain sbb:
Mayjen TNI Murdjito lulusan Akmil 1980 adalah putra Solo kelahiran 1 Maret 1955 memiliki satu istri bernama Rini Puji Astuti yang telah dikaruniai 2 putri bernama Rita Eka Chandrasari dan Hendria Novitikasari, sebelum menjadi Pangdam V/Brawijaya  menjabat sebagai Staf ahli Panglima TNI Bidang Komsos. Mengawali kariernya sebagai prajurit TNI AD dengan pangkat pertama Letnan Dua (Letda) pada 1 Maret 1980, saat itu menjabat sebagai Danton (Komandan Peleton)-1/A Batalyon Infanteri-743.
Untuk riwayat penugasan, Jenderal Bintang Dua ini pernah bertugas pada operasi Kikis di Timor Timur pada tahun 1983, operasi Seroja Timtim tahun 1992 dan operasi Irian Jaya tahun 1995. Putra bapak Widji Hardjo Suwito yang berhasil mengikuti Sesko TNI pada tahun 2005 dan Lemhannas tahun 2007 tersebut pernah juga bertugas di Singapura pada tahun 1995.Sedangkan tanda jasa yang telah diterima lulusan STM tahun 1975 ini adalah Satya Lencana (SL) kesetiaan VIII, XVI dan XXIV  tahun, SL Seroja, SL  GOM IX/Raksaka Dharma serta Bintang KEP Nararya.(Pendam 5/Dispenad)

KODIM 0611/GARUT GELAR ACARA LEPAS SAMBUT PEJABAT KASDIM
2 Desember 2011
Dalam rangka kegiatan serah terima jabatan Kasdim 0611/Garut, dari pejabat lama Mayor Inf Haerudin kepada penggantinya Mayor Inf Drs. Martin Barus, diselenggarakan acara lepas sambut pejabat Kasdim lama dan baru, sekaligus serah terima jabatan Wakil Ketua Persit KCK Cabang 0611, bertempat di Aula Babinsa Makodim 0611/Garut, Jumat (2/12).
Turut hadir Pa Staf, para Danramil, segenap Parjurit dan PNS jajaran Dim 0611/Garut serta Ketua dan pengurus Persit KCK Cab Dim 0611, yang ditandai dengan acara penyerahan dan penerimaan cindera mata. untuk selanjutnya Mayor Inf Haerudin akan menempati jabatan yang baru sebagai Gumil di Rindam III/Slw, Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0611/Garut Letkol Arm Edi Yusnandar, S.AP., mengucapkan terima kasih, selamat jalan dan selamat bertugas di pos yang baru kepada Mayor Inf Haerudin dan selamat datang kepada Mayor Inf Drs. Martin Barus yang tentunya sudah tidak asing lagi menjadi bagian dari organisasi satuan Kodim 0611/Garut jajaran Rem 062/Tn, pergantian jabatan di lingkungan Militer hakekatnya merupakan hal yang biasa dan bagian upaya Komando dalam melakukan penyegaran serta pembinaan organisasi sesuai dengan kebutuhan maupun tantangan tugas yang dihadapi. Lebih lanjut, Dandim 0611/Garut, mengungkapkan adanya dinamika organisasi dan sikap tanggap kita terhadap tantangan tugas yang berkembang cepat dan semakin kompleks ini, kita dituntut harus mampu memberikan nuansa dan warna tersendiri terutama dalam mengaplikasikan tugas pembinaan satuan untuk dapat bekerja lebih baik, serta memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap tugas dan tanggungjawabnya, sehingga akan mampu melaksanakan tugas secara kreatif, berdaya guna dan berhasil guna. (Penrem 062/Dispenad).

DANREM 121/ABW PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN DANDIM 1205/STG
2 Desember 2011
Pergantian Pejabat Komandan Kodim di jajaran Korem 121/Abw dilaksanakan pada Jumat (02/12). Komandan Kodim 1205/Stg Letkol Inf. Gausudin Amin Yusuf digantikan oleh Letkol Inf. Parlindungan Hutagalung yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 721/Tatag Dam VII/Wrb. Selanjutnya pejabat lama akan bertugas ditempat baru sebagai Gumil Muda Kordos Seskoad. Pelaksanaan sertijab dilaksanakan dengan hikmad dan sederhana bertempat di Aula Makorem 121/Abw Sintang dipimpin langsung oleh Danrem 121/Abw Kolonel Inf. Toto Rinanto. Hadir dalam acara tersebut Kasrem 121/Abw Letkol Inf. Catur Gunanto, para Dandim 1201/Mph-1206/Psb, Para Kasi Korem, Dan/Kabalak Aju Wilayah Korem 121/Abw, Ketua Persit KCK Koorcabrem 121 PD XII/Tanjungpura beserta pengurus, para Ketua Persit Cabang, para Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 121/Abw. Danrem 121/Abw dalam amanatnya menyampaikan, bahwa Kodim1205/Stg merupakan  Kodim dijajaran Korem 121/Abw memiliki wilayah darat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, tentunya ini merupakan suatu kehormatan dan menuntut perhatian ekstra dari aparat kewilayahan yang berada langsung digarda terdepan negara kita. Tetap Tegaknya Kedaulatan Negara merupakan barometer stabilitas suatu pencapaian tugas, untuk itu kondisi keamanan harus senantiasa terjaga, terpelihara, agar tetap  kondusif dan terkendali sehingga aktifitas masyarakatpun tetap berjalan sebagaimana mestinya. Dengan dinamika permasalahan yang timbul di wilayah Perbatasan yang senantiasa terus bergerak dan berimplikasi kearah yang susah diprediksi, terkadang tidak saja berakibat kerawanan keamanan tetapi sangat mungkin bisa kearah politik, ekonomi, sosial  budaya dan dampak lainnya. Hal ini praktis membuat kita tidak boleh lengah dan terus mencermati setiap keadaan. Lebih lanjut, Danrem menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah telah melakukan Reformasi dalam Sistem Manajemen Perbatasan melalui pembuatan UU No. 43 Tahun 2010 tentang Wilayah Negara yang kemudian melahirkan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). BNPP kemudian bersama dengan Pemda mempercepat dan memperkuat berdirinya Badan Pengelola Perbatasan Daerah dan itu terus berjalan. Tentunya kebijakan pemerintah tersebut harus mendapat dukungan dari setiap komponen termasuk Aparat Kewilayahan. Untuk itu Kodim 1205/Stg disamping tugas pokoknya sebagai Aparat Teritorial, juga memberikan dukungan kepada BNPP dalam melaksanakan tugas di wilayahnya agar tercapai dengan baik. adakan koordinasi antar Stake Holder yang ada diwilayahnya guna mendukung program pemerintah. Acara Sertijab diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh undangan kepada pejabat lama dan baru.  (Penrem 121/Dispenad)

KOSTRAD GELAR ACARA TRADISI PELEPASAN PAMEN
2 Desember 2011
Kaskostrad Mayjen TNI Zahari Siregar, melepas 8 orang Pamen Kostrad lulusan pendidikan reguler Seskoad TA. 2011, di Ruang Kehormatan Makostrad, Jakarta, Jumat (2/12).
Kepada para abituren, Kaskostrad berpesan untuk terus meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan yang telah diperoleh secara aplikatif guna pelaksanaan tugas mendatang. Selain itu, Perwira mantan Kostrad memiliki prestasi dan kinerja yang dapat diandalkan di berbagai medan penugasan.
Hadir pada acara tersebut, Korsahli, para Perwira ahli, Ir, Asren, para Asisten Kaskostrad dan Kabalak Kostrad. (Pen Kostrad/Dispenad)

PANGDAM XII/TANJUNGPURA : KASDAM JALANKAN TUGAS DENGAN PENUH DEDIKASI
1 Desember 2011
Jabatan Kepala Staf  Kodam XII/Tanjungpura, diserahterimakan dari pejabat lama Brigjen TNI Armyn Alianyang kepada Brigjen TNI Robby Win Kadir, berlangsung di Makodam XII/Tanjungpura, Jl. Mayor Alianyang, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (1/12) pagi.Brigjen TNI Armyn Alianyang selanjutnya akan menjabat sebagai Staf Ahli Tingkat III Bidang Komsos Panglima TNI, sedangkan Pejabat baru sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Kasad Bidang Sosial Budaya. Serah terima jabatan Kasdam XII/Tanjungpura yang dihadiri Irdam Kolonel Arh Kamiso Miran, Danrem 121/Abw Kolonel Inf Totok Rinanto, Danrem 102/Pjg Kolonel Inf Sukoso Maksum, Danrindam XII/Tpr, Danbrigif 19/Kh, Para Asisten Kasdam XII/Tpr, Kabalak Jajaran Kodam XII/Tanjungpura, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura Ny. Wulan E. Hudawi Lubis, dan seluruh Pengurus Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura.
Serah terima yang ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dari pejabat lama Brigjen TNI Armyn Alianyang dan penyematan tanda jabatan kepada pejabat baru Brigjen TNI Robby Win Kadir, selanjutnya penandatanganan naskah serah terima oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI E. Hudawi Lubis. Selaku Irup Pangdam XII/Tanjungpura dalam sambutannya, Jabatan Kepala Staf di tingkat Kodam, memiliki peran yang sangat strategis dalam lingkup Kodam. Hal ini perlu saya sampaikan karena jabatan Kasdam adalah pembantu utama Pangdam yang memegang peranan penting dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan semua aspek manajemen staf dalam lingkup Kodam. Untuk mewujudkan fungsi-fungsi tersebut, maka Kasdam dituntut memiliki kemampuan dalam memahami dan menjabarkan esensi serta arah kebijakan Pangdam secara komprehensif, kreatif dan responsif serta proaktif, sehingga mampu memberdayakan semua unsur menjadi suatu kesatuan yang  sinergis.Selain itu, dibutuhkan pula kearifan dan kematangan dalam  pola  pikir,  pola  sikap  dan pola tindak, sehingga mampu mengambil langkah dan tindakan secara tepat, sesuai dengan kebijakan Pangdam. Berkaitan dengan hal tersebut, saya mengharapkan kepada Kasdam XII/Tanjungpura, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan selalu menciptakan iklim kerja yang kondusif, baik dilingkungan staf, maupun dalam memelihara hubungan kerja dengan lembaga atau instansi lainnya. Saya yakin, dengan bekal pengalaman penugasan sebelumnya yang cukup beragam, Jenderal akan mampu menjalankan kewajibannya dan meneruskan serta meningkatkan kualitas kinerja yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya. (Kasi Penum Pendam 12/Dispenad)

Sertijab Kasdam XII/TP
1 Desember 2011-
Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis (tengah) melakukan salam komando dengan pejabat baru Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Robi Win Kadir (kiri) dan pejabat lama, Brigjen TNI Armyn Alianyang, usai serah terima jabatan di Makodam XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Kamis (1/12). Brigjen TNI Robi Win Kadir menggantikan Brigjen TNI Armyn Alianyang, yang selanjutnya akan bertugas sebagai Perwira Sahli Tk III Bidang Komsos Panglima TNI. FOTO ANTARA/Jessica Wuysang/ss/nz/11
1/12/2011 15:10

SERTIJAB 4-6 DES 2011

DANKODIKLAT TNI AD PIMPIN SERTIJAB DANPUSSENIF KODIKLAT TNI AD
6 Desember 2011
“Prajurit Infanteri lebih dikenal sebagai Queen of the battle”, ungkapan tersebut disampaikan oleh Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dalam amanatnya pada upacara serah terima jabatan Komandan Pussenif Kodiklat TNI AD, dari Mayor Jenderal TNI E Hudawi Lubis kepada Mayor Jenderal TNI Nugroho Widyotomo, yang berlangsung di lapangan Upacara Wirottama Pussenif Kodiklat TNI AD, Selasa (6/12).
Sebagai Korps tempur terbesar yang

SERTIJAB 25-27 NOV 2011

JABATAN KOMANDAN KOMPI KONGA XXIII-E
DISERAHTERIMAKAN KEPADA KOMANDAN KOMPI KONGA XXIII-F
27 November 2011
Enam Jabatan Komandan Kompi Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-E/UNIFIL diserahterimakan kepada Komandan Kompi Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL, serahterima dilaksanakan dengan upacara militer sederhana, bertindak selaku inspektur upacara Komandan Batalyon Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL, Letkol Inf Hendy Antariksa, di Markas Yonmek, Adshit al Qusayr, Lebanon Selatan ( 27/11).
Enam Kompi yang diserahterimakan yaitu Komandan Kompi Bantuan dari Lettu Mar Aristyo Yudha kepada Kapten Inf S. Herman. R, Danki A dari Kapten Inf Sigit kepada Lettu Inf A.A Rangkuti, Danki B dari Kapten Mar M. Abdilah kepada Lettu Inf A.S. Rangkuti, Danki C dari Lettu Mar Nofri. G. Kaloh kepada Kapten Mar Achmad Yuliyanto, Danki D dari Kapten Inf Dadang. R kepada Lettu Inf Rizki Kurniawan, dan Komandan Kompi E diserahterimakan dari Mayor Inf Herlambang kepada Kapten Inf Agus Rediyanto.
Serahterima ini dilaksanakan dalam rangka akan berakhirnya masa penugasan Batalyon Mekanis XXIII-E/UNIFIL di Lebanon dan akan digantikan oleh Satgas baru yaitu Satgas Batalyon Mekanis XXIII-F/UNIFIL, dan dilaksanakan  sebelum serahterima jabatan Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-E dari Letkol Inf Hendy Antariksa kepada penggantinya Letkol Inf Suharto Sudarsono,yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 28 ini.
Letkol Inf Hendy Antariksa dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimaksih kepada komandan Kompi yang lama atas pelaksanaan tugasnya selama ini, dan mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada penggantinya, “mudah-mudahan para penggantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.”
Hadir pada acara serahterima ini, Komandan Yonmek XXIII-E Letkol Inf Suharto Sudarsono dan para perwira Staf baik dari Yonmek XXIII-E maupun dari XXIII-F, acara serahterima diakhiri dengan kegiatan foto bersama para  komandan Kompi lama maupun yang baru. (Perwira Penerangan Konga XXIII-F, Lettu Inf Suwandi/Dispenad)

MAYJEN TNI E. HUDAWI LUBIS JABAT PANGDAM XII/TANJUNGPURA
25 November 2011
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dari Mayjen TNI Geerhan Lantara kepada Mayjen TNI E Hudawi Lubis, di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Jumat (25/11). Mayjen TNI E Hudawi Lubis sebelumnya menjabat sebagai Danpusenif, Sedangkan Mayjen TNI Geerhan Lantara dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Inspektorat Jendral Angkatan Darat (Irjenad) menggantikan Mayjen TNI Rahmat Budianto yang memasuki masa pensiun. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen TNI Gatot Nurmantyo yang mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Kodiklat TNI AD, kepada Mayjen TNI Murjito (Pangdam baru) sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI. Kepala Dinas Penerangan Mabes AD Brigjen TNI Wiryantoro MK mengatakan, rotasi jabatan Pangdam XII/Tanjungpura tidak terkait dengan kisruh masalah perbatasan Camar Bulan dan Tanjung Datu. "Tidak terkait (masalah perbatasan), serah Terima ini jauh-jauh hari sudah direncanakan berbarengan dengan serah terima jabatan sejumlah pejabat TNI AD lainya. Ini mutasi rutin alamiah dalam rangka penyegaran organisasi karena ada yang memasuki usia purna tugas yang harus diganti", katanya. Sementara itu Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura akan menggelar acara pisah sambut Panglima Kodam XII/Tanjungpura dari pejabat lama Mayjen TNI Geerhan Lantara kepada pejabat baru Mayjen TNI E Hudawi Lubis, Senin (28/11) ini. Acara pisah sambut pejabat lama dan baru dilaksanakan di halaman Makodam XII/Tanjungpura, Jl. Mayor Ali Anyang Pontianak, ujar Kapendam Kolonel Inf Desius.
Kapendam menjelaskan, kalau tidak ada halangan, Pangdam Mayjen TNI E Hudawi Lubis akan datang ke Pontianak pada Minggu (27/11), disambut dengan acara adat budaya Melayu ”Tepung Tawar” di Lanud Supadio Pontianak pada pukul 09.00 WIB. Kemudian Senin (28/11), acara pisah sambut dilaksanakan bersamaan dengan pisah sambut Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, dari pejabat lama Mayjen TNI Armyn Ali Anyang kepada pejabat baru Brigjen TNI Robby Win Kadir.(Pendam 12/Dispenad)

KASAD PIMPIN SERTIJAB IRJENAD, PANGDAM V/BRAWIJAYA DAN PANGDAM XII/TANJUNGPURA
25 November 2011
Kepala Staf Angkatan Darat  (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan  Irjenad, dari Mayjen TNI Rahmat Budianto kepada Mayjen TNI Gerhan Lantara, Pangdam V/Brawijaya, dari Mayjen TNI Gatot Nurmantyo kepada Mayjen TNI Murjito dan Pangdam XII/Tanjungpura, dari Mayjen TNI Gerhan Lantara kepada Mayjen TNI E Hudawi Lubis di Markas Besar Angkatan Darat, Jumat (25/11).
Mayjen TNI Rahmat Budianto memasuki masa pensiun, Mayjen TNI Gerhan Lantara sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura, sedangkan Mayjen TNI Gatot Nurmantyo mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Murjito sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI dan Mayjen TNI E Hudawi Lubis sebelumnya menjabat sebagai Danpussenif.
Kasad mengatakan,  serah terima jabatan dalam organisasi militer modern adalah suatu keniscayaan yang harus dipahami sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan Pembinaan Satuan dan Pembinaan Personel.
Menurut Kasad, pergantian pejabat diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan di lingkungan TNI Angkatan Darat, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing.
Kasad menegaskan, sebagai salah satu Unsur Pembantu Pimpinan, Inspektur Jenderal Angkatan Darat bertugas membantu Kasad dalam penyelenggaraan dibidang Pengawasan dan Pemeriksaan Umum, serta Verifikasi Perbendaharaan di lingkungan TNI AD. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Irjenad dituntut untuk mampu mewujudkan optimalisasi pemanfaatan anggaran melalui kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan, sehingga target tertib laporan opini Wajar Tanpa Pengecualian dapat tercapai. Kasad meminta, Irjenad beserta jajarannya berkewajiban untuk meminimalkan temuan Wasrik  Internal dan Eksternal, dengan terus melakukan peningkatan Pengawasan Melekat serta Pengawasan Fungsional secara lebih berkualitas dan intensif, guna menjamin optimalisasi pencapaian tujuan dan sasaran Program TNI Angkatan Darat dengan Prinsip “2K3E”, yaitu Ketaatan dan Ketertiban terhadap aturan, serta Efektif, Efisien dan Ekonomis terhadap penggunaan anggaran. Demikian pula halnya dengan segenap jajaran Kodam V/Brawijaya dan Kodam XII/Tanjungpura. Kasad mengharapkan, sebagai Kotama Kewilayahan hendaknya senantiasa  dapat menyelenggarakan pembinaan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan secara maksimal, efisien dan efektif di wilayahnya masing-masing dalam rangka penyiapan wilayah pertahanan darat yang tangguh.Kodam merupakan gelar kekuatan matra darat, yang mengemban misi strategis dalam konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Kodam memiliki karakteristik yang unik dengan berbagai kekhususan yang berbasiskan keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakatnya, tambah Kasad. (Kabag Penum Letkol Caj Dadang Oesman/Dispenad)

KODAM XII/TANJUNGPURA GELAR PERSIAPAN SERTIJAB PANGDAM DAN KASDAM
25 November 2011
Pontianak, Panglima Daerah Militer XII/Tanjungpura segara berganti, serah terima jabatan antara pejabat lama dan baru dilangsungkan esok, Jumat (25/11), di Jakarta.
Tongkat Komando yang selama ini dipegang oleh Mayjen TNI Geerhan Lantara akan diserahterimakan kepada Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis. Kepastian serah terima jabatan Pangdam XII/Tanjungpura disampaikan Kapendam melalui Kasi Penum Kodam XII/Tanjungpura Mayor Arh Nur Komarudin. Pisah sambut jabatan rencananya akan dipusatkan di Makodam XII/Tanjungpura pada tanggal 28 Nopember mendatang di Jl. Mayor Ali Anyang Kuburaya, acara sekaligus dirangkaikan dengan pelepasan Kasdam XII/Tanjungpura. Sehari sebelumnya acara tepung tawar akan mewarnai penyambutan Pangdam baru, menurut Kasi Penum. Mayjen TNI Geerhan Lantara akan mendapat tugas baru yakni sebagai Irjenad. Sementara Mayjen TNI Armyn Ali Anyang mantan Kasdam XII/Tanjungpura menjabat sebagai Perwira Staf Ahli TK III Bidang Komunikasi Sosial Panglima TNI. Mengenai Pangdam baru, dijelaskan Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis lulusan Perwira AKABRI Tahun 1980, Terakhir menjabat sebagai Danpussenif Kodiklat TNI AD. sementara Kasdam XII/Tanjungpura baru BrigjenTNI Robby Win Kadir, saat ditemui beberapa saat lalu menyatakan dirinya hanya melanjutkan dan membantu tugas dari Pangdam. Tugas orang kedua itu membantu Panglima dalam bidang administrasi mulai dari staf Intel sampai staf Territorial. Menurutnya tugas sebagai Kasdam adalah mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Panglima, iapun menyatakan belum bertemu dengan Kasdam lama Mayjen TNI Armyn Ali Anyang karena beliau sedang menunaikan Ibadah Haji di tanah suci. Alumni AKABRI 1982 ini, mengawali tugasnya di Timor Timur sebagai Danton, Danki di Timor Kupang, kemudian bertugas di Lemdik Bandung, Wadanyon 132 Sumatera, Danseskoad. Bapak dua anak ini juga pernah menjadi Danyonif 312 Kodam Siliwangi, Dandim Majalengka, Dandim Tasikmalaya, Waaslog Kodam III Siliwangi, Aster Lombok Mataram. Sebelum menjabat Kasdam XII/Tanjungpura pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kasad Bidang Sosial Budaya. (Kasi Penum Pendam 12/Dispenad)

DANREM 142/TATAG PIMPIN SERTIJAB DANYONIF 721/MAKKASAU
25 November 2011
Bertempat di lapangan upacara Batalyon Infanteri 721/Makkasau, Jumat, 25 Nopember 2011, pukul 08.30 WITA, dilaksanakan upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau, dari pejabat lama Letkol Inf Parlindungan Hutagalung kepada pejabat baru Letkol Inf Eron Firmansyah.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung, dan dihadiri oleh Bupati Pinrang bersama Muspida Kab Pinrang, Kepala Staf Korem 142/Tatag, para Komandan Kodim dan Kepala Dinas Jawatan sejajaran Korem 142/Tatag, Kapolres Parepare, Kapolres Polman dan Mamasa serta Kapolres Palopo. Hadir pula Ketua Persit Koorcab Rem 142/Tatag bersama dengan seluruh ketua-ketua cabang sejajaran Rem 142/Tatag. Beberapa Tokoh Masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda hadir pula mengikuti upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau yang berlangsung aman dan lancar.Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaanm yang tinggi atas dedikasi dan prestasi yang sudah diraih oleh Letkol Inf Parlindungan Hutagalung bersama ibu didalam memimpin satuan ini. Selamat jalan dan selamat bertugas ditempat yang baru, pengalaman dan wawasan serta kepemimpinan saudara selama disatuan ini merupakan bekal yang sangat berguna didalam mengembang amanah pimpinan TNI AD di satuan yang baru.
Khusus kepada pejabat baru Letkol Inf Eron Firmansyah, Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung memberikan ucapan selamat datang diwilayah Korem 142/Tatag. Selanjutnya beliau menekankan agar sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit lanjutkan upaya terhadap peningkatan prestasi dan reputasi yang telah dicapai Batalyon ini oleh para pendahulu saudara. Peningkatan profesionalisme merupakan tuntutan utama yang saudara harus kerjakan dengan tetap bersandarkan pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Upaya peningkatan kemampuan dapat dicapai bila dilakukan secara terus menrus, terukur dan berkesinambungan, sehingga profesionalisme mampu dibuktikan secara maksimal melalui berbagai penugasan dan mampu menghadapi tugas-tugas kedepan yang makin kompleks.
Selanjutnya Kolonel Inf Lodewyk Pusung Komandan Korem 142/Tatag menyampaikan agar kerja sama dan hubungan yang harmonis selama ini dapat lebih ditingkatkan lagi guna pencapaian tugas pokok secara optimal. Apa yang sudah terjalin selama ini dengan semua komponen masyarakat baik Pemda, Polri maupun masyarakat lainnya hendaknya dilestarikan dengan baik sehingga terjalin hubungan timbal balik yang baik dan harmonis, tegas  Koloenel Inf Lodewyk Pusung mengakhiri amanatnya.Upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau dimeriahkan dengan demonstari Tari Mandar Malebbi yang dipadukan dengan Bongkar pasang senjata oleh ibu-ibu persit dengan mata tertutup dan bela diri militer yong moodo. Demonstarsi ini merupakan hasil kolaborasi antara anggota Batalyon Infanteri 721/Makasau dengan ibu-ibu persit dan masyarakat.Pada kesempatan itu pula dilaksanakan upacara serah terioma ketua cabang persit Kartika Chandra Kirana Cabang Y0nif 721/Makkasau dari ibu Parlindungan Hutagalung kepada penggantinya ibu Eron Firmasyah yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit Koorcab Rem 142/Tatag Ibu Lodewyk Pusung. (Pendam 7/Dispenad)

Danrem 044/ Gapo Pimpin Sertijab Dandim
25 November 2011-
SRIPOKU.COM/ARIEF BR
Dari kiri ke kanan: Letkol Inf Niko Fahrizal (Dandim 0406/Mura yang lama), Letkol Czi Widyo Hartanto (Dandim 0406/Mura yang baru), Danrem 044/Gapo Kol Inf Dwiyanto Budi Prabowo, Letkol Inf Dodi Herardi (Dandim 0418/Palembang yang baru), Letkol Inf Asep Rahman Taufik (Dandim 0418/Palembang yang lama)

Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Inf Asep Rahman Taufik, menyerahkan jabatannya kepada Letkol Inf Dodi Herardi.
Upacara serahterima jabatan yang dipimpin Komandam Korem 044/Garuda Dempo (Gapo), Kolonel Inf Dwiyanto Budi Prabowo, di Balai Prajurit Gapo, Jumat (25/11), berlangsung khidmat dihadiri jajaran Kodim dan Korem 044 Gapo.
Letkol Inf Dodi Herardi sebelumnya menjabat sebagai Dan Yonif 143/TWEJ Korem 043/Gatam Kodam II Sriwijaya. Sementara Letkol Inf Asep Rahman Taufik selanjutnya menempati posisi sebagai Sekbabin Minvetcad Dam II Sriwijaya.Selain sertijab Dandim 0418/Palembang, Danrem juga melakukan sertijab Dandim 0406/Musi Rawas (Mura) dari Letkol Inf Niko Fahrizal kepada Letkol Czi Widyo Hartanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Logistik Korem 043/Gatam Kodam II Sriwijaya. Sedangkan Letkol Inf niko Fahrizl, selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Irdaun Itdam XVII/Cendrawasi. Pergantian Dandim 0418/Palembang dan Dandim 0406/Mura, menurut Danrem 044/Gapo Kol Inf Dwiyanto BP, merupakan hal biasa di lingkungan TNI AD yang dilakukan dalam rangka untuk penyegaran kinerja organisasi, pembinaan personel, dan pembinaan karir bagi perwira yang bersangkutan.
“Hal ini untuk regenerasi anggota saja, sebagai bekal kepemimpinan masa yang akan datang sehingga nantinya menjadi seorang pemimpin yang kredibel dan mumpuni bagi TNI AD di masa mendatang,” ungkap Danrem Kol Inf Dwiyanto BP dalam sambutannya.
Sertijab Dandim 0418/ Palembang, sesuai dengan surat Sprin/489/IX/2011, yang dikeluarkan pada 30 september 2011 yang lalu. Sedangkan Sertijab Dandim 0406/Mura berdasarkan Sprin /536/X/2011, pada 6 Oktober yang lalu dari Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI S Widjonarko ke Danrem Kol Inf Dwiyanto Budi Prabowo. Ditambahkan Danrem, Dandim ke depan dapat segera menyesuaikan diri di satuan masing-masing, dengan mengenali situasi dan kondisi wilayah dengan segala aspeknya, serta membina hubungan yang baik dengan segenap komponen pemerintah, swasta, dan masyarakat di wilayahnya. Sebagai komando kewilayaan tugas pokok satuan teritorial, yaitu melaksanakan pembinaan wilayah untuk kepentingan pertahanan maupun dalam rangka membantu tugas pemerintah daerah. "Dengan kedudukan seperti ini, kodim memiliki peran yang sangat penting dalam upaya membantu mempercepat lajunya pembangunan di daerah," tandas perwira dengan melati tiga ini. Lebih lanjut Danrem mengatakan, yang patut diperhatikan adalah perlunya peningkatan komunikasi sosial dengan semua elemen dan instansi terkait sebagai aplikasi peran binter aparat kewilayaan, sehingga diharapkan adanya kepercayaan dari masyarakat. "Keberadaan Kodim dicintai atau dibenci oleh masyarakat sangat tergantung bagaimana kita membawa satuan ini, dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu berikan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan kerjasama dengan aparat terkait," pungkas Kol Inf Dwiyanto BP. Sedangkan bagi pejabat lama, Dwiyanto juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan keberhasilannya selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan sebagai Dandim di wilayahnya dan selamat bertugas di tempat yang baru.