HALAMAN

Minggu, 31 Juli 2016

22-31 Juli 2016

JABATAN DANDIM 0623/CILEGON DISERAH TERIMAKAN
= Kamis 28 Juli 2016=
Jabatan Dandim 0623/Clg diserahterimakan dari Letkol Inf Aji Mimbarno, S.AP. kepada Letkol Inf Aulia Dwi Nasrullah dihadapan Danrem 064/MY Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi, S.E. bertempat di Aula Baluarti Korem 064/MY yang dihadiri oleh seluruh Dandim Jajaran Korem 064/MY, Danyonif 320/BP, Para Kasi dan Pasi Korem 064/MY, ketua Persit KCK Korem 064/MY beserta pengurus serta perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 064/MY dan Jajaran.
“Serah terima jabatan merupakan suatu yang harus dilakukan untuk kepentingan personel dan pembinaan satuan, sebagai upaya regenerasi, menumbuhkan semangat pembaharuan dan penyegaran pemikiran dalam tubuh organisasi” jelas Danrem dalam amanatnya.
“Berbagai ragam wacana, gagasan dan idealis dari berbagai kelompok kepentingan hampir semuanya ada di Cilegon sehingga benturan yang terjadi dapat berdampak terhadap stabilitas sosial dan keamanan wilayah” ujar Danrem lagi

Segala macam permasalahan yang ada di Kota Cilegon termasuk keberadaan Kota Cilegon sebagai jalur menuju lokasi wisata dan jalur transit Sumatera dan Jawa serta perairan yang kerap dijadikan penyebrangan imigran gelap mejadikan Kota Cilegon menjadi sasaran kejahatan, sehingga akan mejadi tantangan tugas Dandim 0623/Clg yang pernah menjabat Danyon 11 Grup 1 Kopassus periode 2014 sampai dengan 2015.
Selanjutnya Letkol Inf Aji Mimbarno, S.AP akan menjabat sebagai Pabandya 2/Kompers Spaban I/Ren Spersad. (Penrem 064/MY)
http://www.siliwangi.mil.id/detail?JABATAN%20DANDIM%200623/CILEGON%20DISERAH%20TERIMAKAN&page=5118

Serah Terima Jabatn Pasiops Kodim 0618/BS
= Rabu 27 Juli 2016=
Kodim 0618/ BS Kota Bandung kembali melakukan rolling jabatan, Pasiops Mayor Inf Nirca Zahrudin akan bergeser ketempat yang baru menjadi Kasdim 0612/ Tasikmalaya, sementara  Jabatan Pasiops   baru ditempati oleh Mayor Inf Sandhi Yudha Panoto,S.E. Sertijab dilaksanakan di Aula Citra Bakti Makodim 0618/BS jalan Bangka No 2 Bandung dan di pimpin langsung   Dandim 0618/ BS Letkol Inf Sugiyono. Rabu (27/7).
Dalam amanatnya Dandim menyampaikan,"Alih tugas dan jabatan dilingkungan TNI AD merupakan hal yang sudah biasa dilaksanakan. Pergantian jabatan tentunya sudah melalui proses pertimbangan yang matang dan mengedepankan kepentingan organisasi agar semakin sehat dan dinamis, tambahnya
Dandim juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat atas dedikasi dan karya nyata selama aktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, dan mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat baru.           
Hadir dalam kesempatan tersebut selain Kasdim 0618/ BS Letkol Arm Yani Ari Sasongko, bersama anggota Kodim juga  Para Danramil dan   Para Babinsa    (Pendam III/Siliwangi - Tim Kreatif).
http://www.siliwangi.mil.id/detail?Serah%20Terima%20Jabatn%20Pasiops%20Kodim%200618/BS&page=5116

Danrem 102/Pjg: Yonif 631/Atg Dituntut Memiliki Mobilitas Tinggi
= Rabu 27 Juli 2016=
Palangkaraya, Komandan Korem 102/Panju Panjung Kolonel Arh Purwo Sudaryanto memimpin serah terima Jabatan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 631/Antang dari Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos. kepada Mayor Inf M. Roni Sulaeman, S.E., Rabu (27/07/2016) di Lapangan Yonif 631/Atg Jl. Tjilik Riwut KM. 6 Palangka Raya.
Serah terima jabatan di lingkungan TNI AD mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNI AD untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi. Di satu sisi dengan serah terima jabatan akan terjadi regenerasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah – langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi, dikatakan Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto saat memimpin sertijab.
“Alih tugas dan tanggungjawab jabatan yang kita laksanakan hari ini, merupakan bagian dari pembinaan satuan, terutama yang terkait dengan pembinaan organisasi dalam upaya peningkatan kinerja satuan, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok Korem 102/Pjg”, tuturnya.
Lanjut Danrem, Yonif 631/Atg sebagai satu-satunya satuan tempur yang ada di wilayah Korem 102/Pjg Kalimantan Tengah bertugas pokok melaksanakan fungsi utama yakni pertempuran, pembinaan kekuatan dan pembinaan teritorial secara terbatas, melaksanakan fungsi organik militer melalui kegiatan bidang intelijen,operasi, personel, logistik serta melaksanakan fungsi organik pembinaan latihan dalam rangka mendukung tugas pokoknya.
“Satuan ini dituntut memiliki mobilitas yang tinggi serta mampu bereaksi cepat sebagai satuan penangkal, penindak dan pemukul yang handal untuk digerakan keseluruh wilayah NKRI dan Kalimantan Tengah khususnya”, tegas Danrem.
Danrem berharap, kepada Danyonif 631/Atg yang baru dilantik untuk terus berupaya meningkatkan dan memantapkan profesional prajurit melalui olah keprajuritan yang dilandasi dengan profesionalisme, integritas dan kompetensi, sehingga satuan ini memiliki soliditas dan disiplin yang tinggi.
Letkol Inf Herry Purwanto, S.Sos selanjutnya menempati jabatan Dansecata Rindam XII/Tpr sedangkan Mayor Inf M. Roni Sulaeman, S.E., sebelumnya menjabat Pabandya Sopsdam XII/Tpr.
Hadir pada acara tersebut Kasrem 102/Pjg Letkol Kav Enda Mora Harahap, S.Sos, Para Dandim, Dan/Kabalakrem, Dan/Kabalak Aju, Para Kasi Korem, dan Ketua serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/danrem-102pjg-yonif-631atg-dituntut-memiliki-mobilitas-tinggi/

Mayor Inf Awang Danuarto Danyonif Raider 112 / Dharma Jaya
= Rabu 27 Juli 2016=
Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI L. Rudy Polandi memimpin sertijab Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 112 / Dharma Jaya dari Letkol Inf Fajar Tri Yulianto, S.Sos. kepada Mayor Inf Awang Danuarto, S.Sos di Lapangan Hitam Mako Yonif Raider 112 / Dharma Jaya, Kecamataan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (27/7).
Pada kesempatan tersebut Pangdam mengatakan, serah terima jabatan Danyonif Raider / Dharma Jaya ini hendaknya dapat dipahami sebagai upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda, keberadaan ini merupakan satuan pemukul Kodam IM yang disiapkan untuk menghadapi setiap ancaman dan kontijensi yang mungkin timbul di berbagai wilayah negara kesatuan Republik Indonesia  khususnya provinsi  Aceh,  dengan bekal kualifikasi Raider dan mobil udara serta kemampuan anti teror yang dimiliki diharapkan satuan ini dapat di andalkan untuk menghadapi berbagai tantangan tugas yang mungkin di hadapi Kodam IM maupun oleh TNI,  baik dalam skala lokal maupun nasional.
Dalam kaitan ini, Yonif Raider 112 / Dharma Jaya agar selalu meningkatkan budaya belajar dan berlatih agar menjadi prajurit Raider yang di banggakan sesuai dengan semboyan cepat, senyap dan tepat, semboyan tersebut benar-benar diwujudkan dalam bentuk kemampuan yang dapat dibuktikan dalam setiap Medan tugas, keberhasilan tugas Yonif Raider 112 Dharma Jaya tidak dapat di pisahkan dari dukungan masyarakat dan kondisi wilayah di sekitar pangkalan oleh karena itu sangat diperlukan upaya pembinaan teritorial terbatas juga mengikuti dinamika tugas yang terjadi di wilayah agar prajurit mengenal lingkungan dan kehidupan masyarakat di sekitar pangkalan.
Selain itu kata Pangdam, Reward And Punishment harus benar-benar ditegakkan sehingga anggota dapat merasakan perhatian yang penuh dari pemimpinnya, Danyon harus mampu menjaga, meningkatkan disiplin, memelihara dan mengembangkan kemampuan tempur satuannya serta meningkatkan kesejahteraan para anggota dengan memberikan semua yang menjadi hak-hak anggota dan ini harus benar-benar ditegakkan sehingga anggota dapat merasakan perhatian yang penuh dari pemimpinnya,  para perwira sebagai komandan jangan hanya menunggu di puji dan di hormati saja melainkan harus mengawali dengan merubah diri, merangkul, menghargai dan mengajak serta peduli terhadap anggota sebagai mitra kerja yang sama-sama berperan kemajuan organisasi,” Ujar Pangdam.
Hadir Perwakilan Kemhan Provinsi Aceh Brigjen TNI Hadi S., Kasdam IM Brigjen TNI  Moch. Fachrudin, S.Sos., Kabinda Provinsi Aceh Brigjen TNI Ruruh S., Danrindam IM Kolonel Inf Dani, Para asisten, Kabalak, Para Dansat, Dandim 0101 BS Letkol Inf Mahesa F., Kepala Satuan Brimob Polda Aceh Kombes Pol Norman dan Para Prajurit Yonif Raaider 112 / Dharma Jaya.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/mayor-inf-awang-danuarto-danyonif-raider-112-dharma-jaya/

Jabatan Dandim 0815 Mojokerto Diserahterimakan
MOJOKERTO, Selasa 26 Juli 2016=
Komandan Korem 082/CPYJ, Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP, pada Selasa 26 Juli 2016 pukul 08.00 WIB, di Ruang Data Makodim 0815 Jl. Majapahit No. 1 Kota Mojokerto, berkesempatan memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Dandim 0815 Mojokerto dari Letkol Inf Djohan Darmawan kepada Letkol Czi Budi Pamudji.
Dalam amanatnya, Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo, S.IP, menyampaikan intinya bahwa serah terima tugas jabatan dan wewenang merupakan hal yang biasa dilakukan di lingkungan TNI AD termasuk didalamnya Satuan jajaran Korem 082/CPYJ, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas kerja guna optimalisasi pencapaian tugas pokok satuan, disamping pembinaan karier pejabat yang bersangkutan.
Lebih lanjut Danrem 082/CPYJ menyampaikan berkaitan dengan acara serah terima tugas dan jabatan ini, selaku Danrem 082/CPYJ maupun pribadi, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Inf Djohan Darmawan yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam memimpin dan membina Kodim 0815 Mojokerto dengan baik, mudah-mudahan pengalaman tugas di satuan jajaran Korem 082/CPYJ ini dapat bermanfaat untuk bekal dalam mengemban tugas yang baru sebagai Pabandya-4/Turjuk Spaban VI/Minintel Spamad.
Demikialn pula ucapan yang sama juga disampaikan kepada Ibu Djohan Darmawan atas pengabdian dan pengorbanannya dalam memimpin organisasi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXX Kodim 0815/Mojokerto, serta telah setia mendampingi suami selama bertugas sebagai Komandan Kodim 0815/Mojokerto. Selanjutnya kepada pejabat baru Letkol Czi Budi Pamudji beserta Ibu saya ucapkan “Selamat datang dan selamat melaksanakan tugas” dalam jabatan baru sebagai Komandan Kodim 0815/Mojokerto dan sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXX Kodim 0815/Mojokerto.   Danrem 082/CPYJ berharap kepada Pejabat baru Dandim 0815/Mjk segera dapat beradaptasi dan melaksanakan komunikasi sosial dengan lingkungan tugas sebagai Komandan Komando kewilayahan jajaran Korem 082/CPYJ yang memiliki dimensi tugas yang sangat kompleks. Karena selain dituntut untuk melaksanakan pembinaan satuan juga harus mampu membaca kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang berkembang di masyarakat sehingga dapat mengelolanya menjadi suatu potensi untuk mendukung Pertahanan Negara. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasrem 082/CPYJ Letkol Arh Drs. M. Supyan, MT; Ketua Persit KCK Koorcab Rem 082/CPYJ (Ny. Gathut Setyo Utomo), para Dandim jajaran Korem 082/CPYJ, para Dan/Ka Balak/Bapras Rem 082/CPYJ, Danyonif Para Raider 503/MK, para Kasi Korem 082/CPYJ, Kas Subgarnisun III/0815 Mojokerto, Ketua Persit KCK Cabang XXX Kodim 0815/Mojokerto, para Danramil dan Pa Staf Kodim 0815/Mjk.
Selesai kegiatan Sertijab Dandim 0815/Mjk dilanjutkan kegiatan Serah Terima Ketua Persit KCK Cabang XXX Kodim 0815 Mojokerto, dan secara bersamaan, Danrem 082/CPYJ mengumpulkan para Dandim, Dan/Ka Bapras serta para Kasi Korem 082/CPYJ di Ruang Kerja Dandim 0815.  Kemudian acara dilanjutkan dengan Pamit Kenal pejabat lama Dandim 0815/Mjk (Letkol Inf Djohan Darmawan) dan Pejabat baru Dandim 0815/Mjkt (Letkol Czi Budi Pamudji) dan ramah tamah diiringi hiburan electone yang diikuti oleh perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0815/Mjk serta Pengurus Persit KCK Ranting jajaran Cabang XXX Kodim 0815/Mojokerto.
Acara selesai ditutup dengan Tradisi pelepasan/pengantar tugas pejabat lama Dandim 0815/Mjkt (Letkol Inf Djohan Darmawan) oleh Dandim 0815/Mjkt, Letkol Czi Budi Pamudji. Pukul 12.25 WIB rangkaian kegiatan selesai, berlangsung dengan tertib, lancar dan aman.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/jabatan-dandim-0815-mojokerto-diserahterimakan/

Direktur Umum Kodiklat TNI AD Pimpin Serah Terima Jabatan Kabagren Sdirum Kodiklat TNI AD
=Selasa 26 Juli 2016=
Bandung. Kepala Bagian Perencanaan yang baru perlu mempedomani hal-hal yang menjadi penekanan Komandan Kodiklat TNI AD dalam Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran TW II TA 2016 Kodiklat TNI AD. Hal ini disampaikan oleh Direktur Umum Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal TNI Asep Subarkah Yusuf dalam acara Laporan Korps Serah Terima Jabatan Kepala bagian Perencanaan Sdirum Kodiklat TNI AD dari Kolonel Inf Mudya Widiyanto kepada Letnan Kolonel Arh Ahmad Hotma Pohan di Aula Moch Toha Kodiklat TNI AD. Selasa (26/7). Untuk selanjutnya Kolonel Inf Mudya Widiyanto menjabat sebagai Dosen Utama Seskoad dan Letnan Kolonel Arh Ahmad Hotma Pohan sebelumnya menjabat sebagai Pabandya-3/Bujuk Spaban Bujuk Sdirdok Kodiklat TNI AD.
Lebih lanjut Direktur Umum mengatakan bahwa tugas pokok Kepala Bagian Perencanaan adalah membantu Direktur Umum dalam menyelenggarakan penyusunan rencana, program dan anggaran guna dijadikan  pedoman  dalam  pelaksanaan kegiatan serta dalam pelaksanaan pelaporan, pengendalian dan pengawasan anggaran di lingkungan Kodiklat TNI AD. Selain itu, harus dapat mendukung Program Reformasi Birokrasi TNI AD khususnya dalam pengelolaan keuangan Negara, sebagai wujud komitmen yang kuat untuk membangun bangsa dan negara. Untuk itu, pengelolaan anggaran dalam program kerja Kodiklat TNI AD harus diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggung jawab. Harapan Direktur, Kepala Perencanaan yang baru mampu merencanakan, menyelenggarakan sekaligus memberikan saran dan pertimbangan berkaitan dengan segala aspek yang menyangkut perencanaan dan anggaran yang dibebankan kepada Kodiklat TNI AD serta dapat melakukan komunikasi ke seluruh jajaran Kodiklat TNI AD dalam setiap pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran, sehingga tidak mengalami hambatan.(Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/direktur-umum-kodiklat-tni-ad-pimpin-serah-terima-jabatan-kabagren-sdirum-kodiklat-tni-ad/

Lepas Sambut Danrem 073/Makutarama
Semarang, Setelah melaksanakan rangkaian upacara serah terima Danrem 073/Makutarama dari Kolonel Kav Prantara Santoso,S,Sos,M.Si,M.Tr (Han) kepada Kolonel Inf Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si di Serambi Kehormatan yang dipimpin langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi, kegiatan dilanjutkan dengan acara lepas sambut di Balai Diponegoro jln Perintis Kemerdekaan Semarang. Kegiatan ini dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Joni Supriyanto beserta Ibu, para Askasdam IV/Dip, para Kabalak Kodam IV/Dip, para Perwira Perwakilan Kodam , para Dandim se Kodam IV/Diponegoro. Dalam sambutannya Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi menyampaikan, pangkat Kolonel adalah pangkat jabatan untuk menjual, dengan maksud untuk menjual hasil karya pikiran terbaik, ide cemerlang untuk  memajukan satuan kita. Dan Beliau mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang telah pindah tugas dan  selamat bertugas kepada pejabat yang baru. Sementara itu, Danrem 073/Makutarama yang baru Kolonel Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, akan melanjutkan program-program yang telah berjalan dengan baik selama kepemimpinan dari Danrem yang lama dan akan terus berusaha menjadikan Korem 073/Mkt sebagai salah satu satuan terbaik yang ada. ( Penrem 073/Mkt)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/lepas-sambut-danrem-073makutarama/

Pangdam I/BB Pimpin Serahterima Jabatan Kasdam I/BB, Danrem 023/KsS, Danrem 033/WP Dan Kababinminvetcaddam I/BB
= Senin 25 Juli 2016 =
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung Pimpin Serah Terima Jabatan Kepala Staf Kodam I/BB dari Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukocokepada Brigjen TNI Tiopan Aritonang S.I.P, Komandan Korem 033/WP dari Brigjen TNI Madsuni kepada Kolonel Inf Fachri, Komandan Korem 023/KS dariKolonel Inf Fachri kepada Kolonel Inf Richard T.H. Tampubolon. S.H. dan Kababinminvetcaddam I/BB Dari Kolonel Arh Wawik Dwinanto, S.SOS., M.SI. kepada Letnan Kolonel Arh E. Dwi Karyono Agus Susanto di Balai Prajurit Makodam l/BB Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Senin (25/7). Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dalam amanatnnya mengatakan serah terima jabatan merupakan realisasi dari pembinaan organisasi dan pembinaan personel di lingkungan TNI AD. Di samping itu juga merupakan momentum yang paling berharga dalam pengembangan karier dengan beban tugas dan tanggung jawab yang variatif, hal ini dapat memberikan ruang pengabdian untuk berbuat yang terbaik kepada Bangsa dan Negara. Melalui serah terima jabatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas, profesionalitas dan produktivitas kepemimpinan lapangan para Perwira dalam mengembangkan managemen organisasi yang lebih efektif dan efisien serta berguna bagi kemajuan TNI AD khususnya Kodam l/BB. Serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan hendaknya dapat dipahami sebagai upaya untuk memelihara dan mengoptimalkan kinerja organisasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam l/BB serta merupakan kebutuhan organisasi agar dapat mengabdi secara optimal kepada Kodam l/BB. Lebih lanjut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco beserta Isteri, Brigjen TNI Madsuni beserta Isteri, Kolonel Inf Fachri beserta Isteri dan Kolonel Arh Wawik Dwinanto, S.SOS., M.SI. beserta Isteri atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal. Apa yang terbaik yang telah di berikan selama melaksanakan tugas di wilayah Kodam l/BBhendaknya dapat dilanjutkan demi kebaikan Kodam l/BB dimasa yang akan datang. Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB mengucapkan selamat jalan kepada Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco beserta Isteri menjabat sebagai Waaslog Kasad dan Brigjen TNI Madsuni beserta Isteri menjabat sebagai Wadanjen Kopassus. Selamat datang di Kodam l/BB kepada Brigjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P, beserta isteri sekaligus ucapan selamat atas jabatan yang baru sebagai Kasdam l/BB. Begitu juga kepada Kolonel Inf Fachri beserta isteri selamat atas jabatan yang baru sebagai Danrem 033/Wira Pratama dan selamat datang kepada Kolonel Inf Richard T.H. Tampubolon, S.H. beserta isteri yang menjabat sebagai Danrem 023/Kawal Samudera, Letnan Kolonel Arh E. Dwi Karyono Agus Susanto beserta isteri yang menjabat sebagai Kababinminvetcaddam l/BB.
Pangdam berharap kiranya pejabat yang baru dapat dengan mudah beradaptasi pada jabatannya masing-masing. Kembangkan hasil yang telah dicapai oleh pejabat yang lama, serta ciptakan kreatifitas baru agar kinerja Kodam l/BB terus meningkat. Selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Darat. Kiranya jabatan yang diemban ini selain sebagai jenjang karier juga dapat dijadikan sebagai media pengabdian yang tulus untuk Bangsa dan Negara. Hadir dalam kegiatan tersebut Para Danrem jajaran Kodam I/BB, Irdam I/BB, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Para Komandan Satuan BS Kodam I/BB serta Ketua Persit KCK PD I BB dan pengurus.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pangdam-ibb-pimpin-serahterima-jabatan-kasdam-ibb-danrem-023kss-danrem-033wp-dan-kababinminvetcaddam-ibb/

Kodam XII/Tpr Gelar Acara Sertijab Pejabat Golongan IV dan V serta Tradisi Satuan
= Senin 25 Juli 2016 =
Kubu Raya. Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura melaksanakan Acara Sertijab Golongan IV dan V serta Tradisi Satuan, yang dipimpin Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XII/Tpr Brigjend TNI Ahmad Supriyadi di Aula Makodam, Jl. Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalbar, Senin (25/7).
Menurut Pangdam XII/Tpr, bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan organisasi personel di lingkungan TNI AD, dan menjadi momen yang paling berharga dalam pengembangan karier dengan beban tugas dan tanggung jawab yang bervariatif untuk dapat memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara pada bidang tugas yang berbeda, yang disampaikan melalui Kasdam XII/Tpr. Lanjut, bahwa sistem pembinaan karier prajurit di lingkungan Angkatan Darat sudah diatur dan ditetapkan berdasarkan kriteria yang ketat untuk promosi jabatan bagi seorang perwira, dimana suatu jabatan hanya diberikan bagi perwira yang mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya, tegas Brigjend TNI Ahmad Supriyadi. Harapan Pangdam dalam sertijab tersebut, dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan produktivitas para perwira dalam membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien serta berguna bagi kemajuan TNI AD pada umumnya dan Kodam XII/Tpr pada khususnya.
Pejabat yang melaksanakan sertijab diantaranya Irdam XII/Tpr, Staf Ahli Pangdam XII/Tpr bidang Ekonomi, Staf Ahli Pangdam XII/Tpr bidang Sosbud, Kababinminvetcaddam XII/Tpr, Kabintaldam XII/Tpr, Kakumdam XII/Tpr, Aster Kasdam XII/Tpr, LO AU dan Kasetumdam XII/Tpr.
Hadir saat Acara Sertijab Golongan IV dan V serta Tradisi Satuan, Danrem 121/Abw beserta istri, para Staf Ahli, para Asisten, LO AL dan para Kabalak serta para Dansat Jajaran Kodam XII/Tpr, para perwira yang ditunjuk dan Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr beserta Pengurus.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/kodam-xiitpr-gelar-acara-sertijab-pejabat-golongan-iv-dan-v-serta-tradisi-satuan/

Serah Terima Jabatan Kasdam IX/Udayana
= Senin 25 Juli 2016 =
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A memimpin Acara Serah Terima Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Kepala Staf Kodam IX/Udayana, dari Brigjen TNI I Made Sumantra, S.H., kepada Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono Senin (25/7) di Hall Makodam IX/Udayana.
Mengawali amanatnya Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI I Made Sumantra, S.H., beserta isteri, atas pengabdian dan kerja kerasnya selama melaksanakan tugas di Kodam IX/Udayana. Sebagai putra Bali dan juga keluarga besar Praja Raksaka, Pangdam berharap, sekalipun akan segera memasuki era purna bhakti Jenderal akan terus dapat menjadi bagian dari upaya Kodam IX/Udayana untuk mewujudkan wilayah Bali Nusra yang aman, damai dan sejahtera. Selanjutnya Pangdam mengucapkan selamat datang kepada Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono beserta istri di jajaran Kodam IX/Udayana, serta selamat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala Staf Kodam IX/Udayana.
Pangdam juga menyampaikan bahwa Kepala Staf Kodam IX/Udayana memiliki peran yang penting dan strategis. Keberadaannya memegang peran sentral dan menjadi penggerak organisasi untuk mendukung kegiatan di semua lini dan tingkatan, terutama dalam mening-katkan kualitas pembinaan satuan ke dalam. Ke depan, tugas dan tantangan yang akan dihadapi oleh Kodam IX/Udayana tidak akan semakin ringan. Berbagai kegiatan baik yang terkait dengan pembinaan satuan maupun pelaksanaan tugas operasional akan terus kita hadapi. Pada saat yang sama, dinamika lingkungan yang bergerak cepat serta makin kompleksnya permasalahan yang terkait baik langsung maupun tidak langsung dengan pelaksanaan tugas di bidang pertahanan, tugas menjaga keamanan wilayah perbatasan dan pulau terluar, tugas pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat, serta tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, akan terus kita hadapi dari waktu ke waktu, “Tegas Pangdam”. Pangdam juga memerintahkan kepada para Asisten, Komandan dan Kepala Satuan di jajaran Kodam IX/Udayana untuk terus meningkatkan kinerja satuan masing-masing, seraya terus memberikan dukungan penuh kepada Kepala Staf Kodam IX/Udayana yang baru, sehingga pelaksanaan tugas satuan akan terus dapat kita laksanakan secara maksimal, sesuai dengan program yang telah ditetapkan.
Hadir pada Acara Serah Terima Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Kepala Staf Kodam IX/Udayana diantaranya Brigjen TNI I Made Sumantra, S.H., beserta Isteri , Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Ketua, Wakil Ketua beserta segenap Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/ Udayana, Para Danrem, Irdam, Asrendam dan para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan AU, para Dan/Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, Serta Prajurit PNS Makodam IX/Udayana.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/serah-terima-jabatan-kasdam-ixudayana/

Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) Menjabat Kasdam VI/Mulawarman
= Sabtu 23 Juli 2016 =
Balikpapan, (23/07). Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L. Tobing memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman dari pejabat lama Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., kepada Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) di Aula Makodam VI/Mlw Jl. Sudirman Balikpapan, Sabtu, 23 Juli 2016.
Serah terima itu ditandai dengan penandatanganan naskah berita oleh pejabat lama dan baru yang disaksikan Pangdam VI/Mulawarman, acara dilanjutkan dengan pelepasan tanda jabatan dari pejabat lama Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., dan penyematan tanda jabatan kepada pejabat baru Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) Brigjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., selanjutnya mendapat promosi jabatan bintang dua menjadi Asops Kasad di Mabesad Jakarta, sedangkan Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.IP., MM., M. TR., (HAN) sebelumnya menjabat Wadanjen Kopassus.
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L. Tobing mengatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang wajar dan biasa. Hal ini dilakukan tentunya sudah dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek seperti sinkronisasi antara pembinaan personel dan pembinaan satuan, kebutuhan organisasi serta sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi.
Dalam konteks pembinaan satuan, serah terima jabatan diarahkan untuk meningkatkan kinerja satuan, sehingga kualitas hasil karya satuan akan terus dapat meningkat dari waktu ke waktu. Sedangkan dalam konteks pembinaan personel diprioritaskan untuk lebih memantapkan kualitas manajerial dan kepemimpinan, memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi prajurit yang menjalankannya.
Dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang diharapkan dapat meningkatkan wawasan berfikir, pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan bagi para Perwira dalam menghadapi tugas yang semakin kompleks di masa yang akan datang. Oleh karena itu, serah terima jabatan Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, hendaknya dipahami sebagai optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam VI/Mulawarman.
Kasdam adalah pembantu utama Pangdam dalam hal mengkoordinir dan membina unsur-unsur pembantu pimpinan, pelayanan dan pelaksana serta melaksanakan tugas lain yang diberikan secara khusus oleh Pangdam.
Sebagai pembantu utama Pangdam, Kasdam mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mendinamisasikan kegiatan staf serta mewujudkan pembinaan ketertiban administrasi internal guna memacu peningkatan kinerja organisasi.
Sejalan dengan besarnya peran Kasdam dalam mengkoordinir unsur-unsur di jajaran Kodam VI/Mulawarman, maka pejabat Kasdam harus memiliki kemampuan dalam memahami dan menjabarkan esensi serta arah kebijakan pimpinan secara komprehensif dan kreatif, responsif dan proaktif sehingga mampu memberdayakan semua unsur dalam jajaran Kodam VI/Mulawarman menjadi suatu kesatuan secara sinergis.
Selain itu, diperlukan pula kearifan serta kematangan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak, sehingga mampu mengambil langkah dan tindakan secara cepat dan tepat, dalam menggerakkan semua komponen organisasi untuk mencapai keberhasilan tugas Kodam VI/Mulawarman, tentunya disesuaikan dengan aturan yang berlaku serta kebijakan pimpinan.
Usai sertijab Kasdam VI/Mulawarman, dilanjutkan sertijab Wakil Ketua Persit KCK PD VI/Mlw dari Ny Sandra GE. Supit kepada Ny Eva Santos Gunawan Matondang.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/brigjen-tni-santos-gunawan-matondang-s-ip-mm-m-tr-han-menjabat-kasdam-vimulawarman/
==========================