Rabu, 17 Februari 2016

7-13 Pebruari 2016

Pangdam Jaya Pimpin Acara Serah Terima Jabatan Danyonkav 7 Sersus
Jum'at 12 Pebruari 2016-
“Serah terima jabatan di satuan jajaran Kodam Jaya adalah hal yang lazim dilakukan, sebagai bagian dari pembinaan satuan guna memberikan kesempatan bagi perwira bersangkutan untuk mengembangkan kemampuan dan memperkaya pengalaman. Rotasi penugasan akan sangat mendukung pola pengembangan karier perwira dan menjadi momentum penting guna meningkatkan kinerja di satuan” Tegas Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Teddy Lhaksmana WK, dalam Upacara Serah Terima Jabatan Danyonkav-7/Sersus dari Letnan Kolonel Kav Guruh Prabowo Wirajati M.Eg kepada Mayor Kav Aristoteles Hengkengnusa Lawitang Bertempat di Lapangan GA. Manulang Yonkav-7 Sersus Cijantung, Jumat (12/2).

Berkenaan telah berlangsungnya upacara serah terima jabatan ini “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letnan Kolonel Kav Guruh Prabowo Wirajati M.Eg, atas dedikasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan selama ini. Ucapan sama, saya sampaikan kepada Ny. Guruh Prabowo Wirajati, karena keberhasilan suami dalam melaksanakan tugas tidak bisa dilepaskan dari dukungan dan peran istri. Kepada pejabat Komandan Batalyon yang baru Mayor Kav Aristoteles Hengkengnusa Lawitang beserta isteri, saya ucapkan selamat bertugas”Tegas Pangdam Jaya.
Dalam amanatnya Pangdam Jaya menyampaikan bahwa memontum acara sertijab dan tradisi korps yang sarat nilai positif ini hendaknya dapat dijadikan acuan awal bagi pejabat baru dalam mewujudkan peningkatan kualitas prajurit sesuai jati diri sbg tentara rakyat, tentara pejuang, tentara Nasional dan tentara profesional. Lebih lanjut Pangdam Jaya menekankan untuk menyikapi intensitas pelaksanaan tugas ketiga satuan ini sangatlah tinggi maka, Pangdam Jaya menekankan kepada para pejabat baru agar senantiasa menempatkan tugas pokok sebagai prioritas utama. Patut disadari bahwa permasalahan di wilayah ibukota yang sangat kompleks dengan dinamika sosial yang tinggi sangat berpotensi terhadap terjadinya gesekan kepentingan yang mengarah pada konflik baik horizontal maupun vertikal, sehingga hal ini harus terus mendapatkan perhatian dan respon secara cepat dan cermat.
Untuk itu upaya peningkatan dan pemeliharaan kesiapan dan kesiapsiagaan, menyangkut tidak saja individu-individu prajurit akan tetapi juga semua aspek pendukung termasuk Alutsista merupakan hal mutlak yang terus dilakukan, demi mewujudkan profesionalitas satuan. Keberadaan para Komandan Satuan harus dapat bersinergi dengan unsur-unsur lainnya, menggerakkan potensi satuan ke arah pencapaian tugas pokok secara efektif, efisien dan optimal. Bagi Pejabat baru agar senantiasa meningkatkan upaya pembinaan satuan secara sungguh-sungguh dan terpantau perkembangannya untuk memelihara kesiapan dan kesiapsiagaan satuan. Terus kembangkan segala terobosan yang inovatif dan kreatif sehingga anggota termotivatif.” tegas pangdam Jaya. Pada kegiatan ini dhadiri juga oleh , Kasdam Jaya Brigjen TNI Ibnu Tri Widodo, Irdan, Para Danrem, Danrindam, Para Asisten Kasdam Jaya, Perwira Staf Ahli dan Staf khusus, Perwira LO AL dan LO AU serta Para Komandan dan Kepala satuan jajaran Kodam Jaya Ketua Persit KCK Daerah Jaya beserta para pengurus Persit.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/pangdam-jaya-pimpin-acara-serah-terima-jabatan-danyonkav-7-sersus/
------------------------
Danrem 044/Gapo Pimpin Sertijab Dandim 0406/Mura Dan Kasi Intel
Jum'at 12 Pebruari 2016-
Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Tri winarno memimpin upacara tradisi serah terima jabatan Komandan Komandan Kodim 0406/Mura dan Kasiintelrem 044/Gapo dari pejabat lama Letkol Arm Wiwin Sugiono kepada Letkol Inf Muhamad Thohir dan Mayor Inf Seprianizar, S.Sos, kepada Mayor Inf Ediyanto bertempat di Balai Balai Prajurit Gapo Jumat (12/2/16).
Dalam sambutannya Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno mengatakan sesungguhnya dalam tradisi TNI AD serah terima jabatan bukan hanya suatu kelaziman, namun juga merupakan kebutuhan dan keharusan dalam rangka meningkatkan dinamika organisasi, memelihara semangat pengabdian, menyempurnakan kinerja dan sinergitas satuan, serta mempertahankan momentum regenerasi kepemimpinan TNI. Disamping itu, jabatan dalam strata apapun pada hakekatnya adalah amanah dari bangsa dan negara, yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada bangsa dan negara, maupun di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, melalui unjuk dedikasi yang lebih, serta diemban dengan unjuk prestasi dan kinerja di atas rata-rata. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan tugas TNI AD yang dari hari ke hari akan senantiasa dihadapkan kepada tantangan tugas yang tidak semakin ringan. Perkembangan lingkungan yang bergerak dan berkembang demikian pesat dan cepat, menuntut peran kepemimpinan dan kualitas intelektualitas para pengemban amanah jabatan, untuk dapat berpikir dan bertindak cerdas, berwawasan luas dan bersikap bijaksana. ‘Tegasnya. Disisi lain Danrem juga menegaskan upaya kita meningkatkan kesadaran masyarakat dan menjaga keharmonisan sosial, serta memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat, merupakan salah satu tugas pokok yang harus diwujudkan, karena sehebat apapun kemampuan TNI, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat tidak akan ada artinya.’Katanya. Hadir dalam kegiatan tersebut Para pejabat Dandim, Danden, Kabalakrem 044/Gapo dan Ketua Persit KCK Koorcabrem 044 PD II Sriwijaya.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-044gapo-pimpin-sertijab-dandim-0406mura-dan-kasi-intel/
-----------------------
Pangdam Pimpin Sertijab Pejabat Kodam IM
Rabu 10 Pebruari 2016-
Banda Aceh, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto didampingi Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigadir Jenderal TNI Moch. Fahrudin, memimpin upacara Serah terima Jabatan (Sertijab) Asops Kasdam IM, Kaajendam, Kahubdam di Aula Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda, Jln.Ahmad Yani No.2, Rabu (10/2/16).
Penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Asops Kasdam IM dari Kolonel Inf Andi Chandra As’aduddin kepada Kolonel Inf Bambang Sujarwo, Kaajendam dari Kolonel  Caj Drs. Prawiknyo Hadi, M.B.A., kepada Kolonel Caj Drs. Musofifin, Kahubdam dari Kolonel Chb Tri Haryono kepada Kolonel Chb Sunu Dwi Koranto, S.Sos. Sementara itu, Kolonel Arm Djonny Indramawan, S.E., menjadi Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda Bidang Ideologi Politik.
Pangdam usai memimpin upacara mengatakan serah terima jabatan di lingkungan Angkatan Darat khususnya Kodam Iskandar Muda, merupakan bagian dari pembinaan personel, dan salah satu upaya penyegaran dalam suatu organisasi yang berlandaskan aspek pembinaan personel dan pembinaan satuan.
“Serah terima jabatan ini akan dapat memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan Kodam Iskandar Muda, Angkatan Darat, Bangsa Dan Negara,”kata pangdam.
Selain itu, kata Pangdam, acara sertijab ini sebagai upaya untuk regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan kepada perwira untuk memperoleh pengalaman tugas yang beragam. Dengan demikian, akan semakin membuka wawasan, pengetahuan dan kemampuan manajerial kepemimpinannya. hal ini semata-mata untuk meningkatkan etos kerja, guna menjamin tercapainya keberhasilan tugas pokok Kodam Iskandar Muda.
“Terima kasih dan penghargaan kepada para Perwira sekalian masing-masing beserta  isteri atas pengabdiannya selama ini. Selanjutnya kepada para Perwira yang menerima jabatan baru, saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan TNI AD dan selamat bertugas. Terimalah kepercayaan ini dengan rasa syukur dan penuh tanggungjawab, serta laksanakan peran, tugas dan fungsi masing-masing dengan segenap kesungguhan.” ungkap Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto.
Hadir upacara serah terima jabatan tersebut Staf Ahli Pangdam IM, Pa LO AL dan LO AU, Danrindam IM, para Asisten, para Kabalak dan Komandan Satuan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah PD Iskandar Muda beserta Pengurus.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/pangdam-pimpin-sertijab-pejabat-kodam-im/
------------------------
Kodam II/swj Segera Miliki Batalyon Arhanud
Kodam II/Swj akan segera memiliki Batalyon Artileri Pertahanan Udara bernama Yonarhanud 12 / Satria Bhuana Prakasa (SBP) yang berdislokasi di Jalan Lintas Raya  Palembang – Betung Km 18 Ds.Sukamoro Kec. Talang Kelapa Kab. Banyuasin (eks Markas Yonif 200/Raider – Serong).
Waka Pendam II/Swj Letkol Inf Paiman, menjelaskan bahwa Yon Arhanud 12/SBP yang sebentar lagi akan diresmikan ini merupakan pengembangan dari Raiarhanudri 41/BS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kasad nomor 60 tahun 2015 tanggal 19 November 2015 tentang pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj. “Insya Allah dalam waktu dekat, minggu depan akan diresmikan oleh Pangdam II/Swj”, tandas Paiman. Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, sambung Wakapendam II/Swj merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). Dalam rangka pengembangan Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj, secara bertahap berbagai kelengkapan satuan baru baik pangkalan, perkantoran, perumahan, personel, materiil, persenjataan dan lainnya akan dipenuhi dan dilengkapi. Perlu diketahui bahwa Tugas pokok Yon Arhanud adalah  melaksanakan pertahanan udara secara aktif dengan menghancurkan, meniadakan atau mengurangi daya guna dan hasil guna serangan udara musuh serta mendukung terciptanya stabilitas pertahanan wilayah yang kondusif dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj.
Terkait rencana peresmian Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj ini, Rabu (10/2/2016), Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Kasdam II/Swj  Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., para Asisten dan Kabalak Kodam II/Swj  melakukan kunjungan dan peninjauan secara langsung ke Markas Yon Arhanud 12/SBP. Kedatangan Pangdam II/Swj bersama sejumlah pejabat Kodam II/Swj di Markas Yon Arhanud 12/SBP, disambut dan diterima Danyon Arhanud 12/SBP Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto S.Sos, dan Komandan Raiarhanudri 41/BS Kapten Arh Andy Qomarudin serta jajar kehormatan dan sambutan yel-yel dari segenap prajurit  Yon Arhanud 12/SBP.
Setelah melakukan ramah tamah, Pangdam II/Swj beserta Kasdam II/Swj dan pejabat teras Kodam II/Swj menerima paparan terkait perkembangan satuan oleh Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP. Kunjungan Pangdam II/swj diakhiri peninjauan pangkalan / markas satuan.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/kodam-iiswj-segera-miliki-batalyon-arhanud/
------------------------
Pangdam XII/Tpr: Menjadi Seorang Danyon Itu Tidaklah Mudah
Selasa 9 Pebruari 2016-
Kubu Raya. Mayor Arm Anom Wirasunu, S.H, resmi jabat Komandan Batalyon (Danyon) Armed 16/Komposit, menggantikan Danyon lama Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, tongkat komando tersebut langsung diserahkan oleh Pandam XII/Tpr Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A di Aula Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Alianyang No 1 Kubu Raya, Kalbar, Selasa (9/2).
Dalam amanat Pangdam mengatakan, “menjadi seorang Danyon itu tidaklah mudah, banyak perjalanan dan tantangan yang harus dilalui, karena Danyon, dituntut mampu berperan sebagai seorang komandan, pelatih, guru, pembina, dan rekan seperjuangan bagi anggotanya, harus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap prajurit dan satuannya, berpendirian teguh, tegas dan bertanggung jawab serta memiliki kualitas moral yang baik, memiliki keterampilan dan kemampuan dalam mengambil keputusan  serta memberi perintah, bijaksana dalam menggunakan wewenangnya serta senantiasa memelihara kemampuan anak buahnya dengan baik”, terang Pangdam. Selain itu, Yonarmed 16/Komposit merupakan satuan yang memiliki tugas untuk memberikan bantuan tembakan kepada satuan yang sedang melaksanakan pertempuran. Saat ini, Yonarmed 16/Komposit telah dimodernisasi dengan sistem senjata meriam baru dan canggih seperti Meriam 155 MM Howitser/Tarik KH-179, kata Pangdam. Sementara itu, Alutsista yang dimiliki merupakan komitmen Pimpinan TNI AD untuk melengkapi persenjataan Yonarmed 16/Komposit, dalam rangka menghadapi tugas dan tantangan ke depan yang semakin kompleks dan membutuhkan kesiapsiagaan serta kondisi satuan yang siap operasional, jelasnya. Sehubungan dengan hal tersebut, “saya mengharapkan kepada Danyonarmed 16/Komposit yang baru, Mayor Arm Anom Wirasunu, agar melanjutkan upaya positif yang telah dilakukan oleh Danyon sebelumnya, disertai komitmen yang tinggi untuk  mengembangkan inovasi dan mencari terobosan baru guna kemajuan dan peningkatan kualitas satuan”, harap Pangdam. Pesan Pangdam, Mayor Arm Anom Wirasunu, “jaga kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memimpin Batalyon Armed 16/Komposit. Dengan bekal penugasan dan pengabdian sebelumnya, saya yakin amanah yang dipercayakan dan diberikan ini, akan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”.
Pangdam pun menuturkan, bahwa Mayor Arm Anom Wirasunu sebelumnya menjabat sebagai, Ps. Kabag Litbang Insani Sdirbinlitbang Pussenarmed Kodiklat TNI AD, sedangkan Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa akan menduduki jabatan barunya sebagai Dandim 1204/Sanggau, menggatikan Letkol Inf Heri Budi Purnomo. Namun, untuk Letkol Inf Heri keluar dari Kodam XII/Tpr dan akan mendapat kepercayaan menjabat sebagai Wakil Komandan Resimen Siswa Secapaad di Jawa Barat, pungkas Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Agung Risdhianto.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/pangdam-xiitpr-menjadi-seorang-danyon-itu-tidaklah-mudah/
-----------------------