Sabtu, 09 Februari 2013

SERTIJAB 7-14 PEBRUARI 2013


Pangdam IM Pimpin Sertijab Aspers dan Dandim 0101/BS
14 Februari 2013
Pangdam IM Mayjen TNI Zahari Siregar pimpin penyerahan tugas dan jabatan Aspers Kasdam IM Kolonel Inf Agus
 Gunawan yang akan melaksanakan Dikreg Sesko TNI, dan serah terima jabatan Dandim 0101/BS dari Letnan Kolonel Inf Triadi Murwanto kepada Letnan Kolonel Inf Agus Budi Setyo Raharjo, di Ruangan Balai Teuku Umar (BTU) Kodam IM, Kamis (14/2). Dalam amanatnya Pangdam IM menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Agus Gunawan dan Letnan Kolonel Inf Triadi Murwanto, atas dedikasinya selama bertugas di Kodam Iskandar Muda sebagai Aspers Kasdam Iskandar Muda dan Dandim 0101/BS. Pangdam berharap pengabdian yang telah dicurahkan selama ini akan menjadi amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Tuhan yang maha kuasa, serta menjadi catatan positif dalam sejarah Kodam IM. Ucapan yang sama Pangdam sampaikan kepada Ibu Agus Gunawan dan Ibu Triadi Murwanto, yang dengan penuh kesabaran dan kesetiaan telah mendampingi suami selama bertugas di Kodam IM. Pangdam mengingatkan, serah terima jabatan di lingkungan Angkatan Darat khususnya Kodam Iskandar Muda, merupakan bagian dari pembinaan personel. Serah terima jabatan ini diharapkan akan dapat memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan Kodam Iskandar Muda, Angkatan Darat, bangsa dan negara.  “Dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja dan ikatan yang kuat antar satuan, maka setiap pimpinan harus mau membuka komunikasi dan koordinasi dengan satuan atau badan yang lain. Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik, maka diharapkan akan tercipta kerjasama yang erat guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam,” ujar Pangdam. (Pendam IM/ Dispenad)
 ------------------
Tugas Dan Tanggung Jawab Jabatan Aster Kasdam II/Swj Diserahkan Kepada Pangdam II/Swj
14 Februari 2013
Penyerahan tugas dan jabatan Asisten Teritorial Kasdam II/Swj dari Kolonel Inf Tri Yuniarto, S. AP. diserahkan kepada Pangdam II/Swj Mayjen TNI Nugroho Widyotomo, Kamis (14/2) bertempat di Gedung Sudirman. Penyerahan tugas jabatan Aster Kasdam II/Swj ini sehubungan Kolonel Tri akan melaksanakan tugas pendidikan Sesko TNI. Penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan ini penting, agar kegiatan-kegiatan yang menyangkut tugas dan jabatan Aster Kasdam II/Swj dapat dipertanggungjawabkan secara jelas, sebelum ditinggalkan oleh pejabat yang bersangkutan. Sebagai pejabat pembantu Pangdam II/Swj, Asisten Teritorial dituntut untuk mampu menyelenggarakan tugas dan fungsi Staf di bidang Teritorial yang meliputi Bakti TNI, Ketahanan Wilayah dan Komunikasi Sosial bagi kepentingan  pertahanan  darat. Sejalan dengan visi dan misi TNI Angkatan Darat menjadikan Pembinaan Teritorial sebagai fungsi utamanya, dihadapkan kepada masih adanya resistensi terhadap keberadaan Koter, sementara gelar Komando Kewilayahan itu merepresentasikan sistem pertahanan semesta yang   diamanatkan oleh Undang-Undang, maka penanganan masalah-masalah teritorial itu menjadi  sangat  penting. Kebijakan tentang penyelenggaraan fungsi teritorial harus dirumuskan dengan seksama sehingga implementasinya tidak menimbulkan masalah dan justru menjadi solusi alternatif terhadap penanganan masalah-masalah bangsa. Ke depan, aparat teritorial harus mampu memotivasi dan mengarahkan sikap kritis masyarakat untuk ikut bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah bangsa dan negara yang belakangan ini sangat merisaukan kita semua. Untuk itu intensitas berkomunikasi sosial dengan masyarakat harus terus dilakukan, karena melalui kegiatan ini akan diketahui secara jelas aspirasi masyarakat dan sebaliknya masyarakat akan lebih memahami keberadaan TNI dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Berkaitan dengan akan dilaksanakannya Pemilukada di beberapa daerah di wilayah Sumsel pada tahun 2013, Pangdam mengingatkan kembali tentang Netralitas TNI, yang telah menjadi  komitmen TNI dan harus dijaga serta ditaati. “Untuk itu kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj agar tetap menjunjung tinggi netralitas TNI, untuk tidak terlibat atau melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis serta tidak menggunakan fasilitas TNI AD dalam kegiatan Pemilukada,” tegas Pangdam. Acara tersebut dihadiri oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syahiding, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo,Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj dan  Dan/Ka Balakdam II/Swj, LO AL dan LO AU. (Pendam II/ Dispenad)
 --------------------------
DANREM PIMPIN SERTIJAB DANDIM JAKARTA UTARA
14 Februari 2013
Alih tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan adalah hal yang lazim dalam kehidupan organisasi di lingkungan militer, bertujuan untuk merealisasikan siklus pembinaan personil, dengan memberikan kesempatan bagi para Perwira untuk mengembangkan karier dan profesionalitasnya, yang tentu sangat diperlukan untuk menghadapi penugasan selanjutnya. Hal ini dikatakan Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Sarum dalam amanatnya pada Acara Tradisi Korps dan  Serah Terima Jabatan Dandim 0502/Jakarta Utara Letkol Inf Asep Abdurchaman,SE. diserahkan kepada Letkol Kav Joko Setiawan Sejati. Acara yang di gelar di lapangan Upacara  Makorem 052/Wijayakrama Jl. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang Banten, Kamis (14/2),di hadiri Kepala Staf Korem 052/Wkr para Dandim Se-Jajaran Korem 052/Wkr, Para Kasi dan Kabalak Korem 052/Wkr, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 052 PD Jaya dan pengurus serta perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 052/Wkr. Dalam kesempatan itu Danrem 052/Wkr mengucapkan terima kasih dan pengharagaan kepada Letkol Inf Asep Abdurchaman,SE. beserta istri atas  keberhasilan yang telah diraih selama  bertugas di Kodim 0502/JU Korem 052/Wkr ini. Selanjutnya Letkol Inf Asep Abdurchaman,SE. akan mengemban jabatan yang baru sebagai Pabandya 3/Pam Ta&PNS Spaban II/Pampers Spamad, sementara penggantinya Letkol Kav Joko Setiawan Sejati Perwira lulusan Akmil th.1994 sebelumnya menjabat Danyonkav 7/Sersus Kodam Jaya/Jayakarta. Dalam Kesempatan tersebut  juga dilaksanakan serah terima Ketua Persit KCK Cabang XVI  Koorcabrem 052 PD Jaya, dari Ibu Asep Abdurchaman kepada Ibu Joko Setiawan Sejati yang bertempat di aula Sudirman Makorem 052/Wkr, dipimpin langsung Ketua Persit KCK Koorcabrem 052 PD Jaya Ibu Sarum serta di hadiri pengurus maupun anggota Persit KCK Koorcabrem 052 PD Jaya. (Penrem 052/ Dispenad)