Sabtu, 09 Maret 2013

SERTIJAB 1-6 MARET 2013


Kasad Pimpin Serah Terima Jabatan Pangdam V/Brawijaya
6 Maret 2013
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo memimpin serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya
dari Mayjen TNI Murdjito kepada Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo, S.IP, bertempat di Mabesad, Rabu (6/3).

Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Murdjito beserta isteri atas pengabdiannya yang dinilai baik, serta mendapatkan pujian bukan hanya dari Kodam, tapi juga dari Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat. Kasad juga merasa bersyukur, dimana dalam setiap kunjungan Kasad ke daerah, para Kepala Daerah menyatakan nyaman bekerjasama dengan para Pangdam. Hal ini membuktikan apa yang dilakukan para Pangkotama, membawa perubahan bagi masyarakat setempat. Untuk itu, Kasad berharap Pangdam dan Ketua Persit PD V/Brawijaya yang baru dapat meneruskan prestasi yang telah dicapai pejabat sebelumnya. “Hal baik ini perlu dilanjutkan oleh Pangdam dan Ibu, karena tidak mudah untuk mencapai ini semua,” pesan Kasad. Kepada Mayjen Ediwan yang sebelumnya mengabdi di Kepresidenan dan Kementerian Pertahanan, Kasad menyampaikan selamat datang dan mengabdi kembali di TNI AD. Disamping menyatakan keyakinannya atas kemampuan Mayjen Ediwan, Kasad juga mengingatkan mengenai tanggung jawab sesuai tugas dan jabatan yang diemban, baik oleh Pangdam maupun Isteri, agar dilaksanakan sebaik mungkin. Khusus kepada Mayjen Murdjito yang akan memasuki masa pensiun, Kasad berpesan agar memberi perhatian lebih kepada keluarga, yang mungkin selama aktif menjadi tentara sulit dilakukan karena kesibukan yang ada. Menurutnya tempat pengabdian bukan hanya di TNI saja, masih banyak tempat pengabdian yang lain. Oleh karena itu, Kasad berpesan untuk mengambil pengalaman di militer, sebab mungkin hal tersebut bisa dilakukan di luar kemiliteran.
Sumber, http://www.tniad.mil.id/
------------------------
5 Pati TNI Naik Pangkat
Rabu, 06 Maret 2013 15:24
(Puspen TNI).   Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., bertindak selaku Inspektur Upacara pada pelaporan kenaikan pangkat 5 Perwira Tinggi (Pati) TNI, terdiri dari 3 Pati TNI AD dan 2 Pati TNI AL, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2013).  Pelaporan Kenaikan Pangkat tersebut didasarkan pada Surat Perintah Panglima TNI Nomor : Sprin /505/III/2013 tanggal 4 Maret 2013.

Para Pati TNI yang melaporkan kenaikan pangkat, adalah :  TNI Angkatan Darat, yaitu : Letjen TNI Ir. Drs. Subekti, M.Sc. (Rektor Unhan), Brigjen TNI Turmarhaban Rajagukguk (Dirkersamik Sesko TNI), dan Brigjen TNI Raharjo, S.Sos. (Kababek TNI). Sedangkan TNI Angkatan Laut, yaitu : Laksda TNI A.R. Tampubolon, S.H., M.H. (Kadilmiltama Mahkamah Agung), dan Laksma TNI Sudarsono, S.T. (Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan).
Panglima TNI mengucapkan selamat kepada para Jenderal dan Laksamana atas anugerah kenaikan pangkat, teriring harapan, kiranya kenaikan pangkat ini akan semakin mendorong motivasi untuk bekerja dan mengabdi dengan penuh semangat, ketulusan serta keikhlasan dalam meningkatkan kinerja, kapasitas diri dan kualitas tugas para perwira sekalian. Lebih lanjut dikatakan, mencermati jejak perjalanan bangsa ini, kita sadari bersama bahwa demokrasi Indonesia tergolong masih muda, namun terus berkembang secara sangat dinamis. Meskipun banyak masalah yang harus dihadapi pemerintah, negara ini berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonominya, membatasi tingkat pengangguran, mewujudkan reformasi sistem hukum dan membangun infrastruktur. Oleh karena itu, pemikiran prediktif, langkah antisipatif dan upaya konstruktif sungguh sangat diperlukan dalam rangka menjaga dan memelihara kesiapsiagaan TNI, guna mendukung serta menjamin kelangsungan pembangunan nasional, utamanya dalam menjaga tiga aspek penting, yaitu politik, ekonomi dan keamanan bagi kepentingan kesejahteraan dan ketenangan masyarakat. Dalam kesempatan ini, Panglima TNI menyampaikan atensi dan harapan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas : Pertama, kiranya Jenderal dan Laksamana benar-benar dapat membantu pimpinan dalam membaca situasi berikut segala kecenderungan perkembangannya, secara cerdas, tajam dan akurat, baik bagi kepentingan TNI secara umum maupun kepentingan satuan. Kedua, pegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam politik praktis.  Budaya netralitas inilah pembeda paling tegas, antara TNI lama dengan TNI baru, yang kita semua turut meletakkan batu pertama fondasinya, sesuai dengan semangat, agenda dan tujuan reformasi internal TNI dan reformasi nasional. Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan di seluruh jajaran satuan TNI, baik dalam tugas-tugas kedaulatan maupun tugas-tugas perbantuan pengamanan agenda nasional, khususnya menjelang Pemilu 2014, dengan terus menjalin koordinasi dan keterpaduan dengan Polri, serta semua komponen bangsa, agar setiap agenda nasional dan/atau proses politik dapat berjalan dengan baik, aman dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Turut hadir dalam acara tersebut, para Wakil Kepala Staf Angkatan, Irjen TNI, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI dan Angkatan serta Kapuspen TNI. Sumber, http://www.tniad.mil.id/
------------------------
Serah Terima Jabatan Dandim 0728/Wonogiri
5 Maret 2013
Proses alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI merupakan kebutuhan organisasi, dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan berkaitan dengan upaya pembinaan personel dalam rangka tour of duty dan tour of area.

Hal ini dikatakan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Mulyo Aji, MA  dalam amanatnya pada Acara Tradisi Korps dan  Serah Terima Jabatan Dandim 0728/Wonogiri dari Letkol Inf Murdjoko,S.Sos,M.Si kepada Letkol Inf Mirza Eka Junaidi. Letkol Inf Murdjoko,S.Sos,M.Si akan mengemban jabatan yang baru sebagai, Pabandya Komsos Sterdam IV/Diponegoro sementara penggantinya Letkol Inf Mirza Eka Junaidi sebelumnya menjabat Dandodikjur/Gumil Juang Rindam IV/Diponegoro. Acara yang di gelar di  Aula  Makorem 074/Warastratama, Selasa (5/3), di hadiri Kepala Staf Korem 074/Wrt, para Dandim Se-Jajaran Korem 074/Wrt, Dan/Ka/Pa Sadisjan Jajaran Korem 074/Wrt, Para Kasi dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 074 serta pengurus. Dalam Kesempatan tersebut  juga dilaksanakan serah terima Ketua Persit KCK Cabang LIX Koorcabrem 074 PD IV/Diponegoro, dari Ibu Murdjoko kepada Ibu Mirza Eka Junaidi dipimpin langsung Ketua Persit KCK Koorcab Rem 074 PD IV/Diponegoro Ibu Mulyo Aji serta di hadiri pengurus maupun anggota Persit KCK Koorcabrem 074  PD IV/Diponegoro.  (Penrem 074/Dispenad) Sumber, http://www.tniad.mil.id/
-------------------------------
Pangdam Pimpin Sertijab Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih
1 Maret 2013
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI  Drs. Christian Zebua M.M  memimpin acara penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan  Irdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Anang Dwitono, S.E. Dan Danrem 172/PWY Kolonel Inf Joppye Onesimus Wayangkau, bertempat di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Selasa (01/03).

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan bahwa, penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Irdam XVII/Cenderawasih dan Komandan Korem 172/PWY kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, dikarenakan perwira yang bersangkutan akan mengikuti pendidikan PPRA XLIX Lemhanas RI TA. 2013. oleh karena itu, selaku Panglima Kodam XVII/Cenderawasih saya mengucapkan selamat mengikuti pendidikan Lemhanas dan terima kasih kepada Kolonel Kav Anang Dwitono, S.E. dan Kolonel Inf Joppye Onesimus Wayangkau atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini. Terpilihnya saudara-saudara untuk mengikuti pendidikan Lemhanas bukan saja karena memenuhi kriteria prestasi, dedikasi dan loyalitas, tetapi juga untuk pengembangan karier dan mengembangkan pengalaman tugas serta wawasan yang lebih luas. Oleh karenanya, teruslah memacu dan mengembangkan diri dan selalu berupaya menjadi semakin terampil serta profesional dalam pelaksanaan tugas. Turut hadir dalam acara tersebut, para Asisten dan Dan/Kabalak jajaran Kodam  XVII/Cenderawasih, dan Ketua beserta segenap Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cenderawasih serta undangan lainnya. Sumber, http://www.tniad.mil.id/