Sabtu, 09 Maret 2013

SERTIJAB 7-14 MARET 2013


Sertijab Danmentar, Dirbindik, Dan Kadepjas Akmil
11 Maret 2013 -
Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.M. memimpimpin Sertijab Komandan Resimen Taruna (Danmentar) dan Direktur Pembinaan Pendidikan
(Dirbindik) serta penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) Akmil, dengan dihadiri para Pejabat Distribusi Akmil, Danmen Chandradimuka Akademi TNI, Dan Sekolah Pa PK  TNI, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil beserta pengurus dan pengurus Yayasan Kartika Jaya serta perwakilan Dosen Akmil, bertempat di Gedung Leo Kailola Akmil, Senin (11/03). Pergantian jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat, termasuk Akmil terus dilakukan, seiring dengan tuntutan tugas dan kebutuhan organisasi dalam pembinaan personel, peristiwa alih tugas dan jabatan juga bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan manajerial serta wawasan Perwira yang bersangkutan, sehingga organisasi atau satuan yang dipimpinnya akan selalu hadir energik untuk melahirkan karya-karya terbaik. Sebagaimana telah dipahami bersama, bahwa serah terima dan penyerahan tugas serta tanggung jawab  jabatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi militer, yang bermuara pada kepentingan Pembinaan Satuan dan Pembinaan Personel. Dalam sambutannya, Gubernur Akmil menyampaikan terima kasih dan selamat jalan kepada Danmentar Kol. Inf Benny Susianto, S.I.P, yang melaksanakan tugas pendidikan Lemhannas dan  Dirbindik Kol.Inf Dr. Anton Nugroho, MDDS., MA yang akan menduduki jabatan Danrem 163/WSA Kodam IX/Udayana. Gubernur yakin dan percaya dengan bekal ilmu yang diperoleh dan pengalaman selama mengabdi di Akademi Militer, akan sangat bermanfaat dalam menyelesaikan tugas di tempat yang baru. Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Gubernur Akmil juga mengucapkan “Selamat datang”  kepada Kolonel Inf Agus Suhardi, Kolonel Kav Marsudi Utomo dan Kolonel Inf Achmad Dimyati  beserta kelurga  atas pengangkatannya sebagai Danmentar,  Dirbindik  dan Kadepjas Akmil yang baru serta sebagai Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana di jajaran Cabang BS Akmil, dengan harapan agar nantinya dapat memberikan kemajuan dan perubahan yang positif bagi satuan yang dipimpinnya dengan menghadirkan karya-karya yang inovatif dan kreatif dalam mendukung pencapaian tugas pokok Akademi Militer. Mengakiri sambutannya “Gubernur mengaskan“, bahwa pelaksanaan tugas kedepan Danmentar, Dirbindik dan Kadepjas dihadapkan dengan kurikulum yang baru akan semakin berat dan dinamis, karena ditengah kecenderungan meningkatnya kompleksitas permasalahan yang dihadapi Akademi Militer dalam melahirkan perwira-perwira  harapan  bangsa, maka “para pejabat baru harus mampu menangkap dan menjabarkan esensi kebijakan pimpinan secara inovatif dan kreatif serta komprehensif, sehingga dapat diimplementasikan secara berhasil dan berdaya guna”. (Pen Akmil/ Dispenad)
---------------------

Pangdam  Pemimpin Harus Ciptakan Kebersamaan dan Kolektivitas Dinamis
Bandung 11 Maret 2013-
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja memimpin serah terima para pejabat Kodam III/Siliwangi di Ruang Silih Wangi Makodam III/Siliwangi, Bandung, Senin (11/3).
Pejabat yang melaksanakan serah terima antara lain Danyon Arhanudri-3   dari   Letkol Arh Blasius Popylus kepada Mayor Arh Zainudin, SH, M.Kum, Dankikavser-4/BS dari Kapten Kav  Ferdiansyah kepada Kapten Kav Delvi Mariko, SE., serta pengangkatan Kasandidam Letkol Inf Dadang Juanda.
Pejabat lama masing-masing Letkol Arh Blasius Popylus mendapat promosi menjadi Dandim 1304/Gorontalo dan Kapten Kav Ferdiansyah menjadi Pabanda ops Bakti TNI Sterad. Sementara pejabat baru masing-masing Letkol Inf Dadang Juanda sebelumnya menjabat Kabag Binsat Dirbinfung Intel Pusintelad, dan Mayor Arh Zainudin, SH., M.Kum. sebelumnya menjabat Pabandya Gal Sintel Kostrad.
Pangdam mengungkapkan serah terima jabatan dalam semua tingkatan organisasi termasuk TNI, merupakan hal yang biasa dilakukan sebagai bentuk dinamika organisasi dalam melakukan penyegaran, regenerasi dan memenuhi tuntutan tugas.  Dengan hadirnya para pejabat baru  diharapkan dapat menstimulus kinerja Satuan jajaran Kodam III/Siliwangi, khususnya Sandidam, Yon Arhanudri-3 dan Kikavser-4/BS Kodam III/ Siliwangi ke arah yang lebih baik.“Dengan profesionalitas, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh para Perwira di tempat tugas yang lama, diiringi dengan adanya keinginan yang kuat untuk mendapatkan pengalaman di tempat tugas yang baru, serta tuntutan pengabdian kepada Satuan, bangsa dan negara, harapan  tersebut tidak sulit untuk di wujudkan” ujar Pangdam. Pangdam menjelaskan memasuki era globalisasi, yang ditandai dengan semakin canggihnya sarana komunikasi dan interaksi serta perkembangan pesat di bidang teknologi dan informasi,  dinamika tersebut telah membawa berbagai implikasi terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk tuntutan dan perkembangan komunikasi dan interaksi sosial dalam suatu proses kepemimpinan. Pangdam menekankan agar para Perwira  sebagai Pimpinan di Satuan  memiliki kualitas dan kondisi kepemimpinan yang mampu menciptakan suatu kebersamaan dan kolektivitas yang lebih dinamis, serta memiliki kualitas kepribadian yang mampu membangkitkan kekuatan emosional maupun rasional kepada anak buahnya, didasari sifat-sifat adil, jujur dan berwibawa. Apabila hal ini dapat dilaksanakan oleh para Perwira lanjut Pangdam maka para Perwira tidak akan menemui kesulitan dalam berinteraksi dengan bawahannya. Keberhasilan seorang pimpinan, disamping ditentukan oleh kapabilitas yang dimiliki, juga ditentukan oleh faktor keluarga dan bawahan. Sekecil apapun peran seorang bawahan akan dapat membantu suksesnya seorang Pimpinan dalam melaksanakan tugasnya. Perhatian yang tulus yang diberikan oleh seorang pimpinan akan membuat yang dipimpin bersikap terbuka kepada pimpinannya. Pangdam mengharapkan agar keberanian anak buah dalam menyampaikan berbagai masalah kepada pimpinannya, harus direspons secara positif dalam upaya mengeliminir berbagai pelanggaran disiplin sebagai akibat tidak didapatkannya saluran untuk mengekspresikan masalahnya dan bermuara kepada mencari solusi secara instant dan berbenturan dengan hukum yang berlaku.Pangdam menekankan agar para Komandan/Kabalak Kodam III/Siliwangi meningkatkan pembinaan Satuan, terutama masalah peningkatan kinerja dan profesionalisme Prajurit, termasuk di dalamnya masalah Disiplin Prajurit melalui kegiatan Jam Komandan dan Pembinaan Mental. Berikanlah penghargaan (reward) kepada Prajurit yang berprestasi dan berikan sanksi (punishment) bagi yang melanggar aturan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku, pungkas Pangdam. (Pendam III/Slw)