Selasa, 03 Desember 2013

SERTIJAB 23-30 NOVEMBER 2013

TRADISI KORPS PENERIMAAN, SERTIJAB DAN PELEPASAN PERWIRA KODAM XVII/CENDERAWASIH
29 November 2013-
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M, memimpin acara tradisi korps penerimaan, sertijab dan pelepasan Perwira, bertempat di Aula Tonny A. Rompis MakodamXVII/Cenderawasih, Jumat (29/11/2013). Pangdam dalam amanatnya menyampaikan, bahwa tradisi korps penerimaan prajurit merupakan salah satu upaya untuk menanamkan rasa memiliki, mencintai,
dan tanggung jawab terhadap satuan yang baru dimana akan bertugas. Pangdam berharap kepada prajurit yang baru bergabung dengan satuan baru agar benar-benar memaknai sejarah perjuangan Kodam XVII/Cenderawasih dan makna “Ksatria Pelindung Rakyat”, sebagai pedoman tugas, selain Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI serta pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam dan Protap yang berlaku di satuan masing-masing. Tradisi ini adalah tonggak awal kesiapan prajurit dalam menjalankan tugas di KodamXVII/Cenderawasih dengan berbagai dinamika yang ada. Selain Tradisi penerimaan Perwira, Pangdam juga melaksanakan sertijab para pejabat di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, diantaranya: jabatan Staf Ahli Pangdam Bidang Idiologi Politik dari Kolonel Inf Jagar Naibaho kepada Kolonel Inf Puguh Raharjo dan Dandenzipur 11/MA dari Mayor Czi H. Lumban Toruan kepada Mayor CZI Budi Santoso. Sementara itu jabatan Staf Ahli Pangdam Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Kav I Teguh Budiarto, S.IP, Staf Ahli Bidang Manajemen Sishaneg Kolonel Inf Ferdinand Aritonang dan Dandenmadam Letkol Inf Sudaryono, S.IP diserahkan kepada Pangdam XVII/Cenderawaih. Pergantian pejabat dan mutasi di lingkungan TNI AD, khususnya di Kodam XVII/Cenderawasih merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi untuk mengoptimalkan kemampuan satuan dalam rangka mendukung tugas pok Kodam XVII/Cenderawasih. Hal ini hendaknya dapat disikapi dengan baik dan bijaksana, diikuti tekad yang tinggi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi sesuai fungsi, peran dan tugas pokok masing-masing dalam rangka mempertahankan tetap tegaknya NKRI di wilayah Papua. Kepada pejabat lama, Pangdam mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan selama ini. Untuk itu kepada para Perwira beserta istri yang akan melanjutkan tugas di satuan baru beliau mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas dan berharap dapat membagi pengalaman yang telah diperoleh di Kodam XVII/Cenderawasih ini, serta menjadikan bekal berharga untuk mengemban tugas di satuan baru. Kepada pejabat baru, Pangdam mengucapkan selamat datang dan selamat melaksanakan tugas yang telah di percayakan, Jabatan tersebut merupakan kehormatan yang diberikan oleh negara, TNI dan lebih khusus lagi dari Pimpinan Kodam XVII/Cenderawasih. Oleh karena itu, sudah selayaknya jabatan ini diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa disertai tekad yang kuat untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hinsa Siburian, para Asisten, Dan/Kabalak jajaran Kodam XVII/Cenderawasih serta Pengurus Daerah (PD) Persit Kartika Candra Kirana XVII/Cenderawasih. (IKS/Cend).
sumber, http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/
--------------------------
Komandan Yonkav-7/Sersus dan Yonarmed-7/105 GS Diserah Terimakan
28 November 2013
Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI E. Hudawi Lubis memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Kavaleri-7/Sersus dari Letkol Kav Taswin Djamaludin Kepada Mayor Kav Agus Waluyo dan Danyon Armed 7/105 GS dari Letkol Rama Hindarto Budiyanto Kepada Mayor Arm Stefie Jantje Nuhujanan, Bertempat di Lapangan
Upacara GA. Manulang Yonkav 7/Sersus Cijantung Jakarta Timur, Kamis (28/11). Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon ini dihadiri oleh Irdam Jaya Kolonel Inf Syukran Hambali, Para Asisten Kasdam Jaya, Para Kabalak,  Para Dansat Jajaran Kodam Jaya, Sesepuh Yonkav 7/ Ketua Persit KCK PD Jaya Ny. Wulan E. Hudawi Lubis beserta Pengurus Persit PD Jaya. Pangdam Jaya dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon ini dilakukan dalam rangka kepentingan pembinaan satuan. Sejalan dengan itu, maka Serah Terima Jabatan ini juga bertujuan untuk merealisasikan pembinaan personel dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan dalam dimensi kepemimpinan dan profesionalitas dalam menghadapi penugasan selanjutnya. Disamping itu, pembinaan personel dalam organisasi TNI salah satunya adalah pengembangan karier, diantaranya melalui rotasi penugasan yang sudah diatur dalam organisasi TNI, baik pergantian jabatan dalam intern satuan maupun keluar satuan, sehingga tuntutan organisasi TNI dapat berjalan sesuai mekanisme. Pangdam Jaya juga mengharapkan agar hal tersebut dapat menjadi acuan bagi Yonkav-7/ Sersus dan juga Yon Armed-7/105 GS Kodam Jaya untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan, perubahan dan dinamika sosial di Ibukota. Konsolidasikan mekanisme dan prosedur kerja yang saling mendukung antar staf satu dengan staf lain. Dukung penuh kebutuhan untuk menyukseskan suatu tugas. Bangun kebersamaan dan soliditas satuan, pelihara dan tingkatkan moril juga tingkatkan kesejahteraan prajurit sesuai kemampuan, serta berikan atensi kepada keluarganya, semua itu perlu kita lakukan, karena di situlah letak kekuatan kita. Kegiatan sertijab Komandan Batalyon Kavaleri-7/Sersus dan Batalyon Armed-7/105 GS ini diikuti pula dengan serah terima Ketua Persit dari masing-masing Batalyon tersebut yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit KCK PD Jaya Ny. Wulan E. Hudawi Lubis. Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar, S.IP
sumber, http://www.tniad.mil.id
---------------------
TINGKATKAN KOMUNIKASI, KOORDINASI DAN KERJA SAMA DENGAN SEMUA KOMPONEN BANGSA
26 November 2013-
Palembang,  (Pendam II/Swj)
Serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan, merupakan upaya pembinaan satuan dan pembinaan personel yang dilakukan agar roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan  Darat dapat berjalan dengan lancar dan terus berlanjut, sehingga personel yang mengawaki TNI Angkatan Darat dari generasi ke generasi memiliki kapabilitas dan akseptabilitas serta responsibilitas yang tinggi.
Di samping itu, alih tugas dan jabatan merupakan bagian dari pola pengembangan integritas para Perwira dalam membangun kapasitas kepemimpinan dan manajerial di berbagai bidang tugas, dengan mengedepankan profesionalisme keprajuritan. Oleh karenanya, melalui alih tugas dan jabatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme serta pengalaman para Perwira guna membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien serta berhasil guna bagi kemajuan TNI Angkatan Darat. Sebagai satuan kewilayahan, Korem  042/Gapu memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI  berdasarkan Pancasila dan UUD 1945  serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah Provinsi Jambi dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara dalam rangka mendukung  tugas  pokok  Kodam  II/Swj. Profesionalitas dan kesiapsiagaan satuan merupakan prasyarat utama bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok. Dukungan segenap  komponen masyarakat dan kerja sama antar instansi merupakan hal yang sangat  penting,  sebagai faktor pelengkap keberhasilan. Hal tersebut mengingat bahwa sistem pertahanan yang kita anut adalah Sistem Pertahanan Semesta, dimana TNI sebagai komponen utama sedangkan rakyat dan sumber daya nasional lainnya sebagai komponen cadangan dan komponen  pendukung. Berkaitan dengan hal tersebut, komunikasi, koordinasi dan kerja sama dengan semua komponen bangsa harus terus dibangun dan dipelihara, sehingga tercipta situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan tugas-tugas bidang pertahanan atau tugas pokok TNI, khususnya di wilayah Provinsi Jambi.
Sebagai prajurit satuan kewilayahan, pahami dan implementasikan Lima Kemampuan Teritorial secara baik dan benar, sehingga pemberdayaan wilayah pertahanan sesuai yang  diamanatkan dalam UU RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI guna mewujudkan pertahanan negara yang tertata dengan baik, kuat  dan  handal  dapat  terwujud.
Kepada Kolonel Inf Eko B. Soepriyanto beserta istri dan Kolonel Inf Sapriadi Sip beserta istri, Pangdam mengucapkan terima kasih dan selamat jalan, semoga berhasil dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru. Kepada Kolonel Kav Marsudi Utomo beserta istri serta Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo beserta istri, saya ucapkan selamat bertugas pada jabatan baru di Kodam II/Swj sebagai Danrem 042/Gapu dan Asops Kasdam II/Swj.
Demikian sambutan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo pada acara Sertijab Danrem 042/Gapu Jambi dan Asops Kasdam II/Swj, Selasa 26 Nopember 2013, bertempat di gedung Sudirman Makodam II/Swj. Hadir pada acara tersebut, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten  dan  Dan/Ka Balakdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU, Ketua beserta  pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Swj.
Sumber, http://www.kodam-ii-sriwijaya.mil.id/index.php?module=newsdetail&id=2640

 ===================
Serah Terima Jabatan Pangdam I/BB, Aspers Kasad dan Kadispenad
Senin, 25 November 2013
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman memimpin serah terima jabatan Pangdam I/Bukit Barisan dari Mayjen TNI Burhanuddin Siagian kepada Mayjen TNI Istu Hari Subagio, Aspers Kasad dari Mayjen TNI Istu Hari Subagio kepada  Brigjen TNI Jaswandi, Kadispenad dari Brigjen TNI Rukman Ahmad kepada Kolonel Inf Andika Perkasa di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Senin (25/11). Kasad mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat  merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan,  bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karir bagi perwira yang bersangkutan. Untuk itu, Kasad menyampaikan pesan kepada Pangdam I/Bukit Barisan agar terus mengikuti setiap perkembangan  dan  merespon setiap dinamika perkembangan yang terjadi di wilayah tugasnya secara arif dan bijaksana, dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. “Lakukan langkah-langkah antisipasi dan upaya pencegahan terhadap gejala dan potensi terjadinya konflik komunal dan aksi anarkis yang dapat menghambat dinamika pembangunan nasional di wilayah tugasnya. Bangun komunikasi dan kedepankan pendekatan dialog dalam menyelesaikan setiap permasalahan”. Tegas Kasad. Sementara itu kepada Aspers Kasad,  Kasad berpesan bahwa  dihadapkan dengan pembinaan personel yang saat ini cukup kompleks dan dinamis, terutama stagnasi dalam pembinaan karir TOA/TOD, maka perlu dicarikan solusi terbaik. Kasad berharap agar staf Personel Angkatan Darat tidak boleh membiarkan stagnasi jabatan ini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu Kasad minta agar dilakukan   perencanaan dan  penyusunan prioritas arahan jabatan baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Pembinaan personel juga harus dilaksanakan secara jujur, obyektif dan transparan, serta berbasis kompetensi,  kinerja dan jenjang pendidikan, ujar Kasad. Sedangkan kepada Kolonel Inf Andika Perkasa selaku pejabat Kadispenad  agar terus meningkatkan upaya untuk membangun citra TNI AD dan membentuk opini positif di tengah masyarakat. “Tingkatkan kecepatan dan ketepatan dalam merespon pemberitaan di media massa yang berkaitan dengan TNI AD, dengan membangun komunikasi yang intens dengan media massa maupun pihak terkait”. Pinta Kasad. Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio sebelumnya menjabat sebagai Asisten Personel Kasad, sedangkan pejabat lama Mayjen TNI Burhanuddin Siagian akan memasuki masa purna tugas. Aspers Kasad Brigjen TNI Jaswandi sebelumnya menjabat sebagai Kasdam VII/Wrb. Brigjen TNI Rukman Ahmad selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Kasdam VII/Wrb, sedangkan Kadispenad Kolonel Inf Andika Perkasa sebelumnya menjabat Danrem 023/KS di Sibolga Kodam I/BB. sumber, http://www.tniad.mil.id
=================
Danrem 043/Gatam Memimpin Upacara Sertijab Dandim 0412/Lu Dan Dandim 0424/Tgm
Sabtu, 23 November 2013
Bertempat Aula Jenderal Sudirman Makorem 043/Gatam, hari Sabtu, (23/11), pukul 09.00 WIB, Komandan Korem 043/Gatam, Kolonel Inf Irwan S. Marpaung secara langsung
memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0412/LU dari Letnan Kolonel Inf Ayi Lesmana kepada Letnan Kolonel Inf Marzuki dan Jabatan Komandan Kodim 0424/Tgm dari Letnan Kolonel Inf Rionardo kepada Letnan Kolonel Inf Rusdian Parma. Mengawali amanatnya, Komandan Korem 043/Gatam menyampaikan   ucapkan terima kasih kepada Letnan Kolonel Inf  Ayi Lesmana dan  Letnan Kolonel Inf Rionardo yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam  memimpin  dan  membina Kodim  di satuan Jajaran  Korem  043/Garuda Hitam. Ucapan yang sama juga disampaikan oleh Komandan Korem  kepada Ibu Nia Ayi Lesmana dan Ibu Uut Rionardo yang dengan penuh kesetiaan telah mendampingi suaminya dalam melaksanakan   tugas  sebagai  Komandan Kodim  dan  sebagai Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang Jajaran Korem 043/Gatam. Selanjutnya, Komandan Korem 043/Gatam,  menyampaikan kepada Letnan Kolonel Inf Marzuki  dan Letnan Kolonel Inf  Rusdian  Parma,  saya  ucapkan  selamat  atas  kepercayaan  dan  kehormatan  yang  diberikan oleh Pimpinan    TNI  AD  untuk  memangku  jabatan  sebagai Komandan Kodim 0412/Lampung Utara dan  Komandan Kodim 0424/Tanggamus,   yang   baru.  Komandan Korem yakin dan percaya, dengan  berbekal pengalaman yang diperoleh selama saudara bertugas, mampu  untuk  mengemban tugas dan jabatan sebagai Komandan Kodim  yang  baru  dengan  sebaik - baiknya. Disampaikan pula oleh Komandan Korem bahwa pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI AD seperti yang sedang kita laksanakan pada    hari ini, merupakan  hal  yang biasa dan sebagai realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka regenerasi   serta  menjawab  tuntutan kebutuhan organisasi  guna mengoptimalkan kemampuan satuan dalam mendukung tugas pokok  Kodam II/Swj, khususnya Korem 043/Gatam. Dan Komandan Korem berharap, kepada Komandan Kodim  yang baru dapat mengoptimalkan pelaksanaan  tugas satuan  dan  laksanakan  kerja sama secara maksimal, baik dengan Pemerintah Daerah, Polri dan dengan instansi terkait  lainnya.

Kenali dan pahami karakteristik   daerah dari berbagai aspek yang ada, manfaatkan setiap kesempatan yang ada  untuk selalu berkomunikasi  langsung  dengan  Pemerintah Daerah, instansi  terkait  dan  segenap   komponen   masyarakat  yang ada di wilayah, guna mencegah terganggunya stabilitas keamanan  di daerah. Selanjutnya, dalam rangka upaya mewujudkan profesionalisme prajurit yang bertugas di satuan Kodim 0412/Lampung  Utara dan Kodim 0424/Tanggamus. Komandan Korem 043/Gatam, juga menekankan kepada  Komandan Kodim untuk  terus meningkatkan disiplin dengan mematuhi semua aturan dan  ketentuan  yang  berlaku, agar terhindar dari berbagai bentuk pelanggaran sekecil apapun, yang pada akhirnya merusak citra baik  pribadi,  keluarga  dan  satuan. Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Korem 043/Gatam menyampaikan  ucapkan terima kasih dan selamat jalan kepada Letnan Kolonel  Inf  Ayi  Lesmana  beserta  istri dan Letnan Kolonel  Inf Rionardo beserta istri,  semoga berhasil dalam melaksanakan tugas  di tempat yang baru.  Kepada  Letnan  Kolonel Inf  Marzuki dan Letnan Kolonel Inf  Rusdian  Parma yang secara resmi telah menjabat sebagai Komandan Kodim 0412/Lampung Utara dan  Komandan Kodim 0424/Tanggamus,  Komandan Korem 043/Gatam  ucapkan  selamat  bertugas dan semoga sukses di satuan  jajaran  Korem 043/Gatam. Turut hadir dalam Upacara tersebut, Kasrem 043/Gatam, Para Komandan Kodim Jajaran Korem  043/Gatam, Para  Kasi Korem 043/Gatam,  Danyonif 143/Tri Wira Eka Jaya, Para Dan / Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Dan / Ka Balak Korem 043/Gatam,  Ketua    Persit    Kartika   Chandra   Kirana Koorcab Korem 043/Gatam beserta pengurus dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang sejajaran Korem 043/Gatam serta perwakilan Para Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil.
sumber, http://www.korem-043-gatam.mil.id
---------------------
Tongkat Komando Komandan Kodim 0808 Diserah Terimakan
Madiun, 20 November 2013-
Mutasi dalam sebuah institusi TNI AD atau organisasi merupakan sebuah proses alami yang harus dijalani untuk memberikan penyegaran serta wawasan yang lebih luas agar institusi dapat berkembang dengan baik. Serah terima jabatan dapat dijadikan momentum penting dalam pengembangan karier, karena dengan beban tugas dan tanggungjawab yang lebih besar dan variatif bagi perwira yang melaksanakan serah terima jabatan.
Bertempat di Aula Makorem 081/Dhirotsaha Jaya, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Widodo Iryansyah, S.Sos.MM memimpin acara serah terima jabatan Komandan Kodim 0808/Blitar, Rabu (20/11). Letkol Arm Tejo Widhuro,S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon Armed 6/76 Kodam VII/Wirabuana dipercaya memimpin Kodim 0808/Blitar menggantikan Letkol Inf Sunaryo yang akan melaksanakan tugas dan jabatan baru sebagai Waasintel Kasdam V/Brawijaya
Pelaksanaan sertijab ini diawali dengan tradisi pelepasan dan penerimaan warga baru yang dilaksanakan dengan penciuman Duwaja Korem 081/DSJ. Dalam sambutannya Komandan Korem menyampaikan “Serah terima jabatan di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan satuan dan pembinaan personel. Terutama untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktifitas satuan serta pengembangan karier Perwira yang bersangkutan. Pergantian pejabat Dandim diharapkan dapat memelihara ritme jalannya pembinaan teritorial di wilayah, melalui semangat penyegaran dan kreatifitas pemikiran dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok.
Oleh karenanya, dengan dinamika perkembangan situasi di wilayah yang semakin kompleks permasalahan, saya berharap agar terus berupaya membangun dan menciptakan komunikasi, dialog dan interaksi yang intensif dengan aparat terkait dan komponen masyarakat lainnya dengan dilandasi semangat kebersamaan dan kesetaraan dalam bingkai kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui tampilan sosok prajurit yang disegani, dicintai serta mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat bagi terwujudnya sinergitas yang kokoh dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang berkembang di wilayah.
Diakhir sambutannya Danrem 081/DSJ, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Inf Sunaryo beserta istri yang telah melaksanakan tugasnya selama ini dengan baik. Sedangkan kepada Letkol Arm Tejo Widhuro,S.Sos yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI-AD menjabat sebagai Komandan Kodim 0808/Blitar, diucapkan selamat datang dan selamat bertugas di jajaran Korem 081/DSJ disertai harapan semoga akan lebih menambah kemajuan yang berarti dimasa mendatang. Hadir dalam acara tersebut Kasrem Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto, S.E beserta para Kasi Korem 081/DSJ, seluruh  Dandim Jajaran Korem 081/DSJ, Dan/Ka Satdisjan wilayah Madiun, Ketua dan Pengurus Persit KCK Koorcab Korem, Perwira Staf Korem dan perwakilan Bintara, Tamtama serta Anggota PNS Korem 081/DSJ juga perwakilan pernonel dari Kodim 0808/Blitar [NNK]
sumber, http://korem081madiun.com/index.php/component/content/article/5-singkat/783-tongkat-komando-komandan-kodim-0808-diserah-terimakan