Kamis, 19 November 2009

SERTIJAB 10-12 PEBRUARI 2010



Sertijab Pangdam I/BB
12 Februari 2010

fhoto.kali/sc
SALAM Komando. Letjen TNI Burhanuddin Amin (Kiri) Kasad TNI Jenderal TNI George Toisutta dan Mayjen TNI M. Noer Muis S.IP (Pangdam I BB)

Mayjen TNI M Noer Muis, S.IP, MSC resmi dilantik menjadi Panglima Kodam I/BB oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI George Toisutta di Lapangan Makodam I/BB, Jln Binjai 7,5 Medan, Jumat (12/2). 
Kepala Penerangan Kodam I/BB, Letkol CAj Asren Nasution menyebutkan, Mayjen TNI M Noer Muis menggantikan Letjen TNI Burhanudin Amin karena diangkat menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Rotasi dan mutasi penugasan Pangdam itu didasarkan pada Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/7/I/2010 yang ditandangani Panglima TNI Djoko Santoso, tertanggal 11 Januari 2010.
Dijelaskan Asren, M Noer Moes merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1976. Dia merupakan putra berdarah minang kelahiran, Kuala Simpang, Naggroe Aceh Darussalam (NAD), 22 Agustus 1953. Kata Asren, sebelum menjabat Pangdam I/BB, sejumlah jabatan penting di jajaran TNI AD pernah dijabat Mayjen TNI M Noer Muis. Diantaranya, Pangdam XVI/Pattimura, Kaskostrad, Pangdivif-1 Kostrad, Kasdam IV/Diponegoro, Kasgartap-I/Jakarta, Pati Ahli Kasad Bidang, Iptek dan Wagub Akmil. Kemudian, dia juga pernah menjabat Pamen Ahli Kasad Bidang Hukum, Pamen Mabesad, Danrem-164/WD DAM-IX/Udayana dan sejumlah jabatan penting lainya.

 Masih kata Asren, Suami Nani Hendrawati dengan dua putri Ayutyas Angraeni dan Lelita Laraswati ini juga pernah menjalani berbagai tugas ke luar negeri, seperti di Irak, Jerman Barat, Australia, Thailand, Rusia dan Malaysia.
Sedangkan Letjen TNI Burhanudin Amin mendapat tugas baru menjadi Pangkostrad. Dia bukanlan orang baru di lingkungan Kostrad. Sebab, Dia pernah menjadi Danyonif 412 Kostrad di Purworejo. Berikutnya, Kasbrig 6/Kostrad di Solo, Waas Intel Kostrad di Jakarta. Kemudian Danbrigif 6 /Kostrad di Solo, Asintel Kostrad di Jakarta, dan Kasdiv 1 Kostrad di Cilodong.
”Pak Burhanudin Amin memang meniti karir militernya di Kostrad. Hal itu sejak Dia berpangkat Letkol hingga Brigjen,” papar Asren.

 Masih kata Asren, sejak Kamis kemarin, Burhanudin Amin resmi menyandang bintang tiga, Letnan Jenderal (Letjen). Kenaikan pangkat satu tingkat itu didasarkan pada Keppres RI No: 04/TNI/2010 tertanggal, 5 Februari 2010 tentang kenaikan pangkat ke/ dalam golongan Pati TNI. ”Berdasarkan Keppres Nomor  4 tahun 2010, maka resmilah Pak Burhanudin Amin menjadi Letnan Jenderal TNI. Dan itu jarang terjadi, sebab biasanya kenaikan pangkat setelah menduduki jabatan baru,” tukas Asren. http://www.sumutcyber.com


MUTASI JABATAN DI JAJARAN TNI
Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/77/II/2010 tanggal 12 Februari 2010
Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/77/II/2010 tanggal 12 Februari 2010, telah diputuskan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang terdiri dari : 15 orang di jajaran Mabes TNI, 7 orang di jajaran TNI AD, 27 orang di jajaran TNI AL, 14 orang di jajaran TNI AU, 4 orang di jajaran Kemenhan, 4 orang di jajaran Polhukam, 1 orang di jajaran BIN, 1 orang di jajaran Lemhannas dan 1 orang di jajaran Bais TNI.

Dalam mutasi tersebut tercatat sebagai berikut : 32 orang mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama diantaranya : Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, M.BA., dari Sekjen Kementerian Pertahanan menjadi Wakil Menteri Pertahanan, Mayjen TNI Nanak Purnama, S.E., dari Pa Sahli Tk. III Bid Polkamnas Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Brigjen TNI Supriyadi, S.IP., dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Waaskomlek Panglima TNI, Brigjen TNI Saptadji Siswaya, S.H., dari Irpeg Itjen Kementerian Pertahanan menjadi Karopeg Setjen Kementerian Pertahanan, Laksma TNI Drs. Dadang Irawan, M.A., dari Asdep 5/IV Ur. Kerjasama Pertahanan Kemenko Polhukam menjadi Staf Ahli Bid. Wilayah dan Tata Ruang Nasional Kemenko Polhukam, Laksma TNI Iskandar Sitompul, S.E., dari Kadispenal menjadi Danlantamal III, Laksda TNI Hardiwan, M.D.A., M.M, dari Aslog Kasal menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Rachmad Sanyoto, dari Pa Sahli Tk. II Indag Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI menjadi Waaslog Kasal, Brigjen TNI (Mar) Arief Suherman, dari Wadankobangdikal menjadi Pa Sahli Tk. II Indag Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI, Laksda TNI Among Margono, S.E., dari Danseskoal menjadi Pangarmatim, Laksda Didi Setiadi dari Gubernur AAL menjadi Danseskoal, Marsma TNI Hadiyan Suminta A, dari Pangkosek Hanudnas IV menjadi Danlanud Adi dan Marsma TNI Ida Bagus Putu Dunia, dari Danlanud Hnd menjadi Pangkosek Hanudnas IV.

25 orang promosi jabatan diantaranya : Brigjen TNI H. Meiyanto Rachmat, dari Waaskomlek Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid Polkamnas Panglima TNI, Brigjen TNI Sutarno Soepodo, S.H., dari Pa Sahli Tk. II Ekku Bid Ekkudag Panglima TNI menjadi Danpuspomad, Kolonel Inf Muhamad Mashuri, dari Danrem 08-4/Bj Kodam V/Brw menjadi Kaposwil NTB BIN, Laksma TNI Drs. Jhonny Elly Awuy, dari Danlantamal III menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Kawasan Khusus & LH Panglima TNI, Laksma TNI Yamanto dari Waaslog Kasal menjadi Aslog Kasal, Laksma TNI Bambang Suwarto, dari Wadan Seskoal menjadi Gubernur AAL, Kolonel Mar Stuman Panjaitan dari Wadanlantamal VI menjadi Danpasmar II Kormar, Kolonel Laut (P) Edi Andi rawuh dari Asbin Itjenal menjadi Iropslat Itjenal, Kolonel Ctp Sutrisno, dari Wadirtopad menjadi Dirtopal, Marsma TNI Agus Munandar dari Danlanud Adi menjadi Pangkoopsau II, Marsma TNI Ign. Basuki, dari Waasops Kasau menjadi Danseskoau, Kolonel Pnb Agus Supriatna, dari Paban Utama B-3 Dit B Bais TNI menjadi Danlanud Hnd dan Kolonel Pnb Ismono Wijayanto, dari Pamen Sopsau menjadi Danlanud Iwj.

17 orang dalam rangka pensiun diantaranya : Letjen TNI (Mar) Safzen Noerdin, S.IP., dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL, Brigjen TNI Sri Moeljarso, dari Karopeg Setjen Kementerian Pertahanan penjadi Pati Mabes TNI AD, Brigjen TNI Edy Budi Utomo, dari Kaposwil NTB BIN menjadi Pati Mabes TNI AD, Mayjen TNI Subagdja Djiwapradja, dari Danpuspomad menjadi Pati Mabes TNI AD, Brigjen TNI Drs Ismail, S.E, dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD, Brigjen TNI Heroes DN., S.E., dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD, Marsma TNI Djumadi AR, dari Waaspers Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU dan Laksma TNI Djoko Partono, dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL. (Puspen TNI/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id


DANREM 143/HALU OLEO PIMPIN SERTIJAB DANDIM 1413/BUTON
12 Pebruari 2010
Komandan Korem 143/Halu Oleo Kolonel Inf Iskandar M.S. selaku Inspertur Upacara pada Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodim 1413/Buton hari Jumat pukul 09.00 WITA tanggal 12 Februari 2010.

Serah terima jabatan Komandan Kodim 1413/Buton dari Letnan Kolonel Arm Ganef Suwondo, S.IP., kepada Letnan Kolonel Inf Joni Pardede, S.Sos., dilaksanakan di lapangan Upacara Makodim 1413/Buton Kota Bau-Bau Provinsi Sulawesi Tenggara.
Upacara Serah terima jabatan tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara dilanjutkan penanggalan tanda jabatan dan Tongkat Komando dari Dandim lama selanjutnya diserahkan kepada Dandim yang baru kemudian penanda tanganan serah terima jabatan yang disaksikan oleh Inspektur Upacara.
Dalam amanat Inspektur Upacara menyampaikan bahwa pergantian jabatan dalam lingkup TNI AD merupakan hal yang biasa dilakukan selain untuk kepentingan organisasi juga merupakan upaya untuk memberikan pengalamam, wawasan berpikir, kematangan dalam melaksanakan tugas dan diharapkan dapat menumbuhkan kesegaran serta semangat yang baru sehingga kinerja satuan dapat ditingkatkan.

Hadir pada upacara serah terima jabatan Komandan Kodim 1413/Buton tersebut adalah Muspida Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Bombana serta tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat Kota Bau-Bau.
Setelah upacara serah terima jabatan Komandan Kodim 1413/Buton dilanjutkan acara serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Chandra kirana Cabang Kodim 1413/Buton dari Ny. Ganef Suwondo kepada Ny. Joni Pardede diruang Persit Kodim 1413/Buton dan acara lepas sambut di Aula Makodim 1413/Buton. (Penrem 143/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id