Sabtu, 21 Maret 2015

SERTIJAB 7-14 MARET 2015

Sertijab Danyonif 408/Suhbrastha
Sragen, 12 Maret 2015-
Bertempat di lapangan Yonif 408/Suhbrastha, dilaksanakan upacara serah terima jabatan Komandan Yonif 408/Suhbrastha  dari Mayor Inf   Ahmad Hadi Hariono kepada Mayor Inf Andy Bagus Diyan Arika, dengan inspektur upacara Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari, S.IP.

Dalam amanatnya, Danrem 074/Wrt mengatakan bahwa alih tugas dan jabatan di lingkungan Korem 074/Warastratama adalah merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan personel dalam dimensi kepemimpinan, manajemen serta profesionlisme keprajuritan. Didalam organisasi militer penyiapan personel untuk dapat memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan organisasi diperlukan adanya pembinaan yang tepat, dengan pemberian wawasan dan pengalaman melalui pemberian jabatan yang bervariatif.  Oleh karena itu, pergantian jabatan seperti halnya pergantian Danyonif  408 / Suhbrastha  yang  tengah kita ikuti ini, selain menciptakan suasana segar dengan datangnya pimpinan baru, juga dalam rangka mengembangkan kemampuan personel.   Selain itu juga Danrem 074/Wrt menambahkan bahwa jabatan adalah sebuah amanah, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh bangsa dan negara yang harus disyukuri dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk dapat dipertanggungjawabkan, tidak saja kepada pimpinan dan bawahan tetapi lebih penting lagi dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Hadir pada acara tersebut Muspida Kabupaten Sragen, para Dandim, Dan/Ka/Pa Sadisjan, Kasi dan Pasus Jajaran Korem 074/Wrt
sumber, http://kodam4.mil.id/?p=4996
------------------------------------------------
4 PEJABAT KODAM II/SWJ DISERAH TERIMAKAN
Rabu, 11 Maret 2015 (17:41)
Palembang, (Pendam II/Swj).
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, SE menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada acara Serah terima Jabatan (Sertijab) 4 orang Pamen Kodam II/Swj, yakni Asops Kasdam II/Swj dari Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo, S.I.P. kepada Letnan Kolonel Inf Danny Alkadrie, Aslog Kasdam II/Swj dari Kolonel Czi Fathur Rochman kepada Letnan Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto dan Kajasdam
II/Swj dari Kolonel Inf Norman Saito kepada Letnan Kolonel Inf Era Hernanto serta penyerahan Tugas Jabatan Kapuskodalopsdam II/Swj dari Letnan
Kolonel Inf Kokok Suprabowo kepada Pangdam II/Swj,  Rabu (11/3/15) di Gedung Sudirman Makodam II/Swj, Jln. Jendral Sudirman Km. 2,5 Palembang.
Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan ucapan selamat kepada Letnan Kolonel Inf Danny Alkadrie, Letnan Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto dan Letnan Kolonel Inf Era Hernanto, masing-masing beserta istri, atas pengangkatan pada jabatan yang baru sebagai Asops  Kasdam  II/Swj,  Aslog  Kasdam  II/Swj dan Kajasdam II/Swj. “Saya yakin dan percaya dengan berbekal wawasan, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, para Pamen akan mampu mengemban amanah yang dipercayakan oleh Pimpinan Angkatan Darat ini dengan sebaik-baiknya, “ujar Pangdam.
Ditegaskan Pangdam bahwa, pejabat Asisten Operasi dituntut untuk mampu menjalankan fungsinya secara optimal, terutama dalam bidang perencanaan latihan, operasi dan organisasi  satuan yang ada  serta pengendalian penyiapan kekuatan satuan, sehingga tercipta satuan yang handal. Begitu juga dengan Aslog Kasdam II/Swj, yang bertugas membantu pimpinan dalam menyelenggarakan   fungsi   Staf  Umum  di  bidang Logistik, terapkan tertib administrasi guna menghindari terjadinya penyimpangan, baik  dalam administrasi umum maupun administrasi keuangan.  Selanjutnya Kajasdam II/Swj, sebagai salah satu badan pelaksana Kodam, memiliki peran dalam penyelenggaraan fungsi jasmani militer, lakukan pembinaan jasmani secara terencana, terprogram, teratur dan kontinue  agar   para  prajurit   dan  PNS  Kodam II/Swj  selalu berada dalam kondisi kesamaptaan jasmani yang prima. Selain itu, Pangdam juga menekankan, agar seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj meningkatkan kemampuan bela diri militer Yong Moodo. “Khusus untuk prajurit Satpur dan Satbanpur, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama wajib memiliki kemampuan BDM hingga kualifikasi sabuk hitam atau Dan 1 terhitung mulai 1 April 2015, ”tandas Pangdam. Hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten  dan  Dan/Ka Balakdam II/Swj, LO AL dan LO  AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Swj.
sumber, http://www.kodam-ii-sriwijaya.mil.id/index.php?module=newsdetail&id=4276
--------------------
DANKODIKLAT TNI PIMPIN SERTIJAB DANPUSDIKBANGSPES
KODIKLAT TNI (11/03/2015),-
Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra, bertindak sebagai Irup pada acara Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pusat Pendidikan Pengembangan Spesialisasi (Pusdikbangspes) Kodiklat TNI dari Marsekal Pertama TNI Emir Panji Dermawan kepada Marsekal Pertama TNI Imron Nasutioan. Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di Mako Kodiklat TNI, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (11/03/15).
Kedua pejabat yang sedang melaksanakan sertijab tersebut merupakan dari Matra TNI AU.   TNI Emir Panji Dermawan menduduki jabatan baru sebagai Wadan Sesko TNI AU yang berkedudukan di Lembang Jawa Barat. Sedangkan pejabat baru Danpusdikbangspes Marsekal Pertama TNI Imron Nasution sebelumnya menjabat sebagai Kasgartap II Bandung.
Dankodiklat TNI mengatakan bahwa, serah terima jabatan merupakan proses dinamisasi dan pembinaan organisasi.  Dari sisi dinamisasi organisasi, serah terima jabatan merupakan keharusan dalam suatu rotasi jabatan, guna memelihara momentum, penampilan dan penyegaran organisasi dalam mengemban tugas pokoknya. Sedangkan dari sisi pembinaan organisasi, serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan personel dalam rangka regenerasi dan pengembangan karier, guna meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja, sesuai peran, tugas pokok, dan fungsi organisasi serta merupakan wujud penghargaan Negara dan TNI kepada prajurit TNI atas prestasi dan pengabdiannya kepada Negara dan Bangsa.
Turut hadir dalam acara tersebut antara lain: Wadan Brigjen TNI Heronimus Guru, Dirum Brigjen TNI Udin Supidin, Ir Brigjen TNI Bamang Sugiharto, Dirlat Brigjen TNI Surawahadi, Direvbang Laksma TNI Guguk Handayani, Dirdok Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto, Danpusdikma Laksma TNI Aswad,S.E,M.M,. Setelah upacara selesai dilanjutkan acara ramah tamah di Lobi gedung utama Soedirman Kodiklat TNI. (Pen) sumber, http://kodiklat-tni.mil.id/kodiklat/?view=berita-detil&idb=80
------------------
PANGDAM I/BB : JABATAN ADALAH KEPERCAYAAN DAN AMANAH
Medan, 10 Maret 2015-
Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri menyaksikan penandatangan Naskah Serah Terima Jabatan pada upacara Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Asrendam I/BB dari Kolonel Arh Chandra Wijaya kepada Letkol Inf Heri Rustandi dan Asops Kasdam I/BB dari Kolonel Inf Agus Subiyanto, S.E., M.Si. kepada Letkol Inf Hari Rahardjanto, S.Sos di Serambi Kehormatan Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (10/3).
Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri pimpin
Upacara Serah Terima Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Jabatan Asrendam I/BB dari Kolonel Arh Chandra Wijaya kepada Letkol Inf Heri Rustandi dan Asop Kasdam I/BB dari Kolonel Inf Agus Subiyanto, S.E., M.Si. kepada Letkol Inf Hari Rahardjanto, S.Sos di Serambi Kehormatan Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (10/3). Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Edy Rahmayadi yang di bacakan Kasdam I/BB mengatakan jabatan adalah kepercayaan dan amanah yang harus diterima dengan rasa syukur dan dipertanggungjawabkan kepada satuan dan Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu laksanakan tugas dengan dedikasi dan loyalitas tinggi, tanamkan tekad untuk dapat memberikan yang terbaik disertai kerja keras dalam meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya. Alih jabatan ini merupakan sebagai bagian dari dinamika kehidupan organisasi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan. Kita ketahui bahwa tugas pokok Asrendam I/BB menyiapkan rencana Renstra TNI AD, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan program dan anggaran serta merencanakan, mengatur dan mengendalikan penyelenggaraan pengkajian terhadap pelaksanaan sistem, doktrin dan prosedur operasi, selain itu juga melaksanakan analisa evaluasi atas pelaksanaan program dan anggaran kodam serta mempersiapkan laporannya. Sedangkan tugas pokok Asops Kasdam I/BB menyelenggarakn fungsi staf umum di bidang pembinaan dan pengendalian kekuatan dan operasi serta latihan satuan dalam rangka peningkatan mutu tempur juga membina dan mengendalikan penyelenggaraan pembinaan jasmani militer dan mengendalikan penyelenggaraan ruang pusat komando pengendalian Kodam I/BB.
Lebih lanjut Kasdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Arh Chandra Wijaya dan Kolonel Inf Agus Subiyanto, S.E., M.Si. beserta istri yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, selamat jalan dan sukses menempuh pendidikan Sesko TNI. Kepada Letkol Inf Heri Rustandi dan Letkol Inf Hari Rahardjanto, S.Sos. beserta istri, selamat bertugas, segera beradaptasi dan kembangkan hasil yang telah dicapai oleh pejabat lama dan lakukan analisa serta pengkajian terhadap berbagai permasalahan, untuk dapat menjawab perkembangan dan perubahan yang dinamis. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama.
Hadir dalam acara tersebut Para Danrem, Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Sahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dansat BS Kodam I/BB, Ketua KCK PD I/BB, Wakil Ketua KCK PD I/BB beserta para pengurus Persit KCK PD I/BB.
sumber, http://kodam1-bukitbarisan.mil.id/2015/03/10/pangdam-ibb-jabatan-adalah-kepercayaan-dan-amanah/
--------------------------------------------
Acara Tradisi Dan Sertijab Pejabat Kodam IX/Udayana
10 Maret 2015-
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro Sebagai Irup Pada acara acara serah terima jabatan Asrendam dari Kolonel Kav Agustinus Purboyo, S.I.P kepada Letnan Kolonel Inf Eko Hariyanto, Asintel Kasdam dari Kolonel Czi Budi Hariswanto kepada Letnan Kolonel Inf Bayu Permana dan Asops Kasdam dari Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.I.P kepada Kolonel Inf Susilo Selasa (10/3) di Hall Makodam IX/Udayana. Mengawali amanantnya Pangdam menyampaikan bahwa Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa serah terima jabatan di dalam organisasi TNI Angkatan Darat seperti yang baru kita laksanakan merupakan hal biasa yang pada hakikatnya merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi sebagai upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam IX/Udayana. Di samping itu serah terima jabatan juga dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan manajerial kepemimpinan para perwira sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier.
Selanjutnya Pangdam menyampaikan tentang peran dan tugas dari masing-masing Asisten. Asisten Perencanaan merupakan pejabat fungsional yang berperan dalam merencanakan kebutuhan pembangunan kekuatan Kodam. Oleh karena itu, Asisten Perencanaan yang baru harus mampu memilah dan memilih, serta membuat skala prioritas dalam membangun Kodam IX/Udayana, Asisten Intelijen harus memiliki kemampuan intelektual maupun kepekaan dan ketajaman naluri yang tinggi dalam menganalisa setiap permasalahan yang akan terjadi maupun yang sudah terjadi. Hal ini saya sampaikan mengingat aparat intelijen merupakan mata dan telinga Komando dalam mendeteksi secara dini setiap isu atau perkembangan yang terjadi khususnya berkaitan dengan masalah yang dapat menimbulkan keresahan atau instabilitas pertahanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Untuk itulah, Asisten Intelijen yang baru harus mampu memberikan informasi aktual dan faktual dengan prinsip cepat, tepat dan akurat. Selanjutnya Asisten Operasi yang merupakan kepanjangan tangan saya dalam menyelenggarakan kegiatan fungsi Staf Umum di bidang operasi dan latihan harus mampu menyiapkan dan mengkoordinasikan pengendalian kekuatan Kodam, asistensi dan pengawasan pelaksanaan latihan satuan dalam rangka peningkatan mutu tempur dan kesiapan operasional.
Mengakhiri amanatnya Pangdam mengingatkan bahwa wilayah Kodam IX/Udayana yang sering disebut miniaturnya Indonesia memiliki potensi konflik yang tinggi, yaitu selain masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya yang berbeda juga wilayah darat Provinsi Nusa Tenggara Timur berbatasan langsung dengan negara tetangga RDTL (Republik Demokratik Timor Leste) sehingga rawan menimbulkan permasalahan di perbatasan, misalnya penyelundupan BBM, imigran gelap, bahan kebutuhan pokok dan lain-lainnya. Selanjutnya diakhir amanat Pangdam mengucapkan selamat jalan dan selamat menempuh pendidikan kepada Kolonel Kav Agustinus Purboyo, S.I.P, Kolonel Czi Budi Hariswanto dan Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.I.P. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti sehingga proses pendidikan dapat dijalani dengan baik. Kemudian, sekali lagi kepada Letnan Kolonel Inf Eko Hariyanto, Letnan Kolonel Inf Bayu Permana dan Kolonel Inf Susilo saya ucapkan selamat bertugas. Termasuk para isteri segera ikut dan menyesuaikan dalam organisasi Persit. Hadir Pada acara Serah Terima Jabatan Pejabat Kodam IX/Udayana diantaranya Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU serta para Dan/Ka Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana Ibu Ketua, Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/ Udayana.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/03/acara-tradisi-dan-sertijab-pejabat-kodam-ixudayana/