Kamis, 21 Juli 2016

14-21 Juli 2016

Kolonel Inf Fajar Setyawan S.I.P. Resmi Pimpin Korem 072/Pamungkas
= Kamis 21 Juli 2016 =
Malang, Kamis (21/7/2016) Secara resmi tongkat pimpinan Korem 072/Pamungkas diserahterimakan dari Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono kepada Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P. Acara ini di pimpin langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi di gedung Kodam IV/Diponegoro Semarang.
Serah terima jabatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel. Melalui pergantian pejabat, diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan TNI Angkatan Darat, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing.

Sebagai Sub Kompartemen Strategis, Korem 072/Pamungkas dituntut untuk mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas dalam bidang perencanaan, pembinaan dan operasi, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengawasi pelaksanaan peningkatan kemampuan personel serta pembinaan teritorial. Korem 072/Pamungkas mengemban misi strategis dalam gelar kekuatan matra darat pada konteks Pembinaan Kewilayahan, dimana wilayahnya memiliki karakteristik yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat. Untuk itu, penanganan secara komprehensif, terpadu dan lintas sektoral dengan Pemerintah Daerah, maupun instansi dan pihak terkait, disertai pelibatan partisipasi masyarakat, harus selalu diutamakan dan dikedepankan oleh satuan kewilayahan guna menciptakan kondisi sosial yang aman dan kondusif.
Sebelum menduduki jabatan sebagai Danrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P. menjabat sebagai Danrem 083/Baladhika Jaya selama 1 tahun 1 bulan. Sebagai Prajurit TNI AD Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P. selama menjabat Danrem 083/Baladhika Jaya sudah banyak memberikan prestasi kerja diantaranya pembinaann territorial, pengamanan demo, pengamanan teroris yang terjadi di Malang, pengamanan Haul Syi’ah yang dipusatkan di Pasuruan dan Bondowoso. Selain itu, prestasi mengharumkan ditorehkan Yonif 512/Qy yang sekarang menjadi Batalyon Mekanis 512/Qy yang merupakan satu-satunya Batalyon Infanteri yang dimiliki oleh Korem 083/Baladhika Jaya telah berhasil mendapat predikat Juara II lomba Ton Tangkas periode II TA. 2015 dari 15 Kontingen TNI AD se-Indonesia. Prestasi lainnya selama menjabat sebagai Danrem 083/Baladhika Jaya yaitu sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Jenderal Sudirman Cup 2015 yang diikuti oleh club-club sepakbola seluruh Indonesia. (Penrem 083/Bdj).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/kolonel-inf-fajar-setyawan-s-i-p-resmi-pimpin-korem-072pamungkas/

Kolonel Inf Agus Sasmita Resmi Jabat Danpusdiklatpassus Kopassus
= Kamis 21 Juli 2016 =
Kolonel Inf Agus Sasmita resmi menjabat Komandan Pusdiklatpassus Kopassus menggantikan Kolonel Inf Kartika Adi Putranto dalam suatu upacara serah terima jabatan yang dipimpin oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI M. Herindra di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Bandung Barat (Kamis, 21/7). Bersamaan dengan itu, dilaksanakan pula serah terima jabatan Asren Danjen Kopassus dari Kolonel Inf Agus Sasmita kepada Letkol Inf Lucky Avianto, Komandan Grup-2 Kopassus dari Kolonel Inf Rafael Granada Baay kepada Letkol Inf Deddy Suryadi, penyerahan jabatan Pamen Ahli Danjen Kopassus Bidang Sandi Yudha kepada Kolonel Inf Jimmy Watuseke dan serah terima Komandan Detasemen Markas Kopassus dari Letkol Inf Aulia Dwi Nasrullah kepada Letkol Inf Josep Dat Dariyamanta Surbakti.
Dalam amanatnya, Danjen Kopassus, Mayjen TNI M. Herindra  mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat lama, atas dedikasi serta pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya masing-masing di lingkungan Kopassus. Termasuk kepada para istri yang telah mendampingi suami dan membina organisasi Persit Kartika Chandra Kirana di satuannya masing-masing. Dengan ucapan selamat menyongsong tugas dan jabatan berikutnya di kesatuan yang baru. Selanjutnya kepada para pejabat yang baru, Danjen Kopassus berpesan agar dapat mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, dilandasi oleh kemauan yang kuat untuk berbuat yang terbaik dalam menjalankan setiap tugas. Danjen Kopassus juga mengingatkan kepada seluruh pejabat Kopassus untuk menyosialisasikan pesan Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo saat melaksanakan kunjungan kerja ke Grup-2 Kartosuro, Solo yang berbunyi “Kopassus Patriot Indonesia Sejati, Tak Gentar Mati Demi Menegakkan NKRI”. Danjen menyampaikan bahwa kata patriot sejati berarti prajurit Kopassus adalah pecinta/pembela tanah air, yang harus rela berkorban secara ikhlas kepada bangsa dan negaranya. Patriotisme tersebut wajib ditempatkan diatas segalanya bagi kepentingan bangsa dan negara sebagai landasan kejiwaan bagi berdirinya pilar-pilar profesionalisme yang lain. Kecintaan terhadap tanah air harus diwujudkan setiap saat dalam gerak, langkah dan tindakan pengabdian sebagai prajurit Kopassus demi membela tanah air. Danjen Kopassus juga menegaskan bahwa kata patriot sejati adalah gelar kepribadian, bukan mengindikasikan tinggi rendahnya pangkat.  Seorang prajurit bukan hanya “sebaiknya” berkepribadian  sejati, melainkan “harus” dan “pasti” sejati. Sebab keprajuritan adalah keteguhan mempertahankan prinsip, kebenaran menegakkan keyakinan serta “ketenangan jiwa” untuk meletakkan pengorbanan jiwa dan raga pada harga yang tidak lebih mahal dibandingkan keyakinan akan kebenaran.
Hal tersebut sesuai dengan tugas pokok yang diamanatkan TNI Angkatan Darat sebagai bagian integral dari TNI, yaitu “menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara”, sebagaimana tercantum pada pasal 7 Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam upacara serah terima jabatan tersebut, diikuti pula serah terima Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang III Grup-2 dan Cabang IV Pusdiklatpassus oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus, serta tradisi korps pelepasan dan penerimaan Perwira Kopassus di Gedung Soedirman, Pusdiklatpassus. Para Perwira yang dilepas adalah Kolonel Inf Kartika Adi Putranta yang akan menjabat sebagai Dirbinsen Pussenif Kodiklat TNI AD, Kolonel Inf Rafael Granada Baay sebagai Danrindam VII/Wirabuana, Letkol Inf Aulia Dwi Nasrullah yang akan menjabat Dandim 0623/Cilegon, Letkol Inf Kurniawan sebagai Dandim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Faisol Izuddin Karimi, Letkol Inf Dwi Yanu Lutfi Saleh dan Mayor Inf Irfan Amir yang akan bertugas di Paspamres. Sedangkan Perwira yang diterima adalah Kolonel Inf Jimmy Watuseke sebagai Pamen Ahli Danjen Kopassus Bidang Sandha, dan Letkol Inf Safta Feryansyah sebagai Waasintel Danjen Kopassus. Hadir dalam sertijab, para Pamen Ahli Danjen Kopassus, Ir. Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, para Dansat jajaran Kopassus masing-masing beserta Istri, para Kabalak Kopassus Kopassus, Danse jajaran Pusdiklatpaasus Kopassus, Dansat jajaran Grup 2 Kopassus, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus beserta segenap Pengurus, Ketua Ranting dan Anak Ranting jajaran Persit serta undangan yang berasal dari Bandung dan Solo.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/kolonel-inf-agus-sasmita-resmi-jabat-danpusdiklatpassus-kopassus/

Letkol Czi Alfius Jabat Dandim 1016/Plk
= Rabu 20 Juli 2016 =
Palangka Raya, Komandan Korem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto memimpin serah terima Jabatan danTradisi Dandim 1016/Plk dari Letkol Arm Heri Suprapto, S.Pd kepada Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdianto Qtc. Mmgt Stud, Rabu (20/07/ 2016) di Aula Korem 102/Pjg Jl. Imam Bonjol No 05 Palangka Raya, Hadir pada acara tersebut Kasrem 102/Pjg Letkol Kav Enda Mora Harahap, S.Sos, Para Dandim, Danyonif 631/Atg, Dan/Kabalakrem, Dan/Kabalak Aju, Para Kasi Korem, Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr. Dalam sambutanya Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto menyampaikan Alih tugas dan tanggung jawab jabatan adalah dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan pembinaan satuan, terutama yang terkait dengan kebutuhan organisasi dalam menyongsong tantangan tugas mendatang. “hal ini merupakan upaya penyegaran dan sekaligus bagian dari upaya peningkatan kinerja satuan. Pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI AD khususnya di jajaran Korem 102/Pjg, merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka kebutuhan organisasi dan regenerasi, guna meng-optimalkan kemampuan satuan dalam mendukung tugas pokok Korem 102/Pjg”, tuturnya. Melalui serah terima jabatan tersebut, Danrem mengharapkan menjadi pemicu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru guna memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan Angkatan Darat, bangsa dan negara.
Letkol Arm Heri Suprapto, selanjutnya menjabat sebagai Katuud Spersad sedangkan Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto, sebelumnya menjabat sebagai Danyon Zipur 6/SD Kodam XII/Tpr.
Selain sertijab Dandim 1016/Plk juga dilakukan tradisi penerimaan dan pelepasan warga Korem 102/Pjg diantaranya Kasdim 1014/Pbn Mayor Inf Muhammad Muchlis yang sebelumnya menjabat sebagai Danramil 1207-04/ Pontianak Timur, Kapenrem 102/Pjg Mayor Chb Son Son Santosa pindah tugas menjadi Kasirendal Har Baghar Subditbinmathub Dithubad digantikan oleh Mayor Inf Mahsun Abadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Pabung Kabupaten Katingan., Pabung Kabupaten Katingan dijabat oleh Kapten Inf Dedy Marwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kaurcad Kanminvetcad XII/28 Sgu.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/letkol-czi-alfius-jabat-dandim-1016plk/

Jabatan Komandan Kodim 1710/Mimika Diserahterimakan
=Selasa 19 Juli 2016=
Merauke (19/7). Komandan Korem 174/ATW pimpin acara tradisi corp dan serahterima jabatan Komandan Kodim 1710/mimika pada hari Selasa 19 Juli 2016 bertempat di Aula L.B. Moerdani Makorem 174/ATW.
Dalam amanatnya, Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Achmad Marzuki menyampaikan bahwa, pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan hal yang biasa dilakukan, sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas. Melalui serah terima jabatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas, profesionalitas dan produktivitas para perwira dalam membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien, serta berdayaguna bagi kemajuan TNI AD. Pada kesempatan ini pula, Komandan Korem 174/ATW menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Inf Andi Kusworo beserta istri, atas segala pengabdian dan dedikasinya dalam mengemban tugas dan jabatannya selama ini sebagai Komandan Kodim 1710/Mimika yang telah berhasil melaksanakan tugas di wilayah tanggung jawabnya dengan baik. Kepada Letkol Inf Windarto, S Sos. beserta istri, Danrem menyampaikan ucapan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Kodim 1710/Mimika dan berpesan “untuk membina terus semangat toleransi dan kerukunan umat beragama, serta mencegah terjadinya kekerasan bersenjata dan aksi anarkis antar suku yang dapat menghambat proses pembangunan nasional di daerah.
Hadir pada acara tersebut Kasrem 174/ATW Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, para Kasi Korem 174/ATW, Para Komandan Satuan Kabalak Disjan jajaran Korem 174/ATW, Ketua Persit Kartika Chandra Korana Koorcab Rem 174/ATW dan Pengurus Persit Kartika Chandra Korana Koorcab Rem 174/ATW PD XVII/Cenderawasih serta pwrwakilan Bintara dan Tamtama Korem 174/ATW.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/jabatan-komandan-kodim-1710mimika-diserahterimakan/

Jabatan Danrem 062/TN di Serah Terimakan
=Selasa 19 Juli 2016=
Pangdam III/Slw pimpin serah terima jabatan Danrem 062/TN di Lapangan Makodam III/Slw Jl. Aceh 69 Bandung, Selasa (19/7).
Pangdam III/Slw Mayjen TNI Hadi Prasojo mengatakan serah terima jabatan ini merupakan dinamika pembinaan personil “Tour Of Duty dan Tour Of Area” dan pembinaan satuan agar pembinaan satuan dapat terbina dengan baik, juga disampaikannya dengan serah terima jabatan ini agar dapat memberikan gairah baru kepada satuan dan anggota yang dipimpinnya.
Pangdam III/Slw berpesan sebagai pejabat baru agar segera dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan satuan baru yang dipimpinnya dan kepada pejabat lama Pangdam memberikan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat di Kodam III/Slw semoga ditempat tugas baru akan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik lagi. Pada acara serah terima jabatan ini dihadiri oleh Irdam, para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalakdam III/Slw. (Pendam III/Slw).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/jabatan-danrem-062tn-di-serah-terimakan/

Lepas sambut Dandim 0309/Solok
=Selasa 19 Juli 2016=
(Solok, 19 Juli 2016) – Kodim 0309/Solok menyelenggarakan kegiatan lepas sambut pejabat Dandim lama Letkol Inf Safta Feryansyah, S.I.P dan pejabat baru Letkol Inf Irwan Harjatmono disaksikan oleh seluruh Forkopimda, kepala dinas pemerintah Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan di Makodim 0309/Solok.
Letkol Inf Safta Feryansyah mengucapkan “…terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pimpinan daerah kota dan kabupaten serta masyarakat atas kerjasamanya selama menjabat sebagai Dandim 0309/Solok”. Letkol Inf Safta Feryansyah, S.I.P juga minta maaf kepada seluruh elemen masyarakat bila terdapat kesalahan dan kekhilafan selama menjabat sebagai Dandim 0309/Solok. Usai kegiatan lepas sambut, Letkol Inf Syafta Feryansyah menyempatkan diri bertatap muka langsung dengan seluruh personel militer, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXIII sekaligus memohon do’a restu. selama berdinas di satuan ini, banyak hal-hal yang berkesan di hati saya, namun ini merupakan suatu kenangan tersendiri bagi saya dan keluarga yang tak mungkin saya lupakan. Kepada seluruh anggota saya berpesan, jagalah diri dan keluargamu. Mari kita jaga hubungan silaturahmi ini sebaik-baiknya” Letkol Inf Safta Feryansyah, S.I.P abituren Akmil 1996 akan menempati jabatan baru sebagai Waasintel Danjen Kopassus dan akan digantikan oleh Letkol Inf Irwan Harjatmono abituren Akmil 1998.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/lepas-sambut-dandim-0309solok/

Pangdam Pimpin Serah Terima Jabatan dan Tradisi Satuan Kodam XII/Tpr
=Selasa 19 Juli 2016=
Kubu Raya. Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura melakukan pergantian dua pejabat yaitu, Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing, S.H, menjabat Danrindam semula Staf Ahli Pangdam Bidang Sosial Budaya menggantikan Danrindam lama Kolonel Inf Joseph Robert Giri S.I.P, M.SI, yang akan menjabat sebagai Danrem 073/Mkt Salatiga Kodam IV/Dip, dan Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto Qtc. Mmgt. Stud, Danyonzipur 6/SD, akan menduduki jabatan barunya menjadi Dandim 1016/Palangkaraya, digantikan oleh Mayor Czi Chandra Adibrata, sebagai Danyonzipur 6/SD, di Aula Makodam XII/Tpr, Jl. Arteri Alianyang, Kubu Raya, Kalbar, Selasa (19/7/2016).
”Sistem pembinaan karier prajurit di lingkungan Angkatan Darat sudah diatur dan ditetapkan berdasarkan kriteria yang ketat untuk promosi jabatan bagi seorang perwira, dimana suatu jabatan hanya diberikan bagi Perwira yang mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya”, kata Pangdam XII/Tpr Mayjend TNI Andika Perkasa, SE., M.A., M.Sc., Ph.d, usai Serah Terima Jabatan dan Tradisi Satuan Kodam XII/Tpr.
Selain itu, “Serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan organisasi personel di lingkungan TNI AD, dan menjadi momen yang paling berharga dalam pengembangan karier dengan beban tugas dan tanggung jawab yang bervariatif, untuk dapat memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara pada bidang tugas yang berbeda”, jelas Mayjend TNI Andika Perkasa.
Pangdam berharap, setelah menerima jabatan tersebut, untuk membawa satuan kearah suasana yang lebih segar dalam berkarya, mengabdi untuk memajukan dan menjadikan lebih berprestasi, juga dapat lebih meningkatkan profesionalitas, produktivitas dalam membangun sistem kerja yang lebih efektif, efisien, berguna bagi kemajuan TNI AD pada umumnya dan Kodam XII/Tpr pada khususnya.
‘Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman dalam mengemban berbagai tugas dan jabatan selama ini tidak akan mengalami kesulitan untuk melaksanakan dan melanjutkan pembinaan di satuan guna menghadapi tuntutan tugas yang semakin kompleks di masa mendatang”, pungkas Pangdam XII/Tpr.
Hadir saat Serah Terima Jabatan dan Tradisi Satuan Kodam XII/Tpr. Danrem 121/Abw, Irdam, Staf Ahli, para Asisten, LO AL dan para Kabalak, Dansat Jajaran Kodam XII/Tpr, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr beserta Pengurus, serta ratusan undangan dari jajaran Kodam XII/Tpr.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pangdam-pimpin-serah-terima-jabatan-dan-tradisi-satuan-kodam-xiitpr/

Pangdam III/Slw Pimpin Serah Terima Jabatan
=Selasa 19 Juli 2016=
Bandung,- Pangdam III/Slw pimpin langsung serah terima para pejabat teras Kodam di Lapangan Makodam III/Slw Jl. Aceh 69 Bandung, Selasa (19/7). Para pejabat yang diserahterimakan adalah Danrem 062/TN dari Kolonel Inf Sudarmadi kepada Kolonel Inf Joko Hadi Susilo, Aspers Kasdam III/Slw dari Kolonel Inf Dany Budianto kepada Kolonel Inf Ruslan Effendy, jabatan PA LO Kodam III/Slw dari Kolonel Pnb Atang Sudrajat diserahterimakan kepada Letkol Pnb Tony, jabatan Kakumdan III/Slw diserahterimakan dari Kolonel Chk Syarif Ali Amri kepada Letkol Chk Asep Darmawan dan jabatan Danyon Arhanudri-3 dari Letkol Arh Antonius Andri. K diserahterimakan kepada Mayor Arh Ardian Patria Candra.
Pangdam III/Slw Mayjen TNI Hadi Prasojo pada sambutannya, serah terima jabatan ini merupakan dinamika pembinaan personil “Tour Of Duty dan Tour Of Area” dan pembinaan satuan agar pembinaan satuan dapat terbina dengan baik. Pangdam juga menyampaikan dengan serah terima jabatan ini agar dapat memberikan gairah baru kepada satuan dan anggota baru yang dipimpinnya.
Pangdam III/Slw berpesan sebagai pejabat baru agar segera dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan satuan baru yang dipimpinnya dan kepada pejabat lama Pangdam memberikan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat di Kodam III/Slw semoga ditempat tugas baru akan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik lagi. (Pendam III/Slw).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pangdam-iiislw-pimpin-serah-terima-jabatan/

Brigjen TNI Madsuni Resmi Jabat Wadanjen Kopassus
=Selasa 19 Juli 2016=
Brigjen TNI Madsuni resmi menggantikan Brigjen TNI Santos G. Matondang dalam acara laporan korps serah terima jabatan Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) yang dipimpin oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI M. Herindra di Gedung Balai Komando, Cijantung (Selasa, 19/7).
Dalam amanatnya, Danjen Kopassus, Mayjen TNI M. Herindra menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI Santos G. Matondang beserta Istri, atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama setahun enam bulan (18 bulan) menjabat sebagai Wadanjen Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus. Jabatan Wadanjen Kopassus telah diemban oleh Brigjen TNI Santos, sejak Februari 2015 lalu menggantikan Mayjen TNI M. Herindra yang sekarang menjabat Danjen Kopassus. Kemudian kepada Brigjen TNI Madsuni beserta Istri, Danjen Kopassus juga mengucapkan selamat atas pengangkatan jabatan baru sebagai Wadanjen Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus. Danjen berpesan agar Wadanjen Kopassus mampu memberdayakan staf dan komando serta badan pelaksana Kopassus menjadi satu kekuatan sinergis, sebagai arah prioritas bagi tercapainya keberhasilan tugas pokok Kopassus ke depan. Dalam kehidupan militer, serah terima jabatan merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi, sekaligus regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan, dalam rangka mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran, yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi, guna menjamin pelaksanaan tugas pokok Kopassus.
Laporan Korps Sertijab Wadanjen Kopassus, diikuti dengan acara tradisi korps untuk menerima Brigjen TNI Madsuni sebagai warga yang baru masuk kembali ke satuan Kopassus dan melepas Brigjen TNI Santos G. Matondang yang akan keluar satuan Kopassus menjabat sebagai Kasdam VI/Mulawarman, yang serah terima jabatannya akan dilaksanakan di Balikpapan pada hari Sabtu ini (23/7). Setelah penandatanganan naskah serah terima jabatan dalam acara laporan korps dan tradisi korps, acara dilanjutkan dengan ramah tamah untuk menyambut pejabat baru dan melepas pejabat lama. Dalam sambutannya, Brigjen TNI Madsuni mengatakan beliau adalah warga baru stok lama, sehingga sebagian besar anggota pasti sudah tahu karena 3 tahun yang lalu pernah menjabat sebagai Asops Danjen Kopassus dan Ir. Kopassus, sebelum akhirnya keluar untuk mengikuti Sesko TNI di Bandung. Setelah Sesko TNI, beliau menjabat dosen Sesko TNI di Bandung, dan terakhir menjabat Danrem 033/Wira Pratama Kodam I/Bukit Barisan selama 11 bulan yang berkedudukan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Selanjutnya, Brigjen TNI Madsuni mohon dukungannya dalam pelaksanaan tugas menjadi Wadanjen Kopassus, dalam mengorganisir seluruh satuan Kopassus, demikian tegas Wadanjen dalam perkenalannya. Kemudian, Brigjen TNI Santos G. Matondang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Danjen Kopassus yang telah memberikan pengarahan dan arahan selama melaksanakan tugas di Kopassus selama 18 bulan. Demikian juga dengan rekan-rekan Perwira, Bintara dan PNS yang selama ini mendukung dalam pelaksanaan tugas Wadanjen. Selanjutnya, beliau mohon pamit untuk meninggalkan Jakarta hari Kamis (21/7) untuk berangkat ke Balikpapan, mengikuti serah terima jabatan Kasdam VI/Mulwarman.
Acara laporan korps serah terima jabatan Wadanjen Kopassus, tradisi korps dan ramah tamah diikuti oleh Danjen Kopassus beserta istri, segenap Pengurus Persit Kartika Chandra Cabang BS Kopassus, para Pamen Ahli Kopassus, Ir. Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus masing-masing beserta Istri, para Kabalak Kopassus, para Pabandya Staf Umum Danjen Kopassus, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari satuan jajaran Makopassus, Cijantung.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/brigjen-tni-madsuni-resmi-jabat-wadanjen-kopassus/

Jabatan Danrindam dan Kasetumdam XVI/Pattimura Diserahterimakan
=Selasa 19 Juli 2016=
Ambon, (19/07). Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo pimpin upacara serah terima jabatan Danrindam dan Kasetumdam XVI/Pattimura bertempat di Ruang Loby Makodam.
Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa alih tugas dan jabatan dalam lingkungan organisasi TNI Angkatan Darat merupakan hal yang selalu dilakukan secara terencana dengan mempertimbangkan keterpaduan antara kepentingan pembinaan personel dengan kepentingan pembinaan satuan. Kepentingan tersebut merupakan bagian dari upaya organisasi untuk mengembangkan kemampuan Perwira dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan peningkatan profesionalitas keprajuritan yang sangat diperlukan untuk memperluas wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang akhirnya bermuara pada peningkatan kinerja satuan dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. Berkaitan dengan tugas dan jabatan yang kita emban, saya ingatkan bahwa, dimanapun kita bertugas atau menduduki jabatan, semua itu atas kehendak atau ketetapan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karenanya cari dan temukan hikmah dibalik itu semua, agar kita dapat menikmati lingkungan tugas dengan nyaman, dapat melaksanakan tugas dengan optimal dan selalu mensyukuri karunia Tuhan dimanapun kita bertugas. Laksanakan setiap tugas dengan iklas, cerdas dan jujur yang semata-mata untuk kepentingan organisasi dan satuan. Jaga nama baik TNI-AD dan satuanmu dimanapun kalian bertugas.
Pada kesempatan tersebut Pangdam juga mengucapkan, saya selaku Pangdam dan pribadi mengucapkan mengucapkan ”Terima Kasih dan Penghargaan” yang tulus kepada, Kolonel Inf Erwin Rustiawan, S.Sos dan Letkol Inf Sony Madya Yudhantara,S.Kom, masing-masing beserta istri yang telah bertugas di Kodam XVI/Pattimura dengan baik. Pengalaman dan pengetahuan selama bertugas di wilayah ini, semoga dapat menjadi bekal untuk berkarya dan lebih berprestasi pada penugasan di tempat yang baru nantinya.
Kepada Pejabat yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan yaitu, Kolonel Inf Aswadi, S.E, dan Letkol Caj (K) Siti Arafah Hurasan, saya ucapkan ”Selamat Datang”, segera pelajari dan sesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Adakan komunikasi dan koordinasi dengan semua unsur untuk mendapat informasi dan masukan agar segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah Kodam XVI/Pattimura. Saya berharap dalam waktu singkat kalian segera dapat menyesuaikan dengan kegiatan Kodam XVI/Pattimura yang cukup padat ini. (Pendam16)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/jabatan-danrindam-dan-kasetumdam-xvipattimura-diserahterimakan/

Pangdam Pimpin Sertijab 6 Pejabat Kodam II/Swj
=12 Juli 2016=
Palembang – Untuk kali pertama, sejak resmi dilantik menjabat sebagai Pangdam II/Swj, pada Selasa, 12 Juli 2016 lalu, Panglima Kodam II/Swj Mayor Jenderal TNI Sudirman, S.H., M.H., memimpin langsung Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) 6 Pejabat Kodam II/Swj, Senin (18/7/2016) yang digelar di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman Km. 2,5 Palembang. Keenam Jabatan yang diserah terimakan tersebut antara lain ; Jabatan Danrem 042/Gapu dari Brigjen TNI Makmur Umar, S.AP., M.M. kepada Kolonel Inf Refrizal, Danrem 043/Gatam dari Kolonel Inf Joko Purwo Putranto kepada Kolonel Kav Supriyatna S.I.P., M.M., Perwira Ahli Pangdam Bidang Hukum dan Humaniter dari Kolonel Inf Norman Saito kepada Kolonel Inf Gustia Wardana, Kainfolahtadam dari Kolonel Inf Gustia Wardana kepada Letnan Kolonel Inf Eddy Basuki, dan selanjutnya penyerahan jabatan Dandenmadam dari Letnan Kolonel Inf Rachmad dan Kasetumdam dari Letnan Kolonel Inf Martua Sihotang, S.I.P., kepada Pangdam II/Swj. Pangdam II/Swj dalam amanatnya menekankan, agar seluruh Perwira yang melaksanakan Sertijab dapat melaksanakan bidang tugasnya masing-masing dengan baik, penuh totalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga mampu mendukung tugas pokok Kodam II/Swj secara optimal. Dijelaskan Pangdam bahwa sebagai Pimpinan atau Komandan satuan, peran Perwira sangat menentukan bagi keberhasilan tugas satuan yang dipimpinnya. Pemimpin adalah motivator dan inspirator bagi seluruh anggota yang dipimpinnya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
“Oleh sebab itu, sambung Pangdam bahwa, sebagai pimpinan satuan, para Perwira harus kreatif dan inovatif, berpikir diluar kelaziman untuk menciptakan perubahan dan perbaikan menuju kearah yang semakin baik bagi satuan yang dipimpinnya. Pangdam juga menegaskan bahwa, sebagai pemimpin, para Perwira harus berani dan bertanggung jawab, terhadap apa yang dilakukan atau tidak dilakukan. “Pemimpin jangan takut atau ragu bertindak, harus berjiwa ksatria, memiliki keberanian, rela berkorban, pantang menyerah, penuh percaya diri dan berani bertanggung jawab terhadap setiap resiko dari keputusan yang diambilnya,” tandas Mayjen Sudirman. Pada Akhir amanatnya, Pangdam menekankan untuk meningkatkan Pembinaan Satuan (Binsat) dengan mengedepankan komunikasi dua arah, sehingga segala permasalahan anggota dapat cepat diidentifikasi dan segera dapat dicari solusinya. “Terapkan reward and punishment secara konsekuen dengan memberikan sanksi kepada mereka yang melanggar dan memberikan penghargaan kepada prajurit berprestasi, sehingga prajurit memiliki kepercayaan dan harapan untuk berbuat yang terbaik dalam bertugas,” ujar orang nomor satu di Kodam II/Swj ini. Hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj Mayjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H., Irdam II/Swj, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten dan Dan/Ka Balakdam II/Swj, Perwira LO AL dan LO AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Swj. Dalam rangkaian acara Sertijab tersebut, dilakukan acara tradisi penerimaan prajurit yang baru masuk dan tradisi pelepasan prajurit yang akan meninggalkan Kodam II/Swj. (Pendam II/Swj).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pangdam-pimpin-sertijab-6-pejabat-kodam-iiswj/

Lepas Sambut Komandan Korem 012/Teuku Umar
=Senin 18 Juli 2016=
Meulaboh- Jajaran Korem 012/Teuku Umar, Senin (18/7), menggelar lepas sambut Danrem setempat dari Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa,S.E.M.M, kepada Kolonel Inf Djaka Budhi Utama di Aula Makorem 012/TU. Hadir dalam kegiatan itu seluruh para Dandim, para Danyon,Bupati Nagan Raya, Bupati Aceh Barat, Bupati Aceh Singkil,Kapolres Aceh Barat, Kapolres Nagan Raya, Para Pejabat Pemda, Toga, Tomas, Todat, Ormas, Mahasiswa dan Para Prajurit wilayah Korem 012/TU.
Dalam acara tersebut Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa,S.E.M.M, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, karena menurutnya meski dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 1,5 tahun, namun banyak hal positif yang dirasakannya selama menjabat sebagai Danrem 012/TU, terutama terjalinnya Soliditas Kewilayahan, sehingga selama menjabat merasakan telah memperoleh dukungan yang optimal dari semua pihak yang ada di wilayah Korem 012/TU.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/lepas-sambut-komandan-korem-012teuku-umar/

Letnan Kolonel Inf Budi Permana Jabat Kabagpers Sdirum Kodiklat TNI AD
=Senin 18 Juli 2016=
Bandung –Direktur Umum Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal TNI Asep Subarkah Yusuf menerima pelaporan serah terima jabatan Kepala bagian Personel Sdirum Kodiklat TNI AD dari Kolonel Inf Ruslan Effendy kepada Letnan Kolonel Inf Budi Permana di Aula Moch Toha Kodiklat TNI AD. Senin(18/7). Dalam amanatnya Direktur Umum menyampaikan ucapan selamat kepada Letnan Kolonel Inf Budi Permana yang telah mendapat kepercayaan sebagai Kabagpers Sdirum Kodiklat TNI AD.
Lebih lanjut Direktur Umum menyampaikan bahwa peran serta fungsi Staf Bagian Personel Sdirum sangat penting dan strategis bagi keberadaan dan perkembangan organisasi Kodiklat TNI AD, terlebih dihadapkan dengan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia dan profesionalisme Prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok Kodiklat TNI AD. Kepala Bagian Personel Sdirum Kodiklat TNI AD, diharapkan mampu menghadir-kan karya-karya terbaik bagi satuan. (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/letnan-kolonel-inf-budi-permana-jabat-kabagpers-sdirum-kodiklat-tni-ad/

Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos Jabat Pangdivif-1 Kostrad
(Penkostrad. Jum’at, 15 Juli 2016).
Bertempat di lapangan upacara, Markas Divisi Infanteri-1 Kostrad Cilodong, Depok, Jum’at (15/7), Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi memimpin upacara Sertijab Pangdivif-1 Kostrad dari Mayjen TNI Sudirman, S.H.,M.H. kepada Brigjen A.M. Putranto, S.Sos.
Dalam amanatnya, Pangkostrad mengatakan bahwa proses alih tugas dan jabatan merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan organisasi TNI Angkatan Darat, sebagai bagian dari sistem pembinaan personel dalam rangka pengembangan kemampuan manajemen dan kepemimpinan serta penyegaran tugas bagi personel yang bersangkutan, sehingga diharapkan kinerja organisasi selalu dapat terpelihara dengan baik. Melalui Tour of Duty dan Tour of Area, diharapkan proses kaderisasi dan regenerasi kepemimpinan dapat berjalan dengan wajar sesuai tuntutan dan kebutuhan organisasi. Atas nama Kostrad dan pribadi, Pangkostrad mengucapkan ”selamat” kepada Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos. dan istri atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI yang merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa. Pangkostrad juga menyampaikan ucapan “terima kasih” dan penghargaan kepada Mayjen TNI Sudirman, S.H.,M.H. dan istri atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya dalam membina satuan Divisi Infanteri-1 Kostrad selama ini dan dapat dijadikan bekal pengalaman dalam mengemban tugas baru sebagai Panglima Kodam II/Sriwijaya. Lebih lanjut, Pangkostrad mengingatkan bahwa sebagai salah satu eselon pelaksana Kostrad, Divisi Infanteri-1 Kostrad memiliki tugas pokok untuk membina kesiapan operasional segenap satuan jajarannya agar dapat menyelenggarakan tugas operasi yang bersifat taktis maupun strategis. Untuk itu, guna mewujudkan kesiapsiagaan operasional satuan secara optimal maka diperlukan sistem pembinaan satuan yang selaras dengan tuntutan tugas Kostrad. “Pembinaan satuan membutuhkan perhatian yang penuh agar upaya untuk mewujudkan prajurit yang profesional, tangguh, berkepribadian baik, kuat dan luhur dapat terwujud.” Tegas Pangkostrad. Pangkostrad berharap kepada seluruh prajurit Divisi Infanteri-1 Kostrad untuk senantiasa mengasah diri dalam olah keprajuritan untuk meningkatkan profesionalisme di satuan. Disamping itu, secara umum prajurit Kostrad harus memahami benar tentang kemampuan Kostrad, yaitu sebagai prajurit yang profesional dan dicintai rakyat, dimana dalam sejarah penugasan Kostrad, baik dalam maupun luar negeri, keberhasilan Kostrad tidak pernah lepas dari manunggal dengan masyarakat setempat. Untuk itu jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat, sebaliknya cintai dan hormati rakyat karena Kostrad merupakan bagian dari rakyat. Upacara ini dimeriahkan dengan demontrasi Double Stick 748 prajurit Divisi Infanteri-1 Kostrad yang mengikuti upacara. Hadir pada upacara tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Jawa Barat, Kaskostrad, Pangdam Jaya, Danjen Kopassus, Dankormar, Wakapolda Metro Jaya, Dankorps Brimob, Kasdivif-1 Kostrad, Kasgartap 1 Jakarta, Ir Kostrad, para Asisten Kaskostrad, para Asisten Kasdivif-1 Kostrad, para Kabalak Kostrad dan para Komandan Satuan Jajaran Divif-1 Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad dan Koorcab Divif-1 Kostrad serta unsur Muspida Kota Depok, unsur Muspida Kabupaten Bogor Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat kota Depok.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/brigjen-tni-a-m-putranto-s-sos-jabat-pangdivif-1-kostrad/

Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat TNI
= Kamis 14 Juli 2016 =
(Puspen TNI).  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin  Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI, dari Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim kepada Mayjen TNI Sumardi, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/7/2016).
“Sertijab di lingkungan TNI merupakan bagian dari pembinaan organisasi terutama personel, dalam rangka meningkatkan dinamika serta kapasitas dan kualitas kinerja, sesuai peran, tugas pokok dan fungsi organisasi,” kata Panglima TNI.
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam setiap kesempatannya selalu mengingatkan, bahwa tugas mendatang bukan semakin ringan, tetapi justru semakin berat, kompleks dan penuh dinamika. “Hal itu disebabkan oleh pengaruh perkembangan situasi global, regional, dan juga nasional, yang mengharuskan TNI semakin waspada dan bersiap diri menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi,” ucapnya.
Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, terdapat beberapa substansi penting dan strategis bagi kelangsungan hidup organisasi TNI, yaitu pentingnya evaluasi bukan saja pada keberhasilan operasi yang dicapai, tetapi lebih pada hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari operasi atau latihan yang digelar di masa lalu, serta pengaruhnya terhadap perencanaan pembangunan TNI di masa mendatang.
Dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berharap Kodiklat TNI dapat mengambil peran secara optimal sesuai deskripsi embanan tugas Kodiklat TNI dihadapkan kepada kebijakan Panglima TNI, yang telah ditetapkan pada Rapat Pimpinan TNI Tahun 2016, sehingga penyelenggaraan pendidikan dan latihan dalam bentuk serta strata apapun menjadi jawaban terhadap perkembangan faktual dan menjadi tugas pokok TNI. Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI mengingatkan jangan pernah lelah mengkaji kurikulum pendidikan yang menjadi domain Kodiklat TNI, guna meningkatkan kualitas SDM dihadapkan kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan strategi militer kawasan.
Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan M.P.A., M.B.A., Wakasad Letjen TNI  Erwin Syafitri, Wakasal Laksdya TNI Arie Hendrycus Sembiring, Wakasau Marsdya TNI Hadiyan  Sumintaatmadja, Dansesko TNI Letjen TNI Agus Sutomo, S.E., para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan para pejabat teras Mabes TNI dan Angakatan.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/panglima-tni-pimpin-sertijab-dankodiklat-tni/

Panglima TNI : Penguatan Kapabilitas Intelijen TNI Harus Dijabarkan Dalam Berbagai Azas
= Kamis 14 Juli 2016 =
(Puspen TNI). Penguatan Kapabilitas Intelijen TNI harus dijabarkan dalam berbagai azas, baik stratejik, taktis maupun operasional bagi kebutuhan politik, ekonomi, sosial, budaya, militer dan pertahanan. Kata kuncinya adalah, mari kita lakukan optimalisasi soliditas dan sinergitas serta membuang jauh-jauh ego sektoral pada Komunitas Intelijen TNI. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin upacara Serah Terima Jabatan Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI Mayjen TNI (Mar) Achmad Faridz Washington kepada  Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/7/2016). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menuturkan bahwa, kondisi Intelijen Nasional saat ini masih memerlukan peningkatan kualitas yang mampu memberikan jaminan bagi keamanan negara, karena kedepan masih sangat banyak masalah yang harus diselesaikan dan perlu dicermati serta disikapi dengan Strategi Intelijen. “Perkembangan ancaman nyata berupa aksi-aksi terorisme tak lagi dapat dibantah, karena secara nyata terus menunjukkan pergerakan yang luar biasa masif dan menyebar di hampir semua belahan dunia, baik negara maju maupun negara berkembang,” tegas Panglima TNI.
Ditambahkan oleh Panglima TNI bahwa, kejahatan-kejahatan trans nasional, pembajakan, penyanderaan, perompakan kapal, penculikan manusia lintas negara, separatisme, radikalisme, yang semuanya mengindikasikan betapa ancaman terhadap masyarakat, bangsa dan negara bukan sekedar wacana dan omong kosong. Ancaman nyata lainnya, menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo TNI yaitu berupa masifnya peredaran narkoba yang sudah merambah hingga di desa-desa, yang bisa saja menjadi horor dan tragedi generasi bangsa, karena akan menghancurkan manusia dan peradabannya.
“Hal ini saya ingatkan kembali, sekaligus sebagai penegasan akan pentingnya penguatan intelijen, mengingat sampai saat ini kita masih harus melakukan penguatan-penguatan Kapabilitas Intelijen TNI secara nyata,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan, dalam perspektif pertahanan negara, perkembangan situasi akan mempengaruhi ketahanan nasional, sehingga harus segera dijawab dengan konsep dan operasi yang sungguh mampu menghadapi ancaman tersebut. “Inilah salah satu bentuk nyata yang berulangkali saya ingatkan, dan kita tak boleh lengah sedikitpun karena di pundak kita ada tanggungjawab melindungi segenap tumpah darah Indonesia,” katanya.
“Guna kepentingan tersebut, Intelijen atau sering disebut dengan secret service adalah bagian yang melekat dari fungsi pemerintahan yang penting. Dihadapkan kepada tantangan keamanan nasional dan internasional di masa kini yang semakin kompleks, sehingga memerlukan intelijen yang profesional, namun tetap dalam koridor supremasi hukum negara demokrasi,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Dalam konteks tersebut, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan bahwasanya TNI harus sungguh-sungguh memiliki informasi akurat setiap perkembangan situasi dalam lingkungan strategi, dimana Asisten Intelijen Panglima TNI memiliki peran, tugas dan fungsi yang sangat strategis.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/panglima-tni-penguatan-kapabilitas-intelijen-tni-harus-dijabarkan-dalam-berbagai-azas/

Pangdam IM : Serah Terima Jabatan Salah Satu Penyegaran dalam Suatu Organisasi
= Kamis 14 Juli 2016 =
Banda Aceh – Serah terima jabatan di lingkungan Kodam Iskandar Muda merupakan salah satu upaya penyegaran dalam suatu organisasi, yang berlandaskan aspek pembinaan personel dan pembinaan satuan. Hal tersebut disampaikan oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI L. Rudy Polandi, Kamis (14/7/16) pada saat memimpin acara prosesi serahterima Enam Pejabat Kodam Iskandar Muda di Balai Teuku Umar (BTU).
Penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Danrem 012/Teuku Umar dari Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, s.e., m.m.,  kepada Kolonel Inf Djaka Budhi Utama, s.sos.,, Asintel Kasdam IM dari Kolonel  Inf R. Andi Roediprijatna kepada Kolonel Inf Hendriyadi. Sementara Kolonel Inf Satyo Arianto  akan menjabat Wadan Rindam, sedangkan Letnan Kolonel Inf Bram Abilowo akan menjabat Kabaglat Rindam Iskandar Muda.
Pangdam mengucapkan selamat kepada Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, s.e., m.m., yang akan menjabat Kabinda Aceh dan kolonel  Inf R. Andi Roediprijatna yang akan menjabat Agen Madya Direktorat Sumatera dan Kalimantan Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN. Sementara Kolonel Inf Joko Hadi Susilo yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Pangdam Iskandar Muda Bidang Hukum dan Humaniter  akan menjabat Danrem 062/Tarumanagara Garut.
Pangdam  mengatakan serah terima jabatan di lingkungan Angkatan Darat khususnya Kodam Iskandar Muda, merupakan bagian dari pembinaan personel, dan salah satu upaya penyegaran dalam suatu organisasi yang berlandaskan aspek pembinaan personel dan pembinaan satuan.
“Serah terima jabatan ini akan dapat memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik bagi kemajuan Kodam Iskandar Muda, Angkatan Darat, Bangsa dan Negara,”kata Pangdam.
Selain itu, kata Pangdam, acara sertijab ini sebagai upaya untuk regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan kepada perwira untuk memperoleh pengalaman tugas yang beragam. Dengan demikian, akan semakin membuka wawasan, pengetahuan dan kemampuan manajerial kepemimpinannya. Hal ini semata-mata untuk meningkatkan etos kerja, guna menjamin tercapainya keberhasilan tugas pokok Kodam Iskandar Muda.
“Terima kasih dan penghargaan kepada para Perwira sekalian masing-masing beserta  isteri atas pengabdiannya selama ini. Selanjutnya kepada para Perwira yang menerima jabatan baru, saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan TNI AD dan selamat bertugas. Terimalah kepercayaan ini dengan rasa syukur dan penuh tanggungjawab, serta laksanakan peran, tugas dan fungsi masing-masing dengan segenap kesungguhan.” ungkap Pangdam.
Hadir upacara serah terima jabatan tersebut Kasdam IM, Staf Ahli Pangdam IM, Pa LO AL dan LO AU, Danrindam IM, para Asisten, para Kabalak dan Komandan Satuan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah PD Iskandar Muda beserta Pengurus.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pangdam-im-serah-terima-jabatan-salah-satu-penyegaran-dalam-suatu-organisasi/

Pelepasan Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P Diwarnai Acara Tradisi
= Kamis 14 Juli 2016 =
Palembang, (Pendam II/Swj).
Masa jabatan Mayor Jenderal TNI Purwadi Mukson, S.I.P., sebagai Pangdam II/Swj telah  berakhir. Beliau digantikan oleh Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M. Acara pelepasan Mayjen TNI Purwadi Mukson yang dilaksanakan dihalaman depan Makodam II/Swj Palembang, Kamis (14/7/2016) berlangsung dengan tertib dan khidmad.
Upacara pelepasan tersebut, diselenggarakan sehubungan berakhirnya masa tugas Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., sebagai Pangdam II/Sriwijaya yang melanjutkan tugasnya sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat ( Danpusterad) di Jakarta.
Pemberangkatan itu diawali dengan penciuman Pataka kemudian dilanjutkan dengan melewati barisan Pedang Pora. Mayor Jenderal TNI Purwadi Mukson beserta ibu secara perlahan melewati pagar barisan perwira Pedang Pora sekaligus melalui prajurit dan PNS TNI Kodam II/Sriwijaya.
Pelepasan para pucuk pimpinan di Kodam II/Swj ini merupakan suatu tradisi bagi mantan Pejabat Pangdam II/Swj yang telah berlangsung dari tahun ke tahun.
Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 wib telah di laksanakan acara pisah sambut antara Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., dengan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M., di lapangan Apel Makodam II/Swj di Palembang.
Dalam acara pisah sambut itu Pangdam II/Swj mengharapkan agar Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., beserta keluarganya sukses bertugas di tempat yang baru.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/pelepasan-mayjen-tni-purwadi-mukson-s-i-p-diwarnai-acara-tradisi/

Kodam II/Swj Gelar Apel Bersama Sertijab Pangdam II/Swj
= Kamis 14 Juli 2016 =
Palembang, (Pendam II/Swj).
Kodam II/Swj, Kamis (14/6/2016) menggelar apel bersama dalam rangka serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam II/Swj dari Mayjen TNI Purwadi Mukson S.I.P., kepada Mayjen TNI Sudirman S.H, M.M., bertempat di lapangan Jasdam II/Swj Km 9 Palembang.
Apel bersama dalam rangka Sertijab Pangdam II/Swj ini merupakan bagian dari rangkaian Sertijab Pangdam II/Swj yang telah dilaksanakan di Mabes TNI AD pada tanggal 12 Juli 2016 lalu, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono.
Apel bersama ini diikuti oleh 5 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) kurang lebih berjumlah 1.900 orang yang terdiri dari kelompok Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang, serta Satuan Tempur (Satpur) dan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) jajaran Kodam II/Swj.
Selain itu, apel bersama ini juga melibatkan prajurit dari Lanal Palembang, Lanud Palembang, Brimob Polda Sumsel, Ormas PPM dan Pramuka. Dalam apel bersama ini juga dihadiri para unsur FKPD Provinsi Sumsel, segenap Pengurus dan Anggota Persit PD II/Swj.
Usai kegiatan apel bersama, sekitar pukul 10.00 wib dilakukan juga acara pisah sambut Pangdam II/Swj di lapangan Apel Makodam II/Swj dan dilanjut dengan tradisi pelepasan mantan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., beserta Istri di halaman Makodam II/Swj.

TNI-Polri Meriahkan Pisah Sambut Dandenpom VII/4 Parepare
= Kamis 14 Juli 2016 =
Parepare – Ratusan undangan pejabat Instansi Militer, Instansi sipil dan BUMN menghadiri acara pisah sambut Dandenpom VII/4 parepare di Mako Denpom VII/4 jln. Veteran Parepare. Kamis (14/7).
Dandenpom VII/4 yang lama Mayor Cpm Indra Jaya selanjutnya akan menduduki jabatan sebagai Dandenpom Palu. Sedangkan Dandenpom yang baru Mayor Cpm. Edy Rahmanto sebelumnya berdinas di Kodam IX/Udayana. Nampak hadir dalam acara tersebut, Kasrem 142/Tatag Letkol Inf. Drs. Priono, Wakil Walikota parepare Ir. H. Faizal Andi Sapada, SE, MM, Dandim Sidrap dan pareare, Kapolres Sidrap dan parepare, Dansat Brimob parepare, Para Kasi Korem, Ka/Dansatbalakrem, Kepala Instansi sipil dan BUMN, Para Kepala SKPD, prajurit dan PNS Denpom. Selanjutnya acara diakhiri dengan ucapan selamat bertugas kepada pejabat yang lama dan selanjutnya mengucapkan selamat datang kepada pejabat Dandenpom VII/4 yang baru.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/07/tni-polri-meriahkan-pisah-sambut-dandenpom-vii4-parepare/