Selasa, 11 Oktober 2011

SERTIJAB 25-27 MEI 2011

Danrem Pimpin Sertijab Dandim Jakut dan Jakbar
27 Mei 2011 
Komandan Korem 052/Wkr, Kolonel Kav Andarias Pong Bija, memimpin acara Serah Terima Jabatan Dandim 0502/JU dari Letkol Arm Irman Jaya, SH kepada Letkol Inf Asep Abdurachman dan Dandim 0503/JB dari Letkol Inf Deidy Aprias Sahri,SH kepada Letkol Inf Judi Paragina Firdaus di Lapangan Apel Makorem 052/Wkr Jl. Boulevard Diponegoro Lippo Karawaci Tangerang Banten, Jumat (27/5).
Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Korem 052/Wkr, Dandim 0506/Tgr, para Kasi Korem 052/Wkr serta para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Korem 052/Wkr.
Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Kav Andarias Pong Bija dalam amanatnya menyampaikan bahwa berlangsungnya pergantian jabatan merupakan hal yang biasa dan akan terus terjadi pada setiap saat dari waktu ke waktu. Hal ini merupakan bagian dari upaya pimpinan untuk mengembangkan kemampuan setiap Perwira dalam dimensi kepemimpinannya, manajerialnya serta Profesionalisme keprajuritan dari Perwira yang bersangkutan, untuk menghadapi tugas-tugas kedepan yang semakin memerlukan penanganan cepat, tepat dan tuntas. Komandan Korem 052/Wkr juga menyampaikan bahwa keberadaan Kodim beserta jajarannya merupakan mata dan telinga serta ujung tombak badan pengumpul keterangan. Oleh karena itu, memiliki arti yang sangat penting bagi komando untuk dapat mengetahui dengan cepat keadaan dan situasi yang terjadi di wilayah. Kecepatan bertindak oleh aparat yang berwenang untuk melakukan kegiatan preventif sangat diperlukan baik dalam rangka mencegah upaya teror dan sabotase serta infiltrasi yang dilancarkan pihak lawan. Dihadapkan pada kondisi tersebut saya harapkan Kodim 0502/JU dan Kodim 0503/JB, di bawah pimpinan Komandan Kodim yang baru untuk senantiasa meningkatkan kegiatan binter, agar suasana kondusif dan dinamis ditengah – tengah masyarakat dapat terwujud. Pelaksanaan binter hendaknya di lakukan melalui metode Bhakti TNI, Bintahwil dan Komunikasi Sosial, di landasi oleh rasa cinta kasih dan niat melindungi, serta pemahaman untuk merebut hati dan pikiran rakyat, sikap itulah yang harus selalu tertanam dalam pikiran dan perilaku setiap Prajurit teritorial.
Autentikasi: Kapendam Jaya Letkol Inf Adrian Ponto, SH

LETKOL INF GABRIL LEMA, DANBRIGIF -24/BC
27 Mei 2011
Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Tan Aspan mempimpin acara Serah Terima Jabatan Komandan Brigif-24/BC dari Kolonel Inf Joppye Onesimus Wayangkau kepada Letkol Inf Gabril Lema bertempat di Lapangan Brigif -24/Bulungan Cakti, Sabtu (7/5/2011).
Pangdam VI/Mlw mengungkapkan bahwa Serah terima jabatan dalam suatu organisasi termasuk dalam tubuh TNI AD merupakan hal biasa, dilaksanakan dengan tetap mempertimbangkan sinkronisasi kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan sesuai dengan kebutuhan dan sebagai upaya peningkatan kinerja organisasi.Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa Brigade Infanteri-24/BC sebagai satuan tempur Kodam VI/Mulawarman saat ini membawahi 2 Yonif yaitu Yonif 614/Rjp yang berkedudukan di Malinau dan Yonif 613/Rja yang berkedudukan di Tarakan, mempunyai tugas pokok membina kesiapan dan kesiapsiagaan satuan jajarannya, agar dapat digerakkan setiap saat guna menanggulangi setiap bentuk ancaman terhadap integritas dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya di Wilayah Kodam VI/ Mlw. "Setiap prajurit Brigade Infanteri-24/BC beserta seluruh jajarannya dituntut harus memiliki kemampuan tempur yang handal, memiliki mobilitas yang tinggi, mampu bereaksi secara cepat, bergerak mendekati musuh secara senyap dan memiliki ketepatan dalam menentukan sasaran," ujar Pangdam dalam rilisnya ke tribunkaltim.co.id. Pangdam VI/Mlw juga mengharapkan kepada para Prajurit Brigif-24/BC agar senantiasa melakukan pembinaan teritorial terbatas secara maksimal, sehingga keberadaan satuan Brigif-24/BC ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar dan menjadikan Brigif 24/BC ini dicintai dan mencintai rakyat.

PANGDAM I/BB : 

SERTIJAB TINGKATKAN WAWASAN DAN PROFESIOANLISME

26 Mei 2011
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Leo Siegers SIP sebagai irup pada upacara Serah Terima Tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Danyon Kav 6/Serbu, Danyon Armed 2/105 serta Danyon Arhanudse 13/BS bertempat di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis(26/5).Pada upacara Sertijab tersebut Pangdam I/BB mengatakan Pergantian pejabat di jajaran TNI AD merupakan suatu hal yang wajar, sebagai realisasi kebijakan Pembinaan Personel sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan organisasi, selain itu alih tugas dan tanggung jawab jabatan bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan profesionalisme keprajuritan dalam mengoptimalkan pencapaian tugas pokok TNI AD, upacara serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Danyonkav 6/Serbu dari Letkol Kav Rayen Obersyl kepada Letkol Kav Trisno Wibowo, Danyonarmed  2/105 dari Letkol Arm Surya Damanik kepada Mayor Arm Loebis Muhhamad Hasbi serta Danyonarhanudse 13/BS dari Letkol Arh Jusak Prasetya Girsang kepada Mayor Arh Trias Wijanarko, diharapkan kepada para pejabat baru agar lebih meningkatkan prestasi yang sudah dicapai, kepemimpinan komandan satuan berperan penting dalam penyelenggaraan pembinaan satuan, sekaligus sosok yang paling bertanggung jawab terhadap kinerja satuannya, untuk itu tingkatkan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan yang dipimpin secara terbuka penuh kekeluargaan sehingga tugas pokok tercapai dengan optimal.
Lebih Lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, kita ketahui bersama bahwa Yonkav 6/Serbu, Yonarmed 2/ 105 serta Yonarhanudse 13/BS, memiliki tingkat kemampuan dan keterampilan yang handal dan senantiasa setiap saat siap melaksanakan berbagai bentuk penugasan di seluruh wilayah NKRI dengan dilandasi oleh kemampuan yang dimiliki oleh seluruh prajurit yang mengawaki Batalyon masing-masing, mencermati peran dan fungsi ketiga Batalyon ini, diharapkan kepada Komandan Batalyon beserta para Perwira agar terus menerus berupaya meningkatkan pembinaan satuan mulai dari tingkat perorangan sampai dengan tingkat Batalyon, sehingga kesiapan satuan dapat terpelihara dengan baik..Hadir dalam kegiatan Serah Terima Jabatan tersebut Kasdam I/BB Brigjen TNI Murdjito, Irdam I/BB Kolonel Inf Sakkan Tampubolon, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Sahli Pangdam I/BB, Kapolresta Medan AKBP Tagan Sinaga, Kapolres Deli Serdang AKBP ZP Matondang, Para Kabalakdam I/BB, Para Waas Kasdam I/BB dan Ketua Persit KCK PD I/BB serta para Pengurus Persit KCK PD I/BB serta undangan lainnya.http://kodam1-bukitbarisan.mil.id/

SERTIJAB DANDENKAVKUD PUSSENKAV KODIKLAT TNI AD 
26 Mei 2011
Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Burhanuddin Siagian memimpin serah terima jabatan Komandan Detasemen Kavaleri Berkuda dari Letkol Kav Joni Haryanto Gulo kepada Letkol Kav Dedi Setiawan S.Sos yang dilaksanakan di Gedung Melati Mapussenkav, Kamis 26 Mei 2011.

Dalam amanatnya Danpussenkav menyampaikan bahwa pergantian Komandan Satuan di jajaran Angkatan Darat, merupakan keharusan dan sangat berkaitan dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan organisasi secara menyeluruh. Dengan demikian, mekanisme pergantian jabatan, bukan hanya sekedar mekanisme prosedural pergantian semata, akan tetapi lebih bermakna substansial sebagai proses kesinambungan pembinaan personel dalam rangka regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan.
Lebih lanjut Danpussenkav mengatakan dengan adanya sertijab ini, hendaknya dipahami sebagai suatu rangkaian upaya pengoptimalan pencapaian tugas pokok Denkavkud Pussenkav Kodiklat TNI AD dan merupakan pemantapan kemampuan manajeral serta kepemimpinan bagi pejabat yang diganti maupun pejabat pengganti.http://www.pussenkav.mil.id

Waluyo Resmi Jabat Kasdam XVI/Pattimura
25 Mei 2011-
Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo secara resmi menjabat sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, menggantikan pejabat lama Brigjen TNI Edy Widagdo. Waluyo resmi menjabat sebagai Kasdam XVI/Pattimura, setelah dilaksanakan acara serahterima jabatan (Sertijab) yang digelar pada Aula Makodam XVI/Pattimura, Rabu (25/5). Sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suharsono. Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo sebelumnya menjabat Perwira Tinggi (Pati) Ahli Mabes TNI. Sedangkan Brigjen TNI Edy Widagdo selanjutnya dipromosikan menjabat Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD). Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya mengatakan, jabatan Kasdam merupakan jabatan yang cukup kompleks, karena di samping harus dapat mengkoordinasikan kegiatan seluruh staf, badan dan satuan pelaksana Kodam XVI/Pattimura dalam mewujudkan tujuan yang ditentukan oleh pimpinan. "Selain itu juga Kasdam harus dapat mewujudkan kesatupaduan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta mekanisme hubungan komandan dan staf," tandas Pangdam. Sertijab Kasdam XVI/Pattimura sebelumnya diawali dengan acara tradisi penerimaan Kasdam baru dan diakhiri tradisi pelepasan Kasdam lama. Acara Sertijab tersebut dihadiri Irdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Danrem 152/ Babullah, para Perwira Ahli, Perwira LO AL dan AU, para Asisten, Komandan Satuan dan Kabalak jajaran Kodam XVI/ Pattimura serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Q Nani Suharsono beserta para pengurus dan undangan lainnya. (S-32) sumber, http://www.siwalimanews.com/post/waluyo_resmi_jabat_kasdam_xvipattimura


SERTIJAB DANDIM 0726/Sukoharjo, 0727/Karanganyar dan 0735/Surakarta
25 Mei 2011
Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Ahmad Supriyadi, menjadi Inspektur  pada upacar serah terima jabatan Komandan Kodim 0726/Sukoharjo, 0727/Karanganyar dan 0735/Surakarta.Upacara Sertijab berlangsung khitmad diikuti para Dandim, Kasi dan Dan/Ka/Pa Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 074/Warastratama serta para tamu undangan.  Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Arm Djonny Indramawan digantikan Letkol Inf Jimmy Ramos Manalu, Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Yusran Yusuf digantikan Letkol Inf Edy Basuki dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Agus Subiyanto, SE digantikan Letkol Inf Widi Prasetijono.
Letkol Arm Djonny Indramawan menduduki jabatan baru sebagai Pabandya Pam dan Protokol Kodiklat TNI-AD, Letkol Inf Yusran Yusuf menduduki jabatan baru sebagai Spaban 2 Binlat Sopsad  dan Letkol Inf Agus Subiyanto, SE menduduki jabatan sebagai Waasops Kasdivif 2 Kostrad,  dan Letkol Inf Letkol Inf Widi Prasetijono  yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Ops Sopsdam IV/Diponegoro, Letkol Inf Jimmy Ramos Manalu yang sebelumnya sebagai Kabag Linud Sdirbinsen Pussenif Kodiklat TNI AD dan Letkol   Inf  Eddy Basuki yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 410/Alugoro Korem 073/Makutarama Dam IV/Diponegoro. Sebelum serah terima jabatan dilaksanakan diadakan tradisi penerimaan dan pelepasan prajurit Korem 074/Warastratama, karena hal ini bertujuan untuk memberikan penghormatan dan jiwa korsa sekaligus penggugah semangat dalam pengabdian disatuan jajaran Korem 074/Warastratama Danrem menerangkan bahwa jabatan adalah sebuah amanah, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh bangsa dan negara yang harus disyukuri dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk dapat dipertanggungjawabkan, tidak saja kepada pimpinan dan bawahan tetapi lebih penting lagi dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.( Surakarta, 25  Mei 2011). http://warastratama.blogspot.com/