Minggu, 04 Desember 2011

SERTIJAB 22-24 NOV 2011

SERAH TERIMA TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB JABATAN DANYON KAV-5/SERBU
24 Nopember 2011
Tugas pokok prajurit Batalyon Kavaleri adalah menyelenggarakan pertempuran di darat yang bersifat ofensif dengan menggunakan alat peralatan mekanis yang memiliki mobilitas tinggi dan lapis baja. Untuk dapat melaksanakan tugas pokok tersebut secara berhasil dan berdaya guna, seluruh prajurit Kavaleri harus mampu mewujudkan semboyan satuan Kavaleri yaitu Tri Daya Cakti yang memiliki arti daya gerak, daya tembak dan daya kejut.
Berkaitan dengan hal itu Pangdam berharap agar seluruh prajurit Batalyon Kavaleri 5/Serbu selalu belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh, ulet dan berlanjut. Keterbatasan sarana dan prasarana serta kondisi Alutsista yang kurang memadai jangan dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan tugas secara optimal. Sebaliknya jadikan keterbatasan tersebut sebagai tantangan untuk dapat menyiapkan satuan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu kembangkan
sikap-sikap kreatif, inovatif dan proaktif dalam upaya memperpanjang usia pakai peralatan tempur.
Lakukan inventarisasi, pengecekan, pengamanan dan pengawasan terhadap semua aset dan materiil yang menjadi tanggung jawab satuan. Perkembangan situasi keamanan nasional saat ini relatif kondusif, namun menyimpan berbagai potensi ancaman yang tetap harus kita waspadai, antara lain ancaman terorisme, kejahatan trans nasional, pelanggaran wilayah dan kontinjensi terhadap bencana alam serta konflik komunal. Wilayah Sumbagsel sebagai wilayah penyangga ibu kota negara dan sebagai jalur lalulintas antara pulau Jawa dengan pulau Sumatera memiliki kerawanan khususnya dalam aspek pertahanan keamanan apabila dikaitkan dengan potensi ancaman tersebut. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya deteksi dan pencegahan dini agar stabilitas keamanan wilayah yang kondusif dapat senantiasa dipelihara. Oleh karena itu Pangdam perintahkan kepada Komandan Batalyon dan seluruh prajurit Batalyon Kavaleri 5/Serbu untuk menyiapkan personel, materiil dan Alutsistanya agar siap dikerahkan guna menghadapi berbagai kemungkinan pelibatan tugas. Laksanakan setiap tugas secara proporsional dan profesional serta tingkatkan kerja sama dengan segenap aparat dan instansi pemerintah terkait serta segenap komponen masyarakat terutama di sekitar pangkalan dan di tempat penugasan.
Lebih lanjut Pangdam II/Swj menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak, khususnya Bupati Muara Enim beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Walikota Prabumulih beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan lain-lain yang selama ini telah memberikan bantuan dan kerja samanya. Semoga kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin baik selama ini dapat ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang di bawah kepemimpinan Danyon Kavaleri 5/Serbu yang baru. Sebelum mengakhiri amanat ini, selaku pribadi dan atas nama Pangdam II/Swj, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Letnan Kolonel Kav Okta Heroe Ramsi, S. IP. yang secara maksimal telah melaksanakan tugas sebagai Danyon Kavaleri 5/Serbu. Semoga pengabdian yang telah diberikan selama ini dapat bermanfaat bagi kepentingan Kodam II/Swj dan dapat dijadikan bekal dalam melanjutkan pengabdian di tempat tugas yang baru sebagai sebagai Pamen Mabes TNI (untuk Staf Ops TNI).
Ucapan yang sama juga Pangdam sampaikan kepada Ibu Okta Heroe Ramsi yang dengan penuh kesetiaan telah mendampingi suami dalam melaksanakan tugas sebagai Danyon Kavaleri selama ini. Kepada pejabat baru, Letnan Kolonel Kav Sugi Mulyanto beserta istri, Pangdam mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI AD untuk menjabat sebagai Danyon Kavaleri 5/Serbu, diiringi harapan semoga kualitas pengabdian prajurit Yonkav akan semakin meningkat di masa yang akan datang.
Demikian Pangdam II/Swj Mayjen TNI S. Widjonarko, S.Sos., M.M., M.Sc., dalam amanatnya selaku Irup pada upacara Serah Terima Tugas, wewenang dan Tanggung Jawab jabatan Danyonkav 5/Serbu, Kamis, 24 Nopember 2011 bertempat di Mako Yonkav 5/Serbu, Desa Karang Endah, Palembang. Hadir dalam acara tersebut, Bupati beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Walikota beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Prabumulih, Para Pejabat Kodam II/Swj, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Ketua Persit beserta Pengurus KCK PD II/Swj, Para Perwira, Bintara dan Tamtama Batalyon Kavaleri 5/Serbu.(Pendam 2/Dispenad)