Minggu, 04 Desember 2011

SERTIJAB 25-27 NOV 2011

JABATAN KOMANDAN KOMPI KONGA XXIII-E
DISERAHTERIMAKAN KEPADA KOMANDAN KOMPI KONGA XXIII-F
27 November 2011
Enam Jabatan Komandan Kompi Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-E/UNIFIL diserahterimakan kepada Komandan Kompi Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL, serahterima dilaksanakan dengan upacara militer sederhana, bertindak selaku inspektur upacara Komandan Batalyon Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL, Letkol Inf Hendy Antariksa, di Markas Yonmek, Adshit al Qusayr, Lebanon Selatan ( 27/11).
Enam Kompi yang diserahterimakan yaitu Komandan Kompi Bantuan dari Lettu Mar Aristyo Yudha kepada Kapten Inf S. Herman. R, Danki A dari Kapten Inf Sigit kepada Lettu Inf A.A Rangkuti, Danki B dari Kapten Mar M. Abdilah kepada Lettu Inf A.S. Rangkuti, Danki C dari Lettu Mar Nofri. G. Kaloh kepada Kapten Mar Achmad Yuliyanto, Danki D dari Kapten Inf Dadang. R kepada Lettu Inf Rizki Kurniawan, dan Komandan Kompi E diserahterimakan dari Mayor Inf Herlambang kepada Kapten Inf Agus Rediyanto.
Serahterima ini dilaksanakan dalam rangka akan berakhirnya masa penugasan Batalyon Mekanis XXIII-E/UNIFIL di Lebanon dan akan digantikan oleh Satgas baru yaitu Satgas Batalyon Mekanis XXIII-F/UNIFIL, dan dilaksanakan  sebelum serahterima jabatan Komandan Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-E dari Letkol Inf Hendy Antariksa kepada penggantinya Letkol Inf Suharto Sudarsono,yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 28 ini.
Letkol Inf Hendy Antariksa dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimaksih kepada komandan Kompi yang lama atas pelaksanaan tugasnya selama ini, dan mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada penggantinya, “mudah-mudahan para penggantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.”
Hadir pada acara serahterima ini, Komandan Yonmek XXIII-E Letkol Inf Suharto Sudarsono dan para perwira Staf baik dari Yonmek XXIII-E maupun dari XXIII-F, acara serahterima diakhiri dengan kegiatan foto bersama para  komandan Kompi lama maupun yang baru. (Perwira Penerangan Konga XXIII-F, Lettu Inf Suwandi/Dispenad)

MAYJEN TNI E. HUDAWI LUBIS JABAT PANGDAM XII/TANJUNGPURA
25 November 2011
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dari Mayjen TNI Geerhan Lantara kepada Mayjen TNI E Hudawi Lubis, di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Jumat (25/11). Mayjen TNI E Hudawi Lubis sebelumnya menjabat sebagai Danpusenif, Sedangkan Mayjen TNI Geerhan Lantara dipromosikan menduduki jabatan baru sebagai Inspektorat Jendral Angkatan Darat (Irjenad) menggantikan Mayjen TNI Rahmat Budianto yang memasuki masa pensiun. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan serah terima jabatan Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen TNI Gatot Nurmantyo yang mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Kodiklat TNI AD, kepada Mayjen TNI Murjito (Pangdam baru) sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI. Kepala Dinas Penerangan Mabes AD Brigjen TNI Wiryantoro MK mengatakan, rotasi jabatan Pangdam XII/Tanjungpura tidak terkait dengan kisruh masalah perbatasan Camar Bulan dan Tanjung Datu. "Tidak terkait (masalah perbatasan), serah Terima ini jauh-jauh hari sudah direncanakan berbarengan dengan serah terima jabatan sejumlah pejabat TNI AD lainya. Ini mutasi rutin alamiah dalam rangka penyegaran organisasi karena ada yang memasuki usia purna tugas yang harus diganti", katanya. Sementara itu Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura akan menggelar acara pisah sambut Panglima Kodam XII/Tanjungpura dari pejabat lama Mayjen TNI Geerhan Lantara kepada pejabat baru Mayjen TNI E Hudawi Lubis, Senin (28/11) ini. Acara pisah sambut pejabat lama dan baru dilaksanakan di halaman Makodam XII/Tanjungpura, Jl. Mayor Ali Anyang Pontianak, ujar Kapendam Kolonel Inf Desius.
Kapendam menjelaskan, kalau tidak ada halangan, Pangdam Mayjen TNI E Hudawi Lubis akan datang ke Pontianak pada Minggu (27/11), disambut dengan acara adat budaya Melayu ”Tepung Tawar” di Lanud Supadio Pontianak pada pukul 09.00 WIB. Kemudian Senin (28/11), acara pisah sambut dilaksanakan bersamaan dengan pisah sambut Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, dari pejabat lama Mayjen TNI Armyn Ali Anyang kepada pejabat baru Brigjen TNI Robby Win Kadir.(Pendam 12/Dispenad)

KASAD PIMPIN SERTIJAB IRJENAD, PANGDAM V/BRAWIJAYA DAN PANGDAM XII/TANJUNGPURA
25 November 2011
Kepala Staf Angkatan Darat  (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan  Irjenad, dari Mayjen TNI Rahmat Budianto kepada Mayjen TNI Gerhan Lantara, Pangdam V/Brawijaya, dari Mayjen TNI Gatot Nurmantyo kepada Mayjen TNI Murjito dan Pangdam XII/Tanjungpura, dari Mayjen TNI Gerhan Lantara kepada Mayjen TNI E Hudawi Lubis di Markas Besar Angkatan Darat, Jumat (25/11).
Mayjen TNI Rahmat Budianto memasuki masa pensiun, Mayjen TNI Gerhan Lantara sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura, sedangkan Mayjen TNI Gatot Nurmantyo mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Murjito sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI dan Mayjen TNI E Hudawi Lubis sebelumnya menjabat sebagai Danpussenif.
Kasad mengatakan,  serah terima jabatan dalam organisasi militer modern adalah suatu keniscayaan yang harus dipahami sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan Pembinaan Satuan dan Pembinaan Personel.
Menurut Kasad, pergantian pejabat diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan di lingkungan TNI Angkatan Darat, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing.
Kasad menegaskan, sebagai salah satu Unsur Pembantu Pimpinan, Inspektur Jenderal Angkatan Darat bertugas membantu Kasad dalam penyelenggaraan dibidang Pengawasan dan Pemeriksaan Umum, serta Verifikasi Perbendaharaan di lingkungan TNI AD. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Irjenad dituntut untuk mampu mewujudkan optimalisasi pemanfaatan anggaran melalui kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan, sehingga target tertib laporan opini Wajar Tanpa Pengecualian dapat tercapai. Kasad meminta, Irjenad beserta jajarannya berkewajiban untuk meminimalkan temuan Wasrik  Internal dan Eksternal, dengan terus melakukan peningkatan Pengawasan Melekat serta Pengawasan Fungsional secara lebih berkualitas dan intensif, guna menjamin optimalisasi pencapaian tujuan dan sasaran Program TNI Angkatan Darat dengan Prinsip “2K3E”, yaitu Ketaatan dan Ketertiban terhadap aturan, serta Efektif, Efisien dan Ekonomis terhadap penggunaan anggaran. Demikian pula halnya dengan segenap jajaran Kodam V/Brawijaya dan Kodam XII/Tanjungpura. Kasad mengharapkan, sebagai Kotama Kewilayahan hendaknya senantiasa  dapat menyelenggarakan pembinaan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan secara maksimal, efisien dan efektif di wilayahnya masing-masing dalam rangka penyiapan wilayah pertahanan darat yang tangguh.Kodam merupakan gelar kekuatan matra darat, yang mengemban misi strategis dalam konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Kodam memiliki karakteristik yang unik dengan berbagai kekhususan yang berbasiskan keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakatnya, tambah Kasad. (Kabag Penum Letkol Caj Dadang Oesman/Dispenad)

KODAM XII/TANJUNGPURA GELAR PERSIAPAN SERTIJAB PANGDAM DAN KASDAM
25 November 2011
Pontianak, Panglima Daerah Militer XII/Tanjungpura segara berganti, serah terima jabatan antara pejabat lama dan baru dilangsungkan esok, Jumat (25/11), di Jakarta.
Tongkat Komando yang selama ini dipegang oleh Mayjen TNI Geerhan Lantara akan diserahterimakan kepada Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis. Kepastian serah terima jabatan Pangdam XII/Tanjungpura disampaikan Kapendam melalui Kasi Penum Kodam XII/Tanjungpura Mayor Arh Nur Komarudin. Pisah sambut jabatan rencananya akan dipusatkan di Makodam XII/Tanjungpura pada tanggal 28 Nopember mendatang di Jl. Mayor Ali Anyang Kuburaya, acara sekaligus dirangkaikan dengan pelepasan Kasdam XII/Tanjungpura. Sehari sebelumnya acara tepung tawar akan mewarnai penyambutan Pangdam baru, menurut Kasi Penum. Mayjen TNI Geerhan Lantara akan mendapat tugas baru yakni sebagai Irjenad. Sementara Mayjen TNI Armyn Ali Anyang mantan Kasdam XII/Tanjungpura menjabat sebagai Perwira Staf Ahli TK III Bidang Komunikasi Sosial Panglima TNI. Mengenai Pangdam baru, dijelaskan Mayjen TNI Erwin Hudawi Lubis lulusan Perwira AKABRI Tahun 1980, Terakhir menjabat sebagai Danpussenif Kodiklat TNI AD. sementara Kasdam XII/Tanjungpura baru BrigjenTNI Robby Win Kadir, saat ditemui beberapa saat lalu menyatakan dirinya hanya melanjutkan dan membantu tugas dari Pangdam. Tugas orang kedua itu membantu Panglima dalam bidang administrasi mulai dari staf Intel sampai staf Territorial. Menurutnya tugas sebagai Kasdam adalah mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Panglima, iapun menyatakan belum bertemu dengan Kasdam lama Mayjen TNI Armyn Ali Anyang karena beliau sedang menunaikan Ibadah Haji di tanah suci. Alumni AKABRI 1982 ini, mengawali tugasnya di Timor Timur sebagai Danton, Danki di Timor Kupang, kemudian bertugas di Lemdik Bandung, Wadanyon 132 Sumatera, Danseskoad. Bapak dua anak ini juga pernah menjadi Danyonif 312 Kodam Siliwangi, Dandim Majalengka, Dandim Tasikmalaya, Waaslog Kodam III Siliwangi, Aster Lombok Mataram. Sebelum menjabat Kasdam XII/Tanjungpura pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kasad Bidang Sosial Budaya. (Kasi Penum Pendam 12/Dispenad)

DANREM 142/TATAG PIMPIN SERTIJAB DANYONIF 721/MAKKASAU
25 November 2011
Bertempat di lapangan upacara Batalyon Infanteri 721/Makkasau, Jumat, 25 Nopember 2011, pukul 08.30 WITA, dilaksanakan upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau, dari pejabat lama Letkol Inf Parlindungan Hutagalung kepada pejabat baru Letkol Inf Eron Firmansyah.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung, dan dihadiri oleh Bupati Pinrang bersama Muspida Kab Pinrang, Kepala Staf Korem 142/Tatag, para Komandan Kodim dan Kepala Dinas Jawatan sejajaran Korem 142/Tatag, Kapolres Parepare, Kapolres Polman dan Mamasa serta Kapolres Palopo. Hadir pula Ketua Persit Koorcab Rem 142/Tatag bersama dengan seluruh ketua-ketua cabang sejajaran Rem 142/Tatag. Beberapa Tokoh Masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda hadir pula mengikuti upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau yang berlangsung aman dan lancar.Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaanm yang tinggi atas dedikasi dan prestasi yang sudah diraih oleh Letkol Inf Parlindungan Hutagalung bersama ibu didalam memimpin satuan ini. Selamat jalan dan selamat bertugas ditempat yang baru, pengalaman dan wawasan serta kepemimpinan saudara selama disatuan ini merupakan bekal yang sangat berguna didalam mengembang amanah pimpinan TNI AD di satuan yang baru.
Khusus kepada pejabat baru Letkol Inf Eron Firmansyah, Komandan Korem 142/Tatag Kolonel Inf Lodewyk Pusung memberikan ucapan selamat datang diwilayah Korem 142/Tatag. Selanjutnya beliau menekankan agar sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit lanjutkan upaya terhadap peningkatan prestasi dan reputasi yang telah dicapai Batalyon ini oleh para pendahulu saudara. Peningkatan profesionalisme merupakan tuntutan utama yang saudara harus kerjakan dengan tetap bersandarkan pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Upaya peningkatan kemampuan dapat dicapai bila dilakukan secara terus menrus, terukur dan berkesinambungan, sehingga profesionalisme mampu dibuktikan secara maksimal melalui berbagai penugasan dan mampu menghadapi tugas-tugas kedepan yang makin kompleks.
Selanjutnya Kolonel Inf Lodewyk Pusung Komandan Korem 142/Tatag menyampaikan agar kerja sama dan hubungan yang harmonis selama ini dapat lebih ditingkatkan lagi guna pencapaian tugas pokok secara optimal. Apa yang sudah terjalin selama ini dengan semua komponen masyarakat baik Pemda, Polri maupun masyarakat lainnya hendaknya dilestarikan dengan baik sehingga terjalin hubungan timbal balik yang baik dan harmonis, tegas  Koloenel Inf Lodewyk Pusung mengakhiri amanatnya.Upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 721/Makkasau dimeriahkan dengan demonstari Tari Mandar Malebbi yang dipadukan dengan Bongkar pasang senjata oleh ibu-ibu persit dengan mata tertutup dan bela diri militer yong moodo. Demonstarsi ini merupakan hasil kolaborasi antara anggota Batalyon Infanteri 721/Makasau dengan ibu-ibu persit dan masyarakat.Pada kesempatan itu pula dilaksanakan upacara serah terioma ketua cabang persit Kartika Chandra Kirana Cabang Y0nif 721/Makkasau dari ibu Parlindungan Hutagalung kepada penggantinya ibu Eron Firmasyah yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit Koorcab Rem 142/Tatag Ibu Lodewyk Pusung. (Pendam 7/Dispenad)

Danrem 044/ Gapo Pimpin Sertijab Dandim
25 November 2011-
SRIPOKU.COM/ARIEF BR
Dari kiri ke kanan: Letkol Inf Niko Fahrizal (Dandim 0406/Mura yang lama), Letkol Czi Widyo Hartanto (Dandim 0406/Mura yang baru), Danrem 044/Gapo Kol Inf Dwiyanto Budi Prabowo, Letkol Inf Dodi Herardi (Dandim 0418/Palembang yang baru), Letkol Inf Asep Rahman Taufik (Dandim 0418/Palembang yang lama)

Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Inf Asep Rahman Taufik, menyerahkan jabatannya kepada Letkol Inf Dodi Herardi.
Upacara serahterima jabatan yang dipimpin Komandam Korem 044/Garuda Dempo (Gapo), Kolonel Inf Dwiyanto Budi Prabowo, di Balai Prajurit Gapo, Jumat (25/11), berlangsung khidmat dihadiri jajaran Kodim dan Korem 044 Gapo.
Letkol Inf Dodi Herardi sebelumnya menjabat sebagai Dan Yonif 143/TWEJ Korem 043/Gatam Kodam II Sriwijaya. Sementara Letkol Inf Asep Rahman Taufik selanjutnya menempati posisi sebagai Sekbabin Minvetcad Dam II Sriwijaya.Selain sertijab Dandim 0418/Palembang, Danrem juga melakukan sertijab Dandim 0406/Musi Rawas (Mura) dari Letkol Inf Niko Fahrizal kepada Letkol Czi Widyo Hartanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Logistik Korem 043/Gatam Kodam II Sriwijaya. Sedangkan Letkol Inf niko Fahrizl, selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Irdaun Itdam XVII/Cendrawasi. Pergantian Dandim 0418/Palembang dan Dandim 0406/Mura, menurut Danrem 044/Gapo Kol Inf Dwiyanto BP, merupakan hal biasa di lingkungan TNI AD yang dilakukan dalam rangka untuk penyegaran kinerja organisasi, pembinaan personel, dan pembinaan karir bagi perwira yang bersangkutan.
“Hal ini untuk regenerasi anggota saja, sebagai bekal kepemimpinan masa yang akan datang sehingga nantinya menjadi seorang pemimpin yang kredibel dan mumpuni bagi TNI AD di masa mendatang,” ungkap Danrem Kol Inf Dwiyanto BP dalam sambutannya.
Sertijab Dandim 0418/ Palembang, sesuai dengan surat Sprin/489/IX/2011, yang dikeluarkan pada 30 september 2011 yang lalu. Sedangkan Sertijab Dandim 0406/Mura berdasarkan Sprin /536/X/2011, pada 6 Oktober yang lalu dari Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI S Widjonarko ke Danrem Kol Inf Dwiyanto Budi Prabowo. Ditambahkan Danrem, Dandim ke depan dapat segera menyesuaikan diri di satuan masing-masing, dengan mengenali situasi dan kondisi wilayah dengan segala aspeknya, serta membina hubungan yang baik dengan segenap komponen pemerintah, swasta, dan masyarakat di wilayahnya. Sebagai komando kewilayaan tugas pokok satuan teritorial, yaitu melaksanakan pembinaan wilayah untuk kepentingan pertahanan maupun dalam rangka membantu tugas pemerintah daerah. "Dengan kedudukan seperti ini, kodim memiliki peran yang sangat penting dalam upaya membantu mempercepat lajunya pembangunan di daerah," tandas perwira dengan melati tiga ini. Lebih lanjut Danrem mengatakan, yang patut diperhatikan adalah perlunya peningkatan komunikasi sosial dengan semua elemen dan instansi terkait sebagai aplikasi peran binter aparat kewilayaan, sehingga diharapkan adanya kepercayaan dari masyarakat. "Keberadaan Kodim dicintai atau dibenci oleh masyarakat sangat tergantung bagaimana kita membawa satuan ini, dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu berikan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan kerjasama dengan aparat terkait," pungkas Kol Inf Dwiyanto BP. Sedangkan bagi pejabat lama, Dwiyanto juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan keberhasilannya selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan sebagai Dandim di wilayahnya dan selamat bertugas di tempat yang baru.