SERTIJAB 16-18 MARET 2012


Danjen Kopassus Gelar Mutasi Jabatan Perwira Menengah
18 Maret 2012-
Bahwa mutasi jabatan di dalam organisasi militer, pada hakekatnya merupakan hal yang lazim dilakukan bagi setiap organisasi militer. Hal disampaikan Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya saat memimpin upacara serah terima jabatan para Komandan Satuan dan Asisten Danjen Kopassus di Gedung Flamboyan Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (18/3/2012). Acara mutasi jabatan ini merupakan sebagai bagian dari ‘tour of duty’ dan ‘tour of area’ dengan tujuan untuk perkembangan dan peningkatan kinerja serta memujudkan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan, papar Danjen Kopassus.Menurutnya, selain itu alih tugas dan jabatan juga untuk bertujuan mengembangkan kemampuan manajerial. ”Kepemimpinan perwira yang sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier yang berlaku di Angkatan Darat,” ujarnya.
Dalam acara itu ada beberapa jabatan yang diserah terimakan antara lain Danpusdikpassus dari Kolonel Inf  Santos Gunawan Matondang  penggantinya  Kolonel Inf  I Nyoman Cantiasa (lulusan Akmil 1990 sebelumnya  menjabat sebagai Dansat-81 Kopassus), Komandan Grup 1 Kopassus dari Kolonel Inf Rudianto penggantinya Letnan Kolonel Inf M Saleh Mustafa (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat  Wakil Asisten Operasi Danjen Kopassus), Komandan Satuan-81 Kopassus dari Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa penggantinya Letnan Kolonel Inf R Sidharta Wisnu Graha ( lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Wadansat-81 Kopassus). Sementara, posisi Asisten Personel Danjen Kopassus diserahterimakan dari Kolonel Inf Ardiheri kepada penggantinya Letnan Kolonel Inf Kartika Adi Putranta, SE (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Waaspers Danjen Kopassus), Asisten Perencanaan Danjen Kopassus dari Kolonel Inf M Abduh Ras  kepada penggantinya Letnan Kolonel Chb  Ign Wisnu Wardhana (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Waaslog Danjen Kopassus) serta penyerahan jabatan Kepala Keuangan Kopassus Letnan Kolonel Cku M Haikal Ansar MS SM yang akan menduduki jabatan sebagai Kakudam XVII/Cenderawasih Papua.
Kemudian Pejabat lama Danpusdikpassus Kol.Inf Santos Gunawan Matondang, lulusan Akmil 1987, Dangrup 1 Kopassus Kol Inf Rudianto, lulusan Akmil 1989 dan Kol Inf Ardiheri, lulusan Akmil 1988, selanjutnya mengikuti pendidikan Sesko TNI di Bandung. winarko
Editor: Rosdiansyah
Sumber, http://www.lensaindonesia.com/2012/03/18/danjen-kopassus-gelar-mutasi-jabatan-perwira-menengah.html

Danjen Kopassus pimpin Sertijab Komandan Satuan dan Asisten Danjen Kopassus
17 Maret 2012-
Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya  memimpin upacara serah terima jabatan para Komandan Satuan dan Asisten Danjen Kopassus yang bertempat di Gedung Flamboyan Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (17/3).
Dalam kegiatan serah terima jabatan ini , beberapa  jabatan  yang diserah terimakan antara lain Danpusdikpassus dari Kolonel Inf  Santos Gunawan Matondang  kepada penggantinya  Kolonel Inf  I Nyoman Cantiasa (lulusan Akmil 1990 sebelumnya  menjabat sebagai Dansat -81 Kopassus),  Komandan Grup 1 Kopassus dari Kolonel Inf Rudianto  kepada penggantinya Letnan Kolonel Inf M.Saleh Mustafa (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat  Wakil Asisten Operasi Danjen Kopassus), Komandan Satuan-81 Kopassus dari Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa kepada penggantinya Letnan Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha ( lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Wadansat-81 Kopassus) , Asisten Personel Danjen Kopassus dari Kolonel Inf  Ardiheri  kepada penggantinya Letnan Kolonel Inf   Kartika Adi Putranta, S.E (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Waaspers Danjen Kopassus), Asisten Perencanaan Danjen Kopassus dari Kolonel Inf  M.Abduh Ras  kepada penggantinya Letnan Kolonel Chb  Ign. Wisnu Wardhana  (lulusan Akmil 1991 sebelumnya menjabat sebagai Waaslog Danjen Kopassus) serta penyerahan jabatan Kepala Keuangan Kopassus  Letnan Kolonel Cku M. Haikal Ansar MS.SM yang selanjutnya akan menduduki jabatan sebagai Kakudam XVII/Cederawasih Papua.

Pejabat lama Danpusdikpassus Kol Inf Santos Gunawan Matondang lulusan Akmil 1987 , Dangrup 1 Kopassus Kol Inf Rudianto lulusan Akmil 1989  dan Kol Inf Ardiheri  lulusan Akmil 1988,  selanjutnya mengikuti pendidikan Sesko TNI .

Dalam amanatnya, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya  mengatakan bahwa mutasi jabatan di dalam suatu organisasi militer, pada hakekatnya merupakan hal yang lazim dilakukan oleh setiap organisasi militer ,hal ini merupakan sebagai bagian dari Tour of Duty dan Tour of Area dengan tujuan untuk perkembangan dan peningkatan kinerja serta memujudkan efektifitas dan efisiensi organisasi dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan.Selain itu alih tugas dan jabatan juga untuk mengembangkan kemampuan manajerial serta kepemimpinan Perwira yang sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier yang berlaku di Angkatan Darat.
Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat teras Kopassus dan Ketua Persit KCK PCBS Kopassus beserta seluruh pengurusnya.(penkopassus)

Jayusman Menjabat Dandim Putusibau
16 Maret 2012-
Tribun Pontianak/Slamet Bowo Santoso
Acara Sertijab Dandim 1206 Putusubau yang berlangsung di Makorem 121/ABW Jalan Pangeran Kuning No. 1 Sintang, Jumat (16/3/2012).

Letkol Inf. Jayusman menjabat Dandim 1206/PSB menggantikan pejabat lama Letkol Inf. Rolando Mangatas. Serah terima jabatan (Sertijab) dilaksanakan di Makorem 121/ABW Jalan Pangeran Kuning No.1 Sintang, dipimpin Kasrem 121/ABW Letkol Inf. Catur Gunanto mewakili Danrem 121/ABW. Jayusman sebelumnya menjabat Dan Secata/Gumil Juang Rindam XII/TPR. Sedangkan Rolando Mangatas akan bertugas di tempat baru sebagai Kabag Dik Rindam XII/TPR. Turut hadir dalam acara Sertijab, yaitu Dandim se-jajaran Korem 121/ABW, Para Kasi Korem, para Dan/Kabalak Aju Kodam XII/TPR di Wilayah Korem 121/ABW, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 XII/TPR beserta pengurus dan Ketua Cabang, juga perwira, Bintara dan Tamtama Korem 121/ABW. Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 121/ABW, Danrem 121/ABW Kolonel Inf. Toto Rinanto mengatakan, serah terima jabatan atau pergantian personel dalam suatu jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat merupakan suatu yang harus dilihat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya Pembinaan Personil dan Satuan.
Dengan demikian, pergantian pejabat ini diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas mekanisme kerja serta jalannya pembinaan di lingkungan Korem 121/ABW, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing. Diakhir amanatnya, Danrem memberi penekanan bahwa Kodim-1206/PSB memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia. Oleh karena itu, Kodim 1206/PSB memiliki peran yang penting dan strategis dalam upaya mengamankan wilayah teritorial yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dari setiap ancaman dan gangguan keamanan yang mungkin timbul disamping tugas pokoknya sebagai satuan kewilayahan. Cermati secara seksama setiap perkembangan dan dinamika yang muncul ditengah masyarakat melalui sikap kepedulian, ketanggapsegeraan dan kesiapsiagaan yang tinggi, dengan tetap berpedoman kepada UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI serta perangkat aturan hukum lainnya. Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diakhiri dengan salam komando antara pejabat lama dan pejabat baru beserta Kasrem 121/ABW dan pemberian ucapan selamat dari hadirin undangan.