SERTIJAB 7 - 9 MARET 2012


22 PATI TNI NAIK PANGKAT
9 Maret 2012-
Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., menerima  Laporan Korps Kenaikan Pangkat 22 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 9 Pati TNI Angkatan Darat, 4 Pati TNI Angkatan Laut dan 9 Pati TNI Angkatan Udara, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Jum’at (9/3). Laporan Korps Kenaikan Pangkat tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor : Sprin/436/III/2012 tanggal 8 Maret 2012 tentang kenaikan pangkat ke dalam golongan Pati TNI.
TNI Angkatan Darat yaitu : Mayjen TNI Eko Wiratmoko (Aspam Kasad), Mayjen TNI Meris Wiryadi, S.IP. (Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI), Brigjen TNI Drs. Arief Permadi (Asdep Koord. Pendayagunaan Aparatur Kemenko Polhukam RI), Brigjen TNI Teddy Lhaksmana W.K. (Danpusintelad), Brigjen TNI Dody Usodo Hargo S., S.IP. (Kabiro Persidangan dan Humas Setjen Wantannas), Brigjen TNI Muhamad Thamrin Marzuki (Kabinda Sulteng BIN), Brigjen TNI Drs. Jan Pieter Ate, M. Bus. (Dirkersin Ditjen Strahan Kemenhan RI), Brigjen TNI I Made Agra Sudiantara (Waasops Kasad)  dan Brigjen TNI Hinsa Siburian (Dirlat Kodiklat TNI).TNI Angkatan Laut yaitu : Laksda TNI Amri Husaini (Deputi Bid. Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI), Laksma TNI Sudarsono Suratman (Dansatinteltek Bais TNI), Laksma TNI Dr. Antonius Yani Antariksa, S.E., S.H., M.B.A., M.M. (Bandep Infolahta Desisnas Setjen Wantannas) dan Laksma TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp.BS. (Karumkital dr. RML Diskesal). TNI Angkatan Udara yaitu : Marsda TNI Edy Sunarwondo (Deputi Bid. Pengembangan Setjen Wantannas ), Marsda TNI dr. Maryunani S., M.S., Sp.Kp. (Kapuskes TNI), Marsda TNI Dr. Usra Hendra Harahap, M.Si. (Komandan Sekolah Kajian Pertahanan dan Strategi (SKPS) Unhan), Marsma TNI Drs. Herry Hermawan A., Psi., M.M. (Kadispsiau), Marsma TNI H. Tuhu Trimurnianto, S.E. (Sekretaris Utama Lemsanneg), Marsma TNI Ir. Prakoso (Asdep Koord. Telekomunikasi dan Informatika Kemenko Polhukam RI), Marsma TNI Wishnu Sukardjo, M.Sc. (Dirbinjemen Sesko TNI), Marsma TNI Asep Sumaruddin, M.Sc. (Kapusada Baranahan Kemenhan RI) dan Marsma TNI dr. Agustinus Hari Haksono, Sp.THT. (Kalakespra dr. Saryanto). Dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan bahwa pangkat dan jabatan, bukan sekedar penghargaan atau pengakuan, melainkan juga “amanah” dari bangsa dan negara. Pesan moral terdalam yang terkandung dari setiap “amanah”, adalah sederetan tanggungjawab yang harus ditunaikan, baik kepada diri sendiri dan organisasi, dalam hal ini TNI, maupun kepada bangsa dan negara serta yang paling utama kepada Tuhan Yang Maha Esa.Panglima TNI berpesan, bahwa kenaikan pangkat sebagai penghargaan atau pengakuan, tidaklah berhenti atau berakhir dengan telah diraihnya pangkat Jenderal, Laksamana maupun Marsekal oleh para perwira sekalian. Namun penghargaan dan pengakuan itu justru baru dimulai, bahkan baru akan bermakna, ketika para perwira dapat berinovasi dan berkreasi, dengan tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan bekerja cerdas dalam rangka meningkatkan prestasi kerja. Tuntutan yang semakin kuat dan mendesak saat ini adalah kemampuan para perwira dalam menampilkan serta menularkan sifat keteladanan dan integritas yang tinggi, baik di lingkungan tugas kedinasan maupun di lingkungan kehidupan sosial dan kemasyarakatan. (Puspen TNI/ Dispenad).
=========================================
WAKASAD PIMPIN SERTIJAB DIRZIAD, DIRPALAD, KADISPENAD DAN KADISIFOLAHTAD
9 Maret 2012-
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Budiman, memimpin serah terima jabatan Direktur Zeni Angkatan Darat, dari Brigjen TNI  TNI Dicky Wainal Usman kepada Kolonel Czi Zainal Arifin dan Direktur Peralatan Angkatan Darat dari Brigjen TNI Joko Sriwidodo kepada Brigjen TNI Prawiro Prasetyanto di Mabesad Jakarta, Jumat (9/3).
Pada kesempatan yang sama juga diserahterimakan jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat dari Brigjen TNI Wiryantoro NK kepada Kolonel Inf Pandji Suko Hari Judho dan Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data Angkatan Darat dari Brigjen TNI Iswandhi Setyobudi kepada Kolonel Chb Ir. Edy Sudarmanto.
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dalam sambutan tertulisnya  yang dibacakan oleh Wakasad mengatakan, mutasi dan pergantian pejabat di lingkungan TNI Angkatan Darat, merupakan salah satu upaya untuk mendinamisasikan organisasi, agar senantiasa siap serta mampu melaksanakan tugas pokok secara tuntas dan optimal. Kasad mengharapkan, pergantian pejabat ini  dapat membawa perubahan suasana yang lebih segar dengan munculnya inovasi dan kreativitas baru dalam Pembinaan Satuan, sehingga kinerja organisasi menjadi lebih efektif dan efisien, serta berhasil dalam pelaksanaan tugas guna mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat. Menurut Kasad,  saat ini TNI AD sedang berupaya keras mewujudkan Postur Angkatan Darat yang ditopang oleh kompetensi SDM Prajurit, serta modernisasi Alutsista, sehingga diharapkan mampu memberikan daya tangkal yang efektif dan signifikan, dalam rangka menjamin kepentingan strategis pertahanan negara aspek darat di masa mendatang ”, kata Kasad. ”Kita sangat bersyukur, ditengah membaiknya perekonomian nasional, TNI Angkatan Darat diberi alokasi dana yang cukup untuk melakukan berbagai pembenahan satuan termasuk memodernisasi Alutsista”, kata Kasad.Kasad mengharapkan  setiap satuan jajaran TNI Angkatan Darat, hendaknya dapat mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan dalam rangka kesinambungan pembinaan sehingga tercapai kesiapan operasional dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis serta meningkatnya kesejahteraan personel.  “Saat ini dan kedepan, tuntutan efektivitas dan efisiensi  serta peningkatan  kinerja semakin mengemuka. Segala sesuatu yang kita kerjakan saat ini harus dapat dipertanggungjawabkan, tidak hanya secara administrasi, namun harus  benar-benar memenuhi aspek legalitas, transparansi maupun akuntabilitas”, tegas Kasad. (Dispenad)
=========================================
SERTIJAB KOMANDAN KOMPI JAJARAN YONIF 111/KARMA BAHKTI
9 Maret 2012-
Jum’ at (09/03) pukul 08. 00 Wib, Danyonif 111/Karma Bhakti Letkol Inf Agus Tri Antoni bertindak selaku inspektur upacara serah terima jabatan Komandan Kompi jajaran Yonif 111/Karma Bhakti, kegiatan tersebut dilaksanakan di Mayonif 111/Karma Bhakti.
Hadir dalam acara tersebut antara lain, Ketua Persit KCK Cabang XXIV beserta pengursu, Wadanyon, Perwira Staf, para pejabat komandan kompi jajaran Yonif 111/Karma Bhakti serta perwakilan kompi-kompi. Pergantian pejabat komandan kompi merupakan hal yang wajar dan harus terjadi di lingkup tubuh TNI AD, hal tersebut bertujuan guna penyegaran dalam organisasi jabatan komandan di tingkat satuan bawah, Jabatan Komandan Kompi di jajaran Yonif 111/Karma Bhakti yang akan di ganti antara lain Komandan Kompi Senapan B, dari pejabat lama Kapten Inf Irfan H A Lubis kepada Letnan Satu Inf Trijuang Danarjati, Komandan Kompi Senapan C Kapten Inf Sutikno akan digantikan oleh pejabat baru Letnan Satu Inf Anton Prasetyo, selain pergantian Komandan kompi tersebut ada juga pergeseran antar komandan peleton di masing-masing kompi jajaran Yonif 111/Karma Bhakti, yang kesemuanya itu untuk re-organisasi kempemimpinan seorang komandan, tutup penjelasan dari Pasi 3/Pers yang ditemui tim peliput kegiatan (topan) disela-sela acara serah terima jabatan tersebut. Danyonif mengucapkan terimaksai atas kinerja salama ini kepada Kapten Inf Sutikno dan Kapten Inf Irfan H A Lubis yang telah menjalankan tugas selama di Yonif 111/Karma Bhakti, ucpan yang sama di sampaikan Danyonif kepada Nyonya Sutikno dan Nyonya Irfan yang telah mendampingi serta mendukung tugas sumai sebgai seorang istri prajurit. Danyonif 111/Karma Bhakti Letkol Inf Agus Tri Antoni di ruang kerja beliau usai acara tersebut memberi penjelasan keterang persnya, dalam hal pergantian jabatan komandan kompi di tingkat satuan bawah maupun di satuan Atas di tubuh TNI AD sangatlah wajar dan lumrah terjadi guna dan bertujuan untuk penyegaran kepemimpinan, Amanat adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan, maka oleh sebab itu pegang dan jalankanlah amanah jabatan yang baru dengan sebaik-baiknya, tutup Danyonif.(Penrem 011/ Dispenad).
=========================================
DANREM 173/PVB PIMPIN KORPS RAPORT PINDAH SATUAN
8 Maret 2012-
Mutasi atau Rotasi alih tugas dan tanggung jawab jabatan dilaksanakan salah satunya adalah dalam rangka menjawab tuntutan suatu organisasi, agar tetap berjalan secara dinamis, sebagai wujud dari dinamika organisasi dan demi kepentingan Pembinaan Personel. Hal ini adalah sesuatu yang biasa terjadi dan merupakan kebijakan manajemen sebagai realisasi prinsip Pembinaan Personel. Prinsip tersebut senantiasa dipegang teguh dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan serta Profesionalisme keprajuritan para personelnya.
Penegasan itu disampaikan oleh Komandan Korem 173 / PVB Kolonel Inf. Hendri Paruhuman Lubis dalam acara tradisi Korp Raport pindah satuan Kapten CHk Kiki Parlaungan Lubis,S.H.  di Aula Cenderawasih Makorem 173/PVB, pada tanggal 8 Maret 2012  yang dihadiri oleh Kepala Staf Korem 173/PVB Letnan Kolonel Inf Victor Deni S.A.H, Dandim 1708/Biak Numfor Letnan Kolonel Arm Ridwan Gunawan,S.Ip., Kepala Dinas Jawatan, ibu ibu Persit KCK Koorcab Korem 173/PVB. Kolonel Inf. Hendri Paruhuman Lubis lebih lanjut mengatakan bahwa setiap saat selalu terjadi perubahan, baik dalam diri kita maupun dalam lingkungan kita, dan satu hal penting dari tujuan perubahan adalah bagaimana kita dapat melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberi kontribusi yang maksimal bagi kepentingan satuan, hal ini akan dapat terwujud apabila kita cerdas membaca   situasi,  ikhlas  dalam  melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada kita dan tidak ragu dalam menentukan sikap maupun mengambil keputusan. Dalam kesempatan tersebut, Danrem 173/PVB juga mengucapkan  terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapten CHk Kiki Parlaungan Lubis,S.H. atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya dalam menjabat sebagai Paurlahkara Hukum Korem 173/PVB selanjutkan akan ditempatkan dalam jabatan baru sebagai Kaur Mindata Kara Bag Bankum Subdit Bandukkum Ditkumad.  ( Penrem 173 / Dispenad ).
=========================================
DANREM 042/GAPU KOLONEL KAV HASTO PR.YUWONO,S.IP IRUP PADA UPACARA SERTIJAB DANDIM 0420/SARKO
8 Maret 2012-
Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Kav Hasto PR.Yuwono ,S.IP Irup pada upacara  serah terima Jabatan Dandim 0420/Sarko dan tradisi Penerimaan/Pelepasan Perwira Korem 042/Gapu bertempat di Balai Prajurit Makorem 042/Garuda Putih Kota Jambi, Kamis ( 8/03).

Dalam amanatnya Danrem menyampaikan bahwa alih tugas dan jabatan dilingkungan TNI AD merupakan peristiwa yang biasa terjadi namun mempunyai arti penting yang bernilai strategis, proses ini merupakan bagian dari pembinaan organisasi sekaligus kaderisasi guna menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi Angkatan Darat. Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa setiap pergantian pejabat senantiasa didahului dengan berbagai pertimbangan yang seksama dan ditinjau dari kepentingan organisasi maupun bagi personel yang bersangkutan,dengan demikian maka mutasi jabatan diharapkan dapat menciptakan kesinambungan dalam kaderisasi pemimpin sehingga pelaksanaan tugas organisasi semakin mantap dan solid baik ditinjau dari segi kuantitas maupun kualitas pencapaian sasaran kegiatannya.Adapun Pejabat Dandim 0420/Sarko yang baru yaitu Letkol Inf Bonar Panjaitan menggantikan Letkol Inf Senmart Tonda yang pindah tugas sebagai Pabandya-1/RUTR Spaban III/Wanwil Sterad. Hadir pada upacara tersebut Kasrem 042/Gapu,Para Kasi Korem 042/Gapu,Para Dan/Kasatbalak  jajaran Korem 042/Gapu Para Pasi ,Kapenrem 042/Gapu serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042/Gapu beserta pengurus.(Penrem 042/ Dispenad).
========================================
DANYONKAV 11/SERBU DI SERAH TERIMAKAN
8 Maret 2012-
Pangdam IM Mayjen TNI Adi Mulyono didampingi Kasdam IM Brigjen TNI Pandu Wibowo memimpin langsung Upacara Sertijab DanyonKav 11/Serbu dilapangan  Makodam IM, Kamis (8/3). Hadir dalam acara tersebut Para Pa Ahli, Para Asisten, Kabalakdam IM, LO TNI-AL, LO TNI AU, Ketua persit KCK PD Iskandar Muda beserta pengurus,serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam IM. Pada Upacara Sertijab yang penuh khidmat tersebut diserah terimakan pejabat Danyonkav 11/Serbu Letnan kolonel kav Wahyu Eko Purnomo kepada Letnan kolonel kav Anak Agung Ngurah Sugiharto mengemban jabatan Danyonkav 11/Serbu yang baru. Dalam amanatnya Pangdam IM Serah terima jabatan ini merupakan bagian dari pembinaan organisasi yang harus senantiasa dikembangkan. Melalui proses regenerasi seperti ini akan memperoleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas serta pembaruan dan penyegaran sehingga kinerja organisasi diharapkan akan lebih meningkat sesuai tugas, peran dan fungsinya.
Saya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Letnan kolonel Kav Wahyu Eko Purnomo atas kerja dan pengabdiannya selama menjabat Danyonkav 11/Serbu Ucapan yang sama saya sampaikan kepada Ibu Wahyu Eko Purnomo yang telah mendampingi suami mengemban tugas selama ini. pada jabatan baru sebagai Dandim 0710/Pekalongan Korem 071/Wijayakusuma Kodam IV/ Diponegoro. Selanjutnya kepada Letnan Kolonel Kav Anak Agung Ngurah Sugiharto, yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan  untuk menjabat sebagai komandan batalyon kavaleri 11/ serbu, saya mengucapkan selamat bertugas di lingkungan kodam Iskandar Muda, kepada Ibu Anak Agung Ngurah Sugiharto, semoga ibu dapat mencurahkan waktu sebagai pendamping dan pendorong tugas suami, serta berperan dalam membina organisasi Persit Kck Cabang X Yonkav 11/Serbu pengurus Daerah Iskandar Muda, dengan sebaik-baiknya. Batalyon Kavaleri 11/Serbu mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pertempuran darat dengan menggunakan kendaraan tempur berlapis baja sebagai peralatan utamanya, serta melaksanakan perkuatan kepada satuan kewilayahan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda. Dalam kaitan ini, Yonkav 11/Serbu hendaknya selalu mengikuti dinamika tugas yang terjadi di wilayah. Kegiatan pengamanan pilkada yang akan datang, maupun meningkatnya kriminalitas bersenjata merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam rangka tugas bantuan  kepada Polri. Oleh karena itu prajurit Yonkav 11/Serbu harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan satuan sehingga sewaktu-waktu dapat digerakkan menuju titik-titik yang rawan gangguan dan ancaman.(Pendam IM/Dispenad)
===========================================
PANGDAM V/BRAWIJAYA LANTIK DANYON ARHANUDSE-8 BARU
7 Maret 2012-
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito pada Rabu (7/3) melantik Letkol Arh Bambang Utomo, S.IP. sebagai Komandan Batalyon Arhanudse-8 Sruni Sidoarjo Kodam V/Brawijaya menggantikan Letkol Arh Wirawan Yanuartono, bertempat di Markas Yonarhanudse-8 Sruni Sidoarjo. Letkol Arh Wirawan Yanuartono selanjutnya akan bergeser ke Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara Kodiklat TNI-AD. Sedangkan Letkol Arh Bambang Utomo, S.IP sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Perencanaan Staf Operasi Kodam Jaya. Sebelum melaksanakan serah terima jabatan, kedua Perwira Menengah dengan pangkat dua melati dipundaknya ini, Letkol Arh Wirawan Yanuartono dan Letkol Arh Bambang Utomo, S.IP. sehari sebelumnya melaksanakan kunjungan ke dapur redaksi Radar Surabaya dan Radar Sidoarjo dengan maksud berpamitan dan memperkenalkan pejabat Komandan Batalyon Arhanudse-8 baik yang baru kepada redaksi surat kabar tersebut.  Letkol Arh Bambang Utomo, S.IP. adalah satu angkatan  dengan saya yaitu lulusan Akmil tahun 1994 yang juga sama-sama asli warga Jawa Timur, tutur Letkol Arh Wirawan Yanuartono. Kalau saya asli putra Tuban sedangkan pak Bambang Utomo dari Malang yang lama bertugas di Tanjungpinang, sambungnya. Pangdam V/Brawijaya dalam amanatnya mengatakan, memangku jabatan baru bukan karena pertimbangan administrasi semata, tetapi merupakan suatu apresiasi terhadap dedikasi dan loyalitas tugas yang diembannya. Jabatan adalah sebuah  amanah yang harus dijalankan sebaik mungkin dan dipertanggung-jawabkan kepada pimpinan dan bawahan serta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, ujar orang nomor satu di Kodam V/Brawiijaya ini. Selain itu jabatan juga memberikan kewenangan dan fasilitas, sehingga menuntut tanggung jawab untuk bisa dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan yang terbaik oleh para pejabatnya, pungkasnya. (Pendam 5/ Dispenad).