Minggu, 09 November 2014

SERTIJAB 15-22 SEPT 2014

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Sertijab Kasi dan Dandim
Yogyakarta, Sabtu 20 September 2014-
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI MS. Fadhilah pimpin serah terima jabatan Kasi Pers Korem 072/Pamungkas dari Letkol Arm Jati Bambang Priyambodo S.I.P. kepada Letkol Arm Indro Respati, Kasiter Korem 072/Pamungkas dari Letkol Arm Indro Respati Kepada Letkol Arh Ananta Wira IP.,S.Sos, dan Dandim 0705/Magelang Letkol Kav Adang Sumpena kepada Letkol Arm I Made Gede Antara, S.Sos, serta Dandim 0734/Yogyakarta dari Letkol Arh Ananta Wira IP., S.Sos kepada Letkol Inf Renal Aprindo Sinaga, Sertijab dilaksanakan di Makorem 072/Pamungkas Jl. Reksobayan No.4 Yogyakarta. Sabtu (20/09).

Upacara tradisi Sertijab yang dilaksanakan secara sederhana ini ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat jabatan, penyerahan tongkat komando serta penandatanganan naskah berita acara serah terima yang disaksikan oleh para Kasi Korem, para Dandim, para Danyon, para Dan/Kasatdisjan dan perwakilan Pa, Ba, Ta dan Pns Korem 072/Pamungkas serta Ketua Persit KCK Koorcab Korem 072/Pamungkas dan Pengurus Persit. Dalam amanatnya Danrem 072/Pamungkas mengatakan serah terima jabatan memiliki makna penting dan strategis ditinjau dari upaya komando atas untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi disatu sisi regenerasi kepemimpinan dapat membawa ide baru dan mampu menciptakan langkah kreatif dan inovatif dalammenjalankan organisasi selain itu memberikan gairah semangat untuk terus maju. Diharapkan prestasi yang telah dicapai oleh Korem 072/Pamungkas dan jajarannya dapat terus ditingkatkan sesuai dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas tantangan tugas masa depan, sehingga Korem 072/Pamungkas dan jajarannya sebagai Satuan Teritorial yang memiliki daya dukung yang optimal terhadap tugas pokok Kodam IV/Diponegoro. Selanjutnya Danrem juga mengucapkan “Selamat Bertugas”, segera beradaptasi terhadap lingkungan satuan, kenali tugas dan anak buah serta tanggung jawab, jalin koordinasi dengan Satuan/Dinas Jawatan guna memperlancar tugas satuan.(Penrem072/PMK). sumber, tniad.mil.id
----------------------------------------------------
PANGDAM I/BB : SERAH TERIMA JABATAN MEMBAWA IDE BARU
Medan, Kamis 18 September 2014-
Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S, SE, MM menyematkan tanda jabatan Kasandidam I/BB kepada Chb Letkol Bambang Purwanto di  Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (18/9).
------------
Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S, SE, MM pimpin  Upacara Serah Terima Jabatan sahli Pangdam I/BB Kolonel Felix Hutabrat, S.Ip., M.B.A Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup kepada Kolonel Inf Budi Heriyanto, Bidang Sosial dan Budaya, Kolonel Inf Budi Heriyanto kepada Kolonel Inf Marwan R. Saragih,  Danyonarhanudse 13/BS Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto kepada Mayor Arh Sri Rusyono S., S.E.,  penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan kepada Kolonel  Inf Hendrawan, S.Ip,  Bidang Hukum dan Humaniter, Kasandidam I/BB Chb Letkol Bambang Purwanto Serta Kolonel Inf Marwan R. SaragihBidang Ekonomi kepada Pangdam I/BB di Balai Prajurit  Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5Medan, Kamis (18/9). Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari S, S.E, MM mengatakan  serah terima jabatan memiliki makna penting guna meningkatkan kualitas kinerja organisasi sekaligus regenerasi kepemimpinan, yang diharapkan dapat membawa ide baru dan mampu menciptakan langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi.  Staf ahli Pangdam memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam melakukan analisa dan pengkajian terhadap berbagai permasalahan untuk dapat menjawab perkembangan dan perubahan yang cepat dan dinamis, oleh karena itu staf ahli Pangdam membutuhkan ketajaman daya nalar, kritis dan korektif dalam mengajukan saran dan masukan agar apa yang disampaikan memiliki nilai analisis yang realistis dan prospektif sesuai bidangnya.  selanjutnya tugas pokok Kasandidam I/BB adalah  menyelenggarakan kegiatan di bidang fungsi persandian di wilayah Kodam I/BB meliputi menyelenggarakan kegiatan persandian, pengetrapan dan penyesuaian dari sistem serta analisa sandi sastra, perencanaan pemanfaatan potensi persandian. Danyonarhanudse 13/BS dihadapkan dengan luasnya wilayah Kodam I/BB yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, Singapura, Thailand,Vietnam dan pulau-pulau terluar serta pesatnya kemajuan ilpengtek, maka Batalyon Arhanudse-13/BS dituntut kesiapsiagaan satuan agar selalu dalam kondisi siap operasional.
Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan  selama ini staf ahli bidang ekonomi, bidang ilpengtek dan lingkungan hidup, bidang sosial dan budaya serta Danyonarhanudse-13/BS telah mampu melaksanakantugasnya dengan baik. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Felix Hutabrat, S.Ip., M.B.A beserta istri atas jabatan baru sebagai Pati Ahli Kasad Bidang Ekonomi, kepada  Kolonel Inf MarwanR.Saragih beserta istri, sebagai staf ahli Pangdam I/BB bidang Sosbud, kepada Kolonel Inf Budi Heriyantobeserta istri, sebagai staf ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek dan lingkungan hidup, kepada Letnan Kolonel Arh Wachyu Dwi Haryanto beserta isteri yang menempati jabatan dandim 0303/Bengkalis, denganberbekal pengalaman selama ini semoga dapat meraih sukses dalam melaksanakan tugas yang baru.  Danselamat datang kepada Kolonel  Inf Hendrawan, S.Ip. beserta istri, selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI Angkatan Darat untuk mengemban tugas baru sebagai Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Hukum Dan Humaniter dan kepada Mayor Arh Sri Rusyono S., S.E. beserta isteri, selakuDanyonarhanudse-13/BS.  Agar secepatnya dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, kembangkan hasil yang telah dicapai  oleh pejabat lama dan ciptakan kreatifitas baru agar kinerja satuan  terusmeningkat serta tingkatkan kerja sama dan koordinasi dengan instansi TNI dan Polri serta pemerintah daerah untuk dapat menciptakan situasi yang kondusif. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB dan Staf Khusus Pangdam I/BB, Pa LO TNI AL Kodam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Para Dansat BS Kodam I/Bukit Barisan serta  Ketua Persit KCK PD I/BB beserta Pengurus Persit KCK PD I/BB. sumber, kodam1-bukitbarisan.mil.id
===============================
Pergantian Pejabat Kodam Jaya
Jakarta, Rabu 17 September 2014-
“Alih tugas dan jabatan memberikan gambaran, bahwa kehidupan organisasi di lingkungan Kodam Jaya berjalan secara dinamis dan sudah di desain secara profesional sebagai organisasi militer yang bertujuan untuk meraih kondisi yang lebih baik dan lebih maju. Guna mewujudkan hal tersebut, perlu mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan kesiapan serta kemampuan dari seluruh komponen satuan secara handal dan didukung mekanisme kerja yang rapi serta terintegrasi dengan solid” Tegas Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyono dalam acara Tradisi Korps Sertijab Pejabat Kodam Jaya, bertempat di aula Sudirman Makodam Jaya. Rabu (17/09). Dengan berlangsungnya serah terima jabatan ini, Pangdam Jaya menyampaikan ucapan  terima kasih dan penghargaan yang  tulus  kepada para Pejabat Kodam Jaya yang lama atas pengabdian dan dedikasinya terhadap Kodam Jaya. Adapun Pejabat Kodam Jaya yang diserahterimakan diantaranya Irdam Jaya dari Kolonel Inf Syukran Hambali, SH, kepada Kolonel Inf Besar Harto, Aslog Kasdam Jaya dari Kolonel Arh Suroso, SE, kepada Letkol Czi Tri Hascaryo, S.I.P, Kazidam Jaya dari Kolonel Czi Budi Irawan, S.I.P, kepada Letkol Czi Saptono Syiwarudi, S.sos, Kapaldam Jaya dari Kolonel Cpl Subagyo, SE, kepada Kolonel Cpl. R.D.Epi Setiadi, Kasandidam Jaya dari Letkol Inf Sudiharto kepada Letkol Inf Yohanes Mahoro dan Perwira Staf Ahli Pangdam Jaya bidang Manajemen Sishanneg sekarang dijabat oleh Kolonel Arm Nazaruddin. Sebagai cerminan organisasi yang profesional, efektif, efesien, modern dan militan, maka kesiapan fungsi-fungsi terkait pembinaan satuan harus dibina terus-menerus dan sifatnya berkelanjutan, demi menyesuaikan kebutuhan dan tantangan tugas yang dihadapi. “Oleh karena itu, bagi pejabat yang dipercaya menerima amanah, saya sampaikan bahwa tempat penugasan seperti Kodam Jaya merupakan arena untuk lebih mengembangkan kemampuan manajerial dan memperkaya aspek kepemimpinan sehingga kelak diperlukan dalam mendukung dan memikul beban tugas dan tanggung jawab yang semakin besar” Tegas Pangdam Jaya. Lebih lanjut Pangdam Jaya mengucapkan selamat datang kepada para Pejabat baru sikapi kepercayaan dengan penuh rasa tanggung  jawab dan pengabdian yang tulus kepada Kodam Jaya Berbuatlah yang terbaik bagi satuan serta tingkatkan kinerja dari hasil pengalaman yang ada sehingga dapat menjadi prajurit yang lebih profesional. Dinamika kehidupan merupakan hal yang alamiah, akan melewati proses yang disebut perjumpaan dan perpisahan, sebagai bagian dari konsekuensi relasi sosial yang dibangun antar manusia, terlebih dilingkungan militer. Proses tersebut, menjadi bernilai manakala hubungan emosional terjalin dengan baik dan berjalan dengan mulus, yaitu selama tugas bersama tetap kompak, mampu berkarya dan ketika akan berpisah meninggalkan kesan yang baik.
source, www.kodam-jaya.mil.id
------------------------
Pelantikan Danyonif 200/Raider
Rabu, 17 September 2014-
KODAM II/SRIWIJAYA (17/9),- Mayor Inf Yudha Sandi Purwana, Selasa dilantik menjadi Komandan Yonif 200/Raider menggantikan Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda  yang dipromosikan menjadi Dandim 0421/Kalianda Korem 043/Gatam. Upacara Serah Terima Jabatan Danyonif 200/Raider dipimpin langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo, bertempat di gedung Sudirman Kodam II/Sriwijaya Palembang (16/9).
Mayor Inf Yudha Sandi Purwana, sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Binpers Spers Kodam II/Sriwijaya Pangdam II/Sriwijaya pada kesempatan tersebut menyatakan, bahwa Batalyon Yonif 200/Raider merupakan Satuan Tempur yang menjadi kebanggaan dan andalan Kodam II/Sriwijaya. Oleh sebab itu, Komandan Batalyon harus terus meningkatan pembinaan satuan. Terus tingkatkan pembinaan personil, pembinaan materiil, pembinaan latihan, dan pembinaan pangkalan, agar satuan ini senantiasa memiliki kesiapan yang tinggi dalam mengemban setiap tugas.
Selain itu, pada saat yang bersamaan juga dilakukan Korp Raport Serah Terima Jabatan Kazidam II/Sriwijaya dari Kolonel Czi Fakhrudin kepada Letkol  Czi  M  Irfan Affandi, Kabekangdam II/Sriwijaya dari Kolonel Cba R Agus Udiarto kepada Kolonel Cba Zainuddin,  Kabintaldam II/Sriwijaya dari Kolonel Inf Haris Sufi Anwari kepada Letkol Inf Gustia Wardana, serta dilaksanakan Korps Raport Pindah Satuan Staf Ahli Pangdam II/Sriwijaya Bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup Kolonel Inf Akmad Riswan Usman dan Staf Ahli Pangdam II/Sriwijaya Bidang Sosial Budaya Kolonel Arm Edy Purnomo.
Turut hadir pada kesempatan Upacara tersebut: Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Toto S Moerasad, Irdam II/Sriwijaya, Danrem 044/Gapo, Para Staf Ahli Pangdam II/Sriwijaya, para Asisten, dan Dan/Ka Balakdam II/Sriwijaya, LO AL, LO AU, dan Kodam II/Sriwijaya, serta Ketua dan Wakil Ketua para Pengurus dan anggota  Persit  Kartika Chandra Kirana PD II/Sriwijaya.
sumber, http://www.tni.mil.id/view-65586-pelantikan-danyonif-200raider.html
-------------------------
MAYOR INF YUDHA SANDI DILANTIK JADI DANYONIF 200/RAIDER
Palembang, Selasa 16 September 2014-
Mayor Inf Yudha Sandi Purwana, Selasa (16/9/2014) dilantik menjadi Komandan Yonif 200/Raider menggantikan Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda  yang dipromosikan menjadi Dandim 0421/Kalianda Korem 043/Gatam. Upacara serah terima jabatan Danyonif 200/Raider dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo bertempat Gedung Sudirman Kodam II/Swj Palembang.
Upacara serah terima jabatan Danyonif 200/Raider ditandai dengan penyerahan tunggul Batalyon Raider “cepat, tepat dan senyap”, pemasangan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan Tongkat Komando dari  Inspektur Upacara kepada pejabat baru. Mayor Inf Yudha Sandi Purwana, sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Binpers Spers Kodam II/Swj. Pangdam II/Swj pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa Batalyon Yonif 200/Raider merupakan satuan tempur yang menjadi kebanggaan dan andalan Kodam II/Swj. Oleh sebab itu, pejabat Komandan Batalyon harus terus meningkatan pembinaan satuan. “Terus tingkatkan
pembinaan personel, pembinaan materiil, pembinaan latihan, dan pembinaan pangkalan, agar satuan ini senantiasa memiliki kesiapan yang tinggi dalam mengemban setiap tugas”, ujarnya. Pangdam II/Swj juga menekankan agar seluruh satuan di jajaran Kodam II/Swj menghidupkan kembali kompetisi antar satuan dalam berbagai bidang, seperti kompetisi dalam pertandingan olah raga militer maupun olah raga umum, kompetisi kebersihan asrama, ketangkasan prajurit, kesamaptaan dan lain sebagainya. “Masing-masing Batalyon agar melaksanakan kompetisi baik antar peleton, kompi dan bahkan satuan, untuk membangun kebersamaan, jiwa korsa, sportifitas dan profesionalisme keprajuritan”, tegas orang nomor satu Kodam II/Swj. Selain itu, pada saat yang bersamaan juga dilakukan korp raport Serah Terima Jabatan Kazidam II/Swj dari Kolonel Czi Fakhrudin kepada Letkol  Czi  M  Irfan Affandi, Kabekangdam II/Swj dari Kolonel Cba R Agus Udiarto kepada Kolonel Cba Zainuddin,  Kabintaldam II/Swj dari Kolonel Inf Haris Sufi Anwari kepada Letkol Inf Gustia Wardana,  serta dilaksanakan korps raport pindah satuan Staf Ahli Pangdam II/Swj bidang Ilpengtek dan Lingkungan Hidup Kolonel Inf Akmad Riswan Usman dan Staf Ahli Pangdam II/Swj bidang Sosial Budaya Kolonel Arm Edy Purnomo. Turut hadir pada kesempatan upacara tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten  dan  Dan/Ka Balakdam II/Swj, LO AL dan LO AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua  beserta para Pengurus  dan anggota  Persit  Kartika Chandra Kirana PD II/Swj
(Pendam II/Swj) (sumber, kodam-ii-sriwijaya.mil.id)
===================================
Tradisi Korps Kasrem 051/Wkt dan Perwira Korem 051/Wkt
Bekasi, Senin 15 September 2014-
Korem 051/Wkt menggelar acara serah terima jabatan Kasrem 051/Wkt dari Letkol inf Drajad Brima Yoga SIP kepada Letkol Inf Moch. Zamroni, Serah terima jabatan Dandim 0508/DPK dari Letkol Inf Moch Zamroni kepada Letkol Inf Santosa S.Pd dipimpin langsung oleh Komandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto bertempat di aula Wijayakarta Korem 051/Wkt, Bekasi Senin,(15/14).
Danrem, dalam amanatnya, menyampaikan bahwa proses alih tugas dan jabatan di lingkungan Korem 051/Wkt merupakan kebutuhan organisasi, dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan berkaitan dengan upaya pembinaan personel dalam rangka Tour of Duty dan Tour of Area. Prosesi acara tradisi korps dan serah terima jabatan kali ini yaitu Letkol Inf Moch Zamroni kepada Letkol Inf Santosa, S.Pd  beserta pelepasan Letkol Inf Drajad Brima Yoga, SIP, Kapten Inf Subandi, Kapten Inf Kardo dan penerimaan Kapten Inf Agi Suprapto, Kapten Inf Suranto.
Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol inf Drajad Brima Yoga SIP yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Kasrem 051/Wkt dengan baik. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada ibu Sylvia Drajad atas pengabdian dan pengorbanan yang telah diberikan dalam membina Persit Koorcab Rem 051 PD Jaya.  Sebagai pembantu dan penasehat utama pimpinan, Kasrem memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mendinamisasikan kegiatan staf serta mewujudkan pembinaan administrasi internal. Disamping itu, Kasrem harus mampu mengkoordinasikan dan membina unsur-unsur pembantu pimpinan, pelayanan dan pelaksanaan maupun tugas-tugas lain yang diberikan Danrem. Selain itu, Saya mengharapkan, kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan ini hendaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan ini dengan sebaik-baiknya. Harus diingat, bahwa pangkat dan jabatan itu amanah, bersifat sementara dan merupakan titipan dari Yang Maha Kuasa, yang manakala tiba saatnya nanti akan dimintai pertanggungjawabannya. Oleh karena itu, Komandan Kodim 0508/Dpk, dalam menyelenggarakan fungsi tugas pokok di bidang teritorial, diharapkan mampu menyelenggarakan perencanaan program dan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan perlawanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial dan pembinaan Bhakti TNI dalam rangka menyiapkan RAK juang bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat, dengan sebaik-baiknya. Kepada pejabat Dandim 0508/DPK Letkol Inf Santosa, S.Pd saya berharap, dengan kehadiran pejabat baru, nantinya akan mampu memberikan kontribusi dan pemikiran optimal dalam pelaksanaan tugas pokok Korem 051/Wkt. Selanjutnya, juga saya sampaikan ucapan selamat kepada Kapten Inf Subandi sebagai Danramil 05/Cibitung, Kapten Inf Kardo sebagai Danramil 08/Lemah Abang, Kapten Inf Agi Suprapto sebagai Kajasrem 051/Wkt, Kapten Inf Suranto sebagai Dankima Korem 051/Wkt.
Selanjutnya Letkol Inf Drajad Brima Yoga menempati posisi sebagai Pamen Mabes TNI untuk Bais TNI calon Atase Pertahanan dan Letkol Inf Santosa, S.Pd jabatan sebelumnya sebagai Dandodikjur/Gumil Rindam Jaya. source, www.kodam-jaya.mil.id