Sabtu, 08 Agustus 2015

Sertijab 1-6 Agustus 15

Danrem 102/Pjg Pimpin Sertijab Danyonif 631/Atg
Palangka Raya, Rabu 5 Agustus 2015-
Bertempat di Markas Yonif 631/Antang Jl. Cilik Riwut Km.6 Palangka Raya Kalimantan Tengah telah dilaksanakan serah terima jabatan Danyonif 631/Antang dari Mayor Inf I Gede Putra Yasa, Kepada Mayor Inf Herry Purwanto,S.Sos, selaku
Irup Danrem 102/Pjg Kolonel Kav. Sulaiman Agusto, S.Ip. MM pada Rabu (5/8) pukul 08.00 WIB. Hadir pada acara sertijab Danyonif 631/Antang Kakorda Kemenhan Kalteng, Kasrem 102/pjg, Para Dandim, Kapolres, Wadansat Brimob, Kajati, Para Dankabalak Aju dan Perwira jajaran Korem 102/Pjg serta Ibu-Ibu persit Kck Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr. Dalam amanatnya Danrem 102/Pjg mengatakan Tugas dan jabatan yang akan diemban merupakan amanah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, yang harus diterima dengan penuh rasa syukur dan kelak harus dipertanggung jawabkan kepada-Nya. Ungkapan serta perwujudan rasa syukur ini hendaknya ditunjukkan dengan terus meningkatkan kualitas diri agar selalu mampu berprestasi dengan mempersembahkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan Yonif 631/Atg khususnya, Korem 102/Pjg maupun TNI-AD pada umumnya serta bagi TNI, bangsa dan negara. Lebih lanjut dikatakan, Batalyon Infantri 631/Antang sebagai satu-satunya satuan tempur yang ada diwilayah Korem 102/Pjg Kalimantan Tengah ini merupakan satuan andalan dan kebanggaan, bertekad secara konsisten dan konsekuen mengemban tugasnya, sekalipun dihadapkan kepada keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa di wilayah Kalteng.
Selanjutnya Pejabat lama Mayor Inf I Gede Putra Yasa akan menduduki jabatan baru sebagai Dandodiklatpur Rindam XII/Tpr, sedangkan Mayor Inf Herry Purwanto,S.Sos, selaku Danyonif 631/Atg yang baru, sebelumnya menjabat sebagai Kasi Ops Korem 102/pjg Dam XII/Tpr. Usai pelaksanaan Upacara dilanjutkan atraksi seperti kuda lumping dan reog, dilanjutkan atraksi bela diri Yong Moodo oleh Prajurit 631/Atg dan terakhir Defile.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/danrem-102pjg-pimpin-sertijab-danyonif-631atg/

Jabatan Danjen Akademi TNI dan Kabais Diserahterimakan
Jakarta, Kamis 6 Agustus 2015-
(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI dari Mayjen TNI Harry Purdianto, S.I.P., M.Sc. kepada Mayjen TNI Bayu Purwiyono dan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Mayjen TNI Moh. Erwin Syafitri kepada Mayjen TNI Yayat Sudrajat, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (6/8/2015). Acara serah terima jabatan dilaksanakan secara bersama-sama dihadapan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dengan didahului penghormatan terhadap Pusara Akademi TNI ”Bhinneka Eka Bhakti” dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dan Pelaporan Korps Raport. Mayjen TNI Harry Purdianto, S.I.P., M.Sc. selanjutnya akan menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI, sedangkan Mayjen TNI Bayu Purwiyono sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IV/Dip. Sementara itu, Mayjen TNI Moh. Erwin Syafitri akan menduduki jabatan barunya sebagai Wakasad, sedangkan Mayjen TNI Yayat Sudrajat sebelumnya menjabat sebagai Aspam Kasad. Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, Badan Intelijen Strategis TNI harus selalu menganalisa setiap perkembangan yang terjadi diberbagai bidang serta bentuk ancaman yang akan timbul baik itu ancaman secara global, regional maupun nasional dengan indikasi ancamannya kedepan yang akan ditimbulkan. “Kabais yang baru agar segera konsolidasi dengan menata organisasi Bais TNI, sehingga kedepan Bais TNI dapat benar-benar bisa memeberikan masukan strategis untuk bisa ditindaklanjuti”, ujar Panglima TNI. Demikian juga untuk Danjen Akademi TNI merupakan sumber daya manusia yang sangat strategis untuk 20 tahun kedepan, untuk itu agar benar-benar memperkirakan dan membuat persepsi tantangan untuk 20 tahun kedepan. Untuk tantangan kedepan yang sangat penting dan harus dipersiapkan serta dipelihara adalah militansi, etika, moral integritas bagi para calon perwira kedepan. “Danjen Akademi TNI segera menganalisa dan evaluasi termasuk di dalam merekruitmen calon perwira, sedangkan yang tahu tentang ciri, indikasi persyaratan perwira adalah masing-masing angkatan. Bagaimana kriteria perwira masing-masing angkatan dan seleksi Taruna agar dikembalikan lagi melalui angkatan masing-masing”, tegas Panglima TNI.
Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan, Kasum TNI Marsdya TNI Dede Rusamsi, S.E., M.M., Irjen TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin, para Asisten Panglima TNI, Gubernur Akademi, Kabalakpus Mabes TNI dan Perwakilan Taruna Akademi serta Ibu-Ibu Ikatan Kesejahteraan Keluarga Tentara (IKKT) Akademi TNI dan Bais TNI.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/jabatan-danjen-akademi-tni-dan-kabais-diserahterimakan/

Danrem 063/Sgj Lepasan Kasrem Ketempat Tugas Baru Alih Tugas Meningkatkan Kinerja Organisasi
Kota Cirebon, Kamis 6 Agustus 2015–
Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto memimpin acara pelepasan Kepala Staff Korem 063/SGJ Letkol Arh Eddy Widiyanto S.I.P yang alih tugas menjadi Kasi Intel Korem 032/WBR Padang Kodam I/BB, dihadiri para Kasi/Pasi Korem dan, Dan/Ka Satdisjan, Dandim 0614/Kota Cirebon, Pengurus Persit KCK, Angota Makorem dan PNS, bertempat diruang Lobby Makorem 063/SGJ,(Kamis, 6/8). Dalam sambutan Danrem 063/SGJ menyampaikan bahwa seperti dipahami bersama bahwa alih tugas dan jabatan dijajaran TNI Angkatan Darat, merupakan hal yang biasa dan tujuannya adalah meningkatkan kinerja organisasi, Disamping itu alih tugas juga memberi kesempatan bagi personel untuk maju mengembangkan kemampuannya. Dengan pengalaman tugas yang beragam, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan menambah pengalaman bagi Prajurit dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam tugasnya. Selain itu, alih tugas dalam organisasi merupakan respon atas tuntutan tugas yang terus berkembang secara dinamis. Acara yang sederhana ini dilaksanakan tanpa mengurangi rasa hormat dan penghargaan kepada Letkol Arh Eddy Widiyanto S.I.P, atas budi bakti kepada satuan Korem 063/SGJ tercinta ini dan terus menjaga silaturrahmi dengan keluarga besar Korem 063/SGJ. (Penrem 063).
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/danrem-063sgj-lepasan-kasrem-ketempat-tugas-baru-alih-tugas-meningkatkan-kinerja-organisasi/

Dandim 0509 Kab Bekasi Pimpin Sertijab Kasdim
Bekasi, Kamis 6 Agustus 2015–
Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf Nurdianto, S.Sos, M.Si pimpin serah terima jabatan dari Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Eko Pramono Arifin kepada Mayor Arm Agus Tri Tunggal di Aula Babinsa Makodim 0509 Area Perkantoran Pemda Kab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kab Bekasi, Kamis (6/8). Dandim 0509/ Kab Bekasi mengatakan, rotasi jabatan itu sesuatu hal yang biasa sebagai dinamika organisasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya meningkatkan kinerja satuan serta penyegaran dan kelanjutan karir seorang perwira. ” pergantian pejabat itu hal yang biasa, bagi anggota TNI, “ucapnya. Selain itu, Letkol Inf Nurdianto,S.Sos, M Si dalam amanatnya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mayor Inf Eko Pramono berserta istri atas pengabdiannya selama di Kodim 0509 dan juga mengucapkan selamat datang kepada Mayor Arm Agus Tri Tunggal S.Pd bersama istri .Oleh karena itu, diharapkan anggota yang keluar dan masuk segera menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerjanya yang baru.” segera sesuaikan diri di lingkungan yang baru,”ungkapnya.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/dandim-0509-kab-bekasi-pimpin-sertijab-kasdim/

Letkol Arh Jan Piter P.G. Dandim Purwodadi
Salatiga, Kamis 6 Agustus 2015–
Letkol Arh. Jan Piter P.G. resmi menjabat sebagai Dandim 0717/Purwodadi saat tongkat komando dan lencana Komandan Kodim 0717/Purwodadi disematkan oleh Danrem 073/Makutarama Kolonel Kav Bueng Wardadi pada acara Sertijab Dandim 0717/Purwodadi di aula Makorem.
Dalam amanatnya Danrem menyampaikan, mutasi dan pergantian pejabat di jajaran Korem 073/Makutarama merupakan hal yang wajar dan lazim terjadi, sebagai bagian dari gerak dan dinamika kehidupan organisasi, khususnya pada aspek pembinaan personel seorang prajurit.
Alih tugas dan jabatan yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan, wawasan manajemen dan profesionalitas keprajuritan para Perwira, agar mampu memberikan pengabdian dan kinerja terbaik dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Lebih lanjut Danrem, mengatakan bahwa salah satu prestasi yang diraih selama menjabat Dandim 0717/Purwodadi adalah menjadi Juara Pertama Nasional Upaya Khusus Swasembada Pangan dan  mendapatkan Pin emas yang disematkan langsung oleh Menteri Pertanian di Balai Kartini beberapa waktu lalu. Danrem juga mengingatkan Letkol Arh Jan Piter Pamingotan Gurning, bahwa jabatan merupakan amanah sekaligus kehormatan yang harus dijunjung tinggi dan diterima dengan rasa syukur, disertai tekad untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan satuan yang baru.  Kenali para tokoh masyarakat maupun tokoh agama yang berpengaruh di wilayah sebagai patner kerja di Satuan Teritorial. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah guna mendukung terlaksananya tugas pokok. Kolonel Kav Bueng Wardadi juga menyoroti munculnya upaya dari pihak-pihak yang ingin memecah belah negara kita melalui berbagai isu diantaranya menggunakan isu agama, karenanya seluruh prajurit agar waspada. “Seluruh prajurit jajaran Korem 073/Makutarama harus tetap waspada dan berpegang teguh bahwa NKRI  dan hidup damai penuh toleransi merupakan harga mati” tegasnya .Sebagai pengaman dan pilarnya persatuan dan kesatuan bangsa, TNI tidak boleh terprovokasi, akan tetapi harus menjadi pendingin dan menetralisir setiap kejadian serta mencegah jangan sampai ada gesekan atau benturan antar warga masyarakat hingga pengrusakan fasilitas umum atau melakukan tindakan anarkis lainnya. “Berdayakan FKUB yang ada diwilayah, untuk memberikan pemahaman kepada warga masyarakat akan pentingnya hidup damai penuh toleransi” pinta Danrem.
Letkol Inf Jaelan selanjutnya menjabat Pabandya-3/SDM Spaban III/Wanwil Sterad, sedang Letkol Arh Pieter JG sebelumnya menjabat Danden Inteldam IV/Dip. (Penrem 073/Makutarama)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/letkol-arh-jan-piter-p-g-dandim-purwodadi/

Tradisi Penerimaan Prajurit Korem 073/Mkt
Salatiga, Kamis 6 Agustus 2015–
Dalam lingkup TNI AD setiap Prajurit yang akan menjadi bagian dari satuan TNI harus menjalani Tradisi Penerimaan Prajurit, tak terkecuali satuan Korem 073/Makutarama. Korem 073/Makutarama menggelar Acara Penerimaan Prajurit sebelum melaksanakan pergantian Dandim 0717/Purwodadi yang merupakan salahsatu Kodim Jajaran Korem 073/Makutarama. Dandim 0717/Purwodadi yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Inf Jaelan, akan diserah-terimakan kepada Letkol Arh Jan Piter Pamingotan Gurning yang berlangsung di ruang aula Makorem. Pada puncak acara, Calon Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Pamingotan Gurning melaksanakan penciuman Dhuaja dan mengisi buku tamu. Penciuman Dhuaja mengandung makna sebagai penyatuan diri dengan satuan baru ataupun dalam makna untuk mencintai satuan baru sebagai tempat pengabdian kepada bangsa dan Negara. Tradisi ditutup dengan pernyataan resmi oleh Danrem. Hadir dalam acara tersebut, Para Perwira Korem, Para Dandim Jajaran Korem serta Dan/Kasatdisjan Korem 073/Makutarama dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 073 beserta anggotanya dan perwakilan Pa, Ba, Ta dan PNS Korem 073/Makutarama. (Penrem 073/Makutarama)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/tradisi-penerimaan-prajurit-korem-073mkt/

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Sertijab Danrem 172/PWY Dan Katopdam
Jayapura, Rabu 5 Agustus 2015-
Pangdam XVII/Cenderwasih Fransen G. Siahaan memimpin laporan Sertijab Danrem 172/Pwy dari Kolonel Inf Tri Yuniarto, S.Ap.,M.Si kepada Kolonel Inf Sugiono dan Katopdam XVII/Cenderawasih dari Kolonel Ctp Drs. Wahyudi Wijayanto kepada Letkol Ctp Ir. Pujiyanto,M.Si, serta penyerahan tugas Pa Lo Au dari panglima kodam XVII/Cenderawasih kepada Letkol Nav Anang Surdwiyono beserta 17 orang Kasi Korem di Aula Tony Rompis, Rabu (5/8). Menurut Pangdam, serah terima jabatan merupakan bagian dari proses pemantapan dan pengembangan karier Perwira di jajaran TNI, ke jenjang yang lebih tinggi, baik dalam aspek tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan. Di lingkungan TNI, setiap saat terjadi rotasi jabatan dalam berbagai level, untuk mengembangkan karier dan kemampuan personel serta meningkatkan kinerja satuan. Diharapkan proses regenerasi pejabat maka roda organisasi di lingkungan TNI, dapat berjalan dan terus berlanjut sesuai dengan pola pembinaan personel dan pembinaan satuan.
Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Tri Yuniarto, S.Ap.,M.Si beserta istri dan Kolonel Ctp Drs. Wahyudi Wijayanto beserta istri atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta dedikasi yang ditunjukkan selama mengemban amanah jabatan di Kodam XVII/Cenderawasih dengan sangat baik. Kepada Pejabat Baru Danrem 172/Pwy Kolonel Inf Sugiono, Katopdam Letkol Ctp Ir. Pujianto, M.Si dan Pa Lo Au Letkol Nav Anang Surdwiyono, Pangdam ucapkan “selamat” atas jabatan baru di Jajaran Kodam XVII/Cen. Berbanggalah kalian yang diberikan kepercayaan untuk berdinas di Papua, karena tidak semua prajurit pernah merasakan indahnya bertugas di bumi Cenderawasih sebagai Ksatria Pelindung Rakyat. Bekerjalah dengan berani, berbuat yang terbaik, tulus dan ikhlas untuk memajukan dan membesarkan Kodam XVII/Cenderawasih.
Pangdam mengharapkan kerja nyata yang ekstra dari pejabat baru untuk tidak henti-hentinya menerapkan sikap leadrshipnya, tidak saja dalam memimpin, tetapi hendaknya menjadi Rule Of Model, baik dalam etika moral, maupun dalam religiusitasnya kepada anggota dan juga kepada masyarakat. Niscaya akan mampu mereduksi berbagai persoalan yang dihadapi. Secara khusus kesiapan pejabat baru untuk melakukan langkah-langkah nyata melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seiring dengan persiapan menghadapi pemilukada serentak yang berlangsung di Papua. Pangdam pesan untuk sukseskan pemilukada dengan tetap berpedoman pada tataran dan kewenangan TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan dan bukan sebagai alat politik praktis. Jadi pastikan semua personil TNI dan Piranti TNI serta atribut TNI tidak menghiasi pemilukada. Ingat!! Tugas TNI adalah membantu Polri mengamankan pemilukada dari segala gangguan dan ancaman, tegasnya.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/pangdam-xviicenderawasih-pimpin-sertijab-danrem-172pwy-dan-katopdam/

Pisah Sambut Pangdam II/Swj Berlangsung Di Lapangan Makodam
Palembang, Rabu 5 Agustus 2015-
Dengan adanya rotasi Para Perwira Tinggi di Lingkungan TNI AD, baru – baru ini, Mantan Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, S.E., kini menjabat sebagai Pa Staf Khusus Di Mabesad. Sementara itu, Pangdam II/Swj kini Dijabat oleh Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., yang sebelumnya menjabat Wadan Kodiklat TNI AD. Kodam II/Swj menyelenggarakan pisah sambut yang digelar di lapangan Apel Makodam II/Swj Rabu (5/8/2015), di hadiri oleh seluruh Pejabat TNI Kodam II/Swj, diantaranya, Irdam II/Swj, Pa Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Danrem Jajaran Kodam II/Swj, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj dan segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj. Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., mengatakan bahwa apa yang telah diprogramkan oleh Pangdam terdahulu akan dilanjutkan. “Saya mengajak kepada segenap Prajurit dan PNS Makodam II/Swj dan Jajarannya untuk bekerja sama dan membantu demi kemajuan Kodam II/Swj,” tandasnya. Selain itu, Pangdam juga mengatakan tentang program peningkatan Profesional prajurit. “Terkait hal itu, disiplin menjadi hal yang mutlak, karena prajurit bukan gerombolan, tanpa disiplin akan menjadi orang-orang tidak terkontrol atau liar. Selanjutnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan operasional tetap dilaksanakan mengingat wilayah Kodam II/Swj cukup luas sehingga tingkat kerawanan terjadinya konflik sangat besar. “Untuk mendukung kegiatan tersebut, kita harus mempunyai kondisi fisik yang prima, yaitu dengan metode Sircuit Training,” ujar Purwadi. Pada bagian lain, Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, S.E., mengucapkan terima kasih kepada segenap Prajurit dan PNS jajaran Kodam II/Swj, yang selama menjabat telah begitu banyak membantu segala hal. “Semoga apa yang telah dilaksanakan oleh saya nanti sebagai Pangdam II/Swj akan dilanjutkan oleh Pangdam pengganti saya,”ujarnya. Acara Pisah Sambut Pangdam II/Swj, yang diselenggarakan berlangsung haru, saat Mantan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, S.E., terdahulu akan segera meninggalkan Makodam II/Swj berpamitan kepada para pejabat Makodam, terlihat saling berjabatan tangan serta berpelukan dan ada sebagian yang tak kuasa menahan air mata melepas Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, S.E., dan Istri yang telah mengabdi selama 8 bulan di Kodam II/Swj. (Pendam II/Swj)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/pisah-sambut-pangdam-iiswj-berlangsung-di-lapangan-makodam/

Pangdam Jaya Pimpin Sertijab Pejabat Kodam Jaya Dan Berharap Segenap Pejabat Baru Di Kodam Jaya Dapat Maksimal Dalam Bertugas
Jakarta, Rabu 5 Agustus 2015-
“Kita baru saja menyaksikan Serah Terima Jabatan Danrindam dari Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., kepada Kolonel Inf Iwan Setiawan, LO TNI AU dari Kolonel Pnb Moch Dadan Gunawan kepada Letnan Kolonel Pnb Sapuan, S. Sos serta Dandenmadam Jaya dari Letnan Kolonel InfMuis Iskandar kepada Letnan Kolonel Inf Heru Agung Aryandhono, S,I,P., dalam suasana tertib dan khidmat” Tegas Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo dalam acara Tradisi Korps dan Upacara Serah Terima Jabatan, Penerimaan/Pelepasan Para Pejabat Kodam Jaya/Jayakarta. Bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya, Rabu (05/08). Selain serah terima jabatan, pada kesempatan ini Kodam Jaya/Jayakarta juga melaksanakan tradisi penerimaan Warga Baru antara lain Danrindam Jaya Kolonel Inf. Iwan Setiawan, LO TNI AU LetkolPnb Sapuan, S. Sos, Staf Khusus Kodam Jaya Kolonel Inf Charles Tanta S., S.I.P , Staf Medis Fungsional (SMF) Dokter Spesialis Gol. IV/Kol Rumkit TK II.00.05.01 Kesdam Jaya Kolonel Ckm drg. Herawan Apidana, Sp.Pros, Dandenmadam Jaya Letkol Inf Heru Agung Aryandhono, S.I.P, Waka Paldam Jaya Letkol Cpl Achmad Djuliardi,Danyonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.PA., M.A., Dandenpom Jaya/1 Tangerang Letkol Cpm Daniel Prakosa serta Dandenpom Jaya/2 Cijantung Letkol Cpm Joni Kuswaryanto, S.H. Sekaligus pelepasan Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P, Kolonel Pnb Moch.Dadan Gunawan. Acara tradisi korps dan serah terima jabatan yang mengandung esensi pelepasan dan penerimaan Perwira setelah menjabat dalam kurun waktu tertentu merupakan salah satu implementasi pembinaan personel dan bagian dari penghormatan serta penghargaan terhadap Perwira yang bersangkutan. “Acara ini mencerminkan nilai Pancasila, Sumpah Prajurit dan Sapta Marga ini, akan memotivasi para Perwira untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di satuan baru yang dimasuki” Tegas Pangdam Jaya. Lebih lanjut Pangdam Jaya menerangkan bahwa Rindam Jaya/Jayakarta adalah satuan yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan dan latihan serta membantu pembinaan satuan di jajaran Kodam Jaya/Jayakarta. Penyelenggaraan Pendidikan meliputi Pembentukan Bintara/Tamtama, Pendidikan Spesialisasi, Kegiatan Kajian dan Pengembangan Bidang Latihan serta Pendidikan Bela Negara pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit sesuai tuntutan yang diharapkan.
“Menyikapi arti penting pendidikan sebagai pilar utama pembentukan, pembinaan dan pengembangan prajurit maka Rindam Jaya/Jayakarta harus selalu memedomani aturan yang berlaku dan disiplin dalam mengikuti tahapan-tahapannya dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. Keberadaan Danrindam dan peran para Perwira Staf harus dapat menjamin proses pendidikan berjalan dengan aman, terarah, terkoordinasi dan terintegrasi dengan baik, sehingga berhasil mencapai tujuan dan sasaran yaitu mencetak prajurit-prajurit yang tangguh, militan, modern dan profesional” Tegas Pangdam Jaya.
Lebih lanjut Pangam Jaya menyampaikan bahwa keberadaan Dandenmadam Jaya/Jayakarta yang mengemban tugas selaku pemimpin unsur pelayanan. Detasemen Markas merupakan satuan unsur pelayanan yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang perawatan, pelayanan, pemeliharaan, urusan dalam dan pengamanan di lingkungan Makodam. “Sebagai unsur pelayanan, Denmadam harus mampu menjamin peningkatan kinerja berbagai kepentingan menyangkut urusan dalam yaitu perawatan personel, kesehatan, kebutuhan atas angkutan, perumahan, pemondokan, pergudangan, komunikasi intern Makodam, pengamanan personel, materiil serta menyelenggarakan urusan protokoler, upacara dan kegiatan rapat-rapat. Untuk itu, pejabat Dandenma yang baruharus bisa mewujudkan Makodam ini sebagai potret bagi satuan lain dalam pelayanan, kebersihan, kerapian, keindahan dan ketertiban serta kedisiplinan” Terang Pangdam Jaya. Agar semua kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar maka Dandenma harus melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh Staf Umum maupun staf lain yang ada di MakodamJaya/Jayakarta. Meyikapi tugas yang diemban Danrindam serta Dandema sangat menentukan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok Kodam Jaya/Jayakarta, maka Pangdam Jaya menekankan agar para pejabat baru segera menyesuaikan diri dengan dinamika tugas di satuan masing-masing. Melalui kesempatan yang baik ini, Pangdam Jaya/Jayakarta menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., yang akan melanjutkan pengabdian di luar Kodam Jaya/Jayakarta, atas ketekunan dan dedikasinya selama ini. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama, juga disampaikan kepada Letnan Kolonel Inf Muis Iskandar yang akan melanjutkan pengabdian sebagai Sekretaris Minvetcaddam Jaya/Jayakarta. Kepada para perwira yang pada saat ini menduduki jabatan baru, yaitu Kolonel Inf Iwan Setiawan; Kolonel Ckm drg. Herawan Apidana, Sp. Pros,; Kolonel Inf Charles Tanta S., S.I.P.; Letkol Pnb Sapuan, S.Sos.; Letnan Kolonel Inf Heru Agung Aryandhono, S.I.P.; Letkol Cpl Achmad Djuliardi; Letkol Cpm Daniel Prakoso; Letkol Cpm Joni Kuswaryanto,S.H.; dan Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.PA., M.A.; Pangdam Jaya mengucapkan selamat disertai harapan semoga dapat bekerja dengan baik. “Saya percaya dengan bekal pengalaman sebelumnya, dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan bidang tugas sebagaimana yang diharapkan satuan” Tegas Pangdam Jaya.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/pangdam-jaya-pimpin-sertijab-pejabat-kodam-jaya-dan-berharap-segenap-pejabat-baru-di-kodam-jaya-dapat-maksimal-dalam-bertugas/

Kasad Pimpin Acara Laporan Korps dan Sertijab di Jajaran TNI AD
Jakarta, Selasa 4 Agustus 2015-
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin Acara Laporan Korps Aspam, Aspers dan Kasahli Kasad, serta Sertijab Dirkumad, Kadislitbangad dan Danpusintelad di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa (04/08). Aspam Kasad dari Mayjen TNI Yayat Sudrajat kepada Brigjen TNI Ibnu Darmawan, Aspers Kasad dari Mayjen TNI Jaswadi Kepada Brigjen TNI Heboh Susanto, Kasahli Kasad dari Mayjen TNI Prihadi Agus Irianto kepada Brigjen TNI Musa Bangun. Sedangkan sertijab Dirkumad dari Mayjen TNI Markoni kepada Kolonel Chk Joko Purnomo, serta Kadislitbangad dari Brigjen TNI Rudiono Edi kepada Brigjen TNI Deliaman Th. Damanik, dan terakhir Danpusintelad dari Brigjen TNI Hartomo kepada Kolonel Inf Herianto Syahputra.
Dalam amanatnya kasad menyampaikan bahwa pergantian pejabat ini merupakan salah satu implementasi dari upaya untuk memelihara dan senantiasa meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam pelaksanaan tugas pokok. “Yang terpenting dari itu semua, kita harus memahami bahwa pergantian pejabat tinggi TNI AD tentu saja dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel”, tegas Kasad. Kasad Menaruh harapan besar kepada para pejabat baru untuk dapat melanjutkan kinerja positif yang telah dilakukan oleh pejabat sebelumnya, disertai semangat untuk mengembangkan inovasi baru yang lebih segar dan konstruktif sesuai bidang masing-masing dalam membangun TNI AD menjadi organisasi yang lebih profesional serta modern. “Kehadiran para perwira harus mampu membawa TNI AD untuk lebih siap dan adaptif dalam menghadapi perkembangan dinamika sosial, serta tantangan tugas ke depan yang tidak semakin ringan. Sekarang ini, kita hidup di era yang jauh berbeda dengan era satu dekade sebelumnya, dimana sekarang ini segala sesuatu yang kita kerjakan harus dapat dipertanggungjawabkan, tidak saja secara administrasi, tetapi juga secara fisik dan moral. Hal ini menuntut  kita bahwa, kinerja yang kita tampilkan harus dapat mendukung tugas, wewenang dan tanggung jawab yang kita emban, serta harus dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya dengan menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. Pelaksanaan program dan pengelolaan anggaran yang dipertanggungjawabkan kepada kita akan menjadi penilaian masyarakat melalui lembaga pemerintah yang membidanginya, dan selanjutnya akan menentukan kredibilitas kita sebagai instansi pemerintah yang dibiayai oleh rakyat. Oleh karenanya, kita yang diberi amanah jabatan dalam organisasi harus memegang komitmen untuk mewujudkan clean government dan good governance di dalam tubuh organisasi TNI AD, dan semua unit organisasi di lingkungan TNI AD. Untuk dapat menjalankan komitmen itu secara konsisten, kuncinya adalah melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian pada semua tingkatan satuan dengan ketat, terus menerus, tegas dan tanpa kompromi, dengan selalu berkoordinasi pada lembaga yang mengemban fungsi pengawasan dan pemeriksaan.  Oleh karena itu, setiap pejabat harus melakukan pekerjaan sesuai lingkup tugas dan kewenangan masing-masing secara profesional dan proporsional. Ciptakan dan bangun manajemen kerja yang kondusif dan konstruktif di lingkungan kerja masing-masing agar mampu memberdayakan semua sumber daya yang ada dalam mencapai sasaran kinerja di bidang masing-masing secara optimal, lanjut Kasad. Disampaing itu juga Kasad Mengingatkan kepada para pejabat baru, bahwa saat ini cukup banyak persoalan yang dihadapi oleh TNI AD terkait dengan Sumber Daya Manusia prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikaitkan dengan tuntutan tugas dan kehidupan sosial yang dihadapi sehari-hari. Penyalahgunaan wewenang unsur pimpinan, keterlibatan prajurit dalam berbagai tindak kriminal, perkelahian prajurit TNI AD dengan Polri maupun masyarakat hingga sengketa aset TNI AD dengan masyarakat masih cukup memprihatinkan. Menyikapi hal tersebut, peran Staf Personel, Intelijen/ Pengamanan dan Hukum sangat penting serta strategis dalam melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya, sehingga TNI AD akan lebih berhasil melaksanakan tugas pokoknya. Begitu pula halnya Staf Ahli dan Litbang, diharapkan selalu memberikan saran masukan serta pertimbangan kepada Pimpinan TNI AD di berbagai bidang, serta karya-karya inovatif dan modern melalui kajian-kajian berupa penelitian dan pengembangan. Oleh karenanya, lakukan semua itu dengan optimal demi kemajuan TNI AD di masa yang akan datang. Diakhir amanatnya Kasad mengatakan bahwa kita sebagai umat beragama, kita meyakini bahwa pangkat dan jabatan itu adalah amanah serta titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karenanya, mari kita jaga amanah itu dengan sebaik-baiknya dan   kita harus selalu siap untuk dimintai pertanggungjawaban atas amanah itu dihadapan Sang Khalik. Hadir pada acara ini antara lain Wakasad Jenderal TNI M. Munir, Pangkostrad Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Danjen Kopasus, Irjenad, Para Asisten, Para Dan/Dir/ Ka Balakpus TNI AD (Dispenad)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/kasad-pimpin-acara-laporan-korps-dan-sertijab-di-jajaran-tni-ad/

Pangdam XII/Tpr Terima Laporan Korps Pejabat Gol IV dan V
Pontianak, Selasa 4 Agustus 2015-
Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R Soedjiman memimpin acara laporan Korps dan tradisi penerimaan serta pelepasan pejabat golongan IV dan V Kodam XII/Tpr, bertempat di Aula Makodam XII/Tpr, Selasa (04/08).
Pejabat yang melakukan laporan korps diantaranya Kolonel Inf Desius SE, Kolonel Ckm dr. Damar Ario Sempurno S. Spb, Kolonel Cba Sastri S. Ip dan Kolonel Caj Didi Rohendi serta Letkol Caj (K) Fransiska Betrik masing merupakan pejabat lama Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya, Kakesdam XII/Tpr, Kabekangdam XII/Tpr, Kainfolahtadam XII/Tpr dan Kasetumdam XII/Tpr serta Kol Ckm Made Wirayasa Tusan Kakesdam XII/Tpr, Letkol Cba Heri Christiantoro Kabekangdam XII/Tpr, Letkol Arm Alexander Adolf Eman Kainfolahtadam XII/Tpr dan Letkol Inf Hendri Batara Kasetumdam XII/Tpr. Dalam amanatnya Pangdam XII/Tpr mengatakan Alih tugas dan jabatan di lingkungan Kodam XII/Tpr merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktifitas satuan serta pengembangan karir Perwira yang bersangkutan sehingga senantiasa mampu memberikan karya terbaik dalam mengemban tugas-tugas organisasi. Khusus kepada Kol Caj Didi Rohendi dan Letkol Caj (K) Fransiska Betrik yang akan melaksanakan Purnatugas sebagai prajurit TNI AD, atas nama Pimpinan TNI Angkatan Darat Pangdam mengucapkan “terimakasih atas dedikasi dan pengabdiannya selama bertugas di lingkungan TNI AD khususnya Kodam XII/Tpr, semoga bapak dan ibu dapat memanfaatkan masa pensiun ini untuk memberikan waktu sepenuhnya kepada keluarga tercinta”. Hadir pada acara tersebut Kasdam XII/Tpr, Irdam XII/Tpr, Pa Sahli Pangdam XII/Tpr, LO AL, LO AU, Para Asisten Kasdam XII/Tpr, Para Kabalak jajaran Kodam XII/Tpr, Para Dansat jajaran Kodam XII/Tpr wilayah Garnizun Pontianak, Para Anggota, PNS TNI AD, Wakil Ketua Persit KCK PD XII/Tpr beserta pengurus.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/pangdam-xiitpr-terima-laporan-korps-pejabat-gol-iv-dan-v/

Penyerahan Jabatan Kepala Staf Korem 072/Pmk
Yogyakarta, Senin 3 Agustus 2015-
Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono pimpin acara penyerahan jabatan Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Erwin Rustiawan, S.Sos., Kasi Ops Rem 072/Pmk Letkol Inf JXB Nunes, S.E kepada Danrem 072/Pmk dan sekaligus Korps Raport Masuk Satuan Kasi Intel, Kasi Ops dan Kasi Log Korem 072/Pmk, bertempat di Serambi Makorem 072/Pmk, Senin (3/8). Danrem 072/Pmk dalam sambutannya menjelaskan serah terima jabatandilingkungan TNI Angkatan Darat merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karir perwira yang bersangkutan. Lebih lanjut disampaikan sehubungan dengan pelaksanaan penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Kepala Staf Korem 072/Pmk saya selaku Danrem 072/Pmk dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Erwin Rustiawan, S.Sos, dan Letkol Inf JXB Nunes, S.E beserta istri, yang telah mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Saya berharap pengalaman tugas berharga ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna mengemban tugas lebih lanjut di satuan baru serta tak lupa Berkenaan dengan penerimaan tugas dan tanggung jawab Kasi Intel, Kasi Ops dan Kasi Log Korem 072/Pmk kepada Letkol Inf Helmi Tachejadi Soerjono, S.H, Letkol Inf Surya Wibawa Suparman dan Letkol Czi Ade Heri Kurniawan masing-masing beserta istri, saya beserta jajaran Korem 072/Pmk mengucapkan “selamat datang”, di satuan ini serta“selamat” menjadi prajurit Korem 072/Pmk. Danrem Berharap ditengah kesibukan Korem 072/Pmk saya minta kepada para perwira untuk bisa menciptakan karya nyata di lingkungan tugas agar terwujud satuan yang dapat diandalkandan memiliki jiwa korsa yang tinggi dan solid. Para perwira jangan berhenti berfikir, berkreasi, berinovasi demi kemajuan dan keberhasilan organisasi yang selalu dituntut memiliki disiplin danprofesionalitas yang tinggi. Saya minta kepada seluruh jajaran Korem 072/Pmk, untuk lebih tajam dalam membaca situasi yang berkembang di wilayah, biasakan temu cepat dan lapor cepat agar pimpinan bisa dengan cepat mengambil langkah. Dalam kegiatan ini dihadiri para Kasi, Dandim dan Dansatdisjan Jajaran Korem 072/Pmk dan Ketua Persit Koorcab Rem 072 PD IV Diponegoro serta anggota Perwira,Bintara, Tamtama dan Pns Korem 072/Pmk.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/penyerahan-jabatan-kepala-staf-korem-072pmk/

Panglima TNI Pimpin Sertijab Aster Panglima TNI dan Kapuspen TNI
Jakarta, Senin 3 Agustus 2015-
(Puspen TNI).  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meminpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI dari Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G. S.H., kepada Mayjen TNI Wiyarto, S.Sos., dan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI dari Mayjen TNI M. Fuad Basya kepada Mayjen TNI Endang Sodik, M.B.A., di ruang hening Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Senin (3/8/2015). Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa, dalam menghadapi tantangan tugas kedepan motornya adalah Teritorial dan Pusat Penerangan. “Sesuai amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo pada saat Prasetya Perwira (Praspa), Presiden mengharapkan TNI yang hebat, profesional, handal dan dicintai oleh rakyat”, ujarnya. “Mabes TNI harus mencintai rakyat, dalam menjalankan tugas membuat TNI yang hebat, handal, profesional dan dicintai rakyat. Pusat Penerangan bertugas untuk membentuk opini dan Teritorial bertugas untuk mendekatkan TNI dengan rakyat dengan berbagai kegiatan yang ada”, kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. “Jadi, pembentukan opini dilakukan oleh Penerangan TNI, kemudian Teritorial segera melakukan serbuan teritorial”, tegas Panglima TNI.
Diakhir sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha dan Mayjen TNI M. Fuad Basya atas segala upaya kerjanya, sehingga sampai saat ini TNI semakin hari semakin eksis, semakin dipercaya oleh komponen bangsa maupun masyarakat, dan semakin dicintai oleh rakyat. Autentikasi : Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G. S.Sos., M.M.

Perwira Korem 045/Gaya Lepas Kasrem Ke Tempat Tugas Baru
Pangkalpinang , Letkol Inf Eko Prayitno Kepala Staf Korem 045/Gaya mendapatkan amanah tugas yang baru sebagai Kepala Seksi Intelijen Korem 031/Wira Bima, Rabu 05/08 melaksanakan pergeseran menuju Pekanbaru.
Di damping Kepala Seksi Logistik Korem 045/Gaya Letkol Czi Ambarita, hari itu tampak Letkol Eko menunggu penerbangan menuju Palembang. Para perwira lain turut menghantar keberangkatannya di bandara Depati Amir Pangkalpinang. “Saya bangga dapat bertugas di kepulauan Bangka Belitung ini dan merupakan pengalaman yang sangat berharga saya dapat kandis ini” Ungkap Letkol Eko. Pria yang telah 2 tahun menjabat sebagai Kasrem 045/Gaya ini memang terkenal supel bergaul dengan masyarakat ditambah pembawaannya yang senang humor. Selain itu Letkol Inf Eko Prayitno juga terkenal gemar berolah raga dan tempat yang paling disenanginya adalah masjid, terutama saat bulan Ramadhan 1436 H, beliau sangat rajin memberikan tausyiah pada Jemaah masjid Al Hidayah Markas Korem 045/gaya.
“Kami sekeluarga mohon maaf pada rekan perwira dan anggota Korem 045/Gaya serta masyarak atap abila selama bertugas di Bangka Belitung masih ada kekurangan dan kesalahan” Ungkap Letkol Eko ketika beranjak menuju pesawat. (Penrem 045/Gaya)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/08/perwira-korem-045gaya-lepas-kasrem-ke-tempat-tugas-baru-2/