Kamis, 13 Oktober 2016

1-13 Oktober 2016

Mari Kita Jaga Pilkada Aceh, Aman dan Nyaman
Rabu 12 Oktober 2016-
Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Moch Fachrudin, S.Sos, menyambut dan memimpin tradisi penerimaan Pangdam baru Mayjen TNI Tatang Sulaiman sebagai warga baru Kodam Iskandar Muda, di Lanud Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Banda Aceh, Rabu (12/10). Kedatangan Pangdam Iskandar Muda beserta istri Ny. Dewi Tatang Sulaiman disambut dengan iringan Tari Gelombang dan Ranup Rampuan sebagai tradisi penyambutan dan memuliakan tamu (pemulia jamee) saat tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Usai penyambutan di Lanud SIM, selanjutnya Pangdam IM beserta istri menuju Markas Kodam IM untuk mengikuti sesi acara penyambutan warga baru. Kedatangan Pangdam disambut Hormat Jajar Regu Jaga dan Tradisi Pedang Pora diiringi lagu Mars Kartika Eka Paksi oleh seluruh prajurit di Aula Balai Teuku Umar. Disela-sela kegiatan tersebut, terkait kesiapan Kodam IM menghadapi Pilkada di Aceh, Pangdam mengatakan Pilkada yang akan digelar nanti adalah pesta demokrasi dan masyarakat harusnya bersuka ria, tidak saling berkelahi dalam menentukan siapa yang menjadi pilihannya.
“Jika kita memilih dengan kepala dan hati yang dingin, maka akan terpilih pemimpin yang benar-benar menjadi keinginan masyarakat untuk memimpin daerah demi membangun kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya,”tegasnya. Pangdam menambahkan, kesiapan personil dalam pengamanan jalannya pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tahun 2017 nanti, prajurit TNI Kodam IM selalu siap dalam memberikan dukungan keamanan dan siap membantu Polri. “Sudah menjadi tanggungjawab kita semua agar pelaksanaan Pilkada di Aceh aman, nyaman dan sukses. TNI, Kepolisian dan Pemerintah Daerah bersinergi untuk menyukseskannya,” ujar jenderal bintang dua ini. Tampak hadir dalam kegiatan penyambutan ini, Sekda Provinsi Aceh, Ketua Majelis Adat Aceh (MAA), Kapolda Aceh, Kakanhan, Kabinda Aceh, Irdam, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Danlanud SIM,  Dandim 0101/BS, para Staf Ahli, LO AU dan AL, para Kabalak beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/10/mari-kita-jaga-pilkada-aceh-aman-dan-nyaman/

Pertahankan Penilaian Positif Terhadap TNI
Selasa 11 Oktober 2016-
Puspen TNI sebagai corong TNI harus mampu membangun, memelihara, sekaligus mempertahankan persepsi positif masyarakat terhadap TNI dan tetap menjaga prestasi dan reputasi TNI, sehingga kedekatan TNI dengan media tetap terpelihara dan dipertahankan.
Hal tersebut ditegaskan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin serah terima Jabatan (Sertijab) Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) dari Mayjen TNI Tatang Sulaiman kepada Brigjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si.,  di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta timur, Selasa (11/10/2016). Menurut Panglima TNI, prestasi dan reputasi  TNI selama ini telah terbangun dengan baik  ditengah masyarakat atas kinerja Puspen TNI. “Layani, pahami, sekaligus selami karakter media dengan baik, karena media adalah representasi dari masyarakat,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menuturkan agar Puspen TNI dapat memberikan informasi yang relevan, aktual, cepat dan tepat,  guna pembentukan opini sehingga kegiatan TNI dapat dipublikasikan melalui media dengan baik dalam rangka meningkatkan citra positif TNI.
Dalam kesempatan tersebut Jenderal TNI Gatot Nurmatyo juga mengingatkan,  serah terima jabatan memiliki dua dimensi, yakni dimensi dinamika dan dimensi pembinaan.  Dari sisi dinamika, serah terima jabatan merupakan kebutuhan dan keharusan, guna memelihara momentum, performa dan tingkat kesegaran organisasi, dalam mengemban tugas pokok. Sedangkan dari sisi pembinaan, kata Panglima TNI, serah terima jabatan di lingkungan TNI merupakan bagian dari pembinaan personel, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja, sesuai peran, tugas pokok dan fungsi organisasi.
“TNI sebagai sebuah institusi pertahanan negara dituntut untuk memberi arah kebijakan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara.  Disamping itu TNI  turut  serta mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki komitmen, karakter positif, kreatif, kompetitif, komunikatif, kredibel dan militan bila dihadapkan dengan tuntutan tugas,” pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (Puspen TNI)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/10/pertahankan-penilaian-positif-terhadap-tni/

Akmil Megelang, Pusat Keunggulan Pendidikan Perwira
Sabtu 8 Oktober 2016-
Brigjen TNI Arif Rahman menjabat Gubernur Akademi Militer menggantikan Mayjen TNI Hartomo. Acara tradisi lepas sambut dilaksanakan di Akademi Militer, Magelang, Sabtu (8/10).
Mayjen TNI Hartomo menjabat Gubernur Akmil selama 14 bulan, selanjutnya menempati posisi baru sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS). Sedangkan Pejabat baru Brigjen TNI Arif Rahman sebelumnya menjabat Wakil Asisten Perencanaan Mabes TNI. Gubernur Akmil Brigjen TNI Arif Rahman mengatakan, sebagai seorang prajurit merasa bangga dan bahagia karena mendapat kehormatan untuk ditugaskan di Akademi Militer yang juga almamaternya, setelah lebih kurang 28 tahun yang lalu ditinggalkan.
“Selaku pribadi dan sebagai Gubernur Akademi Militer yang baru, dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat, saya beserta keluarga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang hangat ini,” ungkap Brigjen TNI Arif Rahman. Selanjutnya, kepada seluruh personel Akmil, baik Militer maupun Pegawai Negeri Sipil, diharapkan agar hubungan harmonis, kerjasama dan ikatan silaturahim, yang selama ini telah terbina dengan sangat baik, dapat terus berlanjut dan tetap terbina bahkan ditingkatkan. Selain itu, Gubernur Akmil juga berharap segala langkah dan kebijaksanaan yang telah dilakukan oleh Mayjen TNI Hartomo yang arahnya untuk menjadikan Akademi Militer ini sebagai pusat keunggulan “Centre of Excellence”, Perwira harus terus dipelihara dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Semoga upaya bersama dalam menggembleng Taruna dan Taruni Akmil menjadi Perwira yang ber “Budhi Bhakti Wira Utama” dapat kita direalisasikan dengan tetap memegang teguh semboyan “Adhitakarya Mahatvavirya Nagarabhakti”, yang mempunyai makna dengan gagah perkasa menuntut ilmu untuk diaplikasikan, demi kejayaan bangsa dan negara.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/10/akmil-megelang-pusat-keunggulan-pendidikan-perwira/

Secapa AD itu Hebat, Lembaga Pendidik Perwira Muda Dididik
Sabtu 8 Oktober 2016-
Sehari setelah dilaksanakan upacara serah terima jabatan Komandan Secapaad dari Brigjen TNI A A B Maliogha kepada Kolonel Inf Eka Wiharsa, besoknya baru dilakukan acara pengantar tugas pejabat lama. Acara tradisi pengantar tugas Brigjen TNI A A B Maliogha beserta Ibu dilaksanakan di gedung Jenderal Sudirman Bumi Panorama Secapaad, Sabtu (8/10).
Pada acara ramah tamah, pejabat lama Brigjen TNI A A B Maliogha menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah mendukung dan membantu selama ini, guna mewujudkan kerjasama, dedikasi dan dukungannya sehingga pelaksanaan kegiatan selama ini dapat terlaksana dengan baik. Lebih lanjut Brigjen TNI A A B Maliogha mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang tulus kepada seluruh staf dan segenap warga Secapa  Angkatan Darat atas kesungguhan.  “Secapa AD itu hebat dan luar biasa karena menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mendidik Perwira Muda,”katanya.
Sementara itu Komandan Secapa AD Kolonel Inf Eka Wiharsa mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi atas kinerja, dedikasi, keberhasilan, keikhlasan dan ketulusan Brigjen TNI A A B Maliogha beserta Ibu Ida Maliogha dalam memimpin, membina dan  mengembangkan  Secapaad dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Secapaad. “Semoga bakti Bapak dan Ibu selama ini, menjadi amal yang penuh berkah serta sebagai motivasi, pendorong bagi kami untuk dapat berbuat yang lebih baik,”ungkapnya. Acara pengantar tugas ini turut dimeriahkan oleh band Secapa AD yang diisi dengan nyanyian, tarian, pemberian cinderamata dan doa bersama. Selesai acara tradisi pengantar tugas dilanjutkan kegiatan tradisi pelepasan  Brigjen TNI A A B Maliogha beserta Ibu Ida Suryaningsih Maliogha yang ditandai penciuman pusara Secapa AD, prosesi Pedang Pora, pemberian pesan dan kesan selama memimpin Secapa AD. Sebelum acara pelepasan, terlebih dahulu dilakukan pengalungan bunga kepada pejabat lama oleh Komandan Secapa AD diiringi oleh drum band Canka Panorama. Acara ini diikuti oleh seluruh organik militer dan PNS sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada Brigjen TNI A A B Maliogha yang telah memimpin dan membina selama ini. Kegiatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat jalan dari Komandan diikuti seluruh organik Secapa AD. (Penhumas Secapaad)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/10/secapa-ad-itu-hebat-lembaga-pendidik-perwira-muda-dididik/

Mayjen TNI M Herindra Jabat Pangdam III/Slw
Jum'at 7 Oktober 2016-
Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra, MA., M.Sc resmi Jabat Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Hadi Prasojo, serah terima jabatan dilaksanakan di  ruang  AH. Nasution  Mabesad  Jakarta,  Jumat (7/10).
Pergantian Jabatan merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja dalam mendukung pelaksanaan tugas. Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono pada amanatnya menyampaikan,  pergantian Jabatan merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja dalam mendukung pelaksanaan tugas.  Melalui serah terima jabatan ini diharapkan terjadi kesinambungan serta peningkatan kinerja positif satuan-satuan jajaran TNI AD agar tugas pokok terlaksana lebih optimal dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Kasad menekankan,  pejabat baru jangan alergi untuk melanjutkan hal-hal positif yang sudah dirintis oleh pejabat lama dan perbaiki hal-hal yang belum tuntas atau kurang tepat sehingga satuan tersebut semakin maju dan berkembang. Mayjen TNI Muhammad Herindra merupakan lulusan terbaik Akademi Militer Tahun 1987.  Sebelum menjabat Pangdam III/Slw pernah juga menjabat Kasdam III/Slw,   kemudian Komandan Jenderal Kopassus lalu kembali lagi menjadi Pangdam III/Slw. Mayjen TNI Muhammad Herindra bukanlah warga asing lagi bagi Kodam III/Siliwangi tetapi merupakan keluarga besar Siliwangi. Rangkaian kegiatan selanjutnya akan diadakan  acara penyerahan pasukan di Lapangan Makodam III/Slw dan lepas sambut di Aula Manggala Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/10/mayjen-tni-m-herindra-jabat-pangdam-iiislw/