Sabtu, 23 Mei 2009

SERTIJAB 16-23 MEI 2009

20 Mei 2009
RESMI GANTI: Irdam VI/Tpr Kolonel Inf Armyn Ali Anyang menyematkan lencana.(ist)

RODA mutasi di Jajaran Kodam VI/Tanjungpura bergerak lagi. Setelah pekan lalu tiga pejabat Kodam VI/Tpr berganti posisi, kini giliran jabatan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kodam VI/Tpr diserahterimakan kepada pejabat baru.

Jabatan Dandenma yang semula dijabat Letkol Inf Budi Pitoyo, beralih ke Letkol Kav Kukuh Surya Sigit Santoso. Serah terima jabatan dilakukan dalam sebuah upacara resmi dipimpin Irdam VI/Tpr Kolonel Inf Armyn Ali Anyang di aula Makodam VI/Tpr Balikpapan, Rabu (20/5) .  Beralihnya wewenang tugas serta tanggung jawab Dandemadam VI/Tpr tersebut ditandai dengan penandatanganan piagam sertijab oleh kedua pejabat serta penyerahan tongkat komando. Letkol Kav Kukuh Surya Sigit Santoso sebelumnya menjabat Pabandya Binkar Spersdam VI/Tpr, sedangkan Letkol Inf Budi Pitoyo selanjutnya akan menduduki jabatan Ketua Puskopad B  Kodam VI/Tpr di Banjarmasin. Pergantian jabatan Dandemadam VI/Tpr tersebut dihadiri sejumlah pejabat Kodam VI/Tpr seperti para Asisten, LO-AU, Komandan Satuan, Kabalak serta perwakilan sejumlah perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam VI/Tpr.

”Ini merupakan sebuah amanah dan bentuk kepercayaan. Oleh karenanya, saya berusaha menjalankan kepercayaan itu segenap jiwa dan raga saya, dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya” tegas Letkol Kav Kukuh Surya.
Sementara, Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman dalam amanatnya menegaskan, Detasemen Markas Kodam adalah badan pelayanan di tingkat Makodam yang memiliki tugas pokok membantu Pangdamdalam menyelenggarakan pelayanan markas yang meliputi perawatan, pemeliharaan, urusan dalam dan pengamanan di dalam lingkungan Makodam.
Maka dari itu.  pejabat yang memegang amanat ini harus benar-benar mampu menjalankan tugas serta fungsinya. ”Tugas Dandenma sebagai badan pelayanan tingkat Makodam penuh tantangan. Harus mampu membuat perencanaan dan merumuskan kebijakan pembinaan maupun pelaksanaan fungsi dalam rangka peningkatan pelayanan markas. Oleh sebab itu, Dandenma harus benar-benar siap bertugas,” tegas Pangdam.