Minggu, 23 Agustus 2009

SERTIJAB 16-23 AGUSTUS 2009

SERAH TERIMA JABATAN STAF AHLI PANGDAM II/SWJ
21 Agustus 2009
Panglima Kodam II/Swj Mayor Jendral TNI Mochammad Sochib, S.E., M.B.A, bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara serah terima jabatan Staf Ahli Pangdam II/Swj Bidang Ilpengtek & Lingkungan Hidup Kolonel Arh. Mustafa Sacky Akbar, S.IP kepada Kolonel Inf Akhmad Riswan Usman, Jum’at, 21 Agustus 2009 bertempat di Aula Sudirman Makodam II/Swj.
Pangdam II/Swj dalam amanatnya menyampaikan bahwa alih tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan dalam suatu organisasi adalah hal yang wajar, serah terima jabatan dilakukan sebagai salah satu upaya pembinaan khususnya pembinaan karier dalam rangka Tour Of Duty dan Tour Of Area guna memberikan pengalaman yang seluas-luasnya bagi seorang perwira agar dapat mencapai kemajuan yang optimal dan pengalaman yang berharga dalam meningkatkan kemampuan baik pribadi maupun dalam organisasi.Selanjutnya Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa dalam setiap pelaksanaan alih tugas memiliki dua aspek  kepentingan yaitu kepentingan organisasi dan kepentingan pembinaan personel. Ditinjau dari kepentingan organisasi pergantian pejabat merupakan upaya peningkatan kinerja organisasi sehingga mampu menyesuaikan dengan perkembangan serta tuntutan tugas yang dihadapi. Dari segi pembinaan personel yaitu untuk melengkapi dan memperluas cakrawala, pengalaman serta wawasan bagi personel yang bersangkutan sehingga mampu berkembang kearah yang lebih baik lagi. Akhir dari amanatnya Pangdam II/Swj mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Arh Mustafa Sacky Akbar, S.IP yang secara maksimal telah melaksanakan tugas sebagai Staf Ahli Pangdam II/Swj Bidang Ilpengtek & Lingkungan Hidup dan istri yang telah mendampingi  suami selama menjalankan tugas. Selamat bertugas ditempat yang baru sebagai Pamen Mabes TNI, semoga pengalaman tugas selama ini dapat mendukung  kelancaran pelaksanaan tugas disatuan baru. Kemudian kepada Kolonel Inf Akhmad Riswan Usman selamat datang dan selamat bertugas sebagai Staf Ahli Pangdam II/Swj Bidang Ilmu pengetahuan Teknologi & Lingkungan Hidup.Hadir dalam acara tersebut yaitu, Kasdam II/Swj, Ketua Persit beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Swj, Irdam II/Swj, Para Asisten, Danrem 044/Gapo serta Dan/Kabalakdam II/Swj. http://www.kodam-ii-sriwijaya.mil.id

Penyerahan tugas tanggungjawab dan wewenang pengamanan Wakil Presiden RI terpilih dari Polri kepada Paspampres
18 Agustus 2009-
 “ Setia Waspada “ (18/8) Sesuai dengan agenda yang ditetapkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) pada tanggal 18 Agustus 2009 pukul 10.00 Wib telah dilakukan Rapat Pleno terbuka di Gedung KPU Pusat tentang pengukuhan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI dan Bapak Boediono sebagai Wakil Presiden RI. Dalam rapat pleno terbuka KPU tersebut mengundang  pimpinan dari Lembaga DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), MA (Mahkamah Agung), MK (Mahkamah Konstitusi) DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan perwakilan Ketiga Tim Kampanye  pasangan Capres/Cawapres dimana sesuai dengan UU no 42 tahun 2008 bahwa KPU harus meyampaikan Berita Acara hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
Berdasarkan keputusan resmi KPU tentang pengukuhan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden dan Bapak Boediono sebagai Wakil Presiden RI, Paspampres merujuk pada UU RI no 34 tahun 2004 pasal 7 yaitu tentang Operasi Militer Selain Perang dalam butirnya yang dijelaskan bahwa TNI bertugas mengamankan Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya, sehingga Paspampres sebagai Balakpus Mabes TNI yang bertugas mengamankan Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya mengambil alih tugas tanggung jawab dan wewenang pengamanan dari Polri kepada TNI (Paspampres).

Penandatanganan penyerahan tugas tanggungjawab dan wewenang Wakil Presiden RI terpilih Bapak Boediono dari Kombes Pol Wahyu Sanjaya kepada Letkol Mar Ipung Purwadi disaksikan oleh Karopam Sesmilpres Brigjren TNI Daud Lallo. (Dokumen Paspampres)

Terkait dengan ketetapan KPU tersebut maka pada tanggal 18 Agustus 2009 pukul 13.00 Wib bertempat di Gedung Pelangi Mako Paspampres Jalan Tanah Abang II no 06 Jakarta Pusat, telah dilakukan penyerahan tugas tanggung jawab dan wewenang pengamanan Wakil Presiden terpilih Bapak Boediono yang ditanda tangani oleh Kombes Pol Wisnu Sanjaya dari Polri kepada Letkol Mar Ipung Purwadi dari Paspampres. Serah terima tugas tanggung jawab dan wewenang tersebut disaksikan oleh Brigjen TNI Daud Lallo dari Kepala Biro Pengamanan Sesmilpres, Brigjen Polisi Bambang W dari Pengamanan Tugas Khusus Mabes Polri dan Brigjen TNI (Pas) Amarullah Wadan Paspampres, serta para pejabat diingkungan Paspampres maupun pejabat dari Polri. Penyerahan tugas tanggung jawab dan wewenang pengamanan dari Polri kepada Paspampres tersebut hanya Wakil Presiden terpilih yaitu Bapak Boediono,  karena Presiden terpilih Bapak Susilo Bambang Yudhoyono saat ini masih menjabat sebagai Presiden RI yang secara otomatis tugas tanggung jawab dan pengamanan oleh Paspampres. (Gio). http://paspampres.mil.id