Senin, 26 Oktober 2009

SERTIJAB 16-23 NOVEMBER 2009


KASAD PIMPIN SERTIJAB PANGDAM ISKANDAR MUDA
20 November 2009
Jabatan Panglima Kodam Iskandar Muda diserahterimakan dari Mayor Jenderal TNI Soenarko kepada Brigadir Jenderal TNI Hambali Hanafiah dengan Inspektur Upacara Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI George Toissuta di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat (20/11).
Mayjen TNI Soenarko selanjutnya menempati jabatan yang baru sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklatad dan pejabat Panglima Kodam IM yang baru sebelumnya menjabat Kasdam XVII/Cenderawasih.

Kasad mengatakan, serah terima jabatan pada pucuk pimpinan Kodam Iskandar Muda ini, merupakan bagian dari pembinaan personel yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan perwira yang bersangkutan dalam dimensi kepemimpinan, manajerial serta profesionalisme keprajuritan yang diperlukan untuk mengemban tugas-tugas selanjutnya.
Menurut Kasad, dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan terhadap para perwira yang terkait dengan alih tugas dan jabatan itu, dapat meningkatkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

Sebagai Kotama Operasional TNI dan Kotama Pembinaan Angkatan Darat, Kodam Iskandar Muda bertugas menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat di Provinsi Aceh, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Untuk dapat melaksanakan tugas yang mulia itu, Kasad mengingatkan kepada seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda untuk melakukan upaya-upaya secara terus menerus dalam membangun kemampuan dan kekuatannya, sehingga prajurit dan satuan-satuan Kodam Iskandar Muda selalu solid, profesional dalam bidangnya, tangguh di setiap medan penugasan, serta memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan selalu mencintai dan dicintai rakyat.

Berkaitan dengan masih adanya beberapa kasus teror dan kriminal bersenjata di Aceh, Kasad mengharapkan kepada seluruh personel Kodam IM dalam penanganannya hendaknya disikapi dengan arif dan bijaksana, melalui kerjasama dengan melibatkan seluruh komponen bangsa di daerah ini, serta berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan Pemerintah Daerah untuk menutup peluang dan kesempatan para penjahat, para pelaku kriminal dan para pelaku tindak pidana untuk melakukan aksinya.
Menanggapi pertanyaan wartawan adanya terror terhadap warga asing di Aceh Kasad menegaskan, pengamanan situasi Aceh termasuk terhadap warga asing sepenuhnya di tangani pihak Kepolisisan, TNI AD membantu pengamanan apabila diminta pihak Kepolisian. "Pada dasarnya Angkatan Darat membantu sepenuhnya pengamanan wilayah Aceh termasuk pengamanan terhadap warga sipil yang ada di Aceh”, tegas Kasad.

Pada kesempatan berbeda Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hj. Nur Alam George Toisutta memimpin serah terima Ketua Persit PD Iskandar Muda dari Ny. Rini Soenarko kepada Ny. Nita Hambali di Gedung Balai Teuku Umar Kodam Iskandar Muda.
Selanjutnya usai memimpin serah terima jabatan, Kasad menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera dan menerima defile pasukan dilanjutkan dengan memberikan pengarahan dan bertatap muka dengan para prajurit jajaran Kodam IM di Lapangan Makodam Iskandar Muda. (Pendam IM/Dispenad)

Sertijab Pangdam Iskandar Muda
20 November 2009









Bertepatan pada tanggal 20 Nopember 2009 telah dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen TNI Soenarko kepada Brigjen TNI Hambali Hanafiah yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat ( Kasad ) Jenderal TNI George Toisutta selaku Inspektur Upacara serta yang menjadi Komandan Upacara dijabat oleh Kolonel Inf I Made Agra Sudiantara yang menjabat sehari-hari sebagai Danrindam Iskandar Muda pada serah terima Jabatan Pangdam Iskandar Muda. Serangkaian kegiatan dalam upacara serah terima antara lain, penyerahan Pataka Kodam Iskandar Muda serta penyerahan tongkat Komando dan penandatanganan  berita acara serah terima jabatan Pangdam Iskandar Muda.

Kegiatan upacara telah selesai dilanjutkan dengan demonstrasi keterampilan prajurit Raider Kodam Iskandar Muda dalam membebaskan pejabat yang di sandera oleh kawanan teororis. Prajurit Raider Kodam Iskandar Muda akan selalu siap mencegah terjadinya aksi terorisme di provinsi Aceh yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.. Kegiatan berikutnya selanjutnya adalah parade defille satuan-satuan di jajaran Kodam Iskandar Muda serta parade mobil kendaraan dinas Kodam Iskandar Muda serta satuan-satuan lainnya.


PANGDAM JAYA/JAYAKARTA PIMPIN SERTIJAB DANYONKAV 7/SERSUS 
19 November 2009
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro, S.IP, M.M., menjadi Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan Komandan Batalyon Kavaleri-7/Panser Khusus dari Letnan Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra, S.E., kepada Letnan Kolonel Kav Agustinus Purboyo bertempat di Lapangan Upacara G.A. Manulang Yonkav-7/Sersus Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (19/11).
Upacara ini dihadiri oleh Komandan Pusat Kesenjataan Kaveleri Brigadir Jenderal TNI Suharsono, para pejabat teras Kodam Jaya yang terdiri dari Irdam Jaya, Pa Ahli, Pa Lo, Para Asisten, Para Kabalak dan para Komandan Satuan serta undangan yang berasal dari satuan tetangga, Pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, Polri dan unsur masyarakat lainnya.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya/Jayakarta menyampaikan bahwa mutasi jabatan semacam ini dilingkungan TNI AD merupakan hal yang biasa dan wajar. Hal ini dilakukan untuk memberikan penyegaran dan pengalaman serta wawasan kepada setiap Perwira yang dinilai memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas yang dapat dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan secara terarah, terencana dan teratur dan berkesinambungan agar diperoleh personel yang berkualitas untuk menduduki jabatan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan organisasi.
Pada akhir amanatnya Pangdam Jaya/Jayakarta mengingatkan kepada pejabat baru yaitu Letkol Kav Agustinus Purboyo agar mampu bekerja dengan baik tetapi juga cermat dan peka memahami perkembangan situasi. Letkol Kav Ketut Adi Suasta Putra, S.E., adalah lulusan Akademi Militer tahun 1991 selanjutnya akan menjabat sebagai Kepala Seksi Teritorial Korem 051/Wijayakarta dan penggantinya Letkol Kav Agustinus Purboyo adalah lulusan Akademi Militer tahun 1992 sebelumnya menjabat sebagai Kaspri Pangdam Jaya/Jayakarta. Upacara serah terima jabatan berlangsung sederhana namun khidmat dengan Komandan Upacara Kapten Kav Salim Kurniawan Wadanyonkav-7/Sersus, setelah upacara selesai dilanjutkan demontrasi kolone senapan dan bela diri serta ramah tamah. (Pendam Jaya/Dispenad)




PANGDAM II/SRIWIJAYA PIMPIN SERTIJAB DANREM 042/GAPU
18 November 2009
Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI Mochammad Sochib, S.E, M.BA., 18 November 2009, bertindak selaku Irup pada upacara serah tarima jabatan Komandan Korem 042/Gapu Jambi, dari pejabat lama Kolonel Inf M. Syahril Arsyad kepada pejabat baru Kolonel Inf Yudi Karsono, S.E., M.M., bertempat di Lapangan Apel Makorem 042/Gapu, Kota Jambi.
Pangdam dalam amanatnya mengatakan, bahwa pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI AD, merupakan realisasi dari kebijakan pimpinan TNI AD dalam rangka regenerasi dan menjawab tuntutan kebutuhan organisasi guna mengoptimalkan kemampuan satuan dalam mendukung tugas pokok TNI AD, khususnya Kodam II/Swj.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, profesionalitas dan kesiapsiagaan sebagai prasyarat pokok bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, dukungan segenap komponen masyarakat dan kerja sama antar instansi merupakan hal yang sangat penting, hal tersebut mengingat bahwa sistem pertahanan yang kita anut adalah sistem Pertahanan Semesta, dimana TNI sebagai komponen utama sedangkan rakyat dan sumber daya nasional lainnya sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung. Oleh karena itu komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan semua komponen bangsa yang ada diwilayah ini harus terus dibangun dan dipelihara sehingga kondusif bagi penyelenggaraan tugas-tugas bidang pertahanan atau tugas pokok TNI di wilayah Jambi.
Korem 042/Gapu sebagai Satuan Kewilayahan Kodam II/Swj harus siap membantu Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam seperti yang pernah terjadi di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin yang terjadi belum lama ini, sesuai dengan Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 yaitu membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Hadir dalam upacara serah terima jabatan tersebut antara lain, Gubernur Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Para Pejabat Kodam II/Swj, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Swj, Kepala Dinas/Instansi Pemprov Jambi dan Tamu Undangan lainnya. (Pendam 2/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


ASINTEL KASDAM JAYA TERIMA KORPS RAPORT PINDAH SATUAN
18 November 2009
Bertempat di Aula Lantai IV Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Asisten Intelijen Kasdam Jaya Kolonel Inf M. Herindra menerima Korps Raport Pindah Satuan Pabandya Gal Sinteldam Jaya Letkol Arm Irman Jaya, S.H., Rabu (18/11).

Letkol Arm Irman Jaya, S.H. selanjutnya akan bertugas di wilayah Korem 052/Wijayakrama dan menjabat sebagai Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara menggantikan Letkol Kav Sulaiman Agusto. Asisten Intelijen Kasdam Jaya dalam amanatnya menyampaikan bahwa pindah satuan merupakan bagian dari proses dan upaya meningkatkan kinerja organisasi agar selalu berjalan dinamis sekaligus memberi kesempatan kepada para Perwira untuk mengembangkan kemampuannya pada unit kerja yang lain, oleh karena itu pindah satuan dalam dunia militer tidak perlu disikapi secara berlebihan. Jabatan adalah sarana pengabdian bukan suatu tujuan apalagi untuk sekedar menambah kesejahteraan dan kewibawaan belaka, dengan demikian tidak ada jabatan yang bergengsi atau tidak, jabatan yang baik atau buruk dan jabatan yang basah atau kering.
Pada akhir amanatnya Asisten Intelijen Kasdam Jaya mengajak kepada seluruh aparat Intelijen yang hadir untuk bersama-sama memperbaiki dan meningkatkan kinerja dilingkungan Satker masing-masing, sehingga organisasi yang ada termasuk intel jajaran Kodam Jaya dapat senantiasa mengantisipasi dan menyikapi segala perkembangan situasi yang dewasa ini semakin dinamis.
Acara Corps Raport ini dihadiri oleh Waasintel Kasdam Jaya, personel Sinteldam Jaya, Kapendam Jaya, Dandenintel Dam Jaya, Kasandidam Jaya dan seluruh pejabat Intelijen jajaran Kodam Jaya. (Pendam Jaya/Dispenad) www.tniad.mil.id



PANGDAM JAYA PIMPIN SERTIJAB DANREM 051/WIJAYAKARTA
17 November 2009
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro, S.Ip.MM memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Resort Militer 051/Wijayakarta dan Komandan Komando Resort Militer 052/Wijayakrama bertempat di lapangan upacara Kodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur. Selasa (17/11).

Serah terima jabatan Komandan Korem di wilayah Kodam Jaya dilaksanakan secara bersamaan yaitu Komandan Korem 051/Wijayakarta yang semula dijabat oleh Kolonel Inf M Nasir yang selanjutnya akan menjabat sebagai Pamen Ahli Panglima TNI untuk penggantinya adalah Kolonel Inf Sunindiyo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) IV/Diponegoro dan Komandan Korem 052/Wijayakrama yang semula dijabat oleh Kolonel Inf Sonny Widjaja selanjutnya akan menjabat Inspektur Operasi Itjenad Mabesad sedangkan penggantinya adalah Kolonel Inf Syamsul Rizal Harahap yang sebelumnya menjabat di Badan Intelijen Strategis (Bais). Kolonel Inf Sunindiyo yang menjabat sebagai Komandan Korem 051/Wijayakarta merupakan lulusan Akabri 1984 dan Komandan Korem 052/Wijayakrama juga merupakan lulusan Akabri 1984.

Hadir dalam upacara serah terima jabatan ini Kepala Staf Kodam Jaya/Jayakarta Brigadir Jenderal TNI Moeldoko, Irdam Jaya, para Perwira Staf Ahli Pangdam Jaya, Asrendam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, Perwira LO AL dan AU, para Komandan Satuan dan Kabalak jajaran Kodam Jaya dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya Ny. Tinuk Darpito Pudyastungkoro. Bertindak sebagai Komandan upacara adalah Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letnan Kolonel Arh Hasanudin sedangkan pasukan upacara merupakan perwakilan dari satuan-satuan jajaran Kodam Jaya. Upacara sertijab ditandai dengan penanda tanganan berita acara serah terima jabatan Komandan Korem. Korem 051/Wijayakarta membawahi Kodim 0504/Jakarta Selatan, Kodim 0505/Jakarta Timur, Kodim 0507/Bekasi dan Kodim 0508/Depok. Sedangkan Korem 052/Wijayakrama membawahi Kodim 0502/Jakarta Utara, Kodim 0503/Jakarta Barat dan Kodim 0506/Tangerang.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya menyampaikan bahwa, seperti kita ketahui bersama wilayah Kodam Jaya/Jayakarta berada di Ibukota Negara, ditandai dengan kondisi masyarakatnya yang heterogen dan kepadatan penduduk yang terus meningkat sebagai akibat berkembangnya industri yang terus membutuhkan tenaga kerja di dua wilayah ini. Namun ketika daya dukung kesempatan kerja ini tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja, maka muncul masalah yang bila tidak dikoordinasikan penanganannya dengan baik akan rentan terjadi gejolak sosial.

Lebih lanjut Pangdam mengingatkan bahwa, dihadapkan pada kondisi tersebut, maka tugas Komando Kewilayahan dalam pengamanan di wilayah ini akan mengalami banyak tantangan. Oleh karena itu melalui pembinaan kewilayahan yang terus menerus hendaknya dapat disinergikan dengan instansi terkait lainnya, guna mewujudkan kondisi stabilitas keamanan yang sehat dan dinamis. Kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya Ibukota memang demikian kompleks dan beragam yang rawan terhadap potensi munculnya permasalahan. Hal itu menuntut kesiapsiagaan satuan baik membantu pemerintah daerah maupun tugas-tugas bantuan kemanusiaan yang dilakukan secara proporsional dan profesional. Sumber /www.tni.mil.id



MUTASI JABATAN DI JAJARAN TNI
Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/ 728 / XI/ 2009 tanggal 17 November 2009
foto Hotma Marbun, saat masih berpangkat Kolonel Inf.

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/ 728 / XI/ 2009 tanggal 17 November 2009, telah diputuskan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang terdiri dari : 5 orang di jajaran Mabes TNI dan 6 orang di jajaran TNI AD.
Dalam mutasi tersebut tercatat sebagai berikut : 4 orang mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama yaitu : Mayjen TNI S. Simandjuntak, S.Sos. dari Danpusterad menjadi Koorsahli Kasad ; Mayjen TNI Azmyn Yusri Nasution dari Pangdam XVII/Cendrawasih menjadi Danpusterad ; Mayjen TNI Hotma Marbun dari Asops Kasad menjadi Pangdam XVII/Cendrawasih dan Brigjen TNI I Ketut Mudja dari Kadisjasad menjadi Staf Khusus Kasad.
1 orang promosi jabatan yaitu Kolonel Inf Muhammad Nizam dari Staf Ahli Pangdam IM Bid Hukum & Humaniter menjadi Kadisjasad.
6 orang dalam rangka pensiun yaitu : Mayjen TNI Dahler Sjaiful Hasibuan dari Koorsahli Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD ; Mayjen TNI Djafar Sofyan, S.IP. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD ; Mayjen TNI Budi Heriyanto dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD ; Brigjen TNI Dasiri Musnar dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD ; Brigjen TNI Wasisto, S.H. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dan Brigjen TNI Erwin Barley, M.B.A. dari Pati Mabes TNI menjadi Pati Mabes TNI AD.