Jumat, 23 Oktober 2009

SERTIJAB 08-15 NOVEMBER 2009


JABATAN WAASPAM KASAD DISERAHTERIMAKAN
13 November 2009
E Hudawi Lubis, Waaspam yang baru.

Jabatan Wakil Asisten Pengamanan (Waaspam) Kasad, Jumat (13/11) lalu diserahterimakan dari Brigjen TNI Agus Muljadi kepada Kolonel Inf E. Hudawi Lubis dalam suatu upacara yang dipimpin Aspam Kasad Mayjen TNI Drs. Hendardji Soepandji, S.H.
Pada upacara yang dilaksanakan di di ruang rapat Gedung "C" Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta itu, Aspam Kasad mengatakan, acara Sertijab merupakan bagian dari dinamika organisasi di lingkungan TNI AD, sekaligus merupakan kesinambungan pembinaan personel di lingkungan Spamad.
Jabatan dalam suatu organisasi, ujar Aspam Kasad, harus dapat memberikan ruang seluas-luasnya bagi kaderisasi personel, sehingga organisasi akan selalu segar dan dinamis dalam menghadapi perkembangan lingkungan.
Dikatakan, Wakil Asisten bertugas menjembatani Spamad selaku penentu kebijakan dengan Pusintelad sebagai Badan Pelaksana Kebijakan TNI AD. Kepada pejabat baru diminta agar selalu mengikuti perkembangan lingkungan strategis, sejalan dengan kegiatan penting yang terekam di Spamad.
Hal ini dimaksudkan agar bisa memberikan intelijen aktual dan akurat kepada pimpinan dalam rangka pengambilan keputusan
Brigjen TNI Agus Muljadi akan menjabat sebagai Staf Ahli Panglima TNI Tk II Binmanusia.
Hadir pada acara tersebut, Danpusintelad, Kadispenad, para Asintel Kotama, para Paban Spamad, Perwira, Bintara dan PNS di lingkungan Spamad serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana. ( Dispenad )



LETKOL INF JOSEPH ROBERT GIRI JABAT DANDIM 0906/TGR
13 November 2009
Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi secara resmi digantikan oleh Letkol Inf Yoseph Giri, sebagai Komandan Kodim 0906/Tenggarong setelah Danrem 091/ASN Kolonel Inf Musa Bangun menyematkan tanda jabatan dan menyerahkan tongkat komando.Turut hadir dalam Upacara tersebut Pejabat Bupati Kutai Kertanegara H. Sjachrudin, Sekkab Haryanto Bachroel dan unsur Muspikab Kukar lainnya serta pejabat instansi terkait di lingkup Pemkab Kukar sedangkan dari unsur Korem 091/ASN hadir para Pejabat Jajaran Korem 091/Asn dan Perwira serta beberapa perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS serta ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Tanjungpura wilayah Korem 091/ASN. Upacara Serah tetima jabatan berlangsung cukup meriah dengan diselingi beberapa acara tambahan.

Danrem 091/Asn Kolonel Inf Ibrahim Saleh dalam amanatnya, menegaskan bahwa pergantian pejabat atau pimpinan dilingkungan TNI AD merupakan hal yang wajar dan lazim terjadi bahkan merupakan suatu keharusan bagi organisasi yang akan terus berkembang dan berlangsung pada setiap periode dan waktu tertentu. Disamping itu, serah terima jabatan merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi, serta pembinaan karir bagi perwira TNI AD, sehingga berlangsung kesinambungan pembina-an satuan secara terus menerus. Dalam sistem pembinaan organisasi, faktor kualitas sumber daya manusia selalu menjadi prasyarat utama, karena kualitas SDM yang baik dapat membawa organisasi berkembang seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat dan lingkungan strategis. Apalagi di era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang begitu cepat keseluruh aspek kehidupan masyarakat yang berdampak pada pergeseran dan perkembangan kultur dan tata nilai di masyarakat. Oleh sebab itu sebagai seorang pemimpin, termasuk Komandan Kodim dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan akomodatif serta tanggap terhadap perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan kompleks.

Jabatan Komandan Kodim merupakan jabatan yang mengemban tugas pembinaan satuan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan serta memelihara moril anggota. Sebagai komando kewilayahan Kodim 0906/Tenggarong juga memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan Pembinaan Teritorial yang menjadi salah satu fungsi utama TNI AD dalam rangka menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan negara. Untuk itu Komandan Kodim harus mampu membuat perencanaan dan pembinaan potensi wilayah bekerjasama dengan pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya secara terpadu dan berkesinambungan. Disamping tugas-tugas tersebut Komando kewilayahan juga mampu menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan dinamika pembangunan di daerah melalui kegiatan Karya Bhakti TNI, operasi Bhakti dan TMMD sebagai perwujudan pengabdian TNI kepada masyarakat serta terpeliharanya Kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena Kemanunggalan TNI dengan rakyat tersebut merupakan investasi jangka panjang dalam kerangka pertahanan dan keamanan rakyat semesta sesuai dengan amanat UUD 1945. Untuk itu saya minta agar seluruh prajurit Kodim 0906/Tenggarong senantiasa mampu memelihara disiplin, profesionalisme serta tanggap terhadap kesulitan-kesulitan masyarakat di wilayahnya, mampu melakukan komunikasi sosial dengan semua lapisan masyarakat sehingga memudahkan kerjasama setiap prajurit dengan instansi maupun komponen masyarakat lainnya. Kondisi wilayah Kodim 0906/Tenggarong yang cukup kondusif dan aman hingga saat ini, merupakan cermin dari kerja sama semua instansi terkait berjalan dengan baik. Kondisi tersebut merupakan faktor pendorong percepatan dinamika pembangunan daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Tenggarong yang lebih baik. Dalam meghadapi dinamika pembangunan kedepan, saya mengajak seluruh komponen masyarakat Tenggarong untuk senantiasa menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. Tumbuhkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan sehingga Kabupaten Kutai Kertanegara dapat meningkatkan pembangunan di segala bidang dengan lancar. Kondisi stabilitas keamanan yang mantap tentunya merupakan modal utama bagi berlangsungnya pem-bangunan. Untuk itu peran masyarakat sangat penting dan menentukan. Sebaliknya bila kondisi stabilitas keamanan terganggu maka dapat dipastikan jalannya pembangunan akan terganggu pula. Peran tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama dan tokoh pemuda sangatlah penting dalam menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif. Untuk itu pejabat Komandan Kodim yang baru, senantiasa harus mampu memelihara komunikasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah, Muspida, DPRD serta komponen masyarakat lainnya.

Kemudian Danrem melanjutkan “saya selaku Komandan Korem 091/ASN dan pribadi, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama ini, semoga saudara meraih sukses dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan yang baru sebagai Waasintel Kasdam VI/Tanjungpura. Tak lupa pula, kepada Ibu Penny Hardani, saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus, atas dharma bhaktinya, yang dengan setia men-dampingi suami dalam menjalankan tugas-tugasnya. Selanjutnya kepada Letkol Inf Yoseph Robert Giri yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI AD, untuk memangku jabatan Komandan Kodim 0906/Tenggarong, saya ucapkan selamat bertugas. Saya yakin dengan bekal pengetahuan serta pengalaman tugas dan jabatan sebelumnya, saudara dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab jabatan yang baru ini. Saya mengingatkan kembali, bahwa pada hakekatnya jabatan adalah kepercayaan dan kehormatan yang harus dipertanggung jawabkan”.

Masih dalam rangkaian upacara sertijab, diruang berbeda yaitu Aula Makodim 0906/TGR juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0906 Koorcab Rem 091 PD VI/Tanjungpura dari Ny. Penny Hardani kepada Ny. Mira Robert Giri yang dilantik langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/Tanjungpura Ny. Musa Bangun. Seusai acara pokok, dilanjutkan acara ramah tamah yang diisi dengan beberapa kegiatan antara lain; penyerahan cindera mata dan yang tak kalah serunya adalah saat pemberian ucapan selamat kepada Danrem 091/ASN Kolonel Inf Musa Bangun yang merayakan HUT ke-52 bertepatan dengan Sertijab Dandim 0906/Tenggarong


YON ARHANUDSE-14 GANTI KOMANDAN
Letkol Arh Jama’ah kepada Letkol Arh Moh Hasyim Lalhakim SE,
12 November 2009
Jabatan Komandan Batalyon Arhanudse-14 Kodam III/ Siliwangi, kamis ( 12/11 ) diserah terimakan dari pejabat lama Letkol Arh Jama’ah, kepada pejabat baru Letkol Arh Moh Hasyim Lalhakim SE, dalam sebuah upacara militer yang di gelar di Mayon Arhanudse-14 jl Raya Plumbon, Kabupaten Cirebon.
Dalam kegiatan upacara militer tersebut sebagai Irup Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary sedangkan Komandan Upacara adalah Mayor Arh Bambang Utomo, yang juga adalah Wadanyon setempat.

Tururt hadir dalam kesempatan sertijab Danyonarhanudse-14 tersebut Para Asisten Kasdam III/ Siliwangi, Danrem 063/ Sunan Gunung Jati Cirebon Kol Inf Sigit Yuwono, Kapolwil Cirebon Kombes Pol Drs Tugas Dwi Apriyanto, Danlanal Cirebon, Dandenpom Cirebon Letkol Cpm Iwan, Wakil Bupati Cirebon H Ason Sukasa, Wakil Walikota Cirebon H Sunaryo HW, perwakilan Pangkalan TNI AU Sugiri Sukani Majalengka para Dandim se -wilayah Korem 063/ Sunan Gunung Jati, Kapendam III/ Siliwangi Letkol Inf Isa Haryanto, Para Danyon sewilayah Kodam III/ Siliwangi, Ketua MUI Kabupaten Cirebon, Istri- Istri Tentara, dan para Undangan lainnya.

Dalam amanatnya Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary mengatakan, Serah terima Jabatan merupakan hal yang lazim terjadi di lingkungan TNI AD juga sebagai penyegaran dalam rangka menyelenggarakan tour of duty dan tour of area. Selanjutnya serah terima jabatan ini pula mengandung makna yang cukup strategis yaitu akan terpenuhinya tuntutan serta kebutuhan organisasi, selain itu juga guna mendapat pembaruan semangat dan penyegaran pemikiran sehingga ada gagasan atau konsep-konsep baru yang lebih relevan dalam manajemen pembinaan dengan harapan demi tercapainya keberhasilan tugas
Mantan Danjen Kopassus ini dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Arh Jama’ah dan Istri atas pengabdian dan dedikasinya membina satuan Yonarhanudse-14 hingga mampu dan berhasil, semoga menjadi bekal di tempat tugasnya yang baru, paparnya
Selain itu Perwira tinggi bintang dua yang juga alumni Akmil 1975 ini pula mengucapkan selamat kepada Letkol Arh Moh Hasyim Lalhakim SE dan Istri, atas pengangkatan dan kepercayaan menjadi Danyonarhanudse-14 semoga tugas pengalaman terdahulu menjadi bekal dalam menjalankan amanah dengan sebaik- baiknya.

Pejabat lama Letkol Arh Jama’ah yang merupakan Alumni akmil 1990 selanjutnya akan menempati posisi sebagai Kepala Seksi Operasi ( Kasiops ) Korem 063/ Sunan Gunung Jati Cirebon, sedangkan Pejabat baru Letkol Arh Moh Hasyim Lalhakim SE, adalah Alumni Akmil 1991 sebelumnya bertugas sebagai Perwira pembantu Madya ( Pabandya ) A.24 Dit A Badan Intelijen Strategis ( BAIS ) TNI di Jakarta.
Sejak didirikan hingga kini tercatat ada dua puluh orang yang menjadi Danyonarhanudse-14, Danyon Arhanud pertama adalah Mayor Arh E Sumarta tahun 1965 sampai 1970, kedua Letkol Arh Tarwan tahun 1970 sampai 1972, ketiga Mayor Arh Sutikno tahun 1972 sampai 1975, selanjutnya Danyon keempat Mayor Arh D Budi Prayitno tahun 1975 sampai 1977, ke lima Mayor Arh Ridwan Daulay tahun 1977 sampai 1979.
Selanjutnya Danyon keenam Mayor Arh Sunaryo HW pada tahun 1979 hingga 1983, Letkol Arh R Suroso tahun 1983 sampai 1985, Letkol Arh Sukarno Marsaid Danyon ke delapan dari tahun 1985 sampai 1987, Letkol Arh Darumaka dari tahun 1987 sampai 1989.
Letkol Arh Maman Sumantri Danyon 1989 hingga 1994, Letkol Arh Mustofa HP tahun 1994 hingga 1995, Letkol Arh Eddy Rahmat Danyon ke dua belas dari tahun 1995 hingga 1997, Letkol Arh M Natsir Atmawijaya menjabat dari tahun 1997 hingga 1998, Letkol Arh M Hasyim Ssos dari tahun 1998 sampai 2000, selanjutnya Letkol Arh Budi S Utomo tahun 2000 sampai 2002, Letkol Arh Iriyanto Sip tahun 2002 sampai 2004, Letkol Arh Syarif Hidayatullah tahun 2004 sampai 2005.
Danyon ke Delapan belas Letkol Arh Nugroho Jati Waluyo dari tahun 2005 sampai 2007, kesembilan belas Letkol Arh Jama’ah dari tahun 2007 hingga 2009, dan kini Danyon di jabat Oleh Letkol Arh M Hasyim Lalhakim SE.



SERTIJAB KASDAM XVII/CENDERAWASIH
8 November 2009
Bertempat di Koridor kehormatan Cycloops Makodam XVII/Cenderawasih dilaksanakan Sertijab Kasdam XVII/Cenderawasih dari Brigjen TNI Hambali Hanafiah ke Brigjen TNI Osaka Meliala. Minggu (8/11). Dalam kegiatan yang secara langsung dipimpin oleh Pangdam XVI/Cenderawasih Mayjen TNI A.Y Nasution tersebut dilaksanakan rangkaian kegiatan meliputi Acara Tradisi, Korps Raport dan Acara Pelepasan Perwira.

Didalam amanatnya kepada pejabat lama Brigjen TNI Hambali Hanafiah yang selanjutnya akan memangku jabatan sebagai Pangdam Iskandar muda, Pangdam menyampaikan bahwa Kepala Staf Kodam merupakan pembantu utama pimpinan yang memegang peranan yang signifikan dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan semua aspek manajemen staf yang dimiliki Kodam XVII/Cenderawasih dan fungsi tersebut telah dapat dilaksanakan secara baik dan memuaskan.
Kepada pejabat baru Brigjen TNI Osaka Meliala, Pangdam berharap agar tugas sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab berbekal pengalaman sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat dan jabatan-jabatan serta pengalaman sebelumnya.
Dalam kesempatan yang sama Pangdam juga menyampaikan bahwa keberhasilan TNI mempertahankan kedaulatan Negara dan Integritas Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Papua antar lain karena besarnya dukungan rakyat. Oleh karena itu, seraya terus meningkatkan kemampuan profesionalisme kemiliteran seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, kita juga mengharapkan meningkatnya peran semua komponen bangsa dan sumber daya Nasional dalam suatu sistem pertahanan Negara di wilayah Papua ini, lanjut Pangdam.
Setelah Sertijab selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan Acara Lepas sambut Kasdam di Aula Toni Rompis Makodam XVII/Cenderawasih. Turut hadir dalam acara tersebut adalah seluruh pejabat Danrem, Asisten, Kabalak dan sejumlah pejabat serta anggota baik militer maupun PNS Kodam XVII/Cenderawasih. Turut hadir pula Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cenderawasih.
Untuk diketahui bersama bahwa dalam rangkaian kegiatan Sertijab juga dilaksanakan acara penyerahan tugas Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih dari Ny. Hambali Hanafiah kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih.http://www.tni.mil.id