Rabu, 23 Desember 2009

SERTIJAB 16-23 DESEMBER 2009

LAPORAN KORPS PENEMPATAN, PERGESERAN DALAM JABATAN DAN PINDAH SATUAN
23 Desember 2009
Pelaksanaan Acara Laporan Korps para perwira Seskoad Selasa (23/12) bertempat di Gd. Prof. Dr. Satrio Bandung.
Perwira yang masuk dan menempati jabatan di lingkungan Seskoad 15 orang dan yang melaksanakan pergeseran di lingkungan Seskoad sebanyak 14 orang perwira.

Perwira Seskoad yang melaksanakan pindah satuan 4 orang yaitu :
- Kolonel Kav Ruladi Soedjono D, S.IP menjadi Irpers Itjenad,
- Kolonel Inf Mohamad Sibli Mufti menjadi Paban III/Wanmil Sterad,
- Kolonel Inf Akhmadi Kuntopo, B.Sc menjadi Paban I/Ren Sterad
- Kapten Chb Sudirman, S.Sos yang baru menyelesaikan pendidikan Selapa TP. 2009 menjadi Kasubdepbekhar Pusdikhub Kodiklat TNI AD.

Dalam amanatnya Komandan Seskoad Mayjen TNI Bambang Suranto,S.Sos mengatakan bahwa, pergeseran jabatan dilingkunga TNI AD merupakan proses yang harus dilaksanakan, sebagai salah satu upaya pembinaan satuan yang mencakup antara lain pembinaan organisasi dan pembinaan personel.
Pembinaan organisasi, promosi jabatan diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap kinerja satuan, karena dengan adanya personel yang baru, tentunya akan diperoleh personel dengan kondisi yang segar dan memiliki berbagai pengalaman dan kemampuan yang sangat diperlukan dalam pengelolaan organisasi setiap bagian yang mendapatkan personel baru dapat mendayagunakan potensi dan pengalaman yang dimiliki personel tersebut guna mengoptimalkan kinerja satuan.

Pembinaan personel, promosi jabatan merupakan pembinaan yang harus dilakukan guna memberikan pembekalan dan tambahan wawasan kepada setiap prajurit sehingga kedepan sebagai calon-calon pimpinan TNI AD, mampu mengawaki organisasi yang dipertanggung jawabkan.
Promosi jabatan merupakan pembinaan yang harus dilakukan guna memberikan pembekalan dan tambahan wawasan kepada setiap prajurit sehingga kedepan sebagai calon-calon pimpinan TNI AD, mampu mengawaki organisasi yang dipertanggungjawabkan.

Bagi setiap prajurit, promosi jabatan adalah kehormatan dan kepercayaan dari pimpinan yang didasarkan dari hasil penilaian selama menjabat pada jabatan sebelumnya dan dianggap mampu mengembangkan diri pada jenjang jabatan selanjutnya. Dengan adanya kepercayaan dan kehormatan tersebut, tentunya membawa konsekwensi tanggungjawab yang lebih besar dan diharapkan kepada personel yang mendapatkan kehormatan dan kepercayaan promosi jabatan, dapatnya mempertanggung jawabkan kepercayaan yang diperoleh melalui pengembangan diri dengan belajar dan berupaya meningkatkan kinerja sesuai dengan jabatan yang dipertanggungjawabkan, terlebih bagi personel yang mendapatkan promosi dari dan masuk lingkungan Seskoad yang merupakan lembaga pendidikan tertinggi dan lembaga pengkajian strategis di TNI Angkatan Darat.

Bagi personel yang pindah satuan harus mampu menjadi nara sumber di satuan yang baru, karena setiap ada pejabat yang baru pindah dari Seskoad, memiliki kelebihan dibidang wawasan dan ilmu pengetahuan, sementara yang masuk kejajaran Seskoad juga harus mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki sesuai bidang penugasan.
Hadir pada acara ini Wadan Seskoad,para Direktur, Dankor, Kadep, Pa. Ahli, Dosen, dan pejabat struktural Seskoad, Ibu Ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Seskoad. (Penseskoad/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/


PANGLIMA TNI :
PANGKAT ADALAH AMANAH DARI INSTITUSI TNI
17 Desember 2009
Pangkat selalu mengiringi jabatan, bukanlah sekedar penghargaan atau pengakuan melainkan lebih substantif dari itu, merupakan amanah dari institusi TNI, bangsa dan negara. Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dalam amanatnya pada upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi TNI, di ruang hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Kamis (17/12).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, pangkat sebagai pengakuan atau penghargaan, yang memiliki dimensi struktural sebagai lambang kepercayaan atas tugas dan kompetensi yang dipercayakan kepada kita. Sedangkan sebagai amanah, pangkat atau jabatan memiliki dimensi moral yang mencerminkan tanggungjawab yang lebih besar dan dalam lagi.

Pesan moral terpenting dari setiap amanah adalah tanggungjawab yang mesti ditunaikan dengan lunas baik kepada diri sendiri, keluarga dan organisasi TNI, maupun kepada bangsa, negara dan lebih utama lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kepada para Jenderal, Laksamana dan Marsekal diharapkan meningkatkan komitmen tugas dan pengabdian sesuai dengan tanggungjawab pangkat yang disandang dan jabatan yang dipangku serta lebih solid, profesional untuk mensukseskan tugas pokok TNI.

Sembilan belas Perwira Tinggi (Pati) yang diterima laporan kenaikan pangkatnya oleh Panglima TNI terdiri dari 11 orang Pati TNI AD, 5 orang Pati TNI AL dan 3 orang Pati TNI AU, yaitu : Mayjen TNI Drs. Kurdi Mustofa (Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI); Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus (Danjen Kopassus); Mayjen TNI Hambali Hanafiah (Pangdam IM); Mayjen TNI Agus Muljadi (Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI); Brigjen TNI Mulyana Esa (Direktur Rendalgiatops Deputi-I BIN Bidang Luar Negeri); Brigjen TNI Eddy Rakhmat (Asdep 5/I Urusan Budaya & Partisipasi Politik Kemenko Polhukam); Brigjen TNI Harry Purdianto, S.IP (Kasdivif-2 Kostrad); Brigjen TNI Murdjito (Waaspers Kasad); Brigjen TNI Hawas Mu’in (Karo Ops & Pengamanan Setmil Setneg RI); Brigjen TNI E. Hudawi Lubis (Waaspam Kasad); Brigjen TNI DR. A. Yani Basuki, M.Si. (Staf Khusus Presiden RI Bidang Publikasi dan Dokumentasi); Laksda TNI Among Margono, S.E (Dansesko); Mayjen TNI (Mar) Norman Zamili (Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI); Laksma TNI Widodo, S.E (Danguspurlatim); Laksma TNI Zufri Zaenal Abidin (Irbin Itjenal); Laksma TNI drg. Ananda Danardono (Kaladokgi REM); Marsda TNI Eddy Suyanto, S.T (Pangkoopsau I); Marsma TNI A. Anjar Kristiyanto (Pati Sahli Kasau Bid. Air Power) dan Marsma TNI Potler Gultom (Kadiswatpersau).

Pelaporan kenaikan pangkat tersebut dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasau Marsdya TNI Imam Sufaat, Kasum TNI Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo, Wakasal Laksdya TNI Moekhlas Sidik, Irjen TNI Letjen TNI Liliek AS. Sumaryo, S.IP., Dansesko TNI Marsdya TNI Edy Harjoko, Kapuspen TNI Marsda TNI Sagom Tamboen, S.IP, para Asisten Panglima TNI serta pejabat tinggi di lingkungan Mabes TNI dan masing-masing Angkatan. (Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi/Dispenad) sumber http://www.tniad.mil.id/



KASAD TERIMA LAPORAN KORPS KENAIKAN PANGKAT
DAN IKRAR SEBELAS PATI TNI AD
17 Desember 2009
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta menerima laporan korps Kenaikan Pangkat dan Ikrar sebelas orang Perwira Tinggi Angkatan Darat di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (17/12).
Pada saat sebelumnya kesebelas Perwira Tinggi Angkatan Darat ini melaporkan kenaikan Pangkatnya kepada Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap. Diantara Perwira Tinggi yang naik pangkat Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen TNI Hambali Hanafiah Pangdam Iskandar Muda serta Brigjen TNI DR. Ahmad Yani Basuki Staf Khusus Presiden RI bidang Publikasi dan Pengucapan Dokumentasi. (Dispenad)


KASAD PIMPIN SERTIJAB PANGDAM III/SILIWANGI
16 Desember 2009
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dari Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary kepada Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo di Stadion Siliwangi, Bandung, Rabu (16/12).
Mayjen TNI Pramono sebelumnya menjabat Danjen Kopassus dan Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary selanjutnya menjabat Asisten Intelejen Panglima TNI.
Dalam amanatnya Kasad mengatakan, serah terima ini merupakan bagian integral dari dinamika internal Angkatan Darat untuk kepentingan pembinaan personel maupun penyegaran organisasi. Pergantian jabatan di lingkungan Angkatan Darat, harus dipandang sebagai upaya perwujudan untuk meningkatkan kinerja setiap personel yang mengawaki organisasi, dengan harapan, tugas, fungsi dan peran dapat diemban dengan sebaik-baiknya.
Berkaitan dengan tugas Kodam III/Siliwangi sebagai Kotama Pembinaan Angkatan Darat dan Kotama Operasional TNI, merupakan kekuatan matra darat yang digelar di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten, memiliki posisi strategis, sebagai penyangga Ibu Kota. Kasad mengingatkan kepada setiap warga Kodam III/Siliwangi berkaitan agar sikap teritorial yang selama ini dibanggakan oleh warga masyarakat di wilayah Kodam III/Siliwangi, semakin digiatkan dan terus diberdayakan bersama komponen bangsa lainnya, dengan membangun dialog, melakukan interaksi dan komunikasi sosial dengan semua lapisan masyarakat. Agar tercipta sinergitas yang diperlukan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat, bangsa dan negara di daerah ini.
Didepan wartawan usai acara Sertijab Kasad menyampaikan, bahwa serah terima jabatan ini merupakan kegiatan yang alamiah dari seniornya diserahkan kepada yuniornya, kepada pers diwilayah Bandung, Kasad mengharapkan untuk membantu mensosialisasikan program Kodam III/Siliwangi yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah ini.
Usai acara Sertijab Kasad didampingi Wakasad, Pangdam III/Siliwangi yang lama dan yang baru menyaksikan defille prajurit Kodam III/Siliwangi dilanjutkan meninjau sarana Kolam Renang Graha Tirta Siliwangi dan ramah tamah. (Dispenad)


PANGDAM VI/TANJUNGPURA PIMPIN SERTIJAB DANRINDAM
16 Desember 2009
Bertempat di lapangan Rindam VI/Tpr telah dilaksanakan upacara serah terima Danrindam VI/Tpr dari pejabat lama Kolonel Inf Yudhie Karsono, S.E., M.M., kepada Kolonel Inf Budi Heriyanto.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Gubernur Kalimantan Selatan beserta Muspida Tk I. Para Danrem Se-Kalimantan beserta para Komandan Satuannya, Danbrigif, Walikota Banjarmasin dan Banjar Baru serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman.
Dalam sambutannya Pangdam VI/Tanjungpura mengatakan, bahwa sebagaimana lazimnya organisasi yang dinamis dan modern, Angkatan Darat secara terencana dan berlanjut melaksanakan Tour of Duty dan Tour of Area untuk kepentingan dan kemajuan organisasi serta peningkatan kemampuan personel yang menjalankannya. Karena dalam konteks kepentingan organisasi, serah terima jabatan lebih diarahkan untuk meningkatkan kinerja organisasi sehingga kualitas hasil karya organisasi satuan tersebut akan terus meningkat dari hari ke hari.
Jadikan serah terima ini suatu amanah dari Bangsa dan Negara pertanggungjawabkan jabatan ini kepada Tuhan Yang Maha Esa. jangan mengharap apa yang kita peroleh melainkan justru menuntut apa yang harus kita lakukan dan berikan. Jadikan Rindam ini sebagai center of excellence dimana guru atau pelatih selalu berupaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan secara sistematis dan konseptual. Tujuannya adalah agar para prajurit memiliki bekal awal yang cukup dan dapat dikembangkan seiring dengan perkembangan karier prajurit sehingga tetap eksis walaupun dihadapkan dengan tuntutan persaingan yang semakin ketat imbuh Pangdam VI/Tpr.
Sementara Gubernur Kalimantan Selatan disela acara peresmian Patung Prajurit mengatakan. Hari ini merupakan hari yang bersejarah karena untuk pertama kali diresmikannya patung prajurit ini adalah ikon prajurit Kodam VI/Tpr. Dengan adanya patung sosok prajurit Kodam VI/Tpr ini, diharapkan dapat menjadikan prajurit yang handal karena kedepan tugas-tugas yang semakin berat dan kompleks dapat dilaksanakan dengan baik dan prajurit Kodam VI/Tpr akan semakin tangguh kemudian memiliki wawasan visi kedepan yang sanggup menghadapi halangan rintangan bagi kita semua. Dengan harapan semoga Kalsel selalu tetap dalam keadaan sejuk, damai dan dapat melanjutkan pembangunan kemaslahatan bagi masyarakat.
Dalam acara tersebut Rudy juga mengatakan, bahwa jalinan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan selama ini dengan pejabat lama sangat baik dimana dalam rangka membentuk disiplin Pegawai Negeri Sipil khususnya golongan II dan III telah lama dilaksanakan dengan harapan kepada pejabat Komandan Rindam yang baru untuk nantinya dapat ditingkatkan lagi, sehingga para aparatur pemerintah nantinya memiliki semangat juang yang tinggi untuk mengabdi kepada Negara dan Bangsa khususnya untuk Kalimantan Selatan.(Penrem101/ Pendam 6/tanjungpura /
Dispenad)