Senin, 07 Desember 2009

SERTIJAB 01-03 APRIL 2010

Serah Terima Jabatan di Kodam III Siliwangi
3 Apr 2010 
Bertempat di Markas Kodam III Siliwangi Bandung Jawa Barat. Sabtu (3/4) dilaksanakan serah terima Jabatan, termasuk Danrem 062/TN dlse-rahlerimakan dari Kolonel Inf Mochamad Rahmat yang kini mendapat kepercayaan Paban III/LitbangAsroSrenad kepada Kolonel Inf Asrobudl. Sip yang semula menjabat Dlrbinlltbang Pussenlf Kodlklat TNI AD.
Upacara serah terima Jabatan (sertijab) dilaksanakan secara kemillteran berlangsung khJt-mat. dihadiri para petinggi TNI. berbagai satuan balk Itu darat, laut dan udara serta tamu undangan lainnya. Inspektur upacara dalam acara serah terima Jabatan Pangdam III/Siliwangi (SLW) Mayor Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.
Dalam kesempatan itu selain Jabatan Danrem 062/TN yang dlserahterimakan akan tetapi beberapa perwira TNI di wilayah Kodam I1I/SLW mendapat posisi baru. Diantaranya Asper Kasdam III/SLW Kol" Inf Aris Martono Haryadi yang kini menjabat sebagai Paban I Ren Spersad. Kaajendam III/SLW Kol Caj
Pudjiastuti. BA. menjabat Kasubdit Blndospers Dltajenad. Danrindam III/SLW Kol Inf Udin Supldln sebagai Danrem 083/BdJ Kodam V/Brawijaya. Danpomdam IIJ/SLW Kol Cpm Mohamad Jayusman. SH sebagai Danpusdlkpom. Dan-briglf-15/Kujang Kol Inf Wuryanto menjadi Pamenmabesad. Kakundam III/SLW Kol Chk Ponten Sinuraya. SH. Pamen Kodam IH/SLW. Asops Kasdam III/SLW Kol Inf AAB Maliogha Jabatan baru sebagai dosen Madya Seskoad. Irdam lll/SLW Kol Inf Parulian Hutagalung menjadi Staf Ahli Pangdam Vl/ Tanjungpura.

Selain Itu tercatat beberapa perwira TNI yakni Letkol Inf Sucipto dari Kepuskopada Kodam lX/Udayana menjadi Aspers Kasdam III/SLW. Kol Inf Caj Dra Tri Supeni Kasubdit Blnmlnu Dltajenad menjadi Kaajendam III/SLW. Kol Inf Rochlman yang semula menjabat Kasubdis Pensat Dlspenad menjadi Danrindam lll/SLW. Kol Cpm Eddy Ismayadi. SH dari Danpomdam VL/TanJungpura menjabat Danpomdam III/SLW. Wadan Rindam VI/Tanjungpura yang semula dipegang Letkol Inf Hartanto kini menjabat Dan-brlgif-15/KuJang.
Sedangkan Letkol Chk Markonl. SH semula memegang Jabatan Kadeppengmilum Pusdlkum Kodlklat TNI Admenjabat Kakundam UI/SLW. dan Letkol Inf Kasim Genawl. Sip yang awalnya menjabat Wadan Rindam IX/Udayana kini dipercaya menjadi Asops Kasdam III/SLE serta Kol Inf Edy Susanto yang tadinya memangku Jabatan sebagai Staf Ahli Pandam Vl/Tanjungpura Bidang Manajeman Stshanneg kini memegangjabatan sebagai Irdam lll/SLW.
Acara yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB tersebut selain dilakukan penyerahan panji atau bendera lambang satuan Juga diadakan serah terima tongkat Jabatan serta penan-datanganan tugas yang dileng-kapi tanda tangan Pangdam III/SLW.
Setelah upacara sertijab yang berlangsung hampir 2 Jam selesai. Pangdam III/SLW Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo ketika ditemui Pelita mengatakan acara serah terima Jabatan merupakan hal biasa dalam bertugas sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, nusa dan bangsa.

"Rotasi Jabatan dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan penilaian selama mereka bertugas," tegasnya. Terkait Makorem 062 Tarumanagara mengungkapkan selama Ini Korem 062/Tn telah berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kol Inf Mochamad Rahmat yang telah menjalankan tugas di Makorem 062 Tarumanagara J uga tak lupa saya ucapkan selamat mengemban tugas baru dan saya berharap kepada pejabat baru yang menjabat di Makorem 062 Tarumanagara agar dapat melaksanakan lugas dengan sebaik-baiknya dan berbagai program yang telah dijalankan komandan lama agar diteruskan selama program tersebut besar manfaatnya." katanya, (ck-209/2)
http://bataviase.co.id

Tak Boleh Lagi Usaha di Rumah Dinas Kodam
3 April 2010
Rumah dinas tentara di wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) m/Siliwangj tidak boleh lagi dijadikan sebagai tempat usaha, termasuk dipakai un-tuk/actory outlet (FO). Rumah dinas tersebut akan kembali difungsikan sebagai rumah dinas. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya penertiban yang terus-menerus dilakukan Kodam III/Siliwangi.
"Kami sudah sampaikan kepada mereka untuk siap-siap. Dikembalikan pun jumlahnya sekarang masih kurang," kata Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal Pramono Edhie Wibowo seusai bertindak sebagai inspektur upacara Serah Terima Jabatan Danrem 062/Tarumanagara, Danrin-dam III/Siliwangi, Danbrigif 15 KJII, serta Danpomdam m/Si-liwangi di Lapangan Kodam III/Siliwangi Jln. Aceh, Kota Bandung, Sabtu (3/4). Edhie tidak mengungkapkan tenggat waktu yang diberikan, tetapi ia memastikan tidak ada perpanjangan lagi. "Secepat mungkin. Tidak ada perpanjangan, kalau diperpanjang nanti tidak selesai-selesai," ujarnya. Ia mengatakan, upaya penertiban rumah dinas tentara di wilayahnya terus diupayakan, salah satunya dengan memasang papan di depan rumah-rumah dinas. Di papan tersebut ditulis bahwa rumah itu merupakan rumah dinas jabatan. Berbagai pendekatan yang dilakukan, kata Edhie, menunjukkan hasil yang menggembirakan. Beberapa rumah dinas telah dikembalikan dengan sukarela meskipun jumlahnya belum banyak. "Mulai mengembalikan secara sukarela. Misalnya saja ada yang mengambil rumah dinas tetapi tidak ditempati. Kalau dilihat persentasenya kecil. Penertiban ini terus-menerus kami lakukan," katanya. Ketersediaan rumah dinas bagi tentara yang masih aktif masih rendah. Di lingkungan Kodam III/Siliwangi terdapat sekitar 29.000 prajurit aktif. Namun, baru 11.000 unit rumah dinas yang tersedia. Itu pun 70 persennya ditempati oleh yang tidak berhak. "Akhirnya ada juga tamtama yang tinggal di barak sehingga anak dan istrinya harus dititipkan ke mertua," katanya.
Salah satu upaya yang ditempuh untuk menyediakan rumah dinas adalah melalui rencana pembangunan rumah susun (rusun). Selain ketersediaan lahan yang terbatas, model rusun akan memudahkan perpindahan jika yang bersangkutan telah selesai masa tugasnya.
"Mudah-mudahan bisa secepatnya. Kemarin kami sampaikan kepada Komisi I DPR RI. Sekarang sedang dibicarakan di antara Dephan dan Mabes TNI. Drafnya kan setelah dewan menginventaris! masalah di daerah-daerah," tuturnya. Serah terima jabatan
Tidak seperti biasanya, serah terima jabatan kali ini dilakukan pada akhir pekan. Edhie mengatakan, hal itu disebabkan ada peserta yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Sesko TNI AD. "Lebih praktis, hemat waktu dan biaya," ujarnya.
Ia berpesan agar pergantian jabatan ini tidak membuat kegiatan dan sistem yang sudah berjalan baik menjadi berhenti. "Jangan ganti pejabat, ganti sistem," katanya.
Dalam amanatnya. Pangdam III/Siliwangi mengatakan, pergantian unsur pimpinan merupakan proses yang alami dalam konteks manajemen organisasi. Oleh karena itu, mekanisme pergantian pejabat mengacu pada prinsip pengembangan personel dan organisasi.
Edhie memimpin serah terima jabatan di lingkungan Kodam III/Siliwangi tersebut. Jabatan yang diserahterimakan adalah Danrem 062/Taruma-nagara dari Kolonel Infanteri Mochamad Rachmat kepada Kolonel Infanteri Asrobudi, S.I.P., Danrindam III/Siliwangi dari Kolonel Infanteri Udin Supidin kepada Kolonel Infanteri Rochiman, Danbrigif-15/Kujang dari Kolonel Infanteri Wuryanto kepada Letnan Kolonel Infanteri Harianto, Danpomdam III/Siliwangi dari Kolonel CPM Mohamad Jayusman, S.H. kepada Kolonel CPM Eddy Ismayadi, S.H.
Sementera Aspers Kasdam III/Siliwangi kini dijabat oleh Letnan Kolonel Infanteri Sucipto, Kaajendam III/Siliwangi dijabat oleh Kolonel CAJ Dra. Tri Supeni, Kakumdam III/Siliwangi dijabat oleh Letnan Kolonel CHKMarkoni,S.H.,Asops Kasdam III/Siliwangi dijabat oleh Letnan Kolonel Infanteri Kasim Genawi, S.I.P., dan Ir-dam III/Siliwangi dijabat oleh Kolonel Infanteri Edy Susanto. Selain melantik pejabat baru, dilantik pula para perwira yang telah mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat periode 1 April 2010 sebanyak 157 perwira, terdiri atas 142 Perwira Pertama (Pama) dan 15 Perwira Menengah (Pamen). (A-170)***http://bataviase.co.id

ENAM PEJABAT KODAM DISERAH TERIMAKAN
1 April 2011
Pangdam/ Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir,SIP bertempat di Gedung Balai Pertemuan Wirabuana,  jumat (1/4) menerima laporan korps enam pejabat Kodam VII/Wirabuana yang diserah terimakan.
Enam pejabat yang diserah terimakan antara lain  Jabatan Asisten Operasi(ASOPS) Kasdam VII/Wrb dari Kolonel Inf Heru Triyanto kepada Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto SIP, Jabatan Asisten Teritorial Kasdam VII/Wrb dari Kolonel Inf Marga Taufiq kepada Pangdam, Jabatan Perwira Staf Ahli Pangdam VII/Wrb Bidang  Manajemen sishanneg dari Kolonel Arm Sukarwo SIP kepada Kolonel Inf Satria Putra Rauf, Jabatan Kepala Keuangan Kodam VII/Wrb(KAKUDAM) dari Kolonel Cku Harnoko Sadiharso SE kepada Letkol Cku Adip Sukarianto, Dan Jabatan LO TNI-AL Kodam VII/Wrb dari Kolonel Laut(T) Wahyu Handoyo kepada Letkol Laut (P) Setyo Riyono. Serta Pangdam menyerahkan tugas dan tanggungjawab Pa Staf Ahli Bidang Sosial budaya kepada Kolonel Inf Suparno.
Pejabat lama Asops Kasdam VII/Wrb Kolonel Inf Heru Triyanto akan menduduki posisi sebagai Perwira Staf Ahli Pangdam XVII/Cendrawasih bidang Ilpengtek & LH dan Pejabat baru Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto sebelumnya menjabat Kepuskopad 'A’ Dam VII/Wrb, Pejabat lama Aster Kasdam VII/Wrb Kolonel Inf Marga Taufiq akan menduduki jabatan Aster Kas kostrad sedangkan pejabat baru Letkol Inf  Mohamad Shokir sebelumnya Aster Kas divif-1/Kostrad.

Sedangkan untuk pejabat lama Perwira Staf Ahli Pangdam VII/Wrb bidang Manajemen Sishanneg Kolonel Arm Sukarwo akan menduduki sebagai Pamen Ahli Gol-IV Pussenarmed Kodiklat TNI-AD bidang Taktik dan Strategi dan pejabat baru Kolonel Inf Satria Putra Rauf sebelumnya Dosen Utama Seskoad, dan Pejabat lama Kakudam VII/Wrb Kolonel Cku Harnoko Sadiharso.SE akan menempati jabatan Ka Unit Verku Itbeng Itjenad dan pejabat baru Letkol Cku Adip Riyono sebelumnya Irdya-2/Lakijar Itrenproggar Itjenad . Pejabat lama LO TNI-AL Kodam VII/Wrb Kolonel Laut (T) Wahyu Handoyo akan menduduki jabatan  di Pamen Mabes TNI-AL dan pejabat baru Letkol Laut (P) Setyo Riyono sebelumnya Pamen Mabers TNI-AL .
Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Amril Amir S.IP dalam sambutannya mengatakan, bahwa etos kerja sangat penting ditanamkan dalam diri sendiri disertai dengan komitmen yang tinggi, sehingga tugas di Kodam VII/Wrb, tidak hanya dituntut untuk mampu bekerja baik, tetapi juga diperlukan kecermatan dan kepekaan dalam memahami perkembangan situasi maupun dinamika yang terjadi. Artinya para pejabat dilingkungan Kodam VII/Wrb  dituntut bekerja cepat dan maksimal karena tuntutan tugas relatif  tinggi.  Untuk itu perlu pembaharuan dalam mendukung semuanya dengan demikian daya inovasi serta kreatifitas adalah sebuah tuntutan sehingga apapun tidak terjebak dalam lingkungan rutinitas.
Hadir dalam acara tersebut, Kasdam VII/Wrb Brigjen TNI Drs Ir Subekti MSc, Irdam VII/Wrb, Danrindam, Para Asisten, Para Kabalak, Para Dansatpur, Dansat Banpur serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VII/Wirabuana Ny. Anna Amril Amir dan Wakil Ketua serta Ibu-ibu Pengurus lainnya. http://www.kodam-wirabuana.mil.id