Sabtu, 20 Februari 2010

SERTIJAB 28-30 APRIL 2010

Serah Terima Jabatan Danrindam Iskandar Muda
30 April 2010
Hari Jumat, 30 April 2010, merupakan event yang sangat penting di Rindam Iskandar Muda, dimana telah diadakan Upacara serah terima jabatan Komandan Rindam Iskandar Muda dari Kolonel Inf I Made Agra Sudiantara kepada Kolonel Inf Chairil Anwar Sulaiman, yang di pimpin secara langsung oleh Panngdam Iskadar Muda Mayjen TNI Hambali Hanafiah.
Rangkaian kegiatan yang mengisi Acara serah terima jabatan Komandan Rindam Iskandar Muda sebuah persembahan yang merupakan kombinasi antara demonstrasi keprajuritan dan karya seni budaya. Kolaborasi antara tarian, musik, serta demonstrasi yang membentuk seluruh rangkaian pertunjukan acara ini.awal rangkaian pergelaran ini, prajurit Rindam Iskandar Muda tampil dengan semangat dan penuh percaya diri, mempersembahkan demonstrasi bendera, 45 prajurit pilihan dan terlatih, dengan kibaran benderanya akan menggambarkan filosofi 2 warna: merah berarti berani dan putih bermakna suci, kegiatan berikutnya adalah demonstrasi tarian poco-poco dimana Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana cabang IX Rindam Iskandar Muda, ikut ambil bagian dengan penuh semangat dan riang gembira, menampilkan satu ketrampilan seni dan budaya. Dengan iringan lagu Bungong Jeumpa, inilah persembahan Poco-Poco yang mencerminkan eratnya kebersamaan dan tali persaudaraan di antara Ibu-ibu Persit Rindam Iskandar Muda.

Selanjutnya 300…prajurit TNI AD menampilkan demonstrasi Senam Senjata! Menghasilkan kondisi fisik yang kuat dan prima, tentu membutuhkan latihan berkesinambungan. Untuk mewujudkan pasukan yang solid dan profesional, tentu dibutuhkan jiwa korsa dan semangat juang tinggi, Latihan-latihan fisik yang terus dibina, menghasilkan tubuh yang bugar, sehat dan kuat, yang merupakan modal mendasar untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia.
Sebagai bangsa Indonesia yang bangga akan keragaman budaya, juga menampilkan salah satu tarian tradisional, yang merupakan karya seni dari Bali. Selain piawai dalam ketangkasan olah senjata, prajurit Rindam Iskandar Muda juga mampu menjunjung tinggi dan menjaga kelestarian seni budaya Indonesia. Tari ini merupakan ritual Sang Hyang Widi, digambarkan oleh busana yang dikenakan, kotak-kotak berbentuk papan catur yang akhirnya menjadi ciri khas masyarakat Bali.
Tokoh Hanoman sebagai tokoh sentral dalam tarian ini, merupakan figur panutan, di mana dalam kesehariannya, tanpa kenal lelah, senantiasa mencurahkan perhatian kepada prajuritnya dengan tulus kasih, memberi dorongan, motivasi dan semangat untuk selalu melakukan yang terbaik!..Hanoman, yang memerankan figure pemimpin dalam tarian ini, adalah tokoh yang berjiwa ksatria, dan pembela kebenaran. Para prajurit menyambut pemimpinnya dengan penuh semangat.

Sebagaimana kata pepatah, di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.  Rindam Iskandar Muda dengan penuh rasa bangga, menampilkan tari tradisional Aceh, yaitu Tari Saman. Prajurit yang tampil, tidak hanya terdiri dari suku bangsa Aceh, tetapi dari berbagai suku bangsa lainnya seperti suku Batak, Jawa, Padang, Papua dan lain sebagainya, dilandasi semangat persatuan.
Selanjutnya akan dirangkai dengan defile oleh prajurit dan beberapa komponen masyarakat, yang menunjukkan persatuan dan persaudaraan yang erat di Bumi Serambi mekkah ini. Selamat jalan  Kolonel Infantri  Made Agra, kami yakin Bapak akan sukses di tanah Papua, karena Bapak telah teruji di tanah Rencong ini! Doa kami selalu menyertai Bapak dalam bertugas, selamat datang kepada  Kolonel Infanteri Chairil Anwar Sulaiman, selamat bertugas di Bumi Serambi Mekkah! Rindam Iskandar Muda. http://rindamiskandarmuda.mil.id

Validasi dan pergantian pejabat di lingkungan Paspampres
28 April 2010-
"Setia Waspada" Validasi organisasi Paspampres secara bertahap terus dilakukan pembenahan dengan mengisi dan menempatkan personil pada struktur organisasi baru Paspampres, jabatan struktural baru Paspampres yang telah terisi adalah Pejabat Irjen Paspampres dan Asisten Perencanaan Danpaspampres. Penempatan pejabat  Irjen Paspampres dan Asren Danpaspampres dibarengi dengan sertijab para Asisten Danpaspampres dan Sertijab pada unsur pemegang kendali Komando. Acara diawali dengan pengukuhan Perwira baru jajaran Paspampres pada Selasa (27/4), berikutnya dilaksanakan sertijab Asops, Aspers dan Aslog Danpaspampres  di ruang hening Mako Paspampres yang dilanjutkan dengan Sertijab Komandan Grup B serta Dandensikmil Paspampres  melalui Upacara penyerahan dan pemberian Duaja masing-masing satuan dari pejabat lama kepada pejabat baru oleh Komandan Paspampres Mayjen TNI Marciano Norman  selaku Inspektur Upacara di Lapangan Hitam Mako Paspampres Jakarta Rabu (28/4).
Dalam amanatnya Komandan Paspampres dihadapan para peserta upacara mengingatkan bahwa pergantian jabatan yang dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan bukan hanya sekedar pergantian personel semata, namun bagian terpenting adalah mata rantai pembinaan personel yang lebih bermakna guna menjawab tantangan dan tuntutan tugas yang  semakin  tinggi,  agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan proaktif  dalam  menyikapi  fenomena  baru  yang berkembang. “saya menginginkan agar serah terima jabatan yang dilaksanakan saat ini dapat mendorong pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran yang diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi, agar satuan Paspampres semakin berkualitas dari waktu ke waktu”.Harap Komandan Paspampres.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Marciano Norman menandatangani Berita Acara Sertijab di ruang hening Mako Paspampres Jakarta Rabu (28/4)

Tantangan tugas satuan
 “Saya jelaskan bahwa unsur Grup B sebagai satuan pelaksana yang bertugas pengamanan fisik langsung jarak dekat terhadap Wakil   Presiden   RI beserta keluarganya merupakan satuan yang memiliki intensitas penugasan yang cukup tinggi. Oleh karena itu dalam pelaksanaan tugas diperlukan dedikasi, disiplin dan semangat pengabdian yang tinggi dari seluruh anggotanya”.  Ujar Komandan Paspampres.  Lebih lanjut Komandan Paspampres mengingatkan bahwa jabatan yang baru diserah terimakan ini merupakan jabatan yang sangat dominan dalam mendukung pencapaian tugas Paspampres. demikian juga dengan Detasemen musik Paspampres sebagai unsur pelaksana Paspampres yang mempunyai tugas memberikan iringan musik pada upacara protokoler khusus kenegaraan maupun iringan musik militer pada upacara dilingkungan Paspampres ataupun pada acara khusus lainnya sangat dominan dalam mendukung pencapaian tugas pokok Paspampres. Aspers Danpaspampres pada kesempatan lain menjelaskan bahwa seiring dengan validasi satuan, sesuai dengan Skep Panglima TNI telah dilakukan pergantian dan pergeseran Pejabat di jajaran Paspampres, diantara Pejabat di lingkungan Paspampres yang telah diisi dan diserah terimakan adalah Irjen Paspampres yang merupakan Pos baru diisi oleh Kolonel Kavaleri Cahyono Cahya Angkasa SIP yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Danpaspampres, untuk  pejabat Asops Danpaspampres diisi oleh Letnan Kolonel M. Hasan yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten Opersasi, sedangkan Jabatan Waasops yang  kosong diisi oleh Letnan Kolonel Inf Immanuel Ginting personil baru dalam jajaran Paspampres yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kodim Jakarta Pusat. Asisten Perencanaan Danpaspampres yang juga merupakan Pos baru di jajaran Paspampres diisi oleh Kolonel Sus M. Sardar Gaffar yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog Danpaspampres, untuk pejabat Aslog diisi oleh Kolonel Inf Sucianto yang sebelumnya menjabat sebagai Aspers Danpaspampres sedangkan Aspers Danpaspampres diisi oleh Letnan Kolonel M. Hatta Rukha yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Grup C Paspampres.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Marciano Norman menyerahkan Duaja Detasemen Musik Militer Paspampres kepada Letnan Kolonel Caj Cahyana di Mako PaspampresJakarta Rabu (28/4)

Selain jabatan Asisten Danpaspampres, jabatan yang memegang tali komando juga telah dilakukan pergantian diantaranya Komandan Grup B Paspampres Kol Mar Markos digantikan oleh Letnan Kolonel Mar Ipung Purwadi yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Grup A Paspampres, sedangkan Kolonel Mar Markos menempati Pos barunya di Mabes TNI-AL dan Komandan Korsik Militer Letnan Kolonel (P) Drs. Eko Satrio Nugroho digantikan oleh Letnan Kolonel Caj Cahyana, sedangkan Letnan Kolonel (P) Drs. Eko Satrio Nugroho mendapat tugas baru di Mabes TNI-AL.Sertijab jajaran Paspampres diakhiri dengan acara pelepasan dan pemberian kenang-kenangan, tali asih serta ucapan terima kasih dari Komandan Paspampres kepada para perwira yang mendapatkan alih tugas atas dedikasi serta sumbangsihnya baik tenaga maupun pikiran kepada satuan. “Saya juga mengucapkan selamat jalan mudah-mudahan di tempat penugasan yang baru akan selalu mendapat kesuksesan dengan tetap membawa nama baik Paspampres sebagai salah satu almamater, sedangkan untuk perwira yang baru bergabung dengan Paspampres segera kenali dan segera beradaptasi pada satuan ini sehingga pada akhirnya segera dapat menyesuaikan diri dengan tugas yang menjadi tanggungjawabnya”. Harap Komandan Paspampres. (Gio). http://paspampres.mil.id