Rabu, 11 Agustus 2010

SERTIJAB 28-31 MEI 2010

KASDAM VI/TANJUNGPURA PIMPIN SERTIJAB KATOPDAM
31 Mei 2010
Kasdam VI/Tpr Brigjen TNI Wisnu Bawatenaya, Senin (31/5) di Makodam VI/ Tpr telah menerima laporan resmi serah terima jabatan Kepala Topografi Kodam VI/Tpr dari pejabat lama Letkol Ctp Ir. Bambang Iswahyudi kepada pejabat baru Letkol Ctp Drs. Ibnu Fatah, M.Sc.

Serah terima jabatan dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Pangdam VI/Tpr Nomor Sprin/429/III/2010 tanggal 31 Maret 2010. Katopdam VI/Tpr yang baru, Letkol Ctp Drs. Ibnu Fatah, M.Sc., sebelumnya menjabat Komandan Detasemen Survei Pemetaan (Densurta) Dittopad di Jakarta. Sedangkan Letkol Ctp Ir. Bambang Iswahyudi selanjutnya diarahkan ke jabatan Komandan Satuan Pendidikan Perwira (Satdikpa) Pusdiktop Kodiklat TNI AD di Cimahi Bandung.
Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI Wisnu Bawatenaya selaku Kasdam VI/Tpr yang mengkoordinir tugas-tugas staf Kodam dalam rangka membantu Pangdam VI/Tpr memimpin pembinaan wilayah di Kalimantan mengharapkan agar pejabat Katopdam VI/Tpr yang baru mampu meneruskan kinerja yang selama ini telah ditunjukkan oleh satuan Topdam VI/Tpr.
Kasdam VI/Tpr menyatakan,”Sebagai salah satu Badan Pelaksana Kodam VI/Tpr (Balak Kodam) yang membidangi survei dan pemetaan wilayah darat, Topografi Kodam VI/Tpr (Topdam) memiliki peran yang strategis untuk ikut meningkatkan kesadaran para prajurit, terutama jajaran Komando Wilayah tentang pentingnya penguasaan daerah yang menjadi tanggungjawabnya melalui pemahaman akan peta wilayah”.

Kebutuhan akan peta dan data wilayah Kalimantan sangat dirasakan oleh Kodam VI/Tpr terkait dengan rencana penataan gelar kekuatan satuan-satuan jajarannya dalam rangka pertahanan wilayah aspek darat Pulau Kalimantan. Seperti diketahui, dalam waktu dekat ini akan ada likuidasi Kodam VI/Tpr menjadi Kodam VI/Mulawarman dan peresmian Kodam XII/Tanjungpura, yang artinya di Pulau Kalimantan akan ada dua Kodam dari semula satu Kodam saja.
Berkaitan dengan serah terima jabatan Katopdam VI/Tpr, Kasdam VI/Tpr juga menekankan perlunya Topdam terus melanjutkan peran aktifnya dalam mendukung kegiatan pengamanan batas negara melalui penyediaan data perbatasan negara yang akurat, lengkap dan teliti. (Katopdam VI/Tpr Letkol Ctp Drs. Ibnu Fatah, M.Sc/Pendam VI/Tpr)


7 KOMANDAN DETASEMEN JAJARAN KODAM VI/TPR GANTI PIMPINAN
29 Mei 2010
Mutasi pejabat Komandan Satuan (Dansat) yang berada di bawah jajaran Kodam VI/Tpr kembali bergulir di akhir Bulan Mei tahun 2010 ini. Setidaknya ada 7 jabatan Komandan Satuan yang diserahterimakan secara bersamaan yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan Sabtu (29/05) di Aula Makodam VI/Tpr Balikpapan.
Ke 7 Jabatan Dansat yang diserahterimakan masing-masing adalah Jabatan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kodam VI/Tpr dari Letkol Kav Kukuh Surya Sigit Santoso kepada Letkol Inf Akhmad Yani, Komandan Detasemen Kavaleri (Danden Kav) 1 dari Mayor Kav Puji Santoso kepada Mayor Kav Rizeki Indra Wijaya, S.Sos, Dandenkav 2 dari Mayor Kav Susanto kepada Mayor Kav Dedi Safrudin, Komandan Detasemen Zeni Tempur (Danden Zipur) 6 dari Mayor Czi Hari Darmica kepada Mayor Czi Gunawan Susianto, Danden Zipur 7 dari Mayor Czi Herfin Kartika Aji kepada Mayor Czi Musaini, Danden Zipur 8 dari Mayor Czi Mahfud Ghozali kepada Mayor Czi Tommy Arief Susanto dan Komandan Detasemen Rudal (Dandenrudal) 002 /Bontang dari Mayor Arh Rachmady Barungsinang, S.T, kepada Mayor Arh Rudi Ragil Saputra.
Dalam amanatnya Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan mengatakan bahwa pergantian jabatan di lingkungan organisasi TNI, khususnya TNI AD, merupakan suatu proses alami yang dilaksanakan secara terarah, terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari mekanisme pembinaan satuan secara menyeluruh, baik pembinaan organisasi maupun pembinaan personel yang dilakukan dengan konsisten, dalam menjawab tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

Ditambahkan Pangdam, mekanisme serah terima jabatan yang laksanakan kepada 7 Komandan Satuan ini bukan hanya sekedar pergantian personel semata, akan tetapi lebih bermakna substansial, sebagai suatu kontinuitas proses dalam mata rantai pembinaan satuan, sekaligus mendorong pembaruan semangat dan penyegaran pemikiran, yang berorientasi kepada peningkatan kinerja organisasi. Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam juga meminta kepada seluruh prajurit Kodam VI/Tpr agar ikut menciptakan situasi yang kondusif bagi terselenggaranya Pilkada di Daerah masing-masing, mengingat ada beberapa daerah yang akan maupun sedang melaksanakan Pilkada baik Kepala Daerah tingkat Provinsi maupun Kabupaten atau Kotamadya.
Sikap Netral yang sudah menjadi komitmen TNI harus dipegang teguh dan menghindari keterlibatan yang tidak proporsional baik oleh personel maupun satuan dalam kegiatan pemilihan Kepala Daerah tersebut, tutur orang nomor satu di Kodam VI/Tpr. Pangdam juga menekankan kepada seluruh prajurit Kodam VI/Tpr jangan emosional dan terpancing serta ikut-ikutan untuk memberikan respon, komentar dengan berbagai argumentasi dan cara pandang yang mungkin dapat semakin membias, dan dapat memperkeruh situasi dan agar memegang teguh Jati Diri TNI dan mengamalkannya dengan benar kesejatian sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional yang senantiasa kita percaya dan meyakini. Hadir dalam kegiatan sertijab tersebut Kasdam VI/Tpr Brigjen TNI Wisnu Bawatenaya, Irdam VI/Tpr, para Asisten, Kabalak, Komandan Satuan, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Kodam VI/Tpr serta Ibu Ketua Persit KCK beserta Ibu-Ibu Pengurus.
(Pendam VI/Tpr/Dispenad)


JABATAN DANDENKAV-5/BLC DISERAHTERIMAKAN KASDAM
29 Mei 2010
Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Thomas Edy Widagdo pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Detasemen Kavaleri-5/BLC dari Mayor Kav Taswin Jamaludin kepada Mayor Kav Zubaedi, S.Sos bertempat di Ruang Lobby Makodam, Ambon, Maluku, Sabtu(29/05) yang dihadiri Danrem 151/Binaiya, Danrindam, para Perwira Staf Ahli Pangdam, Perwira LO AL dan AU, para Asisten Kasdam, para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVI/Pattimura beserta pengurus.

Dalam amanat Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Hatta Sy yang dibacakan Kasdam menegaskan bahwa,”Bagi seorang prajurit, tugas adalah kehormatan, kebanggaan dan kepercayaan, sekaligus harga diri, yang harus dijadikan prioritas untuk mencapai kesuksesan. Dengan demikian, selalu berorientasi kepada keberhasilan pelaksanaan tugas pokok, itu adalah sangat penting menjadi pedoman kerja bagi seorang prajurit.

Oleh karena itu, setiap pemimpin harus dapat membuat satuan yang dipimpinnya menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi dari waktu ke waktu, hal tersebut sudah merupakan tugas dan kewajiban yang harus dapat dilaksanakan oleh seorang Perwira, selain sebagai Pemimpin, juga sebagai Pemikir dan Pekerja. Selanjutnya Detasemen Kavaleri, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pertempuran darat yang bersifat mobil dan mendukung penciptaan stabilitas keamanan wilayah dengan menggunakan kendaraan tempur lapis baja dalam rangka membantu tugas pokok komando atas adalah merupakan tugas yang penting dan tidak ringan.(Pendam 16 Ptm/Dispenad).