Selasa, 11 Oktober 2011

SERTIJAB 07-09 JUNI 2011

Sertijab Dandim 0413/Bangka
8 Juni 2011
Pimpinan Komando Distrik Militer 0413 Bangka, Rabu (8/6) secara resmi dijabat oleh Letnan Kolonel Arm Rudi Setyawan, menggantikan Letnan Kolonel Inf A Sutarmadi. Pergantian tampuk pimpinan ditandai dengan upacara serah terima jabatan yang diselenggarakan di halaman Makorem 045 Garuda Jaya, Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.
Upacara serah terima jabatan yang berlangsung pukul 09.00 WIB dipimpin langsung oleh Komandan Korem 045/Gaya Kolonel P Gunung Sarasmoro. Letnan Kolonel Arm Rudi Setyawan yang sebelumnya bertugas sebagai Danyon Armed–13/Nanggala/2/1 KOSTRAD kini menjabat sebagai Komandan Kodim 0413 Bangka, menggantikan Letnan Kolonel Inf A Sutarmadi yang menempati tugas baru sebagai Dosen Muda Kordos Seskoad di Bandung, Jawa Barat.
Dalam amanatnya di hadapan peserta upacara, Kolonel P Gunung Sarasmoro mengatakan bahwa sertijab merupakan proses kelanjutan organisasi supaya ada kesinambungan kerja. Dengan adanya personil baru, maka semangat, inovasi serta kreatifitas dalam pelaksanaan tugas bisa terjaga dengan baik.
 “Setiap prajurit wajib melaksanakan tugas pokok yang diemban sesuai dengan Sapta Marga, Pancasila, memegang teguh sumpah prajurit, tunduk pada pimpinan dan atasan serta menjadi tentara profesional,” himbau Danrem.
Dilanjutkan Danrem, pergantian jabatan di tubuh organisasi maupun instansi dalam hal ini TNI AD adalah hal yang biasa. Hal tersebut dengan tujuan untuk melakukan penyegaran di setiap lini jajaran.

Setelah upacara sertijab, Letkol A Sutarmadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan anak buahnya yang selama ini telah membantu, terutama dalam pelaksanaan tugas selama menjabat sebagai komandan Kodim 0413 Bangka.
 “Kalaupun ada kesalahan dalam bertugas selama saya menjabat sebagai Dandim 0413 Bangka, itu bukan merupakan kesalahan anak buah saya. Itu pimpinannya yang kurang baik memberikan arahan, sehingga itu murni merupakan kesalahan pimpinannya,” ucap Sutarmadi. 
Lebih lanjut, dia juga berpesan kepada semua pihak untuk tetap menjaga soliditas personil serta menjaga persatuan dan kesatuan, serta tetap menjaga sinergi dan kesinambungan antara jajaran anggota TNI AD dengan masayarakat Bangka. http://www.radarbangka.co.id

MAYOR ARH BLASIUS POPYLUS JABAT DANYON ARHANUDRI-3
7 Juni 2011
Pangdam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, Batalyon Arhanudri-3 sebagai salah satu satuan bantuan tempur Kodam III/ Siliwangi, mempunyai peran penting dalam mendukung tugas pokok Kodam III/Siliwangi. Khususnya dalam menangkal ancaman serangan udara musuh serta mendukung terciptanya stabilitas pertahanan wilayah yang kondusif. Baik untuk kepentingan pertahanan negara, maupun pembangunan nasional. Hal itu dikatakan Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya pada Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon Arhanudri-3 Kodam III/Siliwangi dari Letkol Arh. Hari Arif Wibowo kepada Mayor Arh Blasius Popylus, bertempat di Mako Yonarhanudri-3 Jalan Menado Bandung, Selasa (7/6). “Secara kelembagaan alih tugas dan jabatan perlu dilakukan agar kinerja organisasi bisa lebih dinamis dan akomodatif menghadapi tantangan tugas ke depan” ujar Pangdam dalam rilisnya kepada Tribun. Di sisi lain, menurut Pangdam, alih tugas jabatan merupakan tahapan pengembangan dan pematangan karier bagi pejabat bersangkutan ke strata yang lebih tinggi dengan bobot tugas dan tanggung jawab yang lebih besar.
Pejabat lama Letkol Arh. Hari Arif Wibowo selanjutnya mendapat promosi jabatan yakni sebagai Dandim Indramayu (guy) http://jabar.tribunnews.com

Jabatan Dandim 1001/Amt dan 1007/Bjm diserah terimakan
7 Juni 2011
Bertempat di Aula Korem 101/Ant pada Selasa (7/6) dilaksanakan serah terima jabatan Dandim 1001/Amt dari Letkol  Arh  Fachrudin Usuluddin kepada Letkol Arh Rikas Hidayatullah dan serah terima jabatan Dandim 1007/Bjm dari Letkol Inf Joni Widjayanto, S.Sos kepada Letkol Inf Waston Purba, hadir dalam serah terima Kasrem 101/Ant beserta staf, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudinnoor, Ka SPN Banjar Baru, para Muspida Kota Banjarmasin serta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 101 PD VI/Mlw beserta para Ketua Cabang jajaran Korem 101/Ant. Dalam sambutannya Danrem 101/Ant Kolonel Inf Komaruddin S.S.IP mengatakan bahwa serah terima jabatan dilingkungan organisasi militer merupakan  bagian  integral dari  sistem  pembinaan  personil,  disamping pola pembinaan karier bagi yang bersangkutan, juga sebagai  penyegaran organisasi dalam rangka menyelenggarakan tour of duty dan tour of area, ini dilaksanakan untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan diri dalam melaksanakan peran, fungsi dan tanggung jawab jabatan yang telah diamanatkan.  Jabatan yang diemban masing – masing  personil Militer TNI Angkatan Darat merupakan amanah yang besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus dipertanggung jawabkan tidak saja kepada pimpinan, masyarakat, bangsa dan negara, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, laksanakan tugas ini dengan sungguh – sungguh, tulus dan ikhlas serta penuh  rasa tanggung  jawab, sehingga satuan yang saudara pimpin dapat lebih berhasil lagi. Segeralah lakukan orientasi dan penyesuaian diri terhadap satuan, lingkungan dan kondisi kebudayaan masyarakat di wilayah tanggung  jawab masing – masing, kenali satuan dan anak buah, lakukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik, harmonis dan terpadu secara terus menerus dengan seluruh komponen masyarakat.Diimbuhkan bahwa Kodim adalah satuan kewilayahan yang mempersiapkan pertahanan wilayah dengan tugas pokok  menyelenggarakan pembinaan teritorial, pembinaan satuan dan perlawanan rakyat secara terus menerus diwilayahnya untuk menciptakan ketahanan suatu wilayah dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok. Saat ini negara dan bangsa sedang menghadapi adanya ancaman terorisme, apabila tidak diantisipasi maka akan mengancam kondisi pertahanan negara Indonesia.
(Penrem 101/Ant)