Selasa, 11 Oktober 2011

SERTIJAB 16-18 MEI 2011

Sertijab Asintel Kasdam IV/Diponegoro 
18 Mei 2011
Menghadapi kecenderungan perkembangan lingkungan strategis yang penuh dinamika, diprediksi tantangan tugas TNI kedepan akan semakin berat. Oleh karena itu TNI harus tetap solid dan siap operasional.Demikian disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono, pada acara laporan korps Serah Terima Jabatan (Sertijab) beberapa pejabat Kodam di Serambi Kehormatan Kodam IV/Diponegoro, Watugong, Rabu (18/5).
Jabatan yang diserahterimakan antara lain Asintel Kasdam IV/Diponegoro dari Kolonel Inf Tumino Hadi kepada Letkol Arm Endra Mora Harahap,
Kapaldam IV/Diponegoro dari Kolonel Cpl Sigid Witjaksono kepada Kolonel Cpl Saiful Rachiman, Kababinminvetcaddam IV/Diponegoro dari Kolonel Inf Diman Chardiman kepada Kolonel Inf Herman Hidayat Eko Atmojo, Dandeninteldam IV/Diponegoro dari Letkol Inf Ananta Wira Indrasari P kepada Letkol Inf Mochamad Takuyasa Wiriawan. Selanjutnya jabatan Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro Bidang Hukum dan Humaniter diserahterimakan dari Kolonel Inf Budi Heriyanto kepada Kolonel Inf Armaya Dachnial dan Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro Bidang Ideologi dari Kolonel Inf Guruh Raharja Manaf kepada Kolonel Czi Atmadi Mulyono.


SM/Maulana M Fahmi SERTIJAB:
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono menyematkan tanda jabatan kepada sejumlah pejabat baru di jajaran Kodam IV/Diponegoro saat upacara sertijab, Rabu (18/5).(30)



Pangdam menambahkan setiap pergantian jabatan dalam struktur organisasi TNI AD dimaksudkan untuk memberikan penyegaran organisasi serta pembinaan karir melalui variasi penugasan dalam bentuk Tour of Duty dan Tour of Area. Dengan pembinaan semacam itu diharapkan setiap Perwira akan memiliki wawasan yang lebih luas dan lebih matang dalam menjalankan tugasnya.Kepada para pejabat baru, Pangdam berpesan agar para Perwira segera menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tugas yang baru dan berusaha melanjutkan program kegiatan dan langkah tindakan yang telah dirintis selama ini oleh pejabat lama.
“Segera pelajari secara cermat apa-apa yang harus dilakukan dalam melanjutkan pembinaan di satuan saudara, dan pahami betul sistem kerja yang utuh, solid dan kompak harus diaktualisasikan sepanjang waktu”, tegas Pangdam.Berkaitan semakin beratnya tugas yang diemban TNI, seluruh satuan harus memelihara dan meningkatkan profesionalisme teknis keprajuritan dan soliditas satuan. Disamping itu juga menjaga semangat kebersamaan dan jiwa korsa sehingga setiap langkah dan tindakan yang dilakukan TNI secara kesatuan maupun individu tetap berada dalam rambu-rambu jatidiri TNI sebagai bhayangkari negara.
 “Disiplin prajurit harus selalu dipelihara, karena jika menurun akan sangat tidak kondusif terhadap upaya optimalisasi pelaksanaan tugas dan peningkatan citra TNI”, tambah Pangdam. Sebelumnya juga diadakan acara tradisi penerimaan prajurit baru dan pelepasan prajurit Kodam IV/Diponegoro. Sementara itu, ketika ditanya wartawan mengenai tidak ikut sertanya TNI dalam penangkapan anggota teroris di Sukoharjo, Pangdam menjawab bahwa kewenangan ada di pihak Kepolisian, sementara TNI akan menurunkan tim Gultor jika dibutuhkan. Mengenai waktunya kapan, tergantung situasi dan kondisi di lapangan serta koordinasi pihak TNI dan Polri. (Pendam 4)

LAPORAN KORPS ALIH TUGAS PERWIRA KAVALERI
18 Mei 2011
Rabu tanggal 18 Mei 2011 di gedung Jenderal Sudirman Mapussenkav pukul 09.00WIB acara Pelaporan Korps Alih Tugas Perwira Pussenkav dihadiri oleh seluruh Perwira Pussenkav dan Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana cabang IX Pussenkav PG Kodiklat. Danpussenkav Brigjen TNI Burhanuddin Siagian, yang diwakili Wadanpussenkav Kolonel Kav Purwadi Mukson SI.P menjadi Irup pada acara Pelaporan Korps Alih Tugas Perwira Pussenkav tersebut.

 Dalam Upacara Alih Tugas Perwira ini ada 2 Perwira yang berganti jabatanya yaitu Kolonel Kav Lasmono dan Letkol Kav Sutrisno Wibowo. Untuk Kolonel Kav Lasmono dari jabatan lamanya selaku Asren Kodam Jaya beralih tugas menjadi Perwira Staf Khusus Danpussenkav Kodiklat TNI AD. Sedangkan untuk Letkol Kav Sutrisno Wibowo beralih tugas dari jabatan lama selaku Kabag Binman dan Corps Sdirbinsen Pussenkav menjadi Komandan Batalyon Kavaleri 6/Serbu Kodam I/BB.
Dalam amanatnya, Danpussenkav Kodiklat TNI AD yang dibacakan oleh Wadanpussenkav selaku Irup menyampaikan bahwa pergeseran jabatan ini ditujukan untuk menciptakan dinamika kehidupan organisasi guna mewujudkan produktifitas, efektifitas dan penyegaran organisasi dalam pencapaian tugas, dikaitkan dengan sistem pembinaan secara keseluruhan, alih tugas merupakan realisasi dari pembinaan karier yang merupakan salah satu bagian dari sistem pembinaan personel TNI AD.
Pada akhir amanatnya, Danpussenkav berpesan agar pengalaman bertugas dengan segala kekurangan dan kelebihannya serta permasalahan yang pernah dihadapi akan menjadi bekal yang bermanfaat dalam melaksanakan tugas, kemudian Danpussenkav secara pribadi serta atas nama seluruh Pussenkav menyampaikan selamat disertai ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi atas sumbangsih tenaga dan pikiran yang telah dicurahkan selama bertugas di lingkungan Pussenkav kepada Letkol Kav Sutrisno W beserta istri dan untuk Kolonel Kav Lasmono selamat bertugas di jabatan yang baru.
http://www.pussenkav.mil.id

Gantikan Letkol Inf. Fifin Firmasyah
Letkol Fadjar Tjahyono Jabat Komandan Yonif 312 Kala Hitam
18 Mei 2011
Komandan Brigif 15 Kujang II Kolonel Inf Harianto tengah menyematkan tanda pangkat ke pundak Letkol Inf, fifin Firmansyah sebagai tanda serah terima jabatan Komandan Yonif 312 Kala Hitam di lapangan...

Jabatan Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 312 Kala Hitam diserah-terimakan dari Letkol Inf. Fifin Firmansyah ke Letkol Inf. Fadjar Tjahyono, Rabu (18/5). Acara serah terima jabatan dilangsungkan I Lapang Yonif 312 Kala Hitam dan dipimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 15 Kujang II, Kolonel Inf. Harianto.
Letkol Inf, Fadjar Tjahyono sebelumnya menjabat sebagai Danden 4 Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sementara Letkol Inf. Fifin selanjutnya menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam III Siliwangi di Serang, Banten.
Seusai acara Sertijab, Letkol Inf. Fifin mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak selama dirinya menjabat sebagai Komandan Yonif 312 Kala Hitam.“Terimakasih atas kerjasama selama ini. Saya merasa sudah menjadi bagian masyarakat Subang,” tutur alumni Akmil tahun 1993 itu.
Sementara Letkol Inf. Fadjar Tjahyono mengatakan, dirinya akan berusaha menciptakan dan melatih pasukan tempur yang professional dan memiliki jiwa korsa yang tinggi. “Prajurit yang professional berarti memilikikemampuan taktis maupun teknis. Setiap anggota wajib merasa saling memiliki, bersaudara dan membaur dengan masyarakat. Kami tidak ingin prajuit 312 menjadi kesatuan yang eksklusif di mata masyarakat,” ujar pria kelahiran Jakarta 4 September 1971 itu.
Dalam sambutannya, Komandan Brigif 15 Kujang II Kolonel Inf Harianto mengatakan, pergantian jabatan merupakan upaya komando untuk menyegarkan struktur organisasi dan menjadi pembelajaran bagi perwira yang mendapatkan amanah.
 “Penempatan jabatan didasarkan kepada prestasi dan kinerja selama bertugas. Sekaligus menjadi kesempatan untuk menambah pengalaman dan wawasan selama menjalankan tugas,” ujarnya.
Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Subang, Ojang Sohandi, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengajak seluruh jajaran Yonif 312 Kala Hitam untuk bersama-sama membangun Subang. Sebab, Kab. Subang harus dibangun oleh semua pihak, termasuk jajaran anggota TNI. “Kerjasama yang selama ini telah berjalan di masa kepemimpinan Letkol Fifin, saya harap bisa dilanjutkan dan ditingkatkan,” kata Ojang. (A-106/das)*** http://www.pikiran-rakyat.com

Delapan Perwira Kodim Majalengka Pindah Tugas
18 Mei 2011-
foto: azis muhtarom/radar majalengka ROTASI. Dandim Letkol Inf Asep Nugraha memimpin upacara sertijab 8 perwirah yang mutasi di Makodim Majalengka.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melakukan mutasi terhadap delapan perwira di lingkungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0617 Majalengka. Serah terima jabatan (sertijab) para perwira tersebut dilakukan kemarin (18/5), melalui upacara yang dipimpin Dandim Letkol Inf Asep Nugraha di Makodim Majalengka.
Delapan perwirah yang dialihtugaskan adalah Kapten Inf Purwanto yang semula menjabat pasimin Kodim menjadi Pama Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon, Danramil 1716/ Dawuan Kapten Inf Nawiyo dimutasi menjadi Pama Korem SGJ. Kapten Inf Sanudi yang semula menjabat Danramil 1702/ Maja kini menjadi Pama Korem SGJ, Kepala Primkopad Kodim Kapten Inf Ruhiyat dimutasi sebagai Danramil Maja.
Nama lainnya adalah Kapten Inf I Gede Rai yang semula menjabat danramil 1707/ Lemahsugih kini menjadi Danramil 1710/ Leuwimunding, perwira yang sebelumnya menjabat Danramil Leuwimunding, Kapten Inf Saifudin kini pindah menjadi Danramil Dawuan.Kapten Inf Sudarmadji yang sebelumnya menjabat Pama Korem SGJ kini menjadi Pasimim Kodim Majalengka, dan Lettu Inf Iriyanto yang semula menjabat dan Unit Intel Kodim 0614/ Kota Cirebon kini menjadi danramil Lemahsugih.Dalam sambutannya, Dandim Asep menegaskan, mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di kalangan perwira TNI AD merupakan hal yang lumrah dan biasa.Tujuannya, selain agar para perwira bisa mendapatkan suasana dan tantangan baru dalam pengembangan kemampuan kepemimpinan, juga merupakan proses yang mesti ditempuh dalam peningkatan jenjang karir perwira.“Yang terpenting di mana pun bertugas mesti bisa melaksanakan tugas pokok TNI dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” imbuhnya. (azs) http://radarcirebon.com