Selasa, 08 November 2011

SERTIJAB 07-09 NOV 2011

DANREM PIMPIN SERTIJAB DANDIM 1006/MARTAPURA 
9 November 2011
Bertempat di Aula Korem 101/Antasari, hari Rabu (9/11), berlangsung acara korp raport serah terima jabatan Komandan Kodim 1006/Martapura, dari Letkol  Inf H. Tirton Nefianto, S.Sos., kepada Letkol Inf Bangun Nawoko. Kegiatan tersebut dihadiri Kasrem 101/Ant beserta staf, para Dandim jajaran Korem 101/Ant, Dan/Ka Balak Korem 101/Ant serta Ketua Persit KCK Koorcabrem 101 PD VI/Mlw beserta para Ketua Cabang jajaran Korem 101/Ant. Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Komaruddin S, S.IP. Dalam amanatnya Danrem mengatakan bahwa serah terima jabatan Komandan Kodim 1006/Martapura, pada dasarnya merupakan salah satu bentuk upaya TNI Angkatan Darat untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan serta  lazim  dilakukan,  dalam  rangka  tour of duty dan tour of area bagi yang bersangkutan. Sertijab ini dilakukan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi dilingkungan TNI AD dengan harapan akan lahirnya karya-karya baru yang lebih inovatif dan kreatif bagi kemajuan satuan TNI AD dalam menghadapi tantangan tugas dimasa yang akan datang yang tentunya tidak akan semakin ringan (Penrem 1001/Dispenad) 

MAYJEN TNI ZAHARI SIREGAR MENJABAT SEBAGAI KASKOSTRAD YANG BARU
9 November 2011
Pangkostrad Letjen TNI A.Y. Nasution memimpin acara serah terima jabatan Kaskostrad di Ruang Mandala Makostrad, Jakarta, Rabu (9/11). 
Kaskostrad dijabat oleh Mayjen TNI Zahari Siregar, menggantikan Mayjen TNI Hendra Rizal yang akan segera memasuki masa purnawira. Pangkostrad dalam amanatnya menyatakan, bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kepada Pimpinan Angkatan Darat dan kepada para prajurit yang dipimpin. Dalam kesempatan itu, Pangkostrad mengingatkan, Program Kerja TA 2011, akan berakhir sehingga para Komandan Satuan jajaran Kostrad untuk segera menyelesaikan program kerja yang belum terlaksana dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja yang telah dicapai secara menyeluruh, baik kuantitas maupun kualitas kinerja dan senantiasa tetap menjaga tertib administrasi dengan mempedomani pertanggung jawaban SIMAK BMN dan tekad Pimpinan TNI Angkatan Darat. Pangkostrad juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras prajurit Kostrad dalam menyukseskan satu event lomba tembak internasional Angkatan Darat Asean, “AARM  2011”, dimana Divisi Infanteri -1/Kostrad telah sukses sebagai tuan rumah.
Hadir pada acara tersebut, Pangdivif 1 dan Pangdivif 2 Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad, Koorsahli, Perwira Ahli, Ir, para Asisten, Kabalak dan para Komandan Satuan jajaran Kostrad. (Pen Kostrad/Dispenad).

TRADISI PELEPASAN KOLONEL INF ARIES MARTANTO
9 November 2011
Bertempat di Hall Makorem 091/Asn Samarinda dilaksanakan acara tradisi pelepasan Kolonel Inf Aries Martanto (Mantan Danrem 091/Asn), Rabu (9/11).  Bertindak selaku Inpektur upacara adalah Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito. Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Korem 091/Asn Letkol Inf Lismer Lumban Siantar para Dandim jajaran Korem 091/Asn, para Kasi Korem, Komandan dan Kabalak dijajaran Korem 091/Asn, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman beserta sejumlah Ibu-ibu Pengurus, serta perwakilan Prajurit dan PNS Makorem 091/Asn. Dalam sambutanya Danrem 091/Asn Kolonel Inf Ganip Suwito menyampaikan rasa bangga dan hormat, selaku Komandan Korem 091/Asn yang baru dan segenap prajurit Korem 091/Asn mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi atas jasa dan pengabdian bapak Kolonel Inf Aries Martanto yang menjabat Danrem 091/Asn dengan sukses. Demikian juga kepada Ibu Divina Aries Martanto yang telah dengan setia mendampingi suami dalam tugas dan pengabdiannya selama ini. “Selama jalan dan selamat bertugas dimedan pengabdian yang baru, semoga bapak dan ibu senantiasa mendapatkan bimbingan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga senantiasa sukses dalam mengemban tugas selanjutnya”. Sebagai puncak dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah dilaksanakannya acara tradisi pelepasan mantan pejabat Danrem yaitu Kolonel Inf Aries Martanto yang diawali dengan sambutan dan ucapan perpisahan oleh Kolonel Inf Aries Martanto di Makorem 091/Asn, kemudian dilepas dan diantar bersama seluruh prajurit dan PNS sambil berjajar di kiri kanan jalan, dari depan Makorem sampai dengan pintu gerbang keluar Makorem 091/Asn sambil menyanyikan lagu perpisahan. Selanjutnya pejabat Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito kembali masuk Makorem 091/Asn dengan jajar kehormatan oleh regu jaga dilanjutkan laporan dari Perwira Piket Makorem 091/Asn Letda Inf Jainuddin. Selesai kegiatan tersebut Danrem 091/Asn Kolonel Inf Ganip Warsito langsung memimpin rapat Staf yang dihadiri oleh Kepala Staf Korem 091/Asn Letkol Inf Lismer Lumban Siantar para Dandim jajaran Korem 091/Asn, para Kasi Korem  dan Kabalak dijajaran Korem 091/Asn. (Penrem 091/Dispenad)

ACARA LEPAS SAMBUT PEJABAT DANREM 091/ASN
8 November 2011
Setelah melaksanakan serah terima jabatan Komandan Korem 091/Asn pada pagi hari (Selasa 8/11) di Makodam VI/Mlw Balikpapan dari Kolonel Inf Aries Martanto kepada Kolonel Inf Ganip Warsito, selanjutnya pada malam harinya digelar acara lepas sambut di Gedung Lamin Etam Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur di Jl. Gajah Mada Samarinda, Selasa (8/11).
Acara yang dimulai tepat pukul 20.00 Wita tersebut bukan hanya melepas dan menerima pejabat Danrem 091/Asn namun disatukan dengan acara pisah sambut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Pajak Provinsi Kaltim dari Drs. Bambang Is Sutopo, MA. kepada Mohammad Isnaeni, Ak., M.Si. serta temu kenal dengan Drs. Adji Indrawarman H, M.Si. yang menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Kalimantan Timur.
Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Kaltim H. Awang faroek Ishak, Wakil Gubernur H. Farid Wadjdy, Bupati dan Walikota se-Kaltim, FKPD Prov Kaltim, Tokoh Masyarakat, para pengusaha, sesepuh, para Dandim se-Kaltim, Perwira, Bintara dan Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman.   Mengawali sambutannya, Kolonel Inf Aries Martanto menyampaikan bahwa waktu berjalan begitu cepat, “tidak terasa saya bertugas sebagai Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma di wilayah Kalimantan Timur ini  kurang lebih 1 tahun, 3 bulan,  8 hari. Tentunya saya menyadari bahwa tanpa adanya kerjasama dan bantuan dari bapak-bapak dan saudara-saudara sehingga tugas yang saya emban selama ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kaltim, Ketua DPRD Tk.I, Ketua  Pengadilan  Tinggi  Provinsi Kaltim, Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Kaltim, para Bupati dan Walikota, para sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, rekan-rekan pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Insan Pers, serta semua masyarakat Kaltim atas dukungan dan pengorbanannya yang tak terhingga, baik moril, tenaga maupun waktunya kepada saya.   Dengan harapan, mudah-mudahan dukungan dan kerja sama yang baik selama ini, dapat terus berlanjut dan dapat diteruskan kepada Pejabat Danrem yang baru sebagaimana yang diberikan kepada saya. Ini semua semata-mata demi kelancaran tugas dan tanggung jawab  kita bersama. Sementara itu Danrem 091/Asn yang baru Kolonel Inf Ganip Warsito dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pejabat baru, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengenalkan diri kepada seluruh warga Kalimantan Timur ini, seperti kata pepatah ”Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”, karena dengan saling mengenal maka tercipta rasa sayang, dan dengan terciptanya rasa sayang maka akan tercipta suasana yang harmonis antara kita sekalian.   Sepanjang kedinasan saya di TNI AD, saya baru pertama kali bertugas di Kalimantan Timur ini. Untuk itu seperti apa yang disampaikan oleh senior saya Kolonel Aries Martanto, saya mengharapkan dukungan dari  Bapak Gubernur dan segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kaltim, Ketua DPRD Tk.I, Ketua  Pengadilan  Tinggi  Provinsi Kaltim, Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Kaltim, Para Bupati dan Walikota, para sesepuh, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, rekan-rekan pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Insan Pers, serta semua masyarakat Kaltim agar dalam mengemban tugas sebagai Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma dapat berjalan dengan baik dan tidak mendapat kendala yang berarti. 
Sementara itu Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada peran TNI khususnya Kodam VI/Mulawarman dan Korem 091/Asn dalam menjaga keamanan di wilayah Kaltim sehingga Kaltim tetap dalam keadaan kondusif dan kepada pejabat Danrem lama Kolonel Inf Aries Martanto Gubernur secara khusus menyampaikan penghargaannya dalam penyelesaian konflik di Tarakan. “Saya sampaikan bahwa akan tercatat dalam sejarah di Kaltim, dimana kerjasama antara TNI dan Polri serta Instansi terkait dalam menangani konflik yang begitu cepat dan bapak Presiden menyampaikan apresiasinya”. Kata Awang Faroek yang langsung disambut tepuk tangan hadirin. Acara juga diselingi dengan penyerahan cinderamata,  dan tarian lagu-lagu dari Persit Kartika Chandra Kirana serta kelompok tari dari Kutai Ketranegara.   (Penrem 091/Dispenad).

BATALYON INFANTERI PEMUKUL KODAM DISERAH TERIMAKAN
8 November 2011
Batalyon Infanteri 400/Raider Pemukul Kodam diserah terimakan dari Danyonif 400/Raider Letkol Inf Harzeni Paine Kepada Letkol Inf Hery Setiono bertempat dilapangan Andini Yonif 400/Raider Srondol Semarang, Selasa (8/11). Pada Selasa pagi, tanggal 8 Nopember 2011, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof, menerima Laporan Korps Serah Terima Jabatan Danyonif 400/Raider, dari Letkol Inf Harzeni Paine Kepada Letkol Inf Hery Setiono bertempat dilapangan Andini Yonif 400/Raider Srondol Semarang. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mulhim Asyrof pada Sertijab Danyonif 400/Raider dalam amanat tertulisnya mengutarakan keinginannya yang paling utama adalah membangun satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro menjadi satuan yang bisa dibanggakan dan memiliki kinerja yang profisional, “Jadi komitmen ini tentunya tidak akan bermanfaat dan membuahkan hasil yang optimal apabila warga Yonif 400/Raider bersikap masa bodoh terhadap satuannya, malas dan mempunyai moral rendah terhadap perubahan ataupun terhadap perkembangan yang mengarah kepada kemajuan organisasi”, tegas Pangdam. Oleh karena itu semua prajurit Yonif 400/Raider mulai dari pangkat Prada sampai dengan Komandan Batalyon harus memiliki sifat seorang prajurit yang sejati. Dengan kepribadian itu, diharapkan semua prajurit 400/Raider akan selalu mendahulukan tugas demi kepentingan Satuan. “Jangan sebagai prajurit kepentingan pribadi mengalahkan tugas pokok yang lebih besar, dan apabila ada prajurit yang sudah lelah dan jenuh menjadi prajurit TNI, sebagai seorang prajurit yang berjiwa ksatria akan lebih terhormat apabila yang bersangkutan mengundurkan diri”. “Jangan justru menjadi provokator, melakukan pembusukan dan akhirnya akan menghancurkan satuan ini”, Pangdam menjelaskan. Disisi lain Pangdam menyinggung masalah tentang pelanggaran disiplin, tata tertib dan tindakan kejahatan disatuan-satuan khususnya di Yonif 400/Raider, seyogyanya agar Komandan Batalyon 400/Raider mampu memahami betul apa yang telah menjadi kebijakan pimpinan, melaporkan terhadap setiap kejadian yang ada, yang menimpa satuan ini, dan bertanyalah apabila menghadapi kesulitan dilapangan demi mendapat solusi dan pemecahan masalah yang baik dan benar. Disamping itu juga setiap prajurit Yonif 400/Raider harus selalu dalam kondisi siap dan siaga menghadapi situasi yang bisa terjadi setiap saat, khususnya dalam rangka menjaga keselamatan dan keutuhan bangsa dan negara. Dalam kontek ini Pangdam meminta untuk terus membina kesiapan dan kemampuan satuan, sehingga siap operasional secara efektif dan optimal. Kemudian, bagi semua prajurit dan pemimpin harus menjadi tim yang solit, peduli dan serius serta bekerja keras menyukseskan tugas satuan secara optimal. Menghindari semua pelanggaran yang dapat merusak citra satuan, menegakkan disiplin dan norma dasar keprajuritan, karena itu semua akan menjadi kunci keberhasilan setiap satuan dalam mewujudkan postur prajurit TNI yang profesional. Disampaikan pula dalam amanatnya, bahwa sertijab dilingkungan TNI AD, merupakan salah satu bentuk Binsat dan Binpers, guna meningkatan kemampuan dan kinerja organisasi. Serta alih tugas dan jabatan sesunguhnya merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan, dan selayaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, disertai tekat untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab jabatan dengan sebaik-baiknya. Letkol Inf Harzeni Paine selanjutnya akan mendudukin kursi jabatan sebagai Dandim 0703/Cilacap Rem 071/WK. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof setelah selesai memimpin  acara serah terima jabatan Danyon 400/Raider, Pangdam meresmikan kolam renang Yonif 400/Raider dengan nama “Tirta Banteng Raides” bertempat disisi utara Kompi Bantuan Yonif 400/Raider. Pada kesempatan itu pula, Pangdam menyaksikan lomba Renang Militer (menggunakan baju PDL, Senjata, Helm ) 50 M gaya Bebas dan lomba renang gaya Bebas umum 50 M, yang masing-masing dimenangkan oleh : Praka Liza Hadi Olet dari Kompi B, dan renang gaya Bebas umum diraih oleh Praka La Majid dari Kompi Senapan A. Keduanya mendapat uang pembinaan dari Pangdam, masing-masing sebesar 100 $ AS (+ Rp. 1000.000), hal ini dilakukan untuk  memberikan semangat dan motifasi kepada semua prajurit agar terus belatih dalam membina fisiknya.(Pendam 4/Dispenad)

PANGDAM I/BB : 
JABATAN MERUPAKAN KEHORMATAN DAN KEPERCAYAAN
7 November 2011
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus jadi irup pada  upacara serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Komandan Polisi Militer Kodam I/BB  dan jabatan Komandan Batalyon Zipur I/DD bertempat di Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (7/11). Pangdam I/BB dalam sambutannya mengatakan serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang dilaksanakan merupakan konsekuensi logis dari tuntutan dan kebutuhan organisasi, sekaligus mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan profesionalisme melalui berbagai penugasan bagi pejabat yang bersangkutan, sehingga dapat menghasilkan karya pengabdian yang terbaik bagi kemajuan organisasi TNI Angkatan Darat khususnya bagi Kodam I/BB. Terima kasih dan penghargaan yang tulus disampaikan kepada Kolonel Cpm Sudirman dan Letnan Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. masing-masing beserta istri, yang telah melaksanakan tugas selama ini dengan baik, dan  telah mampu menunjukkan karya pengabdian yang terbaik sehingga kinerja organisasi dapat dicapai secara optimal. Selamat jalan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru. Selanjutnya kepada Kolonel Cpm Supriyantoro, S.IP. dan Mayor Czi Mahfud Ghozali beserta isteri, selamat datang di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan dan selamat bertugas pada jabatan yang baru. Saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman pada penugasan sebelumnya, juga dapat memberikan yang terbaik bagi Kodam I/Bukit Barisan. Jabatan itu merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan itu merupakan suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan moralitas untuk meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai sebelumnya. Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, pada tanggal 5 Oktober 2011 saya telah mencanangkan gerakan penghijauan yang diberi nama “Toba Go Green”, yang bertujuan selain untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup juga untuk meningkatkan perekonomian rakyat terutama yang berada disekitar kawasan Danau Toba. Dalam aspek pertahanan, gerakan penghijauan ini adalah salah satu tugas dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, seperti penanggulangan bencana, rehabilitasi alam dan infrastruktur dalam rangka menyiapkan pertahanan negara. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh unsur pimpinan di jajaran Kodam I/BB agar mensosialisasikan kepada seluruh anggota dan keluarganya termasuk masyarakat sehingga kita mempunyai persepsi dan pemahaman yang sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Upacara serah terima tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan ini dirangkai dengan acara tari tarian dari Persit KCK Cabang 17 Yonzipur I/DD serta kesan dan pesan dari mantan Danpomdam I/BB mewakili pejabat lama. Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB Kolonel Inf Sakkan Tampubolon, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS Letnan Kolonel Inf Donni Hutabarat, Dandim 0203/Lkt Letnan Kolonel Arh Jusak P. Girsang, para Danyon BS wilayah Medan dan Ketua serta para pengurus Persit KCK PD I/Bukit Barisan.  (Pendam I/ Dispenad).

KOMANDAN KOREM 073/MAKUTARAMA MENERIMA LAPORAN SERAH TERIMA JABATAN DANDIM 0717/PURWODADI
7 November 2011
Bertempat di Aula Makorem 073/Makutarama telah dilaksanakan laporan serah terima jabatan Komandan Kodim 0717/Purwodadi dari Letkol Inf Joko Wibowo kepada Letkol Inf Heri Prakoso P. Wibowo Yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf George Elnadus Supit. Hadir pada acara tersebut Para Komandan, Kasi dan Kepala Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 073/Makutarama serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 073 beserta pengurus dan para Ketua Cabang Persit KCK jajaran Koorcab Rem 073. Dalam amanatnya Danrem menyampaikan bahwa  Mutasi dan pergantian pejabat di   Lingkungan   TNI -  AD    khususnya   di    Korem 073/Makutarama merupakan hal yang biasa. Setiap Perwira diberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan kariernya pada setiap jenjang kepangkatan untuk dapat menduduki jabatan-jabatan yang ada dilingkungan TNI-AD.
Dari sudut pandang pembinaan karier personel, alih tugas dan jabatan seperti ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta kemampuan kepemimpinan manajerial, guna mewujudkan profesionalisme keprajuritan. Demikian juga halnya dalam konteks pembinaan satuan, dengan hadirnya pejabat baru, diharapkan pembinaan satuan akan dapat dilaksanakan secara lebih baik lagi, sehingga satuan berada dalam suasana kerja yang baik dan semangat baru.Oleh karena itu, serah terima jabatan Komandan Kodim 0717/Purwodadi ini hendaknya dapat dipahami sebagai upaya untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Korem 073/Makutarama.Kepada prajurit Kodim 0717/Purwodadi selaku aparat kewilayahan, saya minta untuk senantiasa meningkatkan kemampuan temu cepat dan lapor cepat, agar mampu mendeteksi secara dini perkembangan situasi diwilayahnya. Kecepatan bertindak untuk melakukan kegiatan preventif sangat diperlukan, baik dalam rangka mencegah terjadinya konflik sosial, maupun mencegah upaya munculnya keresahan dan instabilitas yang dilancarkan pihak-pihak tertentu.
Kondisi keamanan wilayah, harus senantiasa terjaga, terpelihara, agar tetap  kondusif dan terkendali, sehingga aktifitas masyarakatpun tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Pemberdayaan Wilayah Pertahanan yang dilakukan melalui cara-cara dialog dan komunikasi secara terus-menerus, serta pemahaman dari setiap prajurit mengenai sikap teritorial untuk merebut hati dan pikiran rakyat, selama ini telah mampu melaksanakan perannya dengan baik.
Oleh karena itu, saya berharap agar jajaran Kodim 0717/Purwodadi dapat terus meningkatkan komunikasi sosial dan dialog dengan segenap instansi dan komponen bangsa,  guna memperteguh jalinan kerjasama yang selama ini terbina dengan baik. Karena sebagai tolok ukur keberhasilan “Pemberdayaan Wilayah Pertahanan“ yang dilakukan oleh Komando Kewilayahan, yaitu terciptanya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.
Pada kesempatan tersebut Danrem ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letnan Kolonel Inf Djoko Wibowo beserta isteri atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di jajaran Korem 073/Makutarama. Dan kepada pejabat yang baru  Letnan Kolonel Inf Heri Prakoso P. Wibowo yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan menjadi Komandan Kodim 0717/Purwodadi  mengucapkan selamat bertugas, syukuri dan sikapi kepercayaan ini dengan penuh rasa tanggung jawab melalui karya-karya terbaik selama mengabdikan diri di jajaran Korem 073/Makutarama ini.  (Penrem 073/ Dispenad).