Jumat, 11 November 2011

SERTIJAB 10-12 NOV 2011

YONIF 321/GALUH TARUNA GELAR SERTIJAB DANYONIF
12 November 2011
Jabatan Komandan Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna Kostrad, diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Heri Susanto kepada Letnan Kolonel Inf Gatot Heru Buana, yang sebelumnya menjabat Kasi Pembinaan Personil di Markas Divisi Infanteri Kostrad- Cilodong.
Selama kurang lebih 1,3 tahun perwira jebolan Akmil 1990 memimpin Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna, kini pria kelahiran Sukabumi dipromosikan menjadi Komandan Kodim Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Meski terhitung cukup singkat, kepada sejumlah wartawan, Letkol Inf Heri mengaku waktu 1,3 bulan bertugas di Majalengka ini sangat berkesan dalam perjalanan karirnya. Pasalnya, selama ini, banyak hal positif yang telah diperbuat oleh kesatuan yang dipimpinnya ini. Salah satunya, dengan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, prajurit Yonif 321/Galuh Taruna dapat ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjalankan program Tentara Manunggal Desa Mandiri (TMDM) dengan ikut menyokong pembangunan infrastruktur masyarakat di pedesaan.
"Dari kesatuan kami (Yonif), rasanya hanya disini yang sudah melaksanakan program yang berawal dari sinergitas kerjasama TNI dengan pemerintah. Tahun 2010 dan 2011 ini, total telah 5 kecamatan yang kami bantu melalui program ini", ujarnya.
Disebutkan, dalam program berbentuk plesterisasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan plesterisasi gang dan jalan blok di desa-desa ini, 5 kecamatan yang sudah merasakanya diantaranya Sukahaji, Cigasong, Panyingkiran, Lemahsugih, dan Ligung.
Disamping itu, selama kepemimpinannya, meski tidak melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), namun prajurit Yonif 321 kala itu justru banyak melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam rangka pengabdian masyarakat. Diantaranya melakukan aksi serangan fajar membersihkan lingkungan kawasan Kota Majalengka, aksi donor darah, penyantunan anak yatim serta dhuafa, dan lain sebagainya. Dikatakannya, dalam 1,3 tahun heri juga mengaku cukup puas atas apa yang telah ditanamkannya kepada para parjurit anggota Yonif. Yakni dengan beragam kepedulian sosial masyarakat ini hubungan yang terjalin antar prajurit dan masyarakat lebih harmonis dan dapat diterima dengan baik.
"Hubungan dengan unsur Muspida lainnya juga terjalin harmonis. Baik dalam urusan dinas dan tugas, maupun hubungan secara pribadi. Saya harap, meski sudah tidak dipimpin saya, keharmonisan kami dengan seluruh elemen masyarakat dapat terus terjalin", ujarnya. (Pen Kostrad/Dispenad)

Sertijab Danyon 321/GT
11 November 2011-
Jabatan Komandan Batalyon 321/Galuh Taruna diserahterimakan dari Letkol Inf Heri Susanto kepada Letkol Inf Gatot Heru Buana, Jumat (11/11). Letkol Inf Heri Susanto yang menjabat 1 tahun, 3 bulan, 3 hari akan menjabat Dandim Kabupaten Nganjuk Jawa Timur dan Letkol Inf Gatot Heru Buana sebelumnya menduduki Kasi Binpers Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) Dan Brigif 13 Galuh/I Kostrad Kolonel Inf Farid Makruf, dan Komandan Upacara Wadanyon 321 Galuh Taruna Mayor Inf Yudha Dharmawan. Dihadiri Unsur Muspida Kabupaten Majalengka, Unsur Muspida Wilayah III Cirebon, para Pamen, bintara dan prajurit Yonif 321 GT. Prosesi sertijab terkesan menegangkan tatkala diwarnai aksi demonstrasi ketangkasan para prajurit 321 GT dan simulasi penumpasan gerombolan dengan rentetan tembakan sehingga para gerombolan itu mati terkapar.