Kamis, 15 Desember 2011

SERTIJAB 13-15 DES 2011


SERTIJAB WAGUB DAN DANMENTAR AKMIL
14 Desember 2011-
Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Bachtiar, S.IP memimpin acara serah terima jabatan Wakil Gubernur Akademi Militer dan Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil di Gedung Lily Rochli Akmil. Wakil Gubernur Akmil yang semula dijabat oleh Brigjen TNI Istu Hari Subagio, SE., MBA diserah terimakan kepada Kolonel Inf Adi Wijaya. Sedangkan Danmentar semula dijabat oleh Inf A.A.B. Maliogha diserah terimakan kepada Kolonel Inf A. M. Putranto, S.Sos. Dalam acara tersebut dihadiri oleh para Pejabat Distribusi Akademi Militer, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akmil dan anggota serta Pengurus Yayasan Kartika Jaya, Para Perwira, Bintara dan Tamtama Akademi Militer. Serah terima jabatan kedua pejabat teras di lingkungan Akmil merupakan peristiwa yang lazim dilakukan di lingkungan TNI Angkatan Darat, termasuk di Akademi Militer, sebagai bagian dari tour of duty dan tour of area serta sebagai pembinaan personel bagi Perwira yang menyerahkan dan yang menerima jabatan tersebut, khususnya dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan profesionalitasnya. Disamping itu, juga sebagai proses pembelajaran yang sangat penting bagi kedua pejabat tersebut, untuk mendapatkan pengalaman penugasan beragam dan berjenjang yang sangat diperlukan, baik untuk kariernya maupun untuk menyukseskan pelaksanaan tugas pokok satuan yang dipimpinnya.  “Berkenaan dengan serah terima jabatan Wakil Gubernur dan Komandan Resimen Taruna ini, atas nama pimpinan lembaga dan selaku pribadi, saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.B.A. dan Kolonel Inf A.A.B. Maliogha yang telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Akmil dan sebagai Komandan Resimen Taruna selama ini dengan baik,” ungkap Gubernur Akmil dalam sambutannya.
Brigjen TNI Istu Hari Subagio, S.E., M.B.A. mendapat tugas dan jabatan baru sebagai Wakil Asisten Personel di Mabes TNI. Untuk Kolonel Inf A.A.B. Maliogha menghadapi tugas barunya sebagai Danrem 131/Santiago Kodam VII/WRB. Selanjutnya kepada Kolonel Inf Adi Wijaya beserta istri dan Kolonel Inf A. M. Putranto, S.Sos beserta isteri, saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru, masing-masing sebagai Wakil Gubernur dan Komandan Resimen Taruna Akmil dan selamat bertugas, semoga senantiasa sukses selalu.
“Jadikanlah bekal pengalaman penugasan yang cukup beragam sebelumnya, untuk meningkatkan kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan tugas yang telah dirintis selama ini oleh pejabat lama, khususnya dalam mencetak Perwira-perwira yang profesional dan dicintai rakyat,” pesan Mayjen TNI Bachtiar, S.IP. Sejalan dengan serah terima jabatan ini, Gubernur Akmil juga mengingatkan kepada para Perwira bahwa tugas bagi seorang perwira adalah segala-galanya, tugas itu adalah kepercayaan, sekaligus harga diri, kehormatan dan kebanggaan. Sedangkan jabatan yang dipercayakan ini, merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagai amanah, maka apa yang dilakukan dan yang tidak dilakukan berkaitan dengan jabatan tersebut, apabila tiba saatnya kelak akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Sebagai salah satu lembaga pendidikan pembentukan Perwira, Akademi Militer memiliki peran dan tugas yang sangat strategis dalam membentuk Perwira-perwira muda Angkatan Darat yang tanggap, tanggon dan trengginas, agar siap menjadi pemimpin-pemimpin yang sanggup mewujudkan visi dan misi satuan tempat mereka bertugas kelak.
Untuk itu, Gubernur berharap kepada Wakil Gubernur sebagai pembantu dan pengawas utama, agar tugas dan tanggung jawab jabatan tersebut dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga output gemblengan Lembah Tidar ini dapat lebih ditingkatkan dari waktu kewaktu seiring perkembangan jaman. Demikian pula, secara khusus Gubernur juga minta kepada pejabat Komandan Resimen Taruna untuk terus bekerja keras dalam membentuk watak dan kepribadian calon Perwira-perwira Muda untuk menjadi Perwira-perwira yang tidak saja ahli dalam olah keprajuritan dan cakap dalam bidang akademis, tetapi juga Perwira-perwira yang unggul dalam moral dan mentalitasnya, sehingga mampu menjawab segala tantangan tugasnya yang semakin berat dan kompleks di masa mendatang. http://www.akmil.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=112:sertijab-wagub-dan-danmentar-akmil&catid=1:latest-news&Itemid=50

Danrem 081/DSJ Pimpin Sertijab Dandim
13 Desember 2011-
Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Arm Benny Indra Pujihastono pimpin acara serah terima jabatan Komandan Kodim 0805/Ngawi dan Komandan Kodim 0810/Nganjuk serta Laporan  Korps Kasi Ops Korem 081/Dhirotsaha Jaya,  bertempat di halaman depan Makorem 081/DSJ, Selasa (13/12).
Letkol Inf Achmad Budi Handoyo sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 116/GS dipercaya
memimpin Kodim 0805/Ngawi menggantikan Letkol Inf Drs. Mu’tamar yang alih tugas sebagai Pabandya-1/Kompem Spaban IV/Komsos Sterad, dan Letkol Inf Heri Susanto yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 321/13/1 Kostrad dipercaya memimpin Kodim 0810/Nganjuk menggantikan Letkol Czi I Nengah Wiraatmaja yang alih tugas sebagai Waasren Kostrad, serta Mayor Inf Purnomosidi selanjutnya menempati posisi sebagai Kasi Ops Korem 081/Dhirotsaha Jaya. Dalam sambutannya Komandan Korem menyampaikan “ Mutasi jabatan khususnya dilingkungan Korem 081/DSJ seperti halnya pergantian Dandim 0805/Ngawi dan Dandim 0810/ Nganjuk, serta Kasi Ops Rem 081/DSJ yang prosesinya baru saja kita saksikan, pada dasarnya merupakan salah satu upaya TNI-AD untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan jajaran dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI-AD secara optimal. Hal tersebut akan terus dilaksanakan secara konsisten sebagai organisasi militer modern, TNI-AD akan terus dituntut untuk berkembang secara dinamis dan konstruktif guna terciptanya kelancaran proses manajemen organisasi yang dilandasi oleh pengembangan dimensi kepemimpinan dan profesionalisme keprajuritan. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi di lingkungan TNI-AD dengan harapan akan lahirnya karya-karya baru yang lebih inovatif dan kreatif bagi kemajuan satuan dan TNI-AD dalam menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang yang tentunya tidak akan semakin ringan Selanjutnya Serah terima Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0805/Ngawi dari Ny. Mu’tamar kepada  penggantinya Ny. Achmad Budi handoyo dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Kodim 0810/Nganjuk dari Ny. I Nengah Wiraatmaja kepada Ny. Heri Susanto dilaksanakan setelah selesai upacara serah terima jabatan Komandan Kodim bertempat di ruang data Makorem. Hadir dalam acara tersebut Kasrem Letkol Inf Heri Pribadi beserta para Kasi Korem 081/DSJ, seluruh  Dandim Jajaran Korem 081/DSJ, Dan/Ka Satdisjan wilayah Madiun, Ketua dan Pengurus Persit KCK Koorcab Korem, Perwira Staf Korem dan perwakilan Bintara, Tamtama serta Anggota PNS Korem 081/DSJ juga perwakilan pernonel dari Kodim 0805/Ngawi sebanyak 1SST dan Kodim 0810/Nganjuk 1 SST.[NNK] http://korem081madiun.com