Sabtu, 10 Desember 2011

SERTIJAB 7-9 DES 2011


KASAD PIMPIN UPACARA SERTIJAB KOMANDAN PUSTERAD
9 Desember 2011
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad), dari Mayjen TNI Wibowo kepada Brigjen TNI Indra Hidayat, di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (9/12). Mayjen TNI Wibowo selanjutnya akan memasuki masa pensiun, sedangkan Brigjen TNI Indra Hidayat sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih. Kasad mengatakan, serah terima jabatan di jajaran TNI Angkatan Darat pada dasarnya merupakan salah satu wujud konsistensi TNI Angkatan Darat untuk senantiasa menyegarkan dan meningkatkan kinerja satuan jajarannya dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Darat secara lebih optimal. Selain itu, mutasi dan pergantian pejabat bertujuan untuk memelihara kesinambungan regenerasi dan kaderisasi ditubuh TNI Angkatan Darat yang bermuara pada kepentingan pembinaan personel dalam rangka pembinaan organisasi secara keseluruhan. Kasad menegaskan, tugas pokok Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) adalah menyelenggarakan Pembinaan Fungsi Teknis Teritorial serta Pengkajian dan Pengembangan guna mendukung Tugas Pokok TNI Angkatan Darat, ini harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Memperhatikan begitu penting dan strategisnya tugas pokok tersebut, maka Pusterad dituntut untuk terus membangun dan meningkatkan profesionalitas Sumber Daya Manusianya melalui peningkatan kemampuan dan integritas.
Menurut Kasad, hanya dengan cara itulah, Pusterad akan mampu menghasilkan produk-produk teritorial yang berkualitas, realistis dan aplikatif untuk diterapkan oleh satuan-satuan Komando Kewilayahan TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan tugas dilapangan.
Kasad meminta, kepada seluruh Prajurit  dan Pegawai Negeri Sipil Pusterad “saya tekankan, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan berdisiplin yang tinggi. Hadirkanlah selalu karya-karya terbaik yang bermanfaat bagi TNI Angkatan Darat serta jangan pernah menyerah dengan keterbatasan yang ada”, tambah Kasad. (Dispenad)

SERTIJAB KASDAM XVI/PTM
PANGDAM XVI/PATTIMURA :
TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB KASDAM CUKUP KOMPLEKS
9 Desember 2011
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Sumarsono, S.IP., memimpin Upacara Sertijab Kasdam, di Aula Makodam. Jumat (9/12). Pangdam dalam sambutannya mengatakan, bahwa pergantian jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang biasa dan lazim terjadi, dalam rangka penyegaran organisasi dengan tetap mempertimbangkan secara selektif antara kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan, serta merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan kemampuan personel yang bersangkutan dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan profesionalisme keprajuritan yang diperlukan untuk mengemban tugas-tugas selanjutnya.  “Dengan memberikan pengalaman yang luas melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak dengan tepat dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah yang menjadi bidang tugas dan tanggung jawabnya”, jelas Pangdam dalam sambutan sertijab Kasdam yang dihadiri Irdam, Danrem 151/Binaiya, Perwira Ahli, Perwira LO AL dan AU, para Asisten, Komandan Satuan, Kabalak, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura beserta pengurus, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Kodam XVI/ Pattimura. Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo atas pengabdian dan pelaksanaan tugasnya selama ini sebagai Kasdam XVI/Pattimura, juga kepada Ibu Bambang Budi Waluyo yang selama ini setia mendampingi suami bertugas dengan penuh ketulusan dan kesabaran sehingga dapat berperan serta dalam kemajuan organisasi Persit Kartika Chandra Kartika Daerah XVI/Pattimura. Sedangkan kepada Kolonel Inf Winston Perdamaian Simanjuntak, Pangdam mengucapkan selamat atas pengangkatan sebagai Kasdam XVI/Pattimura dan selamat bertugas. ”Saya berharap agar kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat ini dapat diterima dengan rasa syukur. Tugas dan tanggung jawab jabatan Kepala Staf Kodam cukup kompleks, karena harus mengkoordinasikan tugas-tugas staf, badan dan satuan pelaksana guna mencapai tujuan yang ditentukan oleh Pimpinan. Kasdam dituntut untuk dapat mewujudkan kesatupaduan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta mekanisme hubungan Komandan dan Staf”, jelas Pangdam. Pejabat Kasdam yang lama Brigjen TNI Bambang Budi Waluyo akan menempati jabatan baru di Lemhanas sedangkan pejabat Kasdam yang baru Kolonel Inf Winston Perdamaian Simanjuntak sebelumnya sebagai staf di Lembaga Pendidikan Seskoad. (Pendam 16/Dispenad)

PANGDAM III/SILIWANGI PIMPIN SERTIJAB IRDAM III/SILIWANGI
8 Desember 2011
Pangdam III/Siliwangi menegaskan, momentum pergantian Pejabat dalam konteks organisasi militer merupakan suatu mekanisme yang alamiah terjadi dalam kurun waktu tertentu dengan harapan mekanisme organisasi dapat berjalan secara lebih optimal, disamping sebagai salah satu upaya menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.
Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi, saat memimpin acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Kodam dan Korps Raport Sertijab Irdam III/Siliwangi dari Kolonel Inf Sigit Yuwono kepada Kolonel Inf Robert R. Lumempouw dan Penyerahan Tugas, tanggungjawab dan wewenang Jabatan Kasandidam III/Siliwangi dari Letkol Kav Purwadi kepada Pangdam III/Siliwangi, bertempat di Ruang Bina Juang Sudirman Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No.69 Bandung, Kamis (8/12). Oleh karena itu menurut Pangdam, pemahaman ter-hadap laporan korps serah terima jabatan, haruslah disandarkan sebagai salah satu upaya meningkatkan sistem pola pembinaan, baik ditinjau dari sudut pandang kepentingan organisasi, maupun pembinaan karier pejabat yang bersangkutan dengan memberikan kesempatan untuk mengemban tugas yang lebih besar. “Melalui prosesi penciuman Pataka Kodam III/Siliwangi dan pemahaman makna Wangsit Siliwangi, diharapkan Pejabat dan para Perwira baru dapat menghayati dan tertanam rasa memiliki, mencintai serta bertanggung jawab terhadap nama baik Kodam III/Siliwangi, sehingga tergerak niat dan tekad untuk berbuat yang terbaik bagi satuan, masyarakat, bangsa dan negara” , ujar Pangdam. Sementara itu, Acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Baru di lingkungan Kodam III/Siliwangi, berupa penciuman Pataka Kodam III/Siliwangi yang diiringi dengan lagu Hymne Siliwangi, hendaknya tidak diartikan sebagai pengkultusan terhadap sesuatu benda, melainkan merupakan salah satu upaya penanaman nilai-nilai luhur dan nilai-nilai juang Siliwangi, yang terangkum dalam lagu Mars Siliwangi, Hymne Siliwangi dan Wangsit Siliwangi.
Selesai acara Acara Tradisi Korps Penerimaan Perwira Baru dan Laporan Korps Sertijab, dilanjutkan dengan Serah terima Jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang VIII Itdam dari Ny. Iis Sigit Yuwono kepada Ny. Yeandri Robert R Lumempouw bertempat di Kantor Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi dipimpin oleh Ketua Kartika Chandra Kirana Ny. Lia M. Munir. Hadir pada kesempatan itu, Kasdam III/Siliwangi dan Kasgar Tap II/Bandung, Danrem 061/SK s/d 064/MY, Asrendam, para Asisten, Perwira Ahli, Perwira Liaison TNI AL dan TNI AU, para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi. (Pendam 3/Dispenad).