Minggu, 09 November 2014

SERTIJAB 15-22 AGUST 2014

JABATAN WADAN DAN DIRLAT KODIKLAT TNI DI SERAH TERIMAKAN
(Serpong-Kodiklat TNI) 22 Agustus 2014-
Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara serah terima jabatan Wadan Kodiklat TNI dari Brigjen TNI Brigjen TNI (Mar) Triono Sulistyohadi  kepada Brigjen TNI Heronimus Guru dan serah terima Direktur Latihan (Dirlat) dari Brigjen TNI Heronimus Guru kepada Kolonel Inf Surawahadi. Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di lobi VIP room gedung
Soedirman Kodiklat TNI Serpong. Dan bertindak selaku komandan upacara Direktur Umum (Dirum) Brigjen TNI Udin Supidin. Jum’at,(22/08/2014)
Pada penyampaian amanatnya, Serah terima jabatan di lingkungan Kodiklat TNI merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan organisasi, yang dilaksanakan secara konsisten melalui mekanisme yang berlaku di lingkungan TNI. Pergantian jabatan adalah sebagai sarana penyegaran dalam rangka memelihara dinamika dan meningkatkan kinerja di satuan, juga sebagai tour of area.
Jabatan wadan Kodiklat TNI merupakan motor semangat untuk menyelesaikan proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian program anggaran di jajaran Kodiklat TNI. Serta mengajukan ide-ide cemerlang kepada komandan Kodiklat TNI dan mengerjakan tugas khusus yang dibebankan. Oleh karena itu kita harus menyadari bahwa jabatan apapun yang kita emban adalah bentuk kepercayaan dari pimpinan dan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dipertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, Kodiklat TNI harus terus mengembangkan fungsi Direktorat Latihan  yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, karena Dirlat merupakan ujung tombak Kodiklat TNI di bidang latihan dan progam-progam latihan. Oleh karena itu pengendalian serta pengawasan terhadap pengembangan sistem pembinanan latihan di lingkungan TNI, dalam menyelenggarakan Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) latihan gabungan, latihan bersama dan latihan kesiapsiagaan operasional baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang diselenggarakan oleh mabes angkatan maupun kotama jajaran di TNI.  Komandan Kodiklat juga memberikan penekanan kepada Dirlat, segera siapkan secara maksimal  untuk menghadapi tugas-tugas kedepan, dalam waktu dekat Kodiklat TNI akan menyelenggarakan kegiatan latihan  diantaranya latihan kesiapsiagaan beberapa Kodam, latihan kesiapsiagaan Armada Timur dan Armada Barat, latihan Hanudnas Tutuka serta latihan PPRC TNI. “tegasnya”. Diakhir amanatnya, Komandan Kodiklat TNI mengucapkan terima kasih kepada Brigjen TNI (Mar) Triono Sulistyohadi  yang akan memasuki purna tugas. Sedangkan Wadan Kodiklat TNI yang baru Brigjen TNI Heronimus Guru sebelumnyamenjabat sebagai Dirlat Kodiklat TNI, Kemudian Dirlat yang Baru Kolonel Inf Surawahadi sebelumnya menjabat Dirbinjianbang Sekoad. Di akhir rangkaian acara STJ dilanjutkan acara ramah tamah dan pelepasan pejabat lama. (pen-kodiklat-tni)
sumber, http://kodiklat-tni.mil.id/kodiklat/?view=berita-detil&idb=38
------------------
Sertijab Danyonif 756/WMS
Timika,20 Agustus 2014-
Upacara serah terima jabatan Danyonif 756/WMS dari Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma S.H., kepada Mayor Inf Andi Parulian Simanjuntak yang bertempat di Lapangan Upacara Mako Brigif 20/IJK berjalan dengan hikmat. Serah terima di dalam lingkup TNI adalah hal yang biasa, dalam rangka pengembangan karier sebagai prajurit ke depan. Letkol Inf Tamimi akan menjabat sebagai Pabandya Bhakti TNI Sterdam XVII/Cen, sedangkan Mayor Inf Andi Parulian Simanjuntak yang semula menjabat sebagai Pabandya Perencana Operasi di Kodam XVII/Cen menjadi Danyonif 756/WMS. Serah terima jabatan tersebut dipimpin oleh Danbrigif-20/IJK Letkol Inf Ari Yulianto sebagai Inspektur Upacara. Sementara Komandan Upacara dipimpin oleh Kapten Inf Ambaryantomo yang sehari-hari menjabat sebagai Pasi Bhakti Sima Brigif 20/IJK dan sebagai Perwira Upacara Kapten Inf Arief Ranu Pasi Kumtatib Sima Brigif 20/IJK. Dalam amanatnya Danbrigif 20/IJK menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Letkol Inf Tamimi beserta Ibu atas pengabdiannya selama menjadi Danyonif 756/WMS dan mengucapkan selamat datang kepada Mayor Inf Andi Parulian Simanjuntak untuk bergabung menjadi warga  Brigif 20/IJK. Tugas dan tantangan ke depan sangatlah berat, sehingga harus mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk membangun satuan Yonif 756/WMS yang merupakan satuan penugasan sepanjang tahun. Upacara dihadiri oleh jajaran TNI/Polri yang berada di jajaran garnisun Timika sekaligus memberikan ucapa selamat bertugas di tempat yang baru kepada Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma.
sumber, ttp://www.kodam17cenderawasih.mil.id/berita/sertijab-danyonif-756wms/
---------------
KOMANDAN DENMA MAKO KODIKLAT TNI DISERAH TERIMAKAN
(Serpong-Kodiklat TNI) 18 Agustus 2014--
Komandan Kodiklat TNI Mayor Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara serah terima jabatan Komandan Detasemen Markas Markas Komando Kodiklat TNI (Dandenma Mako Kodiklat TNI) di Mako lapangan Kodiklat TNI Serpong Tangsel. Jabatan Dandenma Mako Kodiklat TNI diserahterimakan dari Letkol Inf Ar Sinaga kepada Mayor Chb Joko Sunaryo. Bertidak sebagai Komandan Upacara Mayor Psk Ib Beny. Senin (18/8/2014). Dalam amanatnya, Irup menyampaikan, bahwa serah terima jabatan di lingkungan Kodiklat TNI merupakan bagian penting dari proses kaderisasi untuk mendinamiskan organisasi agar lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Lebih lanjut, dikatakan, Denma Mako Kodiklat TNI merupakan salah satu unsur pelayanan Mako Kodiklat yang pada hakikatnya mengemban peran, fungsi, dan tugas pokok Kodiklat, utamanya pada lingkup dukungan dan pelayanan yang mencangkup suatu keutuhan system unsur staf dan pelaksana pusat yang bertumpu pada keterpaduan sumber daya manusia, peralatan, dan perangkat lainnya dalam mewujudkan kesiapan operasional Kodiklat TNI. Diakhir amanatnya, Komandan Kodiklat TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Letkol Inf Ar Sinaga, atas kerja keras dan sumbangan pemikiran serta dedikasi yang ditunjukan selama ini dalam membina Denma Mako Kodiklat TNI ke arah yang lebih baik. Ucapan selamat datang juga ditujukan kepada Mayor Chb Joko Sunaryo sebagai Dandenma Mako Kodiklat TNI yang baru. “Dengan berbekal pengalaman penugasan sebelumnya, saudara akan mampu mengemban dan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Bina dan pimpinlah Denma Mako Kodiklat TNI agar semakin baik dari sebelumnya,” tegasnya. (pen-kodiklat-tni)
sumber, http://kodiklat-tni.mil.id/kodiklat/?view=berita-detil&idb=36
----------------
LETKOL INF M. THOHIR JABAT DANDENINTELDAM II/SWJ
Palembang, Jumat 15 Agustus 2014-
Jabatan Komandan Intelijen Kodam II/Swj diserahterimakan pada suatu upacara militer yang dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo, Jum’at (15/08/2014) bertempat di Aula Gatot Subroto Kodam II/Swj - Palembang. Letnan Kolonel Inf Muhammad Thohir menggantikan Letnan Kolonel Inf Aqsa Erlangga sebagai Dandeninteldam II/Swj. Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Letnan Kolonel Inf Aqsa Erlangga, telah dapat mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya dengan baik. Sedangkan kepada pejabat yang baru Letnan Kolonel Inf Muhammad Thohir, Pangdam menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan sebagai Dandenintel Kodam II/Swj yang baru. Lebih lanjut dikatakan Pangdam bahwa sebagai Badan Pelaksana Kodam II/Swj yang bertugas pokok menyelenggarakan fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan dalam rangka mendukung
pelaksanaan tugas pokok Kodam II/Swj, maka Denintel Kodam II/Swj  dituntut untuk senantiasa memiliki kepekaan, ketajaman dan ketanggapsegeraan serta kemampuan analisis dalam mengamati setiap gelagat perkembangan yang ada, yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas satuan maupun tugas pokok Kodam II/Swj. Untuk itu, kepada pejabat Dandenintel yang baru, Pangdam berharap agar semakin ditingkatkan kualitas dan produktifitas kinerja satuan Deninteldam II/Swj, sehingga fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan serta kemampuan deteksi dini dan cegah dini akan semakin optimal. “Dengan terlaksananya deteksi  dan cegah dini, tentunya akan dapat mencegah terjadinya peristiwa yang tidak terprediksi,  sehingga tidak kecolongan dan terhindar dari kerugian yang tidak diharapkan”, tandasnya. Dihadapkan dengan tuntutan dinamika tugas intelijen yang semakin tidak ringan, Pangdam mengharapkan kepada setiap Aparat Intelijen untuk mampu menyajikan informasi-informasi intelijen kepada Pimpinan secara cepat, tepat, akurat dan profesional. “Tingkatkan frekuensi koordinasi dan komunikasi dengan komunitas Aparat Intelijen yang ada di wilayah ini untuk mendeteksi dan mencegah secara dini kemungkinan potensi terjadinya konflik di tengah-tengah masyaraka, imbuhnya.
Hadir pada acara tersebut Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad, Irdam II/Swj Kolonel Inf Teguh Pambudi, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj,  Para  Asisten  dan  Dan/Ka Balakdam II/Swj,  Perwira  LO AL dan LO AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua  beserta para Pengurus  dan anggota  Persit  Kartika Chandra Kirana PD II/Swj.
(Pendam II/Swj) (sumber, kodam-ii-sriwijaya.mil.id)