Minggu, 09 November 2014

SERTIJAB 7-14 OKTOBER 2014

Letkol Inf Endro Satoto Resmi Menjadi Danbrigif 20/IJK
Jayapura, Selasa 14 Oktober 2014 -
Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Franses G. Siahaan, memimpin acara serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri 20/IJK (Ima Jaya Keramo) yang bertempat di lapangan Mabrigif 20/IJK, Selasa (14/10). Serah terima jabatan Danbrigif dari Kolonel Inf Ari Yulianto kepada Letkol Inf Endro Satoto dalam keadaan aman dan terkendali.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pergantian pejabat dan mutasi di lingkungan TNI AD merupakan suatu hal yang biasa dilakukan ditubuh Angkatan Darat. Hal ini mempunyai maksud dan tujuan agar roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan di
lingkungan Angkatan Darat dapat berjalan lancar dan terus berlanjut sesuai dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan. Sehingga dari generasi ke generasi memiliki kapabilitas dan aksesibilitas serta responsibilitas yang tinggi.
Adapun penekanan yang selalu diberikan kepada seluruh prajurit agar selalu meningkatkan profesionalisme, kepekaan dan kepedulian yang mendalam terhadap permasalahan yang berkembang dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta tetap berpedoman kepada UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI serta perangkat aturan hukum lainnya.
Diharapkan dengan adanya sertijab Danbrigif yang baru, kinerja di masa yang akan datang, para prajurit
dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Tidak perlu melihat siapa yang menjadi pimpinannya. Semua pemimpin sudah tentu akan memikirkan kesejahteraan bagi prajuritnya. Sebagai prajurit kita harus loyal terhadap pimpinan, kalau hal ini dilaksanakan tentunya ke depan akan tercipta suasana kerja yang harmonis dan dinamis. Begitupun juga sebagai seorang pemimpin, Ia juga harus dapat membawa anggotanya untuk lebih maju menjadikan anggotanya sebagai prajurit yang profesional dibidangnya masing-masing. Berani bertanggung jawab setiap memberikan perintah kepada prajuritnya, sehingga setiap prajurit memiliki moril yang tinggi dan tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya. “Dengan adanya pergantian pimpinan, satuan Brigif 20/IJK ke depan akan lebih baik lagi dalam mengemban tugas dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik guna mendukung kerja di lingkup Kodam XVII/Cenderawasih,”pungkas Pangdam.
Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Ari Yulianto atas dedikasinya dalam memimpin Brigif 20/IJK, selamat jalan dan selamat menjalankan tugas di satuan yang baru. Kemudian kepada Letkol Inf Endro Satoto, selamat datang di Satuan Brigif 20/IJK, segera menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan selamat menjalankan tugas semoga senantiasa diberikan kesehatan dan petunjuk oleh Tuhan YME, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Turut Hadir dalam acara sertijab tersebut para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, muspida Timika dan seluruh prajurit Brigif 20/IJK. (Prd/cen).
sumber, http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/berita/letkol
---------------------------
Panglima TNI Serahkan Jabatan Koorsahli
Senin 13 Oktober 2014-
koorsahliJAKARTA (halopolisi.com) -  Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi Irjen TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin dan Dansesko TNI Letjen TNI Sonny Widjaja menyerahkan  jabatan Koorsahli Panglima TNI kepada Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya di Ruang Tamu Panglima TNI di Jl. Merdeka Barat Jakarta Pusat, Senin (13/10/2014).
Jabatan Koorsahli Panglima TNI yang ditinggalkan Mayjen TNI  Hardiono Saroso diserahterimakan kepada Panglima TNI pada tanggal 1 September 2014. Kemudian berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2603/X/2014 tanggal 9 Oktober 2014 Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya (mantan Pangdam IX Udayana) menerima tugas, wewenang dan tanggung jawab Jabatan Koorsahli Panglima TNI.
Panglima TNI  menyampaikan bahwa, Staf Ahli Panglima TNI, memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan penyediaan informasi dan analisis yang perlu dilakukan guna pembuatan keputusan tertentu, dihadapkan kepada perkembangan lingkungan. “Paling tidak, ada tiga substansi yang perlu menjadi atensi dan memerlukan analisa kita semua, dalam konteks perkembangan lingkungan. Pertama, meningkatnya kompleksitas persoalan yang harus dihadapi oleh TNI. Kedua, adopsi nilai-nilai demokrasi yang membuat TNI harus makin transparan, responsif dan partisipatif di dalam membuat kebijakan. Ketiga, besarnya tuntutan profesionalisme prajurit dan penggunaan sumber daya secara bijak dengan perumusan kebijakan yang akurat,” ujar Panglima TNI.
Panglima TNI juga menekankan peran dan fungsi penting staf ahli salah satunya adalah policy advisor bagi pimpinan. Hal ini mensyaratkan bahwa kemampuan, keterampilan dan kompetensi seorang staf ahli untuk mampu mengidentifikasi dan menganalisa isu-isu strategis, menjadi sangat penting bagi seorang staf ahli.
Di akhir sambutannya, Panglima TNI menyampaikan harapannya kepada Mayjen TNI Wisnu  Bawa Tenaya, dengan segala kapasitas, wawasan, pengalaman dan gaya kepemimpinannya, lebih memperbesar pencapaian kinerja staf ahli panglima TNI.(puspen tni/abi)
Foto: Panglima TNI Serahkan jabatan Koorsahli kepada Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya. (puspen tni)
source, http://halopolisi.com/2014/10/14/panglima-tni-serahkan-jabatan-koorsahli/#more-120032
---------------------
Mutasi Perwira di Kesdam Jaya
Jakarta, Kamis 9 Oktober 2014-
Kakesdam  Jaya Kolonel Ckm drg. Nirwan Husni Lubis Sp.BM.,MARS memimpin upacara serah terima jabatan Perwira Kesdam Jaya serta penerimaan dan pelepasan Perwira Kesdam Jaya, Kamis 09 Oktober 2014 di Ruang  Aula Makesdam Jaya. Pada acara laporan Korps Raport ini, Kakesdam Jaya melepas dua  orang Perwira Menengah Kesdam Jaya, atas nama Kolonel Ckm dr. Abdul Hamid,Sp.S,  yang akan menjabat sebagai Ketua Komite Medik Rumkit Tk.II Pelamonia
Kesdam VI/Wirabuana. Letkol Ckm drg. Moch Zaelani,Sp.Pros yang akan menjabat sebagai SF Gol IV/Kolonel Dokter Umum Instalasi Rawat Inap RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dan menerima Letkol Ckm drg. Puji Hartanto,Sp.Ort sebagai Waka Rumkit Tk II MRM Kesdam Jaya, Mayor Ckm Budi Waloejo bertugas Sebagai Kainstaljandiag Rumkit Tk II MRM Kesdam Jaya. Mutasi dan pergantian jabatan di dalam Organisasi Angkatan Darat adalah hal yang wajar, karena merupakan bagian dari proses sinkronisasi kepentingan pembinaan satuan, pembinaan karir dan pembinaan personel guna meningkatkan kinerja satuan yang lebih optimal. Disamping itu, alih tugas dan jabatan merupakan implementasi dari fungsi pembinaan personel baik dalam rangka mengembangkan karir personel, sekaligus guna mencapai efektifitas dan efesiensi dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Kodam Jaya. Harus disadari bahwa tugas-tugas ke depan akan semakin berat dan komplek seiring dengan perkembangan dinamika lingkungan masyarakat yang dinamis. Dalam melaksanakan peran dan fungsi pelayanan serta dukungan kesehatan dituntut untuk memiliki kesiapsiagaan satuan yang prima. Untuk itu perlu dikembangkan terus kemampuan prajurit dan PNS dibidang kesehatan, guna memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan dukungan kesehatan yang handal. Jadilah prajurit TNI yang benar – benar memiliki motivasi untuk maju, prajurit yang mencintai tugasnya dan mau bekerja keras serta mau memberikan pengabdian yang tulus ikhlas demi bangsa dan negara serta satuan yang kita cintai bersama. source, www.kodam-jaya.mil.id
======================
MAYOR INF RIZAL FAIZAL HELMI, S.SOS. DANYONIF 100/RAIDER BARU
Binjai, Rabu 8 Oktober 2014-
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si.Salam Komando usai upacara Sertijab Danyonif 100/Raider dari Letkol Inf Safta Feryansyah, S.IP kepada Mayor Inf Rizal Faizal Helmi, S.Sos. di Lapangan Upacara Makoyonif 100/Raider Jalan Namu Ukur Utara Binjai, Rabu (8/10).
----------------------------
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. pimpin Serah Terima Jabatan Danyonif 100/Raider dari Letkol Inf Safta Feryansyah, S.IP kepada Mayor Inf Rizal Faizal Helmi, S.Sos. di Lapangan Upacara Makoyonif 100/Raider Jalan Namu Ukur Utara Binjai, Rabu (8/10).
Dalam amanatnya Pangdam I/BB mengatakan Serah Terima Jabatan merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi TNI Angkatan Darat, yang harus selalu dikembangkan sebagai sarana regenerasi kepemimpinan. Melalui regenerasi seperti ini, secara individu personel yang bersangkutan akan memperoleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas. Disamping itu secara institusi, satuan akan memperoleh pembaruan dan penyegaran sehingga kiprah dan kinerja organisasi akan lebih meningkat sesuai peran, tugas dan fungsinya. Yonif 100/Raider bertugas pokok melaksanakan pertempuran di darat dan tugas-tugas lain yang diperintahkan oleh Komando Atas. Kita ketahui bahwa Yonif 100/ Raider selama kurang lebih delapan bulan terhitung mulai tanggal 16 Desember 2013 sampai dengan 5 September 2014,telah melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Timurdengan penuh rasa tanggung jawab. Para prajurit Yonif 100/Raider telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan secara profesional dan proporsional, sehingga berhasil dengan kriteria baik, hal ini dilihat dari penilaian unsur pimpinan dan komponen terkait di tempat penugasan yang dilaksanakan dengan standar penilaian yang terukur dan obyektif. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari pengabdian yang ikhlas dan kesadaran untuk berbuat yang terbaik serta dengan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan menjaga nama baik satuan khususnya citra Kodam I/BB. Untuk itu Danyonif 100/Raider yang baruharus mampu menjawab setiap tugas yang di emban, yang dapat diwujudkan dalam bentuk totalitas kemampuan untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara, dengan tidak terpengaruh oleh keterbatasan yang menghadang setiap langkah kita.
Lebih lanjut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Inf Safta Feryansyah beserta istri, selama menjabat telah memberikan sumbangan pemikiran dan karya nyata dalam mendukung tugas pokok Kodam I/BB. Bahwa, apa yang telah dicapai dalam kurun waktu pengabdian saudara, merupakan hasil kerja keras dan pengorbanan yang dilandasi kejujuran dan ketulusan hati yang setia mengabdikan dirinya. Selamat jalan dan selamat pada jabatan baru sebagai Dansecaba Rindam I/BB. selanjutnya mengucapkan selamat bertugas kepada Mayor Inf Rizal Faizal Helmi, S.Sos.beserta istri, yang menempati jabatan sebagai Danyonif 100/ Raider, dengan berbekal pada penugasan sebelumnya sebagai Pabandyalat Sopsdam I/BB, saudara juga dapat memberikan yang terbaik dalam menyukseskan pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang baru ini. Jabatan merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan itu merupakan kepercayaan dan amanah yang harus diemban dan dipertanggung jawabkan tidak hanya kepada organisasi TNI Angkatan Darat, tapi juga dipertanggung jawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu laksanakan amanah ini dengan baik, tunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi untuk bekerja keras meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam I/BB, Walikota Binjai, Irdam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB dan Staf Khusus Pangdam I/BB, Pa LO TNI AL Kodam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, ParaKabalakdam I/BB, Para Dansat BS Sewilayah Medan, Kapolres Langkat, Kapolres Binjai dan Ketua Persit KCK PD I/BB serta Wakil Ketua Persit KCK PD I/BB beserta Pengurus Persit KCK PD I/BB.
sumber, kodam1-bukitbarisan.mil.id
------------------------------------------------
PANGDAM I/BB PIMPIN UPACARA SERAH TERIMA TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB JABATAN DANREM 033/WIRAPRATAMA
Medan, Rabu 8 Oktober 2014-
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. menyaksikan penandatangan Naskah Serah Terima Jabatan pada upacara Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danrem 033/Wirapratama dariBrigjen TNI B. Zuirman Kepada Kolonel Inf Eko Margiyono, M.A. di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (8/10).
--------------------------
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Winston P. Simanjutak, S.I.P., M.Si. pimpin Upacara Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danrem 033/Wirapratama dari Brigjen TNIB. Zuirman Kepada Kolonel Inf Eko Margiyono, M.A. Di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (8/10).
Dalam amanatnya Pangdam I/BB mengatakan serah terima jabatan merupakan hal yang lazim dalam dinamika organisasi TNI Angkatan Darat, dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengembangan karir serta pengalaman dalam penugasan, sehingga pada saatnya menjadi bekal yang berguna dalam pelaksanaan tugas selanjutnya. Kita ketahui bahwa Korem 033/ Wirapratama sebagai subkompartemen strategis memiliki tugas pokok, menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah di darat serta melindungi segenap rakyat di daerah kepulauan Riau, yang terdiri dari beberapa kepulauan yang tersebar di antara pulau sumatera dengan wilayah perbatasan negara Singapura dan Malaysia. Disamping memiliki kedudukan yang strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga, wilayah ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Hal ini bisa menjadi kerawanan apabila tidak dikelola secara baik, akan menimbulkan permasalahan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu kiranya Danrem 033/Wirapratama yang baru beserta seluruh Komandan Satuan di jajarannya agar selalubekerjasama dengan semua komponen masyarakat di wilayahnya, laksanakan komunikasi secara intensif dengan saling memberi saran dan masukan untuk kepentingan pembangunan. Ciptakan suasana kehidupan yang harmonis agar tidak timbul sekecil apapun permasalahan di daerah yang dapat menghambat tugas pokok.
Lebih lanjut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Brigjen TNI B. Zuirman beserta istri, selama menjabat telah memberikan sumbangan pemikiran dan karya nyata dalam mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan. Bahwa, apa yang telah dicapai dalam kurun waktu pengabdian saudara, merupakan hasil kerja keras dan pengorbanan yang dilandasi kejujuran dan ketulusan hati yang setia mengabdikan dirinya. Selamat jalan dan selamat pada jabatan baru sebagai Staf Khusus Kasad. Selanjutnya Pangdam I/BB mengucapkan selamat datang dan bertugas kepada Kolonel Inf Eko Margiyono, M.A. beserta istri, yang menempati jabatan sebagai Danrem 033/Wirapratama. Dengan berbekal pada penugasan sebelumnya sebagai Danrem 061/SK Kodam III/Siliwangi, saudara juga dapat memberikan yang terbaik dalam menyukseskan pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang baru ini. Jabatan merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan itu merupakan kepercayaan dan amanah yang harus diemban dan dipertanggung jawabkan tidak hanya kepada organisasi TNI Angkatan Darat, tapi juga dipertanggung jawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu laksanakan amanah ini dengan baik, tunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi untuk bekerja keras meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.
Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Para Danrem, Irdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Sahli Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Kabalakdam I/BB, Para Dansat BS Kodam I/BB, Ketua KCK PD I/BB, Wakil Ketua KCK PD I/BB beserta para pengurus Persit KCK PD I/BB.
sumber, kodam1-bukitbarisan.mil.id