Kamis, 24 Desember 2015

22-31 Desember 2015

Wakasad Pimpin Sertijab Asrena Kasad
Jakarta, Kamis 31 Desember 2015-
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI M. Erwin Syafitri pimpin acara Laporan Korps serah terima jabatan Asrena Kasad dari Mayjen TNI Wiryantoro N.K kepada Brigjen TNI Dominicus Agus Riyanto, di Mabes TNI Angkatan Darat Jakarta, Kamis (31/12). Acara ini dihadiri oleh Pangkostrad, Irjenad dan Kasahli Kasad, Pangkotama, Para Asisten, Kabalakpus TNI AD, Pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana serta tamu undangan.

Kasad Jenderal TNI Mulyono, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakasad, mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Mayjen TNI Wiryantoro Noto Karsono
atas pengabdian dan pelaksanaan tugasnya selama ini, mengingat Jenderal telah memasuki masa purnawira. Dan juga ucapan selamat kepada Brigjen TNI Dominicus Agus Riyanto atas jabatan baru sebagai Asrena Kasad. Jenderal TNI Mulyono percaya, berbekal wawasan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya, akan mampu mengemban tugas ini dengan sebaik-baiknya, apalagi sebelum menjabat Asrena Kasad ini bertugas di lingkungan perencanaan dan anggaran sebagai Direktur Renprogar Ditjen Renhan Kemhan dan pernah menjabat sebagai Paban V/Dalprograr Srenad.
“Serah terima jabatan di lingkungan TNI AD harus dimaknai sebagai upaya pembinaan karir bagi Perwira yang bersangkutan dan menjaga kesinambungan roda organisasi agar tugas satuan dapat semakin berhasil dalam mendukung tugas pokok TNI AD,” pungkas Kasad dalam amanatnya.
Lebih lanjut kasad menyampaikan, dalam rangka terwujudnya good governance dalam penyelenggaraan negara, maka pengelolaan keuangan negara harus diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggung jawab, sesuai pasal 23 UUD Negara RI Tahun 1945. Pada penjelasan UU RI Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, tercantum pula bahwa asas-asas baru sebagai pencerminan best practices dalam pengelolaan keuangan negara, antara lain meliputi akuntabilitas, profesionalitas, proporsionalitas, keterbukaan dan pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa yang bebas dan mandiri. Bertitik tolak dari pemahaman tersebut, maka keberadaan Staf Umum Perencanaan dan Anggaran sangat penting bagi TNI AD dalam mewujudkan good governance dan clean government sebagaimana harapan prajurit, masyarakat dan Pemerintah.
Dengan telah diselenggarakannya Rapim  TNI AD selama dua hari kemarin, yang diikuti oleh rapat kerja teknis sesuai bidang staf, Kasad berharap tertib administrasi, akuntabilitas kinerja dan transparansi pengelolaan anggaran di satuan jajaran TNI AD, dalam laporan keuangan satuan jajaran TNI AD akan semakin lebih baik. Diakhir amanatnya Kasad berharap seluruh DIPA selama tahun anggaran 2016, baik pusat maupun daerah dapat disalurkan secara benar dan tepat, sesuai dengan PPPA 2016. (Dispenad).
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/12/wakasad-pimpin-sertijab-asrena-kasad/

Kodim 0805/Ngawi Mempunyai Komandan Baru
Madiun. Rabu 30 Desember 2015-
Korem 081/DSJ, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Hardani Lukitanta Adi Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Kodim 0805/Ngawi dan laporan Korps Kasiops, Kasiter Rem 081/DSJ bertempat di Aula Makorem 081/DSJ Jln. Pahlawan No 50 Kota Madiun.Rabu(30/12)
Acara itu, dihadiri oleh Kepala Staf Korem 081/DSJ Letkol Inf Akhyari S.I.P, Para Komandan Kodim Jajaran Korem 081/DSJ, Para Kasi Korem 081/DSJ, Para Kabalak Jajaran Korem 081/DSJ, serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 081 dan Ketua Persit KCK Cabang Kodim Se-Korem 081.
Dalam Kegiatan tersebut, dilksanakan serah terima jabatan Komandan Kodim 0805/Ngawi dari Letkol Inf Sugiyono, S.Sos Kepada Letnan Kolonel Inf Mordechai Triyandono, Kasiops Korem 081/DSJ dari Mayor Inf Totok Priyo Kismanto kepada Mayor Inf Made Sandy Agusto sedangkan Kasiter Korem 081/DSJ dari Letkol Inf Saptono Adi Birowo. K, S.E, kepada Mayor Inf Ato Sudiatna.
Dalam sambutannya Komandan Korem menyampaikan serah terima jabatan dan penyerahan tugas di lingkungan TNI AD merupakan suatu hal yang harus dilakukan, sebagai upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang dilandaskan pada kepentingan Pembinaan Personel dan Pembinaan Satuan. Oleh karenanya, Serah Terima Jabatan hendaknya disikapi sebagai sesuatu yang wajar, untuk meningkatkan kualitas kinerja satuan guna menjamin terciptanya keberhasilan pelaksanaan tugas pokok sebagai satuan teritorial. Lebih lanjut Danrem sampaikan, selaku Komandan Korem 081/DSJ dan pribadi, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letnan Kolonel Inf Sugiyono, S.Sos, Letnan Kolonel Inf Saptono Adi Birowo. K, S.E, Mayor Inf Totok Priyo Kismanto beserta Istri yang selama ini telah mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab jabatannya dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Kepada Letnan Kolonel Inf Mordechai Triyandono beserta istri, saya mengucapkan selamat atas pengangkatannya sebagai Komandan Kodim 0805 / Ngawi serta sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0805/Ngawi demikian juga kepada Mayor Inf Ato Sudiatna beserta istri, saya juga mengucapkan selamat atas pengangkatanya sebagai Kasiter Rem 081/DSJ dan kepada Mayor Inf Made Sandy Agusto beserta istri, saya  mengucapkan selamat atas pengangkatannya sebagai Kasiops Rem 081/DSJ. Yang selanjutnya Letnan Kolonel Inf Sugiyono, S.Sos akan menjabat sebagai Waasops Kasdam V/Brw, Letkol Inf Saptono Adi Birowo. K, S.E menjabat sebagai Kabag Mincat Babinminvetcaddam V/Brawijaya dan Mayor Inf Totok Priyo Kismanto menjabat Dansecata A Rindam V/Brw.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/12/kodim-0805ngawi-mempunyai-komandan-baru/

Tradisi Pelepasan Dandenpal Divif 2 Kostrad Letkol Cpl Muzakkir, S.T
29 Desember 2015-
Kostrad(29/12). Singosari- Prajurit Detasemen Peralatan Divif 2 Kostrad dan Persit Ranting VII Denpal Divif 2 Kostrad mengikuti pelaksanaan kegiatan tradisi pelepasan Dandenpal Divif 2 Kostrad Letkol Cpl Muzakkir, S.T. di Madenpal Divif 2 Kostrad pada hari rabu tanggal 23 Desember 2015, dalam kegiatan ini dilaksanakan secara beruntun dari mulai pagi sampai dengan sore hari, hal ini dilakukan karena besarnya rasa memiliki dan menghormati serta kebanggaan kepada Letkol Cpl Muzakkir, S.T.
Tradisi pelepasan Dandenpal Divif 2 Kostrad ,merupakan suatu kegiatan yang menjadi bagian dari Bintra satuan Denpal Divif 2 Kostrad, sehingga perlu dijaga dan diteruskan keberadaannya. Tradisi pelepasan diawali dengan acara kesan dan pesan anggota yang mempunyai ikatan batin,  dilanjutkan dengan pemberian cinderamata serta hiburan. Diakhiri kegiatan pamungkas yang diawali mulai dari penciuman bendera satuan Denpal Divif 2 Kostrad kepada Perwira tertua sampai dengan acara pelepasan Letkol Cpl Muzakkir, S.T. menuju kendaraan yang mengantar menuju tempat kediaman.
Kegiatan ini mempunyai manfaat untuk lebih mempererat hubungan batin antara pejabat yang telah meninggalkan satuan dengan prajurit Denpal Divif 2 Kostrad, sehingga sampai kapanpun dan dimanapun akan selalu teringat dengan satuan yang telah ditinggalkan. Kegiatan ini sebagai perwujudan rasa menghormati dan menghargai prajurit Denpal Divif 2 Kostrad kepada pejabat Dandenpal Divif 2 kostrad yang telah memberikan perhatian dan kesejahteraan demi kemajuan satuan. Autentikasi : Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Heru Dwi Wahana
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/12/tradisi-pelepasan-dandenpal-divif-2-kostrad-letkol-cpl-muzakkir-s-t/

Korem 045/Gaya Terima Enam Perwira
28 Desember 2015-
Komandan Korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Murlim Mariadi S.Ip, M.M memimpin laporan korp raport penerimaan dan serah terima jabatan dilingkungan Korem 045/Gaya Senin (28/12) di Aula Makorem. Sebanyak 6 Perwira Korem 045/Garuda Jaya yang menerima tradisi tersebut, empat  orang diantaranya adalah Perwira Menengah sedangkan 2 orang berpangkat Perwira Pertama.
Untuk Perwira yang melaksanakan tradisi penerimaan Letkol Arh Saut Ritonga menjabat Kasi Teritorial, Letkol Caj I Wayan Windia sebagai Kasi Pers Korem 045/Gaya menggantikan Mayor Inf Riyandi, Mayor Arm Hermansyah sebagai Kasi Intel, Mayor Inf Sigit Purwoko sebagai Kasi Ops, Kapten Kav Ahmad Nurdin, dan Kapten Chk Yantoro. Danrem dalam sambutannya mengatakan pergantian jabatan dalam tubuh TNI AD merupakan salah satu bentuk upaya pembinaan dalam rangka menyegarkan dan meningkatkan kinerja organisasi guna menghadapi dinamika perkembangan tugas.
Jabatan adalah amanah yang harus yang harus dijalankan dan harus dilaksanakan bagi setiap Perwira sebagai tanggung jawab moral dalam membawa dan memajukan satuan serta meningkatkan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya. Jelas Danrem. Danrem juga memberikan penekanan pada pejabat baru, agar mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan tugas, serta senantiasa berbuat yang terbaik, jujur, tulus dan ikhlas untuk Koem 045/ Garuda Jaya.

sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/12/korem-045gaya-terima-enam-perwira/

Letkol Inf M. Ibnu Subroto Jabat Dandenintel
Kubu Raya, 22 Desember 2015-
Kubu Raya, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tpr Mayor Jenderal TNI Toto R. Soedjiman melantik  Komandan Detasemen Intelijen Kodam  XII/Tpr Letkol Inf Mohammad Ibnu Subroto di Aula Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No 1 Sungai Raya, Kubu Raya, Kalbar pada Selasa 22 Desember 2015.
Pangdam XII/Tpr berkeyakinan bahwa perwira yang baru menjabat dengan pengalaman tugas yang dimiliki dapat menjalankan tugas dengan baik, namun saat ini tugas - tugas intelijen harus dapat disesuaikan dengan tuntutan perkembangan  dan situaasi yang berkembang saat ini yang dinamis dan kompleks, ujar Pangdam.

Selain itu Pangdam  perintahkan supaya aparat intelijen menyadari bahwa, mereka adalah telinga dan mata pimpinan yang harus mampu menyampaikan fakta, data, laporan maupun analisa intelijen secara cepat, tepat dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Yang nantinya akan menjadi bahan masukan bagi pimpinan, dalam mengambil keputusan dan anti sipasi terhadap perkembangan situasi yang terjadi dalam satuan, jelas Pangdam.
Pangdam pun berharap untuk Dandenintel yang baru dilantik, dapat melanjutkan hal-hal yang sudah baik yang dilakukan pejabat lama, khususnya dalam peningkatan kemampuan anggotanya baik kemampuan penyelidikan pengamanan dan penggalangan.
Pangdam juga mengucapkan selamat kepada Letkol CPM Syarifudin yang baru bertugas di Kodam XII/Tpr sebagai Wadan Pomdam XII/Tpr dan kepada Letkol Cpl Dedi  Kurnia Harahap yang menempati tugas baru sebagai Pabandya Gal Sintel Dam XII/Tpr.
sumber, http://www.kodam-tanjungpura.mil.id/index.php/list-utama/3732-letkol-inf-m-ibnu-subroto-jabat-dandenintel