Rabu, 17 Februari 2016

14-21 Pebruari 2016

Danbrigif 1 Pimpin Sertijab Danyonkav 9/penyerbu
Jum'at 19 Februari 2016-
Pada hari ini dilaksanakan  serah terima jabatan dari Letkol Kav Soleh, S.Sos kepada Mayor Kav Muhammad Arifin, SH. yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Yonkav 9/Penyerbu, Kota Tagerang Selatan, Jum’at (19/2/16)
Pada upacara pergantian pejabat ini dipimpin langsung Komandan Brigif-1 PIK/JS Kolonel Inf Rionardo. Dalam sambutannya Danbrigif mengatakan, upacara serah terima jabatan ini merupakan wujud penghargaan dari satuan Brigif-1 Pam Ibu Kota/Jaya Sakti kepada Letnan Kolonel Kav Soleh terima kasih atas pengabdiannya selama
menjabat. “Acara seperti ini juga merupakan sarana dalam rangka melestarikan budaya tradisi satuan agar personil yang bersangkutan, tetap mengenang satuan lamanya dan bagi pejabat baru, akan di jadikan sebagai langkah awal untuk menumbuhkan jiwa korsa, semangat dan kebanggaan pada satuan ini nantinya.Mutasi pejabat semacam ini di lingkuran TNI AD merupakan suatu hal yang biasa dan wajar,” kata Komandan Brigif 1 Pam Ibu Kota/Jaya Sakti Kolonel Inf Rionardo. Danbrigif 1PIK/JS mejelaskan, pergantian ini dilakukan guna memberikan penyegaran dan pengamanan serta wawasan kepada perwira yang memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas yang dapat dipertanggung-jawabkan secara terarah, teratur dan berkeseimbangan agar di peroleh personil yang berkualitas dengan tingkat kebutuhan organisasi. “Pergantian pejabat ini diharapkan dapap memberikan variasi penugasan terhadap Perwira yang bersangkutan,” pungkasnya. Bagi pejabat baru, Kolonel Inf Rionardo, diharapkan dapat memotivasi Prajurit Batalyon Kavaleri 9 /Penyerbu untuk berprestasi dan melaksanakan tugas sesuai dengan tugasnya. “Kita dapat berbangga atas kepercayaan yang di erikan oleh negara kepada Batalyon Kavaleri 9/Peryerbu, bahwa pasukan dari organik Batalyon sedang melaksanakan tugas negara dalam rangka misi perdamaian PBB ke Libanon yang bergabung dalam satgas TNI Kongo Unifil,” jelas Komandan Brigif-1 Kolonel inf Rionardo. Serah terima jabatan ini dihadiri, Sesepuh Batalyon Kavaleri 9/ Penyerbu, Kepala Staf Brigif-1 Pam Ibu Kota/ Jaya Sakti dan Perwira Staf Brigif-1 Pam Ibu Kota/Jaya Sakti, Ketua beserta pengurus Persit KCK Cab XI Brigif-1 PD Jaya dan Pengurus Persit Ranting 5 Yonkav 9 cab XI Brigif 1
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danbrigif-1-pimpin-sertijab-danyonkav-9penyerbu/

Brigjen TNI Rahmat Pribadi Menjabat Kasdam V/Brawijaya
Kamis 18 Februari 2016-
Surabaya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi memimpin acara laporan Korps serah terima jabatan Kasdam V/Brawijaya dan Aslog Kasdam V/Brawijaya, di Ruang Hening Kodam V/Brawijaya, Kamis 18/2/2016. Kepala Staf Kodam V/Brawijaya yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI Yoppye Onesimus Wayangkau akan pindah tugas sebagai Pa Ahli Tk. III Bidang Sosial Budaya dan HAM Panglima TNI, digantikan oleh Brigjen TNI Rahmat Pribadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabinda Kalimantan Selatan, Aslog Kasdam yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Wawan Setiawan pindah tugas sebagai Pamen Pussenif dan digantikan oleh Kolonel Czi Jamallulael yang sebelumnya sebagai Pamen Mabesad. Pangdam dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Yoppye Onesimus Wayangkau dan Kolonel Inf Wawan Setiawan beserta istri atas segala pengabdian yang telah ditunjukkan, dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Kasdam V/Brawijaya dan Aslog Kasdam V/Brawijaya. Serta mengucapkan “Selamat datang dan selamat bertugas kepada Brigjen TNI Rahmat Pribadi dan Kolonel Czi Jamallulael beserta istri, semoga kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan dapat dipegang teguh dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab” Tegas Pangdam. Lebih lanjut Mayjen TNI Sumardi mengatakan bahwa serah terima jabatan, tidak hanya terkait dengan proses pembinaan personel dan satuan sesuai kebutuhan organisasi tetapi juga terkait dengan peningkatan kualitas kinerja organisasi, sekaligus bertujuan untuk penyegaran tugas personel secara berkesinambungan. Pangdam berharap agar pejabat yang melaksanakan serah terima tugas dan tanggungjawab jabatan, dapat terus menyumbangkan karya terbaiknya.
Menurut Pangdam bahwa tanggungjawab yang harus diemban oleh pejabat baru tidak hanya berupaya meningkatkan kualitas diri dan meraih jenjang karier yang lebih tinggi tetapi juga harus menyediakan banyak waktu, tenaga dan pikiran guna menangani berbagai kepentingan para anggota beserta keluarganya dan juga dalam menyikapi berbagai persoalan yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara. Tantangan yang akan dihadapi oleh pejabat baru (Kasdam dan Aslog) di wilayah Kodam V/Brawijaya sangat kompleks, berkaitan dengan upaya penertiban aset negara milik Kodam V/Brawijaya, peningkatan profesionalisme dan disiplin anggota, Serbuan Teritorial dalam upaya mewujudkan Swasembada Pangan, RTLH dan Penghijauan serta persoalan terkait Binsat satuan jajaran Kodam V/Brawijaya. Hadir pada acara tersebut, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah V/Brawijaya beserta pengurus, Irdam, Para Danrem, Para Asisten, Staf Ahli dan Staf Khusus, Pa Laision AL dan AU serta Kabalak Jajaran Kodam V/Brawijaya beserta Isteri.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/brigjen-tni-rahmat-pribadi-menjabat-kasdam-vbrawijaya/

Dandim 0615 Pimpin Korp Raport Kasdim
Kamis 18 Februari 2016-
Kuningan, Komandan Kodim 0615/Kuningan memimpin acara Korp Raport Kepala Staff Kodim 0615/Kuningan di Aula Makodim Jalan RE Martadinata No.97 Kuningan dengan di hadiri Para Pasi, Para Danramil, Perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0615/ Kuningan. Kamis (18/2).
Mayor Inf Riza Taufik Hasan dipercaya oleh Pimpinan untuk menjadi Kasdim 0615/Kuningan menggantikan pejabat lama Mayor Inf Bambang Semiana yang bergeser sebagai Pasilog Korem 063/ SGJ Cirebon. Pergeseran dan penggantian pejabat dalam suatu organisasi bukanlah hal yang luar biasa, melainkan peristiwa yang wajar terjadi sesuai tuntutan kebutuhan organisasi dan kebijakan komando dalam rangka menyegaran. Kepada pejabat Kasdim yang baru supaya segera beradaptasi dengan Lingkungan Kodim, masyarakat dan pemda Kuningan dan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mayor Inf Bambang Semiana atas segala dedikasi dan pengabdiannya di Kodim 0615/Kuningan dalam menciptakan suatu kodisi yang aman , tentram dan kondusif. Demikian disampaikan Dandim 0615/ Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat SIP saat memimpin acara Korps Rapor jabatan Kepala Staf Kodim.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/dandim-0615-pimpin-korp-raport-kasdim/

Pedang Pora Sambut Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi
Kamis 18 Februari 2016-
BANDA ACEH – Kedatangan Pangdam IM Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi didampingi Ny. Wiwik Luczisman Rudy Polandi ke Makodam IM disambut dengan acara Tradisi Pedang Pora dilanjutkan acara pengukuhan penerimaan warga baru sebagai tanda penghormatan terhadap pejabat Pangdam IM, Kamis (18/02/2016). Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi merupakan lulusan Akabri 1984 sebelumnya menjabat Pa Ahli TK III Bidang Sosbud dan HAM Panglima TNI. Tradisi penerimaan pejabat Kodam IM (Pangdam IM) disambut dengan Pedang Pora digelar didepan Makodam Iskandar Muda, sebelum disambut secara militer Pangdam IM juga disambut dengan adat Aceh dengan tarian Ranup Lampuan dengan rangkaian acara penyambutan, tepung tawar/peusijuek di Lanud SIM, tradisi penyambutan di mulai dari Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar. Penyambutan kedatangan Mayor Jenderal TNI Luczisman Rudy Polandi sebagai Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda yang baru menggantikan Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto. Mayor Jenderal TNI Luczisman Rudy Polandi bukanlah wajah baru bagi keluarga besar Kodam Iskandar Muda. Memulai karirnya sebagai Komandan Peleton 1 Kipan C Yonif 642 pada tahun 1984, Jendral Bintang Dua ini sebelumnya juga pernah menjabat Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Aceh pada 2013 dan Kepala Staf Kodam Iskandar Muda pada tahun 2014 s.d 2016. Sebelumnya, Selasa (16/02), Mayor Jenderal TNI Luczisman Rudy Polandi dilantik dan menerima jabatan Pangdam IM dari Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto. Serah-terima jabatan langsung dipimpin oleh KASAD Jenderal TNI Mulyono, di Gedung Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat, Jakarta.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/pedang-pora-sambut-mayjen-tni-luczisman-rudy-polandi/

Lima Dandim Jajaran Korem 072/Pmk & Danyonif 403/WP Diganti
Rabu 17 Februari 2016-
Upacara serah terima jabatan (sertijab dipimpin langsung oleh Komandan Korem 072/Pmk Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono di Ruang serba guna Makorem 072/Pmk Jl. Reksobayan No 4 Yogyakarta, Rabu (17/2). berlangsung khidmat yang dihadiri oleh Kasrem, Para Kasi Korem, Para Dandim dan Dansatdisjan jajaran Korem 072/Pmk serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro dan Pengurus. Dalam acara Sertijab ini Korem 072/Pmk melaksanakan 5 pergantian Dandim dan Danyonif 403/WP diantaranya berada di wilayah DIY. Yakni Dandim 0731/ Kulonprogo dari Letkol Czi Cornelles Rompas digantikan Letkol Arm Gunawa, lalu Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Tumadi digantikan Letkol
Inf Agus widianto. Terakhir, Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Bambang Yudi Kustiwa digantikan Letkol Arm Djoko Sudjarwo. Sementara dua Dandim lain berada di wilayah Jawa Tengah, yakni Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya digantikan Letkol Czi Priyo Sambodo. Satu Dandim lainnya, Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Agus Muchlis Latif digantikan Czi Dwi Hariyono. Pergantian juga dilakukan pada Danyon Infanteri 403/WP dari Mayor inf Imron Masyhudi kepada Mayor Inf Muchlis Gasim. Dalam amanatnya Danrem menjelaskan “ bahwa kegiatan sertijab di lingkungan Korem 072/Pmk yang baru saja dilaksanakan adalah bagian dari dinamika pembinaan personel dan organisasi TNI AD yang dilakukan secara berkesinambungan. Kegiatan ini mempunyai esensi sebagai sebuah upaya pembinaan personel dalam rangka tour of duty dan tour of area agar organisasi menjadi lebih dinamis, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi dalam rangka pengembangan karier untuk memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas. Oleh karena itu, setiap pejabat diharapkan dapat memberikan pengabdian terbaik yang sesuai norma dan aturan yang berlaku selama mengemban jabatannya demi kemajuan dan keberhasilan satuan.” Jelasnya.
Danrem berharap “kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan TNI ini hendaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan ini dengan sebaik-baiknya. Sejalan dengan itu, ciptakan karya nyata di lingkungan tugas para Perwira agar terwujud satuan yang dapat diandalkan dan memiliki jiwa korsa yang tinggi dan solid. Para Perwira jangan berhenti berfikir, berkreasi, berinovasi demi kemajuan dan keberhasilan organisasi yang selalu dituntut memiliki disiplin dan profesionalitas yang tinggi.” katanya. Usai upacara sertijab juga dilaksanakan acara tradisi pelepasan dan penerimaan prajurit Korem 072/Pmk dilanjutkan dengan Lepas Sambut.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/lima-dandim-jajaran-korem-072pmk-danyonif-403wp-diganti/

Letkol Arm Djoko Sudjarwo Resmi Jabat Dandim 0732/Sleman
Rabu 17 Februari 2016-
Letkol Arm Djoko Sujarwo resmi menjabat Komandan Kodim 0732/Sleman, sertijab dipimpin langsung Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono diruang Manunggal Korem 072/Pmk, Rabu (17/2). Acara Sertijab Dandim 0732/Sleman dilaksanakan bersamaan dengan sertijab 4 Dandim jajaran Rem 072/Pmk dan Danyonif 403/WP. Dalam amanatnya Danrem mengajak kepada seluruh Dandim jajaran Korem 072/Pmk untuk bersama-sama, mengembangkan pikiran yang kreatif dan inovatif melalui kepemimpinan dan managerial yang lebih matang, dalam rangka menjabarkan kebijakan pimpinan dalam menyelenggarakan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan kemampuan wilayah dan pembinaan komunikasi sosial serta pembinaan bakti TNI. “Jabatan merupakan amanah yg harus dilaksanakan dengan sebaik baiknya”,ujar Danrem. Letkol Arm Djoko Sudjarwo sebelumnya menjabat Komandan Bataliyon Armed 3 Magelang dan merupakan lulusan Akmil 1998.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/letkol-arm-djoko-sudjarwo-resmi-jabat-dandim-0732sleman/

Dandim 0709/Kebumen Melaksanakan Sertijab Jabatan
Rabu 17 Februari 2016-
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono pimpin serah terima tugas dan tanggungjawab jabatan Dandim 0709/Kebumen dari Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H kepada penggantinya Letnan Kolonel Czi Priyo Sambodo, S.IP bertempat di Ruang Serbaguna Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan No. 4 Yogyakarta, Rabu (17/2/16).
Dalam sambutanya Danrem menyampaikan terima kasih, sekaligus mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Letkol Czi Priyo Sambodo, S.IP beserta istri, semoga dapat meningkatkan keberhasilan yang telah diraih oleh pejabat sebelumnya. Danrem juga menambahkan, bahwa tanggungjawab jabatan merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan, sekaligus amanah Tuhan Yang Maha Kuasa agar dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dalam kesempatan tersebut Danrem mengajak kepada seluruh Dandim jajaran Korem 072/Pmk untuk bersama-sama, mengembangkan pikiran yang kreatif dan inovatif melalui kepemimpinan dan managerial yang lebih matang, dalam rangka menjabarkan kebijakan pimpinan dalam menyelenggarakan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan kemampuan wilayah dan pembinaan komunikasi sosial serta pembinaan bakti TNI. Diakhir amanat Danrem menyampaikan kepada seluruh peserta upacara jajaran Korem 072/Pmk, untuk senantiasa mencermati perkembangan dan situasi yang berkembang, tidak lengah serta senantiasa siap sedia mengantisipasi berbagai kemungkinan yang timbul dan bisa terjadi. Dalam waktu yang bersamaan juga dilaksanakan Sertijab Dandim 0707/Wsb, Dandim 0709/Kbm, Dandim 0729/Btl, Dandim 0731/Klp, Dandim 0732/Slm dan Danyonif 403/Wp. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem, Para Kasi Korem. Para Dandim, Kasatdisjan jajaran Korem 072/Pmk serta Ketua Persit Chandra Kirana Koorcab Korem 072 dan para ketua Persit Cabang jajaran Korem 072/Pamungkas.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/dandim-0709kebumen-melaksanakan-sertijab-jabatan/

Mayjen TNI Agus Kriswanto Terima Memorandum Pelaksanaan Tugas Di Kodiklat TNI AD
Rabu 17 Februari 2016-
Bandung, Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E., secara resmi menyerahkan Memorandum pelaksanaan tugas di Kodiklat TNI AD kepada Mayor Jenderal TNI Agus kriswanto selaku Komandan Kodiklat yang baru, Rabu (17/2). Penyerahan memorandum tersebut dilaksanakan dalam acara Lepas Sambut yang berlangsung di lapangan upacara Makodiklat TNI AD. Selain acara penyerahan memorandum dalam acara lepas sambut juga dilaksanakan penyerahan pasukan dan kegiatan defile dari satuan jajaran kodiklat TNI AD. Pelaksanaan Defile itu sendiri diikuti oleh seluruh personel Pusdik jajaran Kodiklat TNI AD yang diawali dengan atraksi Marching Band dari Pusdikzi Kodiklat TNI AD. Dalam acara lepas sambut tersebut Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E., selaku pejabat Dankodiklat yang lama berkesempatan berpamitan kepada segenap Keluarga Besar Kodiklat TNI AD dan sekaligus mengucapkan Selamat bertugas kepada Komandan baru Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto. Dalam sambutannya Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E., mengatakan Kita sudah berupaya untuk meningkatkan kepedulian dalam pembinaan satuan, menjaga kesehatan, memelihara keharmonisan keluarga, memacu semangat kerja untuk dapat berprestasi serta memperhatikan keamanan dan menghindari dari pelanggaran sekecil apapun serta upaya-upaya tersebut sudah dirasakan pada hasil pembinaan satuan, proses belajar mengajar, kebersihan dan kerapihan lingkungan kantor serta ketertiban personel telah menunjukkan perubahan yang baik, walaupun hal ini perlu terus ditingkatkan.
Sedangkan Komandan Kodiklat TNI AD mengatakan Komandan beserta seluruh warga Kodiklat TNI AD bertekad akan melanjutkan dan meneruskan apa yang telah dimulai oleh Letjen TNI Agus Sutomo, S.E., kepada seluruh warga Kodiklat TNI AD serta mengharapkan tetap terbangunnya komunikasi dengan Jenderal, tetap memberikan bimbingan dan arahan guna kepentingan terbangunnya Kodiklat TNI AD yang kuat dan berhasil dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Hal itu sangat di butuhkan dalam membangun kinerja Kodiklat TNI AD ke depan. Hadir dalam acara ini, Wakil Komandan Kodiklat TNI AD, para Komandan Pussen, para Pamen Ahli dan Pamen Khusus, para Komandan Pusdik jajaran Kodiklat TNI AD, Ibu Ketua Persit Gabungan Kodiklat TNI AD beserta pengurus, para undangan dan seluruh anggota Kodiklat TNI AD. (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/mayjen-tni-agus-kriswanto-terima-memorandum-pelaksanaan-tugas-di-kodiklat-tni-ad/


Jabatan Dankodiklat TNI AD dan Pangdam IM Diserahterimakan
Selasa, 16 Pebruari 2016-
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklat TNI-AD) dari Letjen TNI Agus Sutomo, S.E. kepada Mayjen TNI Agus Kriswanto, dan Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen TNI Agus Kriswanto (Dankodiklat TNI AD) Kepada Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi di Mabesad, Jakarta, Selasa (16/02).

Kasad Dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan ini merupakan bagian dari dinamika organisasi di lingkungan TNI AD yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan melalui Tour of Duty dan Tour of Area, untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karir personel.
Lebih lanjut Kasad mengingatkan, kebijakan Renstra TNI AD 2015-2019 mengacu pada RPJMN 2015-2019, dimana program-program dan kebijakan TA. 2016 ini masih melanjutkan program dan kebijakan TA. 2015 yang diprioritaskan kepada peningkatan kesejahteraan, Modernisasi Alutsista, kesiapan operasional, pendidikan dan latihan dalam rangka mewujudkan
profesionalisme dan pengamanan perbatasan serta pulau terluar/terdepan. TNI Angkatan Darat juga akan tetap konsisten untuk terus melanjutkan Kebijakan Reformasi Birokrasi yang berbasis kinerja.
Selain itu, TNI AD juga bertekad untuk terus mendukung program pemerintah dalam
mewujudkan Swasembada Pangan dan mempertanggungjawabkannya secara baik demi peningkatan pelaksanaan program Binter di daerah.
Kemudian Kasad mengatakan bahwa tugas dari Kodiklat TNI AD yaitu menyelenggarakan
pembinaan doktrin dan organisasi,  serta menyelenggarakan pembinaan pendidikan dan latihan dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat, dituntut untuk memiliki kemampuan dan kepedulian yang tinggi terhadap berbagai upaya membangun sistem pendidikan dan latihan yang profesional, terukur dan berkualitas  di lingkungan TNI Angkatan Darat.
“Saya menaruh harapan besar kepada Dankodiklat TNI AD, untuk terus mengembangkan doktrin, serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan latihan untuk mewujudkan prajurit yang profesional, handal dan hebat, memiliki daya saing yang tinggi serta disegani dalam interaksi militer lintas matra maupun Internasional.” Ungkap Jenderal TNI Mulyono. Kasad juga berpesan kepada Pangdam IM untuk mempertahankan terus situasi dan kondisi wilayah Aceh senantiasa damai, aman dan kondusif bagi pembangunan masyarakat. Lanjutkan terus serbuan teritorial secara konstruktif dan inovatif sebagaimana kebijakan bidang teritorial yang telah ditetapkan, agar keberadaan prajurit TNI AD di wilayah Aceh semakin diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Keberadaan Kodam Iskandar Muda adalah atas permintaan rakyat dan pemerintah daerah Nanggroe Aceh Darussalam yang sejalan dengan tekad dan semangat rakyat Aceh yang ingin membangun daerahnya di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.” Ujar Kasad.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakasad, Pangkostrad, Irjenad, Para Asisten dan Kasahli Kasad, Para Pangkotama dan Kabalakpus TNI Angkatan Darat, Pengurus Persit KCK dan tamu undangan. (Dispenad)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/jabatan-dankodiklat-tni-ad-dan-pangdam-im-diserahterimakan/
-------------------------
Danrem 063/Sgj Pimpin Acara Penerimaan Jabatan Dandim 0614/Kota Cirebon
Selasa, 16 Pebruari 2016-
Cirebon,-Komandan Korem 063/SGJ memimpin acara Penerimaan Tugas, Wewenang dan Tanggung jawab jabatan Dandim 0614/Kota Cirebon serta Korps Raport Kasi Pers Korem 063/SGJ, bertempat di aula Makorem 063/SGJ jl Brigjen Darsono no 45 Cirebon, Selasa (16/2).
Jabatan Komandan kodim 0614/Kota Cirebon secara resmi diserahkan oleh Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto kepada Letkol Inf Suharma Zunam, S. AP dan untuk jabatan Kasi Pers Korem 063/SGJ yang sebelumnya Letkol Caj Drs. Ngakan M.T, digantikan oleh Mayor Caj Hadi Suryono.
Dalam Kesempatan tersebut Danrem 063/SGJ mengucapkan terima kasih kepada Letkol Caj Drs. Ngakan M.T beserta istri atas karya pengabdian, kerja sama dan dedikasinya dalam melaksanakan tugas di Korem 063/SGJ. Semoga dapat lebih sukses dalam mengemban tugas yang baru sebagai Kabagminseldik Subditbinminperspra Ditajenad. Kepada Letkol Inf Suharma Zunam, S. AP dan Mayor Caj Hadi Suryono saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di jajaran Korem 063/SGJ semoga dapat meningkatkan keberhasilan yang telah diraih oleh pejabat sebelumnya dengan meneguhkan dan memelihara kesamaan visi dan persepsi dalam menjamin keberhasilan tugas pokok TNI AD khususnya Korem 063/SGJ pada pelaksanaan program kerja TA 2016. Lebih lanjut Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto memerintahkan kepada para Babinsa jajaran Korem 063/SGJ melalui Dandim Jajaran Korem 063/SGJ untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pengaruh bahaya radikalisme dan pengaruh dari paham terlarang menyangkut dipulangkannya mantan anggota Gafatar kedaerah masing-masing, khususnya wilayah Korem 063/SGJ. Babinsa agar mendata ulang penduduk desa binaannya dan mengetahui setiap perkembangan yang terjadi. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim jajaran korem 063/SGJ, Ka/Dan Satdisjan jajaran Korem 063/SGJ, Kasi/Pasi Korem 063/SGJ ketua Persit KCK Koorcab Rem 063 PD III/Siliwangi beserta pengurus dan tamu undangan lainnya. (Penrem 063/sgj)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-063sgj-pimpin-acara-penerimaan-jabatan-dandim-0614kota-cirebon/
-------------------------
Mayor Arh Ari Trisenta, Jabat Danyon Arhanud Pertama
Senin, 15 Pebruari 2016-
Palembang, Bersamaan dengan upacara Peresmian Validasi Yonarmed 15/76 MM/Tarik/Cailendra menjadi Yonarmed 15/105 MM/Tarik/Cailendra, penyesuaian Orgas Yonkav 5/Serbu menjadi Yonkav ROK 2011 dan Peresmian Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yonarhanud 12/Satria Bhuana Prakasa, yang digelar Senin, (15/2/2016) di Lapangan Makodam II/Swj Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.Ip melantik Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto, S.Sos sebagai Danyon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj yang pertama. Pelantikan Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto, S.Sos sebagai Danyon Arhanud 12/SBP ditandai dengan penyerahan tunggul Batalyon, pemasangan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat Komando oleh Pangdam II/Swj. Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto, S.Sos merupakan abituren Akmil 1999. Sebelum menjabat Danyon Arhanud 12/SBP, lulusan Seskoad tahun 2014 ini menjabat sebagai Kabag Proggar Set Pussen Arhanud Kodiklat TNI AD. Suami dari dr. Moya Dewi Marlenny Sp.S, dan ayah dari Arya Maulana Nursanto (10 tahun), lahir di Malang tanggal 13 Januari 1978. Dalam kesempatan upacara pelantikan tersebut, Pangdam II/Swj menyampaikan ucapan selamat kepada Mayor Arh Ari Trisenta Nursanto, S.Sos atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh pimpinan TNI AD untuk menjabat Dayonarhanud-12/SBP yang pertama. Sebagai satuan yang baru dikembangkan, menurut Pangdam II/Swj tentu masih dihadapkan pada sejumlah kendala dan permasalahan, baik berkaitan dengan pangkalan, personel, materiil persenjataan dan lain sebagainya. “Namun, dengan dilandasi profesionalitas, moralitas dan integritas serta koordinasi dengan Staf, satuan dan pihak terkait, saya yakin permasalahan tersebut akan dapat diselesaikan dengan baik,” tandas Pangdam II/Swj”. Pada kesempatan tersebut, Mayjen TNI Purwadi juga berpesan agar para Dansat melatih prajuritnya dengan sungguh-sungguh. “Latih prajuritmu dengan sungguh-sungguh, karena hanya prajurit yang terlatih, yang akan mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Pimpinan Kodam II/Swj maupun Pusat Kesenjataan, sambung Panglima tentu akan terus memperhatikan dan memenuhi secara bertahap semua kebutuhan satuan sesuai skala prioritas sampai dengan mencapai kondisi ideal dan mantab satu. Perlu diketahui bahwa pengembangan Yon Arhanud 12 / SBP yang berdislokasi di Jln. Lintas Raya Palembang – Betung Km 18 Kab. Banyuasin, berdasarkan Perkasad nomor 60/2015 tanggal 19 November 2015 tentang pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yon Arhanud 12/SBP Kodam II/Swj. Pengembangan ini merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postrur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). (Pendam II/Swj).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/mayor-arh-ari-trisenta-jabat-danyon-arhanud-pertama/
-------------------------
Pangdam Resmikan 3 Batalyon Satbanpur Jajaran Kodam II/Swj
Senin, 15 Pebruari 2016-
Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson S.I.P., meresmikan 3 Batalyon Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) jajaran Kodam II/Swj dalam suatu Upacara Militer, Senin (15/2/2016) bertempat di lapangan Makodam II/Swj Jl. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang. Ketiga Batalyon tersebut, yakni Validasi Yonarmed 15/76 MM/Tarik/Cailendra menjadi Yonarmed 15/105 MM/Tarik/Cailendra, penyesuaian Orgas Yonkav 5/Serbu menjadi Yonkav 5/Dwi Pangga Ceta ROK 2011 dan Peresmian Pengembangan Raiarhanudri 41/BS menjadi Yonarhanud 12/Satria Bhuana Prakasa. Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj mengatakan bahwa, Peresmian tiga Satuan Bantuan Tempur jajaran Kodam II/Swj tersebut, selain untuk mengakomodir tuntutan dan tantangan tugas yang dihadapi, juga merupakan bagian dari rencana strategis TNI AD untuk mewujudkan postur TNI AD dalam rangka pembangunan kekuatan TNI AD untuk mencapai Minimum Essential Force (MEF). Dengan demikian menurut Pangdam, keberadaan Yon Armed, Yonkav dan Yon Arhanud akan mampu melaksanakan tugas pokok, peran dan fungsinya secara optimal dalam mendukung tugas pokok Kodam II/Swj. Pangdam juga mengatakan, sesuai bidang tugas pokoknya masing-masing, keberadaan satuan Armed, Kavaleri dan Arhanud melalui bantuan tembakan lintas lengkung, lintas datar dan pertahanan udara, diharapkan dapat membantu secara signifikan satuan manuver dalam suatu pertempuran guna penghancuran berbagai sasaran darat dan udara yang dikuasai musuh.
“Satbanpur harus selalu bersinergi dan membangun interoperabilitas dengan Satpur, Satbanmin dan Satkowil untuk mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam II/Swj”, tandas Pangdam.
Lebih lanjut, Pangdam menjelaskan bahwa, dihadapkan dengan perkembangan teknologi persenjataan untuk mendukung suatu pertempuran yang sudah semakin canggih, maka dibutuhkan prajurit yang profesional, berdisiplin, militan dan terlatih, agar mampu memahami, menguasai dan mengawaki teknologi persenjataan yang dipertanggungjawabkan. “Oleh sebab itu, setiap prajurit dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan perorangan hingga melampaui standar minimal kemampuan yang harus dimiliki seorang prajurit yaitu jago tembak, jago perang, jago beladiri, berdisiplin tinggi dan memiliki fisik yang prima”, terangnya. Pada kesempatan tersebut Pangdam juga menekankan agar seluruh prajurit terus mengasah kemampuan dan keterampilan tempur serta melakukan pendekatan kepada rakyat melalui kemampuan pembinaan teritorial, dengan cara yang sederhana yaitu selalu baik-baiklah dengan rakyat. “Prajurit Kodam II/Swj harus menjadi bagian dari solusi yang dihadapi masyarakat, jangan kecewakan rakyat, bantu kesulitan rakyat, terus tingkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena rakyat adalah ibu kandung TNI”, tandas Mayjen Purwadi. “Sadari bahwa rakyat, bangsa dan negara ini sangat mengharapkan kehadiran prajurit TNI AD, prajurit Kodam II/Swj yang hebat dan profesional, tetapi tetap peduli dengan rakyat, santun, rendah hati, dan bermoral”, ujarnya. Hadir dalam acara tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak,S.I.P., M. Sc., para pejabat TNI/Polri, unsur FKPD Prov. Sumsel, Ketua dan Wakil Ketua beserta pengurus Persit KCK PD II / Sriwijaya dan seluruh Prajurit dari Satpur, Satbanpur dan Satbanmin jajaran Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang. (Pendam II/Swj).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/pangdam-resmikan-3-batalyon-satbanpur-jajaran-kodam-iiswj/