Senin, 29 Februari 2016

22-29 Pebruari 2016

Danrem 061/Sk Pimpin Sertijab Dandim 0622/Kab. Sukabumi
Sabtu 27 Februari 2016-
Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel Inf Fulad, S.Sos., M.Si. pimpin serah terima jabatan Dandim 0622/Kab. Sukabumi dari Letkol Inf Ari Sudarsono kepada Letkol Kav Guruh Prabowo, M.Eng bertempat di Lapangan Makodim 0622/Kab. Sukabumi, Sabtu (27/2).
Dalam sambutannya Danrem 061/Sk menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat adalah bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan
pembinaan personel dan pembinaan satuan, yang tujuannya meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas serta pengembangan karir Perwira yang bersangkutan. Alih tugas dan jabatan seperti pergantian Dandim 0622/Kab Sukabumi yang prosesinya baru saja kita saksikan, memberi gambaran bahwa dinamika kehidupan organisasi dilingkungan TNI Angkatan Darat dirancang secara profesional sebagai organisasi militer modern yang selalu ingin meraih kondisi yang lebih maju.Selanjutnya Danrem 061/Sk mengucapkan selamat datang kepada Letkol Kav Guruh Prabowo, M. Eng beserta istri, saya yakin berdasarkan pengalaman diberbagai penugasan serta kemampuan beradaptasi dan bersinerji dengan masyarakat,   akan  mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal.
Kemudian kepada Letkol Inf Ari Sudarsono, Danrem mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasinya selama menjabat sebagai Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ny. Desi Sudarsono atas kesetiaannya mendampingi suami selama mengemban tugas khususnya dalam pembinaan organisasi Persit Kartika Chandra Kirana jajaran Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi. Diakhir amanat Danrem menyampaikan kepada seluruh anggota Kodim  maupun satuan jajaran Korem 061/Suryakancana, untuk senantiasa mencermati perkembangan dan situasi yang berkembang, tidak lengah serta senantiasa siap sedia mengantisipasi berbagai kemungkinan yang timbul dan bisa terjadi. Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Dandim Jajaran Korem 061/Sk,Kapolres, Muspida dan Muspika setempat, Para Kasi Rem 061/Sk, Kabalak Aju jajaran Korem 061/Suryakancana serta Ketua Persit Chandra Kirana Koorcab Korem 061. (penrem 061/Sk)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-061sk-pimpin-sertijab-dandim-0622kab-sukabumi/

Danrem 172/PWY Pimpin Serah Terima Jabatan Dandim 1702/Jayawijaya
Sabtu 27 Februari 2016-
bepura – Bertempat di Aula Praja Wira Yakthi Makorem 172/PWY, Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono memimpin acara serahterima jabatan Dandim 1702/Jayawijaya dari Letkol Inf Muhammad Aidi kepada Letkol Inf J.A Krismadi, Sabtu (27/2). Dalam kesempatannya, Sugiyono menyampaikan bahwa Letkol Inf Muh. Aidi selama melaksanakan tugas dalam kurung waktu hampir setahun telah melaksanakan tugasnya sebagai Dandim 1702/Jayawijaya dengan sangat baik. “Ini bukan sekedar ungkapan pujian semata tetapi dari kacamata saya, saya sangat mengapresiasi segala hasil yang telah dicapai oleh Kodim 1702/Jayawijaya di bawah kepemimpinan Letkol Inf Muh. Aidi. Untuk itu, saya berharap agar kepemimpinan Letkol Inf Krismadi dapat lebih baik lagi dan melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh Dandim sebelumnya terutama program yang berkaitan dengan kemanunggalan TNI-Rakyat dan Ketahanan Pangan. Kepada seluruh jajaran Korem 172/PWY saya berharap untuk bersama-sama, mengembangkan pikiran yang kreatif dan inovatif melalui kepemimpinan dan managerial yang lebih matang, dalam rangka menjabarkan kebijakan pimpinan dalam menyelenggarakan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan kemampuan wilayah dan pembinaan komunikasi serta pembinaan bhakti TNI. Sehingga kita dapat mencapai tujuan kita yang paling utama yaitu di cintai rakyat.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-172pwy-pimpin-serah-terima-jabatan-dandim-1702jayawijaya/

Kodim 0721/Blora Gelar Acara Tradisi
Sabtu 27 Februari 2016-
BLORA – sebanyak 230 personel TNI, PNS serta Persit Kodim 071/Blora, sejak pagi memadati halaman Makodim setempat dalam acara Tradisi pelapasan Dandim lama Letkol Inf Ariful Mutaqin serta penerimaan Dandim baru Letkol Inf Susilo, S. Sos Letkol Inf Susilo, S. Sos. Sabtu  (27/02).
Acara tradisi di satuan Kodim Blora merupakan hal yang baru, yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan. Menurut Kasdim Blora acara tradisi merupakan  sebuah prosesi  sumpah setia kepada satuan dimana prajurit itu bertugas, dan itu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit itu sendiri maupun satuan. Jelas Kasdim Blora Mayor Kav Burhanuddin, ST. Pada acara tradisi, di awali pengalungan karangan bunga oleh Dandim lama Letkol Inf Ariful Mutaqin kepada Dandim baru Letkol Inf Susilo, S. Sos, di pintu gerbang masuk satuan Kodim 0721/Blora. Dengan berlangsungnya di kegiatan tradisi tersebut Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi mewakili seluruh perwira dan anggota menyerahkan kengan-kenang kepada Dandim lama berupa Foto Karikatur. “kenang-kenang ini jangan dilihat dari bentuknya, tapi ini merupakan kepedulian dan kesetiyaan anggota, agar Letkol Inf Ariful Mutaqin dimanapun bertugas selalu ingat satuan Kodim Blora yang tercinta ini“. Jelas Kapten Inf Sukemi. Usainya acara tradisi, Dandim lama beserta Ibu pamit dan mohon doa restu kepada semua personel yang hadir, yang sudah siap menunggu  berjejer memadati halaman makodim sampai pintu gerbang keluar. Di sela – sela kegiatan tersebut salah satu PNS mengucapkan selamat jalan semoga ditempat tugas yang baru Komandan dapat kesuksesan. “Kodim Blora selalu siap menanti kunjungan kerjanya “. Ujar PNS Windari.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/kodim-0721blora-gelar-acara-tradisi/

Danrem Pimpin Sertijab Dandim 0718/Pati dan Dandim 0721/Blora
Salatiga (26/2), Danrem 073/Mkt Kolonel Kav Prantara Santosa S.Sos.,M.Si.M.Tr. (Han) memimpin Sertijab Dandim 0718/Pati dan Dandim 0721/Blora di Aula Makorem 073/Makutarama.
Serah terima jabatan Dandim 0718/Pati dari Letkol Inf Hery Setiono kepada Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah dan Dandim 0721/Blora dari Letkol Inf Ariful Mutaqin kepada Letkol Inf Susilo, S.Sos.
Dalam amanatnya Danrem 073/Mkt memerintahkan Kepada Dandim 0718/Pati, wilayah Kabupaten Pati sampai saat ini masih terdapat banyak kerawanan antara lain adanya potensi perkembangan radikalisme, khususnya radikal kiri, yang dikhawatirkan akan menyebabkan gesekan-gesekan dalam kehidupan bermasyarakat yang berujung pada terjadinya konflik sosial. Hal ini menimbulkan kurang harmonisnya kehidupan masyarakat dan menghambat laju pertumbuhan ekonomi. Kemudian wilayah Kodim 0718/Pati juga memiliki potensi terjadinya bencana alam banjir pada musim penghujan, karena letak geografis wilayah ini rata-rata berada di dataran rendah dan pesisir pantai.
Kepada Dandim 0721/Blora, perlu saya sampaikan bahwa di wilayah Blora juga masih terdapat potensi kerawanan sosial yaitu masih adanya indikasi perkembangan radikalisme baik radikal kanan maupun kiri serta aliran-aliran yang mengatasnamakan agama, seperti Gafatar. Para mantan Gafatar yang berjumlah 4 orang di kabupaten Blora harus selalu diwaspadai, agar faham yang dianut sebelumnya tidak tumbuh dan berkembang menjadi ancaman yang dapat menyebabkan perpecahan dalam kehidupan masyarakat. Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah kelanjutan dari program ketahanan pangan di wilayah Blora yang hingga saat ini masih terus ditingkatkan, dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat dan realisasi swasembada pangan nasional. Sebagai aparat Satuan Komando Kewilayahan, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Karena dalam pelaksanaan tugas sehari-hari kita berhadapan langsung dengan masyarakat yang penuh dengan dinamika kehidupan sosial. Sehingga sebagai aparat teritorial harus mampu menguasai wilayah binaannya serta permasalahan yang terjadi. Acara Sertijab tersebut dihadiri para Dandim jajaran Korem 073/Mkt dan para Dan/Kasatdisjan Rem 073/Mkt. (Penrem 073/Mkt)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-pimpin-sertijab-dandim-0718pati-dan-dandim-0721blora/

Dandim 0721/Blora Di jabat Letkol Inf Susilo
Jum'at 26 Februari 2016-
BLORA, – Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Kav Prantara Santosa, S.Sos.,M.Si.,M.Tr (Han) Jumat (26/02) memimpin langsung Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodim 0721/Blora di Aula Makorem 073/Makutarama berlangsung dengan tertip dan lancar.
Dalam Sertijab itu Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin di gantikan dengan Dandim Baru Letkol Inf Susilo, S. Sos yang sebelumnya menjabat Pabandya Ops Kas Kostrad, selanjutnya Letkol Inf Ariful Mutaqin menempati jabatan baru Wadan Rindam IV/Diponegoro.
Danrem 073/Makutarama Kolonel Kav Kolonel Kav Prantara Santosa, S.Sos.,M.Si.,M.Tr (Han) menyampaikan bahwa, serah terima jabatan yang telah kita laksanakan ini,   merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel. Oleh karena itu, kegiatan ini hendaknya dipahami sebagai upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Darat. Selanjutnya Danrem memberikan arahan kepada Dandim yang baru untuk segera dapat menyesuaikan diri dengan tugas yang baru. Segera koordinasikan untuk merumuskan strategi operasional agar di satuan baru dapat merespon dan mengantisipasi perkembangan, perubahan dan dinamika sosial yang terjadi serta konsolidasikan mekanisme dan prosedur kerja yang saling mendukung antar staf satu dengan yang lain, seperti yang selama ini telah dilakukan oleh pejabat sebelumnya. Terang Danrem 073/Mkt “Lanjutkan dan tingkatkan upaya membangun kebersamaan dan soliditas satuan, pelihara dan tingkatkan Moril dan Kesejahteraan Prajurit sesuai dengan kemampuan serta berikan atensi kepada keluarganya. Semua itu perlu terus kita lakukan karena disitulah letak kekuatan kita “, ungkap Danrem. Pada kesempatan yang sama selain sertijab Dandim Blora juga dilakukan Sertijab Dandim 0718/Pati. seusainya kegiatan tersebut, juga dilakukan serah terima Ketua Persit KCK Cabang XLII Kodim 0721/Blora Ny. Fitri Ariful Mutaqin digantikan Ketua Persit Baru Ny. Susilo serta serah terima Ketua Persit KCK Cabang Kodim 0718/Pati.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/dandim-0721blora-di-jabat-letkol-inf-susilo/

Tiga Komandan Distrik Jajaran Korem 032 Diserah Terimakan
Kamis 25 Februari 2016-
Korem 032/Wbr (25/2/2016) Tiga Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) di jajaran Korem 032/Wirabraja melakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Sapta Marga Makorem 032/Wbr, yang dipimpin langsung Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Agus Bakti Fadjari, S.I.P.,M.Si, Kamis (25/2) siang. Mutasi tersebut sesuai dengan surat perintah Danrem 032/Wirabraja dengan nomor Sprin/85/II/2016 pada tanggal 4 Februari 2016. Ketiga Dandim tersebut adalah Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Nelson Baktiar yang digantikan Letkol Arm Cosmas Pramundhito, sebelumnya menjabat Kadepsista Pusdikarmed Kodiklat TNI AD. Sementara Nelson akan menempati jabatan sebagai Wairdam I/BB. Dandim 0308/Pariaman Letkol Inf Persada Alam digantikan Letkol Arh Endro Nurbantoro, yang sebelumnya menjabat Kabag Pers Set Pussenarhanud Kodiklat TNI AD. Sedangkan Persada Alam menjabat sebagai Waaster Kasdam I/BB. Kemudian Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Joko Maryanto pindah tugas sebagai Waaster Kasdivif-2 Kostrad. Sedangkan untuk penggantinya adalah Letkol Inf Setiya Asmara, sebelumnya menjabat Danyonif 121/MK Brigif 7/RR Kodam I/BB.
Brigjen TNI Agus Bakti Fadjari mengatakan, alih tugas dan jabatan merupakan hal yang biasa terjadi di dalam suatu organisasi militer modern seperti TNI-AD, harus dipahami bahwa pergantian pejabat suatu dinamika organisasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya meningkatkan kinerja satuan, sekaligus memperluas wawasan dan pengetahuan serta keterampilan di bidang kepemimpinan dan manajerial. Sebagai seorang Pejabat Komandan Kodim saudara dituntut senantiasa meningkatkan pembinaan satuan kewilayahan secara konseptual dan terpadu guna memantapkan kwalitas Prajurit dan satuan serta pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial kewilayahan,agar memiliki kesiap siagaan dalam menghadapi tugas operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.
Menurut Danrem 032/Wbr, ketiga daerah tersebut mempunyai wilayah yang sangat luas dengan berbagai kemungkinan timbulnya berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT). Oleh karena itu, perlu kewaspadaan dan pengawasan serta penanganannya secara terpadu, dalam pembinaan pertahanan wilayah Darat. Untuk itu, Komandan Kodim dituntut senantiasa meningkatkan pembinaan satuan kewilayahan secara konseptual, terpadu, guna memantapkan kualitas prajurit dan satuan, serta pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial kewilayahan, agar memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi tugas operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).
“Dalam mengaktualisasikan perannya, diharapkan Kodim agar senantiasa menjalin kerja sama yang harmonis dengan instansi lintas sektoral, tokoh masyarakat dan seluruh komponen bangsa yang ada di wilayahnya dengan dilandasi oleh semangat kemanunggalan TNI Rakyat,” ujar Danrem 032/Wbr. Danrem mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Nelson Baktiar, Letkol Inf Persada Alam dan Letkol Inf Joko Maryanto beserta istri. “Saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas bagi perwira yang baru. Pengalaman selama penugasan di tempat yang lama dapat dijadikan bekal dan modal untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru dengan harapan semoga bisa lebih sukses lagi,” harapnya. Hadir pada acara serah terima jabatan tersebut Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Mirza Agus, para Dandim, Kabalak Aju, Dan/Ka/Pa jajaran Korem, serta Ibu ketua Persit KCK Koorcab rem 032 PD I/BB dan Ketua cabang, ranting dan pengurus Persit KCK Koorcab rem 032 PD I/Bukit Barisan. Demikian disampaikan Penrem 032/Wbr.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/tiga-komandan-distrik-jajaran-korem-032-diserah-terimakan/

Dandim 1013/Mtw Diserahterimakan
Selasa 23 Februari 2016-
Palangka Raya, Serah terima Jabatan Dandim 1013/Muara Teweh dari Letkol Inf Dwi Maryanto kepada Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim dipimpin langsung oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto di Aula Korem 102/Pjg Jln Imam Bonjol No 05 Palangka Raya, Selasa (23/02). Dalam sambutannya Danrem 102/Pjg mengatakan bahwa alih tugas dan jabatan  yang dialami setiap prajurit adalah hal biasa terjadi dalam suatu organisasi, disamping itu, alih tugas dan jabatan merupakan prinsip yang senantiasa dipegang teguh secara konsisten untuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan manajerial serta profesionalitas keprajuritan para perwira di lingkungan TNI Angkatan Darat. Lebih lanjut Danrem 102/Pjg mengingatkan bahwa setiap jabatan adalah kepercayaan yang merupakan  titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang  sementara sifatnya, oleh sebab itu  jaga dan pelihara kepercayaan yang diberikan tersebut dengan sebaik-baiknya, karena nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ucapan terima kasih disampaikan Danrem kepada Kepada Letkol Inf Dwi Maryanto dan Istri yang telah memimpin Kodim 1013/Mtw yang selanjutnya menjabat Pabandya-3/Jianstra Spaban V/Jahrenstra Stenad,   Usai  kegiatan Sertijab  Dandim 1013/Mtw, dilanjutkan dengan pelaksanaan serah terima jabatan Ketua Persit Kodim 1013/Mtw, bertempat di Aula Transit Korem 102/Pjg dan dihadapan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII/Tanjungpura Ny. Nancy Purwo Sudaryanto. Hadir pada acara tersebut Kasrem 102/Pjg Letkol Inf Ulysses Sondang, S.IP, Para Dandim Jajaran Korem 102/Pjg, Danyonif 631/Atg, Dan/Kabalakrem, Dan/Kabalak Aju, Para Kasi Korem, Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/dandim-1013mtw-diserahterimakan/

Tari Guel Mengawali Pelepasan Mayjen TNI Agus Kriswanto
Selasa 23 Februari 2016-
Banda Aceh, Mayjen TNI Agus Kriswanto bersama Ny. Aik Agus Kriswanto mengakhirnya masa tugas di Aceh, Selasa (23/02/2016) dilepas dengan tampilan Tarian Guel asal dataran tanah Gayo di depan Balai Teuku Umar (BTU) Makodam Iskandar Muda. Tari Guel adalah salah satu khasanah budaya Gayo di Aceh. Guel berarti membunyikan. Khususnya di daerah dataran tinggi gayo, tarian ini memiliki kisah panjang dan unik. Tari guel bukan hanya sebuah tari biasa namun tari guel merupakan budaya yang memiliki makna dan tradisi adat tertentu. Konon tari guel yang di iringi irama musik dan nyanyian ini, memiliki cerita atau kisah, ketika menaklukan Gajah putih yang ada di rimbaraya kecamatan Gajah Puti Bener Meriah, yang akan dibawa ke Aceh Darusalam atau saat ini dikenan (Banda Aceh), atas permintaan Putri Raja Sultan. Sengeda yang saat itu menjadi Pawang kehabisan akal untuk menaklukan Gajah Putih.
Guel sepenuhnya apresiasi terhadap wujud alam, lingkungan kemudian dirangkai begitu rupa melalui gerak simbolis dan hentakan irama. Selain disambut dengan tarian Guel pelapasan juga diiringi dengan tradisi pedang pora, mantan Pangdam beserta Ny. Aik Agus Kriswanto didampingi oleh Pangdam IM Mayjen TNI L. Rudy Polandi bersama pejabat di jajaran Kodam IM secara perlahan-lahan melewati pagar barisan perwira Pedang Pora dan melewati barisan satu persatu wajah-wajah para anggota baik prajurit maupun PNS TNI Kodam Iskandar Muda di Makodam IM.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/tari-guel-mengawali-pelepasan-mayjen-tni-agus-kriswanto/

Danrem Pimpin Sertijab Tiga Dandim Dan Satu Komandan Batalyon Raider 134 Tuah Sakti
Selasa 23 Februari 2016-
Korem 033/WP, Selasa, 23/02, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Madsuni Pimpin Sertijab Jabatan Komandan Komando Distrik Militer Kodim/0316 Batam, Kodim/0317/Tanjung Balai Karimun, Kodim0318/Natuna dan jabatan Komandan Bataliyon Inf (Danyon) Raider 134/TS Tuah Sakti. Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Dandim dan satu Danyon tersebut akan dilakukan di Mako Korem 033/Wira Pratama, Selasa (23/2) pukul 09.00 WIB, acara serah terima jabatan di pimpin langsung Komandan Korem 033/WP, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Madsuni selaku Inspektur upacara. Tiga Komandan Kodim yang berganti yakni Letkol Inf Josep Tanada Sidabutar yang menjabat Dandim 0316/ Batam posisinya digantikan oleh Letkol Inf Andreas Nanang Dwi. Josep sendiri di promosikan menjabat sebagai Kasbrig Linud 17 Kujang Divisi I Kostrad. Selanjutnya, Letkol Inf Dec Jerry Manungkalit yang menjabat Dandim Tanjung Balai Karimun posisinya digantikan oleh Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa. Jerry sendiri di promosikan menjabat sebagai Waaspres Kasdam I Bukit Barisan. Sementara itu posisi Dandim 0318 Natuna, yang sebelumnya dijabat Letkol Inf Ade David Siregar diamanahkan kepada Letkol Inf Ucu Yustiana yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon Raider 134 Tuah Sakti. David sendiri akan menempati jabatan baru sebagai Kasbrig Linud 18 Trisula Divisi II Kostrad. Sedangkan Jabatan Danyon Raider 134 Tuah Sakti yang sebelumnya dijabat Letkol Inf Ucu Yustiana akan dijabat oleh Mayor Inf Tommy Anderson. Komandan Korem 033 WP, Brigjen TNI Madsuni, mengatakan proses alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI AD adalah suatu kebutuhan yang berkaitan dengan upaya pembinaan personil dalam rangka Tour of Duty dan Tour of Area. Selain itu ini juga sekaligus untuk memenuhi kebutuhan oganisasi agar menjadi lebih dinamis. ‘Siapapun yang dipercaya menempati jabatan di lingkungan TNI AD harus dapat memenuhi Kriteria prestasi, dedikasi dan loyalitas melalui pengamatan perjalanan karier yang bersangkutan, tetapi juga dalam rangka pengembangan karier serta penempatan berkelanjutan untuk memperoleh pengalaman dan wawasan yang lebih luas. Selain itu, Danrem juga mengatakan pergantian pejabat di lingkungan TNI AD khususnya jajaran Korem 033/WP merupakan hal yang biasa terjadi, yang erat kaitannya dengan proses pembinaan personil sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan organisasi. Alih tugas dan jabatan pada hakekatnya, bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepimpinan, wawasan manajemen dan profesionalisme keprajuritan para perwira, agar mampu memberikan karya pengabdian terbaik dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Disebutkan Danrem Satuan Kodim dan Batalyon di Jajaran Korem 033/WP merupakan satuan yang memiliki kekhususan dilihat dari wilayahnya, Karena Korem 033/WP berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Sehingga kondisi wilayah tersebut menjadikan Korem 033/WP menjadi strategis dan masyarakatnya yang heterogen dan dinamis tentu mengandung potensi kerawanan yang perlu disikapi secara serius. ‘Oleh karena itu, saya berharap kepada pejabat baru agar senantiasan meningkatkan kemampuan temu cepat dan lapor cepat sehingga mampu mendeteksi perkembangan situasi di wilayah. Bekerjasamalah dengan instansi yang terkait serta dengan semua komponen Bangsa yang berada di wilayah agar prajurit dapat bertindak cepat untuk melakukan kegiatan preventif guna mencegah konflik sosial maupun permasalahan ditengah masyarakat. Jadilah mitra yang baik dengan Pemerintah Daerah (Pemda) agar keberadaan satuan dapat dirasakan manfaatnya. (penrem 033/wp).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/danrem-pimpin-sertijab-tiga-dandim-dan-satu-komandan-batalyon-raider-134-tuah-sakti/

Mayjen TNI Agus Kriswanto Serahkan Risalah Kepada Pangdam IM
Senin 22 Februari 2016-
Banda Aceh, Komandan Kodiklat TNI AD, Mayjen TNI Agus Kriswanto menyerahkan risalah sertijab Pangdam Iskandar Muda Kepada Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi, penyerahan itu berlangsung di Lapangan Blang Padang, Senin (22/2).
Mayjen TNI Agus Kriswanto mengatakan, semua memiliki harapan dan keinginan yang sama, ingin menjadikan Kodam Iskandar Muda ini sebagai bagian dari organisasi TNI Angkatan Darat yang secara konkrit dapat memberi kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa dan negara. Implementasi pokok-pokok kebijakan pembinaan satuan dan beberapa permasalahan yang terjadi di Kodam Iskandar Muda saat ini masih perlu mendapatkan perhatian. Masih banyak hal penting yang harus disempurnakan.
“Kepada Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi, yang telah mendapatkan amanah sebagai pangdam iskandar muda, saya yakin dan percaya bahwa dengan pengalaman beliau yang cukup lama berdinas di Aceh, sudah sangat memahami kondisi dan situasi di wilayah ini,” kata mantan Panglima Kodam IM ini.
Menurutnya dalam masa kepemimpinannya nanti akan dapat membangun dan membina Kodam Iskandar Muda, baik internal maupun eksternal menuju ke arah yang lebih baik lagi, sehingga pada akhirnya terwujudlah prajurit Kodam Iskandar Muda yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat.
Sementara itu, Mayjen TNI Luczisman Rudy Polandi berharap kepada seluruh prajurit serta unsur pimpinan jajaran Kodam IM, agar memiliki komitmen yang sama untuk melangkah secara optimis, serta meningkatkan loyalitas, moralitas dan integritas dalam setiap pelaksanaan tugas, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. “Saya berharap bahwa risalah yang diberikan Mayjen TNI Agus Kriswanto Komandan Kodiklat TNI AD, tentunya memberi arti yang sangat penting bagi saya untuk melanjutkan pembinaan kodam Iskandar Muda secara berkesinambungan,”terangnya.
Mayjen TNI L Rudy Polandi mengaku selama menjadi Kasdam IM telah melihat, berbagai program, kebijakan serta pembinaan di lingkungan Kodam IM yang telah dijalankan selama kepemimpinan Mayjen Agus Kriswanto, telah mampu menjawab setiap tantangan tugas yang dihadapi oleh Kodam IM, sehingga dalam kondisi paling sulit sekalipun, Kodam IM mampu mengambil sikap dan mengatasi setiap permasalahan dengan baik. “Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh prajurit kodam iskandar muda dimanapun berada dan bertugas untuk selalu bersama-sama melanjutkan dan meningkatkan pembinaan yang telah dilakukan selama ini, dengan harapan prajurit kodam iskandar muda ke depan akan semakin kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat,”seru pangdam.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/mayjen-tni-agus-kriswanto-serahkan-risalah-kepada-pangdam-im/

MUTASI JABATAN PERWIRA MENENGAH JAJARAN KOREM 142 TATAG
Senin 22 Februari 2016-
Mutasi jabatan perwira menengah  terjadi di jajaran Korem 142/Tatag. Bertempat di aula Gedung Serba Guna (GSG) Makorem 142/Tatag hari senin (22/2). Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Syafruddin, SE, M.M, M.Tr(Han) memimpin acara  penyerahan Tugas Kasrem 142/Tatag,  serah terima jabatan Dandim 1414 dan Dandim 1421/Pangkep. Penyerahan tugas Kasrem 142/Tatag yang baru kepada Letkol Inf. Unang Sudargo,SH yang sebelumnya menduduki jabatan  sebagai Wakapendam VII/Wrb. Sedangkan Dandim 1414/Tator diserahterimakan dari Letkol Inf. Erwind Barenz kepada penggantinya Letkol Cpn. Sirait yang sebelumnya berdinas di Penerbang Angkatan Darat. Selanjutnya Letkol erwind menduduki jabatan sebagai Waaslog Kasdam VII/Wrb.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahterimakan jabatan Dandim 1421/Pangkep dari Lerkol Inf. Andrian susanto kepada Letkol Inf. Musafaq yang sebelumnya menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam (VII/Wrb. Selanjutnya Letkol Inf. Andrian menduduki jabatan (barunya sebagai Kasrem 132/Tadulako. Dalam kata sambutannya. Danrem menyampaikan bahwa alih tugas dan jabatan merupakan dinamika organisasi yang memiliki dua aspek.kepentingan yaitu kepentingan organisasi dan kepentingan pembinaan personel. Ditinjau dari kepentingan organisasi, pergantian pejabat merupakan upaya meningkatkan kinerja organisasi agar lebih maju sekaligus mampu mengikuti dan menyesuaikan perkembangan yang dihadapi. Sedangkan dari sisi pembinaan personel, dimaksudkan untuk melengkapi dan memperluas cakrawala serta wawasan bagi pejabat yang bersangkutan.
Tanggung jawab jabatan yang diberikan seperti ini, merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga apapun yang di perbuat berkaitan dengan jabatan itu harus dipertanggung jawabkan baik kepada Negara maupun dihadapkan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal ini, para pejabat di lingkungan Korem 142/Tatag dituntut bekerja cepat dan maksimal karena tuntutan tugas di Korem maupun di kodim relatif tinggi.(Haryo/penrem 142 Tatag)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/02/mutasi-jabatan-perwira-menengah-jajaran-korem-142-tatag/