Kamis, 28 April 2016

14-21 April 2016

Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ekonomi Diserahterimakan
=Rabu (20/4/2016)-
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung  Pimpin Serah Terima Jabatan Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ekonomi Kolonel Inf Toto Jumariono di Serambi Kehormatan Makodam l/BB Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Rabu (20/4).
Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan alih jabatan adalah bagian dari  dinamika organisasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok satuan. Di samping itu alih jabatan juga merupakan bagian dari pembinaan personel dalam rangka
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kinerja satuan sesuai peran, tugas pokok serta fungsi organisasi. Peralihan jabatan dapat juga dijadikan sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat pengabdian untuk berbuat yang lebih baik lagi pada tugas dan jabatan yang baru. Berkaitan dengan jabatan Staf Ahli Pangdam l/BB Bidang Ekonomi yang bertugas memberikan saran kepada Pangdam l/BB tentang perkembangan kondisi perekonomian dan melakukan analisa serta pengkajian terhadap berbagai permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian Staf Ahli Pangdam l/BB membutuhkan ketajaman daya nalar, kritis dan korektif dalam mengajukan saran dan masukan agar apa yang disampaikan memiliki nilai analisis yang realistis dan prospektif. Lebih lanjut Pangdam l/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Toto Jumariono yang telah melaksanakan tugasnya selama ini dengan baik, selamat jalan dan sukses di tempat tugas yang baru sebagai Paban lV / Pembinaan Doktrin Staf Operasi Angkatan Darat. Apapun jabatan harus disyukuri dan dipertanggungjawabkan tidak saja kepada organisasi tetapi juga Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Laksanakan tugas dengan dedikasi untuk memberikan yang terbaik disertai kerja keras dalam meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya. Hadir dalam kegiatan tersebut Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB dan Para Kabalakdam I/BB.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/staf-ahli-pangdam-ibb-bidang-ekonomi-diserahterimakan/

Sertijab Danpusdiktop Dan Danpusdikzi Kodiklat TNI AD
=Rabu (20/4/2016)-
Bandung – Bertempat di Aula Moch Toha Kodiklat TNI AD Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto memimpin serah terima jabatan Komandan Pusdiktop dan penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Koamndan Pusdikzi  Kodiklat TNI AD. Rabu (20/4). Komandan Pusdiktop Kodiklat TNI AD semula dijabat oleh Kolonel Ctp Sugiyono dan digantikan Oleh Kolonel Ctp. Ir. Adik Sugiyanto sedangkan Komandan Pusdikzi Kodiklat TNI AD sudah terlebih dahulu melaksanakan pindah satuan dan menyerahkan kepada Komandan Kodiklat TNI AD, maka penyerahan tugasnya dilakukan oleh  Komandan Kodiklat TNI AD kepada Kolonel Czi Ito Hediarto, S.Sos. Dalam amanat Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto mengatakan bahwa serah terima jabatan ini merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karir bagi Perwira yang bersangkutan.
Harapan Komandan Kodiklat TNI AD kepada pejabat baru agar dapat memberikan tenaga dan pikirannya untuk terus meningkatkan kemajuan dan perubahan bagi Kodiklat TNI AD, sebagai-mana yang telah ditunjukkan pejabat sebelumnya dan juga meyakini dan mempercayai bahwa dengan berbekal wawasan, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, akan mampu mengemban amanah yang dipercayakan oleh pimpinan, bangsa dan negara ini dengan sebaik-baiknya. Hadir dalam acara tersebut para Komandan Pussen, para Direktur, Inspektur, para Pamen Ahli, dan para Komandan Pusdik jajaran Kodiklat TNI AD serta perwakilan dari personel Kodiklat TNI AD termasuk Persit KCK Gabungan Kodiklat TNI AD.
Di akhir rangkaian acara serah terima jabatan dilanjutkan acara ramah tamah dan pelepasan pejabat lama. Bersamaan dengan ini pula dilaksanakan Serah Terima Jabatan Ketua Persit KCK Cabang XII Pusdiktop, dan Ketua Ranting XI Pusdikzi Kodiklat TNI AD. (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/sertijab-danpusdiktop-dan-danpusdikzi-kodiklat-tni-ad/

Letkol Arm Iwan Afrianto, S.I.P. Jabat Danyon Armed 15/105 Tarik
=Selasa (19/4/2016)-
Panglima Kodam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., memimpin Serah terima Jabatan Danyon Armed 15/105 Tarik dari Letkol Arm Untoro Harianto, S.I.P., kepada Letkol Arm Iwan Afrianto, S.I.P., di Lapangan Mako Yon Armed 15/105 Tarik Martapura Kab OKU , Selasa, (19-04-2016). Dalam amanatnya Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., mengatakan Serah terima Jabatan ini telah menjadi bagian dari pembinaan Personil dan Organisasi yang harus dilakukan agar roda Organisasi terus bergerak secara dinamis dan estafet, kepemimpinan berjalan secara berkesinambungan guna mewujudkan Kinerja Satuan yang lebih baik. Selain itu dengan adanya pergantian Pimpinan ini saya berharap Satuan ini semakin berprestasi dalam berbagai penugasan serta semakin dirasakan manfaat keberadaannya oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu kekuatan Pertahanan Negara yang profesional. Terkait dengan keberadaan Alutsista yang dipertanggungjawabkan kepada Yonarmed 15/105 Tarik, Pangdam II/Swj berpesan agar diawaki, dioperasionalkan, dirawat dan dipelihara secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga memiliki kesiapsiagaan yang tinggi guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam II/Swj dan memiliki usia pakai yang panjang.
Lebih Lanjut Pangdam II/Swj mengatakan Batalyon Armed 15/105 Tarik merupakan Satuan Bantuan tempur yang berada dibawah Kodam II/Swj dengan Tugas Pokok menyelenggarakan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada Satuan satuan Manuver yang dibantu untuk menghancurkan atau menetralisir sasaran. Untuk menjadi Prajurit profesional menurut Pangdam II/Swj adalah melaksanakan program latihan dengan semangat dan penuh kesungguhan. “Hanya Prajurit yang dilatih dan terlatih yang mampu melaksanakan tugasnya secara optimal” . Latihan juga merupakan bagian dari kesiapan Prajurit untuk menerima alutsista yang dilengkapi dengan sistem kesenjataan modern. Selesai Upacara dilanjutkan dengan kegiatan demo Bela Diri Militer Yong Moodo oleh Prajurit Yonarmed 15/105 Tarik. Hadir dalam Acara tersebut Bupati OKU Drs. H Kuryana aziz, Bupati Oku Timur H. M. Kholid Mawar Para Pejabat teras Kodam II/Swj, Kapolres OKU AKBP Dover Christian, S.IK, M.H, Kapolres Oku Timur AKBP Saud P. Sinanaga, S.IK dan Ketua Persit KCK Daerah II/Swj Ny. Raudha Purwadi Mukson. (Pendam II/Swj).
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/letkol-arm-iwan-afrianto-s-i-p-jabat-danyon-armed-15105-tarik/

Kaskostrad Pimpin Serah Terima Jabatan
=Senin (18/4/2016)-
(Kostrad, Senin, 18 April 2016). Bertempat di lapangan tembak 600. Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Bogor. Jawa Barat, Senin (18/4), Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi pimpin laporan Korps serah terima jabatan Asren Kostrad, Asops Kaskostrad, Aster Kaskostrad dan penyerahan jabatan Kepala Ajudan Jenderal Kostrad. Kolonel Inf Chanlan Adilane menyerahkan jabatan Asren Kostrad kepada Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.I.P.,  Kolonel Inf Dwi Darmadi menyerahkan jabatan Asops Kaskostrad kepada Kolonel Inf Bangun Nawoko, Kolonel Inf Bahram menyerahkan jabatan Aster Kaskostrad kepada Kolonel Inf Niko Fahrizal dan penyerahan jabatan Kepala Ajudan Jenderal Kostrad kepada Kolonel Caj Drs. Supiyardi. Dalam sambutannya, Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi yang dibacakan Kaskostrad mengingatkan,  bahwa jabatan merupakan kepercayaan pimpinan dan amanah yang harus kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, TNI dan khususnya Angkatan Darat, sehingga amanah tersebut kelak akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Tuhan YME. Kaskostrad menyampaikan terima kasih dan penghargaan  kepada Kolonel Inf Chanlan Adilane,  Kolonel Inf Dwi Darmadi dan Kolonel Inf Bahram beserta istri  atas dedikasi dan pengabdiannya  kepada Kostrad. Kaskostrad berpesan untuk tetap menjaga hubungan silaturahmi dengan segenap prajurit Kostrad walaupun tidak lagi berdinas di Satuan Kostrad.  Kepada pejabat baru beserta istri,  Kaskostrad menyampaikan selamat atas jabatan baru  dan segera melaksanakan orientasi tugas dan jabatan.
Hadir pada acara tersebut, Pangdivif 1 dan 2, Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Staf Ahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kabalak Kostrad, LO AL dan LO AU, Ketua dan Wakil Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad. Autentikasi : Kapen Kostrad, Kolonel Inf Heru Dwi Wahana
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/kaskostrad-pimpin-serah-terima-jabatan-asren-kostrad-asops-kaskostrad-aster-kaskostrad-dan-penyerahan-jabatan-kepala-ajudan-jenderal-kostrad/

Sertijab Kasrem 072/Pamungkas
=Sabtu (16/4/2016)-
Pergantian perwira menengah kembali dilakukan di lingkungan Korem 072/Pamungkas. Kepala Staf Korem 072/Pamungkas yang semula dijabat Kolonel Inf Arkamelvi Karmani resmi digantikan pejabat baru Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya.
Kolonel Inf Arkamelvi akan menempati jabatan baru sebagai Danrem 142/Tatag Pare-pare, Kodam   VII/Wirabuana. Sedangkan penggantinya bukan orang baru di lingkungan Korem 072/Pamungkas. Perwira Menengah dari Detasemen Markas Mabes AD ini pernah menjabat sebagai Dandim 0705/Magelang. “Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan tulus untuk Kolonel Inf Arkamelvi Karmani selama bertugas di Korem ini. dan bagi pejabat baru saya ucapkan selamat datang di markas kami,” ucap Danrem 072 PamungkasBrigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Sabtu (16/4)
Dalam sambutannya Danrem menyatakan, jabatan merupakan kepercayaan dan amanah yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab. Amanah harus bisa dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, bangsa dan negara serta TNI AD. Pergeseran jabatan, kata Danrem, merupakan bagian dari dinamika dalam karir seorang prajurit. “Alih tugas dan jabatan bukan sesuatu yang istimewa, tetapi merupakan bagian dari dinamika organisasi dalam sistem pembinaan personel di lingkungan TNI AD. Ini perlu dilakukan untuk regenerasi kepemimpinan guna mewujudkan organisasi yang dinamis, modern dan berorientasi pada tugas pokok,” Ujarnya. Danrem juga meminta pejabat baru agar menjadikan tugas barunya sebagai wahana dalam mengembangkan kemampuan manajerial. “Untuk pejabat lama selamat bertugas di tempat baru dengan membawa semua hal positi yang didapat selama bertugas di wilayah Korem pamungkas,” Kolonel Ida Bagus  Ketut Surya mengaku siap mengemban tugas yang diamanahkan dengan baik. “Adaptasi tidak butuh waktu lama, karena saya juga bukan orang baru di Korem Pamungkas. Saya siap menjalankan tugas sebaik mungkin,” ucapnya.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/sertijab-kasrem-072pamungkas/

Kasad Terima Laporan Korps kenaikan Pangkat 3 Pati TNI AD
=Jum'at (15/4/2016)-
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono menerima Laporan  Korps Kenaikan Pangkat 3 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD di Guest House Mabes TNI AD Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (15/4/2016). 3 Orang pati TNI AD yang naik pangkat yaitu Brigjen TNI R Wisnoe Praseja Boedi (Wakil Gubernur Akmil), Brigjen TNI Dr Hipdizah S.Amd., M.Si (Kapuskodifikasi Baranahan Kemhan RI), Brigjen TNI Drs Ahmad Tamim M.Si (Karoren Setjen Kemhan RI). Dalam Sambutannya Kasad menyampaikan ucapan selamat dan berbahagia kepada para Pati beserta istri atas anugerah Kenaikan Pangkat ini, dengan harapan Kenaikan Pangkat ini menjadi motifasi dalam meningkatkan kinerja dan tanggung jawab para Perwira serta membawa kebahagiaan bagi keluarga. Kasad juga menyampaikan bahwa kenaikan pangkat merupakan hasil kerja keras para perwira selama berbakti kepada bangsa dan Negara. Hadir pada acara pelaporan kenaikan pangkat Pati Pangdam Jaya, para Asisten Kasad , Danpuspomad serta Kabalakpus jajaran TNI AD.(Dispenad)
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/kasad-terima-laporan-korps-kenaikan-pangkat-3-pati-tni-ad/

Panglima TNI : Reputasi Tidak Dibangun Dalam Sehari
=Jum'at (15/4/2016)-
(Puspen TNI).  Saya mengingatkan, bahwa reputasi tidak dibangun dalam sehari, tetapi bertahun-tahun dan harus dipelihara secara terus-menerus. Kita boleh berbangga, namun rasa bangga ini janganlah berhenti sebagai sebuah kebanggaan semata mengingat masih ada tantangan tersendiri yakni bagaimana bisa mempertahankan reputasi dan bahkan untuk lebih meningkatkan lagi. Demikian ditegaskan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menerima Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat 20 Perwira Tinggi (Pati) TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (15/4/2016).
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa salah satu cara menjaga reputasi itu adalah dengan melaksanakan setiap tugas dengan sebaik mungkin, dengan menyikapi setiap permasalahan dan tantangan yang timbul secara arif bijaksana, penuh dedikasi dan integritas diri sebagai seorang prajurit. “Sekali lagi saya mengingatkan, kalimat ini mudah diucapkan, namun faktanya tidak semudah membalik telapak tangan. Semua memerlukan perjuangan dan konsistensi, karena di kancah itulah seorang perwira akan diuji kualitas dan kapabilitas keperwiraannya,” ujarnya.
Salah satu kriteria untuk mencapai pangkat Perwira Tinggi, menurut Panglima TNI  adalah adanya keberhasilan melaksanakan tugas sehingga reputasi individu dan satuan dimanapun bertugas sungguh diakui dan layak diapresiasi. Dari situ kemudian mengalir penghargaan sekaligus kehormatan untuk menyandang pangkat lebih tinggi bagi para perwira. Panglima TNI juga mengajak kepada para Perwira untuk terus cermat menyikapi setiap dinamika perkembangan yang terjadi di tanah air. Sekecil apapun langkah dan tindakan kita, sesungguhnya menjadi pertaruhan kita semua, sehingga TNI harus menyiapkan strategi yang tepat agar menjadi barometer keberhasilan dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara. Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan, hasil rintisan prajurit-prajurit Perwira Tinggi yang terdahulu hingga saat ini, bahwa TNI mencapai pada tingkat kepercayaan publik nomor satu diantara institusi lainnya. “Tugas kita sekarang ini adalah memelihara agar stabilitas tersebut tetap dipertahankan, karena mengandung makna bahwa rakyat percaya kepada TNI. Inilah sesungguhnya hal yang sangat penting sesuai dengan apa yang sudah dicanangkan oleh pendahulu kita, bahwa sistem pertahanan kita adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, sehingga peran rakyat menjadi utama,” tegasnya. Mengakhiri amanatnya Panglima TNI mengingatkan kepada para Perwira Tinggi yang baru saja menerima anugerah kenaikan pangkat, untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan kinerja yang lebih baik lagi.
Adapun para Pati TNI yang naik pangkat tersebut terdiri dari : TNI AD 3 orang yaitu : Brigjen TNI R. Wisnoe Prasetja Budi (Wakil Gubenur Akmil), Brigjen TNI Dr. Hipdizah, S.Amd., M.Si.  (Kapuskodifikasi Baranahan Kemhan) dan Brigjen TNI Drs. Akhmad Tamim, M.Si. (Kororen Sekjen Kemhan).
TNI AL 10 orang yaitu : Laksda TNI Rabbin Astono Widodo, S.E. (Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima), Laksda TNI Ir. Rusmali Anggawiria (Wakil Rektor II Bid. Umum dan Keuangan Unhan), Laksda TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD. (Dekan Falkutas Manajemen Pertahanan Unhan), Laksma TNI Riyadi Syahardani (Direvdik Deputi Bid. Dik. Pimp. Tk. Nasional), Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han) (Kapuskersin TNI), Laksma TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. (Danlatamal II/Padang Koamabar), Laksma TNI Edi Sucipto, S.E. (Kadispenal), Laksma TNI Antongan Simatupang  (Dankorsis Sesko TNI), Laksma TNI  Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS. (Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan) dan Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto  (Danlantamal 1/Blw Koarmabar).
TNI AU 7 orang yaitu, Marsma TNI Bambang Aribowo S.H., M.H. (Anggota Kelompok Hakim Militer Utama Dilmiltama Mahkamah Agung), Marsma TNI Rochmulyati, SKM. (Pati Sahli Kasau Bid. Iptek), Marsma TNI Syahrudin Damanik, S.H., M.H. (Kadiskumau), Marsma TNI Toto Boedihardjo, S.H. (Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. Ideologi Lemhanas), Marsma TNI Ignatius Tryandoro P., S.Mn. (Kadisaeroau), Marsma TNI dr. Moch. Soewandi, Sp.M. (Kalakespra Saryanto) dan Marsma TNI Bayu Roostomo, S.H., M.M. (Bandep Strategi Nasional Setjen Wantannas).
Turut hadir dalam acara tersebut antara lain : Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.B.A., M.P.A., Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya, para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI serta para Pejabat Mabes TNI dan Angkatan.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/04/panglima-tni-reputasi-tidak-dibangun-dalam-sehari/