Selasa, 31 Mei 2016

22-31 Mei 2016

Kekuatan TNI Harus Disiapkan Guna Mengantisipasi Segala Kemungkinan
Selasa. 31 Mei 2016-
(Puspen TNI). Jabatan Asisten Operasi Panglima TNI memiliki peran sangat strategis dan harus mampu memanfaatkan kecenderungan tersebut untuk menjadi input bagi setting strategy dan kesiapsiagaan dalam penggunaan kekuatan TNI. Kekuatan TNI, baik personel maupun Alutsistanya harus disiapkan sedemikian tepat guna mengantisipasi segala kemungkinan yang berkembang. Demikian
dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada upacara Sertijab Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/5/2016).
Panglima TNI menuturkan, kecenderungan dan dinamika lingkungan regional dan internasional sangat berpengaruh terhadap situasi nasional, yang semuanya itu juga akan berpengaruh terhadap TNI. “Kecenderungan ini harus menjadi subjek pencermatan yang objektif, konfirmatif dan prediktif di semua aspek yang menjadi wilayah kewenangan Asops Panglima TNI guna menegaskan arah kebijakan Panglima TNI dalam optimalisasi pelaksanaan peran dan tugas TNI,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan satu hal yang saat ini penting dicermati adalah perkembanganancaman terhadap daerah perbatasan. “Komitmen kita, harus mampu memperkuat pulau-pulau terluar dan terdepan di wilayah Indonesia Timur, karena di wilayah-wilayah itu masih minim gelar kekuatan baik personel, Alutsista dan sarana prasarana pertahanannya,” ujarnya.
Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus mampu memberikan arah kebijakan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara, dan ikut mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul serta memiliki komitmen tinggi, kreatif, kompetitif, komunikatif, dan kredibel. Pasalnya, pengelolaan organisasi dengan mengedepankan peran sumber daya manusia harus menjadi karakter TNI.
Mengakhiri amanatnya Panglima TNI mengingatkan, bahwa paradigma TNI harus berubah dan perlu disempurnakan. Kedepan, gelar kekuatan dan kemampuan TNI perlu disebarkan lagi sesuai dengan prioritas ancaman. “Pulau-pulau yang bernilai strategis harus difungsikan sebagai kapal induk, karena pulau-pulau itu bisa dimanfaatkan untuk menampung pesawat tempur, pesawat transportasi dan dermaga kapal serta sarana prasarana pendukung logistik lainnya untuk keperluan pertahanan,” tandasnya.
Upacara sertijab Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.B.A., yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tpr, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/404/V/2016 tanggal 20 Mei dan Surat Perintah Panglima TNI nomor: Sprin/1160/V/2016, dihadiri oleh Para Wakil Kepala Staf Angkatan, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI, segenap Perwira Tinggi Mabes TNI serta Ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi dan Pengurus.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/05/kekuatan-tni-harus-disiapkan-guna-mengantisipasi-segala-kemungkinan/

Pangkostrad Pimpin Serah Terima Jabatan Kapen Kostrad, Kazi Kostrad dan Kabekang Kostrad
(Penkostrad. Selasa, 31 Mei 2016). Bertempat di Ruang Mandala, Markas Kostrad, Jakarta Pusat, Selasa (31/5), Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi memimpin acara Serah Terima Jabatan Kapen Kostrad dari Kolonel Inf Drs Heru Dwi Wahana, M.Sc kepada Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P, Kepala Zeni Kostrad dari Kolonel Czi Rudy Wahjudiono, S.E kepada Letnan Kolonel Czi Irfan Sidiq dan jabatan Kepala Bekang Kostrad dari Kolonel Cba Zainuddin, S.Sos kepada Kolonel Cba Agus Santoso, S. Sos. Dalam acara tersebut turut hadir, Kaskostrad, Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Pamen Ahli, Asren Kostrad para Asisten Kaskostrad, Pa Liaison TNI AL dan TNI AU, para Dan/Kabalak Kostrad, Ketua dan pengurus Persit KCK PG Kostrad, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil.
Dalam sambutannya Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Drs Heru Dwi Wahana, M.Sc, Kolonel Czi Rudy Wahjudiono, S.E dan Kolonel Cba Zainuddin, S.Sos atas dedikasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan selama ini.
Ucapan yang sama, saya sampaikan kepada Ny. Heru Dwi Wahana, Ny. Rudy Wahjudiono dan Ny. Zainuddin atas kesetiaannya dalam mendampingi suami maupun perannya di organisasi Persit Kartika Chandra Kirana pengurus gabungan Kostrad.
Selanjutnya kepada Kolonel Cba Agus Santoso, S. Sos, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P dan Letnan Kolonel Czi Irfan Sidiq saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Kabekang Kostrad, Kapen Kostrad dan Kepala Zeni Kostrad. Pengangkatan jabatan ini merupakan kepercayaan, kehormatan dan sekaligus merupakan amanah dari tuhan yang maha kuasa yang harus diterima dengan penuh rasa syukur disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya. Tak lupa saya ucapkan kepada Ny. Agus Santoso, Ny. Agus Bhakti dan Ny Irfan Sidiq selamat datang dan selamat bergabung dalam organisasi Persit Kartika Chandra Kirana pengurus gabungan Kostrad, semoga dengan kehadirannya dapat memberikan semangat, dorongan dan motivasi baik kepada suami maupun kemajuan organisasi. Pangkostrad berharap dengan adanya alih tugas ini, ada kekuatan dan semangat baru dalam memenuhi tugas pokok yang di emban, dengan selalu meningkatkan kepedulian untuk berinovasi dan berkreasi dalam pembinaan satuan masing-masing yang muaranya adalah profesionalisme prajurit Kostrad yang diandalkan khususnya bagi bangsa dan negara. Pangkostrad juga berharap para perwira dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/05/pangkostrad-pimpin-serah-terima-jabatan-kapen-kostrad-kazi-kostrad-dan-kabekang-kostrad/

Mayjen TNI Andika Perkasa Resmi Jabat Pangdam XII/Tpr
Jakarta, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Kodam XII/Tanjungpura dari Mayor Jenderal TNI Agung Risdhianto, M.D.A. kepada Mayjen TNI Andika Perkasa, SE., M.A., M.Sc., Ph.d., Selasa (30/05/2016) sore di Aula A.H Nasution Mabesad, Jakarta. Serah terima jabatan ditandai dengan penyematan tanda jabatan oleh Kasad dan serah terima tongkat komando dari Mayjen TNI Agung Risdhianto kepada Mayjen TNI Andika Perkasa. dilanjutkan dengan penyerahan Pataka kemudian penandatanganan surat serah terima jabatan.
Dalam amanatnya Kasad mengatakan bahwa Serah terima jabatan hendaknya dipahami sebagai upaya untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok Angkatan Darat, berkaitan dengan pembinaan personel dan pembinaan satuan melalui Tour of Duty dan Tour of Area, untuk meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas satuan serta pengembangan karier personel. Kasad mengingatkan, bahwa kebijakan Renstra TNI AD 2015 – 2019 mengacu pada RPJMN 2015 – 2019, dimana program-program dan kebijakan TA. 2016 ini, masih melanjutkan program dan kebijakan TA. 2015 yang diprioritaskan kepada peningkatan kesejahteraan, Modernisasi Alutsista, kesiapan operasional, pendidikan dan latihan dalam rangka mewujudkan profesionalisme dan pengamanan perbatasan serta pulau terluar/terdepan.
“TNI Angkatan Darat juga akan tetap konsisten untuk terus melanjutkan program dan kebijakan pengamanan perbatasan, serta pulau terluar/terdepan, sesuai dengan kebijakan Presiden RI untuk pembangunan, mulai dari sektor perbatasan atau pinggiran, guna mencegah ancaman dari luar dan mencegah pelanggaran batas negara, serta dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI”, terangnya. Sebagai Kotama Pembinaan dan Operasional Kewilayahan Angkatan Darat, Kodam XII/Tpr bertugas selain menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat, juga menyelenggarakan kegiatan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta melaksanakan pembinaan teritorial guna menyiapkan wilayah pertahanan dan keamanan di wilayah binaan yang meliputi provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. “Wilayah binaan Kodam XII/Tpr dimana 5 (lima) Kabupaten di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yang selama ini sangat rentan terhadap gangguan keamanan, imigran gelap, pelanggaran pergeseran patok batas negara, pelintas batas, illegal logging, penyelundupan bahan pokok dan pencurian Sumber Daya Alam serta kegiatan illegal lainnya”, jelasnya. Kasad berharap kepada Pangdam XII/Tpr, untuk terus menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah dengan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat serta tetap mengikuti setiap perkembangan situasi keamanan yang berkaitan dengan tugas TNI AD. “Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai jiwa dan kekuatan utama dari Sistem Pertahanan Semesta dengan terus melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial, serbuan teritorial dan upaya khusus Swasembada Pangan guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tegas Kasad. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakasad, Pangkostrad, Komandan Kodiklat TNI AD, Irjenad, Para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Para Pangkotama dan Kabalakpus, dan Ketua Umum beserta Pengurus Pusat Persit Kartika Chandra Kirana
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/05/mayjen-tni-andika-perkasa-resmi-jabat-pangdam-xiitpr/


Pangdam Vi/Mlw Pimpin Sertijab Danrem 091/Asn
Balikpapan (28/05). Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP. bertindak sebagai Irup dalam upacara serah terima jabatan Komandan Korem 091/Asn dari Brigjen Teguh Arief Indratmoko kepada Kolonel  Inf Makmur Umar bertempat di Aula Makodam VI/Mlw Jl. Sudirman Balikpapan Sabtu  28 Mei 2016. Sertijab tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara serah terima baik pejabat lama maupun pejabat baru dihadapan Pangdam VI/Mlw dan penyematan tanda jabatan, penyerahan tongkat Komando serta penciuman Pataka Kodam VI/Mlw Satmika Santa. Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel. Melalui pergantian pejabat, diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan TNI Angkatan Darat, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing. Sebagai Sub Kompartemen Strategis, Korem 091/Asn dituntut untuk mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas dalam bidang perencanaan, pembinaan dan operasi, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengawasi pelaksanaan peningkatan kemampuan personel serta pembinaan teritorial. Korem 091/Asn mengemban misi strategis dalam gelar kekuatan matra darat pada konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Korem 091/Asn berbatasan langsung dengan Malaysia serta  memiliki karakteristik yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat. Untuk itu, penanganan secara komprehensif, terpadu dan lintas sektoral dengan Pemerintah Daerah, maupun instansi dan pihak terkait, disertai pelibatan partisipasi masyarakat, harus selalu diutamakan dan dikedepankan oleh satuan kewilayahan guna menciptakan kondisi sosial yang aman dan kondusif. Lebih lanjut Pangdam VI/Mlw mengharapkan kepada pejabat baru agar melakukan tugas-tugas Pembinaan Kewilayahan dengan sebaik-baiknya, dilandasi oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan serta semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui tampilan sosok prajurit yang disegani, dicintai serta, mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat.
Bangun terus komunikasi melalui dialog serta interaksi yang intensif dan konstruktif dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya dalam upaya penyelesaian setiap permasalahan yang berkembang di wilayah masing-masing. Diakhir sambutannya Pangdam VI/Mlw mengucapkan ”Terima Kasih” dan ”Penghargaan” Brigjen Teguh Airef Indratmoko beserta isteri, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya selama ini, selanjutnya  akan mengemban tugas baru sebagai Wadanpaspampres dan kepada Kolonel Inf Makmur Umr beserta Isteri, Pangdam VI/Mlw menyampaikan ”Selamat” atas pengangkatannya sebagai Danrem 091/Asn serta sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman. Kegiatan serah terima tersebut dihadiri Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE. Supit, S.Sos, Danrem 101/Asn, Staf Ahli Pangdam, para Asisten, LO-AL, LO-AU, Kabalak dan Komandan Satuan,  Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK PD VI/Mlw  serta pengurus Persit KCK PD VI/Mlw.
http://www.tniad.mil.id/index.php/2016/05/pangdam-vimlw-pimpin-sertijab-danrem-091asn/