Senin, 07 Desember 2009

SERTIJAB 10-12 APRIL 2010

KOREM 121/ABW GELAR TRADISI PENERIMAAN PEJABAT BARU
12 April 2010
Kolonel Inf Toto Rinanto S mengikuti acara tradisi satuan penerimaan  pejabat baru di Makorem 121/Abw bertempat di Makorem 121/Abw, Senin (12/4).
Dalam kegiatan  yang disambut Prajurit dan PNS jajaran Korem 121/Abw yang berbaris bersyaf saling berhadapan di sepanjang pintu masuk Makorem 121/Abw sampai depan tangga Makorem 121/Abw sambil menyanyikan lagu “SELAMAT DATANG“ yang diiringi Korps Satuan Musik Ajenrem 121/Abw. Adapun acara tradisi satuan tersebut diawali dengan pengalungan bunga yang diberikan oleh Dandim 1202/SKW, Letkol Arm Teddy Surachmat.
Setelah acara pengalungan bunga, dilaksanakan acara tradisi satuan pemasangan badge lokasi Korem 121/Abw. Acara tradisi satuan  penciuman Dhuaja Korem 121/Abw dan dilanjutkan penyerahan memorandum Korem 121/Abw yang diserahkan oleh Danrem 121/Abw, Kolonel Inf Nukman Kosadi kepada  Kolonel Inf Toto Rinanto S.Saat acara penyerahan memorandum tersebut, Danrem 121/Abw  Kolonel Inf Nukman Kosadi memberikan paparan satuan dihadapan Kolonel Inf Toto Rinanto S dan para Kasi Korem 121/Abw, para Dansat jajaran Korem 121/Abw beserta Dan/Ka satuan dinas jawatan jajaran Korem 121/Abw tentang situasi wilayah, Demografi, kondisi sosial, ekonomi dan budaya, kondisi satuan TNI di wilayah Korem 121/Abw, Pam Perbatasan, bidang latihan dan bidang logistik.
Pada kesempatan tersebut Kolonel Inf Toto Rinanto S juga memberi kata sambutan yang intinya ucapan terima kasih, sedangkan Kolonel Inf Toto Rinanto S memastikan dan menjanjikan akan melanjutkan Kebijakan Danrem 121/Abw khususnya akan memberikan kesejahteraan kepada Prajuritnya. Sumber http://www.tni.mil.id/

JABATAN KASUM TNI DISERAH TERIMAKAN
12 April  2010
Jabatan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI diserah terimakan dari Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo kepada Marsekal Madya TNI Edy Harjoko dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, dengan Inspektur Upacara Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso,  Senin (12/4).
Marsekal Madya TNI Edy Harjoko adalah lulusan Akabri Udara tahun 1975. Beberapa jabatan yang pernah diemban sebelumnya adalah Dankodikau, Asops Kasau dan terakhir Dansesko TNI, sedangkan Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo selanjutnya menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Kalakhar Bakorkamla) Kemenko Polhukam.Dalam amanatnya Panglima TNI menyatakan bahwa jabatan Kasum TNI mengemban peranan  yang amat penting dan sentral dalam mengkoordinasikan  berbagai kebijakan Panglima TNI, mulai dari yang bersifat administratif berkaitan dengan anggaran, dukungan kekuatan dan operasional di lapangan, sampai dengan proses pengakhiran dalam bentuk evaluasi dan laporan.Mencermati perkembangan  situasi  yang  terjadi dewasa ini dapat ditegaskan bahwa tugas TNI ke depan akan semakin berat dan komplek.   Sejak akhir tahun lalu sampai saat ini, dinamika kehidupan  sosial politik nasional diwarnai berbagai kontroversi yang relatif sulit diprediksi kapan akan berakhir.   Ancaman aktual dari terorisme harus di waspadai bersama.  Dalam bentuknya sekarang, terorisme telah menjelma menjadi dua bentuk, sebagai ancaman  nyata dan menjadi bahaya laten bagi dunia. Dalam perspektif TNI, kesemuanya itu patut diduga akan menjadi potensi kuat ke arah timbulnya gangguan dan ancaman terhadap stabilitas nasional yang selama ini mantap dan kondusif.Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menekankan agar dalam pengelolaan keuangan dan aset TNI, memegang prinsip kehati-hatian, mengacu kepada paraturan perundang-undangan yang berlaku, accoountable dan trasparansi serta didukung tertib administrasi yang baik dan benar serta dapat menciptakan pengawasan internal yang efektif di setiap jajaran untuk mencegah terjadinya palanggaran dan penyelewengan.
Hadir pada acara tersebut Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, Wakasal Laksdya TNI Soeparno, Dansesko TNI Laksdya TNI Moekhlas Sidik, M.P.A.,  para Asisten Panglima TNI,  Kabalakpus TNI dan pejabat teras TNI lainnya. Sumber http://www.tni.mil.id/

KOLONEL CPM WALUYO SYAWAL JABAT DANPOMDAM VI/TPR
12 April 2010
Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan bertindak sebagai Irup pada upacara parade serah terima jabatan Danpomdam VI/Tpr dari Kolonel Cpm Edy Ismayadi kepada Kolonel Cpm Waluyo Syawal yang berlangsung di Lapangan Sudirman Klandasan Balikpapan Senin (12/4). Sertijab Danpomdam tersebut dihadiri Irdam VI/Tpr, para Asisten, LO-AL, LO-AU, Kabalak, Dansat, serta sejumlah undangan dari instansi lain.
Pelaksanaan upacara serah terima jabatan diawali dengan laporan komandan upacara yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serahterima dua pejabat yang baru dan lama dihadapan Pangdam VI/Tpr. Dalam sambutannya Pangdam VI/Tpr mengatakan bahwa Polisi Militer Kodam VI/Tpr sebagai Badan pelaksana di tingkat Kodam bertugas menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, hukum dan tata tertib di lingkungan wilayah Kodam VI/Tpr. Sehingga peranan Polisi Militer dalam menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan satuan-satuan Kodam VI/Tpr sangat diperlukan.
Sebagai penyelenggara fungsi Polisi Militer Kodam VI/Tpr hendaknya lebih proaktif dan sungguh-sungguh dalam melakukan penertiban disiplin, hukum dan tata tertib. Karena hingga saat ini masih terjadi pelanggaran yang mengakibatkan kerugian personel dan materiil di lingkungan Kodam VI/Tpr. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin yang dimiliki para prajurit belum terpelihara dengan baik, dengan masih adanya sikap mental dan perilaku yang tidak sesuai dengan aturan dan norma-norma yang berlaku.Pangdam mengharapkan kepada prajurit-prajurit Polisi Militer Kodam VI/Tpr untuk lebih menguasai, menghayati dan melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab dengan lebih profesional. Hilangkan sikap arogan, sikap sok berkuasa dan sikap-sikap buruk lainnya yang dapat merusak citra satuan Polisi Militer Kodam VI/Tanjungpura. Sumber http://www.tni.mil.id/

KOLONEL INF TOTO RINANTO DISAMBUT TEPUNG TAWAR ADAT MELAYU
11 April 2010
Kolonel Inf Toto Rinanto S bersama Ny Conny Rinanto S yang menggunakan pesawat Garuda dari Jakarta tiba di Bandara Supadio Pontianak dengan keadaan selamat. Kedatangan Kolonel Inf Toto Rinanto bersama Ny Conny Rinanto  disambut dengan tradisi tepung tawar adat melayu di depan ruang VIP room Bandara Supadio Pontianak, Minggu (11/4).Berdasarkan surat perintah Pangdam VI/Tanjungpura Kolonel Inf Toto Rinanto S akan menduduki jabatan sebagai Danrem 121/Abw.  Sesuai adat dan tradisi di Korem 121/Abw para pejabat baru setibanya di kota Pontianak  mendapat tradisi tepung tawar oleh para sesepuh adat melayu di Pontianak. Serah terima jabatan Danrem 121/Abw sendiri akan dilaksanakan pada 15 April 2010 dan dipimpin oleh Pangdam VI/Tpr Brigjen TNI Tan Aspan.Sesampainya di Bandara Kolonel Inf Toto Rinanto S beserta Ny Conny Rinanto S disambut  oleh Danrem 121/Abw Kolonel Inf Nukman Kosadi, para Kasi Korem 121/Abw dan para Dansat jajaran Korem 121/Abw serta Kasatdisjan jajaran Korem 121/Abw. Penyambutan calon Danrem 121/Abw tersebut merupakan tradisi turun temurun yang berlangsung di Korem 121/Abw. Sumber http://www.tni.mil.id/

LETKOL INF HERMAN HIDAYAT JABAT DANBRIGIF IV/DR
10 April 2010
Letnan Kolonel Infanteri Herman Hidayat Eko Atmojo kini menjabat sebagai Komandan Brigif IV/Dewa Ratna, setelah  Sabtu (10/4) lalu dilantik dalam upacara serah-terima jabatan (Sertijab) dengan pejabat lama, Kolonel Infanteri Tiopan Aritonang.
Upacara Sertijab yang dipimpin inspektur upacara Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Budiman itu berlangsung di lapangan Markas Brigif IV/Dewa Ratna, Slawi, Jawa Tengah.Pangdam Mayjen TNI Budiman mengatakan, pergantian pejabat di lingkungan organisasi militer modern merupakan hal yang lazim. Menurutnya, pergantian itu juga merupakan bagian pembinaan satuan yang bermuara bagi kepentingan kemajuan Brigif IV/Dewa Ratna.Sebagai satuan tempur yang dimiliki Kodam IV/Diponegoro, demikian kata Mayjen TNI Budiman, Brigif IV/Dewa Ratna bertugas membina kesiapan operasional satuan dalam jajaran komandonya, sebagai kontribusinya terhadap tugas pokok Kodam IV/Diponegoro.Pada kesempatan itu Pangdam mengharapkan para prajuritnya untuk memantapkan dan meningkatkan jiwa juang dan profesionalisme keprajuritan.Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat Muspida Tingkat II Kabupaten/Kota Tegal dan Brebes serta Kapolres Tegal. Pejabat teras yang tampak pada upacara itu antara lain Komandan Korem, para Asisten, para komandan satuan dan segenap kepala badan pelaksana jajaran Kodam IV/Diponegoro. Upacara itu diwarnai dengan hiburan tari perang, pencak silat dan demonstrasi perang dari prajurit Yonif 406 Candra Kusuma dan 407/Padma Kusuma. Sumber http://www.tni.mil.id/

Herman Hidayat Komandan Brigif IV Dewa Ratna
10 April 2010
Letkol Infantri Herman Hidayat Eko Atmojo dilantik menjadi Komandan Brigif IV Dewa Ratna menggantikan pejabat lama, Kolonel Infantri Tiopan Aritonang, Sabtu (10/4) pagi. Pelantikan yang berlangsung di lapangan Markas Brigif IV Dewa Ratna itu dilakukan oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Budiman.
Sebelumnya, Herman Hidayat bertugas sebagai Kepala Staf Korem 033/Wira Pratama di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Sementara, Tiopan Aritonang melanjutkan Sesco TNI di Bandung, Jawa Barat. Pangdam IV Diponegoro, Budiman mengatakan, pergantian pejabat di lingkungan organisasi militer modern merupakan hal yang lazim terjadi. "Ini merupakan bagian dari pembinaan satuan yang bermuara bagi kepentingan kemajuan Brigif IV/ Dewa Ratna," katanya saat memberikan sambutan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Brigif IV/ Dewa Ratna. Sebagai satuan tempur, Brigif memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional segenap jajaran komandonya. Tentunya untuk memberikan dukungan optimal terhadap tugas pokok Kodam IV Diponegoro.
Untuk itu, ia menjelaskan, pemantapan jiwa juang dan profesionalisme keprajuritan hendaknya terus dilakukan dan ditingkatkan. ( Royce Wijaya / CN14 ) http://suaramerdeka.com

BRIGJEN TNI SUHARSONO, KASDAM II/SWJ YANG BARU
10 April 2010
Brigjen TNI Suharsono, S.IP menjabat sebagai Kasdam II/Sriwijaya menggantikan Brigjen TNI Junianto Haroen, setelah melakukan serah-terima (Sertijab) jabatan yang dipimpin Pangdam II/Swj Mayjen TNI Mochammad Sochib, SE, MBA, di Makodam II/Swj, Palembang, Sabtu (10/4). Pada upacara Sertijab itu Pangdam II/Swj mengatakan, pergantian pejabat  di lingkungan organisasi militer merupakan kebutuhan organisasi dalam menjawab tuntutan dan dinamika tugas yang multidimensi, kompleks dan dinamis. Jabatan Kasdam, kata Pangdam  Mayjen TNI Mochammad Sochib, merupakan pembantu dan penasehat utama Pangdam dalam bidang penyelenggaraan fungsi-fungsi Kodam.
Menurut Pangdam Mayjen TNI Mochammad Sochib, Sertijab dilakukan agar roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan di lingkungan Angkatan Darat dapat berjalan dengan lancar dan terus berlanjut sesuai pembinaan personel dan pembinaan satuan. Lebih lanjut Mayjen TNI Mochammad Sochib mengatakan, sudah sepatutnya personel yang mengawaki Angkatan Darat dari generasi ke generasi, memiliki kapabilitas dan akseptabilitas serta responsibilitas yang tinggi. Selain itu juga, lanjut Pangdam, pergantian pejabat merupakan bagian dari proses untuk mendinamisasi organisasi, sesuai tuntutan dan tantangan tugas yang akan dihadapi. Brigjen TNI Junianto Haroen selanjutnya akan melanjutkan tugas baru sebagai Deputi IV bidang Koordinasi Hanneg Kemenko Polhukam. Upacara Sertijab itu dihadiri segenap pejabat teras jajaran Kodam II/Swj, ketua dan pengurus Persit KCK Daerah II/Swj. Sumber http://www.tni.mil.id/


Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI M.Sochib (tengah), Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Suharsono (kanan) dan mantan Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Junianto Haroen (kiri) berjabat tangan usai serah terima tugas dan tanggungjawab jabatan (Sertijab) Kasdam II/Sriwijaya di Markas Kodam II/Sriwijaya Palembang, Sabtu (10/4/2010). Brigjen TNI Junianto Haroen selanjutnya akan bertugas sebagai Deputi IV bidang Koordinasi Hanneg Kemenko Polhukam RI. (Foto: ANTARA/Nila Fu'adi/foc/10)


Pangdam VI/Tpr Terima Korps Raport Pindah Satuan Pamen
Golongan IV Kodam VI/Tanjungpura
10  April 2010
Balikpapan (10/4), Setelah jabatan Pangdam VI/Tpr diserah terimakan  6 hari yang lalu, kini Giliran Mutasi Perwira Menengah (Pamen) golongan IV Kodam VI/ Tanjungpura bergulir. Mutasi para Pamen Kodam VI/Tpr berlangsung dalam sebuah prosesi upacara dan tradisi pindah satuan yang  dipimpin oleh Pangdam VI/ Tpr Brigjen TNI Tan Aspan bertempat  di Aula Makodam VI/Tpr Balikpapan Sabtu (10/4). Jabatan yang diserah terimakan masing-masing adalah  jabatan Asintel Kasdam VI/Tpr dari Kolonel Inf Abdul Hakim kepada Letkol Inf Aminullah,  Aster Kasdam VI/Tanjungpura dari Kolonel Inf Kustomo Tiyoso kepada Letkol Arm Rosdianto, Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Bidang Manajemen dan Sishanneg dari Kolonel Inf Edy Susanto kepada Kolonel Inf Parulian Hutagalung, Kazidam VI/Tpr dari Kolonel Czi Hendro Wasisto kepada Letkol Czi Suparjo, Kakudam dari Kolonel Cku Sasongko Hardono kepada Letkol Cku Misdin Simarmata.

Selain memimpin mutasi lima jabatan Pamen Kodam VI/Tanjungpura, Pangdam VI/Tanjungpura Brigjen TNI Tan Aspan juga menyerahkan  tugas wewenang dan Tanggung Jawab Jabatan Irdam VI/Tanjungpura kepada Kolonel Inf M. Anang Sutisna dan Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Bidang Hukum dan Humaniter kepada Kolonel Kav Donald Sitorus. Kedua jabatan tersebut diserahkan Pangdam kepada masing-masing Kolonel Inf M. Adang sebagai Irdam VI/Tpr dan Kolonel Kav Donald Sitorus sebagai staf ahli Pangdam bidang hukum dan humaniter, karena selama ini kedua jabatan   tersebut kosong.Dalam amanatnya Pangdam VI/Tpr mengatakan bahwa serah terima jabatan ini, selain untuk kepentingan organisasi juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja satuan dalam rangka pembinaan satuan dan pembinaan personel dalam dimensi kepemimpinan dan profesionalisme, serta pembelajaran yang sangat penting untuk mendapatkan pengalaman penugasan yang beragam dan berjenjang. Dengan pergantian jabatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan demi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok. Sehingga diharapkan satuannya menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih berprestasi, “tutur Pangdam.Kegiatan korps raport dan tradisi pindah satuan Pamen Kodam VI/Tpr tersebut dihadiri oleh para Asistem, LO-AL, LO-AU, Komandan Satuan, Kabalak, Para perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam VI/Tpr serta Ibu-Ibu pengurus Persit KCK. Usai memimpin upacara Serah terima Jabatan, Pangdam VI/Tpr memberikan ucapan selamat kepada mereka yang telah melaksanakan serah terima jabatan dan yang menerima penyerahan tugas.(Penerangan Kodam VI/Tpr)