Jumat, 11 Desember 2009

SERTIJAB 13-15 APRIL 2010

SERTIJAB PAMEN KODAM VII/WRB
15 April 2000
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjen TNI Hari Krisnomo berjanji akan menindak tegas Serma JR yang diduga menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke perusahaan industri.”Pokoknya sudah ada aturan yang harus ditaati seluruh prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Kalau terbukti melanggar, kami tidak akan lindungi. Pasti ditindak tegas,” ungkapnya di Markas Kodam VII/Wirabuana kemarin. Sebelumnya, oknum anggota Detasemen Intelijen (Denintel) Kodam VII/Wirabuana tertangkap tangan oleh personel Polsekta Mamajang yang mengangkut ribuan liter BBM jenis minyak tanah bersubsidi yang diduga akan di-pasarkan di sejumlah perusahaan industri di Jalan Tanjung Bira,Kamis (15/4).Selain mengamankan 15 buah drum yang berisi BBM,petugas juga menyita satu unit truk Dino bernopol DD DD 9871 D yang digunakan mengangkut ribuan liter BBM asal Kabupaten Bone tersebut. Menurut jenderal bintang dua TNI AD ini,kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polisi Militer Kodam (Pomdam) VII/Wirabuana berikut bersama dengan barang buktinya. Dia menekankan, dalam kasus ini Pomdam harus netral dan tidak melindungi oknum TNI jika terbukti bersalah.
”Sekarang ini kami masih dalami dan pelajari kasusnya.Apakah memang oknum TNI itu benarbenar melakukan penyelundupan atau tidak.Pokoknya aturan harus ditegakkan,” ujarnya saat ditemui seusai memimpin serah terima jabatan pejabat kodam. Beberapa pejabat struktural yang dilantik,yaitu Asisten Operasi Kodam VII/Wirabuana dari Kolonel INF Nur Tjahyono kepada Kolonel INF Heru Triyanto,Asisten Personalia Kodam dari Kolonel Bambang Sumartono kepada Letnan Kolonel Dudung Abdurrachman, dan Kepala Ajudan Jenderal dari Kolonel CAJ Kurnia Dewantara kepada Letkol CAJ Mohammad Arif Effendy.
Pada kesempatan itu,Hari Krisnomo juga menunjuk pejabat sebagai Perwira Ahli Bidang Ekonomi Kodam kepada Kolonel CKU Bustanul Arifin. Danpomdam VII/Wirabuana Letkol CPM Dedi Iswanto yang dikonfirmasi mengenai dugaan keterlibatan Serma JR tersebut, mengaku hingga sekarang masih dalam penyelidikan, yakni memeriksa keterangan sejumlah saksi dan oknum yang bersangkutan. ”Sampai sekarang sudah enam saksi yang kami mintai keterangannya.Serma JR masih sebatas terperiksa dan belum ditingkatkan statusnya menjadi tersangka,” ujar pamen TNI AD ini kepada Seputar Indonesia. Konfrontasi keterangan antara saksi dan Serma JR ini untuk mengetahui seberapa jauh peranan oknum bintara TNI ini dalam dugaan penyelundupan BBM bersubsidi itu. Dedi menambahkan,dalam kasus ini pihaknya tidak mau terburuburu sebelum seluruh unsur alat bukti ditemukan penyidik Pomdam.
”Jangan dululah langsung menuduh kalau oknum TNI itu bersalah. Sekarang ini kanmasih kami selidiki, apakah ada keterlibatannya atau tidak,”tandasnya. Terkait sertijab sejumlah pejabat teras kodam kemarin,Pangdam mengatakan bahwa hal tersebut adalah dinamika dalam keorganisasian. Hal itu ditujukan untuk peningkatan dan keberhasilan kinerja satuan TNI AD dalam menjaga keutuhan NKRI.


KOLONEL CZI ZAINAL ARIFIN DANREM KE-3 KOREM 033/WP
15 April 2010
Pada hari ini, Kamis (15/4) secara resmi Kolonel Czi Zainal Arifin, S.IP., menerima tongkat komando dari Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Noer Muis mengantikan Kolonel Arh Mardimin dalam upacara serah terima yang berlansung dengan lancar lapangan Makorem 033/WP Senggarang Tanjungpinang.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, agar situasi yang sudah baik ini agar tetap dijaga jangan sampai muncul persoalan-persoalan baru yang dapat menganggu tugas pokok organisasi, laksanakan komunikasi secara intensif dengan saling memberi saran dan masukan untuk kepentingan pembangunan. Ciptakan suasana kehidupan yang harmonis dan senantiasa mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan sehingga tidak timbul sekecil apapun persoalan di daerah yang dapat menghambat tugas pokok organisasi, tambah Pangdam.
Sertijab dihadiri oleh unsur Muspida Kepri diwakili Wagub M. Sani dan Ketua DPRD Syafriadi termasuk rekan dari TNI AU, AL dan Polri yang ada di Kepri. Acara juga dilanjutkan dengan demontrasi Simulasi pembebasan sandra dan Demontrasi Karate dari Yonif 134/TS.
Kolonel Czi Zainal adalah Lulusan Akabri 83 dan telah melewati jenjang pendidikan Seskoad dan Sesko TNI tahun 2004 yang lalu, sebelum menjabat Danrem bapak tiga anak, suami dari Hasri Cahyani pernah menjadi Irditziad di Jakarta dan  Aslog di Kodam I/BB, dalam pesan singkatnya ia akan tetap menjalankan apa yang telah dirintis pendahulunya dan bertekad memberikan yang terbaik dalam pengadiannya sebagai prajurit, sementara ini Kolonel Arh Mardimin akan menempati pos baru di Kodam I/BB Medan. (Penrem 033/Dispenad))


GUBERNUR AKMIL PIMPIN SERTIJAB PEJABAT AKMIL
14 April 2010
Magelang, Akmil, Rabu (14/4), Gubernur Akmil Mayjen TNI Gatot Nurmantyo memimpin prosesi Upacara Sertijab Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil.
Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Resimen Taruna Akmil tersebut diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Inf Heronimus Guru kepada pejabat baru Kolonel Inf Edi Rahmayadi, di Lapangan Pancasila Akmil.
Acara ceremonial yang bersifat resmi ini berlangsung dengan hikmat dan lancar,  dihadiri  oleh para pejabat teras Akmil, beberapa Pejabat teras Kodam IV/Diponegoro, beberapa pejabat Polresta dan Kabupaten, beberapa Pejabat Pemda Kotamadya dan Kabupaten  Magelang,  para Perwira Akmil, para Taruna dan  Staf Akademika Akmil, serta Pengurus Persit Katika Chandra Kirana Cabang BS Akmil dan  tamu undangan.
Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, bahwa prosesi serah terima jabatan menandai adanya pergantian pejabat di Lingkungan Akmil. Kegiatan ini merupakan peristiwa yang biasa dilakukan di Lingkungan TNI AD termasuk Akademi Militer. Momen ini juga merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi kedua pejabat untuk mendapatkan pengalaman yang beragam dan berjenjang (various and terraced experience), yang sangat diperlukan untuk menyukseskan pelaksanaan Tugas pokok satuan yang dipimpinnya, tambah Gubernur dengan menuturkan bahwa tugas adalah tidak semata-mata merupakan suatu Kepercayaan pimpinan saja akan tetapi yang paling penting adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang kelak akan diminta pertanggungjawaban nantinya.
Setelah hampir satu tahun menjabat sebagai Damentar Akmil, selanjutnya Kolonel Inf Heronimus Guru menempati jabatan barunya sebagai Danrem 17I/PVT Dam XVII Cendrawasih, sedangkan Kolonel Inf Edy Rahmayadi sebelumnya menjabat Asops Kodam Iskandar Muda, Aceh.
Pada hari yang sama, juga diselenggarakan acara Sertijab beberapa Kepala Departemen, yaitu Kepala Departemen Jasmani Akmil dari Kolonel Inf Warih Widiyono kepada  Letkol Inf  Rudy Supriyanto, dan Kepala Departemen Sosial dan Bahasa dari Kolonel Inf Mulyo Aji kepada Letkol Inf I Gede Agit Thomas. Kadepjas Lama Kolonel Inf Warih Widiyono, selanjutnya menempati Jabatan barunya sebagai DanpusdikJas Kodiklat TNI AD, sedangkan Kolonel Inf Mulyo Aji mengikuti Pendidikan Sesko TNI. Sebelum di Akmil Letkol inf Rudy Supriyanto menduduki jabatan di Secapa AD, dan Letkol Inf I Gede Agit Thomas di Irjenad. (Pen Humas Akmil/Dispenad)


SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN KOREM 031/WIRABIMA
13 April 2010
Pada hari Selasa tanggal 13 April 2010 tugas wewenang dan tanggung jawab Komandan Korem 031/Wirabima diserah terimakan dari Kolonel Inf Toto. S Moerasad S.Ip M.M kepada Kolonel Inf Zaedun S.Sos, di Lapangan hitam Makorem 031/Wirabima bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI M. Noer muis.
Pada amanatnya Pangdam I/BB menegaskan, Jabatan Danrem 031/Wirabima merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, karena jabatan ini merupakan suatu kepercayaan dan amanah yang harus diemban dengan menunjukkan prestasi, dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi untuk bekerja keras meningkatkan berbagai keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.
Jabatan yang dipercayakan tidak hanya dipertanggung jawabkan kepada atasan dan satuan, tetapi juga harus dipertanggung jawabkan kepada tuhan yang maha esa.
Korem 031/Wirabima sebagai sub kompartemen strategis memiliki karakteristik geografis dengan wilayah yang luas, memiliki pulau-pulau kecil dan besar, berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia dan Singapura serta memiliki wilayah perairan dengan arus lalu lintas laut yang sangat padat baik kepentingan internasional maupun nasional sementara disisi lain, wilayah ini juga kaya sumber daya alam, kondisi demikian akan sangat rentan terhadap munculnya berbagai permasalahan, baik permasalahan perbatasan kedua Negara maupun berbagai tindakan illegal dalam pengelolaan sumber daya alam.Maka harus disadari oleh seluruh prajurit jajaran Korem 031/Wirabima, bahwa gelar kekuatan Kodam I/BB diwilayah ini memilki peran yang sangat menentukan dalam mendukung tugas pokok TNI AD, sebagaimana ditetapkan dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yaitu melakukan tugas operasi militer untuk perang dan tugas operasi militer selain perang.Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur Propinsi Riau, Pimpinan DPRD dan seluruh aparat Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Para cerdik pandai, Wartawan, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di wilayah ini yang telah menjalin kerja sama serta memberikan bantuan moril maupun materiil kepada Korem 031/Wirabima.Mengakhiri amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa atensi dan harapan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas.Pertama,    Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksaan tugas.Kedua,    Tingkatkan kemapuan dan kwalitas diri, sehingga memiliki kemampuan profesi yang handal diatas landasan mental dan moral yang tangguh serta disiplin yang tinggi.Ketiga,    Jalin terus komunikasi dan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat karena kekuatan TNI adalah bersama masyarakat.Keempat,    Jangan nodai kemanunggalan TNI-Polri-Masyarakat jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun.Kelima,    Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah prajurit dan Delapan Wajib TNI, dimanapun kalian berada dan bertugas.Hadir dalam acara tersebut Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Burhanuddin Amin, Brigjen TNI Erro Kusnara dan Kapolda Riau Brigjen Pol Aji Rustam Ramja, Para Danrem Sejajaran Kodam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Gubernur Propinsi Riau HM. Rusli Zainal SE dan segenap undangan. http://www.korem031.mil.id

SERTIJAB DANREM 083/ BALADHIKAJAYA
13 April 2010
Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suwarno melakukan salam komando dengan pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan dan pejabat baru Danrem 083/ Baladhikajaya Kol Inf Udin Supidin, 13 April 2010.

Serah terima Jabatan Danrem 083/ Baladhika Jaya dari pejabat lama Kol Inf Ferdinan Setiawan kepada pejabat baru Kol Inf Udin Supidin, di pimpin Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Suwarno Sip, Msc. 14 April 2010.
Pejabat lama Kol Ferdinan Setiawan Selanjutnya bertugas  mengikuti pendidikan Lemhannas di Jakarta.
Sementara pejabat baru Kol Udin Supidin sebelumnya menjabat sebagai Danrindam III/ Siliwangi di Bandung.