Sabtu, 21 Agustus 2010

SERTIJAB 19-21 AGUST 2010


 
DANSESKOAD TERIMA LAPORAN KORPS PERWIRA SESKOAD
19 Agustus 2010
Komandan Seskoad Mayjen TNI Markus Kusnowo, memimpin acara Laporan Korps Perwira Seskoad, Rabu (19/8), bertempat di Gd. Prof Dr. Satrio Bandung. Perwira yang masuk dan menempati jabatan di lingkungan Seskoad adalah Letkol Inf Eko Natalius menjadi Dosen Muda Seskoad dan Perwira Seskoad yang pindah satuan adalah Kolonel Inf Syukran Hambali, S.H., menjadi Danrem 141/TP Kodam VII/Wrb.
Pergeseran jabatan bagi prajurit di lingkungan TNI AD, merupakan proses yang harus dilaksanakan, sebagai salah satu upaya dalam pembinaan satuan. Pergeseran jabatan dalam pembinaan satuan dapat dimaknai sebagai pembinaan organisasi dan pembinaan personel. Berkait dengan pembinaan organisasi, promosi jabatan diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap kinerja satuan, karena dengan kehadiran personel yang baru, tentunya akan diperoleh personel dengan kondisi yang segar serta memiliki berbagai kemampuan dan pengalaman yang sangat diperlukan dalam mengawaki organisasi.

Promosi jabatan adalah kehormatan dan kepercayaan dari pimpinan yang didasarkan dari hasil penilaian selama menjabat pada jabatan sebelumnya dan dianggap mampu mengembangkan diri pada jenjang jabatan selanjutnya.
Bagi yang pindah satuan harus mampu menjadi nara sumber di satuan yang baru, karena setiap ada pejabat yang baru pindah dari Seskoad, selalu dianggap bahwa yang bersangkutan memiliki kelebihan dibidang wawasan dan ilmu pengetahuan, sementara yang masuk kejajaran Seskoad juga dituntut harus mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan sesuai jabatan dan bidang penugasan.
Hadir pada acara Laporan Korps Perwira Seskoad Wadan Seskoad, Para Direktur, Dankor, Kadep, Pa. Ahli, Dosen, dan pejabat struktural Seskoad serta Ibu Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Seskoad. (Pen Seskoad/Dispenad)


Sertijab Dandim 1504/ Pulau Ambon
19 Agustus 2010

Kamis (19/8), bertempat di Baileo Slamet Riyadi, Korem 151 Binaya, dilaksanakan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodim (Dandim) 1504 pulau Ambon, dari Letkol Arm. Dadan Rusmana, kepada Letkol Inf. Rachmad Mangku Sasmiko.

Komandan Korem (Danrem) 151 Binaya, Kolonel Arm Nazaruddin bertindak sebagai Inspektur upacara, yang juga dihadiri oleh Walikota Ambon, Drs. M.J Papilaja, MS, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP. Didik Agung Widjanarko, serta Ketua Pengadilan Negeri Ambon, Ewit Soetrijadi.

Letkol Arm. Dadan Rusmana sebelumnya telah menjabat sebagai Dandim 1504 selama 1 Tahun, 7 Bulan, 13 Hari dan selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Wakil Asisten Teritorial Kodam XVI Pattimura. Sedangkan penggantinya Letkol Inf, Rachmad Mangku Sasmiko sebelumnya menjabat sebagai Komandan Secata Rindam XVI Pattimura.
Selama menjabat sebagai Dandim, Letkol Arm. Dadan Rusmana, telah menunjukan dedikasi dan kerjasama yang baik bersama Walikota Ambon, dan unsur Muspida kota lainnya. Karena itu juga diharapkan kepada Dandim yang baru, untuk dapat meningkatkan hubungan baik dan kerjasama itu, dalam menata ketertiban dan keamanan sebagai aspek penting dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan di Kota Ambon.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Danrem mengatakan, mutasi jabatan serta alih tugas dalam lingkungan TNI AD merupakan hal yang biasa terjadi dan selalu dilakukan secara terencana, dengan tetap mempertimbangkan keterpaduan antara kepentingan pembinaan personel maupun pembinaan satuan dan juga merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan kemampuan Perwira dalam dimensi kepemimpinan, managerial dan profesionalisme keprajuritan, sehingga diharapkan para Perwira dapat membangun wawasan berpikir, serta memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan untuk kepentingan pelaksanaan tugasnya.
 “Untuk itu, saya selaku Danrem 151 Binaya mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya, kepada Letkol Arm. Dadan Rusmana, semoga pengalamannya sebagai Dandim 1504 dapat menjadi bekal berharga dalam menjalankan tugas di tempat yang baru. Untuk Letkol Inf Rachmad Mangku Sasmiko saya ucapkan selamat atas kepercayaannya menduduki jabatan sebagai Dandim 1504 yang baru,” ujarnya.

Dirinya mengingatkan bahwa jabatan yang diemban masing-masing adalah merupakan amanah yang besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus dipertanggung jawabkan tidak saja kepada pimpinan, masyarakat, bangsa dan negara, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, masih dalam amanat Danrem, laksanakan tugas ini dengan sungguh-sungguh, tulus dan ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab, sehingga satuan yang saudara-saudara pimpin dapat lebih berhasil lagi.

“Segeralah lakukan orientasi dan penyesuaian diri terhadap satuan, lingkungan dan kondisi budaya masyarakat di wilayah tanggung jawab masing-masing, kenali satuan dan anak buah, lakukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik, harmonis dan terpadu secara terus-menerus dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di daerah masing-masing,” bebernya.

Dirinya menjelaskan kondisi keamanan kota Ambon saat ini sangat kondusif namun kondisi ini diharapkan tidak menjadikan jajaran TNI AD menjadi lengah, karena sewaktu-waktu dapat terjadi perubahan situasi dengan cepat. Apalagi kota Ambon dalam tahun 2011 akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).
 “Kondisi keamanan di kota Ambon merupakan barometer keamanan di Maluku, oleh sebab itu sekecil apapun potensi konflik harus kita redam sedini mungkin. Apalagi tahun depan akan belangsung Pemilukada di kota ini, maka diharapkan profesionalisme teknis keprajuritan menjadi tuntutan yang utama dalam setiap penugasan. Perwujudannya adalah komitmen TNI untuk meninggalkan kegiatan politik praktis dan politik partisan, tekad ini diaktualisasikan dalam bentuk sikap netral tanpa memihak kepada kontestan pemilu,” pungkasnya. http://www.ambon.go.id