Rabu, 12 Oktober 2011

SERTIJAB 25-27 SEPT 2011

MUTASI JABATAN 39 PATI TNI
Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/744/IX/2011 tanggal 27 September 2011
Dalam rangka pembinaan organisasi TNI guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan, TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja TNI melalui Mutasi dan Promosi Jabatan Personel di tingkat Strata Perwira Tinggi (Pati) TNI sehingga kinerja TNI ke depan lebih optimal, Selasa (27/9).
Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/744/IX/2011 tanggal 27 September 2011, tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI  telah ditetapkan mutasi jabatan 39 Pati TNI yang terdiri dari :  5  orang di jajaran  Mabes TNI, 18 orang di jajaran TNI AD, 2 orang di jajaran TNI AL, 7 orang di jajaran TNI AU, 3 orang di jajaran Lemhannas RI, 3 orang di jajaran Kemhan RI dan 1  orang di jajaran Kemenko Polhukam RI.
Dalam mutasi tersebut tercatat sebagai  berikut: 10 orang mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama diantaranya: Mayjen TNI Mochammad Sochib, S.E., M.B.A. dari Dankodiklat TNI menjadi Staf Khusus Kasad, Mayjen TNI Djumadi dari Pa Sahli Tk.III Bid. Sosbud HAM Panglima TNI menjadi Dankodiklat TNI, Brigjen TNI Sugeng Budi Harsono dari Irlog Itjen Kemhan RI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Robby Lambertus Tuilan dari Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan RI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Wahyu Suhendar, S.M. dari Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan RI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Abdul Chasib dari Pati Mabes TNI menjadi Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan RI dan Brigjen TNI Safril Mahyudin dari Irum Itjenad menjadi Ir Kemenko Polhukam RI
15 orang promosi jabatan diantaranya: Brigjen TNI Nugroho Widyotomo dari Kasdam IV/Dip menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbud HAM Panglima TNI, Brigjen TNI Iran Syaefudin dari Wadan Puspomad menjadi Danpuspomad, Brigjen TNI Burhanuddin Siagian dari Danpussenkav Kodiklat TNI AD menjadi Danseskoad, Kolonel Kav Rulady Soedjono D, S.IP. dari Irpers Itjenad menjadi Irlog Itjen Kemhan RI, Kolonel Cpl Senindar Sudrajat dari Paban Utama Intekmil Sahli Bid. Intekmil Panglima TNI menjadi Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan RI, Kolonel Inf Suhastir Susmex dari Koordinator Staf Ahli Gol. IV Pangkostrad menjadi Irum Itjenad,  Kolonel Cpm Maliki Mift, S.IP., M.H. dari Danpusdikpom Kodiklat TNI AD menjadi Wadan Puspomad, Kolonel Ckm Dr. Komarudin Benyamin, Sp.B.U. dari Wadirkesad menjadi Ka RSPAD GS Ditkesad, Kolonel Kav Purwadi Mukson, S.IP. dari Wadan Pussenkav Kodiklat TNI AD menjadi Danpussenkav Kodiklat TNI AD, Kolonel Tek Didi Sumardi H. dari Sesdisaeroau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem dan  Kolonel Tek Eddy Yuwono dari Irdalog Itbinsumda Itjenau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Iptek .
14 orang dalam rangka pensiun diantaranya, Marsdya TNI Rio Mendung T., M.Sc., Ph.D. dari Pati Mabes TNI menjadi Pati Mabes TNI AU, Laksda TNI Ir. Sudjiwo, M.Sc. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL, Mayjen TNI (Mar) Baharudin, S.E. dari T.A Pengkaji Bid. Diplomasi Lemhannas RI menjadi Pati Mabes TNI AL dan Mayjen TNI Sutarno Soepodo, S.H. dari Danpuspomad menjadi Pati Mabes TNI AD. (Puspen TNI/Dispenad)


BRIGJEN TNI CHAIDIER P KASGAR III SURABAYA
27 September 2011
Komandan Garnisun tetap III Surabaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo, melantik Brigjen TNI Chaidier Patonnory sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap III Surabaya menggantikan Brigjen TNI (Mar) Suwandi Thahir, bertempat di Mako Gartap III Surabaya, Selasa (27/9)

Brigjen TNI (Mar) Suwandi Thahir selanjutnya akan bergeser ketempat barunya sebagai Komandan lantamal VI Makassar, sedangkan Brigjen TNI Chaidier Patonnory sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lantamal VI Makassar. Rupanya dua Jenderal bintang satu yang seangkatan dalam karier militernya dengan dasar matra Laut lulusan AAL 1981 ini selalu beriringan dalam mengemban tugas jabatannya, karena jabatan lama Brigjen TNI Chaidier Patonnory sebagai  Komandan Lantamal VI Makassar akan diisi oleh mantan Kasgartap III Surabaya.
Brigjen TNI Chaidier Patonnory suami Ny. Asri Hasan Chaidier mengawali karier TNI AL pada tahun 1981 sebagai Komandan Peleton Resimen Yonif-1 Koarmar. Bapak 3 anak dari Bayu Setiaki Chaidier, Chandra Ramadhan Chaidier dan Affandi dalam meniti pendidikan militer telah berhasil meraih berbagai keahlian antara lain Pendidikan Perwira Intai Amfibi, Sesko TNI AL, Sesko TNI, Pendidikan Intel Strategi serta PPRA Lemhannas angkatan XL tahun 2007.
Jenderal kelahiran Ujung Pandang 26 Juni 1956 yang mahir berbahasa Inggris dan Bugis dalam riwayat pendidikan umumnya berhasil di lalui dengan lancar, SD lulus tahun 1969, SMP lulus tahun 1972 dan SMA lulus tahun 1974.
Komandan Garnisun tetap III Surabaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya mengatakan, serah terima jabatan Kasgartap III/ Surabaya ini pada hakikatnya merupakan bagian dari suatu proses dinamisasi pembinaan organisasi yang harus senantiasa dikembangkan. Secara individu para personel yang bersangkutan akan memperoleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas. Disamping itu secara institusi, satuan Kogartap III/Surabaya akan memperoleh pembaharuan dan penyegaran, sehingga kiprah dan kinerja organisasi akan lebih meningkat sesuai tugas dan fungsinya dalam memelihara dan menegakkan ketentuan-ketentuan pokok kemiliteran untuk mening katkan soliditas persatuan dan kesatuan antar satuan TNI di wilayah Garnisun III Surabaya, ujarnya.
Turut hadir pada acara tersebut para Wakil Pangkotama TNI dan Polri wilayah Jatim, Kasarmatim, pejabat sipil serta Katua IKKT Ny. Gatot Nurmantyo. (Pendam5/ Dispenad).


DUA PEJABAT TERAS KODAM XVI/PATTIMURA DISERAHTERIMAKAN
26 September 2011
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono, S.IP memimpin acara serah terima  jabatan Asrendam XVI/Pattimura dari Kolonel Chb Budi Prijono, S.T. kepada Letnan Kolonel Czi Bagus Antonov Hardito, M.A. dan Jabatan Dandenmadam XVI/Pattimura dari Letnan Kolonel Arm Syaiful Rizal kepada Letnan Kolonel Inf Syaiful Mashuri bertempat di Ruang Lobi Makodam XVI/Pattimura, Senin (26/9).
Dalam amanatnya Pangdam mengatakan bahwa mutasi jabatan di lingkungan TNI-AD merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, termasuk pembinaan personel. Pangdam mengucapkan “Terima Kasih dan Penghargaan” yang tinggi kepada Kolonel Chb Budi Prijono, S.T. dan Letnan Kolonel Arm Syaiful Rizal atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama ini, dengan harapan pengalaman yang telah diperoleh dapat dijadikan bekal dalam mengemban tugas yang baru. Pangdam juga memberikan ucapan ”Selamat“  kepada Letnan Kolonel Czi Bagus Antonov Hardito, MA. dan Letnan Kolonel Inf Syaiful Mashuri atas pengangkatannya sebagai Asrendam XVI/Pattimura dan Dandenmadam XVI/Pattimura yang baru, disertai harapan dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi, sehingga keberadaanya mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi Satuan. Staf Perencanaan mempunyai tugas dan peranan yang sangat penting dalam rangka menyelenggarakan fungsi staf di bidang perencanaan, mulai dari penyusunan, penyiapan, pengawasan dan pengendalian serta evaluasi terhadap pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam XVI/Pattimura. Sementara Detasemen Markas memiliki peran yang penting pula karena merupakan unsur pelayanan Kodam yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam rangka menyiapkan dan memelihara sarana serta prasarana yang ada di lingkungan Makodam XVI/ Pattimura termasuk mengatur kegiatan urusan dalam yang akan mencerminkan keberadaan dan eksistensi Kodam XVI/Pattimura. Ucapan terimakasih juga diberikan kepada Ibu Budi Prijono dan Ibu Syaiful Rizal, yang telah membina dan memimpin organisasi Persit Kartika Chandra Kirana di Cabang VI/ Srendam XVI/Pattimura dan Cabang VIII/Denmadam XVI/Pattimura serta dengan penuh keikhlasan dan kesetiaan dalam mendampingi dan memberikan dukungan moril kepada suami dalam mengemban tugasnya selama ini.
Selain acara Serah terima jabatan, juga dilaksanakan acara tradisi penerimaan dan pelepasan Asrendam XVI/Pattimura dan Pa Ahli Pangdam. Kegiatan ini dihadiri Irdam, Danrem 151/Binaiya, para Asisten, Para Dansat dan Kabalak Kodam XVI/Pattimura, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI Pattimura, Perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Makodam XVI/Pattimura. (Pendam16/ Dispenad ).