Rabu, 18 November 2015

1-6 November 2015

Dandim Bangkalan Lepas Satu Anggota Terbaiknya
Bangkalan, Jum'at 6 November 2015-
Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letnan Kolonel Inf Sunadi Istanto memimpin acara Laporan Korps dan Tradisi Satuan Kodim 0829/Bangakan bertempat di Aula Manunggal Makodim Bangkalan, Madura, Jum,at (6/11/2015).
Pada acara ini Dandim melepas Letda Inf Slamet yang sebelumnya menjabat sebagai Danunit Intel Kodim 0829/Bangakalan akan melaksanakan yang
 akan pindah tugas ke jajaran Korem 081/Dhirotsaha Jaya tepatnya sebagai Danunit Intel Tipe C Kodim 0804/Magetan.
Tradisi ini merupakan salah satu upaya Dandim agar anggota yang dilepas memiliki kebanggaan dengan satuan Kodim 0829/Bangkalan sehingga diharapkan dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi serta tetap memiliki hubungan emosional dengan Kodim 0829/Bangaklan. Kepada anggota yang pindah satuan agar lebih menunjukkan dedikasinya untuk bekerja di satuan baru, ucap Dandim mengawali sambutannya. Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa perpindahan personel di jajaran TNI AD merupakan suatu kebutuhan  organisasi sehingga apapun yang kita terima, perintah wajib untuk dilaksanakan dan siap ditempatkan di mana pun bertugas dan berada.
Di akhir sambutannya Dandim mengucapkan terima kasih dan rasa hormat yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian Letda Inf Slamet beserta istri selama bertugas di Kodim 0829/Bangkalan.
“Sampaikan salam hormat saya kepada keluarga serta tetap jalin hubungan yang baik dan komunikasi dengan warga Kodim 0829/Bangkalan”, kata Dandim.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/dandim-bangkalan-lepas-satu-anggota-terbaiknya/

Danyonif Raider 112/DJ Pimpin Tradisi Korp Pindah Satuan Perwira
Aceh Besar, Jum'at 6 November 2015-
Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 112/Dharma Jaya, Letnan Kolonel Inf Fajar Tri Yulianto, S.Sos. memimpin langsung acara tradisi korps raport pindah satuan Perwira Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya, yang berlangsung di Aula Batalyon Infanteri Raider 112/DJ, Japakeh, Jumat (6/11/15).
Kegiatan tardisi Korp Perwira pindah satuan ini merupakan tradisi yang dalam pelaksanaannya bukan merupakan kegiatan seremonial saja melainkan suatu wujud penghargaan dan penghormatan kepada Parjurit yang akan meninggalkan Satuan, disamping itu kegiatan ini juga merupakan bentuk regenerasi dalam penugasan untuk memenuhi Tour of duty (Pergiliran tugas) dan Tour of area (Panggilan Daerah). Pada kesempatan tersebut Danyon mengatakan, prajurit Raider merupakan Prajurit yang harus bisa menempatkan kehormatan sebagai dasar dalam setiap langkah pengabdian dan ciri khas seorang Prajurit Raider. “Jangan luntur walaupun sudah tidak bertugas di satuan Raider, karena jati diri Pajurit Raider akan selalu tertanam di dada dan jiwa sampai dengan akhir pengabdiannya,”kata Letnan Kolonel Inf Fajar Tri Yulianto, S.Sos. Di samping itu juga, Danyon mengucapkan terima kasih kepada Kapten Inf Eko Siswanto dan Kapten Inf Armal beserta ibu atas pengabdiannya yang tulus selama berdinas di Batalyon Infanteri 112/DJ dalam membantu dan mendukung kelancaran tugas pokok satuan.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/danyonif-raider-112dj-pimpin-tradisi-korp-pindah-satuan-perwira/

Tradisi Masuk Satuan Yonif 755/Yalet Jadi Kebanggaan Setiap Prajurit
Kamis 5 November 2015-
Danyonif 755/Yalet yang diwakili oleh Wadanyonif 755/Yalet Mayor Inf Harriyanto Hendrik pimpin upacara tradisi masuk satuan baru 14 personel yaitu 13 orang Tamtama dan 1 orang Bintara pada Kamis (5/11), bertempat di Lapangan Pancasila Mako Yonif 755/Yalet.
Wadanyonif 755/Yalet menyampaikan bahwa kegiatan tradisi dimulai dari penjemputan personel yang baru di Bandara Mopah Merauke yang tiba menggunakan Pesawat Sriwijaya Air dari Bandara Sentani Jayapura. Setelah dijemput dari bandara seluruh personel baru diijinkan untuk mengemasi barang bagasi untuk diangkut menggunakan Truck yang sudah disiapkan. Seluruh personel yang baru dibawa menuju Jembatan Tujuh Wali-wali Merauke. Pada saat pengecekan Kesehatan semua  personel baru diberikan kesempatan untuk menyampaikan segala keluhan tentang kesehatan agar Ton Kes Yonif 755/Yalet bisa menentukan apakah personel tersebut bisa mengikuti tradisi masuk satuan atau tidak. Setelah pengecekan selesai dilanjutkan dengan melaksanakan pemanasan dan tradisi lari jalan menuju satuan dengan jarak 12 KM menuju Mako Yonif 755/Yalet.
Personel baru akan diuji ketahanan fisik dan mentalnya dengan diberikan materi bahaya udara, merayap, guling, jungkir dan jalan Jongkok. Hal tersebut bukan semata – mata tindakan bagi anggota baru tetapi melatih fisik dan mental mereka agar siap masuk satuan. Setelah sampai di gerbang utama Mako Yonif 755/Yalet seluruh personel mengucapkan Motto Yonif 755/Yalet “KEHORMATAN SATUAN ADA DIPUNDAK KITA, PANTANG GAGAL DI MEDAN PERTEMPURAN”. Kemudian seluruh personel baru memasuki pintu gerbang dengan Langkah tegap dan disambut oleh Lokananta Yonif 755/Yalet dan seluruh prajurit Yonif 755/Yalet dengan menyanyikan lagu “Selamat Datang”.
Mayor Inf Harriyanto Hendrik juga memberikan pesan kepada seluruh personel agar tetaplah bangga menjadi bagian dari satuan Yonif 755/Yalet terus ukirlah prestasi yang terbaik untuk satuan, bangsa dan negara. Tradisi masuk satuan ini jangan dijadikan beban bagi setiap prajurit tetapi tradisi turun temurun yang bisa dikenang sepanjang berdinas dan kebanggaan setiap prajurit. (Pendam XVII/Cenderawasih)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/tradisi-masuk-satuan-yonif-755yalet-jadi-kebanggaan-setiap-prajurit/

Kasdam I/BB Dan Komandan Korem 032/Wbr Diserahterimakan
Medan, Kamis 5 November 2015-
Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung   pimpin Serah Terima Jabatan Kepala Staf Kodam I/BB dan Komandan Korem 032/WBR di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Medan, Kamis (5/11). Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI pada hakekatnya memiliki dua dimensi, yakni dimensi dinamika dan dimensi pembinaan. Dari sisi dinamika, serah terima jabatan merupakan kebutuhan dan keharusan, guna memelihara momentum, Performance dan tingkat kesegaran organisasi dalam mengemban tugas pokoknya. Sedangkan dari sisi pembinaan, serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan personel dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja satuan sesuai peran, tugas pokok serta fungsi organisasi. Serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Kasdam I/BB dan Komandan Korem 032/WBR, hendaknya dapat dipahami sebagai upaya untuk memelihara dan mengoptimalkan kinerja organisasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD, khususnya Kodam I/BB dan Korem 032/WBR.   Serah terima jabatan merupakan kebutuhan organisasi secara optimal kepada Kodam I/BB, TNI AD, Bangsa dan Negara, sekaligus mengembangkan dan memantapkan kemampuan kepemimpinan perwira yang bersangkutan. Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Cucu Somantri beserta isteri dan Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco beserta isteri, atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal. Untuk itu, Pangdam I/BB mengharapkan  apa yang terbaik yang telah di berikan oleh Brigjen TNI Cucu Somantri dan Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco hendaknya dapat dilanjutkan demi kebaikan Kodam I/BB dan Korem 032/WBR dimasa yang akan datang.
Diakhir sambutannya Pangdam I/BB mengucapkan selamat kepada Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco beserta isteri yang menjabat sebagai Kasdam I/BB dan selamat datang di Kodam l/BB kepada  Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari beserta isteri yang menjabat sebagai Danrem 032/WBR.
Hadir dalam kegiatan tersebut  Para Danrem jajaran Kodam I/BB, Irdam I/BB, Para Staf Khusus, Staf Ahli Pangdam I/BB, LO AL, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Para Dandim jajaran Kodam I/BB, Para Danyon jajaran Kodam I/BB dan Ketua Persit PD I Bukit Barisan.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/kasdam-ibb-dan-komandan-korem-032wbr-diserahterimakan/

Jabatan Danrem 032/Wbr Diserahterimakan
Medan, Kamis 5 November 2015-
Pergantian Komandan Korem 032/Wbr dari Brigjen TNI Widagdo H Sukoco kepada Kolonel Inf Bhakti Agus F telah dilaksanakan di  Aula Makodam I/Bukit Barisan Medan pada Kamis (5/11). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung. Pada acara Serahterima jabatan di  Aula Makodam I/BB di Medan,  Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengatakan peralihan tugas dan jabatan di lingkungan TNI AD merupakan proses dari sistem melalui berbagai pertimbangan yang utuh dan menyeluruh, serta berorientasi kepada kepentingan organisasi maupun pembinaan karier perwira yang bersangkutan. Melalui program regenerasi secara individu para personel akan memperoleh ruang penugasan dan pengalaman yang lebih luas dalam mengemban tugas jabatan masing-masing, untuk itulah kepada Personel yang mendapat kepercayaan pada jabatan baru  hendaknya melaksanakannya secara profesional, proporsional yang dilandasi dengan disiplin serta semangat yang tinggi dengan berorientasi kepada kepentingan organisasi. Brigjen TNI Widagdo H Sukoco yang dilantik menjadi Danrem 032/Wbr pada 16 April 2014 yang lalu, sekarang menjabat sebagai Kasdam I/BB dan Kolonel Inf Bhakti Agus F menjabat sebagai Danrem 032/Wbr yang baru, yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem  074/Warastratama di Solo Jawa Tengah. Direncanakan acara pisah sambut Danrem 032/Wbr ini pada hari Senin (9/11) di makorem 032/Wbr di padang yang di ikuti oleh segenap Para Komandan Satuan sejajaran Korem 032/WBR, para perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS dari masing-masing satuan jajaran. (Penrem 032/Wbr)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/jabatan-danrem-032wbr-diserahterimakan/

Korem 162/WB Gelar Tradisi Penerimaan dan Pelepasan Perwira
Mataram, Kamis 5 November 2015-
Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.M.Si., memimpin acara tradisi penerimaan dan pelepasan Perwira Korem 162/Wira Bhakti, Kamis (5/11) di Aula Sudirman Makorem 162/WB, Mataram.
Acara tradisi penerimaan dan pelepasan Perwira baru di lingkungan Korem 162/WB merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Perwira yang telah selesai masa jabatannya maupun kepada Perwira yang baru menjadi warga Korem 162/WB. Selain itu, acara tradisi juga bertujuan untuk mempererat ikatan tali silaturrahmi dalam membangun  kebersamaan, kekompakkan, senasib sepenanggungan dan saling menghormati. Acara tradisi penerimaan dan pelepasan Perwira Korem 162/WB diantaranya perwira yang diterima yaitu Mayor Inf Mochamad Fuad Suparlin, Mayor Inf I Wayan Notes, S.Sos, Mayor Caj Nasrullah dan Mayor Czi Yatiman. Masing-masing menduduki jabatan baru di lingkungan Korem 162/WB sebagai Kasi Opsrem 162/WB, Pasi Intelrem 162/WB, Kapenrem 162/WB dan Kasdim 1620/Loteng, sementara perwira yang dilepas yakni Mayor Inf Tasdiq Prawoto, S.Ag. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapenrem 162/WB. Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB mengucapkan selamat datang kepada perwira baru dan menyampaikan agar para perwira yang baru ini segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Selanjutnya, kepada Mayor Inf Tasdiq Prawoto, S.Ag. Danrem 162/WB mengucapkan terima kasih dan selamat atas jabatan yang  baru sebagai Danramil 1605-01/Kota Atambua. Setelah acara tradisi selesai Danrem 162/WB beserta Ibu Ketua Persit KCK Koorcabrem 162 memberikan ucapan selamat kepada perwira yang melaksanakan acara tradisi dan dilanjutkan pemberian piagam penghargaan kepada Mayor Inf Tasdiq Prawoto, S.Ag., sebagai bentuk penghargaan atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Kapenrem 162/WB.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/korem-162wb-gelar-tradisi-penerimaan-dan-pelepasan-perwira/

Wakil Komandan Kodiklat TNI AD Dan Komandan Puslatpur Di Serah Terimakan
Bandung, Kamis 5 November 2015 –
Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo, S.E, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara serah terima jabatan Wadan Kodiklat TNI AD dari Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A kepada Mayjen TNI Bachtiar dan Komandan Puslatpur Kodiklat TNI AD dari Brigjen TNI Bambang Busono kepada Kolonel Inf Asep Setia Gunawan, S.I.P., serta penerimaan warga baru dan pelepasan warga Kodiklat TNI AD . Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di aula Moh.Toha Makodiklat TNI AD Jalan Aceh No.50 Bandung, Kamis (5/11). Wakil Komandan Kodiklat TNI AD, merupakan penasehat utama dan membantu Komandan Kodiklat TNI AD, bertugas pokok mengkoordinir staf dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian program dan anggaran jajaran Kodiklat TNI AD, dan memberikan saran tentang pembinaan fungsi di jajaran Kodiklat TNI AD dalam pelaksanaan tugas.
Sedangkan Puslatpur Kodiklat TNI AD. lanjut Komandan merupakan Badan Pelaksana Utama Kodiklat TNI AD yang bertugas pokok menyelenggarakan latihan yang bersifat antar kecabangan bagi satuan jajaran TNI AD setingkat Batalyon Tim Pertempuran, dalam rangka penyiapan kekuatan TNI Angkatan Darat, dan menyelenggarakan pemeliharaan, perawatan sarana dan prasarana latihan agar dalam kondisi siap operasional. Diakhir amanatnya, Komandan Kodiklat TNI mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A yang akan menduduki jabatan sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat sedangkan Wadan Kodiklat TNI AD yang baru Mayjen TNI Bachtiar sebelumnya menjabat Pangdam VII/Wrb, kemudian Danpuslatpur Kodiklat TNI AD yang baru Kolonel Inf Asep Setia Gunawan, S.I.P., sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Kasad kemudian Brigjen TNI Bambang Busono sudah menduduki jabatan sebagai Direktur Latihan Kodiklat TNI AD.
Hadir dalam acara tersebut para Komandan Pussen, para Direktur, Inspektur, para Pamen Ahli, dan para Komandan Pusdik jajaran Kodiklat TNI AD serta perwakilan dari personel Kodiklat TNI AD termasuk Persit KCK Gabungan Kodiklat TNI AD. Di akhir rangkaian acara serah terima jabatan dilanjutkan acara ramah tamah dan pelepasan pejabat lama. Bersamaan dengan ini pula dilaksanakan Serah Terima Jabatan Wakil Ketua Persit KCK Pengurus Gabungan Kodiklat TNI AD dan Ketua Persit KCK Cabang XIII Puslatpur Kodiklat TNI AD. (Pen Sdirum Kodiklat TNI AD)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/wakil-komandan-kodiklat-tni-ad-dan-komandan-puslatpur-di-serah-terimakan/

Pangdam II/Swj : Manfaatkan Media Sosial Secara Beretika
Palembang, Rabu 4 November 2015-
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.Ip menekankan kepada seluruh Perwira Kodam II/Swj untuk menggunakan media sosial secara bijak dan beretika. Pemanfaatan media sosial dalam lingkungan TNI memang diperbolehkan dan tidak dilarang, namun harus pandai-pandai dan cerdas  dalam menggunakannya. Sebagai Perwira, kita harus pandai, cerdik dan elegan dalam menggunakan media sosial dan menempatkan posisi. Demikian dikatakan Pangdam II/Swj ketika memimpin acara serah serah terima jabatan sejumlah pejabat di lingkungan Kodam II/Swj, Rabu (4/11) lalu, di gedung Sudirman Makodam II/Swj, Palembang. Adapun, pejabat yang diserahterimakan adalah Kakesdam II/Swj dari Kolonel Ckm dr. Jajang Edi Priyatno, Sp.B, MARS kepada Kolonel Ckm dr. R. Moch. Kukuh AS. MARS, Kakumdam II/Swj dari Kolonel Chk Dwi Jaka Susanta SH, MH kepada Letkol Chk Rudi Mulyadi SH. MH, pejabat LO TNI AL Kodam II/Swj dari Kolonel Mar Listiyarto kepada Letkol Mar Sugiharto SH dan Kasandi Dam II/Swj dari Letkol Inf Mangaraja Simanjuntak kepada Letkol Arm Erzy Revlisa. Mayjen TNI Purwadi Mukson juga mengingatkan agar penggunaan media social seperti Washapps (WA), twitter dan facebook sesuai dengan peruntukannya seperti untuk menginformasikan atau memberitakan suatu kegiatan, mengucapkan sesuatu kepada pihak lain yang sifatnya positif dan memotivasi. “Bila menerima berita atau info dari pihak lain agar dipelajari dengan seksama, perlu tidaknya untuk di share atau disebarluaskan. Pilih media yang tepat. Info yang didapat melalui media sosial cukup dipahami dan dicerna sendiri.”, tandasnya. Sebagai Perwira, sebagai prajurit, kita dalam menggunakan media sosial harus pandai dan cerdas, sehingga jangan sampai ikut-ikutan menjadi salah satu provokasi atau paling tidak, tidak ikut menyebarluaskan, karena yang rugi adalah diri kita sendiri” ujar Panglima.
Terkait hal tersebut, Panglima juga mengingatkan adanya surat edaran Kapolri tentang hate speech (ungkapan kebencian), agar para prajurit maupun Perwira menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab serta menghindari tanggapan ataupun pemikiran yang bersifat memprovokasi, menimbulkan SARA, mencemarkan dan menghina nama baik seseorang.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/pangdam-iiswj-manfaatkan-media-sosial-secara-beretika/

Dandim 0804/Magetan Pimpin Sertijab Para Danramil
Magetan, Rabu 4 November 2015-
Korem 081/DSJ, Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Herwin Rizayan Iszal S.I.P memimpin acara tradisi penerimaan dan serah terima jabatan pengangkatan Danramil di wilayah Kodim 0804/Magetan di Aula Makodim 0804/Magetan (4/11). Para pejabat Komandan Koramil yang melaksanakan serah terima jabatan diantaranya ada 11 dan 1 perwira staf yang akan mengisi jabatan Danramil 0804/01 yang semula Kapten Inf Waluyo Utomo digantikan Kapten Arif Wibowo , Danramil 0804/02 Plaosan Dari Kapten Inf Sarpan di ganti Kapten Inf Budi Purwanto, Danramil 0804/04 Parang Dari Kapten Arm Agus Haryono di ganti Kapten Inf Suwarno, Danramil 0804/05 Poncol Dari Kapten Inf Budi Purwanto di ganti Kapten Inf Waluyo Utomo, Danramil 0804/06 Maopati Dari Kapten Kav Nanang Choirudin di ganti Kapten Inf Sapuan, Danramil 0804/07 Karangrejo Dari Kapten Inf Efendi Santoso di ganti Kapten Inf Kardi, Kapten Inf Puguh Prihandoko menjabat Danramil 0804/08 Barat, Kapten Inf Supriyanto menjabat Danramil 0804/09 Sukomoro, Kapten Inf Sugiri menjabat Danramil 0804/10 Kawedanan , Kapten Inf Sarpan menjabat Danramil 0804/11 Takeran, Kapten Inf Efendi Santoso menjabat Danramil 0804/13 Bendo. Kapten Inf Parlan menjabat Pasiter Kodim 0804/Magetan, Pada kesempatan ini Komandan Kodim 0804/Magetan menyampaikan juga dalam amanatnya Diharapkan para Danramil mampu memberikan manfaat yang besar dalam mendukung pencapain tugas pokok TNI AD khususnya di wilayah Magetan, dan mampu mengoptimalkan tugas dan fungsinya secara profesional dan proposional dalam pelaksanaan peran jabatan Komandan koramil di wilayahnya masih-masing. Komandan Kodim 0804/Magetan berharap agar hasil-hasil yang telah dicapai para pendahulu Kodim 0804/Magetan dapat terus ditingkatkan sesuai dengan kualitas dan kuantitas tentang tugas masa depan, sehingga kodim 0804/Magetan sebagai satuan kewilayahan yang memiliki daya dukung yang optimal terhadap tugas pokok. Dan selalu melaksanakan koordinasi dengan instansi dan aparat terkait tokoh-tokoh masyarakat dalam setiap penyelesaian masalah yang ada di wilayah. (Serda M Tasir Dim 0804/Ls).
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/dandim-0804magetan-pimpin-sertijab-para-danramil/

Dandim 1204/Sanggau Menerima Korp Raport Pindah Satuan
Sanggau, Rabu 4 November 2015-
Komandan Kodim 1204/Sanggau Letnan Kolonel Inf Heri Budi Purnomo, S.I.P menerima Laporan Korp Raport pindah satuan Perwira A.n. Kapten Arm Qomarus Zaman  mantan Wadanramil 1204-21/Entikong yang akan menempati posisi jabatan sebagai Kasipers Resimen Divisi -2/ Kostrad di Aula Kodim 1205/Sanggau, Rabu (04/11/2015).
dalam sambutannya Dandim 1204/Sanggau menyampaikan bahwa perpindahan dalam lingkungan Angkatan Darat merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. “Perpindahan ini merupakan bagian dari dinamika organisasi demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok organisasi TNI”, ungkapnya Dandim 1204/Sgu mengharapkan  kepada Kapten Arm Qomarus Zaman agar senantiasa menjaga dan mempertahankan nama baik satuan yang sudah ditinggalkan dapat menyesuaikan dengan cepat di Satuan baru sehingga segala tugas yang diemban dapat terlaksana dengan baik. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dan piagam dari Dandim 1204/Sanggau kepada Kapten Arm Qomarus Zaman sebagai wujud penghargaan dari satuan yang dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari seluruh peserta acara.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/dandim-1204sanggau-menerima-korp-raport-pindah-satuan/

Danyonif 641/Raider Diserahterimakan
Singkawang, Rabu 4 November 2015-
Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R Soedjiman menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Militer serah terima jabatan Danyon 641/Raider di Lapangan Makoyonif 641/Raider Jalan Raya Bengkayang, Kulor, Singkawang, Rabu (04/11).
Pejabat baru Danyonif 641/Raider Letkol Inf Wisnu Herlambang dalam laporan resmi menerima tugas dan tanggung jawab jabatan Danyonif 641/Raider dari  Pejabat lama Mayor Inf Ari Maulana S.Sos, melalui upacara militer serah terima jabatan. Danyonif 641/Raider Letkol Inf Wisnu Herlambang sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Minintel Sinteldam XII/Tpr, sedangkan Mayor Inf Ari Maulana, S.Sos selanjutnya menjabat sebagai Dansecaba Rindam XII/Tpr. Pangdam XII/Tpr dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan Danyonif 641/Raider yang dilaksanakan pada hari ini merupakan suatu bagian dari mekanisme organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas satuan, khususnya Yonif 641/Raider, serta juga bertujuan untuk pengembangan profesionalisme prajurit di satuan sehingga senantiasa mampu melaksanakan tugas dengan optimal. “Danyon Raider merupakan salah satu jabatan strategis di jajaran TNI AD sebagai Pasukan Raider yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan pasukan regular”, tutur Pangdam XII/Tpr Lanjut Pangdam XII/Tpr, sebagai Danyon Raider yang merupakan Perwira terpilih diharapkan mampu menghadapi tantangan tugas dihadapkan kepada permasalahan-permasalahan yang semakin dinamis dan kompleks, bagaimanapun juga dalam pelaksanaan tugas ke depan seorang Danyon harus mampu memahami seluruh persoalan yang ada disatuannya dan lingkungannya serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.
Yonif 641/Raider merupakan salah satu Batalyon elite infanteri TNI AD yang ada di Kodam XII/Tpr yang secara langsung di bawah kendali Pangdam XII/Tpr, di mana Yonif 641/Raider menjadi kebanggaan Kodam XII/Tpr yang dituntut mampu bergerak dan bertindak secara cepat, senyap dan tepat untuk merebut sasaran dalam kondisi bagaimanapun juga. Selain itu Yonif 641/Raider harus mampu juga melaksanakan pembinaan teritorial yang saat ini telah menjadi salah satu fungsi utama dari TNI Angkatan Darat. “Oleh karena itu saya harapkan prajurit Yonif 641/Raider agar tetap berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dan menjaga kedisiplinan dalam setiap melaksanakan tugas serta menjaga kewibawaan satuannya” harap Pangdam XII/Tpr. Hadir dalam acara tersebut Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Haryadi, PA Ahli Kodam XII/Tpr, Para Asisten Kasdam XII/Tpr dan para Kabalakdam XII/Tpr, LO AU, LO AL dan seluruh Komandan Satuan jajaran Kodam XII/Tpr.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/1-of-1-danyonif-641raider-diserahterimakan/

Danrem 043/Gatam Pimpin Acara Pelepasan Kasrem 043/Gatam
Lampung, Rabu 4 November 2015-
Bertempat di Graha Sudirman Makorem 043/Gatam Danrem 043/Gatam, Kolonel Inf Joko P.Putranto M.SC memimpin langsung Acara Pelepasan Kepala Staf Korem 043/Gatam, Letkol Inf Safruddin S.IP.    Mutasi  jabatan adalah hal biasa dan wajar terjadi dilingkungan tugas keprajuritan, karena hal ini bertujuan untuk pemantapan dalam pembinaan tugas yang lebih dan variatif , baik itu bagi sang pemimpin maupun untuk yang dipimpin, tegas Danrem di awal sambutannya, Rabu (04/11).
Demikian halnya kepada Letkol Inf Safruddin. SIP Kepala Staf Korem 043/Gatam yang pindah satuan dan mendapat kepercayaan menjabat Ka Jasdam XII/Tanjung Pura. Disampaikan pula oleh Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Joko P.Putranto MSC  bahwa apapun jabatannya adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Esa melalui  kepercayaan yang diberikan atasan kepada kita, untuk itu Danrem menyampaikan  kepada kita semua untuk bersyukur atas jabatan yang  diamanahkan tersebut, dan mengajak selalu berbuat sesuai fungsi dan Jabatan kita.
Danrem juga mengucapkan terima kasih kepada Letkol Inf Safruddin SIP   atas pelaksanaan tugas selama ini dan semoga selalu sukses  dalam jabatan yang baru, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ny Safruddin  yang dengan setia telah mendampingi suami dalam pelaksanaan tugas dan membantu Ketua Persit KCK  Koorcab Rem 043 sebagai Wakil Ketua. Acara yang berlangsung sederhana namun khidmat, dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata oleh Danrem 043/Gatam kepada Letkol Inf Safruddin SIP  yang akan meninggalkan tugasnya di jajaran Korem 043/Gatam, kemudian ucapan selamat diikuti oleh Para Dandim, Ka Balak, Ka Satdisjan, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS  Jajaran Korem 043/Gatam.
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/danrem-043gatam-pimpin-acara-pelepasan-kasrem-043gatam/

Pangkostrad Pimpin Laporan Korps Penyerahan Jabatan Dan Serah Terima Jabatan Pamen Golongan IV Kostrad
Jakarta, Rabu 4 November 2015-
Bertempat di Ruang Mandala, Makostrad, Jakarta Pusat. Gambir. Rabu (4/11/2015), Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi pimpin laporan Korps penyerahan jabatan Kepala Penerangan Kostrad dan acara serah terima jabatan (sertijab) Ir Kostrad, Asisten Personil Kaskostrad, Asisten Logistik Kaskostrad dan Perwira Keuangan Markas Kostrad. Pangkostrad menyerahkan jabatan Kepala Penerangan Kostrad kepada Letnan Kolonel Inf Drs. Heru Dwi Wahana sedangkan jabatan golongan IV antara lain Irkostrad dari Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring, S.I.P kepada Kolonel Inf Besar Harto Karyawan, Asisten Personil Kaskostrad dari Kolonel Inf Yufti Senjaya kepada Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Asisten Logistik Kaskostrad dari Kolonel Inf Ikram Paputungan kepada Kolonel Inf Joni Pardede dan Perwira Keuangan Markas Kostrad dari Kolonel Cku Asrul kepada Kolonel Cku Arif Sugiarto, S.PD, M.M.
Dalam sambutannya, pangkostrad mengingatkan bahwa jabatan merupakan kepercayaan pimpinan dan amanah yang harus kita pertanggung jawabkan kepada tuhan yang maha kuasa, TNI dan khususnya angkatan darat, sehingga amanah tersebut kelak akan dimintai pertanggung jawabannya oleh tuhan yang maha esa. Oleh karenanya, laksanakan sebaik-baiknya amanah ini dengan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki agar senantiasa dapat melaksanakan tugas yang terbaik, sesuai dengan tanggung jawab jabatan yang disandang. Kepada pejabat baru Pangkostrad mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman dalam mengemban berbagai jabatan selama ini, para Perwira tidak akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan dan melanjutkan kepemimpinan di satuan masing-masing. Lebih lanjut pangkostrad menyampaikan kepada seluruh unsur pimpinan untuk peduli kepada bawahan dan senantiasa selalu mencegah serta menekan pelanggaran satuannya baik yang berkaitan dengan Narkoba, Perjudian, Asusila dan perkelahian antar sesama TNI, Polri maupun masyarakat, serta pelanggaran lainnya yang akhirnya dapat merusak nama baik satuannya, Kostrad serta TNI AD di mata masyarakat.
Saya tekankan, bahwa sanksi atau hukuman tegas harus diterapkan bagi setiap prajurit Kostrad yang apabila diketahui melakukan pelanggaran tersebut di atas, oleh karena itu hendaknya kita bekali diri dengan pengetahuan agama dan keimananan sebagai landasan yang kokoh untuk menangkal segala pengaruh negatif yang dapat merusak nama baik individu, keluarga maupun satuan.
Selanjutnya dalam menyikapi situasi yang berkembang saat ini bencana kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di beberapa tempat di negara kita telah menimbul-kan dampak yang luar biasa dan pengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Untuk itu Kostrad bersama komponen bangsa lainnya turut berperan serta membantu penanggulangan bencana kabut asap ini. Kita semua berharap bahwa bencana ini dapat segera teratasi dengan baik.
Disamping itu dalam menyikapi perkembangan situasi global yang ada, kita semua harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, jangan pernah lengah dan lalai karena perubahan situasi bisa saja terjadi seketika dan tidak terduga. Oleh karena itu kepada seluruh unsur pimpinan dan staf untuk selalu menyiapkan satuannya, tingkatkan pengawasan dan adakan pengecekkan secara rutin terhadap personel, perlengkapan dan alutsista yang ada di satuan masing-masing.
mengakhiri sambutannya Pangkostrad berharap agar kita dapat mengoptimalkan pelaksanaan peran, tugas dan fungsi kita masing-masing secara profesional dan proporsional. Untuk itu, kita harus mampu menganalisa masalah, mencari solusi dan berpikir kreatif dalam melakukan perbaikan dan perubahan di satuan yang kita pimpin. Termasuk sifat ingin tahu dan kepedulian intelektual kita sebagai seorang pemimpin. Karena rasa ingin tahu inilah yang membuat seorang pemimpin terus berkembang, kreatif dan efektif. Hadir pada acara tersebut, Kaskostrad, Koorsahli Pangkostrad, Staf Ahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kabalak Kostrad, LO AL dan LO AU, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad.
sumber,http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/pangkostrad-pimpin-laporan-korps-penyerahan-jabatan-dan-serah-terima-jabatan-pamen-golongan-iv-kostrad-2/

4 Jabatan Perwira Jajaran Kodam II/Swj Diserah Terimakan
Palembang, Rabu 4 November 2015-
Serah terima jabatan di lingkungan TNI AD merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dinamika, tuntutan dan kebutuhan organisasi, yang kesemuanya bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel.
Melalui mutasi dan pergantian pejabat, diharapkan dapat memelihara kesinambungan pembinaan satuan, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan kualitas kinerja, produktivitas dan kesiapan operasional satuan, dan sekaligus memacu lahirnya kreativitas, inovasi, pemikiran dan harapan baru guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas yang diemban. Demikian hal ini disampaikan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P., Rabu (4/11/2015), ketika memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) 4 Perwira Kodam II/Swj yang digelar di Gedung Sudirman, Makodam II/Swj Jln. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang. Adapun keempat jabatan Perwira yang diserah terimakan tersebut adalah Jabatan Kepala Kesehatan Kodam II/Swj dari Kolonel Ckm dr. Jajang Edi Priyatno, Sp.B., MARS., kepada Kolonel Ckm dr. R. Moch. Kukuh A.S, MARS., Kepala Hukum Kodam II/Swj dari Kolonel Chk Dwi Jaka Susanta, S.H., M.H., kepada Letnan Kolonel Chk Rudi Mulyadi, S.H., M.H., LO TNI AL Kodam II/Swj dari Kolonel Mar Listiyarto kepada Letnan Kolonel Mar Sugiharto, S.H., dan Jabatan Kepala Sandidam II/Swj dari Letnan Kolonel Inf Mangaraja Simanjuntak kepada Letnan Kolonel Arm Ery Revlisa. “Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman, wawasan dan kemampuan yang dimiliki, para Perwira akan mampu mengemban amanah tugas jabatan yang baru ini dengan baik dan berhasil”, ujar Pangdam. Selain itu, sambung pangdam, semoga pengalaman bertugas yang diperoleh selama ini, dapat menjadi bekal yang bermanfaat untuk mengemban amanah pada jabatan selanjutnya. ”Mari kita optimalkan pelaksanaan peran, tugas, dan fungsi kita masing-masing secara profesional dan proporsional serta selalu berbuat yang terbaik”, tandas Mayjen TNI Purwadi. Dalam rangkaian acara Sertijab tersebut, juga dilakukan acara tradisi penerimaan prajurit yang baru masuk dan tradisi pelepasan prajurit yang akan meninggalkan Kodam II/Swj, yang ditandai dengan penciuman Pataka Kodam II/Swj ”Patah Tumbuh Hilang Berganti” Hadir dalam acara serah terima tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M. Sc., Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Try Winarno, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Pangdam II/Swj, Para Asisten dan Komandan/Ka Balakdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta para Pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Daerah II/Swj.
sumber,http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/4-jabatan-perwira-jajaran-kodam-iiswj-diserah-terimakan/

Danrem 063/SGJ Menyerahankan Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Jabatan Kepala Staf Korem 063/SGJ
Cirebon, Rabu 4 November 2015-
Penyerahan Tugas dan tanggung jawab Kepala staf Korem 063/SGJ dari Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Sutjipto kepada Letnan Kolonel Kaveleri Teguh Prayitno bertempat di Aula Makorem 063/SGJ jalan Brigjen Darsono By Pass Cirebon dihadiri oleh Kasi/Pasi Korem Dandim dan Dansatdisjan Jajaran Korem 063/SGJ, Ketua Persit KCK Koorcab Korem 063/SGJ serta Prajurit dan PNS Korem 063/SGJ, Rabu (4/11).
Kepala staf Korem 063/Sgj yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Arh Edy Widiyanto yang alih tugas menjadi Kasi Intel Korem 032/WBR sekarang telah dijabat oleh Letkol Kav Teguh Prayitno yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala staf Korem 064/Maulana Yusuf. Dalam sambutannya Danrem menyampaikan melalui penyerahan tugas dan tanggung akan memacu semangat dan kreativitas, sehingga melahirkan ide serta pemikiran baru dalam rangka memberikan pengabdian yang baik bagi kemajuan Angkatan Darat, Bangsa dan Negara khususnya Korem 063/SGJ.
Lebih lanjut Danrem menyampaiakan jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan baik kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kepada pimpinan maupun kepada anggota, oleh sebab itu laksanakan tugas seoptimal mungkin dengan penih rasa tanggung jawab.
Danrem juga mengucapkan Selamat datang dan selamat bergabung kepada Letkol Kav Teguh Prayitno beserta keluarga, di jajaran Korem 063/SGJ dan sebagai warga baru perlu adanya penyesuaian diri baik dengan lingkungan, masyarakat dan pada khususnya tentang tugas serta tanggung jawab yang akan dilaksanakan, (Penrem 063/Sgj).
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/danrem-063sgj-menyerahankan-tugas-wewenang-dan-tanggung-jawab-jabatan-kepala-staf-korem-063sgj/

Pelepasan Perwira Bekangdam XVII/Cenderawasih
Selasa 3 November 2015-
Kabekangdam XVII/Cen Kolonel Cba Aswanto beserta Para Kasi Bekangdam XVII/Cen melepaskan Perwira Bekangdam XVII/Cen a.n Kapten Cba Dhudy Hermawan yang setelah melaksanakan Diklapa 2 Pindah satuan ke Pusdikbekang Kodiklat TNI AD.
Bertempat di ruangan Kabekangdam XVII/Cen kegiatan Pelepasan Perwira Bekangdam XVII/Cen pindah satuan a.n Kapten Cba Dhudy Hemawan dihadiri para Kasi Bekangdam XVII/Cen pada Selasa (3/11). Kapten Cba Dhudy Hermawan menyampaikan selama Dinas di Bekangdam XVII/Cen kurang lebih 10 Tahun banyak pebgalaman-pengalaman yang telah di dapat dan semoga pengalaman ini akan bermanfaat buat kami menjalankan tugas kedepannya, Kabekangdam XVII/Cen Kolonel Cba Aswanto juga mengucapkan terima kasih atas kerja nya selama di Bekangdam XVII/Cen jika nanti Kapten Cba Dhudy Hermawan menjadi Pejabat Tradisi seperti ini agar dilanjutkan tetap semangat didalam melaksanakan tugas lakukan yang terbaik buat Korps Bekang. (Pendam XVII/Cendrawasih)
sumber, http://www.tniad.mil.id/index.php/2015/11/pelepasan-perwira-bekangdam-xviicenderawasih/